Sandiaga Janji Permudah Nelayan dan Jajaki Wisata Religi Jakarta Utara

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan perbaiki perekonomian warga Jakarta Utara, termasuk nelayan pesisir pantai dan kawasan wisata Utara Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam kampanye akbar di Jakarta Utara.

“Kita akan permudah regulasi, kita akan pastikan harga tangkap mereka dengan harga yang layak dengan membangun lebih banyak sinergi antara wisata kuliner dan tempat pelelangan ikan menjadi daya tarik sendiri di wilayah utara Jakarta,” katanya di GOR Remaja Jakarta Utara, Senin (25/3/2019).

Sandiaga juga berjanji akan menghidupkan wisata religi di Jakarta Utara. Menurutnya wisata religi sangat baik meningkatkan roda ekonomi.

“Kami berkomitmen mengoptimalkan segala potensi yang ada di Jakarta Utara untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya termasuk wisata religi, kuliner, dan pariwisata,” ucapnya

Ia mengungkapkan akan meningkatkan semua potensi di Jakarta jika memenangkan Pilpres 2019. Menurut Sandiaga, Jakarta Utara menyimpan potensi sangat besar.

“Kita harus memastikan bahwa isu-isu lokal di Jakarta Utara mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan kami akan berpihak kepada rakyat untuk memperbaiki keadaan ekonomi berjuang bersama rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” katanya

Sandiaga Janji Bangun Wisata Religi di Jakarta Utara

Sandiaga Janji Bangun Wisata Religi di Jakarta Utara Foto: Sandiaga kampanye di Jakarta Utara (Tsarina Maharani/detikcom)

JakartaCawapres Sandiaga Uno berjanji membangun wisata religi di kawasan Jakarta Utara. Menurut dia, Jakarta Utara mempunyai banyak lokasi yang potensial.

“Budaya ini ingin kita kembangkan. Ada banyak warisan leluhur di Jakut. Ada wisata religi, ada daerah-daerah yang bisa dikembangkan ke depan,” kata Sandi di Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Tanjung Priok, Senin (25/3/2019).

Dia mencontohkan makam Mbah Priok dan Masjid Luar Batang yang disebut sebagai situs sejarah. Sandi berjanji akan mengoptimalkan warisan leluhur di Jakut.

“Insyaallah di Jakut situs sejarah kebudayaan ke depan kita optimalkan umtuk membangkitkan ekonomi di Jakarta Utara,” ucap Sandi.

Menurut Sandi, pengembangan sektor wisata di kawasan Jakut penting untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. Apalagi, kata dia, Jakarta Utara berdekatan dengan Kepulauan Seribu.

“Sektor pariwisata kita kembangkan karena Jakut menghadap langsung ke Kepulauan Seribu,” ujar Sandi.

(tsa/knv)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

3.874 Siswa Diterima SNMPTN Sumatera Utara

Liputan6.com, Medan – Sebanyak 3.874 siswa di Sumatera Utara (Sumut) dinyatakan lulus oleh ‎Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019.

Jumlah 3.874 siswa yang lulus SNMPTN itu terbagi menjadi 2.508 di Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) sebanyak 1.366 siswa.

Kepada para siswa yang dinyatakan lulus tersebut agar segera melakukan daftar ulang dan melihat informasi lanjut di laman resmi SNMPTN http://pengumuman.snmptn.ac.id‎.

Rektor Unimed Prof Syawal Gultom mengatakan, pihaknya sangat senang siswa yang lulus telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, karena sudah bergabung menjadi warga Unimed.

“Peserta SNMPTN yang belum lulus masih punya kesempatan untuk bersaing kembali di jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Dua jalur masuk di PTN ini, akan segera dibuka pada tahun ini,” ujar Syawal, Jumat (22/3/2019).

Dia mengingatkan, bagi yang telah dinyatakan lulus agar segera mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang dan melihat jadwal-jadwal penting.

Hal ini, kata Syawal, untuk melakukan daftar ulang agar tidak terlambat.

“Percayalah, jika saudara yang belum lulus SNMPTN yakin dan tetap berusaha, serta serius dalam belajar, mudah-mudahan dapat lulus di dua jalur tersebut (Seleksi Mandiri dan SBMPTN),” pungkas Syawal.

Basarnas Cari Nelayan yang Hilang Misterius di Perairan Maluku Utara

Liputan6.com, Maluku Utara – Tim Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara, akhirnya turun langsung untuk mencari seorang nelayan pada Sabtu, 16 Maret 2019. Nelayan tersebut bernama Sahrul Katerumbingan (27), warga Desa Gamhoku, Kecamatan Tobelo Selatan itu melaut sehari sebelumnya dan belum kembali hingga kini.

“Korban menggunakan bodi katinting warna putih hijau saat melaut sejak Jumat kemarin dan hingga kini belum kembali,” kata Kepala Basarnas Ternate, M Arafah seperti di lansir Antara, Sabtu, 16 Maret 2019.

Oleh karenanya itu, sekitar pukul 10.00 Wit, Tim SAR Gabungan bergerak menuju LKK dengan menggunakan RIB 03 Tobelo untuk mencari nelayan yang hilang secara misterius tersebut di perairan Tobelo dan sekitarnya.

Sebelumnya, Basarnas Ternate berhasil menyelamatkan sebuah speedboat berpenumpang 13 orang pada rute Jailolo-Sofifi, Pulau Halmahera yang karam akibat dihantam gelombang tinggi di perairan tersebut.

Berawal informasi yang disampaikan anggota Polairud Polda Malut kalau ada speed boat rute Jailolo-Sofifi mengalami mati mesin dan dihantam gelombang laut pada koordinat 0° 49’23” N- 127°28’16” E dengan jarak 5,83 NM dari Pelabuhan Ahmad Yani.

Setelah menerima informasi, sekitar pukul 18.41 WIT, Team Rescue Basarnas Ternate bersama anggota Polairud berangkat menuju LKP di Perairan Desa Maftutu, Pulau Tidore dan mengevakuasi sebagian korban, sebagian lainnya sebelumnya sudah dievakuasi oleh speed boat masyarakat menuju Pelabuhan Ferry, Kota Tidore.

“Setibanya di Pelabuhan Ferry, Kota Tidore dan langsung mengevakuasi seluruh korban menuju Pulau Ternate pukul 19.55 wit dan RIB 02 Ternate sampai di Pelabuhan Ahmad Yani Kota Ternate dan seluruh korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat pada Jumat (15/3/2019) dinihari,” katanya.

Plh Kepala Dinas Perhubungan Malut, Armin Zakaria ketika dikonfirmasi meminta kepada motoris terutama speedboat agar lebih mengutamakan keselamatan penumpang dengan mematuhi aturan pelayaran di daerah ini.

“Kami meminta pemilik speedboat harus memperhatikan informasi keadaan cuaca terkini yang setiap saat di rilis oleh BMKG sehingga bisa mengetahui keadaan cuaca di perairan Malut terutama kecepatan angin tinggi gelombang guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut,” ujar Armin.

Selain itu, dirinya mengingatkan pada petugas yang mengawasi pelabuhan agar memberikan peringatan kepada pemilik kapal berukuran kecil maupun speedboat maupun penumpang  serta nelayan jika cuaca tidak memungkinkan untuk mengizinkan aktivitas pelayaran ke berbagai daerah terutama di wilayah Malut.

Saksikan video menarik pilihan berikut:

Usai pemadaman, Tim Basarnas mengevakuasi tiga korban meninggal dunia. Total ada 17 nelayan di dalam kapal, 14 lainnya selamat.

Jokowi akan Datangi Pasar Balige di Sumatera Utara

Liputan6.com, Silangit – Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana melakukan kunjungan kerja ke Silangit Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara, Kamis (14/3/2019). Di Silangit, Jokowi akan mengunjungi Pasar Balige.

Presiden dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Sisingamangaraja XII Sumatera Utara pada pukul 17.20 WIB, dengan menggunakan pesawat Kepresidenan-1. Jokowi akan beristirahat dan menginap di salah satu hotel untuk persiapan agenda esok hari, Jumat 15 Maret 2019.

Selain mengunjungi Pasar Balige, mantan Gubernur DKI Jakarta itu dijadwalkan akan memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada para pelajar di Balige. Kemudian, dia akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Balige.

Sore harinya, Jokowi beserta rombongan akan melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke Kota Medan melalui jalur udara dan mendarat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang.

Capres petahana itu akan mengakhiri lawatan di Sumatera Utara dengan mengunjungi Kabupaten Sibolga. Disana, dia direncanakan meresmikan Pelabuhan Sibolga.

Jokowi dan rombongan kembali ke Jakarta menggunakan pesawat kepresidenan pada Minggu 17 Maret 2019 sore.

Setibanya di Tapanuli Utara, Jokowi disambut Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto, dan Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen M Sabrar Fadhilah.

Sementara itu, Jokowi didampingi Kepala Sraf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, serta Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi.

Korea Utara Gelar Pemilu Hari Ini, Kim Jong-un Tak Ada di Surat Suara

Secara mengejutkan nama Kim Jong-un tidak ada di antara yang dipanggil, kata seorang pejabat kementerian unifikasi Korea Selatan yang bertanggung jawab atas hubungan antar-Korea kepada AFP.

Pada tahun 2014, Kim Jong-un menerima partisipasi 100 persen di konstituensi Gunung Paektu, dengan 100 persen mendukung, menurut KCNA.

Tidak tercantumnya nama Kim Jong-un di surat suara pemilu “belum pernah terjadi sebelumnya” dan “membingungkan”, kata Lim Eul-chul, profesor studi Korea Utara di Universitas Kyungnam.

“Meskipun sulit untuk mengatakan secara meyakinkan, Kim tampak ingin membuat negara itu terlihat seperti negara normal jika dia tidak membawa gelar tambahan wakil ke legislatif ketika dia sudah memegang peringkat tertinggi negara,” lanjutnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Kim Jong-un secara resmi adalah ketua Partai Buruh dan ketua Komisi Urusan Negara, badan pemerintahan tertinggi. Sementara almarhum kakeknya Kim Il-sung tetap menjadi Presiden Abadi negara itu, meski telah meninggal pada 1994.

Adik dan asisten dekat Kim Jong-un saat ini, Kim Yo-jong berada di antara anggota Majelis Rakyat yang baru terpilih, lapor kantor berita Korea Selatan Yonhap, mengutip media pemerintah Pyongyang.

Para kritikus mengatakan, pemilu di Korea Utara, dengan tidak adanya kompetisi, sebagian besar merupakan ritual politik untuk memungkinkan pihak berwenang mengklaim mandat dari rakyat, sambil memperkuat kesetiaan kepada pemerintah.

Setelah memberikan suara pada hari pemungutan suara, warga Pyongyang, Ri Inyong (61) mengatakan kepada AFP, pemilihan itu adalah “kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia persatuan pikiran tunggal di sekitar kamerad pemimpin tertinggi Kim Jong-un”.

Warga Korea Utara biasa selalu menyatakan dukungan tanpa pamrih kepada pihak berwenang ketika berbicara kepada media asing.

“Di negara lain, mereka memilih kandidat dari partai yang berbeda dengan pandangan politik berbeda,” kata Ri. “Dalam sistem sosialis kita, orang-orang memilih kandidat.”

Citra Satelit Ini Jadi Bukti Korea Utara Akan Meluncurkan Roket?

Liputan6.com, Washington DC – Citra satelit dari sebuah fasilitas di dekat Pyongyang menunjukkan bahwa Korea Utara mungkin bersiap untuk meluncurkan roket untuk satelit. Gambar itu diterbitkan oleh jaringan radio publik Amerika Serikat, NPR, baru-baru ini.

Peningkatan aktivitas ini terjadi di sekitar situs yang dikenal sebagai Sanumdong, tempat Korea Utara mengumpulkan sebagian besar rudal balistik dan roketnya.

Kendaraan besar terlihat bergerak di sekitar Sanumdong, kegiatan yang di masa lalu menunjukkan bahwa Korea Utara setidaknya bersiap untuk memindahkan beberapa jenis rudal atau roket ke area peluncuran, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (9/3/2019).

BBC melaporkan bahwa Korea Utara mungkin akan menguji AS setelah pembicaraan di Hanoi antara Donald Trump dan Kim Jong-un gagal, berharap bahwa Amerika akan menawarkan kesepakatan yang lebih baik untuk menghindari peluncuran.

Koresponden BBC menambahkan bahwa para ahli mengatakan roket yang digunakan untuk meluncurkan satelit biasanya tidak cocok untuk digunakan sebagai rudal jarak jauh.

Kabar tentang citra satelit itu muncul setelah laporan awal pekan ini yang menyebut bahwa situs peluncuran roket utama Korea Utara di Sohae telah dibangun kembali.

Pekerjaan untuk membongkar Sohae dimulai tahun lalu tetapi berhenti saat keberlangsungan hasil KTT Korea Utara – Amerika Serikat tertunda akhir tahun lalu.

Pada hari Jumat 8 Maret 2019, Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan kecewa jika Korea Utara melanjutkan pengujian senjata.

“Saya akan terkejut secara negatif jika dia melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan pemahaman kita. Tapi kita akan lihat apa yang terjadi,” katanya.

“Saya akan sangat kecewa jika saya melihat ada pengujian.”

Analis percaya bahwa kemungkinan besar pada tahap ini Pyongyang bersiap untuk meluncurkan satelit daripada menguji coba rudal.

Namun AS mengatakan awal pekan ini bahwa ini akan tetap tidak konsisten dengan komitmen yang telah dibuat oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong-un kepada Presiden Trump.

Pertemuan yang sangat dinanti-nantikan antara kedua pemimpin di ibukota Vietnam pekan lalu berakhir tanpa kesepakatan atas perbedaan seberapa besar Korea Utara bersedia membatasi program nuklirnya sebelum diberikan bantuan sanksi.

Simak video pilihan berikut:

Moon Jae-in melakukan kunjungan ke Pyongyang, Korea Utara. Moon disambut ratusan warga Korea Utara yang memegang bunga dan bendera persatuan Korea.

Bandara Bali Utara Jangan Sampai Sepi Seperti Kertajati

Jakarta – Bandara di Bali Utara rencananya bakal dibangun di daerah Kubutambahan, Buleleng, Bali. Proyek tersebut dinilai harus belajar dari proyek Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat yang hingga kini masih sepi pengguna.

Apalagi di kawasan tersebut tak jauh dengan bandara eksisting yaitu Bandara Internasional Ngurah Rai dan Bandara Internasional Banyuwangi.

PT Bandara Internasional Bali Utara (PT BIBU) Panji Sakti adalah badan usaha yang memprakarsai pembangunan bandara di Bali Utara.

detikFinance pun mengulas informasi-informasi terkait hal tersebut. Untuk selengkapnya ada di halaman selanjutnya. (ang/ang)

Korsel Janji Bantu AS dan Korea Utara Melanjutkan Perundingan yang Tertunda

Liputan6.com, Seoul – Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan bahwa negaranya akan bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara, untuk membantu mengatasi pembicaraan mereka yang macet.

KTT kedua antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un gagal meraih kesepakatan pada Kamis 28 Februari 2019, karena kedua belah pihak memberikan laporan berbeda tentang apa yang terjadi.

“Saya percaya ini adalah bagian dari proses untuk mencapai tingkat kesepakatan yang lebih tinggi. Sekarang peran kami menjadi lebih penting,” kata Moon dalam pidatonya saat memperingati hari libur nasional Korsel, demikian dikutip dari Channel News Asia pada Jumat (1/3/2019).

“Pemerintahan saya akan berkomunikasi erat dan bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Korea Utara untuk membantu pembicaraan mereka mencapai penyelesaian penuh dengan cara apa pun,” katanya.

Moon juga mengatakan Korea Selatan akan berkonsultasi dengan AS tentang cara untuk membangkitkan sektor pariwisata di Gunung Kumgang, dan pengoperasian kompleks industri Kaesong, keduanya di Korea Utara.

Korea Selatan menghentikan sementara operasi di pabrik yang dikelola bersama di Kaesong setelah peluncuran roket jarak jauh oleh Pyongyang pada 2016, di mana hal tersebut memotong sumber pendapatan penting bagi Korea Utara yang miskin.

Di lain pihak, Kim Jong-un juga menekankan perlunya meningkatkan pariwisata sebagai bagian dari upayanya untuk mengembangkan ekonomi negara Korea Utara.

Pyongyang mendapat US$ 30 juta (setara Rp 424 miliar) per tahun dari tur Gunung Kumgang antara 1998-2008 sebelum ditangguhkan, lapor kementerian unifikasi Korea Selatan memperkirakan.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Keterkaitan Hubungan Korsel-Jepang

Sementara itu, Moon Jae-in juga mengatakan bahwa penting untuk turut memperkuat kerja sama antara Korea Selatan dan Jepang, demi mencapai perdamaian di Semenanjung Korea.

“Ketika rasa sakit para korban (invasi Jepang) secara substansial disembuhkan melalui upaya bersama, Korea dan Jepang akan menjadi teman sejati dengan pengertian dari hati ke hati,” kata Moon, tanpa memberikan rincian.

Hubungan antara Korea Selatan dan Jepang telah memburuk sejak tahun lalu, ketika Seoul menuntut penyelesaian kompensasi dana dari Tokyo pada para wanita yang dipaksa bekerja di rumah bordil pada masa Perang Dunia II.

Pengadilan tinggi Korea Selatan juga memerintahkan perusahaan-perusahaan Jepang untuk memberikan kompensasi kepada warga Negeri Ginseng atas kerja paksa mereka selama invasi Negeri Sakura ke Semenanjung Korea.

BMKG Prediksi Hujan Disertai Petir Guyur Jakarta Utara Hari ini

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Jakarta Utara akan diguyur hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang hari ini. BMKG meminta masyarakat tetap waspada.

“Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta utara antara malam dan menjelang dini hari,” tulis BMKG dalam situs resminya, Sabtu (2/3/2019).

BMKG memperkirakan seluruh wilayah di DKI akan berawan pada pagi hingga malam hari. Namun, untuk wilayah Jakarta Timur diprediksi akan diguyur hujan pada malam hari.

Pada dini hari, enam wilayah di Ibu Kota diprediksi berawan.

Suhu di Jakarta diperkirakan berada di angka 25-29 derajat celcius. Sedangkan kelembaban udara yakni 80-90 persen.
(zak/dwia)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>