Waspadai, 6 Perilaku Mencurigakan si Dia Saat Kencan

Liputan6.com, Jakarta Gugup saat kencan pertama itu hal yang lazim terjadi. Perasaan bahagia dan deg-degan campur aduk saat akhirnya bisa kencan dengannya. Namun, jika Anda memiliki firasat bahwa ada sesuatu yang tidak beres maka perlu waspada.

Kewaspadaan saat kencan pertama diperlukan apalagi bila dia adalah sosok baru yang belum terlalu Anda kenal. Kencan itu seharusnya bebas dari rasa cemas. Namun, kecemasan tersebut juga bisa menjadi suatu firasat bahwa semua orang mungkin tidak memiliki niat yang baik.

“Keamanan saat berkencan sangaat penting. Tindakan yang tidak selalu berbahaya, bisa mengarah pada situasi yang tidak aman jika dibiarkan tanpa pengamanan,” ucap pakar kencan online, Julie Spira seperti dikutip Elite Daily, Rabu (14/9/2019).

Jika Anda berselancar melalui aplikasi dan merencanakan kencan, berikut tujuh hal yang perlu diwaspadai saat kencan pertama. 

1. Dia terlalu agresif

Ini tidak hanya berlaku untuk perilaku agresif secara fisik, juga secara verbal. “Ketika Anda berkencan dengan seseorang yang mengkritik Anda, atau memiliki nada yang negatif atau kasar, Anda dapat dengan sopan mengakhiri pembicaraan,” saran Spira.

2 dari 5 halaman

2. Percakapan mengandung unsur seksual

Setiap orang memiliki langkah yang berbeda di mana mereka merasa nyaman memasukkan obrolan yang mengandung unsur seksual.

“Jika seseorang menanyakan pertanyaan tentang apa pun yang berhubungan dengan seks, Anda wajib  menjawab,” ucap Spira.

3. Minum berlebihan

Spira menyarankan untuk membatasi minuman beralkohol saat kencan pertama. Jika mabuk, membuat Anda jadi tidak sadar dan tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Lebih baik, hindari minuman beralkohol. 

3 dari 5 halaman

4. Obrolan Terlalu Serius Padahal Baru Bertemu

Semangat bertemu dengan seseorang merupakan hal yang wajar. Namun, jika orang yang Anda ajak bicara soal yang sangat serius, padahal baru bertemu, coba pikir-pikir lagi.  

“Jika seseorang mencoba untuk mempercepat hubungan, terutama ketika baru pertama kali bertemu, bahkan mereka mengatakan mereka tidak pernah merasa seperti ini sebelumnya, itu adalah tanda bahwa mereka bisa dengan mudahnya memulai dan mengakhiri hubungan,” jelas Spira.

5. Terlalu banyak menanyakan pertanyaan pribadi

Tidak ada alasan untuk Anda membocorkan segalanya pada kencan pertama. “Anda tidak perlu memberitahukan hal-hal yang bersifat begitu personal pada kencan pertama. Karena masih banyak waktu untuk mencaritahu tentang itu,” ucap Spira.

Jika Anda bersama orang yang bersikeras mempelajari segalanya tentang Anda, tidak apa-apa untuk memberi tahu mereka bahwa Anda belum siap. Jika mereka rasional dan menghormati Anad, mereka akan mengerti dan memungkinkan Anda untuk menjaga privasi.

4 dari 5 halaman

6. Kencan tidak dilakukan di tempat umum

Terdapat waktu dan tempat untuk kencan secara pribadi, namun itu tidak untuk dilakukan pada kencan pertama. Bertemulah di tempat umum, dan jika memungkinkan ajak temanmu sebagai pengawas dari kejauhan.

Jika Anda tidak merasa nyaman atau takut, Anda punya hak untuk meninggalkan situasi sesegera mungkin. Anda juga tidak berhutang penjelasan mengapa Anda memilih untuk berhenti berbicara.

Dalam kasus pelecehan, Spira mengatakan Anda boleh untuk memblokir profil orang tersebut dan melaporkannya lewat aplikasi tempat Anda bertemu.

“Percayalah pada intuisi Anda, ada alasan hatimu merasa ada sesuatu yang salah,” tutup Spira.

 

Penulis: Diviya Agatha

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *