Long Weekend, Ini Penampakan Wisatawan Jejali Gua Pindul Gunungkidul

Gunungkidul – Ribuan wisatawan menjejali objek wisata Gua Pindul di Gunungkidul, DIY, pada saat long weekend kali ini. Mereka berjejal memenuhi lokasi pintu gua dan diakui pengelola menyebabkan kenyamanan sensasi susur gua menjadi berkurang.

Salah satu pengelola operator perintis wisata Gua Pindul, Bagya, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, peningkatan jumlah wisatawan hanya terjadi hari ini saja.

“Hari ini memang melonjak (jumlah pengunjung) karena pas libur panjang dan itu biasa terjadi. Kalau dilihat dari jumlah bis yang parkir tadi jumlah wisatawan yang datang ada sekitar 2 ribu wisatawan,” ujarnya saat dihubungi detikcom, Jumat (19/4/2019) malam.


“Karena kalau hari biasa itu drop (menurun), rata-rata hanya 200 sampai 500 wisatawan, terus kalau weekend bisa 600 sampai 1.000 wisatawan yang datang,” imbuh Bagya.

Meningkatnya jumlah wisatawan, lanjut Bagya, sempat membuat antrian panjang di mulut gua sebelah selatan. Kendati demikian, ia menyebut hal itu menjadi berkah tersendiri bagi pengelola wisata Gua Pindul.

“Banyaknya wisatawan memang membuat wisatawan harus antre di mulut gua, tapi itu jadi berkah tersendiri dan dipadati berapapun (wisatawan) Gua Pindul tetap nyaman,” katanya.

“Hanya memang kami akui pelayanan kita jadi berkurang jauh, karena biasanya pengunjung bisa berapa menit di dalam gua jadi agak terburu-buru. Jadi (wisatawan) tetap bisa susur gua namun kenyamanan jadi berkurang, saya akui itu, tapi alhamdulillah meski penuh sesak belum pernah terjadi kecelakaan,” sambungnya.

Sementara itu, operator perintis wisata Gua Pindul bernama Dewa Bejo, Arif Sulistyo, menjelaskan bahwa antrean wisatawan di mulut gua sebelah selatan dan utara hanya terjadi beberapa jam saja.

“Pas penuh-penuhnya tadi antara jam 9 pagi sampai jam 12 siang. Sehabis salat Jumat sekitar jam 1 siang itu antrean wisatawan sudah mulai berkurang,” ujarnya.

Long Weekend, Ini Penampakan Wisatawan Jejali Gua Pindul GunungkidulWisatawan di mulut Gua Pindul. (Foto: Dok. Operator Perintis Wisata Gua Pindul, Dewa Bejo)

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Hary Sukmono, juga mengatakan jumlah pengunjung di Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, memang melonjak tajam hari ini.

“Memang meningkat, dan untuk pengunjung di (Gua) Pindul hari ini mencapai 2.337 orang wisatawan. Faktor meningkatnya kunjungan karena long weekend dan di Pantai juga mengalami peningkatan jumlah wisatawan,” katanya saat dihubungi.

Terkait sesaknya pintu masuk di Gua Pindul hari ini, Hary menyebut hal itu tidak membuat asupan oksigen wisatawan berkurang. Mengingat seluruh pemandu telah memiliki SOP terkait memasukkan wisatawan ke dalam Gua Pindul.

“Memang permasalahannya tidak hanya asupan oksigen kalau penuh sesak gitu, apalagi 1 pemandu itu menghandle 6 sampai 10 wisatawan. Tapi SOP untuk pemanduan sudah ada dan dilakukan para pemandu, sehingga yang mandu ada yang sambil jalan dan standby di dalam gua, dan kalau membeludak masuknya secara bergantian,” ujarnya.

“Terkait sirkulasi juga sudah dipertimbangkan, karena pengaturan Gua Pindul sudah kita dukung dengan Amdal dan upaya pemantauan lingkungan,” pungkasnya.
(mbr/mbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jasa Unik Bocah Fotografer di Pantai Tanjung Aan Lombok, Kamera Ditanggung Wisatawan

Mataram – “Om mau difoto…Om mau difoto, bantu-bantu Om buat jajan sekolah,” demikian celotehan dua bocah di Pantai Tanjung Aan, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat siang itu.

Dengan percaya diri, mereka menawarkan bukan kepada turis domestik saja, tetapi juga menawarkan jasa kepada turis asing. Yang menjadikannya unik adalah kamera yang digunakan bukan milik si anak, tetapi kamera ponsel milik pengunjung sendiri.

Anda bisa difoto dengan latar belakang biru muda dan biru mudanya air laut berpadu dengan pasir putih serta langit biru nan bersih. Soal gaya, silakan disesuaikan dengan keinginan. Yang paling lazim, melompat sembari tangan dan kaki direntangkan atau seolah-olah tengah mendorong pulau.

Jepretttt, hasilnya dipastikan tokcer sembari bocah itu telungkup atau duduk bersila sembari badannya dimiringkan untuk mengambil gambar. Satu bocah lainnya, sibuk mengarahkan gaya si foto model dadakan itu.

Hasilnya akan menggelengkan kepala saat melihat karya mereka. Menggelengkan kepala di sini adalah takjub. Bagaimana bisa seorang bocah pantai bisa mengambil pose yang benar-benar luar biasa itu.

Bahkan, pose hasil jepretan mereka bisa membuat terperangah. Mereka bisa memadukan satu orang objek di satu frame seolah-olah bertolak belakang. Begitulah bocah “fotografer” dadakan yang ada di Pantai Tanjung Aan yang memiliki keindahan alam yang tiada duanya itu.

Rasa penasaran pun terbit. Dari mana mereka belajar memotret dengan menggunakan telepon pintar itu dengan berbagai gaya atau pose tersebut?

“Kami sekitar tiga tahun lalu diajarkan oleh salah seorang turis untuk mengambil foto menggunakan HP (Handphone),” kata Nur Irfansyah (13), siswa kelas 1 MTs Negeri 3 Lombok Tengah, dilansir Antara.

Setelah mendapat pelajaran tentang teknik mengambil foto itu dari turis yang kebetulan tengah melancong ke pantai setempat, mereka menjadi percaya diri dan berani menawarkan jasa memotret kepada pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Aan.

Pengunjung tinggal membuka aplikasi kamera dari telepon genggamnya, kemudian bocah itu tinggal menjepretnya. Bagi bocah yang akrab dipanggil Irfan itu, keahliannya cukup lumayan untuk menambah biaya atau membeli peralatan sekolah.

“Saya setiap hari selepas sekolah memang sengaja datang ke pantai. Apalagi pada Sabtu dan Minggu,” kata dia.

Wisatawan ke Lembah di Islandia Melonjak, Justin Bieber Disalahkan

Liputan6.com, ‎Reykjavík – Justin Bieber, membuat video musik di sebuah lembah di Islandia. Video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 440 juta kali.

Akibat Justin Bieber, canyon atau lembah tersebut harus ditutup. Lantaran, melonjaknya pengunjung yang memadati tempat tersebut.

Badan Lingkungan Hidup Islandia mengumumkan bahwa lembah Fjaðrárgljúfur, yang digunakan Justin Bieber untuk video “I’ll Show You” yang dibuat pada 2015 silam ditutup untuk umum sampai Juni, dilansir People, Minggu (24/3/2019).

Seolah menyalahkan Justin Bieber untuk lonjakan pariwisata, Daniel Freyr Jonsson, perwakilan resmi agen pariwisata tersebut mengatakan kepada salah satu media di Islandia, RUV tidak banyak orang di luar negara tersebut yang tahu tentang Fjaðrárgljúfur sebelum menjadi video musik.

Sensasi Liburan Inovatif yang Sesuai Keinginan Wisatawan

Liputan6.com, Jakarta – Biro perjalanan Smailing Tour memperkenalkan  Smailing Xperiences sebagai wajah dan brand baru dalam paket dan layanan perjalanan wisata. Biro perjalanan ini telah berpengalaman selama lebih dari 43 tahun, khusus dalam perjalanan wisata.

Di era kemudahan dan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, konsumen memiliki kebebasan penuh dalam memilih produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Lebih ke arah mengikuti teknologi. Jadi, barang-barangnya seperti yang kita share di Smailing Xperience itu semua tersedia di online. Pelanggan melakukan pemesanan bisa secara langsung lewat online. Kita lebih mendengarkan para pelanggan, lebih fleksibel, itu yang membedakan kami (dengan yang lain),” ujar Bernard Akili, Chief Marketing Officer Smailing Tour Group di Kaum Jakarta, Senin, 18 Maret 2019.

Akili menambahkan, konsep Smailing Xperience sejalan dengan tujuan dari harapan banyak negara dan destinasi wisata seperti Australia, Dubai, maupun Hongkong.

Tak hanya memberikan pengalaman berlibur, wisatawan juga berkesempatan untuk mengenal lebih dalam destinasi yang didatangi. Smailing Xperience menawarkan peserta wisata sebuah pengetahuan baru, bahkan merasakan pengalaman sebagai penduduk lokal.

“Misal ketika berkunjung di Australia, travellers tidak hanya berfoto di depan Opera House, tetapi juga dapat mempelajari sejarahnya, mengunjungi perkebunan anggur di Margareth River. Selain itu, mereka dapat melihat dari dekat proses pembuatan wine (anggur), mengelilingi kota Melbourne dengan bersepeda, menonton pertunjukan seni, atau berbelanja di pasar tradisional,” jelas Bernard.

Dengan mengusung tagline “Be Xtraordinary,” Smailing Xperience memberikan produk dan layanan yang menarik kepada pelanggan sehingga menciptakan pengalaman berwisata yang benar-benar berbeda dan mengesankan.

Tidak hanya melayani outbond travel, tetapi juga wisata domestik dan inbound (mancanegara) yang ditangani oleh PT Smailing DMC, dan siap menjadi mitra pemerintah dalam menggiatkan wisata. Selain itu, turut serta mengembangkan 10 Bali Baru yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata, dengan ikut menyediakan berbagai paket perjalanan ke destinasi wisata dalam negeri. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

TripAdvisor, situs travel provider terbesar dan terpercaya di dunia menempatkan Bali sebagai The Worlds Best Destination pilihan traveler di seluruh dunia. Bali mengalahkan kota-kota besar dunia yang selama ini menjadi ikon pariwisata dunia.

Hamilton, Kota Ramah Wisatawan Muslim di Selandia Baru

Liputan6.com, Jakarta – Jumlah umat muslim di dunia yang sangat besar membuat sejumlah kota menawarkan destinasi wisata yang ramah bagi wisatawan muslim. Salah satunya Hamilton sebuah kota di sebelah utara Selandia Baru.

Kota ini disebut ramah wisatawan muslim karena bisa dilihat dari keberadaan masjid dan toko yang menyediakan makanan bersertifikat halal. Produk kuliner halal itu didatangkan dari berbagai negara di Asia Tenggara, Timur Tengah, termasuk Afrika. Pemeluk agama Islam di Negeri Kiwi tersebut memang berkembang pesat belakangan ini.

Di Hamilton terdapat kebun wisata terkenal di sana, Hamilton Gardens. Taman ini sempat dinobatkan sebagai saah satu taman terbaik.

Pada 1960-an, Hamilton Gardens adalah tempat pembuangan sampah. Upacara pembukaan ini dilakukan pada 24 Juli 1960. Taman ini sekarang memiliki luas 54 hektare, seperti ditulis dalam laman hamiltongardens.co.nz, Jumat, 15 Maret 2019.

Dilansir dari newzealand.com, Jumat (15/3/2019), Hamilton Gardens merupakan rumah bagi Te Parapara – taman Maori tradisional pertama Selandia Baru.

Di tempat ini ditampilkan kebiasaan, bahan dan upacara tradisional yang berkaitan dengan produksi pangan dan penyimpanan, ditarik dari pengetahuan lokal Maori yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Selain Hamilton Gardens yang sangat terkenal di Hamilton, terdapat pula Waikato River yang indah. Di tempat ini terdapat Hobbiton Village Movie Set yang asli dan kini permanen dari trilogi film The Lord of the Rings dan The Hobbit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Liputan6.com Liputan6.com Diunggah 1 Jan 2018

Minim Money Changer, Wisatawan Pakai Valuta Asing di Pulau Moyo

Liputan6.com, Sumbawa – Kepala Desa Labuhan Aji, Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa, Suhardi, mengatakan masih ditemukan wisatawan yang menggunakan valuta asing sebagai alat pembayaran barang atau jasa karena tidak ada tempat penukaran uang rupiah di wilayahnya.

“Kadang wisatawan asing pakai mata uang dolar AS untuk membayar makan atau jasa karena tidak ada money changer,” katanya di Pulau Moyo, usai mengikuti sosialisasi tentang rupiah dan penyerahan bantuan dari Bank Indonesia dan TNI Angkatan Laut yang melaksanakan Ekspedisi Laskar Nusa 2019 di Pulau Moyo yang merupakan daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Ia menyebutkan ada layanan jasa penukaran valuta asing di salah satu hotel bintang lima di daerahnya, tetapi hanya melayani tamunya saja, tidak untuk umum dan lokasinya relatif jauh dari desa.

“Makanya, kalau tidak pakai dolar nanti wisatawan itu hilang dan enggak bayar. Warga senang saja terima dolar, nanti ditukar ke rupiah di Sumbawa,” ucap Suhardi, dilansir Antara.

Hal senada juga disampaikan Ahmadin. Pria yang menjadi Ketua Organisasi Ojek di Pulau Moyo tersebut mengaku terkadang menerima pembayaran jasa dari wisatawan berupa uang dolar.

“Biasanya kalau wisatawan kapal pesiar dari Italia bayar pakai dolar karena tidak bawa uang rupiah. Tapi itu kadang-kadang karena di Pulau Moyo belum ada mesin ATM dan tempat penukaran valuta asing,” tuturnya.

Wisatawan yang Masuk Kabupaten Konservasi Tambrauw Harus Punya Pin

Liputan6.com, Jakarta Sadar akan potensi wisata yang dimilikinya, Kabupaten Tambrauw di Papua Barat kini tengah menerapkan segudang strategi untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia.

Guntur Sakti, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata mengatakan, kemajuan destinasi wisata tergantung oleh komitmen CEO-nya, yaitu kepala daerahnya. 

“Saya dibuat kagum karena sepanjang 680 km jalan yang dibangun di Kabupaten Tambrauw untuk membuka aksesibiltas merupakan dana APBD,” ujar Guntur, menurut informasi resmi yang diterima Liputan6.com.

Merespon hal itu, Bupati Tambrauw Gabriel Asem mengatakan, demi mempercepat pertumbuhan pariwisata Tambrauw, pembangunan infrastruktur memang menjadi prioritas.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menuju ke destinasi wisata memang tengah dibangun. Bahkan saat ii bandara di Sausapor sudah siap dengan jalan akses menuju bandara selebar 50 meter.

“Ke depannya, kita akan aspal jalan menuju bandara, lalu menuju Kabupaten pusat pemerintahan yang baru di Fef,” jelas Gabriel.

Lebih lanjut Gabriel menjelaskan, aksesibilitas memasuki Tambrauw, dapat melalui dua titik, Manokwari dan Sorong. Wisatawan bisa masuk melalui Manokwari atau Sorong menggunakan direct flight dari Jakarta atau Makassar, kemudian dilanjutkan menggunakan moda transportasi darat, laut, atau udara menuju Tambrauw.

Selama 7 tahun pemerintahan, pihaknya telah menghabiskan dana hingga Rp 10 miliar untuk mempersiapkan segala hal yang dapat mendukung promosi sektor pariwisata mulai dari infrastruktur, jalan, jembatan, listrik, telekomunikasi, air bersih, hingga pembangunan cottage. Untuk itu pada 2019, Tambrauw pun mulai mengundang investor untuk berinvestasi seperti Papua Diving dan Gajah Tunggal Group.

Sarana telekomunikasi dan internet di Tambrauw diakui Guntur Sakti sangat diperlukan untuk menjadikan Tambrauw sebagai destinasi wisata unggulan yang online, dapat eksis dan viral di media sosial.

“Konektivitas diperlukan agar destinasi tidak offline. Masa depan Tambrauw sebagai destinasi pariwisata, salah satunya dengan terbukanya destinasi tambrauw di dunia maya,” ujar Guntur.

Ada Parade Seni dan Tradisi, Sanggau Bidik Wisatawan Crossborder

Liputan6.com, Sanggau Kabupaten Sanggau bersiap memeriahkan border (perbatasan) area. Daerah di Kalimantan Barat itu akan menjaring wisatawan cross-border asal Serawak, Malaysia. Momen yang akan dimanfaatkan adalah Parade Seni dan Tradisi, 3-7 April mendatang.

Parade Seni dan Tradisi adalah event tahunan Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Acara ini digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Sanggau ke-403. Beragam acara akan memeriahkan Parade Seni dan Tradisi.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Jumat (1/3).

“Kementerian Pariwisata memang sedang giat menggelar berbagai acara di border area. Karena border menjadi ujung tombak untuk merealisasikan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019. Makanya, kita mendukung kegiatan di border area yang berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara, termasuk wisatawan border,” tutur Rizki.

Ditambahkannya, keseruan bakal terjamin karena ada banyak agenda yang melibatkan beberapa nama besar sebagai daya tarik seperti penyanyi dangdut ex Trio Macan, Iva Lola.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung, membenarkan hal itu.

“Dalam usia yang ke-403, Sanggau akan memberikan rangkaian acara yang dijamin akan memuaskan siapa pun pengunjung yang datang. Terlebih, akan ada penampilan dari mantan personel ex Trio Macan Iva Lola. Jadi dipastikan event ini akan seru dan meriah,” papar Adella.

Atraksi wisata yang sudah disiapkan antara lain Lomba Perahu Naga, Terabas Bidar, dan Olahraga Tradisional Masyarakat.

Namun, Kabid Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Sapto Haryono mengatakan kegiatan event ini jauh lebih banyak.

“Rangkaian kegiatan HUT Sanggau sangat banyak. Ada Napak Tilas Sejarah Kota Sanggau, Makan Berami (makan bersama di kampung wisata), Lomba Olahraga Tradisional, Lomba Mancing Mania, Lomba Sampan Ulang Uli, Lomba Masak Masakan Tradisional, Pameran Pembangunan, Hiburan Rakyat dan Pagelaran Seni Kolaboratif. Banyak kan? Makanya kita yakin event ini akan ramai,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga mendukung gelaran tersebut. Menpar berharap persiapan dilakukan dengan maksimal.

“Kita akan dukung event-event yang berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara. Apalagi digelar di border area. Persiapkan event tersebut dengan serius. Masih ada waktu sebelum acaranya digelar,” kata Menpar.

Pesan Homestay Lewat Aplikasi Ini, BRI Beri Diskon 50 Persen

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menggandeng aplikasi layanan pemesanan tempat menginap Indohomestay dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar)‎ dalam rangka rangka optimalisasi jasa layanan homestay dan pengembangan sektor pariwisata di Tanah Air.

EVP Retail Payment BRI, Arif Wicaksono mengatakan, ‎melalui kerja sama ini, BRI memberikan berbagai program promosi yang menarik bagi seluruh wisatawan yang ingin merasakan layanan homestay di Indonesia melalui aplikasi lndohomestay. 

Dia menuturkan, promo yang diberikan BRI yaitu bagi nasabah BRI atau pemegang kartu kredit, debit atau alat pembayaran BRI lainnya bisa mendapatkan diskon hingga 50 persen saat memesan homestay melalui Indohomestay.

“Di Indohomestay ini transaksinya kan secara online. Satu-satunya bank yang terima pembayaran di situ BRI, bisa debit, kredit, e-pay, BRI Virtual Account. Promo diskonnya 50 persen selama sebulan dengan bayar pakai apapun (alat pembayaran BRI) juga, tetapi berlaku untuk tunai,” ‎ujar dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Setelah sebulan, lanjut Arif, nasabah BRI tetap bisa mendapatkan diskon sebesar 15 persen untuk transaksi pemesanan homestay melalui aplikasi ini.

“Setelah sebulan, nanti secara reguler masih ada diskon untuk tiap transaksi diskon 15 persen sampai dengan 1 tahun. Tetapi kita sedang pikirkan diskon apa lagi yang menarik,” kata dia.

Sementara itu, CEO lndohomestay Grandy Prajayakti menyatakan, saat ini lndohomestay telah terkoneksi dengan lebih dari 1.000 homestay dan 3.000 kamar di seluruh pelosok lndonesia.

Melalui kerja sama ini, lanjut Grandy, dapat menarik minat wisatawan untuk menginap di homestay yang ada di berbagai destinasi wisata di Indonesia. Sehingga juga akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut.

“Indonesia punya tempat-tempat yang eksotik di desa-desa ini ingin kami angkat. Ini untuk menarik wisatawan menjelajah seluruh wilayah Indonesia.‎ Homestay yang kami tawarkan harganya beragam, mulai dari Rp 70 ribu per malam hingga Rp 800 ribu. Makanya kami ingin wisatawan dapat merasakan itu,” tandas dia.

2 dari 2 halaman

Sasar Milenial, BRI Luncurkan Aplikasi BRImo

Sebelumnya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali berinovasi. Untuk menyasar kaum milenial yang ingin serba praktis dan cepat, BRI luncurkan BRImo, aplikasi berbasis data dengan UI/UX untuk memudahkan nasabah dan non-nasabah melakukan transaksi.

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, aplikasi ini merupakan pengembangan terbaru dari layanan transaksi yang telah ada. Tercatat ada lebih dari 13 juta pengguna BRI Mobile dengan jumlah transaksi mencapai 575 juta sepanjang 2018. Fiturnya juga modern dan praktis.

“BRImo menggabungkan fungsi mobile banking, internet banking dan uang elektronik dalam satu aplikasi. Fiturnya modern. Terutama untuk login, kadang kita suka lupa kode, nah BRImo sediakan fingerprint, supaya lebih mudah dan praktis,” ujar Handayani di Gedung BRI I, Rabu 27 Februari 2019.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang BRI, cukup unduh dan log in di aplikasi BRImo menggunakan user id dan password yang sudah diatur sebelumnya.

Tak hanya mempermudah, aplikasi BRImo memiliki beberapa keunggulan dibanding aplikasi mobile banking sebelumnya, diantaranya kemudahan pembukaan rekening Tabungan BRI Britama Muda, kemudahan login menggunakan finger print atau face id Recognition , penggunaan alias rekening higga akses info promo BRI.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

7 Tempat Wisata Palembang yang Kekinian

Jakarta – Kota Palembang di Sumatera Selatan dikenal akan berbagai adatnya maupun kuliner pempek yang khas. Wisata di Palembang juga tidak ketinggalan indah.

Anda bisa menikmati makanan yang nikmat dan lezat bahkan sudah populer hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Nah, jika memiliki rencana untuk pergi ke kota Palembang maka tidak sah rasanya jika Anda tidak pergi ke beberapa tempat kekinian yang ada di kota itu.

Selain dikenal sebagai Kota Pempek, Palembang juga punya banyak tempat wisata yang tidak kalah seru dan kece. Mulai dari wisata pantai Palembang, tempat kekinian di Palembang, sampai tempat-tempat bersejarah yang sekalian menjadi tempat wisata edukasi.

1. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Satu-satunya wisata hutan di Palembang yang sedang hits dan kekinian yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan dan masyarakat sekitar yakni Hutan Punti Kayu. Hutan ini terkenal akan berbagai keindahannya dan luasnya yang kurang lebih 50 hektare. Objek wisata ini cukup populer dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan cukup menghibur. Tempat hiburan yang disediakan di antaranya adalah jembatan kayu, perahu, taman, atraksi gajah, berkuda, dan fasilitas lainnya. Terletak di Jalan Kol. Burlian, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan, tempat wisata itu bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

2. Palembang Bird Park

Ingin mengajak si kecil menikmati suasana menyenangkan dan berwisata edukasi burung? Anda bisa langsung datang ke Palembang Bird Park. Tempat ini dapat menjadi destinasi wisata untuk menikmati kicauan burung dan berinteraksi dengan burung secara langsung. Anak-anak sudah pasti senang ketika diajak ke sini, karena dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung yang terbang bebas dan menyenangkan. Tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda dan keluarga. Ada banyak jenis burung di lokasi wisata ini dan Anda pun bisa mengenali jenis-jenis burung. Tentunya bisa menambah pengetahuan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda. Palembang Bird Park berlokasi di Jalan Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

3. Air Terjun Maung

Apabila ingin berwisata ke area yang terbuka dan menikmati keindahan alamnya, maka Anda wajib mengunjungi salah satu tempat wisata bernama air terjun yang ada di Palembang. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena airnya yang jernih dan banyak dinikmati oleh para pengunjung

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini maka langsung kunjungi area tersebut di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Palembang. Jika Anda sudah sampai ke lokasi air terjun ini, sepanjang perjalanan akan melewati kebun kopi dan hutan dengan medan yang curam. Anda harus hati-hati ya saat di tempat ini.

Tempat wisata ini cocok bareng teman-teman dan sahabat. Namun kurang pas untuk keluarga terutama yang sudah berusia lanjut.

4. The Amanzi Waterpark

The Amanzi Waterpark merupakan destinasi terbaru di Palembang yang cukup banyak dikunjungi saat liburan. Bisa dikatakan wisata kekinian masyarakat Palembang. Waterpark yang belum lama dibuka ini terdapat berbagai jenis permainan yang menyenangkan dan menarik perhatian wisatawan. Lokasi ini berada di Jalan Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Kelapa, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Anda bisa menikmati berbagai wahana di antaranya Zimba dan Cora Pool, The Falls dengan seluncuran sepanjang 90 meter dan ketinggian 14 meter, The Raft dengan panjang 120 meter dan ketinggian 12 meter, Kilimmanjaro Tower, kolam arus River Nile sepanjang 500 meter serta deretan wahana lainnya yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke sini.

5. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang merupakan objek wisata terbaru yang menawarkan aneka permainan lengkap layaknya The Amanzi waterpark. Namun di sini khusus bagi Anda yang tidak ingin membayar tiket terlalu mahal. Karena Fantasy Island Lembang menawarkan tiket yang murah dengan beragam permainan seru serta fasilitas yang tidak kalah dengan waterpark lainnya.

Anda bisa menikmati permainan seperti kolam luncur, kolam arus, hingga sungai tsunami yang mendebarkan. Untuk balita juga disediakan kolam khusus dengan kedalaman air 50 cm saja yang sudah pasti aman. Pengunjung yang tidak mau basah, bisa menikmati permainan kereta gantung. Namun Anda harus membayar biaya tambahan untuk menaiki wahananya. Jika ingin tidak terlalu ramai, Anda bisa berkunjung ketika weekday. Sedangkan jika ingin ramai Anda bisa datang saat weekend.

6. Kambang Iwak Family

Ingin berkunjung ke tempat yang indah nan eksotik bersama keluarga ataupun kekasih? Tidak masalah karena Anda bisa berkunjung ke Kambang Iwak Family yang terletak di danau yang berada di pusat kota. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Rindangnya pepohonan memberikan kesejukan ketika di pagi hari. Sementara pemandangan di malam hari terlihat semakin berwarna dengan air mancur warna-warni yang begitu menggoda.

Saat datang ke sini usahakan jangan musim hujan karena pemandangan danau akan tertutup kabut. Selain itu ketika musim hujan angin akan berhembus cukup kencang dan dingin.

7. Pulau Kemaro

7 Tempat Wisata Palembang yang KekinianFoto: (Raja Adil Siregar/detikTravel)

Pulau yang terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera ini menjadi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk Anda kunjungi. Apalagi jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang memang kekinian ataupun masuk ke dalam tempat wisata favorit yang Instagramable. Anda juga bisa melihat bagaimana adat dan tradisi dari masyarakat Tionghoa berperan banyak dalam bangunan dan pulau ini. Banyaknya anak-anak muda yang berlibur bersama teman-teman serta sahabatnya saat berkunjung, menjadikan Pulau Kemaro ini cukup populer.

Pengunjung yang datang ke sini pasti mengabadikan momen mereka dalam sebuah gambar. Sudah pasti menjadikan Pulau Kemaro menjadi terkenal dan menjadi tempat kekinian di Kota Palembang.

Tempat kekinian memang lebih banyak menarik wisatawan. Namun harus diingat bahwa ketika Anda memutuskan untuk wisata maka jangan hanya berlibur atau berfoto saja. Kenali juga makna dari tempat liburan yang Anda kunjungi dan jaga agar tidak buang sampah atau merusak tempat tersebut.

Itulah deretan tempat wisata yang bisa dinikmati atau Anda kunjungi saat datang ke kota Pempek ini. Mulai sekarang tidak ada lagi alasan atau rasa bingung untuk pergi ke Palembang. Jadi segera pesan tiket ke Palembang! (nwy/rdy)