Waspada, 4 Organisme Mikro Ini Bisa Menggerogoti Daging Manusia

Mycobacterium ulcerans adalah bakteri yang menyebabkan penyakit yang disebut ulkus buruli, yang memicu bisul muncul di dalam kulit. Tetapi lebih dari ini, borok buruli juga merupakan kondisi di mana bakteri memakan daging.

Infeksi yang berkepanjangan akan menyebabkan bisul pada lengan dan tungkai, dan potongan daging yang telah dimakan biasanya akan membusuk seiring waktu.

Hanya sepuluh persen dari kasus hadir dengan bakteri benar-benar memakan daging di bagian lain tubuh di luar anggota badan, tetapi itu masih sepuluh persen menakutkan.

Ketika bakteri menyebar, mereka menghasilkan racun yang disebut mycolactone, yang bertanggung jawab atas perusakan daging pada pasien yang telah tertular infeksi bakteri dan memungkinkannya untuk berkembang menjadi penyakit borok ulkus.

Selain kulit, ligamen, otot, dan jaringan lunak lainnya, penyakit ini jika tak diobati dapat menyebar ke tulang dan mulai memakannya di situ juga.

Sangat sedikit yang diketahui tentang bagaimana M. ulcerans mentransmisikan dari satu orang ke orang lain, jadi kita tidak benar-benar tahu apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari menjadi target berikutnya.

Semoga suatu hari nanti, ilmu pengetahuan akan mengembangkan metode untuk memberantas bakteri ini serta perawatan baru dan unik, tetapi untuk saat ini, kita terjebak dengan pengetahuan dan pilihan pengobatan yang terbatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *