Perpanjang Kontrak di Persib, Tanggung Jawab Ghozali Lebih Besar

Liputan6.com, Bandung Pemain sayap Persib Bandung Ghozali Siregar, resmi memperpanjang kontrak dengan ikatan kerja sama dua tahun. Kontrak terakhir Ghozo, sapaan akrabnya, itu baru akan habis pada 2021.

Perpanjangan kontrak Ghozali di Persib diumumkan pada, Selasa (15/1/2019) lalu.

“Alhamdulilah bisa menjadi bagian Persib lagi di tahun 2019. Dengan kontrak dua tahun ini tanggung jawabnya lebih besar karena harus kasih yang terbaik lagi tahun ini seperti tahun kemarin,” ujar Ghozo ditemui usai mengikuti sesi latihan Persib, Kamis (17/1/2019).

Ghozo tak memungkiri, dirinya dipertahankan Persib karena penilaian pelatih dan manajemen. Untuk itu ia pun mengambil kesempatan untuk membalas kepercayaan klub di musim depan.

“Karena kemarin kan prestasi saya di sini cukup memuaskan kenapa tidak diteruskan,” katanya.

2 dari 3 halaman

Betah

Selama satu musim berkostum Persib, pemajn berusia 26 tahun ini merasa betah. Sempat diragukan di awal musim, ia mampu menunjukkan kualitasnya di atas lapangan. Total ia mengemas 6 assist dan 5 gol di musim 2018.

“Ya pokoknya kalau main di Bandung itu terasa semangatnya saat stadion penuh. Luar biasa,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Siap Adaptasi

Mantan pemain Persiba Balikpapan ini juga siap bekerja dengan pelatih anyar Miljan Radovic di musim 2019. Ia pun mengaku siap mengikuti strategi yang diinginkan pelatih.

“Adaptasi lagi itu pasti. Kita mulai lembaran baru bersama-sama membangun tim sama pelatih baru juga,” katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha dan Bacaan Doa Lengkap

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah melakukan apa yang dilarang atau tidak disukai oleh Allah SWT. Hal itu membuat manusia mendapat dosa dari perbuatan terlarang yang dilakukannya.

Perbuatan dosa yang dilakukan oleh manusia ini ada yang disadari secara langsung, ataupun tidak disadari. Tidak hanya dosa-dosa kecil, manusia terkadang juga melakukan dosa besar. 

Alasan itulah yang mendasari munculnya anjuran bagi umat Islam untuk melakukan taubat dengan berbagai cara yang diridhoi Allah SWT. Salah satu cara untuk menebus dosa yang paling baik dan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW adalah dengan menjalankan sholat taubat nasuha.

Taubat sendiri adalah kembali kepada Allah, kembali pada syariat-Nya, mengakui segala bentuk kesalahannya dan menyesalinya. Selain itu juga berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Sedangkan sholat taubat adalah cara untuk meraih salah satu amal yang paling tinggi derajatnya di sisi Allah, yaitu taubat nasuha.

Dasar hukum yang menganjurkan orang untuk menjalankan sholat taubat nasuha ini ada pada Al-Qur’an dalam surat At-Tahrim ayat 8, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Allah sangat menyukai orang-orang Islam yang benar-benar bertaubat dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Seperti yang difirmankan dalam Al-Baqarah 2:22, yang artinya:

Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Dari beberapa ayat di atas, dapat disimpulkan bahwa sebaik-baiknya manusia di hadapan Allah, bukan mereka yang tidak pernah berbuat salah. Melainkan orang tersebut berbuat kesalahan, dan langsung bertaubat kepada-Nya.

Melihat pentingnya bertaubat ini, maka seorang muslim wajib mengetahui, nih, tata cara sholat taubat nasuha yang benar. Berikut ini, Liputan6.com, Kamis (17/1/2019) akan memberikan tata cara sholat taubat nasuha, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya. 

Tata cara sholat taubat nasuha yang benar, lengkap dengan niat, bacaan, doa, dan waktunya

2 dari 6 halaman

Waktu melaksanakan sholat taubat nasuha

Sholat taubat termasuk sholat sunnah yang dikerjakan hanya apabila ada kejadian-kejadian tertentu yang menjadi penyebabnya. Sholat dengan karakteristik ini juga secara khusus tidak ada pembatasan waktu pengerjaannya.

Sebagian ulama berpendapat kalau sholat taubat baiknya dikerjakan sesegera mungkin, setelah kita menerima hidayah dari Allah SWT. Hal ini bertujuan agar pengampunan atas dosa yang kita lakukan tidak Allah tangguhkan, sementara kita sendiri tidak tahu batas dari usia hidup kita.

Namun ada waktu pelaksanaan sholat taubat nasuha yang haram untuk dikerjakan seperti saat shubuh hingga terbit matahari dan Ashar hingga matahari tenggelam.

3 dari 6 halaman

Niat sholat taubat nasuha

Niat sholat taubat adalah dengan menghadirkan keinginan untuk taubat dari berbagai kesalahan terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan berwudhu dan melaksanakan sholat 2 rakaat.

Namun untuk menegaskan kembali, bisa di lafazkan dengan lafaz yang telah diajarkan oleh para ulama, dengan membaca niat seperti berikut:

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

4 dari 6 halaman

Tata cara sholat taubat nasuha

Tata cara sholat taubat nasuha sama seperti sholat sunnah lainnya. Sholat taubat nasuha dilakukan sebanyak dua rakaat dengan sekali salam. Boleh dilakukan dua rakaat, empat rakaat atau enam rakaat.

Namun jika mau, Anda bisa memperpanjang sujud terakhir untuk secara khusus bermunajat dan mengakui berbagai dosa Anda serta memohon ampunan dengan segala kerendahan diri di hadapan Allah SWT.

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.”(HR. Muslim)

Sholat taubat nasuha sebaiknya dikerjakan secara sendirian. Sholat taubat nasuha merupakan sholat nafilah yang tidak disyariatkan untuk dikerjakan secara berjamaah.

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadist, hendaknya sebelum melaksanakan sholat taubat didahului dengan bersuci dengan baik. Disunnahkan untuk mandi besar sebelum melakukan shalat taubat

Berikut akan dijelaskan urutan melaksanakan sholat taubat nasuha yang benar:

1. Membaca niat sholat taubat nasuha

2. Takbirotul ihram

3. Membaca doa iftitah (sunnah)

4. Membaca surat Al-Fatihah5. MEmbaca surat dari Al-Qur’an

6. Rukuk (membaca tasbih ruku’ tiga kali)

7. I;tidal (membaca doa I’tidal)

8. Sujud (membaca tasbih sujud tiga kali)

9. Duduk di antara dua sujud (membaca doa ‘robbighfirlii warhamnii…’)

10. Sujud kedua

11. Bangun melanjutkan raka’at kedua seperti urutad di atas sampai yang ke 10

12. Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir)

13. Salam

14. Berdoa mohon ampunan

5 dari 6 halaman

Doa dan dzikir selepas sholat

Sebagai penyempurna dari amalan sholat taubat, maka ada baiknya memperbanyak membaca istighfar. Meminta ampun dengan istighfar ini ada baiknya pula di sertai dengan dzikir-dzikir menyebut asma-Nya

Adapun bacaan istighfar setelah mengerjakan sholat taubat nasuha adalah sebagai berikut:

Astaghfirullahal Ladzii Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qayyuumu Wa Atuubu Ilaihi.

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Bacaan istighfar ini hendaknya diucapkan sebanyak 100 kali sambil diresapi artinya dalam hati dengan setulus-tulusnya.

Memperbanyak membaca tasbih:

Subhanallahi Wa Bihamdihi.

Artinya “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

Setelah itu baru membaca doa sholat taubat nasuha seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut ini:

Allahumma Anta Robbii Laa Ilaaha Illaa Anta, Kholaqtanii Wa Ana ‘Abduka Wa Ana ‘Ala ‘Ahdika Wa Wa’dika Mastatho’tu. A’udzu Bika Min Syarri Maa Shona’tu, Abuu-U Laka Bini’matika ‘Alayya, Wa Abuu-U Bi Dzanbii, Faghfirlii Fainnahuua Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illa Anta.

Artinya:

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.”

Mengenai doa tersebut, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:

“Barangsiapa mengucapkannya (sayyidul istighfar) di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk syurga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk syurga.” (HR. Al-Bukhari)

Setelah mengerjakan sholat taubat nasuha ini, Anda disarankan untuk melakukan berbagai amal kebaikan. Selain tidak mengulangi maksiat dan dosa seperti dulu, bentuk amal kebaikan yang paling utama setelah mengerjakan sholat taubat adalah dengan sedekah.

Karena dengan sedekah, merupakan sebab terbesar terhapusnya dosa-dosa seseorang. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Thaha ayat 82 yang artinya: “ Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.”

6 dari 6 halaman

Keutamaan sholat taubat

Allah akan memberikan ganjaran bagi Anda yang melakukan sholat taubat ini seperti akan diampuni dosa-dosa yang pernah dibuat, Allah SWT menjanjikan surga bagi siapa saja yang bertaubat dengan sungguh-sungguh dan mereka akan kekal di dalamnya, dan akan diberikan pahala yang terbaik sebagai penambah timbangan amal bagi mereka yang bertaubat.

Nah, kalau sudah melakukan sholat taubat, kemudian suatu ketika melakukan kesalahan lagi, bagaimana? Abu Hurairah Radiyallahu’anhu, bahwasanya Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Sesungguhnya seorang laki – laki berbuat dosa lalu berkata: “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata : “Hambaku berbuat dosa lalu ia tahu bahwa ia memiliki Tuhan  yang  Maha Mengampuni dosa dan ia merealisasikannya, sesungguhnya Aku telah ampuni hambaku tersebut.

Kemudian ia pun berbuat dosa lagi dosa yang lainnya lalu berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa maka ampunilah, maka Allah Tabaroka wa Ta’ala berkata: “Hamba-Ku mengetahui bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun lalu ia pun merealisasikannya:

“Sesungguhnya telah aku ampuni hamaku. Kemudian ia melakukan dosa  yang lainnya lagi, dan ia berkata : “Wahai Tuhanku sesungguhnya aku berbuat dosa, maka ampunilah. Maka Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkata lagi : “Hamba-Ku tahu bahwa ia punya Tuhan yang Maha Pengampun dan ia merealisasikannya.”

Maka Aku mempersaksikan kepada kalian semua bahwa sesungguhnya Aku sungguh telah mengampuni hamba-Ku maka silahkan dia lakukan  apa yang dia kehendaki.” (HR. Al- Imam Ahmad)


Reporter: Nisa Mutia sari

BPN: SBY Tak Hadiri Debat Capres 2019, Diwakili AHY

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan tidak akan hadir langsung menyaksikan debat capres 2019 yang pertama. SBY akan diwakili Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Diwakilkan Pak AHY,” kata Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Sudirman tak mengetahui alasan SBY tak hadir. Namun Sudirman menilai selama ini SBY telah membantu Prabowo-Sandi dalam persiapan debat.

“Saya kira beliau memberi banyak pesan kepada Pak Prabowo untuk pembahasan materi untuk hal yang sifatnya teknik karena beliau punya pengalaman sangat bagus,” ujarnya.

Beberapa jam menjelang debat, Prabowo telah berada di kediamannya, Jalan Kertanegara nomor 4, Jakarta Selatan. Prabowo tiba di kediamannya sekitar pukul 15.00 WIB.

Sejumlah anggota BPN juga tampak datang ke rumah tersebut. Beberapa saat setelah itu juga tampak tiba Hashim Djojohadikusumo, Fadli Zon hingga Dahnil Anzar Simanjuntak. Sudirman mengatakan saat ini Prabowo hanya bersantai di rumah.

“Sekarang ya rileks lagi menunggu waktu, tidak ada yang penting. Beliau menerima tamu-tamu keluarga, tadi ada Pak Hashim masuk. Insyaallah semuanya sudah siap,” ujar Sudirman.
(abw/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hanya 45 Menit di Kejari Surabaya, Dhani: Wis Rek, Aku Luwe

Surabaya – Setibanya di Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Ahmad Dhani menjalani pelimpahan tahap II atau proses pelimpahan tersangka dan barang bukti terkait kasus pencemaran nama baik yang menjeratnya.

Namun sekitar pukul 14.30 WIB, Dhani sudah diperbolehkan meninggalkan Kejari bersama pengacaranya.

Dhani mengaku hanya mengisi formulir dan diambil fotonya saat berada di Kejari Surabaya.


“Prosesnya ya ngisi formulir, ya kayak masuk kuliah gitu, difoto,” ungkap Dhani Prasetyo kepada wartawan usai pemeriksaan, Kamis (17/1/2019).

Akan tetapi ketika wartawan melemparkan sejumlah pernyataan, Dhani langsung mengelak.

“Ngapain pertanyaan-pertanyaan lagi. Ini namanya pelimpahan. Jadi pasal 27 ayat 3 yang disangkakan kepada saya itu ancaman hukumnya maksimal 4 tahun. Jadi tidak ada penahanan. Bukan saya kebal hukum bukan, karena ancaman maksimal empat tahun. Wis rek, aku luwe,” terangnya sambil berlalu.

Menengok ke belakang, pentolan band Dewa 19 itu ditetapkan sebagai tersangka kasus pencemaran nama baik pada tanggal 18 Oktober 2018 silam.

Ujaran Dhani yang berujung pelaporan pencemaran nama baik ini sempat dilontarkannya dalam sebuah video yang kemudian diunggah ke akun Facebooknya.

Saat itu, Dhani yang hendak mengikuti deklarasi tagar 2019GantiPresiden di Surabaya dihadang oleh sejumlah massa Koalisi Bela NKRI. Dalam videonya, Dhani kemudian menyebut orang-orang yang menghadangnya sebagai idiot.
(lll/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kata Prabowo Stok BBM RI Hanya 20 Hari, Jonan: Maunya Berapa?

Palembang – Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebut bahwa cadangan bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia hanya bertahan untuk 20 hari. Apa kata Menteri ESDM, Ignasius Jonan?

“Kalau BBM itu betul, jadi kurang lebih ya (20 hari) tergantung jenis. Ada yang jenis minyak tanah, aftur, kerosin atau yang itu dikelola oleh Total dan sebagainya,” kata Jonan di Palembang, Kamis (17/1/2018)

Meski begitu, Jonan menyebut ada pula cadangan BBM yang bertahan lebih dari 21 hari. Terutama minyak tanah yang itu dapat bertahan lebih dari BBM jenis lain, yakni hingga 27 hari.

“Kurang lebih 21 hari sampai 27 hari dan yang paling panjang itu ya minyak tanah. Untuk penampungan sendiri, sebenarnya ini minyak jadi dan ditampung di tempat penampungan. Kenapa 21 hari? Maunya berapa?” kata Jonan.
Jonan mengatakan cadangan BBM bisa saja lebih dari jangka waktu tersebut. Tetapi nantinya pasti berdampak kenaikan harga BBM di pasaran dan membebani masyarakat.

“Tempat penampungan kalau cadangan lebih banyak ya, itu tentunya nanti biaya jadi naik. Ini bisa mengakibatkan harga di masyarakat naik,” katanya.

“Ditanya lagi, kalau 21 hari apa cukup? Ya selama ini kan, Pertamina misalnya itu kan impor kapalnya datang tiap hari. Jadi selama 21 hari tidak ada masalah,” tegas Jonan.

Dengan waktu cadangan 21-27 hari saja, lanjut Jonan, stok BBM secara nasional tidak pernah kekurangan. Bahkan Jonan menyebut waktu cadangan BBM dapat ditambah, tetapi membutuhkan tempat penampungan baru dan ongkos lebih besar.

“Selama ini apa masalah, secara nasional apa ada kekurangan pasok BBM? kan itu tidak ada. Bisa saja ditambah lebih panjang, tapi ongkos lebih besar karena biaya lebih besar dan harus buat tempat penampungan baru,” tutupnya.

Prabowo sebelumnya menyebut, cadangan bahan bakar Indonesia hanya bisa tahan 20 hari. Dia juga mengatakan, cadangan beras hanya bisa bertahan 3 minggu.

Hal itu disampaikannya dalam Pidato Kebangsaan Visi Misi Indonesia Menang di JCC Senayan Jakarta, Senin (14/1/2019).

“Apakah negara yang cadangan bahan bakarnya hanya bisa bertahan 20 hari, cadangan berasnya juga hanya bisa bertahan 3 minggu,” kata Prabowo. (Raja Adil Siregar) (ras/ang)

Terkait Prostitusi Online, Eks Finalis Putri Indonesia Datangi Polda Jatim

Surabaya – Mantan Finalis Puteri Indonesia Fatya Ginanjarsari mendatangi Polda Jatim hari ini. Kedatangannya adalah untuk menjadi saksi terkait kasus protitusi online yang melibatkan sejumlah artis.

Terpantau datang seorang diri, Fatya mengenakan baju dan celana hitam dipadu dengan topi berwarna serupa.

Fatya yang tiba di Polda Jatim sekitar pukul 13.00 itu juga tampak membawa amplop cokelat berisi surat pemanggilan penyidik.

“Iya sendirian aja,” kata Fatya kepada wartawan sesaat sebelum memasuki ruang penyidikan di Mapolda Jatim, Kamis (17/1/2019).
Namun saat ditanya lebih lanjut terkait penyidikan, Fatya memilih memberikan keterangan usai pemeriksaan.

“Nanti saja ya wawancaranya, setelah pemeriksaan,” pungkasnya.

Fatya merupakan satu dari enam nama artis yang diduga terlibat kasus prostitusi online yang juga menyeret nama Vanessa Angel. Selain Fatya, ada pula Beby Shu, Aldiera Chena, Maulia Lestari hingga Riri Febriyanti.

Entah kebetulan atau tidak, sejak namanya disebut masuk dalam daftar artis yang terlibat prostitusi online dan dipanggil polisi, Fatya ternyata sudah tidak menyandang status sebagai Finalis Putri Indonesia tahun 2017.

“Aku juga belum tahu masalah kabar ini (prostitusi online). Cuma setahuku kalau yang Fatya itu memang sudah bukan finalis Puteri Indonesia lagi. Dia sudah kita keluarkan. Karena dia pernah melanggar MoU,” ujar salah satu PR Mustika Ratu bernama Ayi saat dihubungi detikHOT beberapa waktu lalu.
(lll/lll)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Peserta Tablig Akbar Solo Bentak Polisi, PA 212: Diblokade, Wajar Marah

Jakarta – Video seorang pria peserta tablig akbar Persaudaraan Alumni (PA) 212 di Solo yang membentak-bentak polisi viral di media sosial. Pria tersebut marah kepada polisi karena dianggap menghalang-halangi.

Ketum PA 212 Slamet Maarif mengatakan pria tersebut marah sebagai reaksi karena merasa dihalangi saat akan mengikuti tablig akbar. Dia menilai reaksi tersebut sebagai hal yang wajar.

“Itu umat mau datang ngaji tapi dihalangi, diblokade ya wajar marah lah,” kata Slamet lewat pesan singkat, Kamis (17/1/2019).

Polisi sendiri menyampaikan alasan penghadangan peserta tablig akbar karena acara tersebut tidak mengantongi izin. Polisi menyatakan acara yang dilakukan di jalan raya mesti mendapatkan izin atau rekomendasi dari dinas perhubungan.

Terkait hal ini, Slamet mengatakan panitia tablig akbar dari PA 212 Solo mengatakan telah menyampaikan pemberitahuan dan berkoordinasi ke pihak kepolisian.

“Pemberitahuan dan koordinasi dengan pihak kepolisian sudah dilakukan panitia Solo,” tutur dia.

Video yang viral tersebut pun mendapatkan respons dari netizen. Warga menilai tindakan pria bertopi yang membentak-bentak petugas itu memprovokasi warga yang ada di sekitar lokasi.

Tampak dalam video tersebut pria itu bicara kepada polisi sembari menunjuk-nunjuk dan tangan kiri yang memegang ponsel dalam kondisi merekam video. Pria tersebut juga sempat mengangkat-angkat pagar dan menerobos pagar blokade yang dipasang petugas.

Situasi di sekitar lokasi sempat ramai karena warga datang untuk melihat lebih dekat. Meski begitu polisi tetap tidak bereaksi represif. Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono menyayangkan ulah peserta aksi yang mem-bully anggota polisi yang sedang melakukan pengamanan tersebut.

“Karena merasa dihalangi polisi mereka mem-bully dan mendelegetimasi polisi seolah-olah memusuhi umat Islam. Tapi kami tidak represif, tetap senyum dan simpatik, walaupun di-bully,” kata Condro, Senin (14/1) lalu.

Pagi tadi, sebanyak 18 anggota kepolisian yang melakukan pengamanan saat aksi Tablig Akbar PA 212 di Solo diberikan penghargaan. Salah satunya yaitu Briptu Saiful Ulum yang videonya viral dibentak oleh seorang pria ketika berjaga.

Selain Briptu Saiful ada 17 anggota lainnya dari Brimob Polda Jawa Tengah, Kanit Dalmas Polrestabes Semarang yang BKO saat itu, Kasubnit Turjawali I Polresta Surakarta, dan juga Kapolsek Pasar Kliwon Surakarta. Penghargaan yang diberikan yaitu dalam prestasi melakukan pengamanan kegiatan masyarakat secara profesional.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono mengatakan Penghargaan Kapolda Jateng itu diberikan untuk memberikan apresiasi kepada anggota yang profesional menjalankan tugas. Untuk seluruh anggota yang mengamankan aksi tanggal 13 Januari 2019 lalu di Solo, Condro bangga karena anggotanya sabar.

“Saya selaku Kapolda mengapresiasi anggota kita yang menunjukkan tugasnya secara profesional dalam menjaga keramaian dan kegiatan masyarakat tanggal 13 Januari di Solo dengan mengedepankan kemanusiaan, sabar, dan tidak terpancing emosi. Itu wujud profesional Polri, wujud sosok Polri kedepankan hati nurani,” kata Condro usai memberikan penghargaan di Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Kamis (17/1/2019).
(jbr/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Artis VA Jadi Tersangka, Robby Abbas Sebut Polisi Sudah Adil

Liputan6.com, Jakarta – Setelah menjadi saksi korban, Polda Jawa Timur telah menaikkan status artis VA menjadi tersangka kasus prostitusi online. Status tersangka disematkan setelah polisi mendapat cukup bukti dari penyelidikan.

Polisi menyangka artis VA dengan pasal 27 Ayat 1 UU ITE. Artis VA diduga menyebarkan foto dan video bernuansa pornografi kepada muncikari ES sebagai bentuk penawaran.

“Kami sampaikan kepada rekan media terkait hasil gelar perkara, dari diperiksanya saudari VA. Dan mulai hari ini kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, di Surabaya, Rabu (16/1/2019).

Penetapan status tersangka kepada artis VA ini pun sampai ke telinga mantan muncikari, Robby Abbas. Ia menilai polisi telah berlaku adil dalam mengusut kasus prostitusi online ini.

2 dari 3 halaman

Terima Kasih kepada Polisi

“Ya adil karena waktu case aku, hanya aku yang menjalani, yang nerima sanksi pidana dan sanksi masyarakat,” ujar Robby Abbas kepada wartawan di Jalan Kapten Pierre tendean, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

“Kalau aku berpikir lagi, yang dulu itu enggak adil. Tapi sekarang saya berterima kasih pada kepolisian karena sebagai manusia sudah bersikap adil tentang kasus ini,” ia menyambung pernyataan.

3 dari 3 halaman

Dukungan

Sebagai orang yang juga pernah terlibat kasus prostitusi online, Robby Abbas memberi semangat kepada artis VA agar mampu menghadapi persoalan hukum ini.

“Jadi, apapun yang terjadi, VA, gue enggak kenal lo tapi gue hanya mendukung lo sebagai manusia. Walaupun sedikit miris gitu ya tapi lo harus jalanin ini, lo harus terima,” ia mengakhiri.

#10YearsChallenge, Dolar AS di 2009 Rp 11.930, Sekarang Berapa?

Jakarta – Belakangan ini warganet tengah terjangkit virus tagar 10 years challange. Mereka memajang foto transformasi 10 tahun lalu dan sekarang.

Tujuan dari tantangan itu untuk melihat perbedaan di antara kedua masa itu. detikFinance mencoba ikut tantangan 10 years challange itu tapi dari sisi ekonomi. Pertama dari sisi nilai tukar kita, Rupiah.

Bagaimana perbedaan nilai tukar rupiah terhadap dolar di 2009 dan 2019. Sebesar apa perbedaannya?

Melansir data Reuters, Kamis (17/1/2019), nilai pada penutupan 1 Januari 2009 dolar AS berada di posisi Rp 11.380. Sementara pada 1 Januari 2019 dolar AS sudah berada di posisi Rp 14.160.
Jika dihitung perubahannya maka nilai tukar rupiah selama 10 tahun sudah turun 24.4%. Tapi kondisi nilai tukar rupiah pada kedua masa itu sedikit berbeda. Pelemahan rupiah di sepanjang 2018 masih lebih baik ketimbang di 2008.

Dolar AS pada 1 Januari 2008 berada di posisi Rp 9.385, sementara di 1 Januari 2009 sudah berada di level Rp 10.950 atau melemah 16,67%. Dolar AS juga sempat melonjak hingga Rp 12 ribuan.

Tentu banyak faktor yang membuat rupiah di tahun itu begitu terpuruk. Kondisi ekonomi global menjadi biang kerok.

“Ya betul 2008 itu karena ada krisis global,” kata Vice President Research Artha Sekuritas Indonesia Frederik Rasali.

Krisis saat itu merupakan krisis finansial global yang terjadi di banyak negara. Indonesia pun terkena imbasnya.

Di sepanjang 2018, menurut data chart Reuters nilai tukar rupiah pada penutupan 1 Januari 2018 berada di posisi Rp 13.535, sementara pada penutupan 1 Januari 2019 berada di level Rp 14.105. Jika dihitung penurunannya mencapai 4,21%.

Namun kondisi rupiah di 2018 juga begitu berfluktuatif. Bahkan rupiah sempat anjlok hingga level Rp 15 ribuan di bulan Oktober.

Faktor eksternal disebut sebagai penyebab penguatan dolar AS saat itu. Tahun lalu memang begitu banyak gejolak yang disebabkan naiknya suku bunga acuan The Fed hingga ketegangan dua negara ekonomi besar yakni AS dan China. (das/zlf)

Melongok Persiapan Kubu Jokowi dan Prabowo Jelang Debat Capres

Liputan6.com, Jakarta – Kurang dari 24 jam, debat kandidat calon presiden dan calon wakil presiden dimulai. Kedua kubu, Jokowi dan Prabowo saling klaim kesiapan mental dan penguasaan materi debat yang meliputi hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional, Ace Hasan mengatakan, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf kian mantul alias mantab betul untuk berhadapan dengan pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga. Bahkan politisi Golkar ini menganalogikan kompetisi lomba lari, dimana Jokowi-Ma’ruf bisa melesat bebas tanpa rintangan dalam debat malam nanti.

“Keduanya berdebat tanpa beban. Karena memilik rekam jejak baik, sudah mantul, mantap betul. Ibarat lomba lari cepat pasangan ini tidak harus memikul ransel berat. Kakinya juga bergerak lincah tanpa tertahan kasus,” kata Ace lewat pesan singkat, Kamis (17/1/2019).

Ace mengatakan, kepemimpinan Jokowi selama 4 tahun sudah meletakan fondasi bagi reformasi di bidang hukum. Reformasi disebut sebagai proses dan produk regulasi yang terus dilakukan dengan memangkas aturan berbelit serta mempertegas aturan melindungi rakyat.

“Juga dalam penegakan HAM, terorisme dan pemberantasan korupsi, Pak Jokowi bertindak konkret akan meneruskan fondasi itu untuk melangkah maju. Sehingga tidak mundur lagi,” sambung Ace.

2 dari 2 halaman

Persiapan Prabowo

Di sisi lain, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Andre Rosiade juga mengatakan hal senada. Persiapan kubu pasangan 02 tengah digodok di Rumah Hambalang, kediaman Prabowo Subianto. Bersama para mentor, keduanya dimatangkan untuk suksesnya perhelatan debat nanti.

“Siap lahir batin, beliau dua hari ini kemarin dan hari ini mematangkan di hambalang bersama tim,” kata Andre dalam kesempatan terpisah.

Kesiapan Prabowo, lanjut Andre, menghadapi pertanyaan sensitif juga telah dipersiapkan. Sekali pun menyinggung soal dugaan pelanggaran HAM terkait kasus penculikan, Andre meyakinkan bahwa semua siap dijawab dengan gamblang.

“Insya Allah Pak Prabowo siap, mau ditanya soal penculikan, HAM siap jawab tidak ada masalah,” tegas dia.

Poin terakhir, tidak lupa dilakukan Prabowo-Sandiaga adalah memantapkan jiwa spiritual. Dikatakan Andre, keduanya terus banyak beribadah dan bermunajat demi kelancaran debat kandidat pertama pada malam nanti.

“Ya solat berdoa, minta sama Allah diberi kemudahan dan perlindungan,” Andre menyudahi.


Saksikan video pilihan berikut ini: