Bukan Di New York, Ini 5 Penampakan Megah Bandara Baru Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) akan melakukan serangkaian simulasi terkait operasional Bandara Yogyakarta di Kulon Progo yang direncanakan beroperasi pada 29 April 2019. Hal ini untuk memastikan keselamatan,keamanan, dan kenyamanan pengoperasian bandara. Simulasi dilakukan pada 20-26 April 2019.

Bandara baru Yogykarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) atau dikenal Bandara Kulon Progo ini akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia. Adapun kehadiran bandara baru ini diharapkan mengurangi beban dari Bandara Adi Sutjipto pada April 2019. Hal ini lantaran bandara Adi Sutjipto Yogyakartasudah full kapasitas 8,4 juta penumpang dengan 188 penerbangan.

Adapun simulasi yang dilakukan untuk menguji sejumlah aspek mulai dari moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur penunjang pelayanan bandara. Seperti yang diunggah oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitternya.

Dalam unggahan tersebut terlihat bagaimana proses uji coba take off-landing di landas pacu New Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya itu, ia juga membagikan potret megahnya bandara baru Yogyakarta tersebut. Berikut Liputan6.com rangkum penampakan megahnya bandara baru Yogyakarta, Senin (22/4/2019).

Simulasi Operasional Bandara Yogyakarta Mencakup Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) akan melakukan serangkaian simulasi terkait operasional Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo yang direncanakan beroperasi pada 29 April 2019.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, kegiatan simulasi ini akan berlangsung sejak 20 hingga 26 April 2019.

“Simulasi ini untuk memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan menjelang dioperasikannya Bandara Internasional Yogyakarta. Hal ini mengingat tingginya trafik penerbangan di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah,” jelasnya dalam sebuah keterangan tertulis, Minggu (21/4/2019).

Dia menyampaikan, rangkaian simulasi tersebut akan menguji sejumlah aspek. Mulai dari moda transportasi penunjang dari dan ke bandara hingga kelayakan infrastruktur penunjang pelayanan bandara.

Adapun rangkaian simulasi dimulai dengan kegiatan simulasi keamanan bandara oleh Komite Keamanan Bandara (Airport Security Committee) pada 20 April 2019, simulasi operasional lapangan (24 April 2019), evaluasi simulasi pengoperasian bandara (25 April 2019), dan simulasi gabungan pengoperasian bandara bersama seluruh pemangku kepentingan terkait. Seperti transportasi darat, maskapai penerbangan, petugas imigrasi, dan lainnya (26 April 2019). 

Pada 22 April 2019 juga akan dilaksanakan penilaian potensi gangguan dan risiko atau hazard identification and risk assesment (HIRA) oleh maskapai dan rapat koordinasi dengan para pemangku kepentingan serta table top exercise operasi bandara pada 23 April 2019.

Sementara itu, menurut Faik, permintaan slot penerbangan untuk Bandara Adisutjipto Yogyakarta masih tinggi.

Dengan dialihkannya penerbangan internasional dari Bandara Adisutjipto ke Bandara Internasional Yogyakarta maka permintaan slot penerbangan tersebut dapat diakomodir. 

“Aspek keselamatan juga dapat lebih terjamin karena panjang landas pacu Bandara Internasional Yogyakarta sepanjang 3.250 meter lebih panjang dari runway Bandara Adisutjipto,” imbuh Faik.

Top 3: Intip Penampakan Keren Bandara Baru Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta – Perkembangan pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta terus menunjukkan perkembangan.

Bahkan pembangunan bandara untuk operasi terbatas penerbangan internasional sudah hampir 100 persen, sedangkan secara keseluruhan sekitar 47 persen.

PT Angkasa Pura I pun menggelar serangkaian simulasi terkait operasional bandara internasional Yogyakarta. Artikel intip penampakan keren bandara baru Yogyakartamenyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada akhir pekan ini.

Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di kanal bisnis? Berikut tiga artikel terpopuler di kanal bisnisyang dirangkum pada Minggu, (21/4/2019):

1. Intip Penampakan Keren Bandara Baru Yogyakarta

Perkembangan pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta terus menunjukkan perkembangan. Bahkan pembangunan bandara untuk operasi terbatas penerbangan internasional sudah hampir 100 persen, sedangkan secara keseluruhan sekitar 47 persen.

PT Angkasa Pura I pun menggelar serangkaian simulasi terkait operasional bandara internasional Yogyakarta. Artikel intip penampakan keren bandara baru Yogyakartamenyedot perhatian pembaca di kanal bisnis Liputan6.com pada akhir pekan ini.

Berita selengkapnya baca di sini

2. Kebiasaan Miliarder Satu Ini Bisa Bikin Anda Sukses

Menjadi kaya bahkan miliarder menjadi mimpi kebanyakan orang. Untuk itu, tidak heran mengapa banyak orang yang mencari tahu kebiasaan-kebiasaan apa sajakah yang miliarder dunia lakukan untuk mencapai kesuksesannya.

Mulai dari kebiasaan jam tidur bahkan hingga hal apa yang mereka lakukan pun tak luput dari pencarian orang-orang yang ingin menjadi kaya.

Namun ternyata, terkadang setiap miliarder melakukan hal yang berbeda-beda untuk meraih kesuksesannya. Salah satunya, Richard Branson.

Berita selengkapnya baca di sini

3. Ingin Liburan Hemat Bareng Keluarga? Ini Dia Tipsnya

Libur panjang akhir pekan tentunya menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dan berlibur bersama keluarga. Biasanya berlibur bersama keluarga akan menghabiskan lebih banyak uang dibandingkan dengan berlibur sendirian.

Namun hal ini seharusnya tidak terjadi jika Anda menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dan dari jauh-jauh hari. Selain ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap menjaga keungan saat berlibur bersama keluarga. Mau tahu apa saja? Penasaran?

Dilansir dari laman RTE, berikut merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keuangan tetap stabil selama liburan bersama keluarga. Salah satunya pesan tiket dan hotel dengan cerdas.

Berita selengkapnya baca di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

PT Angkasa Pura II meresmikan pembukaan hotel kapsui di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Terdapat 120 unit yang dapat disewa pengunjung.

Intip Penampakan Keren Bandara Baru Yogyakarta

Total investasi pembangunan bandara baru di Yogyakarta ini mencapai Rp 11 triliun. Sebagian besar digunakan untuk pembebasan lahan. Adapun sekitar Rp 6,1 triliun digunakan untuk pembangunan konstruksi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pernah menuturkan, bandara baru di Yogyakarta ini secara struktur bisa tahan terhadap bencana tsunami berskala besar dari pantai selatan Yogyakarta. Hal itu mengacu hasil kajian yang dilakukan para ahli.

“Kita sudah memperhitungkan dengan skala tsunami yang besar bandara ini tetap bisa eksis secara struktur,” kata Budi Karya

Untuk mengantisipasi dampak bencana itu, pemerintah telah menunjuk para ahli dari Jepang, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM), bahkan telah dilakukan perhitungan apabila muncul tsunami dengan skala besar.

“Kita juga sudah menyiapkan mitigasinya,” kata dia dilansir Antara pada 21 Januari 2019.

Salah satu upaya mitigasinya, lanjut Budi, adalah dengan merencanakan bangunan di terminal bandara antara lantai satu ke lantai dua memiliki ketinggian mencapai 8 meter yang memungkinkan para penumpang bisa naik ke atas saat terjadi tsunami.

Selain itu, menurut dia, di kawasan tepi pantai juga akan ditanami pepohonan serta dibuat gundukan-gundukan sehingga saat tsunami datang tidak akan maksimal menjangkau bandara. “Jadi tsunami inysa Allah sudah kita mitigasi baik dari struktur maupun bagaimana operasional bandara itu berjalan,” kata dia.

Sementara itu, Project Manager NYIA Taochid Purnama Hadi memastikan, seluruh bangunan di NYIA telah direncanakan tahan gempa hingga 8,8 skala richter (SR) serta tsunami hingga 12 meter.

“Untuk terminal bandara di lantai duanya ada di plus 15 meter artinya ketika terjadi tsunami (12 meter) masih aman,” kata dia.

Selain itu, menurut Tochid, PT Angkasa Pura I juga telah berkoordinasi dengan Pemkab Kulon Progo untuk memanfaatkan kawasan tepi pantai sebagai penyangga bandara. Di daerah penyangga itu nantinya akan ditanami vegetasi yang bisa berfungsi sebagai “tsunami barrier” atau penghalau tsunami.

Adapun Bandara Internasional Yogyakarta ini telah menjalani proses verifikasi kelaikan operasi dari tiga direktorat padaKementerian Perhubungan, yakni Direktorat Perhubungan Udara, Direktorat Keamanan Penerbangan dan Direktorat Navigasi.

PT Angkasa Pura I pun menggandeng PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko untuk dukung operasionalBandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Ini juga untuk mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas.

Pada pengoperasional terminal internasional, Bandara Internasional Yogyakarta akan melayani enam penerbangan internasional per hari yang dialihkan dari Bandara Adi Sutjipto.

PT Angkasa Pura I juga akan siapkan lokasi untuk UMKM. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM. Selain itu, sejumlah fasilitas pun dibangun seperti mesjid di bandara.

Surat Suara Terbatas, Pasien RS Sardjito Yogyakarta Baru Bisa Nyoblos Sore Hari

Liputan6.com, Yogyakarta Surat suara yang terbatas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekitar RSUP Sardjito, Sleman, Yogyakarta membuat pasien rawat inap beserta keluarga yang sudah terdaftar tidak bisa menyoblos Pemilu 2019 di siang hari. Baru pada sore hari sekitar pukul 15.30 datang surat suara yang dikumpulkan dari wilayah lain di Kabupaten Sleman Yogyakarta datang.

“Ini kami dapatkan 41 surat suara untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden dari Desa Sendangadi, Mlati, Sleman,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mlati, Sleman, Edi Maulana di depan Klinik Permata Hati RS Sardjito, Rabu (17/4/2019).

Jika harus mencari lagi ke tempat lain, kata Maulana, hal itu akan membuat waktu pemungutan suara semakin malam. Selain itu, masih banyak juga beberapa TPS lain yang kekurangan surat suara. Sehingga didapatlah stok 41 surat suara untuk pemilih yang sudah terdaftar di RS Sardjito.

Tak lama berselang, Maulana bersama saksi langsung mendatangi pasien yang sudah terdaftar agar bisa menyoblos. Sekitar pukul 16.00 proses pencoblosan di RS Sardjito dimulai.

Kesempatan pertama diberikan kepada Agus warga Kota Yogyakarta yang dirawat karena patah tulang.

Wajah semringah Agus nampak terlihat ketika ia bisa memilih presiden dan wakil presiden pilihannya. “Senang sekali, kan satu suara begitu berarti,” kata Agus.

Walau waktu pencoblosan yang dijadwalkan seharusnya pukul 12.00 WIB, dia tidak tampak kecewa karena sudah mendapat informasi dari suster yang menjaganya. “Ya enggak apa-apa, tadi suster sudah bilang kalau surat suaranya sedang dicari dari TPS-TPS lain,” tutur pria 27 tahun ini.

Sebelumnya, ada 161 orang pasien rawat inap dan keluarga yang terdaftar untuk mengikuti pencoblosan di RS Sardjito. Namun, beberapa diantaranya sudah ada yang pulang.

Kisah Mbah Satinem dari Yogyakarta Diangkat di Serial Netflix

Dalam episode tersebut Street Food menampilkan para pembuat jajanan pasar di Yogyakarta. Meski masih bisa bertahan di tengah laju modernisasi, namun kini tak banyak jajanan pasar dengan resep tradisional yang autentik.

Salah satu yang mempertahankan hal ini adalah Mbah Satinem, yang dagangannya selalu laris manis, bahkan membuat orang rela mengantri.

Diceritakan juga tentang kisah Mbah Lindu, penjual gudeg yang usianya kini mencapai 100 tahun.

Hotel Bintang Lima di Yogyakarta Sulap Lahan Parkir Bawah Tanah Jadi Panggung Catwalk

Liputan6.com, Yogyakarta Sebuah peragaan busana tidak biasa diangkat oleh Hotel Royal Ambarrukmo. Jika biasanya panggung peragaan busana berada di hall dengan AC yang dingin, kali ini perhelatan fashion diadakan di areal parkir bawah tanah hotel, Jumat (12/4/2019).

Bukan tanpa alasan Hotel Royal Ambarrukmo mengadakan kegiatan pergelaran busana rutin Kembang Setaman ini di tempat yang berbeda. Pergelaran bertajuk Lokatara yang berarti luar biasa ini mengusung konsep industrial. Lahan parkir bawah tanah hotel yang penuh dengan pipa mengingatkan pada bangunan pabrik.

Sebanyak 12 desainer dari Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang, berpartisipasi dalam ajang ini. Mereka menampilkan siluet tegas dengan warna berkarakter serta material yang mengambil ilham dari para pekerja industri atau pabrik, arsitektural modern, serta membawa pesan soal kesadaran dan tanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Implementasi gerakan peduli bumi ditonjolkan lewat penggunaan bahan daur ulang, barang purna guna dengan pengaturan estetika para desainer, bahan pewarna alam, kampanye melalui sketsa desain yang penuh makna, seruan tanpa plastik, penggunaan bunga kering yang lebih awet sampai material kertas dekoratif daur ulang.

Pergelaran fashion show Kembang Setaman selalu membawa pesan tentang lingkungan. Lokakarya merupakan perhelatan keempat.

Pada pergelaran Kembang Setaman yang pertama bertema menyayangi fauna, seri kedua mengangkat renjana yang mengapresiasi keindahan alam, dan seri sebelumnya mengangkat soal puspa.

“Tantangan ke depan bukan sekadar melahirkan karya yang mampu menarik penikmat fashion untuk menggunakannya dengan dasar eksistensi diri, tetapi kami juga ingin menyuguhkan sesuatu yang tak putus dalam lingkaran konsumen dan produsen,” ujar Khairul Anwar, cretive director Kembang Setaman Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

fashion show terapung di Paris

Cabuli Anggota PPK, Komisioner KPU Kota Yogyakarta Dipecat

Jakarta – Anggota KPU Kota Yogyakarta, RM Nufrianto Aris Munandar, dipecat Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP). Ia terbukti berbuat asusila yaitu mencabuli seorang perempuan yang juga anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

Kasus itu bermula saat perempuan itu menumpang mobil Nufrianto pada sekitar April 2018. Tiba-tiba saja, Nufrianto mencium paksa perempuan berkali-kali. Tidak hanya itu, Nufrianto memaksa melepaskan celana korban hingga ikat pinggang korban putus.

Korban yang merasa harga dirinya dihinakan dan dicemarkan, melaporkan kasus itu ke pimpinan KPU Kota Yogyakarta. Kasus ini kemudian bermuara ke DKPP.

“Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Teradu R Nufrianto Aris Munandar selaku Anggota KPU Kota Yogyakarta putusan dibacakan,” demikian lansir DKPP dalam websitenya, Kamis (11/4/2019).

Putusan itu dibacakan pada Rabu (10/4) kemarin dengan ketua majelis Harjono. Dalam sidang DKPP, Nufrianto membenarkan dirinya pernah meminta mencium korban sebagai bentuk rasa simpati kepada korban sebagai single parent yang berjuang untuk menghidupi anak putri dan orang tuanya.

Nufrianto juga membenarkan, pernah memaksa korban berhubungan badan, hingga ikat pinggang korban putus dan kancing baju lepas.

“Tindakan Teradu sangat merendahkan martabat kemanusian perempuan yang sepatutnya dilindungi dari tindakan kekerasan baik fisik maupun mental,” kata Ketua DKPP, Harjono.

Nufrianto, menurut DKPP, justru menggunakan dan memanfaatkan kesempatan atas relasi kuasa sebagai atasan untuk memperdaya korban dalam memenuhi hasrat birahinya dengan cara-cara melawan hukum berupa tindakan pelecehan dan kekerasan seksual yang sangat merendahkan kehormatan dan martabat penyelenggara pemilu.

“Teradu terbukti melanggar Pasal 6 ayat (3) huruf c dan huruf f juncto Pasal 12 huruf a dan b, juncto Pasal 15 huruf a dan d Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Nomor 2 tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilu. Dengan demikian dalil aduan Pengadu terbukti dan jawaban Teradu tidak meyakinkan DKPP,” pungkas Harjono.
(asp/aan)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Massa Kampanye Bentrok dengan Warga di Sleman Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta – Kericuhan terjadi di Jalan Wates Km 8, Padukuhan Ngaran, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, DIY, Minggu (7/4). Kericuhan ini melibatkan sekelompok massa yang akan berangkat kampanye ke Alun-alun Wates, Kabupaten Kulonprogo.

Seorang saksi mata, Anton Prabu (40) mengatakan kericuhan bermula saat sekelompok massa tiba-tiba mendatangi Padukuhan Ngaran. Massa ini kemudian masuk ke dalam gang kampung yang berada di samping SPBU Gamping.

“Mereka masuk dan langsung melempari. Ada satu mobil yang terparkir di gang terkena lemparan sampai kacanya pecah,” ujar Anton di lokasi kejadian, Minggu (7/4).

Anton mengungkapkan dirinya tak tahu alasan massa tiba-tiba masuk ke kampungnya dan melakukan pelemparan. Massa, lanjut Anton, tiba-tiba datang dan langsung melempar batu.

Kapolda DIY, Irjen Ahmad Dofiri menerangkan massa yang terlibat gesekan merupakan massa yang sedang berangkat kampanye menuju ke Alun-alun Wates.

Dia menerangkan jumlah massa yang datang ke kampanya akbar nasional jumlahnya cukup besar. Dofiri mengungkapkan sebagian massa kampanye menggunakan sepeda motor.

“Hari ini memang ada kampanye di Alun-alun Wates. Peserta cukup banyak 10 sampai 15 ribu. Kebanyakan berangkat dengan mengendarai sepeda motor. Sehingga terjadi rombongan yang cukup panjang di Jalan Wates. Jadi saat berangkat terjadi sedikit gesekan, tapi tidak masalah, langsung berhasil kita halau,” urai Dofiri.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, hingga pukul 19.00 WIB sejumlah personel polisi dan TNI tampak berjaga di lokasi kejadian.

Reporter: Purnomo Edi/merdeka.com

Angkasa Pura I Gandeng TWC Dukung Operasional Bandara Baru Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta – PT Angkasa Pura I (Persero) menggandeng PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) (TWC) untuk mendukung operasional Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo sekaligus guna mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas.

Bentuk sinergi kedua BUMN tersebut antara lain berupa pembuatan materi kampanye wisata Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar), mengingat tiga daerah ini merupakan magnet utama dan destinasi prioritas dengan ikon Candi Borobudur.

“Angkasa Pura I memiliki bandara dan di sisi lain TWC mempunyai konten wisata, sehingga kami melakukan sinergi membangun potensi bersama untuk menarik lebih banyak wisatawan. Konsep kolaborasi ini meliputi pusat informasi pariwisata (tourism information centre) bersama, joint promotion road trip, dan joint merchandising.

Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo memiliki beberapa ‘branding spot’ potensial yang bisa dimanfaatkan oleh TWC untuk mempromosikan potensi wisata,” ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji.

Direktur Utama TWC Edy Setijono menjelaskan, Joglosemar merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta dan Jawa Tengah.

“Joglosemar juga merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang mengikuti paket wisata ‘overland’ Jawa-Bali dan wisawatan kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Namun, saat ini masalah aksesibilitas masih menjadi masalah utama untuk mencapai target dua juta wisatawan mancanegara di tahun 2019,” kata Edy.

Edy optimistis dengan beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta yang nantinya akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia akan menjadi pintu masuk baru bagi wisatawan mancanegara maupun domestik untuk menjangkau wilayah Joglosemar.