Ketahui 5 Fakta Menarik tentang Shio

Liputan6.com, Jakarta – Serupa, tapi tak sama. Jika zodiak dilihat dari bulan lahir, shio ditentukan berdasarkan tahun kelahiran. Keduanya dipercaya sebagai tonggak untuk memprediksi keberuntungan atau sebaliknya dari berbagai sisi. Supaya lebih tahu tentang shio, langsung simak deretan faktanya shio berikut seperti dilansir dari Pop Sugar, Jumat, 15 Februari 2019.

12 shio akan terus berulang

Anda dapat menentukan shio dengan menghitung mundur dan diulang. Misal, Anda lahir pada 2017, jadi yang lahir pada 12 tahun sebelumnya seperti 2005, 1993, 1981, 1969 dan seterusnya memiliki shio seperti Anda, yakni shio ayam.

Shio punya elemen untuk melengkapinya

Setiap tahun punya satu dari empat elemen yang sesuai dengan keyakinan. Empat elemen tersebut adalah air, kayu, api, dan emas. Seperti tahun babi dengan elemen tanah pada tahun ini.

Shio tidak dihitung dari tanggal 1 Januari, melainkan saat Imlek

Perhitungan tahun cina mengikuti kalendar lunar dan biasanya dimulai pada akhir Januari atau awal Februari. Hal ini akan memengaruhi penentuan shio.

Yin dan Yang memengaruhi shio

Yin adalah genap dan Yang adalah ganjil. Berdasarkan urutan shio, Anda dapat menentukan apakah aura pada shio Anda Yin atau Yang. Seperti tikus (satu), sapi (dua), macan (tiga), kelinci (empat), naga (lima), ular (enam), kuda (tujuh), kambing (delapan), monyet (sembilan), ayam (10), anjing (11), dan babi (12).

Yin berhubungan dengan kegelapan dan negatif, sementara Yang berkaitan dengan cahaya, positif, dan matahari.

Memiliki shio tahun sekarang biasanya bernasib kurang beruntung

Biasanya, pemilik shio yang sama dengan tahun saat ini akan mendapat kesialan, baik itu dalam keuangan atau pekerjaan. Misal, bagi pemilik shio babi di tahun Babi Tanah sekarang, Anda dianjurkan untuk berhati-hati.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Jadwal Liga Spanyol Akhir Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta – Jadwal Liga Spanyol akan memasuki pekan ke-23 pada Sabtu (16/2/2019). Persaingan panas tentunya akan terjadi di papan atas antara, Barcelona dan Real Madrid.

Dalam jadwal Liga Spanyol, akhir pekan ini, Barcelona, yang memuncaki klasemen dengan 51 poin, akan menjamu Real Valladolid di Camp Nou Stadium. Barcelona butuh kemenangan untuk mengakhiri rentetan tiga hasil imbang.

Barcelona diprediksi meraih kemenangan mudah. Sebab, dari 33 pertemuan, Los Blaugrana mencatatkan 24 kemenangan atas Real Valladolid. Sisanya berakhir dengan lima asih imbang dan empat kekalahan dari tim yang saat ini berada di urutan ke-15.

Sementara itu, Real Madrid akan menghadapi tim papan bawah Liga Spanyol, Girona di Estadio Santiago Bernabeu. Dalam lima pertandingan terakhir melawan Girona, Real Madrid mencatatkan empat kemenangan.

Lihat jadwal Liga Spanyol di halaman selanjutnya.

2 dari 3 halaman

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu, 16 Februari 2019

03.00 WIB Eibar vs Levante

19.00 WIB Celta Vigo vs Levante

22.15 WIB Rayo Vallecano vs Atletico Madrid

Minggu, 17 Februari 2019

00.30 WIB Real Sociedad vs Leganes

02.45 WIB Barcelona vs Real Valladolid

18.00 WIB Real Madrid vs Girona

22.15 WIB Valencia vs Espanyol

3 dari 3 halaman

Jadwal Liga Spanyol

Senin, 18 Februari 2019

00.30 WIB Villarreal vs Sevilla

02.45 WIB Real Betis vs Deportivo Alaves

Selasa, 19 Februari 2019

03.00 WIB Huesca vs Athletic Bilbao

Saksikan video pilihan berikut ini:

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Gaya Ikonis Atta Halilintar yang Raih 10 Juta Subscriber Pertama di Asia Tenggara

Liputan6.com, Jakarta – Yang menjadi urutan pertana Top 3 Berita Hari Ini adalah tentang vlogger terkenal Atta Halilintar. Ia baru saja tercatat sebagai orang pertama dengan 10 juta subscriber YouTube di Asia Tenggara.

Namanya memang sudah dikenal luas di antaranya karena punya ciri khas tersendiri. Atta juga mempunyai beragam jenis usaha. Di semua unggahan foto di akun Instagram @attahalilintar, Atta terlihat selalu mengenakan headband.

Gaya khasnya ini ternyata merupakan salah satu aksesoris yang dijual dalam brand AHHA miliknya. Lelaki yang dijuluki King of YouTube ini tidak pernah absen menggunakan kacamata, khususnya hitam, di berbagai kesempatan. Lalu ada berita tentang presenter Yuanita Christiani yang baru saja bertunangan dengan menjalani prosesi sangjit.

Yuanita yang merupakan keturunan Tionghoa menjalankan prosesi sangjit sebagai bagian dari langkah menuju pernikahannya. Prosesi sangjit serupa dengan prosesi seserahan dalam adat Jawa.

Prosesi ini biasanya dilakukan setelah lamaran dan dilakukan di antara satu bulan hingga satu minggu sebelum tanggal pernikahan. Berita lainnya yang banyak diminati ternyata masih seputar Grammy Awards 2019.

Meski sudah digelar pada 11 Februari kemarin, ajang penghargaan paling bergengsi di dunia musik ini masih banyak jadi bahan pembicaraan. Misalnya saja penampilan para selebritas di karpet merah, Kylie Jenner termasuk artis yang gaya pakaiannya mendapat banyak pujian.

Busana serba pink yang dikenakan Kylie dirancang oleh Balmain dalam koleksi Spring/Summer 2019 Couture.  Penampilan Kylie pun semakin stunning dengan menggunakan ikat pinggang putih perak serta highheels berwarna pink.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Yuk, kita simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

6 Gaya Ikonis Atta Halilintar yang Raih 10 Juta Subscriber Pertama di Asia Tenggara

Siapa tidak kenal dengan Atta Halilintar? Pemilik nama lengkap Muhammad Attamimi Halilintar ini baru saja tercatat sebagai orang pertama dengan 10 juta subscriber YouTube di Asia Tenggara.

Aktif membuat video sejak 2 tahun silam, anggota keluarga Halilintar ini tak jarang menarik perhatian, termasuk lewat gaya khasnya. Dari sekian banyak yang ikonis, berikut beberapa di antaranya seperti dirangkumkan Liputan6.com.

Selanjutnya…

Mengenal Sangjit, Tradisi Pertunangan yang Baru Dilalui Yuanita Christiani

Hari pernikahan Yuanita Christiani makin mendekat. Pada 10 Februari 2019, presenter televisi ini baru saja menjalani prosesi sangjit bersama tunangannya. Yuanita tampil elegan dalam prosesi tersebut.

Gaun putih gading yang dikenakannya saat itu merupakan rancangan Soko Wiyanto. Desain gaun dan tatanan rambut yang dikenakan membuat Yuanita semakin mirip dengan putri Tiongkok.

Selanjutnya…

Penampilan Kylie Jenner dengan Busana Monokrom di Grammy Awards 2019

Sejumlah artis papan atas menghadiri perhelatan ajang Grammy Awards 2019, tak terkecuali Kylie Jenner. Ia hadir mendampingi Travis Scott pada acara penghargaan musik bergengsi tersebut.

Kylie mengenakan long-sleeved pink saat di red carpet. Dengan model bagian dada persilangan yang menggambarkan seperti Yeezy Barbie Doll dari The Breakfast Club.

Selanjutnya…

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sri Mulyani Ingin Industri Otomotif RI Masuk Peringkat 12 Dunia

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyederhanakan aturan ekspor kendaraan bermotor dalam keadaan utuh (completely built up/CBU). Penyederhanaan ini tertuang dalam peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-01/BC/2019 tentang Tata Laksana Ekspor Kendaraan Bermotor dalam Bentuk Jadi, yang ditetapkan dan sudah berlaku pada 1 Februari 2019.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap dengan adanya simplifikasi aturan ini maka ekspor kendaraan utuh Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara yang juga memproduksi kendaraan.

Dia menargetkan, industri kendaraan Indonesia mampu menempati urutan ke 12 di dunia.”Ini akan menunjang keinginan Presiden agar jadi Indonesia pengekspor mobil terbesar di dunia. Kita berharap masuk ke ranking 12,” ujar Sri Mulyani di Kantor PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Sri Mulyani mengatakan, tahun lalu ekspor kendaraan utuh Indonesia mencatatkan kinerja yang cukup baik. Per harinya, Direktorat Bea dan Cukai mendata, sebanyak 297.000 kendaraan telah di ekspor ke berbagai negara sepanjang 2018.

“Kata Ditjen Bea Cukai dalam 1 bulan ada 25 kali ekspor. Laporan total ekspor kita tahun lalu lebih dari 297.000 kendaraan. Atau proprosinya seluruh biaya ekspor kita itu 64 persen dibandingkan impornya yang menurun 40 persen,” jelasnya.


Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, tren ekspor dan impor kendaraan bermotor Indonesia menunjukkan angka yang membaik dalam lima tahun terakhir. Pada 2014, ekspor tercatat sebesar 51,57 persen dan impor sebesar 48,43 persen.

Pada 2015, ekspor mencapai 55,40 persen dan impor sebesar 44,60 persen. Selanjutnya, pada 2016 ekspor sebesar 61,40 persen dan impor sebesar 38,60 persen. Pada 2017, ekspor tercatat sebesar 53,16 persen dan impor sebesar 46,84 persen.

Survei Caleg DKI-1: Imam Nahrawi-Eko Patrio-Habiburokhman Masuk DPR

Jakarta – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil surveinya tentang tingkat pengenalan calon anggota DPR di daerah pemilihan DKI Jakarta 1. Hasilnya, Imam Nahrawi menjadi caleg yang paling banyak dikenal.

“Jadi di DKI 1 yang paling dikenal, yang paling tinggi tingkat pengenalannya, itu ada Imam Nahrawi 51,8 persen. Kemudian nomor 2 ada Habiburokhman (31,7 persen),” kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Imam Nahrawi.Imam Nahrawi (Ari Saputra/detikcom)

Survei dilaksanakan pada 18-25 Januari 2019. Survei dilaksanakan dengan wawancara tatap muka kepada total 2.400 responden atau 800 responden di tiap dapil. Margin of error di tiap dapil kurang-lebih 3,4 persen. Survei dilakukan di DKI Jakarta karena dianggap sebagai barometer nasional.
Selain tingkat pengenalan caleg, Charta Politika melakukan survei elektabilitas calon anggota DPR RI dari dapil DKI 1. Responden diberi pertanyaan ‘di antara nama-nama tokoh di bawah ini, siapakah yang Bapak/Ibu/Saudara pilih jika pemilihan umum legislatif dari dapil DKI Jakarta 1 dilaksanakan hari ini?’. Hasilnya, Imam Nahrawi masih menduduki posisi puncak.

“Jadi, begitu kita sebutkan beberapa nama, terutama urutan 1-2, kita sebutkan nama-nama caleg di dapil DKI 1, 15,1 persen yang akan memilih Imam Nahrawi. Kemudian Mas Eko (Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio) 3,8 persen. Mas Eko memang tingkat pengenalan hanya 20,2 persen. Begitu diuji, elektabilitasnya sangat signifikan, yaitu langsung naik 3,8 persen,” ungkap Muslimin.

Eko Patrio.Eko Patrio (Noel/detikFoto)

Responden juga diberi simulasi kertas suara. Di dapil DKI 1, pengaruh partai politik disebut lebih kuat karena banyak responden yang mencoblos gambar partai dibanding nama caleg.

“Kalau kita lihat dari beberapa nama memang nama-nama yang populer itu pada akhirnya cukup banyak yang kemudian orang mencoblos. Kemudian yang kedua, untuk khususnya di Gerindra dan PDIP, kalau kita lihat jauh lebih banyak yang mencoblos gambar partainya dibanding calegnya. Artinya adalah dapil 1 ini partai politiknya jauh lebih kuat dibanding caleg-calegnya, terutama di Gerindra dan PDIP,” jelasnya.

Untuk perolehan kursi, hasil survei Charta Politika menunjukkan akan ada beberapa partai yang kehilangan kursi dari DKI 1. Namun, ada juga partai yang justru menambah jumlah kursinya.

“Kursi itu akan hilang di dapil 1, kemudian PPP dan Demokrat kalau menggunakan simulasi yang sekarang. Walaupun kemudian Gerindra yang cukup signifikan karena dari 1 kursi di 2014, sekarang dari simulasi kita, Gerindra akan mendapatkan 2 kursi untuk di dapil 1,” tuturnya.

“Sisanya ada PKB, karena tadi didongkrak oleh suara Imam Nahrawi, kemudian Golkar masih bertahan dengan 1 kursi dan PDIP 1 kursi. Kemudian PKS juga hilang ya, walaupun sebenarnya masih ada sekitar 30 persenan yang tidak mencoblos kertas suara,” imbuh Muslimin.

Fenomena PKB, yang mendapatkan dongkrak suara dari Imam Nahrawi, disebut Muslimin juga terjadi di beberapa dapil. Selain itu, PKB diuntungkan karena memiliki nomor urut 1.

“Jadi peningkatan PKB cukup signifikan di survei kita karena tadi di beberapa survei kita coattail effect ya dapat karena ada Ma’ruf Amin yang tetap diasosiasikan PKB. Ada juga keberuntungan di PKB itu karena mereka nomor 1. Angka 1 cukup berpengaruh di beberapa level. Karena kita uji terbuka beberapa pemilih, tapi pas tertutup pada memilih PKB. Jadi ketika nomor 1 PKB dan calegnya nomor 1, itu punya potensi ternyata walaupun tidak populer,” papar Muslimin.

“Terutama bagi pemilih yang sampai bilik suara hanya memilih paslon 01 atau 02 saja, ketika dia membuka kertas besar, sudah pilih nomor 1 saja. Ketika tingkat pengetahuan masyarakat rendah terhadap caleg-caleg, maka bisa diuntungkan di situ,” ucapnya.

Berikut ini 10 besar tingkat pengenalan calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta 1:
Imam Nahrawi 51,8 persen
Habiburokhman 31,7 persen
Putra Nababan 26,7 persen
Wanda Hamidah 26,3 persen
Asril Hamzah Tanjung 24,4 persen
Chica Koeswoyo 23,7 persen
Bambang Atmanto Wiyogo 23,5 persen
M Yusuf Mujenih 22,9 persen
Mardani Ali Sera 22,7 persen
Sb. Wiryanti Sukamdanu 21,3 persen

Berikut ini 10 besar elektabilitas calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta 1:
Imam Nahrawi 15,1 persen
Habiburokhman 6,8 persen
Eko Hendro Purnomo 3,8 persen
Putra Nababan 3,6 persen
Bambang Atmanto Wiyogo 3,5 persen
M Yusuf Mujenih 3,5 persen
Chica Koeswoyo 3,3 persen
Wanda Hamidah 2,3 persen
Mardani Ali Sera 2,1 persen
Asril Hamzah Tanjung 2,0 persen

Berikut ini perolehan kursi partai politik dapil DKI Jakarta 1:
PKB 1 kursi
Gerindra 2 kursi
PDIP 1 kursi
Golkar 1 kursi
NasDem 0 kursi
Garuda 0 kursi
Berkarya 0 kursi
PKS 0 kursi
Perindo 0 kursi
PPP 0 kursi
PSI 0 kursi
PAN 1 kursi
Hanura 0 kursi
Demokrat 0 kursi
PBB 0 kursi
PKPI 0 kursi
(azr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

69 Tahun Berdiri, Bank BTN Salurkan Kredit Rp 523 Triliun

Liputan6.com, Jakarta – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk memperingati hari jadinya yang ke-69 tahun. Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan BTN telah menyalurkan kredit senilai Rp 523 triliun dalam kurun waktu 69 tahun tersebut. Kredit terbesar disalurkan di sektor perumahan.

“BTN sudah memberikan kontribusi positif kepada masyarakat khususnya di bidang perumahan. Banyak sekali yang sudah dilakukan, baik di pendahulu-dahulu kita, baik saat ini,” kata Maryono dalam acara Charity Funwalk, di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Dia mengungkapkan total kredit tersebut telah dinikmati oleh lebih dari 4,5 juta keluarga di seluruh Indonesia. “Di mana program memacu BTN untuk melakukan inovasi produk KPR dan skema kredit yang memudahkan masyarakat berpenghasilan rendah hingga milenial untuk memiliki rumah,” ujarnya.

Maryono mengungkapkan, sejak tahun 1974 hingga saat ini BTN sudah memberikan banyak kontribusi mengabdi pada negeri dengan cara membantu masyarakat untuk memiliki rumah.

“Tapi yang paling nyata dan paling tinggi, itu dengan program pemerintah 4 tahun ke belakang. Yaitu program 1 juta rumah. Kalau yang dulu sebelumnya programnya oke. Tapi jumlahnya tidak sebsar program 1 juta rumah,” ujarnya.

Selain itu, di ulang tahun ke 69 tahun ini, BTN berhasil mencatatkan aset perusahaan lebih dari Rp 300 triliun atau naik sekitar 17 persen dibandingkan pada tahun 2017 yang tercatat Rp 261,5 triliun.

Peningkatan aset Bank yang fokus pada kredit perumahan tersebut diiringi dengan pertumbuhan kredit yang positif, meski dalam kurun waktu lima tahun terakhir terjadi gejolak ekonomi global.

“Kinerja kita sudah mulai membaik. Aset kita 4 tahun lalu hanya masuk ke urutan 10, sekarang masuk ke 5 besar.”

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kalahkan Atletico Madrid, Real Madrid Buntuti Barcelona

Madrid – Real Madrid mengalahkan Atletico Madrid, 3-1, pada lanjutan pekan ke-23 La Liga Primera Division 2018-2019, di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (9/2/2019).

Real Madrid sudah membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-16. Dari situasi sepak pojok, Casemiro memanfaatkan kemelut di depan gawang Atletico Madrid melalui tendangan salto yang membobol gawang Jan Oblak.

Akan tetapi, keunggulan Real Madrid tidak bertahan lama. Sembilan menit kemudian, Atletico Madrid menyamakan skor lewat aksi Antoine Griezmann.

Setelah skor imbang 1-1, kedua tim silih berganti menyerang. Real Madrid mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran Jose Gimenez kepada Vinicius Junior.

Sergio Ramos yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol. Skor 2-1 untuk Real Madrid bertahan hingga pertandingan berakhir.

Pada babak kedua, Atletico Madrid melancarkan serangan demi menciptakan gol penyeimbang. Real Madrid lebih mengandalkan serangan balik.

Strategi Real Madrid terbukti lebih jitu. Pada menit ke-74, serangan balik El Real berujung aksi Gareth Bale yang tinggal berhadapan dengan Oblak. Tanpa kesulitan, Bale melepaskan tembakan mendatar yang bersarang di gawang tuan rumah.

Upaya Atletico Madrid memperkecil defisit gol semakin sulit. Pada menit ke-80, Los Colchoneros harus bermain dengan sepuluh pemain karena Thomas Partey menerima kartu kuning kedua. Skor pertandingan berakhir 3-1 untuk kemenangan Real Madrid.

Hasil ini membawa Real Madrid naik ke urutan kedua klasemen sementara La Liga dengan raihan 45 poin. El Real menyalip Atletico Madrid yang harus puas menduduki peringkat ketiga dengan selisih hanya satu poin.

Susunan pemain

Atletico Madrid: 13-Jan Oblak; 4-Santiago Arias, 24-Jose Gimenez, 2-Diego Godin, 21-Lucas Hernandez; 10-Angel Correa (14-Rodri 65), 5-Thomas Partey, 8-Saul Niguez, 11-Thomas Lemar (23-Vitolo 59); 22-Alvaro Morata (9-Nikola Kalinic 71), 7-Antoine Griezmann

Pelatih: Diego Simeone

Real Madrid: 25-Thibaut Courtois; 2-Dani Carvajal, 5-Raphael Varane, 4-Sergio Ramos, 23-Sergio Reguilon; 10-Luka Modric, 14-Casemiro, 8-Toni Kroos (24-Dani Ceballos 84); 17-Lucas Vazquez, 9-Karim Benzema (7-Mariano Diaz 89), 28-Vinicius Junior (11-Gareth Bale 57)

Pelatih: Santiago Solari

Wasit: Javier Estrada

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Hasil Liga Italia: Roma Akhirnya Menang

VeronaAS Roma akhirnya kembali ke jalur positif usai menjalani tiga pertandingan tanpa kemenangan. Bertandang ke Chievo dalam lanjutan Liga Italia, Roma menang 3-0.

Di Stadion Marc D’Antonio Bentegodi, Sabtu (9/2/2019) dinihari WIB, Roma memulai dengan menjanjikan setelah Stephan El Shaarawy menciptakan gol cepat di menit kesembilan. Edin Dzeko memperbesar keunggulan tim tamu untuk menandai babak pertama dengan kedudukan 2-0 atas Chievo.

Giallorossi melengkapi dominasinya dengan menciptakan gol ketiga di babak kedua. Adalah bek veteran Aleksandar Kolarov yang menyumbang gol terakhir tim tamu.

Berkat tiga tambahan angka, Roma menembus papan atas klasemen sementara. Il Lupi naik ke peringkat empat dengan perolehan 38 poin hasil 23 pertandingan, cuma tertinggal dua poin dari Inter Milan yang baru akan bertanding pada Minggu (10/2) dinihari WIB.

Kemenangan ini turut memutus laju buruk Roma setelah diimbangi Atalanta 3-3, dan AC Milan 1-1, serta tersingkir secara memalukan dari Coppa Italia usai dihancurkan Fiorentina 1-7.

Sementara itu, kekalahan ini semakin mengubur Chievo di dasar klasemen. Chievo baru mengumpulkan sembilan poin, berjarak sembilan poin dari Empoli yang menghuni zona aman di urutan 17.

Roma sudah menjebol gawang Chievo saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. El Shaarawy lolos dari perangkap offside untuk menuntaskan bola terobosan dari Steven N’Zonzi dengan tendangan lob dari sudut sempit. Roma memimpin 1-0 atas Chievo.

Hanya sembilan menit kemudian, gawang Chievo kembali bergetar. Dzeko menggiring bola di sisi kanan kemudian menusuk ke dalam kotak penalti, sebelum melakukan penyelesaian dengan sepakan yang bersarang di sudut bawah gawang.

Chievo nyaris menciptakan gol balasan. Namun, Antonio Mirante melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan sundulan Filip Djordjevic dari jarak dekat.

Hanya lima menit setelah babak kedua kickoff, Roma berhasil melahirkan gol ketiganya. Diawali dari serangan balik, operan El Shaarawy kepada Dzeko diselesaikan oleh Kolarov untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 di menit ke-51.

Roma hampir menambah golnya di sisa waktu permainan. Sayangnya, tembakan keras kaki kiri Dzeko dan sontekan El Shaaray cuma membentur mistar gawang Chievo.

Susunan Pemain

CHIEVO: Sorrentino; Frey (Depaoli 39′) (Schelotto 72′), Bani, Rossettini, Barba; Leris, Diousse, Hetemaj (Piazon 59′); Giaccherini; Stepinski, Djordjevic

AS ROMA: Mirante; Karsdorp, Marcano, Fazio, Kolarov; Cristante, Nzonzi, Zaniolo (De Rossi 76′); Schick (Florenzi 59′), Dzeko, El Shaarawy (Kluivert 85′)
(rin/mrp)


Tanggapi Guardiola, Sarri: Chelsea Bukan Pesaing Gelar Juara, tapi…

London – Maurizio Sarri menolak klaim Josep Guardiola, yang menyebut Chelsea masih berpeluang juara liga musim ini. Meski begitu, Sarri yakin Chelsea bisa meraih trofi.

Pada awal pekan ini, Guardiola mengungkapkan bahwa Chelsea, bersama Tottenham Hotspur, bahkan Manchester United tetaplah pesaing gelar juara Premier League. Padahal, Chelsea saat ini tertinggal 12 poin dari Manchester City dan Liverpool di dua posisi teratas.

Sedangkan Tottenham di urutan ketiga dengan selisih lima poin dari City dan Liverpool. Sementara MU lebih jauh lagi, berjarak 14 poin dari dua musuh besarnya itu.


Kompetisi masih menyisakan 13 pertandingan. Tapi sekalipun secara matematika masih mungkin, Sarri percaya gelar juara bukan hal yang realistis bagi the Blues. Tapi, Chelsea toh masih bersaing di tiga kompetisi lainnya; Piala Liga (final), Piala FA (babak kelima), dan Liga Europa (32 besar). Ada sejumlah trofi yang berpeluang dimenangi Eden Hazard cs di musim ini.
“Saya pikir tidak demikian, tidak untuk sekarang,” jawab manajer Chelsea itu merespons anggapan Guardiola. “Kami akan mampu bersaing untuk finis empat besar di musim ini, tidak lebih.”

“Kami bisa memenangi sesuatu, sudah pasti, tapi di Premier League ada sebuah pertarungan besar di antara Liverpool dan Man City. Menurut pendapat saya, Man City adalah tim terbaik di Eropa. Mereka adalah contoh untuk setiap klub,” sambung Sarri di situs resmi Chelsea.

“Kami perlu bekerja. Guardiola dalam musim ketiganya di Premier League, Klopp di musim keempat atau kelima, tapi kami perlu bekerja. Saya tidak tahu cara yang lain. Kami cuma perlu bekerja dan mencoba mengurangi jarak.”
(rin/mrp)


Isco Jadi Pemain La Liga Paling Sering di Bangku Cadangan

Liputan6.com, Jakarta – Isco telah kehilangan tempatnya di tim utama Real Madrid. Bahkan pria asal Spanyol itu menjadi pemain La Liga yang paling sering berada di bangku cadangan pada tahun ini. 

Selama 2019, Isco telah menghabiskan waktu selama 767 menit di bangku cadangan. Disusul kemudian pemain Sevilla, Bryan Gill dengan waktu 687 menit. Sementara urutan ketiga ditempati pemain Atletico Madrid, Francisco Montero dengan 525 menit. Sedanagkan posisi keempat ditempati oleh Victor Sanchez dari Espanyol dengan waktu 519 menit. 

Isco semakin terpinggirkan sejak kepergian Jule Lopetegui. Sejak kehadiran Santiago Solari di Real Madrid, Isco bukan lagi menjadi pilihan utama. Solari lebih banyak membiarkan pemain berusia 26 tahun itu menjadi penghangat bangku cadangan Los Blancos. 

Di era Solari, Isco hanya tampil sebanyak 515 menit di semua kompetisi. 

Dan bila diurutkan berdasarkan menit bermain, Isco berada di posisi 21 pada skuat Los Blancos. Isco hanya unggul atas Javi Sanchez, Jesus Vallejo, Mariano Diaz and Brahim Diaz. Tahun ini, Isco juga absen saat Madrid bertemu Real Betis, Espanyol, Girona, dan Barcelona.

Sementara itu, Isco sebenarnya tampil dua kali lebih banyak dari Marcelo. Namun pemain asal Brasil tersebut tetap unggul menit bermain dua kali lipat dari Isco, yakni 1065.  

2 dari 2 halaman

Mulai Frustrasi di Madrid

Wajar bila hal ini membuat Isco frustrasi di Real Madrid. Dia mulai hilang kesabaran. Dia pun mulai blak-blakan mengungkapkan rasa tidak senangnya dengan situasi yang ia alami. Dia paham sesuatu harus berubah, meski masih berniat untuk kerja keras di Real Madrid.

Beberapa waktu lalu mantan pemain Madrid, Ruben de la Red memberi peringatan terhadap Isco. Menurutnya, gelandang internasional Spanyol itu harus menyadari bahwa Madrid tak bisa menunggu seorang pemain untuk kembali ke performa terbaiknya.

Isco yang merasa terpancing pun kemudian memberikan respon terhadap pernyataan De la Red. Respon ini ia ungkapkan di akun Twitter pribadinya.

“Sepenuhnya sepakat dengan De la Red, tapi ketika Anda tak lagi menikmati kesempatan yang sama seperti rekan-rekan yang lain, ada hal-hal yang berubah,” tulis Isco.

“Saya masih terus bekerja keras dan berjuang untuk menantikan saatnya tiba! Hala Madrid!”

Saksikan juga video menarik di bawah ini: