Jokowi-Iriana Tiba di Lokasi Debat, Disambut Hary Tanoe

Jakarta – Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) tiba di lokasi debat Pilpres 2019. Seperti Prabowo yang tiba lebih dulu, Jokowi juga disambut Ketua Umum Perindo sekaligus bos MNC Group Hary Tanoe.

Jokowi tiba di The Sultan Hotel, Jakarta, sekitar pukul 19.25 WIB, Minggu (17/2/2019). Jokowi datang didampingi sang istri, Iriana. Dia langsung melayani wawancara dengan wartawan.

Ia mengaku siap menghadapi debat kedua malam ini. Jokowi mengatakan tema debat kedua, yang meliputi energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam merupakan bagian dari kesehariannya.

“Ini kan mengenai pangan, energi, lingkungan hidup, ya keseharian,” kata Jokowi.

Jokowi malam ini tampil dengan kemeja putih dan celana bahan berwarna hitam. Iriana yang mendampinginya juga mengenakan pakaian warna senada.

Debat Pilpres 2019 kedua akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Debat hari ini mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur dan sumber daya alam.
(tsa/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pernah Alami Depresi, Hailey Baldwin Tak Akan Tinggalkan Justin Bieber

Liputan6.com, Los Angeles – Tak selamanya menjadi terkenal membuat hidup seseorang nyaman. Itu sangat dirasakan Justin Bieber.

Saat ini, Justin Bieber tengah mengalami depresi. Tekanan tersebut membuatnya ingin meninggalkan industri musik yang sudah membesarkan namanya.

“Aku jadi sangat depresi karena terus menerus melakukan tur,” terang Justin Bieber dalam wawancara dengan majalah Vogue.

Untungnya, sang istri, Hailey Baldwin siap membantu Justin Bieber untuk pulih dari depresinya. 

2 dari 3 halaman

Lepas dari Tekanan

Justin Bieber memang tak pernah berhenti menggelar berbagai konser sejak kariernya melambung lewat single “Baby”. Dan itu membuat hidupnya seolah milik publik, dan ia benar-benar tak mengenal dirinya lagi.

Depresi berulang kali menghampiri mantan kekasih Selena Gomez ini. Sejak menikah, Hailey Baldwin berusaha membuat suaminya bisa lepas dari tekanan yang terus mendesaknya.

3 dari 3 halaman

Bantu Lepas dari Depresi

Seorang sumber yang dekat dengan Hailey Baldwin, menyebut model 22 tahun itu selalu mencari cara dan melakukan apapun yang bisa membantu sang suami lepas dari depresi.

“Dia (Hailey Baldwin) sangat terlibat dalam rencana untuk mengambil tindakan dan membuat keputusan. Dia selalu mendengarkan dan selalu ada untuknya (Justin Bieber),” ujar sumber tersebut, dilansir laman E!News. (Lanny Kusumastuti/Fimela.com)

Valentino Rossi Ungkap Rahasia Motivasinya di Usia 40 Tahun

Jakarta – Valentino Rossi, buka rahasia di balik suksesnya menjaga motivasi di arena MotoGP hingga usia 40 tahun. Seperti diketahui, Sabtu (16/2), usia pembalap MotoGP asal Italia ini genap menyentuh kepala empat.

Valentino Rossi   menyebut kegagalan jadi juara dunia pada MotoGP 2006 dan 2015 menjadi salah satu sumber motivasinya.

Dia merasa seharusnya bisa memenangi gelar pada musim itu, tapi gagal pada balapan terakhir.  

The Doctor masih penasaran menggenapi titel juara dunia menjadi 10. Dia belum kehilangan minat meskipun kali terakhir merengkuh titel juara dunia sekitar 10 tahun lalu. 

“(Merengkuh titel ke-10) adalah impian yang masih sangat saya percayai. Tapi, itu juga penyesalan terbesar, karena saya merasa mendapatkannya,” kata Rossi, pada wawancara dengan Gazzetta dello Sport, pada hari ulang tahunnya ke-40, Sabtu (16/2/2019). 

“Saya kehilangan dua titel (pada 2006 dan 2015) pada balapan terakhir. Saya juga sering jadi runner-up (juga pada 2000, 2014, dan 2016). Jadi, karier saya layak dapat 10 titel. Alasan itulah yang membuat saya terus berusaha,”  imbuh Valentino Rossi

2 dari 2 halaman

Kesalahan

Penyesalan Rossi saat gagal pada MotoGP 2006 sangat mendalam. Dia merasa seharusnya bisa memenangi balapan terakhir di Valencia itu. 

“Pada Valencia 2006, jika saya tenang dan tidak terjatuh, saya seharusnya menang. Kemudian ada beberapa hal yang saya tak tahu apakah itu kesalahan atau tidak, yaitu pindah ke Ducati, atau pindah ke Yamaha dibanding tetap terus menang bersama Honda,”  ungkap Rossi. 

“Kemudian apa yang terjadi pada akhir 2015, ketika saya sangat disayangkan kehilangan gelar (dari Lorenzo, juga di Valencia). Tapi, kesalahan besarnya adalah 2006, seharusnya saya bisa menang,” imbuh Valentino Rossi


Erdogan: Turki Belum Ungkap Semua Hal Soal Pembunuhan Khashoggi

Ankara – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menegaskan bahwa pihaknya belum mengungkap semua informasi yang dimiliki soal kasus pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Erdogan juga menegaskan tekad Turki untuk membawa kasus Khashoggi ke pengadilan internasional.

“Kami bertekad untuk membawa kasus ini ke pengadilan internasional. Kementerian Kehakiman, Kementerian Luar Negeri dan badan intelijen kami sedang mengupayakan hal itu,” tegas Erdogan dalam wawancara dengan television A-Haber, seperti dilansir AFP dan Press TV, Sabtu (16/2/2019).

Pada Oktober tahun lalu, beberapa minggu usai Khashoggi dibunuh, empat kelompok HAM terkemuka seperti Human Rights Watch, Amnesty International, Committee to Protect Journalists dan Reporters Without Borders, mendorong Turki untuk meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelidiki kasus Khashoggi.


Dalam wawancara dengan A-Haber, Erdogan melontarkan kritikan untuk pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang disebutnya ‘mengabaikan’ kasus Khashoggi karena hubungan bilateral dan aliansi dengan Kerajaan Saudi.

“CIA belum memberi perhatian penuh untuk isu ini. Kami memiliki harapan besar dari AS untuk kasus ini. AS perlu menempatkan kehadirannya, perhatiannya di sini,” cetus Erdogan.

Ditambahkan Erdogan bahwa otoritas Turki sebelumnya belum mengungkapkan seluruh informasi yang didapatkan dari penyelidikan kasus pembunuhan Khashoggi.

“Kami belum memberikan seluruh elemen yang kami miliki,” ujar Erdogan tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Diketahui bahwa Saudi yang sempat menyangkal, akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas dalam ‘operasi liar’ oleh agen-agen intelijennya di Istanbul. Namun, otoritas Saudi dengan tegas membantah keterlibatan Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dalam kasus tersebut.

Penyelidikan yang dilakukan otoritas Turki menunjukkan bahwa Khashoggi dibunuh oleh sebuah tim beranggotakan 15 warga Saudi yang ditugaskan ke Istanbul. Turki menyebut Khashoggi tewas dicekik sesaat setelah masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul untuk mengurus dokumen untuk pernikahannya dengan wanita Turki bernama Hatice Cengiz.

Tim yang diduga kuat menghabisi nyawa Khashoggi itu diketahui telah kembali ke Saudi. Otoritas Turki meminta agar Saudi mengekstradisi mereka agar bisa diadili di Turki, namun otoritas Saudi menolak mentah-mentah. Ditegaskan Saudi bahwa orang-orang yang terlibat kasus Khashoggi akan diadili di wilayahnya.

Khashoggi yang seorang wartawan senior Saudi dan kolumnis The Washington Post ini dikenal kerap mengkritik kebijakan Saudi dan MBS.

Simak Juga ‘Pompeo Temui Raja Salman dan MBS Bahas Khashoggi’:

[Gambas:Video 20detik]

(nvc/haf) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Isi Waktu Akhir Pekan, Menhub Nongkrong Bareng Sopir Bajaj

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) hadir dalam giat nongkrong bareng paguyuban sopir bajaj, di Grogol, Jakarta Barat. Kepada Budi, mereka mengutarakan keluh kesahnya sebagai sopir bajaj.

“Sekarang sulit pak, narik tiap harinya dikit dapetnya,” kata Sarjito, salah satu sopir bajaj di lokasi, Sabtu (16/2/2019).

Sarjito melanjutkan, kini nasibnya dan para teman seprofesi kerap tak menentu. Selain sulit mencari penumpang, tempat mangkal juga sudah tidak ada.

“‘Tolong dibantu pak, sediakan tempat untuk kami, sering diusir-usirin soalnya,” keluh dia.

Budiyang mendengar keluh kesah para sopir bajaj tersebut mencoba mengamini. Dia pun berjanji mencarikan jalan keluarnya.

“Ya, ya pak, kami terima saran dan masukannya,” jawab Budi.

2 dari 2 halaman

Dengar Curhatan Warga

Dalam kesempatan ini, Budi mengaku kehadirannya dalam rangka mendengar keluh kesah warga. Karenanya saat disinggung mengapa berlokasi di pos pemenangan pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01, Budi menegaskan tengah memakai haknya sebagai warga negara dan bukan sebagai menteri.

“Saya sebagai warga negara tentu punya hak politik, dan di Sabtu-Minggu biasanya saya bertemu dengan teman-teman ini,” singkat Budi menandasi.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Kalah dari PSG, Berbatov Bela Manajer MU

Liputan6.com, Manchester – Mantan striker Manchester United (MU) Dimitar Berbatov berang dengan kritikan yang ditujukan kepada manajer interim Ole Gunnar Solskjaer menyusul kekalahan dari Paris-Saint Germain (PSG). Berbatov menganggap kecaman kepada Solskjaer tidak adil.

“Dia telah membawa MU ke empat besar, sesuatu yang orang pikir tidak mungkin di musim ini. Tetapi ketika kalah di satu pertandingan dari tim penuh bintang, orang-orang mulai omong kosong lagi,” kata Berbatov seperti dilansir Goal.

Solskjaer masuk ke MU pada Desember lalu menggantikan Jose Mourinho yang dipecat. Di bawah asuhannya, performa Paul Pogba dan kawan-kawan meningkat.

Sebelum kalah 0-2 melawan PSG, MU tak pernah kalah di 11 pertandingan. Peringkat MU pun melonjak ke posisi empat di Liga Inggris.

Menurut Berbatov, kritikan kepada manajer adalah hal lumrah di era sepak bola masa kini. “Tetapi mereka yang mengerti sepak bola, tahu kerja Solskjaer bagus,” kata Berbatov.

2 dari 3 halaman

Lawan PSG

Terkait laga melawan PSG, Berbatov mengatakan gol pertama yang dicetak Presnel Kimpembe menjadi momentum yang mematikan MU. Setelah gol itu, Berbatov melihat PSG bermain dengan percaya diri.

“Perbedaan yang besar di pertandingan itu adalah gol pertama, bahkan tim yang paling kreatif terkadang mengandalkan bola mati, yang memberikan PSG kepercayaan diri dan kontrol pertandingan,” kata Berbatov.

3 dari 3 halaman

Bakal Dipermanenkan

Sementara itu, Solskjer sendiri rumornya bakal dipermanenkan oleh MU dalam waktu dekat. Saat ini, statusnya masih sebagai manajer sementara dengan kontrak hingga akhir musim ini.

Dukungan agar Solskjaer menjadi manajer tetap sudah datang dari internal maupun eksternal MU. Para pemain seperti Pogba dan Lingard kabarnya mendukung agar Solskjaer bertahan.

HEADLINE: Format Beda, Akankah Debat Menguak Orisinalitas Jokowi Vs Prabowo?

Liputan6.com, Jakarta – Debat kedua Pilpres 2019 menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Debat yang akan menghadirkan sosok dua calon presiden, Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto.

Harapan besar terselip pada tahapan pemilu ini. Pemilik hak suara, tentunya ingin diyakinkan dengan jawaban para calon. Bukan hanya dengan debat kusir tekstual seperti yang dikatakan publik tentang debat pertama 17 Januari 2019.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, debat pertama lalu berlangsung kaku. Masyarakat tak mampu menangkap esensi dari visi misi yang disampaikan. Justru hal remeh-temeh yang dipergunjingkan.

“Sebab, jawaban capres pada debat pertama tak mencerahkan. Kita berharap sesuatu yang menarik dan memukau, lebih ke esensi programnya dan pencerahan pada debat kali ini. Esensi dari debat itu kan transfer knowledge, pencerahan, edukasi untuk yang menonton,” kata Siti saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) berusaha mengakomodasi harapan tersebut dengan merombak sejumlah aturan dalam debat capres pertama yang digelar Minggu 17 Februari 2019 di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta. Seperti, tak akan memberikan kisi-kisi dan berjanji memperbanyak interaksi antarkandidat.

Kedua kubu sendiri optimistis akan memberikan yang terbaik pada debat kali ini. Baik Jokowi maupun Prabowo, mantap dengan persiapan dan kemampuan masing-masing calon untuk menjawab pertanyaan panelis dan beradu argumen.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin menyebut, pangan, energi, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup merupakan tema yang paling ditunggu-tunggu calon petahana. Sebab, tema tersebut merupakan prioritas pemerintahan Jokowi bersama Jusuf Kalla.

“Terkait dengan debat, kami sudah menyiapkan dengan baik. Ada tim yang secara khusus menyiapkan bagaimana on stage-nya nanti Bapak Jokowi terkait dengan tema energi, SDA, lingkungan, pangan, infrastruktur. Itu merupakan hal yang selama ini menjadi skala prioritas bagi pemerintahan Pak Jokowi dan berkesinambungan ke depan dengan dukungan rakyat,” kata Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, dalam konferensi pers di Jalan Cemara, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Buktinya, lanjut dia, banyak kepala daerah yang memberikan dukungan kepada Jokowi pada Pilpres 2019. Dia yakin, kepala daerah tersebut merasa aspirasinya ditindaklanjuti oleh pemerintahan Jokowi-JK. 

Dia bahkan menjamin, Jokowi bakal memberi gagasan yang orisinal dalam debat nanti. “Seperti yang kami janjikan, di debat kedua ini akan menampilkan gagasan yang lebih visioner. Tetapi berdasarkan pada prestasi dan kinerja Pak Jokowi sendiri,” ujar Hasto.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf Amin, Johnny G Plate mengatakan capres nomor urut 01 akan menekankan peta jalan atau roadmap ketahanan energi, juga soal kebijakannya. Begitupula pada permasalahan ketahanan pangan. Jokowi-Ma’ruf Amin pun akan melanjutkan pembangunan infrastruktur dengan meningkatkan nilai tambah dari hasil kebijakan itu.

Keempat, kata dia, Jokowi-Ma’ruf Amin akan mengungkap soal pembangunan yang ramah lingkungan hidup.

“Kami saat ini juga sedang menanti, katanya, akan ada pidato kebangsaan dari Prabowo. Dan berharap mudah-mudahan pidato kebangsaan ini memberi referensi dalam rangka menambah khasanah, dan informasi program, visi dan misi untuk Indonesia maju dan Indonesia yang lebih hebat. Tapi tidak ditandai dengan isu-isu paradoks serta tidak ditandai juga dengan memberikan gambaran Indonesia sebagai bangsa inferior. Indonesia adalah bangsa besar, penuh optimisme, bangsa yang setara dan sejajar dengan bangsa lainnya.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso menyebut, konsep-konsep yang ditawarkan Prabowo dalam debat kedua pilpres diyakini akan membuka mata publik. Prabowo akan memberikan kejutan besar pada debat.

“Nanti akan ada kejutan dari beliau kuasai bidang masalah pangan, energi, energi terbarukan, konsentrasi beliau yang akan bangun swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air. Itu kata-kata kuncinya dan ada di pikiran beliau,” ucap Priyo di Kantor KPU Pusat, Kamis 14 Februari 2019.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Ferry Juliantoro mengatakan, kesiapan Prabowo bisa dilihat dari pidato kebangsaan yang digelorakannya di Semarang kemarin. Pada bidang infrastruktur, sambung dia, Prabowo berjanji melakukan pembangunan yang berkaitan langsung dengan produksi masyarakat. Prabowo-Sandi juga akan mengurangi semaksimal mungkin impor.

“Jadi genjot pangan yang bisa diproduksi dalam negeri, energi juga harus dirintis kilang-kilang minyak yang baru, kilang dari dulu sampai sekarang tidak diperbaharui,” kata Ferry kepada Liputan6.com, Jumat 15 Februari 2019.

Tim BPN Bidang Materi Debat Ledia Hanifa menuturkan, Prabowo tinggal melakukan finalisasi persiapan debat capres.

“Beliau kan sudah punya konsep sendiri soal itu tema terkait debat, kita bisa baca di bukunya Paradoks Indonesia itu. Kita tinggal menambahkan update datanya saat ini saja, bahan-bahan juga sudah disiapkan BPN. Tapi pondasi basic-nya buku itu, dan beliau juga sudah paham tentang isu dari tema debat,” ucap Ketua DPP PKS itu kepada Liputan6.com.

Lalu, bagaimana cara menakar orisinalitas kedua calon?

Pengamat politik dari LIPI, Indria Samego mengatakan, orisinalitas ini sangat penting. Dia menilai, konten atau substansi dari gagasan memang ukuran utama dari orisinalitas kedua calon presiden.

Masyarakat bisa menilai orisinalitas seseorang dari idenya untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Idenya belum banyak dibahas atau tidak. Mungkin bahkan, idenya belum pernah dicetuskan oleh seseorang.

“Saya kira kalau menilai orisinalitas, dari konten, substansi. Misalnya, bagaimana Prabowo kalau terpilih jadi Presiden menyelesaikan persoalan pengangguran lapangan kerja, pendidikan, sumber daya yang berkualitas misalnya atau energi gitu, yang belum atau tidak banyak dibahas. Kalau mengulang sesuatu yang ada di dokumen-dokumen ya tidak orisinal. Memang, dia bisa jawab. Tapi itu, kayak cerdas cermat,” kata Indria kepada Liputan6.com.


Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Diprediksi Lebih Menarik

Peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial The Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes memprediksi, debat capres ini bakal lebih menarik daripada debat capres cawapres 17 Januari 2019. Calon petahana, kata dia, tak akan menyerang lawannya. Tapi tidak juga bertahan.

“Petahana akan menyampaikan beberapa hal yang dianggap penting gitu ya, seperti infrastruktur, pangan segala macam untuk meyakinkan pemilih,” kata Arya ketika dihubungi Liputan6.com.

Sementara, kubu pesaing diduga akan berbalik menyerang karena ada beberapa isu yang menjadi titik celah bagi pesaing. Misalnya, soal impor, kemudian juga swasembada pangan.

“Kemungkinan yang akan lebih menyerang dari pesaing kalau kita lihat dari temanya. Misalnya soal yang swasembada pangan itu menjadi pintu masuk begitu juga dengan impor beras dan juga soal infrastruktur. Tapi soal tiga hal itu, petahana sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi pertanyaan yang bertendensi serangan,” ujar Arya.

Menurut dia, debat kali ini bukan soal menang atau kalah. Pada debat kedua, lanjut dia, kedua calon dituntut benar-benar mampu memberikan kesan kepada pemilih, mereka mampu menyelesaikan tantangan di bidang yang ditemakan.

“Saya tidak tahu siapa yang akan diuntungkan ya. Tetapi ini adalah panggung yang harus dimanfaatkan oleh kedua kandidat untuk benar-benar memastikan bahwa mereka lebih baik dari pesaingnya. Dan panggung juga untuk meyakinkan pemilih untuk benar-benar tidak beralih dan bagi yang belum memilih, mereka akan menjatuhkan,” tutur Arya.

Terlebih, KPU memberikan waktu yang relatif fleksibel kepada Jokowi dan Prabowo untuk saling bertanya dan menanggapi. “Itu harus dimanfaatkan oleh kedua kandidat untuk menguji keorisinalitasan,” sambung dia.

Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang juga sebagai panelis debat kedua pilpres, Joni Hermana mengatakan, pihaknya akan menyusun pertanyaan-pertanyaan yang berbeda format dengan debat pertama pilpres untuk memunculkan orisinalitas kedua kandidat.

“Kita berusaha untuk memberi pertanyaan-pertanyaan yang lebih tidak normatif. Jadi, dalam hal ini kita juga menginginkan agar tidak ada jawaban yang sama dari keduanya, yang normatif,” kata Joni, di Jakarta, Jumat 8 Februari 2019.

Selain itu, model pertanyaan yang dibuat berbeda ini bertujuan agar masyarakat lebih mengetahui konsep yang dimiliki dari masing-masing paslon.

“Sehingga memberi gambaran kepada audiens dan masyarakat sejauh mana kemampuan dan konsep yang ingin mereka kembangkan secara baik. Jadi intinya sebetulnya seperti itu,” ujar Joni.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Debat

Debat merupakan salah satu sarana penting bagi peserta Pilpres 2019 untuk memantapkan atau bahkan merebut hati pemilih. Ini terbukti pada debat perdana lalu yang dinilai cukup berpengaruh pada perubahan karakteristik calon pemilih masing-masing paslon capres-cawapres.

Terdapat perubahan angka solid voters atau pemilih mantap dan swing voters atau pemilih yang masih mungkin berubah pada pasangan Jokowi-Ma’ruf maupun Prabowo-Sandi.

Berdasarkan hasil survei terbaru Populi Center, jumlah solid voters pasangan nomor urut 1 Joko Widodo-Ma’ruf Amin meningkat dari sebelum debat sebesar 88,9 persen menjadi 90,8 persen usai debat.

Sementara solid voters pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meningkat dari 82,6 persen menjadi 85,5 persen.

Sedangkan swing voters Jokowi-Ma’ruf menurun dari angka 8,6 persen sebelum debat menjadi 6,2 persen usai debat. Penurunan juga terjadi pada swing voters untuk pasangan Prabowo-Sandi dari angka 13,3 persen menjadi 11,3 persen.

“Paslon Jokowi-Ma’ruf harus berhati-hati karena kenaikan solid voters lebih banyak terjadi pada paslon Prabowo-Sandi. Temuan ini sifatnya indikatif mengingat jumlah responden yang terbatas,” ujar peneliti Populi Center Dimas Ramadhan di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Kamis 7 Februari 2019.

Lebih lanjut, jumlah masyarakat yang mengetahui dan menyaksikan langsung debat perdana capres-cawapres pada 17 Januari lalu cukup banyak ketimbang yang tidak mengetahui. Namun ketertarikan mereka untuk memperbincangkan debat relatif kecil yakni 35,6 persen berbanding 64,4 persen.

Penilaian masyarakat terhadap manfaat debat capres pun beragam. Dari total 1.486 responden di seluruh Indonesia, 33,9 persen menilai manfaat debat untuk mengetahui visi, misi, dan program kerja kandidat. Sementara 10,8 persen menilai debat dapat membantu memberikan pertimbangan menentukan pilihan. Sementara 6 persen menganggap debat untuk mengetahui latar belakang kandidat.

“Sebanyak 3,7 persen menilai debat tidak atau kurang ada manfaatnya, 3,2 persen menilai debat untuk mengklarifikasi isu yang beredar, dan 42,5 persen sisanya tidak menjawab,” ucap Dimas.

Dari pemaparan visi, misi, dan program kerja kandidat pada debat perdana, yang dianggap paling realistis oleh masyarakat adalah yang disampaikan Jokowi-Ma’ruf yakni sebesar 55,7 persen. Sementara yang menilai visi, misi, dan program kerja Prabowo-Sandi paling realistis hanya sebesar 29,8 persen. Lainnya, 14,5 persen, tidak menjawab.

Sebanyak 53,1 persen responden juga menilai bahwa paslon nomor urut 1 unggul pada debat perdana capres-cawapres tersebut. Sedangkan 31,1 persen menilai paslon nomor urut 2 yang unggul. 15,8 persen sisanya tidak menjawab.

“Kemudian pilihan pascadebat, dengan pertanyaan setelah menyaksikan debat pertama, siapa pasangan yang akan anda pilih untuk menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024? 62,5 persen menjawab Jokowi-Ma’ruf, 36,4 persen menjawab Prabowo-Sandi, dan 1,1 persen tidak akan memilih,” kata Dimas.

Untuk diketahui, survei tersebut dilakukan dengan metodologi wawancara tatap muka pada 20-27 Januari 2019 di 34 provinsi seluruh Indonesia. Besaran sampel adalah 1.486 responden, dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling).

Hasil survei memiliki margin of error sebesar 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Untuk menjamin distribusi sampel yang memadai, setiap kelurahan terpilih dialokasikan 10 responden dari dua RT.

Proporsi gender ditentukan 50:50. Besaran sampel tiap wilayah dialokasikan sesuai dengan proporsi daftar pemilih tetap (DPT) dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Manchester United Tertarik Pulangkan Eric Cantona

Jakarta – Eric Cantona berpeluang kembali ke Manchester United. Manajemen klub dikabarkan mempertimbangkan namanya untuk mengisi jabatan direktur olahraga.

Manchester United akan merapikan struktur klub pada musim mendatang. Hal itu termasuk menunjuk posisi baru, yaitu direktur sepak boal yang bertugas untuk mengurus kegiatan transfer klub.

Selama ini, posisi tersebut dibebankan kepada vice CEO Manchester United, Ed Woodward. Namun, Woodward disebut tidak terampil untuk mendatangkan pemain anyar karena juga mengurusi hal lainnya.

Agar lebih fokus dan tertata, Manchester United memutuskan untuk menghadirkan posisi tersebut. Nama Cantona masuk dalam bursa.

Cantona masih menjadi sosok favorit suporter Manchester United. Ia kerap memberikan komentar dukungan untuk klub yang ia bela selama lima musim itu.

Selain Cantona, Manchester United juga mempertimbangkan direktur RB Leipzig, Paul Mitchell dan direktur Ajax yang juga legenda Manchester United, Edwin van der Sar.

Berdasarkan polling yang dilakukan Manchester Evening News, nama Cantona menjadi yang paling difavoritkan untuk menjadi direktur sepak bola Manchester United.

2 dari 2 halaman

Ke Mana Eric Cantona?

Eric Cantona memutuskan untuk gantung sepatu pada 2017. Hal itu menjadi berita yang paling mengejutka karena ia masih berusia 30 tahun.

Lepas dari dunia sepak bola Cantona mendalami dunia seni peran. Ia juga masih menjadi brand ambassador untuk apparel asal Amerika Serikat.

Selain itu, Cantona juga kembali menendang si kulit bundar, namun bukan di lapangan hijau melainkan di pantai. Ia sempat menangani sepak bola pantai timnas Prancis.

Cantona sempat menjabat posisi direktur sepak bola di New York Cosmos pada 2011. Namun, Cantona dipecat setelah terlibat pertikaian dengan seorang fotografer.

Selama membela Manchester United, Cantona mencetak 82 gol dari 185 penampilan.


Sumber: Bola.com

Minum Teh Hijau hingga Urin Sapi, 4 Cara Ini Bisa Sembuhkan Kanker Darah?

Liputan6.com, Jakarta – Baru-baru ini, perhatian publik tertuju pada penyakit kanker darah yang diderita oleh Ani Yudhoyono. Warganet juga berbondong-bondong mencari tahu tentang gejala hingga pengobatan penyakit yang dimaksud.

Selain pengobatan medis yang biasa ditempuh oleh banyak orang, ada pula yang menerapkan metode penyembuhan dengan menggunakan beberapa jenis obat herbal, yang disinyalir mampu mengobati kanker darah.

Berikut informasi obat herbal untuk mencegah dan mengobati kanker darah tersebut, dikutip dari berbagai sumber.



Simak video pilihan berikut:

2 dari 5 halaman

1. Teh Hijau

Dilansir dari situs Huffington Post pada Jumat (15/2/2019), beberapa penelitian tentang populasi di Asia Afrika telah menemukan bahwa teh hijau dapat mengurangi risiko leukimia.

Menurut studi epidemiologi, di antara penduduk perkotaan bagian barat daya Taiwan, pengonsumsi teh hijau memiliki risiko leukimia yang lebih rendah.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Cancer, konsumsi teh hijau dengan dosis yang tepat dapat menurunkan potensi leukimia.

Ternyata, hal itu disebabkan oleh kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) dalam teh hijau yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. EGCG itu memberikan efek anti-kanker terhadap beragam jenis kanker.

Meskipun demikian, konsumsi EGCG dalam dosis banyak (4.000 miligram) tidak diperbolehkan, kecuali dengan pengawasan dokter. Begitu juga wanita hamil, yang dilarang meminum teh hijau atau suplemen EGCG.

Bagi yang ingin mengonsumsi teh hijau untuk mencegah atau mengobati kanker darah, pastikan hanya dua cangkir teh hijau setiap hari dan tidak sedang dalam kondisi mengandung.

3 dari 5 halaman

2. Rumput Gandum

Mengonsumsi jus ekstrak rumput gandum atau wheatgrass sebanyak dua sendok makan tiap dua kali sehari, dianggap bisa menyembuhkan kanker darah.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rucha Diwakar Gore, Sangeeta Jayant Palaskar, dan Anirudha Ratnadeep Bartake yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, rumput gandum muda dari tanaman gandum Tritcumaestivum linn, keluarga Poaceae (Gramineae) mengandung 41,4 persen penghambat sel OSCC –diamati pada 1.000 mikrogram per-mililiter.

Rumput gandum juga memiliki sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya adalah vitamin, mineral, asam amino, serta enzim-enzim vital yang memainkan peran penting dalam antikanker.

Tanaman itu juga disebut sebagai ‘darah hijau’, karena memiliki klorofil yang tinggi yang mampu menyuplai oksigen ke seluruh tubuh.

4 dari 5 halaman

3. Gulma Laut Bermuda

Konsumsi dua sendok makan jus Cynodon dactylon atau gulma rumput laut bermuda sebanyak tiga kali sehari, dipercaya dapat mengobati kanker darah.

Menurut sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam South Asian Journal of Cancer berjudul “Anticancer activity of Cynodon Dactylon L. Root Extract Against Diethyl Nitrosamine induced Hypatic Carcinoma” dikatakan bahwa ekstrak metanol dari tumbuhan ini memiliki sifat antikanker yang signifikan.

Hal tersebut didapatkan dari hasil uji enzim antioksidan mengenai peningkatan aktivitas glutathione peroxidase (GPx), glutathione-S-transferase (GST), dan katalase (CAT).

5 dari 5 halaman

4. Urin Sapi

Sebuah situs Herbpathy merilis informasi bahwa urin sapi yang diminum dua kali sehari dapat mengobati kanker darah. Begitu pula menurut mitos yang beredar, yang salah satunya sempat menggegerkan warga di India.

Namun, menurut informasi dari media India, CNN-News18 yang telah melakukan wawancara terhadap Venkatraman Rashakrishnan, seorang profesor di bidang Medical and Pediatric Oncology(onkologi medis dan pediatrik), air seni hewan tersebut tidak terbukti mampu mengobati kanker darah.

“Tidak ada bukti ilmiah untuk itu (kencing sapi). Rekan-rekan ahli kanker saya dan saya sendiri belum melihat seorang pasien yang secara eksklusif mengkonsumsi urin sapi dan dia sembuh total dari kanker,” kata Rashakrishnan. Fakta ini pun dibenarkan oleh Dr. Amit Agarwal, ahli onkologi di New Delhi India.

Menristekdikti: Ujian Berbasis Komputer Untungkan Peserta SBMTPN 2019

Liputan6.com, Jakarta – Kemenristekdikti dan para rektor menetapkan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hanya menggunakan satu model tes, yaitu Ujuan Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Metode tersebut akan diberlakukan pada SBMPTN 2019.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, penunjukkan UTBK sebagai metode tes bertujuan untuk memberikan layanan dan keuntungan bagi para peserta seleksi. Perubahan ini juga dapat meminimalisir kesalahan penulisan data diri.

“Ujian berbasis komputer mengurangi kesalahan pengisian identitas, kode soal, dan pengisian lembar jawaban bila dilaksanakaan ujian berbasis cetak,” katanya dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Materi UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TPS dapat mengukur kemampuan kognitif yang tidak berkorelasi dengan pelajaran di sekolah, sedangkan TKA masih berkaitan dengan konten pelajaran.

2 dari 3 halaman

Maksimal 2 Kali Tes

Nasir menyoroti pengadaan materi TPS. Menurutnya, jenis tes tersebut memberikan kesempatan untuk peserta tertentu agar bisa lulus seleksi berbasis komputer ini.

“TPS memberikan peluang kepada siswa yang berasal dari sekolah-sekolah yang kurang terfasilitasi,” tambah Nasir.

Nasir menjelaskan, hasil UTBK berupa nilai TPS dan sub tes TKA akan diberikan kepada peserta secara individu 10 hari setelah pelaksanaan tes melalui laman resmi SBMPTN 2019.

Tes itu akan dilaksanakan di 73 lokasi pusat UTBK PTN sebanyak 10 kali periode 13 April sampai 26 Mei. Dalam satu tempat, UTBK rencananya akan dibagi menjadi dua sesi.

Berdasarkan regulasi dari kemenristekdikti, setiap peserta diberi kesempatan mengikuti tes maksimal 2 kali.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: