Amien Ancam ‘Gempur’ KPU, TKN: Ada Rekayasa Kekacauan Jika Jokowi Menang

Jakarta – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengancam akan menggempur KPU jika terdapat kecurangan dalam Pemilu 2019. Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Johnny G Plate, menilai pernyataan Amien itu seolah menjadi penanda adanya rekayasa kekacauan pemilu jika Jokowi terpilih.

“Ada potensi rekayasa kekacauan pemilu Kongo jika Jokowi-Ma’ruf menang pada Pilpres 2019. Saat ini potensi tersebut masih dalam bentuk teror politik kepada KPU sebagaimana pernyataan AR di atas. Pernyataan di atas setidaknya sebangun dengan skenario Kongo,” kata Johnny dalam keterangannya, Selasa (15/1/2019).

Johnny mengatakan menuduh KPU bersikap curang dalam Pemilu 2019 merupakan sikap yang sombong. Dia meminta masyarakat untuk waspada maskud terselubung di balik adanya tuduhan KPU bersikap curang itu.
“Menuduh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU curang adalah sikap yang arogan dan berlebihan. Apalagi jika kecurangan hanya ditujukan untuk Pilpres maka itu sangat tendensius dan harus diwaspadai apakah ada maksud terselubung di baliknya,” ujarnya.
Dia menjelaskan semua kandidat harus bijak dalam menerima hasil Pemilu. Jangan sampai, menurut Johnny, negara ini rusak karena cara-cara politisi yang tidak baik.

“Ikut Pemilu harus siap menang dan siap kalah agar demokrasi yang sudah dengan susah payah sama-sama kita bangun dapat bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Indonesia bukan D R Conggo maka sebaiknya tidak mengulang cara-cara yang dilakukan di D R Conggo yang pada akhirnya merusak negara dan merugikan segenap rakyat D R Conggo. Kita perlu belajar dan menarik pelajaran dari pemilu D R Conggo, kami mengajak segenap peserta pemilu, politisi dan para tokoh nasional untuk tidak memanfaatkan cara yang sama seperti di D R Conggo karena itu hanya akan merugikan bangsa kita,” tuturnya.

Johnny lantas bicara soal Pemilu yang diawasi secara berjenjang dan terbuka. Menurut dia, penyelenggara pemilu akan bekerja secara profesional sesuai aturan yang berlaku.

“UU Pemilu no 7 Tahun 2017 sudah mengatur dengan jelas dan rigid terkait saksi parpol utk pileg, saksi paslon presiden dan saksi pengawas yang direkrut Bawaslu. Dalam hal ini menjadi tugas parpol juga untuk memastikan penyelenggara pemilu berjalan dengan baik dan jujur. Kami meyakini melalui pengawasan yang berjenjang dan terbuka maka penyelenggara Pemilu akan bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh sesuai amanat UU pemilu. Kami mengajak masyarakat untuk bersama sama mengawasi pelaksanaan pemilu agar dapat berlangsung dengan baik sesuai yang kita bersama harapkan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Amien Rais mengawasi KPU dalam Pemilu 2019. Anggota Dewan Pembina Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu mengancam akan menggempur KPU jika ada kecurangan.

“Awas kalau sampai KPU curang, ya, kita, kita gempur bersama-sama. Kita lebih pandai dari pemerintah. Bayangkan, 31 juta daftar (pemilih) bodong, banyak sekali, ini kan nggak masuk akal. KTP elektronik dibuang di tong sampah, di semak, di sawah, kan kurang ajar. Jadi saya memang tidak main-main mengatakan, awas kalau KPU curang dan kita punya bukti saya kira. Kita lindas insyaallah ya. Dan ini kita sudah pikir tak boleh leha-leha tinggal 90 hari lagi,” kata Amien di Seknas Prabowo-Sandiaga, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1).
(knv/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Masuki Puncak Musim Hujan, 100 Pasien Anak-Anak di Cimahi Terjangkit DBD

Liputan6SCTV, Cimahi – Ratusan warga di wilayah Cimahi dan Bandung Barat, Selasa pagi terjangkit deman berdarah (DBD) dan harus dirawat di rumah sakit. Memasuki periode tingginya curah hujan tinggi, masyarakat diimbau agar menjaga kebersihan lingkungan dan waspada dengan penyakit tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (15/1/2019), dalam sebulan terakhir, tercatat sudah ada 100 pasien terjangkit DBD yang didominasi anak-anak, di hampir seluruh ruangan RSUD Cibabat, Kota Cimahi.

Menurut tim dokter, tingginya serangan DBD pada periode Desember hingga Januari setiap tahunnya disebabkan faktor cuaca.

Sementara itu, di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, penderita DBD juga meningkat. Sejak musim penghujan, dalam sehari, rata-rata ada tiga hingga empat pasien DBD yang dirawat di RSUD Dokter Soeselo, Tegal. Sebagian besar merupakan anak-anak usia 5-10 tahun.

Kondisi pasien yang lemah membuat mereka harus mendapat penanganan serius. Karena trombosit darah terus menurun dan sudah muncul bintik-bintik merah di badan.

Seiring meningkatnya kasus DBD, masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaan dengan mengetahui gejala demam berdarah yang diawali suhu tubuh panas selama 5-7 hari, sakit perut, mual dan muntah.

Satu hal yang tak kalah penting dan perlu diperhatikan masyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan dengan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup penampungan air, dan mengubur barang untuk memutus siklus hidup jentik nyamuk. (Galuh Garmabrata)

Gunung Merapi Kembali Muntahkan Lava Pijar

Liputan6.com, Yogyakarta – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta kembali mencatat dua kali guguran lava pijar meluncur dari Gunung Merapi pada Selasa pagi ke hulu Kali Gendol.

BPPTKG menyebutkan, berdasarkan hasil pengamatan pada Selasa (15/1/2019) mulai pukul 00.00-06.00 WIB, teramati guguran lava pijar ke arah tenggara Gunung Merapi sebanyak dua kali dengan jarak luncur 300 hingga 500 meter ke hulu Kali Gendol.

Cuaca di Gunung Merapi pada Selasa pagi dilaporkan terpantau cerah dan berawan. Angin di gunung itu bertiup lemah ke arah Timur laut dengan suhu udara berkisar 17.8 hingga 21.7 derajat Celsius. Kelembaban udara 52 sampai 84 persen, dan tekanan udara 836.2 hingga 943.3 mmHg.

BPPTKG selama mengamati gunung api itu juga mencatat 7 kali gempa guguran dengan amplitudo 2 sampai 30 milimeter yang berlangsung selama 11.48 sampai 63.6 detik, gempa hembusan 2 kali dengan amplitudo 3.5 hingga 12.5 milimeter yang berlangsung selama 17.3 sampai 18.36 detik, dan gempa low frekuensi 1 kali dengan amplitudo 5 milimeter, berlangsung 15.28 detik.

Sebelumnya, pada Senin malam kemarin, BPPTKG juga mencatat dua kali luncuran guguran lava pijar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur masing-masing 50 meter ke arah ke Timur laut. Guguran pertama pada pukul 23.41 WIB dengan durasi 35 detik, dan guguran kedua pada pukul 23.56 WIB dengan durasi 29 detik.

Berdasarkan analisis morfologi kubah lava Gunung Merapi yang terakhir dirilis BPPTKG, volume kubah lava mencapai 439.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan mencapai 3.400 meter kubik per hari atau lebih kecil dari pekan sebelumnya.

2 dari 3 halaman

Masih Berstatus Waspada

Saat ini kubah lava masih stabil dengan laju pertumbuhan yang masih rendah, rata-rata kurang dari 20.000 meter kubik per hari. Mengacu pada data aktivitas vulkanik Merapi, hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada.

Untuk sementara pihaknya jugab tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sukabumi Hadapi 3 Bencana Hidrometeorologi dalam Sepekan

Liputan6.com, Jakarta – Dalam sepekan sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami berbagai bencana hidrometeorologi mulai dari banjir, tanah longsor dan puting beliung.

“Pada musim hujan ini bencana terjadi di beberapa kecamatan, bahkan lokasinya pun cukup banyak sehingga kami harus bekerja ekstra dalam melakukan pendataan dan pemberian bantuan kepada korban,” kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman di Sukabumi, Senin, 14 Januari 2019.

Menurut dia, dalam sepekan terakhir ini bencana yang menerjang wilayah Kabupaten Sukabumi cukup tinggi yang dikarenakan intensitas hujan yang tinggi, ditambah kondisi tanah yang sudah labil serta penyumbatan saluran air.

Bencana yang terjadi di berbagai wilayah Kabupaten Sukabumi ini tidak menimbulkan korban jiwa, tetapi ratusan rumah rusak termasuk puluhan fasilitas umum.

Ia mengatakan bencana longsor terjadi Kecamatan Nagrak, Sukabumi, Cisaat, Caringin dan Cicantayan. Kemudian untuk bencana banjir melanda Kecamatan Cibadak dan Nagrak, selanjutnya bencana angin puting beliung melanda Kecamatan Nagrak.

“Kami mengimbau kepada warga, tidak hanya yang tinggal di daerah rawan saja tetapi untuk semuanya agar selalu waspada karena intensitas hujan tinggi yang kerap disertai angin kencang sehingga berpotensi terjadi bencana,” lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Warga Khawatir

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Renged, Desa Parungseah, Kecamatan Sukabumi, Atep Maulana mengatakan tebing tanah yang berada di sekitar permukiman warga tiba-tiba longsor. Walau tidak ada rumah yang rusak, sejumlah rumah terancam roboh.

Warga, menurut dia, merasa khawatir luasan longsor tersebut terus melebar mendekati pemukiman.

Saat dihubungi secara terpisah, Kepala Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Entis Daeng mengatakan sejumlah daerah yang terdampak bencana khususnya banjir kini airnya sudah mulai surut. Sedangkan untuk jumlah pasti rumah yang rusak masih dalam proses pendataan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Waspada Air Pasang Saat Gerhana Bulan Total 21 Januari

Liputan6.com, Gunungsitoli – Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika Gunungsitoli, Sumatera Utara, Djati, menyebutkan pada 21 Januari 2019 akan terjadi fenomena astronomi yaitu gerhana bulan total yang berpotensi menyebabkan air pasang.

“Gerhana tersebut tidak dapat dilihat dari wilayah Indonesia. Perlu diketahui bahwa pada tahun ini akan terjadi lima kali fenomena gerhana yaitu gerhana matahari tiga kali dan gerhana bulan dua kali,” ucapnya di Gunungsitoli, Senin (14/1/2019), dilansir Antara.

Pada peristiwa supermoon, bulan berada pada titik paling dekat dengan bumi yang memengaruhi pasang air laut akibat gaya gravitasi bulan dan bumi, sehingga terjadi kenaikan permukaan air laut beberapa sentimeter dari kondisi normal.

“Jika supermoon diikuti dengan kondisi cuaca hujan lebat, maka akan sangat berpotensi terjadinya banjir rob,” katanya.

Daerah yang perlu diwaspadai jika terjadi banjir rob adalah daerah yang berjarak dekat beberapa meter dari bibir pantai.

Banjir rob tidak meluas jauh ke daratan. Masyarakat di sekitar pesisir pantai diimbau agar waspada kemungkinan terjadi genangan air akibat pasang air laut ataupun banjir rob.

“Kita harap masyarakat tetap tenang dan tidak panik, serta tidak termakan informasi yang memelintir atau mendramatisasi seolah-olah pasang air laut dan banjir rob sama dengan tsunami,” harapnya.

Ia juga memastikan jika BMKG tidak pernah memberikan imbauan untuk mengungsi. BMKG dengan instansi terkait juga selalu berkoordinasi untuk memberikan informasi yang benar secara keilmuan.


Simak video pilihan berikut ini:

Liverpool Tak Perlu Pedulikan Man City

Liputan6.com, Liverpool – Liverpool mengukuhkan posisi mereka di klasemen Liga Inggris. Kemenangan 1-0 atas Brighton and Hove Albion, Sabtu (12/1) lewat gol Mohamed Salah, memantapkan The Reds di puncak dengan 57 poin.

Mereka kini unggul tujuh poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua. Sedangkan Tottenham Hotspur di posisi ketiga dengan 48 poin.

Jurgen Klopp, manajer Liverpool, pun semringah. Namun, dia meminta pasukannya tetap berkonsentrasi penuh.”Ya, kami harus benar-benar fokus kepada diri kami sendiri,” ujar Klopp, seperti dikutip Mirror. “Apa yang terjadi di sekitar kami, itulah yang penting bagi kami.

“Klopp juga meminta pasukannya tak memedulikan Man City yang baru akan memainkan laga ke-22 mereka, dinihari WIB. Jika menang, The Citizens akan memangkas selisih poin mereka menjadi empat.

“Kami tak terpengaruh dengan apa yang dilakukan tim lain. Jika kami menghadapi mereka, kami bersiap. Jika tidak, kami tak pedulikan mereka,” Klop, yang sudah memasuki musim ketiga bersama Liverpool. menegaskan.


2 dari 3 halaman

Tinggal Meneruskan

Klopp menyebut, apa yang dilakukan Virgil Van Dijk dan kawan-kawan sepanjang musim ini sudah cukup bagus. Dan, itu tinggal mereka pertahankan.

“Para pemain sudah banyak membuktikan kemampuan mereka musim ini. Dan, hanya itu yang memang harus kami lakukan hingga akhir musim. Itu saja,” ujar Klopp lagi.

3 dari 3 halaman

Ditantang Crystal Palace

Liverpool sendiri baru akan kembali turun gelanggang di Liga Inggris, Sabtu (19/1). Mereka akan menjamu Crystal Palace di Stadion Anfield.

Liverpool tentu harus waspada di laga ini. Sebab, Palace berambisi bangkit usai di dua laga sebelumnya selalu kalah.

Di Depan Milenial Surabaya, Ketua BPN Ingatkan Bahaya VOC Gaya Baru

Surabaya – Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Djoko Santoso, menghadiri acara Talk Selow bersama generasi milenial Surabaya (GMS). Dalam acara itu, Djoko mengingatkan generasi muda akan bahaya VOC gaya baru.

“Semua sumber daya di republik ini sebagian besar bukan milik kita. Maka itu sama dengan proses VOC. Lama-lama kita sudah tidak punya apa-apa lagi,” kata Djoko di Surabaya, Minggu (13/1/2019).

Djoko melanjutkan, antara gaya VOC lama dengan VOC baru punya kesamaan didukung kekuatan kapitalis. Untuk itu dia mengingatkan jangan sampai kalah.
“VOC yang pertama didukung oleh kapitalis kuno. Bangsa ini menghadapi dan kalah. Akhirnya kita dijajah 3,5 abad, cerita sedih banyak bahwa menjadi bangsa yang kalah itu menderita,” lanjutnya.
Untuk itu, ia mengingatkan untuk tetap waspada. Jika kalah, lanjutnya, Indonesia akan menderita.

“Sampai-sampai dulu ada pameo-pameo ‘anjing dan pribumi dilarang masuk’. Maka itu jangan sampai lengah tidak waspada,” tegasnya.

“Kalau kita lengah kita lemah. Kalau kita lemah kita bisa kalah, dan kalau kita sebagai bangsa yang kalah, maka kita akan menderita,” tandas Djoko.
(jbr/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Minta Pendukung Jaga TPS, Prabowo: Waspada Pemilih Hantu!

Jakarta – Calon presiden Prabowo Subianto meminta pendukungnya menjaga tempat pemungutan suara (TPS) pada saat Pilpres 2019 digelar. Prabowo meminta pendukungnya mewaspadai ‘pemilih hantu’.

Prabowo awalnya berbicara soal kekayaan Indonesia yang diambil pihak lain. Dia menyatakan sudah saatnya Indonesia berubah.

“Kekayaan Indonesia diambil dari bumi Indonesia, makanya tidak cukup kekayaan, tidak cukup uang, pejabat kita gajinya kecil. Makanya banyak sogok menyogok, banyak korupsi, makanya banyak rumah sakit sekarang menolak pasien BPJS,” kata Prabowo dalam acara Konsolidasi Koordinator TPS se-Provinsi DKI Jakarta di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi, Jalan Wijaya I no 81, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/2019).


“Jadi saudara-saudara, kita harus melakukan perubahan untuk menyelamatkan masa depan bangsa Indonesia. Kalau tidak, ya, kita akan terus seperti ini karena yang kita katakan itu, banyak bangsa lain yang iri dengan kita, yang ingin kita rusuh, yang ingin kita miskin, yang ingin kita gaduh, yang selalu adu domba di antara kita, suku sama suku, agama sama agama,” sebut Prabowo.

Prabowo berterima kasih atas perjuangan pendukungnya. Dia meminta semua pihak bekerja keras demi kemenangan di Pilpres 2019. Dia mengingatkan agar para pendukungnya menjaga TPS.

“Jadi saudara-saudara, terima kasih perjuanganmu, terima kasih dedikasimu. Tolong turun 94 hari ini kerja keras semuanya. Masing-masing menggalang kekuatan kemudian di TPS masing-masing jaga itu TPS karena memang salah satu kelemahan bangsa kita, kita harus koreksi bangsa kita, kelemahan bangsa kita ini adalah jangankan usaha-usaha besar, kadang-kadang main sepakbola tingkat kecamatan aja mau curang,” sebut Prabowo.

“Main sepakbola tingkat kecamatan aja curang, apalagi…,” imbuhnya.

Ketua Umum Partai Gerindra itu sekali lagi mengingatkan pendukungnya untuk menjaga TPS. Dia lalu menyinggung soal ‘pemilih hantu’.

“Saudara-saudara sekalian, jaga TPS, jaga suara rakyat. Waspada terhadap nanti pemilih-pemilih hantu yang akan nyoblos. Coba dicek, cek semua kotak suara itu, harus kosong dulu sebelum mulai pemilihan,” ucap Prabowo.

Calon presiden nomor urut 02 itu meminta kesediaan pendukungnya untuk berjaga di TPS, kalau perlu sampai malam. Menurutnya, pilpres akan sangat menentukan nasib bangsa.

“Dan emak-emak semuanya, bapak-bapak semuanya, kalau datang, maaf, kali ini kalau pulang jangan cepat-cepat, tunggu sampai malam. Loh kok ketawa? Kuat nggak? Berani nggak. Datang ya, harus sampai sore, nunggu. Jadi saudara-saudara, ya kalau terpaksa kalian bawa rantang ke TPS, bawa tikar ke TPS, sekalian piknik di situ. Kalau perlu tidur di situ sampai selesai. Betul? Bisa? Untuk negara. Apa yang kita lakukan tanggal 17 menentukan kita untuk beberapa ratus tahun ke depan saudara-saudara sekalian,” pesan Prabowo.
(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sumber Potensi Tsunami Selat Sunda: Krakatau, Graben, Megathrust

Jakarta – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan perihal potensi terjadinya tsunami di kawasan Selat Sunda. BMKG mengidentifikasi tiga sumbernya, yakni Gunung Anak Krakatau, Zona Graben, dan Zona Megathrust.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, sebenarnya potensi terjadinya tsunami tak hanya ada di Selat Sunda. Namun karena belum lama ini terjadi tsunami di kawasan Selat Sunda, yakni 22 Desember 2018 lalu, maka BMKG merasa perlu untuk memberikan pemaparan terkait potensi tsunami di Selat Sunda.

“Kita mengidentifikasi semuanya supaya pemerintah daerah khususnya dan masyarakat turut waspada. Hanya saja di Selat Sunda jelas, sudah terbukti ada ancaman di sana, bahkan sejak 1883 terjadi tsunami luar biasa,” kata Rahmat kepada detikcom, Minggu (13/1/2018).


Sumber potensial tsunami yang pertama, Gunung Anak Krakatau. Material longsor gunung ini mengakibatkan tsunami pada 22 Desember lalu. Namun kini, material itu sudah rontok, kecil kemungkinan terjadi peristiwa serupa itu lagi.

“Material yang memicu tsunaminya sudah rontok dan masuk ke laut, sehingga material yang bisa memicu tsunami sudah tak ada lagi. Artinya, potensi itu sudah berkurang,” kata Rahmat.

Meski begitu, Gunung Anak Krakatau masih aktif, erupsi bisa terjadi. Tak hanya longsor saja yang bisa mengakibatkan tsunami, namun erupsi juga bisa mengakibatkan tsunami. “Artinya di sini juga masih perlu diwaspadai,” kata dia.

Kedua, zona graben. Graben adalah istilah ilmiah untuk menyebut hasil dari patahan kulit bumi, terletak di antara dua bagian yang lebih tinggi. Bila dilihat, zona graben berbentuk seperti cekungan yang dibatasi tebing.

“Di barat daya Krakatau ada zona graben. Para pakar menyatakan zona itu berpotensi longsor. Diprediksi, bila ada gempa kemudian zona graben longsor, maka tsunami bisa terjadi,” kata dia.

Ketiga, Megathrust. Ada lempeng aktif besar yang merentang 5.500 km dari Myanmar melewati pantai barat Sumatera hingga selatan Bali. Lempeng tektonik itu disebut Sunda Megathrust. Zona subsduksi Selat Sunda itu juga ada di sekitar Selat Sunda.

“Kurang lebih jaraknya 250 km dari Ujung Kulon, sumber gempa berada di situ, berpotensi menimbulkan gempa bermagnitudo kuat,” kata Rahmat.

Besar kecilnya tsunami dipengarui oleh besar kecilnya gempa dan kedalaman pusat gempa. Bukannya bermaksud menakut-nakuti, Balai Pengkajian Dinamika Pantai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) juga pernah membuat permodelan yang menunjukkan potensi tsunami 57 meter di Kabupaten Pandeglang. Namun demikian, potensi bukan berarti akan terjadi. Itu semua adalah permodelan saintifik.

“Yang kemarin bikin heboh, yang ’57 meter’ itu sumbernya adalah subsduksi di selatan Selat Sunda itu. Tapi belum tentu itu terjadi, karena skenario permodelannya banyak,” kata Rahmat.
(dnu/dnu)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Demi Juara Liga, Klopp Ingin Maksimalkan Jadwal Longgar Liverpool

Liputan6.com, Liverpool – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp ingin memaksimalkan jadwal longgar yang didapat timnya. Sosok asal Jerman ini ingin mendapat poin maksimal dari jadwal tersebut.

“Kami harus memaksimalkan waktu dan mendapatkan poin sebanyak mungkin,” kata Klopp seperti dilansir Four Four Two.

Liverpool punya jadwal yang lebih longgar lantaran telah terlempar dari Piala Liga dan Piala FA. Banyak yang menganggap, ini adalah sebuah keuntungan dibanding saingan mereka, Manchester City.

Tim asuhan Pep Guardiola masih bermain di dua kompetisi itu plus Liga Champions. Alhasil, The Citizens harus pandai-pandai mengatur komposisi pemain agar gelar juara Liga Inggris tak melayang ke tangan Liverpool.

Liverpool saat ini memuncaki klasemen Liga Inggris dengan 54 poin. Sementara, Manchester City di posisi runner up dengan 50 poin.

“Saya akan senang jika kami masih berada di dua kompetisi ini, tetapi kami tidak bisa. Kami harus memaksimalkan jadwal sekarang,” ujar Klopp.

2 dari 3 halaman

Tak Ingin Lengah

Lebih lanjut, Klopp mengatakan, memiliki jadwal yang lebih longgar tidak lantas bisa membuat Liverpool lebih santai. Menurut Klopp, timnya masih bisa terpeleset andai tidak waspada.

“Anda bisa membuat banyak hal yang salah ketika Anda punya waktu sepekan untuk berlatih. Itu mungkin. Kami harus memaksimalkan waktu agar bisa dalam bentuk yang terbaik,” kata Klopp.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris