Keunggulan Utama realme 3, Dari Kamera Mode Nightscape Hingga Baterai AI 4.230 mAh

Liputan6.com, Jakarta Pasar smartphone Tanah Air segmen middle-low kembali bergairah. Perusahaan teknologi asal Tiongkok, realme, meluncurkan smartphone terbaru untuk kaum muda yang menginginkan ponsel berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.

Melanjutkan kesuksesan penjualan realme 2 yang meluncur di Indonesia pada 12 Maret 2018 lalu, perusahaan teknologi yang berdiri Mei 2018 lalu ini meluncurkan smartphone realme 3 di Indonesia pada 12 Maret 2019. Smartphone penuh gaya mengusung desain unik yaitu starry design dan gradient color serta ditenagai oleh prosesor MediaTeK Helio P60 AI lengkap dengan baterai 4.230 mAh dan mode pengambilan foto, Nightscape dan Chroma Boost.

Saat peluncuran realme 3 di Jakarta, Marketing Director of realme SEA, Josef Wang menyebut bahwa smartphone realme 3 menjadi senjata andalan realme membuka tahun 2019.

“Hingga saat ini, realme telah memiliki 5 juta pengguna di seluruh dunia dan realme 2 telah terjual habis kepada 15.000 konsumen di hanya dalam 10 menit melalui Lazada Indonesia pada saat penjualan perdananya. Realme 3 adalah bukti bagaimana kami terus meningkatkan kualitas dan desain secara komprehensif, membawa produk baru dan definisi ‘Power Meets Style’ kepada anak-anak muda di Indonesia, dan mengapa kami menjadi pilihan favorit mereka yang tak tergantikan di segmen harga kami,” tutur Josef Wang saat peluncuran realme 3 di Jakarta.

Apa saja keunggulan utama dari smartphone realme 3 yang memiliki dua varian warna Dynamic Black dan Radiant Blue ini? Berikut penjelasannya!

1.       3D Unibody Design dengan warna bergradasi

Untuk memberikan pengalaman produk yang unik dan meningkatkan kenyamanan saat digenggam, realme 3 mengadopsi desain 3D Gradient Unibody Design yang mampu membawa standar tertinggi di antara seri realme dalam hal pengalaman sentuhan dan visual.

Realme 3 Dynamic Black dapat memberikan efek gradasi warna yang indah antara ungu, biru dan hitam ketika diamati dari sudut yang berbeda, sedangkan Radiant Blue memberikan efek pergantian warna yang berkilau dan elegan.

2.       Kamera AI Scenes Recognition

Realme 3 hadir dengan kamera belakang ganda dengan konfigurasi 13MP pada lensa kamera utama dan 2MP pada lensa kamera sekunder dengan ukuran piksel tunggal 1.12um. Kombinasi aperture f / 1.8 dan lensa 5P merupakan peningkatan dalam hal resolusi, toleransi, dan presentasi warna.

Realme 3 dilengkapi dengan AI scenes recognition, kamera pada realme 3 dapat mengenali 16 independent scenes dan 100 kombinasi scenes untuk secara otomatis memilih pengaturan pencahayaan terbaik sehingga mendapatkan dynamic range dan contrast ratio yang lebih baik. Mode pemotretan juga disesuaikan untuk menghadirkan persepsi gambar keseluruhan yang lebih baik.

Selain itu, realme 3 juga mendukung perekaman video slo-mo 90fps / 720P, cara yang menyenangkan untuk merekam momen indah dalam hidup penggunanya. Kemampuan pemotretan realme 3 semakin berkualitas profesional berkat kinerja kamera yang dilengkapi dengan mode Nightscape, Chroma Boost dan aperture besar f/1.8.

Realme 3 adalah smartphone pertama di kelasnya yang memiliki mode Nightscape. Sementara mode Chroma Boost hadir untuk memenuhi kebutuhan anak-anak muda yang menginginkan efek gambar, warna dan detail yang lebih baik saat memotret.

Kamera depan realme 3 sendiri telah ditingkatkan dengan resolusi 13MP, kombinasi lensa 5P ber-aperture f / 2.0, ukuran sensor menjadi 1/3 inci, dan ukuran piksel tunggal menjadi 1,12um. Kamera depan dilengkapi dengan mode AI Beauty 2.0 yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan efek beauty sesuai preferensi mereka dengan detail warna kulit, mata, dan rambut yang ditingkatkan secara akurat melalui 296 titik identifikasi wajah.

3.       Performa yang kuat

Dalam hal performa, realme 3 dilengkapi dengan prosesor MediaTek Helio P60 sebagai sumber kekuatannya. MediaTek P60 membawa teknologi proses FinFET 12nm terbaru dari TSMC yang menawarkan 15% konsumsi daya lebih hemat dibandingkan dengan proses 14nm sebelumnya dan dapat menyaingi kekuatan chip 10nm. Pada saat yang sama, Helio P60 membawa multi-threaded APU (AI Processing Unit), yang termasuk multi-core processors dan smart control logic processors.

4.       Baterai 4230 mAh

Realme 3 hadir dengan baterai berkapasitas 4230mAh yang dapat bertahan lebih lama melalui optimasi perangkat lunak yang lebih cerdas. Ketahanan baterai realme 3 jauh lebih unggul dari smartphone lainnya dalam kisaran harga yang sama.

Daya tahan baterainya yang panjang memungkinkan pengguna untuk lebih lama menggunakan telepon saat menjalankan aplikasi dan game yang berat. Mode Screen Battery Optimization menyediakan mode balance dan mode strong bagi pengguna yang ingin memperpanjang masa pakai baterai masing-masing sebesar 5% dan 10%.

5.       ColorOS 6.0 dengan Android 9.0 Pie

Realme 3 mengadopsi filosofi desain tanpa batas dan menggunakan ruang kosong untuk mengganti garis pemisah demi mengurangi rasa pemisahan visual dan menghadirkan antarmuka yang lebih simpel. 

ColorOS 6.0 terbaru akan memungkinkan pengguna merasakan fitur-fitur Stock Android Experience, Localization Optimization dan Game Space. Game Space akan membantu pengguna dalam manajemen game. Setiap kali aplikasi game baru diinstal secara otomatis akan masuk ke Game Space. Game Space menyediakan fungsi optimasi game seperti performance mode, do-not-disturb mode dan brightness lock.

Tak kalah canggih, realme 3 juga dilengkapi teknologi Hyper Boost yang dapat meningkatkan lebih banyak performanya untuk memainkan game yang berat.

Memaksimalkan layanan kepada anak muda di Indonesia, realme juga akan meluncurkan toko offline global untuk pertama kalinya di Indonesia dalam waktu dekat. 

Untuk informasi lebih lanjut dan melakukan pemesanan online realme 3, pelanggan dapat mengunjungi: https://www.lazada.co.id/shop/realme-official-store

(Adv)

Arsenal vs MU: Pilar-Pilar Utama Kembali Perkuat Setan Merah

Liputan6.com, London – Kabar baik menghampiri skuat Manchester united (MU). Jelang laga Big Match di kandang Arsenal, Stadion Emirates, malam ini, beberapa pemain utama Setan Merah sudah kembali berlatih hari Jumat kemarin.

Anthony Marthial, Nemanja Matic, Ander Herrera dan Jese Lingard sudah bergabung dengan tim. Mereka sudah terlihat kembali berlatih sejak Jumat kemarin. Namun unutk Lingard masih diragukan akan tampil pada laga melawan Arsenal nanti.

Beberapa pemain itu sebelumnya dibekap cedera saat pertandingan melawan Liverpool, bulan lalu. Mereka juga melewatkan laga MU melawan leg kedua Liga Champions melawan PSG tengah pekan kemarin.

Meski tanpa pemain intinya, pelatih MU, Ole Gunnar Solksjaer berhasil memberikan mimpi buruk kepada tuan rumah. Mereka berhasil mengalahkan PSG dengan skor 1-3, alhasil mereka pun lolos kebabak perempat final usai unggul efektivitas gol.

Dengan modal tersebut, MU percaya diri menjelang bertandang ke markas Arsenal. Ditambah pemain inti mereka sudah kembali pulih.

Warga Pesisir Kepri Tuntut Trayek Bus ke Pulau Utama

Liputan6.com, Batam – Warga pesisir yang tinggal di pulau-pulau penyangga berharap Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau membuka trayek bus menuju pulau utama, yang dihubungkan dengan rangkaian enam jembatan Barelang.

“Kami berharap ada bus langsung dari Sembulang (Pulau Galang) ke Jodoh,” kata warga Sembulang, Gunawan dalam Musrenbang tingkat Kecamatan Galang di Pulau Galang, Kota Batam, Sabtu 2 Maret 2019.

Saat ini, baru terdapat Bus Trans Batam yang melayani trayek Sembulang-Tembesi, juga melalui enam rangkaian jembatan penghubung antar pulau. Menurut dia, itu belum cukup, karena banyak masyarakat pulau yang ingin bepergian ke pusat kota, Jodoh.

“Kami juga ingin merasakan bus ber-AC,” kata dia.

Di tempat yang sama, anggota DPRD Kota Batam, Suardi Taherek mendukung keinginan warga untuk pengadaan bus baru yang melayani masyarakat pulau penyangga ke pulau utama, melalui jembatan penghubung antar pulau.

Ia berharap pemerintah mengalokasikan bantuan bus yang diterima dari Kementerian Perhubungan tahun lalu, untuk melayani trayek Sembulang-Jodoh.

“Kemarin ada tambahan bus 10 unit. Kami berharap dua sampai tiga unit untuk warga masyarakat, tanda pemerintah memperhatikan ‘hinterland’,” kata dia.

Selain membuka trayek baru, ia berharap pemerintah juga mengganti bus yang kini melayani masyarakat Pulau Sembulang.

Menurut dia, bus yang kini melayani transportasi masyarakat pulau penyangga sudah tidak layak pakai, dan membahayakan jika dipaksa mengantar warga.

“Karena bus yang ada sekarang tidak layak pakai. Saya sudah berulang kali sidak, itu bahaya. Dari pada masyarakat kami menjadi korban,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi belum bisa menjawab permintaan warga.

Ia mengatakan pemerintah telah memberikan bantuan kapal berkapasitas 40 orang untuk melayani transportasi masyarakat antarpulau. “Tahun ini ada hibah kapal,” kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

4 Faktor Ini Disinyalir Jadi Penyebab Utama Anda Punya Uban di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta – Uban dianggap sebagai hal yang sangat tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Maklum saja, uban biasanya dimiliki oleh orang berusia lanjut.

Namun, sebenarnya uban tidak jarang juga ditemukan pada orang-orang berusia muda seperti di bawah usia 30 tahun.

Lalu apa penyebabnya?

Sejumlah peneliti ada yang telah menemukan penyebabnya. Namun, tak semua sepakat. Ada perbedaan dari tiap penelitian mereka.

Namun, sebagian besar dari mereka menyebut faktor penyebab munculnya uban di usia muda terbagi menjadi empat hal. Berikut selengkapnya seperti dikutip dari laman powerofpositivity.com, Minggu (3/2/2019):


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Stres Kronis

Meskipun ada sedikit perdebatan tentang ini, beberapa penelitian telah mengungkap korelasi antara stres dan rambut beruban.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ahli biologi seluler di New York University dan diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, para peneliti mengamati pengurangan folikel rambut melalui pengurangan sel induk pada tubuh yang stres.

3 dari 5 halaman

2. Defisiensi Vitamin

Seperti yang diketahui, kekurangan vitamin B12 dapat mempercepat pertumbuhan uban. Bagi mereka yang vegetarian atau vegan, dikatakan rentan dengan ini.

Sebab, pembatasan konsumsi daging berisiko membuat seseorang tumbuh uban di usia muda.

Individu yang menggunakan pil KB, dan mereka yang memiliki masalah pencernaan atau pencernaan juga berisiko lebih tinggi mengalami uban prematur.

4 dari 5 halaman

3. Kondisi Medis

Penyakit autoimun secara efektif menyerang sel-sel di dalam tubuh, dan ini termasuk folikel rambut, yang memungkinkan terjadinya uban prematur. Ada juga penyebab medis lainnya.

“Kekurangan vitamin B-12 atau masalah dengan kelenjar hipofisis atau tiroid bisa menyebabkan penuaan dini, termasuk pertumbuhan uban.”

5 dari 5 halaman

4. Uban menggantikan rambut rontok

Kerontokan pada rambut adalah hal lumrah, tetapi jika tubuh Anda kekurangan asupan yang berkaitan dengan penumbuhan pigmen, rambut akan tumbuh sebagai uban.

Gaya hidup juga mempengaruhi. Merokok misalnya dapat sangat mempengaruhi kulit dan rambut.

Cari Pelapis Ter-Stegen, Barcelona Bidik Kiper Utama Ajax

Liputan6.com, Barcelona – Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana dikabarkan sedang didekati oleh Barcelona. Hal itu disampaikan agennya, Albert Botine akhir pekan ini.

Onana disebut sebagai salah satu penjaga gawang dengan prospek yang cerah di pentas Eropa. Maklum, meski usianya baru menginjak 22 tahun, dia sudah jadi pilihan utama di bawah mistar gawang Ajax.

Onana bahkan sudah cukup lama menjadi andalan di Ajax. Penjaga gawang asal Kamerun menjadi andalan Ajax sejak musim 2016/17 yang lalu. Onana tampil solid dan jadi tembok terakhir di pertahanan Ajax.

“Ya, benar. Tidak dirahasiakan lagi bahwa ada sebuah ketertarikan dari Barcelona,” ucap agen Onana, Albert Botine, dikutip dari Football Espana.

Onana sendiri bukan sosok yang asing bagi Barcelona. Pasalnya, pemain asal Kamerun tersebut pernah menjadi bagian dari La Masia. Dia bergabung dengan La Masia pada tahun 2010 silam, sebelum pindah ke akademi Ajax.

Selain merasakan persaingan di pentas Eropa, Onana lebih dulu digembleng di Samuel Eto’o Academy. Dari situ dia kemudian mendapatkan akses untuk masuk La Masia.

2 dari 2 halaman

Lepas Cillessen

Barcelona saat ini sudah punya dua penjaga gawang utama yakni Marc-Andre Ter Stegen dan Jesper Cillessen. Andre Onana tentu saja diproyeksikan untuk menggantikan salah satu dari dua pemain tersebut.

Opsi yang dimunculkan, dikutip dari Marca, Onana akan dijadikan pengganti bagi Cillessen. Barca akan membayar 20 juta euro kepada Ajax untuk membeli Onana. Sang pemain sendiri masih punya kontrak dengan Ajax hingga 2021.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Petarung Indonesia Buka Duel Utama ONE Championship: Reign of Valor

Liputan6.com, Jakarta – ONE Championship kembali menggelar ajang seru, ONE: Reign of Valor yang akan mementaskan 14 duel menegangkan. Ajang ini akan digelar di Yangoon, Myanmar, 8 Maret 2019.

Di ajang ini, akan tampil juga petarung Indonesia: Yohan “The Ice Man” Mulia Legowo menghadapi wakil Myanmar, Phoe “Bushido” Thaw. Kedua petarung ini akan tampil mendahului pertandingan utama malam itu, antara Zebaztian “The Bandit” Kadestam vs Georgiy “Knight” Kichigin.

Yohan Mulia sendiri mengaku tidak menyangka ia akan membuka pertandingan utama ONE Championship: Reign of Valor. Ia menyebut pertandingannya melawan Phoe sudah dijadwalkan sebelumnya, tetapi tidak menyadari akan tampil dalam kartu utama malam itu.

Terkait dengan hal itu, Yohan berusaha meningkatkan intensitas latihan demi kemenangan di ajang ONE Championship ini. Ia juga sempat menganalisa kemampuan Phoe, yang menurutnya memiliki keunggulan tinggi dan berat badan.

“Keunggulan saya dari dia nampaknya dalam kemampuan berduel di ground. Dia memang punya basic kickboxing dan postur tubuh lebih tinggi dari saya, jadi jangkauannya lebih bagus,” kata Yohan.

Dia menambahkan, “Saya harus dapat mencari timing yang tepat. Kalau saya asal tabrak, akan berbahaya karena ia dapat melancarkan gerakan sikut atau lutut.”

2 dari 3 halaman

Perebutan Gelar Juara Dunia

Dalam pertandingan utama malam itu, Zebaztian akan berusaha mempertahankan gelar ONE Welterweight World Champion untuk pertama kalinya. Saat ini, “The Bandit” sedang memiliki momentum yang baik setelah keberhasilannya memenangkan sabuk emas tahun lalu.

Lawannya, Georgiy, merupakan juara dari FNG Welterweight dan belum pernah terkalahkan sejak tahun 2014. Ia memiliki rekor 14 kali kemenangan beruntun yang menjadikannya salah satu petarung paling berbahaya di dunia.

Baik “Knight” dan Zebaztian memiliki rekor penyelesaian diatas 90 persen dalam total karir mereka.

3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan ONE: Reign of Valor

Alain Ngalani VS Mauro Cerilli (mixed martial arts – heavyweight)

Yoshitaka Naito VS Rene Catalan (mixed martial arts – strawweight)

Toni Tauru VS Gary Mangat (mixed martial arts – flyweight)

Kenta Yamada VS Petchmorrakot Petchyndee Academy (mixed martial arts – featherweight)

Liam Nolan VS Enriko Kehl (mixed martial arts – featherweight)

Andrei Stoica VS Tarik Khbabez (ONE Super Series Muay Thai – lightheavyweight)

Lin Heqin VS Jomary Torres (mixed martial arts – women’s atomweight)

Chen Rui VS Roman Alvarez (mixed martial arts – bantamweight)

Yuta Watanabe VS Rui Botelho (ONE Super Series Muay Thai – flyweight)

Momotaro VS Kenny Tse (mixed martial arts)

Gara-gara Nomor KTP Direktur Chen Tertukar

Chen pun akhirnya dipaksa sore hari itu juga harus datang ke Kantor Disnakertrans. Dia akhirnya datang membawa dokumen-dokumen ketenagakerjaan ditemani seorang warga negara China bernama A Wei. A Wei sudah lama di Indonesia dan menetap di Surabaya, Jawa Timur. Ia juga memiliki peternakan ayam petelur di Cianjur dengan bendera perusahaan PT Saudara Makmur.

Rupanya, setelah dicek, IMTA yang dimiliki Chen berlaku di perusahaan A Wei. Di PT Saudara Makmur itu pula, Chen punya jabatan sebagai direktur keuangan. “Iya benar, Pak, dia direktur keuangan saya,” kata A Wei seperti ditirukan Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Cianjur, Ricky Ardi Hikmat, saat pertemuan di kantor Disnakertrans, itu.

Yang mengejutkan juga, saat Chen menyerahkan akta perusahaan peternakan di Cibokor, Chen bukanlah tenaga kerja, melainkan pemilik peternakan. Jabatannya direktur utama  PT Indah Tunggal Alami, yang membuka peternakan itu sejak 2017. Di bawah Chen, ada beberapa direktur yang semuanya warga negara China. Chen pemilik saham mayoritas di perusahaan tersebut.

“Ternyata dia itu direktur utama sekaligus pemegang saham. Dia sih pegang IMTA, tapi bukan di posisi perusahaan yang sedang kita lakukan pembinaan. Jadi dia itu menunjukkan IMTA, tapi IMTA di perusahaan lain (PT Saudara Makmur). Sama, peternakan juga, tapi beda perusahaan,” ujar Ricky.

Dari hasil pemeriksaan, kata Ricky, dokumen berupa IMTA itu tidak ada masalah karena semua dokumen sesuai dengan yang dipersyaratkan. IMTA milik Chen juga masih berlaku. Hanya sempat terjadi miskomunikasi saja lantaran Chen tidak lancar Bahasa Indonesia sehingga dilakukan klarifikasi. “Makanya kita bingung kok yang ramai malah urusan e-KTP. Dan banyak yang mempertanyakan soal e-KTP Chen ke kami,” jelas Ricky.

Warganet memang ramai mengecek NIK e-KTP milik Chen di sistem Komisi Pemilihan Umum. Nah, ternyata NIK tersebut muncul atas nama Bahar, warga Kelurahan Sayang, Cianjur. Bahar, 47 tahun, yang kesehariannya berdagang bakso keliling, pun bingung namanya muncul di aplikasi KPU dengan NIK milik WNA. “Saya tinggal di sini sejak 1996, tidak ada masalah soal NIK. Baru kali ini saja ada perbedaan. Baru tahu setelah dikabari ketua RT pagi tadi,” begitu kata Bahar, Selasa, 26 Februari 2019.

Bahar bilang selama ini tak ada kendala dalam partisipasi pencoblosan pemilu. Namun, untuk tahun ini, dia sedikit heran karena mendadak NIK-nya berubah di DPT. “Katanya jadi nama China, ya, saya nggak tahu apa-apa. Sebelumnya, nyoblos Pilgub (Jawa Barat) juga nggak ada masalah. Baru kali ini saja tiba-tiba ramai, katanya NIK-nya dipakai orang asing,” ujar Bahar.

Bank Mandiri Guyur Promo Menarik di Japan Travel Fair 2019

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, sebagai mitra resmi pendukung jalannya Japan Travel Fair 2019, persiapkan penawaran menarik bagi nasabah yang akan berlibur ke Jepang.

Hal ini dilakukan karena Jepang masih menjadi destinasi favorit bagi nasabah Bank Mandiri. Vira Widiyasari, Senior Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri mengatakan, Bank Mandiri senantiasa memberikan penawaran menarik bagi nasabah yang bermimpi jalan-jalan ke Jepang.

“Jumlah transaksi kartu Mandiri di Jepang itu capai 37 persen pada tahun 2018. Karena banyak penggunanya, kami memutuskan untuk memberikan promo dan diskon kepada nasabah yang bermimpi berlibur ke Jepang,” ungkapnya di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Ada banyak keuntungan menggunakan kartu kredit maupun kartu debit Bank Mandiri di pameran Japan Travel Fair 2019, di antaranya tiket dengan harga spesial dengan cashback hingga Rp 5 juta, program #spend&get hingga Rp 2 juta dan tiket Ed Sheeran.

Selain itu, cicilan 0 persen hingga 20 bulan, diskon hingga 50 persen dengan fiestapoin, Lelang Fiestapoin dengan Tiket PP ke Jepang dan masih banyak yang lainnya.

Japan Travel Fair 2019 ini diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka dan mulai dibuka hari ini dan berakhir pada 3 Maret 2019.

2 dari 2 halaman

Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 820 Triliun

Sebelumnya, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyalurkan kredit sebesar Rp 820,1 triliun sepanjang 2018. Jumlah tersebut tumbuh 12,4 persen dari tahun sebelumnya.

Direktur Keuangan Bank Mandiri, Panji Irawan mengatakan, dari capaian itu, pembiayaan produktif perseroan tercatat sebesar Rp 558,7 triliun atau 77,71 persen dari portofolio.

“Kinerja ini pun kemudian berdampak pada kenaikan nilai aset konsolidasi perseroan menjadi Rp 1.202,3 triliun pada akhir tahun lalu,” kata Panji dalam acara paparan publik laporan keuangan, di Gedung Plaza Mandiri, Jakarta, Senin 28 Januari 2019.

Panji menambahkan, peningkatan kredit produktif tercermin dari penyaluran kredit modal kerja (bank only) yang tumbuh 9,58 persen yoy menjadi Rp 334,12 triliun dan kredit investasi  yang mencapai Rp 224,6 triliun, naik 11,69 persen yoy.

“Pertumbuhan kredit tersebut terutama didorong oleh dua segmen utama, yakni Corporate dan Retail, terutama kredit micro dan consumer,” ujar dia.

Dia mengungkapkan pada 2018, pembiayaan segmen korporasi Bank Mandiri mencapai Rp 325,8 triliun, naik 23,3 persen yoy. 

“Khusus ke sektor infrastruktur, Bank Mandiri membukukan kenaikan pembiayaan (baki debet) yang signifikan sebesar 29,3 persen secara yoy menjadi Rp 182,3 triliun, atau 63,9 persen dari total komitmen Rp 285,4 triliun yang telah diberikan,” ungkapnya.

Dari realisasi itu, penyaluran sektor transportasi tercatat sebesar Rp 39,5 triliun, migas dan energi terbarukan Rp 36,6 triliun, tenaga listrik Rp 34,0 triliun, konstruksi Rp 20,9 triliun, jalan Rp 15,9 triliun, telematika Rp 14,7 triliun, perumahan rakyat & fasilitas kota Rp 10,0 triliun, dan infrastruktur lainnya sebesar Rp 10,8 triliun. 

Sementara itu, kredit segmen retail perseroan tumbuh 10,52 persen yoy menjadi Rp 246,6 triliun. Khusus segmen mikro, perseroan telah memberikan kredit senilai Rp102,4 triliun, tumbuh 23,0 persen dari tahun sebelumnya.

“Adapun kredit konsumer yang disalurkan Bank Mandiri pada tahun lalu mencapai Rp 87,4 triliun, atau tumbuh 11,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar dia.  

Sebagai realisasi komitmen pada tujuan pemerataan pembangunan, sepanjang 2018 Bank Mandiri telah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 17,58 triliun, atau mencapai 100,11 persen dari target. 

“Secara kumulatif, hingga Desember 2018, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 65,91 triliun kepada lebih dari 1,25 juta debitur yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank Mandiri berkeinginan untuk menumbuhkan bisnis perseroan secara berkesinambungan dengan memperkuat struktur pendanaan melalui peningkatan dana murah, menjaga pertumbuhan biaya operasional serta penyaluran kredit yang lebih prudent baik di segmen Wholesale dan Retail,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Mulai Musim Panen, Harga Beras Turun

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perkembangan harga gabah dan beras. Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani turun 4,46 persen sedangkan harga beras medium di penggilingan turun 1,04 persen.

Selama Februari 2019, rata-rata harga GKP di tingkat petani Rp 5.114 per kg sedangkan untuk beras, harga rata-rata di tingkat penggilingan Rp 10.008 per kg, semua turun dibanding bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti berkata, penurunan ini terjadi karena biasanya petani mengalami puncak panen pada bulan Maret.

“Biasanya Januari itu belum panen. Februari sudah mulai, puncaknya di Maret dan April. Itu transisinya begitu. Makanya nanti bulan depan mungkin naik lagi,” ungkap Yunita di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2019).

Penurunan harga gabah dan beras menjadi andil dalam penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) secara nasional. Tercatat NTP turun sebesar 0,37 persen menjadi 102,94 dibanding bulan sebelumnya.

Penurunan ini dipengaruhi oleh 2 dari 5 subsektor pertanian yang juga alami penurunan NTP, yaitu Subsektor Tanaman Pangan (0,80 persen) dan Subsektor Tanaman Hortikultura (1,47 persen).

2 dari 3 halaman

Indonesia Kembali Lakukan Penjajakan Ekspor Beras Ke Malaysia

Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Bulog kembali jajaki peluang ekspor beras ke Malaysia. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP),Kementan, Agung Hendriadi bersama Judith J Dipodiputro, Direktur Komersil Perum BULOG dan KBRI Kuala Lumpur saat melakukan pertemuan dengan BERNAS, Kamis (21-2-2019) di Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kuala Lumpur ini, Agung diterima oleh CEO BERNAS, Ismail Mohamed Yusoff dan Chairman BERNAS, Megat Joha yang didampingi pejabat tinggi BERNAS.


BERNAS merupakan satu-satunya institusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah Malaysia untuk menangani import beras ke Malaysia. Ismail Mohamed Yusoff menyatakan market share beras di Malaysia sebesar 60% dipenuhi dari produksi domestik dan 40% dari impor.

Melalui pertemuan ini, BERNAS menyetujui untuk melakukan kerjasama dengan Perum BULOG untuk impor beras dari Indonesia. Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat BERNAS akan melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan identifikasi, observasi dan pembahasan lebih lanjut dengan BULOG terkait rencana eksport ke Malaysia. Mendengar respon dari BERNAS, Agung dan rombongan merasa senang dan optimis ekspor beras dari Indonesia ke Malaysia bisa dilakukan.

“Sehubungan adanya peluang kerjasama ekspor beras ke Malaysia, Perum Bulog diharapkan perlu lebih proaktif dalam melakukan round table meeting antara distributor ke dua belah pihak, sehingga ekspor bisa segera direalisasikan,” ujar Agung.

Sebelumnya dalam rapat kerja jajaran Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR RI (21/1/2019) dan BULOG, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan bahwa Bulog menargetkan ekspor beras ke sejumlah negara tetangga pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Target ini diprediksi akan berlangsung seusai panen raya pada pertengahan bulan April hingga akhir Mei 2019.

“Makanya kita targetkan bulan januari sampai april itu kita akan menyerap 1,8 juta ton beras dari petani. Kalau ditambah dengan sisa beras kita hasilnya bisa lebih dari 4 juta ton, kan kita masih punya sisa 2,1 juta,” kata Buwas saat menghadiri Rapat Kerja Menteri Pertanian Dengan Komisi IV DPR RI di Komplek Parlemen, beberapa waktu lalu (21/1).

Beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga telah berhasil meyakinkan negara Malaysia dan Brunai untuk memasok padi adan sebagai bahan kebutuhan mereka. Ekspor ke dua negara ini jumlahnya bahkan mencapai puluhan ton. Setiap kali panen, tak kurang dari 10 ton beras adan secara periodik selalu di expor ke Negara Malaysia dan Brunei.

Padi Adan merupakan salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasan Krayan Kalimantan Utara dan merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat yang bermukim di daratan tinggi Borneo, khususnya di Krayan yang masuk Kabupaten Nunukan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: