Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

Jakarta

Memilih hunian yang strategis dan memiliki fasilitas lengkap kini menjadi tantangan. Apalagi harga hunian makin melambung tinggi dan pilihannya sedikit. Sehingga terpaksa harus memilih sewa hunian.

Namun, sudah bijakkah keputusan menyewa hunian di tengah kota? Property Investment Advisor Synthesis Development, Andreas Pangaribuan, mengatakan keputusan menyewa hunian di tengah kota belum bisa dibilang bijak. Pasalnya, coba bandingkan dahulu harga sewa hunian di pusat kota dengan harga cicilan untuk memiliki hunian apartemen misalnya.

Salah satu hunian yang bisa jadi acuan bandingan adalah apartemen Bassura City di Jakarta Timur karya Synthesis Development. Apartemen dengan konsep superblok ini lokasinya strategis di Jl. Basuki Rahmat Jakarta, sebagai jalan yang dilalui ketika ingin menuju Central Business District (CBD) Kuningan, Sudirman, dan Thamrin karena sejalur dengan ruas Jalan Casablanca.

Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

Unit apartemen, memang tidak selapang rumah tapak, tetapi fasilitas apartemen mendukung kualitas hidup penghuninya. Mulai dari tersedianya fasilitas kolam renang, lapangan basket dan futsal, fitness centre, minimarket, sauna, children playground, sistem keamanan 24 jam, access card, fasilitas kesehatan, hingga terintegrasi dengan Mall@Bassura yang menghadirkan banyak tenant dan restoran ternama.

Punya Rp 5 Juta Tapi Belum Punya Hunian? Ini Solusinya

““Banyak orang yang lebih memilih sewa apartemen di tengah kota. Kalau sewa, kurang lebih angkanya di Rp 5 jutaan per bulan. Sementara Bassura City yang kondisinya sudah jadi, bisa dimiliki dan langsung dihuni dengan bayar Rp 5 juta. Bassura City mampu menjadi solusi akan kebutuhan hunian yang mendukung hidup tetap berkualitas,” ujar Andreas saat dihubungi detikcom.

“Bassura City kini makin melengkapi fasilitasnya dengan kehadiran taman jogging dan area olahraga outdoor. Tempat ini diharapkan menjadi sarana untuk warga apartemen depat bersosialisasi dan membangun komunitas positif di kawasan hunian. Bassura City juga menghadirkan puskesmas dengan fasilitas sangat baik sebagai penunjang sarana kesehatan,” jelas Andreas.

Bassura City bisa dijangkau dari Stasiun Tebet, Stasiun Cawang, dan Stasiun Jatinegara serta dekat dengan pintu Tol Jatinegara dan Tol Pedati. Bassura City juga dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma dan Tol Becakayu.

““Untuk mengakomodir keingingan publik memiliki hunian sendiri dan merasakan hidup berkualitas, Bassura City mengadakan program Bayar Rp. 5 Juta Bisa Langsung Huni,” imbuh Andreas.

“Promo yang hanya berlaku untuk 15 unit dengan 2 kamar tidur dari Bassura City ini mampu menjadi solusi bijak untuk resolusi tahun 2019. Bisa memiliki hunian sendiri dan lepas dari beban di mana uang menguap begitu saja karena harus bayar biaya sewa hunian setiap bulan,” tambah Andreas.

Informasi lengkap terkait program ini bisa didapat dengan berkunjung Marketing Office Bassura City di Jl.Basuki Rahmat No.1A, Jakarta Timur 13410. Selain itu, Anda bisa langsung menghubungi nomor telepon 021 859 10000 / WA 087775571988. Silakan kunjungi juga www.bassuracity.id atau Facebook dan Instagram@BassuraCity.

[Gambas:Youtube]

(adv/adv)

Sosok Mirip Pesepak Bola Ronaldinho, Ronaldikin Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Berita duka kembali menggemparkan dunia hiburan. Salah satu penggemar sepak bola sekaligus selebritas, Ronaldikin meninggal dunia, Selasa (22/1/2019). Ia mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Al Ihsan Baleendah, Bandung sekitar pukul 15.05 WIB.

Kabar meninggalnya Ronaldikin, pertama kali diungkapkan dalam akun Twitter Milanisti Indonesia. Diketahui, almarhum merupakan penggemar klub sepak bola A.C Milan dan sering bergabung dalam kegiatan Milanisti Indonesia.

Innalillahi wa Innalillahi Rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, Sodara kita yang bernama Sodikin atau biasa kita kenal dengan Ronaldikin.Almarhum semasa hidupnya sering bergabung dengan banyak kegiatan Milanisti Indonesia. Semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi ALLAH SWT,” tulis akun twitter Milanisti Indonesia.

Sosok mendiang Ronaldikin menjadi dikenal karena berwajah mirip pesepak bola Ronaldinho. Bahkan, pria bernama asli Sodikin itu pernah membintangi iklan BeIN Sport Thailand.

2 dari 3 halaman

Dibenarkan Keluarga

Informasi tersebut dibenarkan oleh pihak keluarga Ronaldikin. Kabar ini diperkuat dengan unggahan saudara Ronaldikin, Firdian Purnama, di Facebook. Terlihat potret almarhum tengah terbaring lemah dengan selang infus di tangannya.

Innalilahi wa innailaihi rojiun, selamat jalan mang Ronaldikin Taucho II Allah sayang sama mamang, mugia di tampi iman islamna,” tulis Firdian Purnama.

3 dari 3 halaman

Infeksi Paru-Paru

Sebelumnya, mendiang Ronaldikin mengidap penyakit infeksi paru-paru. Ia pun sempat menjalani perawatan intensif di beberapa rumah sakit. Namun, Allah berkehendak lain. (Lavenia/Mgg)

Fakta-Fakta Terbaru Kasus Prostitusi Online Artis dan Model

Liputan6.com, Jakarta – Polda Jawa Timur (Jatim) terus mengusut kasus prostitusi online. Hingga saat ini, aparat kepolisian telah menetapkan lima orang tersangka. Mereka adalah empat muncikari ES, T, F, dan W, serta satu artis FTV VA.

Polisi pun terus bergerak karena masih ada dua orang muncikari lagi yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buron kasus prostitusi online puluhan artis dan ratusan model tersebut.

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menegaskan, dua muncikari mempunyai peran penting. Masing-masing punya data artis dan model yang diduga terlibat prostitusi online.

“Dua muncikari ini mempunyai peran yang sangat penting untuk mendistribusikan oknum artis dan model,” ujar Luki.

Berikut fakta-fakta terkini kasus prostitusi online artis dan model yang dihimpun Liputan6.com:

2 dari 6 halaman

1. Kejar Muncikari yang Buron

Polda Jatim akan mengejar dua muncikari yang saat ini masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dalam kasus prostitusi online artis dan model. Tindakan ini sebagai kelanjutan dari ditangkapnya empat muncikari.

“Muncikari W sudah tertangkap kemarin. Dari empat muncikari, semua sudah ditetapkan tersangka. Saat ini, penyidik tengah fokus mencari keberadaan dua DPO mucikari lagi,” tutur Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Selain memburu dua muncikari DPO, Kapolda menegaskan akan memeriksa semua artis maupun model yang diduga terlibat dalam jaringan muncikari prostitusi online artis dan model.

“Saya langsung instruksikan kepada penyidik kalau bisa lima artis maupun model tiap minggu diperiksa, supaya kasus ini cepat selesai,” ujar Luki.

3 dari 6 halaman

2. Satu Muncikari Tak Ditahan

Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan menuturkan, salah satu muncikari prostitusi online artis dan model, berinisial F. Menurutnya, muncikari F masih dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim sejak dua hari setelah ditangkap karena sedang hamil.

“Saat ini dirawat di RS Bhayangkara karena hamil besar dan punya anak satu setengah tahun,” tutur Luki di Mapolda Jatim, Senin 21 Januari 2019.

Menurut dia, pengacara F juga telah mengajukan ke penyidik agar pemeriksaan terhadap kliennya terkait prostitusi online artis dan model ditunda sementara waktu.

“Pengacaranya sudah mengajukan itu, tapi tetap kami akan proses sesuai aturan penyidikan masih berjalan dan akan kami tangguhkan,” kata Luki.

Diduga, F mengalami syok usai ditangkap Senin 14 Januari 2019 malam di Jakarta oleh Tim Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim.

Dari pemeriksaan sementara, F merupakan jaringan muncikari prostitusi online artis dan model yang berkaitan dengan dua tersangka muncikari sebelumnya yaitu ES dan TN.

4 dari 6 halaman

3. Panggil Artis dan Model

Selain itu, Luki juga mengatakan, dari hasil penyidikan data digital forensik Berita Acara Pemeriksaan (BAP), sejumlah nama artis dan model yang diduga kuat terlibat kasus prostitusi online sudah mulai mengerucut.

“Kami akan memanggil oknum artis dan model dan akan diperiksa untuk membantu penyidikan terhadap tersangka empat mucikari prostitusi artis,” tutur Luki.

Menurut Luki, setiap satu pekan akan memeriksa artis dan model secara bergantian sebagai saksi kasus prostitusi online.

“Kemarin sudah enam yang panggil,” kata Luki.

Luki menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengantongi nama sederet selebritas yang akan diperiksa mengenai kasus prostitusi online ini.

“Oknum artis dan model yang diduga terlibat kasus prostitusi online yaitu artis inisial BJ, M, AM, UY, PP, TA, SN, WA, RP, N, EFD, AF, G, N, O, V, NZ, T, AKS, B dan seterusnya banyak sekali,” ucap Luki.

Luki menegaskan, pihaknya juga sudah menangkap empat muncikari artis sekaligus menetapkannya sebagai tersangka. “Empat muncikari itu kini sudah ditahan,” ujar dia.

5 dari 6 halaman

4. Panggil Selebgram

Selebgram berinisial AC alias SI memenuhi panggilan Polda Jatim untuk dimintai keterangan sebagai saksi terkait kasus prostitusi online kemarin. 

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Ahmad Yusep Gunawan mengatakan, pemeriksaan AC diperlukan untuk membantu penyidikan peran muncikari di jaringan prostitusi online.

“Pemeriksaan saksi ini untuk memperkuat kontruksi hukum yang digunakan guna kepentingan mengungkap jaringan prostitusi online yang melibatkan publik figur,” tutur Yusep di Mapolda Jatim, Senin 21 Januari 2019.

Yusep memastikan akan ada lagi sederet artis yang diperiksa sabagai saksi kasus prostitusi online yang melibatkan VA sebagai tersangka. “Nanti perkembangan update prostitusi artis pasti kami sampaikan lebih lanjut,” ujar Yusep.

Selebgram AC datang sendiri tanpa ditemani kerabat maupu kuasa hukumnya ke Mapolda Jatim, sekitar pukul 14.00 WIB. Dia enggan menjelaskan terkait pemeriksaan sebagai saksi mengenai kasus prostitusi online yang melibatkan artis. “Terima kasih ya permisi saya mau lewat,” ucap AC.

Saat disinggung mengenai perkenalannya dengan 4 mucikari yang sudah ditahan Polda Jatim, AC membantahnya. “Saya tidak kenal kok,” ujar AC.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ma’ruf Ingatkan Keutuhan Bangsa: Bagiku Capresku, Bagimu Capresmu

Trenggalek – Cawapres KH Ma’ruf Amin meminta masyarakat tetap menjaga keutuhan bangsa selama pemilu 2019, meski berbeda pilihan capres-cawapres dan partai politik. Perbedaan pililhan tersebut tidak boleh membuat tercerai berai.

“Kita harus menjaga negara tetap utuh, tetap bersatu jangan sampai tercerai berai, tidak bermusuhan, saling mencintai dan saling menyayangi. Oleh karena itu, perbedaan kepada kita sudah diajarkan oleh Allah,” ujar Ma’ruf Amin dalam sambutan acara istighosah kubro di Stadion Minak Sompal, Trenggalek, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Acara ini dihadiri ribuan warga dan santri serta para ulama. Sesepuh Nahdlatul Ulama di Jawa Timur yang hadir di antaranya KH Anwar Iskandar (Ponpes Lirboyo, Kediri), KH Nurul Huda Djazuli, KH Zainudin Djazuli (Ponpes Ploso, Kediri) serta pimpinan NU lainnya.
Mustasyar PBNU itu para ulama juga ada yang berbeda mazhab, namun tetap bersatu menjaga Indonesia. Begitu juga dengan beda agama.

“Beda agama kita harus toleran tasawuf prinsip lakum dinukum waliya din, bagimu agamamu, bagiku agamaku. Oleh karena itu, ulama mengajarkan lana madzhabuna, walakum madzhabukum, bagimu madhzabmu bagiku madhzabku,” tutur dia.

Ma'ruf Ingatkan Keutuhan Bangsa: Bagiku Capresku, Bagimu CapresmuFoto: Faiq/detikcom

Selain itu, Ketum MUI tersebut menyebut perbedaan partai politik dan capres-cawapres tidak boleh saling bertengkar. Prinsip ukhuwah Islamiyah dan wathaniyah harus diutamakan bagi warga.

“Oleh karena itu, kalau berbeda partai, lana partayuna wa lakum partayukumn, ya sudah jangan sampai berbeda partai kita bermusuhan, karena sekarang musim pilpres, tadi tambah bagimu capresmu dan capresku bagiku, jangan berbeda capres menimbulkan perpecahan dan permusuhan kehidupan bangsa. Pemilih presiden 5 tahun sekali tapi keutuhan sepanjang masa, NU mengajarkan prinsip ukhuwah Islamiyah dan wathaniyah,” jelas Ma’ruf.

Ma’ruf juga menyampaikan ijazah kubro kitab-kitab karya Syekh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani. Ijazah Kubro diberikan Ma’ruf ditengah guyuran hujan.
(fai/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Wakil Ketua MPR Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Dalam Pemilu

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan amanah UU No. 17 tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Sosialisasi dilakukan agar rakyat Indonesia tak hanya memahami keempat nilai-nilai luhur bangsa namun juga wajib mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian sehingga bangsa ini tetap menjaga persatuan dan hidup saling menghormati.

Untuk itulah pria yang juga menjadi Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu mendorong masyarakat menjadi warga negara yang menjalankan Empat Pilar MPR sehingga mampu berperan dan ikut andil dalam membangun Indonesia yang lebih baik.

“Dengan sosialisasi, kita harapkan bisa menghadirkan Indonesia sesuai dengan cita-cita pendiri bangsa yang adil, makmur, berdaulat, gemah ripah lohjinawi, serta baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” tutur HNW ketika melakukan sosialisasi kepada warga Tebet, Jakarta Selatan, 20 Januari 2019.

Dalam acara yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Tebet, pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu lebih lanjut memaparkan, sebagai bangsa yang menganut paham demokrasi, Demokrasi Pancasila, diharap demokrasi yang ada digunakan dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dalam demokrasi ada Pemilu,” tuturnya.

Ia mengajak saat pesta demokrasi, Pemilu, semua menggunakan hak pilih yang telah dimiliki pada 17 April 2019, baik untuk memilih Presiden, anggota DPR, DPD, maupun DPRD. “Mari kita gunakan hak pilih kita, hak kedaulatan rakyat,” ucapnya.

Dikatakan, hak memilih perlu digunakan sebab suara yang kita miliki menentukan masa depan bangsa. Hak yang dijamin dalam UUD NRI Tahun 1945 itu jangan sampai ditukar dengan uang, sembako, atau jangan sampai salah pilih karena tergoda dengan janji atau iming-iming dari para calon.

”Jangan sampai hak pilih kita tidak digunakan alias Golput,” tegas Hidayat. Ditekankan olehnya, agar tidak Golput sebab cara seperti ini tidak akan menyelesaikan masalah. “Golput bukan solusi,” ucapnya.

Tak hanya tak bisa memberi solusi namun cara seperti ini menurut alumni Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, bila Golput yang menang belum tentu sesuai dengan harapan bangsa Indonesia.

Dijelaskan dalam Pemilu yang diukur tidak hanya kualitas calon pemimpin namun juga banyaknya suara yang ikut berpartisipasi. “Sehingga siapapun mendapat suara yang banyak, ia akan menang,” ujarnya.

Agar Pemilu yang digelar berkualitas maka diharapkan masyarakat pemilih pemimpin yang cinta Indonesia serta bisa membawa negara ini lebih baik dan maju. “Serta melindungi semua golongan,” tegasnya.


(*)

Sebelum Diperas, Caleg NasDem Probolinggo Dirayu Video Bugil

Sebelum Diperas, Caleg NasDem Probolinggo Dirayu Video Bugil Foto: M Rofiq

Probolinggo – Pemerasan yang dialami caleg Partai NasDem DPRD Probolinggo Dapil 1, Nurul Munjiat bermula dari permintaan video call bugil. Pelaku Aulyah Sari merayu Nurul untuk video call bugil dan kemudian merekamnya tanpa sepengetahuan korban.

Awal mula kedekatan keduanya terjadi di media sosial Facebook. Kala itu Nurul menerima permintaan pertemanan Aulyah yang diduga warga Palu, Sulawesi Tengah. Apalagi, pelaku juga berteman dengan teman-teman korban sesama kader NasDem.

“Saya terima pertemanannya, karena dia (pelaku) juga berteman dengan teman-teman saya di Partai NasDem,” kata Caleg DPRD Partai Nasdem Dapil 1 Kota Probolinggo saat di SPKT Polresta Probolinggo.


Rupanya lambat laun korban dan pelaku saling bertukar nomor whatsapp (WA). Korban mengakui, saat komunikasi itulah modus pelaku mulai dilancarkan.

Pelaku kerap kali memaksa korban untuk telanjang saat melakukan video call. Bahkan pelaku sengaja memancing korban dengan lebih dulu tanpa busana atau bugil. Korban akhirnya terbujuk rayu pelaku setelah ketiga kalinya melakukan telepon video.

“Awalnya saya tidak mau pak, tapi karena terus dirayu saya pun akhirnya nurut untuk telanjang. Tapi itupun tidak jelas, karena kamera ponsel tidak saya fokuskan,” papar korban.

Saat video call telanjang itu berlangsung, ternyata pelaku mengambil foto layar atau merekamnya tanpa sepengetahuan korban. Belakangan, foto atau rekaman itu digunakan pelaku untuk memeras korban. Yakni dengan mengirim pesan singkat ke nomor WA korban.

Dalam pesan itu, tertulis jika pelaku minta uang sebesar Rp 5 juta. Jika tidak dituruti, pelaku akan menyebarkan video telanjang korban ke teman-teman partainya.
(fat/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Heboh Salam 2 Jari Ari Lasso

Jakarta – Foto penyanyi Ari Lasso yang berpose 2 jari viral di media sosial dan membuat heboh. Acungan dua jari memang menjadi perbincangan saat ini karena momen Pilpres 2019 yang sedang berproses. Acungan dua jari sering digunakan pendukung Prabowo-Sandiaga untuk berkampanye, menandakan nomor urut mereka di surat suara.

Foto Ari Lasso mengacungkan salam dua jari itu diunggah oleh akun Twitter Fadli Zon, @fadlizon, 19 Januari. Fadli Zon yang merupakan politikus Partai Gerindra itu hanya mencantumkan kata-kata, “kayaknya kenal”, disertai emotikon tersenyum.

Akun Instagram resmi tim Prabowo-Sandi yakni ‘indonesiaadilmakmur’ juga sempat mengunggah foto itu sambil mention Ari Lasso di Instagram Story. Ari Lasso menanggapi unggahan foto dirinya itu dengan tulisan ‘LOL’, yang artinya ‘laugh out loud’ atau ‘tertawa terbahak-bahak’.

Terlihat di foto itu, vokalis Dewa 19 pertama itu mengenakan jaket hitam berada di posisi paling depan, mengacungkan salam dua jari sambil tersenyum. Di belakang, ada orang-orang yang juga dikenal merupakan musisi Dewa 19, yakni Ahmad Dhani, Andra Ramadhan, Tyo Nugros, dan Yuke Sampurna. Ada dua orang lain yang wajahnya tertutupi oleh Ari Lasso. Semuanya terlihat tertawa.
Dhani mengatakan foto itu diambil saat Dewa 19 sedang latihan di studionya pada 14 Januari kemarin. Mereka sedang latihan bermusik sebagai persiapan untuk tampil di Malaysia.

Ahmad Dhani dikenal memang pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang punya gestur kampanye salam dua jari. Apa Ari juga dukung Prabowo-Sandi?

“Biarlah jadi misteri ilahi,” kata Ahmad Dhani kepada wartawan, Senin (21/1/2019). Misteri Ilahi adalah lagu yang dinyanyikan oleh Ari Lasso.

Foto itu juga diunggah akun Instagram Ahmad Dhani, @ahmaddhaniofficial. “AKU ALUMNI AREK SMA DUAAAAAA,” demikian tulis Dhani di keterangan foto yang memuat Ari Lasso mengacungkan dua jari. Di kolom komentar, Ari Lasso hanya menanggapi lewat tawa, “Wekawekaweka weka.”

Dhani dan Ari adalah lulusan SMA Negeri 2 Surabaya, Jawa Timur. Selanjutnya, dua orang ini terkenal sebagai musisi lewat kelompok musik Dewa 19.

Belakangan, Ari menjelaskan soal foto pose 2 jari itu. Vokalis pertama Dewa 19 tersebut bicara soal pilihan politiknya.

“Penjelasan saya adalah: Tentu saya punya pilihan. Siapa? Biar itu menjadi rahasia saya. Karena yang terpenting bagi saya adalah menjadi warga negara yang baik,” kata Ari lewat akun Instagram-nya, @ari_lasso, Senin (21/1).

Ari sendiri memilih untuk merahasiakan pilihannya. Dia memilih untuk mencintai negeri ini dengan menjadi warga negara yang baik. Namun viralnya foto itu diakuinya sempat menuai reaksi dari orang-orang terdekatnya.

“Dari kemarin hingga saat ini liburan saya rada keganggu oleh begitu banyak WA membahas postingan panas. Ada yang kecewa, marah, patah hati, senang, bangga, dan lain-lain,” ungkapnya.

Dia menyebut Ahmad Dhani-lah yang membuat foto itu viral. Padahal, semua berawal dari bercanda tentang tanda jari. Sejak Dhani mengunggah foto di Instagram, maka banyak akun media sosial yang turut menyebarkan foto itu.

“Disebarkan bahkan oleh ‘akun2 penting’ tanpa konfirmasi… Ck ck ck… Masuk kategori hoax kah? I don’t know,” tulis Ari.

Namun dia tak marah dengan Dhani, karena dia paham betul gaya bercanda Dhani sebagai orang Surabaya. “Perihal Ahmad Dhani?? Marah kah saya? Nggak juga… Namanya juga Dhani, istilah Suroboyone: Guyon’e kenemenen, jarno ae (Istilah Surabayanya: bercandanya keterlaluan, biarkan saja),” pungkas Ari. Dia menyertakan tagar ‘takharussama’ dan ‘tetapBersatu’.

(idh/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Heboh Pose 2 Jari, Ari Lasso: Pilihan Saya Rahasia

Jakarta – Penyanyi Ari Lasso mendapat banyak pertanyaan setelah fotonya saat berpose dua jari viral. Kini, vokalis pertama Dewa 19 itu bicara soal pilihan politiknya.

“Penjelasan saya adalah: Tentu saya punya pilihan. Siapa? Biar itu menjadi rahasia saya. Karena yang terpenting bagi saya adalah menjadi warga negara yang baik,” kata Ari lewat akun Instagram-nya, @ari_lasso, Senin (21/1/2019).

Foto yang diambil pada 14 Januari 2019 itu membawa isu panas, karena salam dua jari saat ini juga dipakai oleh Prabowo-Sandiaga, pasangan calon di Pilpres 2019. Ahmad Dhani, rekan musisinya yang merupakan pendukung Prabowo-Sandiaga, berada dalam satu foto bersama rekan-rekan Dewa 19 lainnya.


Ari sendiri memilih untuk merahasiakan pilihannya. Dia memilih untuk mencintai negeri ini dengan menjadi warga negara yang baik. Namun viralnya foto itu diakuinya sempat menuai reaksi dari orang-orang terdekatnya.

“Dari kemarin hingga saat ini liburan saya rada keganggu oleh begitu banyak WA membahas postingan panas. Ada yang kecewa, marah, patah hati, senang, bangga, dan lain-lain,” ungkapnya.

Dia menyebut Ahmad Dhani-lah yang membuat foto itu viral. Padahal, semua berawal dari bercanda tentang tanda jari. Sejak Dhani mengunggah foto di Instagram, maka banyak akun media sosial yang turut menyebarkan foto itu.

“Disebarkan bahkan oleh ‘akun2 penting’ tanpa konfirmasi… Ck ck ck… Masuk kategori hoax kah? I don’t know,” tulis Ari.

Namun dia tak marah dengan Dhani, karena dia paham betul gaya bercanda Dhani sebagai orang Surabaya. “Perihal Ahmad Dhani?? Marah kah saya? Nggak juga… Namanya juga Dhani, istilah Suroboyone: Guyon’e kenemenen, jarno ae (Istilah Surabayanya: bercandanya keterlaluan, biarkan saja),” tandas Ari. Dia menyertakan tagar ‘takharussama’ dan ‘tetapBersatu’.

(dnu/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tim Panel Dugaan Pencabulan Staf Dewas BPJS TK Disetop, Ade Armando Curiga

Jakarta – Kelompok Pembela Korban Kekerasan Seksual (KPKS) mencurigai langkah Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) menghentikan Tim Panel dugaan pencabulan yang dilakukan mantan anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan, Syafri Adnan Baharuddin (SAB) kepada stafnya. Tim Panel itu disetop setelah SAB diberhentikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini sungguh mencurigakan. DJSN menghentikan kerja Tim Panel yang sudah hampir rampung mengumpulkan bukti dan mewawancarai para saksi dan ahli. Tim Panel sudah akan mengumumkan hasil kerja mereka tentang perilaku Syafri pada awal pekan besok, dan tiba-tiba saja DJSN menghentikannya. Saya curiga DJSN sudah terbeli atau tunduk pada kepentingan Syafri,” ujar Koordinator KPKS, Ade Armando dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/1/2019).

Meski demikian, Ade berharap tim panel yang dibentuk akhir Desember 2018 itu tetap mengumumkan temuan tentang dugaan asusila yang melibatkan SAB dengan staffnya berinisial RA.

“Mudah-mudahan Tim Panel tidak ragu untuk menuntaskan kewajibannya, karena ini menyangkut integritas sebuah lembaga yang dibiayai uang rakyat tentang perilaku seorang pejabat nesagara yang dibiayai uang rakyat,” kata Ade.

Disetopnya kerja tim panel lantaran Presiden Jokowi sudah mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan SAB yang mengajukan permohonan pengunduran diri pada 30 Desember 2018. Menurut Ade, DJSN seharusnya tidak melakukan intervensi karena mengundurkan diri.

“Ini tentu dua hal yang berbeda. Tim panel ini dibentuk untuk menyimpulkan apakah perilaku Syafri masuk dalam kategori perilaku tidak pantas atau tidak. Tim sudah bekerja. Seharusnya DJSN tidak mengintervensi hanya karena Syafri mengundurkan diri,” kata Ade.

Proses kerja tim panel, kata Ade sudah mengumpukan beberapa bukti dari saksi-saksi. Saksi dalam penuturan Ade, menyajikan bukti chat WA SAB ke RA berupa kata-kata rayuan. Dia melanjutkan, disetopnya tim panel oleh DJSN menunjukkan ada ketidakobjektifan dan indikasi tidak ingin melindungi pekerja perempuan.

“Tapi ini bukan cerita baru. Dua tahun yang lalu sejumlah deputi di BPJS TK juga melaporkan perilaku tidak pantas oleh Syafri. Tim panel sudah dibentuk dan merekomendasikan penghentian Syafri. Tapi ternyata tidak pernah ditindaklanjuti. Bayangkan, ini semua terjadi karena terduga pelaku dibiarkan bertahun-tahun oleh sesama Dewan Pengawas BPJS TK dan kini juga dilindungi oleh DJSN yang seharusnya berpihak pada korban,” ujar Ade.

Sebelumnya, DJSN memaparkan bahwa Presiden RI melalui Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2019 tertanggal 17 Januari 2019 telah memberhentikan dengan hormat saudara SAB dengan mengacu pada Surat Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Nomor 01/DP/012019 tanggal 2 Januari 2019 dan Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan dan Penetapan Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Direksi serta Calon Pengganti Antarwaktu Dewan Pengawas dan Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

“Dengan adanya Surat Keputusan Presiden tersebut, proses Tim Panel dihentikan dan selanjutnya DJSN akan mengusulkan pada Presiden, untuk membentuk panitia seleksi untuk pengisian jabatan anggota Dewas BPJS Ketenagakerjaan yang kosong,” kata Plt Ketua DJSN, Andi Zainal Abidin Dulung dalam keterangan tertulis.
(idn/imk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Doa

Liputan6.com, Jakarta Sebagai seorang muslim, tentunya harus mengetahui bagaimana tata cara wudhu yang benar dan baik. Seperti yang kita ketahui, wudhu merupakan salah satu syarat sahnya sholat dan diterima Allah SWT.

Hal ini sesuai dengan yang diperintahkan Allah SWT mengenai tata cara wudhu dalam Surat Al Maidah ayat 6 yang artinya:“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak melakukan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”


Selain terdapat pada salah satu ayat Alquran, hadist dari Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi juga menjelaskan pentingnya untuk berwudhu, di mana Rasulullah SAW bersabda yang artinya:“Allah tidak menerima shalat salah seorang di antara kamu sampai ia berwudhu.”

Jadi, sudah jelas bahwa kita harus mengetahui tata cara berwudhu yang benar sesuai dengan sunnah. Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/1/2019), bahwa terdapat hadist lain yang menerangkan mengenai tata cara wudhu yang benar. Salah satunya ialah Utsman bin Affan radiyallahu’anhu berkata: “Barang siapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan sholatnya sebagai tambahan pahala baginya.” (HR. Muslim)

2 dari 4 halaman

Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah

1. Niat Wudhu

Tentunya sebelum berwudhu kamu diharuskan untuk berniat terlebih dahulu. Niat dalam berwudhu ini diartikan sebagai kesungguhan hati untuk berwudhu karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran dari Rasulullah SAW.

Dalam HR Bukhari pun pernah menuliskan bahwa:”Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya…” (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).

“Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”

Artinya :

“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

2. Membaca Basmallah

Setelah melakukan niat dengan kesungguhan hati, kemudian bacalah basmallah. Membaca basmallah ini dilakukan sambil mencuci kedua telapak tangan sebanyak 3 kali hingga ke sela-sela jari. Namun bila lupa untuk membaca basmallah, maka wudhu yang kamu lakukan tetap sah.

3. Berkumur-kumur

Berkumur-kumur sebanyak 3 kali atau memutar air dalam mulut dan mengeluarkannya serta membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang ada pada gigi.

4. Mencuci lubang hidung

Mencuci lubang hidung sebanyak 3 kali untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Dan disunnahkan pula muncuci lubang hidung dengan cara menghirup air dalam sekali hirup serta mengeluarkannya dengan memencet hidung.

5. Mencuci muka 3 kali

Mencuci muka 3 kali pada saat berwudhu sebaiknya dilakukan mulai dari ujung kepala tumbuhnya rambut hingga bawah dagu. Serta membersihkan dari telinga kanan ke telinga kiri.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah

6. Mencuci kedua belah tangan hingga siku

Setelah mencuci muka, kemudian cucilah kedua belah tangan hingga siku sebanyak 3 kali. Sebaiknya lakukan dengan mendahulukan anggota tubuh bagian kanan, membasahi tangan hingga siku pun sudah tercantum dalam surat Al- Maidah ayat 6 sesuai dengan perintah Allah SWT.

7. Mengusap kepala

Tata cara wudhu selanjutnya ialah mengusap kepala dari depan hingga ke bagian belakang kepala sebanyak satu kali. Ali bin Abi Thalib berkata, “Aku melihat Nabi SAW mengusap kepalanya satu kali.” (HR. Sahih Abu Dawud no.106)

8. Membersihkan kedua telinga

Setelah mengusap kepala dilanjutkan dengan membersihkan kedua telinga tanpa perlu mengambil air baru. Membersihkan telinga dalam tata cara wudhu ini dilakukan dengan memasukan jari telunjuk ke dalam telinga, kemudian ibu jari mengusapkan kedua daun telinga. Hal ini dilakukan secara bersamaan antar telinga kanan dan telinga kiri.

9. Mencuci kedua kaki hingga di atas mata kaki

Dan tata cara wudhu selanjutnya yang benar sesuai dengan sunnah ialah membasuh kedua kaki hingga di atas mata kaki. Hal ini dilakukan sebanyak 3 kali dan dimulai dari kaki bagian kanan terlebih dahulu.

Dalam HR Bukhari, dahulukan kaki kanan hingga tiga kali kemudian kaki kiri. Dan saat membasuh kaki, Rasulullah menggosok jari kelingkingnya pada sela-sela jari kaki (HR. Bukhari; Fathul Baari, dan Muslim). Dalam menggosok kaki Rasullullah menyuruh umatnya untuk berhati-hati, karena bila tidak sempurna dalam membasuhnya akan terkena ancaman neraka. Dan pastikan kulit yang terlipat terkena air wudhu.

10. Membaca doa wudhu

Setelah selesai rangkaian wudhu yang benar, disunnahkan untuk membaca doa selepas wudhu. Dan saat memanjatkan doa wudhu, sebaiknya berdoa dengan menghadap kiblat dan mengangkat dua tangan.

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Artinya :

“Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

4 dari 4 halaman

Syarat Wajib dan yang Membatalkan Berwudhu

Syarat Wajib Berwudhu

Berikut syarat wajib wudhu:

1. Beragama Islam.

2. Suci dari hadast kecil dan besar.

3. Dapat membedakan yang baik dan buruk.

4. Tidak ada apapun yang dapat mengubah sifat air dan mencegah air masuk pada tubuh, seperti riasan, lipstik, cat kuku dan sebagainya.

5. Mengetahui mana yang sunnah mana yang wajib.

6. Air untuk berwudhu merupakan air bersih dan suci (tidak berbau, kotor ataupun tercampur bahan lainnya).

Hal yang Membatalkan Wudhu

Selain adanya syarat wajib wudhu, ada beberapa hal yang dapat membuat wudhu yang telah kamu lakukan menjadi batal. Di antaranya sebagai berikut:

1. Keluar segala sesuatu dari dua jalan kemaluan (qubul dan dubur).

2. Bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan mahramnya dengan tidak memakai penutup.

3. Hilang akal dikarenakan gila, tertidur, pingsan atau mabuk.

4. Tersentuh kemaluan (kubul atau dubur) dengan tapak tangan atau jari yang tidak memakai penutup (walaupun kemaluan sendiri).

5. Memakan daging unta, memakan babat, hati, lemak, ginjal atau perut besar juga bisa mengakibatkan batalnya wudhu.



Reporter: Novita Ayuningtyas