Wajib Coba, 6 Tips agar Tak Mudah Putus Asa

Liputan6.com, Jakarta Rasa putus asa bisa menghampiri siapa saja dan hampir semua orang sepertinya pernah merasakannya ketika gagal menggapai sesuatu. Namun dapat melaluinya dengan memperoleh kembali rasa optimistis seringkali tak semudah yang diharapkan.

Tentu saja, rasa optimis itu akan membuat seseorang lebih mudah menjalani hidup dengan cara yang menyenangkan dan mengabaikan rasa pesimis yang kerap hinggap. Memang tak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa diupayakan bila Anda benar-benar menginginkannya.

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang berpandangan pesimis, baik itu yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri atau bahkan yang berasal dari orang lain dan juga lingkungan di sekitarnya.

Apapun alasan yang menyebabkan Anda berpandangan pesimis, hal ini tentu perlu diatasi dengan baik. Anda bisa mendapatkan hidup yang lebih baik ketika selalu optimis untuk menjalani seluruh kehidupan, sehingga kualitas hidup bisa lebih baik lagi.

Tidak selalu rumit, perubahan ini bahkan bisa saja dilakukan dengan beberapa langkah yang mudah dan sederhana. Berikut beberapa langkah agar tak mudah putus asa dan membuat diri selalu optimistis, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Lebih Bersyukur dan Menikmati Hidup

Melihat keberhasilan orang lain dan juga berbagai hal lainnya yang tidak Anda miliki, bisa saja membuat Anda bersemangat untuk mencapainya juga atau bahkan malah membuat Anda pesimis.

Sangat wajar jika Anda memiliki keinginan untuk sukses seperti orang lain. Namun Anda juga tetap harus melihat hal ini dengan optimis sebagai sebuah bentuk dorongan positif yang akan membuat Anda lebih maju di masa yang akan datang.

Agar hal ini tidak membuatmu pesimis dan merasa tidak mampu yang berujung pada rasa putus asa, cobalah untuk melihat kembali dan mensyukuri apa yang sudah Anda miliki saat ini.

Kemudian, bersemangatlah untuk mencapai sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang. Hal ini akan membuat Anda lebih bersyukur dan bisa menikmati hidup dengan tenang.

2 dari 4 halaman

2. Ubahlah Pola Pikir dan Sudut Pandang ke Arah yang Lebih Positif

Ada banyak orang yang pada dasarnya suka melihat sesuatu dengan cara yang negatif. Sikap seperti ini bisa saja terjadi secara alami dan bahkan tanpa di sadari. Jika Anda termasuk orang yang seperti ini, maka mulailah mengubah cara pandang menjadi lebih positif.

Hindari untuk segera menilai sesuatu dengan cepat dan terburu-buru, sehingga Anda hanya melihat hal negatif saja di dalamnya. Cobalah untuk melihat dengan baik berbagai hal positif di dalam hidup Anda, sehingga Anda lebih optimistis dan tidak mudah putus asa.

3. Berani Bermimpi dan Mau Mewujudkannya

Untuk orang yang pesimistis, mimpi dan harapan hanyalah seperti sebuah dongeng yang tidak akan menjadi kenyataan, bahkan meski dia belum melakukan usaha apapun untuk mewujudkannya.

Hindari pandangan yang seperti ini, sebab hanya akan membuat Anda pesimis dalam meraih kesuksesan dan juga pencapaian positif di dalam hidup Anda.

Cobalah untuk lebih berani bermimpi dan memiliki sejumlah keinginan sukses di dalam diri, sehingga Anda memiliki niat yang besar untuk mewujudkannya menjadi kenyataan.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Pernah Takut Gagal

Jika ada yang namanya keberhasilan, maka juga akan ada yang namanya kegagalan. Seperti yang pepatah lama katakan bahwa kegagalan adalah proses menuju keberhasilan.

Maka, jangan pernah takut untuk gagal dalam menggapai sebuah impian dan keinginan. Anda hanya perlu belajar dari kegagalan yang pernah dialami itu untuk selanjutnya bisa mencapai apa yang diinginkan.

5. Lebih Menghormati Diri Sendiri

Hindari untuk selalu memandang rendah diri sendiri, sebab hal ini akan membawa banyak dampak negatif di dalam kehidupan Anda. Sebab Anda akan merasa “kecil” dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan banyak hal untuk mencapai kesuksesaan, bahkan untuk hal-hal yang pada dasarnya belum pernah Anda coba lakukan.

Cobalah untuk lebih menghormati dan mengakui bahwa diri sendiri mampu. Sehingga Anda lebih percaya diri untuk memiliki kemampuan yang baik dalam melakukan berbagai hal di dalam hidup.

4 dari 4 halaman

6. Memilah Aktivitas dan Juga Orang-orang Terdekat

Ada banyak aktivitas yang pada dasarnya bisa membuat Anda selalu berpikir negatif dan menjadi pesimis, termasuk orang-orang yang berada di sekitar Anda juga. Cobalah untuk segera memilah berbagai aktivitas dan orang-orang ini.

Dengan demikian, mereka tidak selalu memberikan pengaruh negatif di dalam diri Anda. Jika memungkinkan, Anda bahkan bisa mencoba untuk mengubah aktivitas serta orang-orang ini menjadi lebih positif juga.

Mulai dari Hal-Hal Kecil

Menginginkan perubahan dan menjadi lebih optimis dalam menjalani hidup, Anda tentu membutuhkan waktu untuk melakukannya. Mulailah perubahan ini dari hal-hal kecil yang mudah untuk dilakukan, sehingga Anda bisa menikmati setiap prosesnya dan tidak memaksakan diri untuk melakukan perubahan yang terlalu besar.

Jalanilah hidup dengan optimis, agar Anda bisa lebih menikmatiya dengan bahagia dan penuh semangat serta terhindar dari rasa putus asa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *