Harimau Terjebak di Kolong Ruko Sempat Keluar Tapi Balik Lagi

PekanbaruHarimau liar Sumatera terjebak dalam kolong ruko di Pasar Pulau Burung Kecamatan Pulau Burung di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Riau. Satwa buas itu ternyata sempat keluar dari kolong ruko, tapi balik lagi. Mengapa?

“Jadi kemarin sore harimau itu sempat keluar dari kolong ruko. Sepertinya harimau itu akan meninggalkan kolong itu,” kata Kapolsek Pulau Burung, Iptu Junaidi kepada detikcom, Kamis (15/11/2018).

Harimau liar tersebut berusaha untuk keluar dari kolong ruko. Hanya saja ‘Si Raja Hutan’ itu tak jadi meninggalkan kolong ruko karena di sekitar ramai warga.

“Harimau keluar dari kolong itu. Tapi karena dilihatnya banyak masyarakat, harimaunya masuk lagi ke kolong ruko,” kata Junaidi.

Saat ini pihak TNI/Polri di lokasi hanya dapat sebatas menjaga saja. Mereka masih menunggu kedatangan tim BBKSDA Riau dari Pekanbaru.

Tim BBKSDA Riau sejak kamarin siang sudah berangkat dari Pekanbaru. Hanya saja memang, dari Pekanbaru menuju ke Tembilahan Ibu Kota Inhil memerlukan waktu 9 sampai 10 jam.

Ini belum lagi menuju ke Pulau Burung. Hingga pagi ini tim BBKSDA Riau terdiri dari tim medis belum sampai di lokasi.
(cha/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Lelang Mutiara Ratu Prancis yang Tewas Dipenggal Cetak Rekor Dunia

Jenewa – Sebuah mutiara dan liontin berlian milik mendiang Ratu Prancis,MarieAntoinette, dijual melalui lelang seharga US$ 36 juta atau setara dengan Rp 533 miliar.

Harga itu, menurut rumah lelang Sotheby’s, menjadikan mutiara tersebut sebagai mutiara termahal di dunia.

Rekor perhiasan mutiara termahal sebelumnya dipegang oleh mutiara milik mendiang Elizabeth Taylor yang dijual melalui rumah lelang Christie’s pada 2011 seharga US$ 11,8 juta atau setara dengan Rp 174 miliar.

Sotheby’s menyebut lelang di Jenewa pada Rabu (14/11) sebagai “koleksi perhiasan kerajaan terpenting yang terlihat di pasar”.

Beberapa perhiasan belum terlihat di muka umum selama 200 tahun. Penjualnya adalah keluarga bangsawan Bourbon-Parma dari Italia.

perhiasan
Sejumlah perhiasan milik mendiang Marie Antoinette merupakan bagian dari koleksi keluarga bangsawan Bourbon-Parma dari Italia. (AFP)

Selain mutiara dan liontin, perhiasan yang dilelang hari itu mencakup kalung berlian, anting berlian, dan cincin yang memuat seikat rambut Marie Antoinette.

Ada pula perhiasan milik Raja Charles X, keluarga bangsawan Austria, dan Parma. Seluruh koleksi yang dilelang dijual dengan nilai mencapai lebih dari 53 juta Poundsterling atau Rp 1 triliun.

“Koleksi perhiasan luar biasa ini menawarkan pemahaman terhadap kehidupan para pemiliknya ratusan tahun lalu,” kata Wakil Direktur Sotheby’s, Daniela Mascetti.

Marie Antoinette
Liontin dipadukan dengan kalung yang terdiri dari 119 mutiara alami. (AFP)

Marie Antoinette merupakan putri dari Austria. Dia menikah dengan Raja Prancis, Louis XVI.

Gaya hidupnya yang sangat mewah membuat mereka menjadi sosok yang dibenci pada era Revolusi Prancis mengingat rakyat jelata masa itu sedemikian miskin sehingga menderita kelaparan.

Marie Antoinette sempat menyelundupkan koleksi perhiasannya ke keluarganya di Austria sebelum berupaya kabur dari Prancis bersama suami dan anak-anak mereka. Namun, upaya tersebut gagal dan Marie Antoinette dipenggal pada 1793 dalam usia 37 tahun.

Marie Antoinette
Cincin bertuliskan inisial MA yang merupakan singkatan dari Marie Antoinette memuat seikat rambutnya. (EPA)


(nvc/nvc)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Air Terjun Sedudo Berwarna Hitam, Pertanda Apa?

Liputan6.com, Nganjuk – Beredar viral air terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur, berwarna hitam. Dalam video berdurasi hampir 2 menit itu, terlihat seorang anggota polisi berdiri membelakangi air terjun sambil merekam menggunakan telepon genggamnya.

Sambil merekam, anggota polisi tersebut berjalan mundur dan mendekat ke arah air terjun, dan ternyata air terjun Sedudo itu memang berwarna hitam.

Masyarakat, khususnya warganet pun mulai menduga-duga. Ada yang mengaitkan dengan peristiwa mistis. Tak jarang juga ada yang menyebut peristiwa tersebut merupakan peringatan atau azab dari Tuhan.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, berubahnya warna air terjun Sedudo tidak berkaitan dengan mistis. Yang jelas, peristiwa air terjun Sedudo berubah warna menjadi hitam ini tidak lama usai hujan deras mengguyur lokasi tersebut.

Sutopo mengatakan, warna hitam air terjun diduga kuat berasal dari material abu bekas kebakaran hutan.

Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya. Hujan dibagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat,” tulis Sutopo dalam akun twitter @Sutopo_PN, Rabu 14 November 2108.

Air terjun Sedudo di Nganjuk

Kasus Jual Online ‘Gambar Hard Disk’, Ini Kata Asosiasi e-Commerce

JakartaJual-beli online ‘gambar hard disk’ bikin heboh jagat dunia maya. Kasus ini ramai karena ada pembeli yang merasa tertipu saat membeli hardisk di Tokopedia seharga Rp 450 ribu tapi malah mendapat gambar hardisk.

Ketum Indonesia e-Commerce Asociation, Ignatius Untung, mengatakan, kasus ini seperti ini memang sedang disorot pelaku bisnis online. Namun, dia juga meminta kepada konsumen untuk teliti dalam membeli barang.

“Hal-hal seperti ini pasti selalu ada celahnya untuk penipuan, intinya kita harus belajar. Penipuan kan bisa terjadi kalau kita lengah,” ujar Untung, saat diwawancara detikcom, Kamis (15/11/2018).

Untung mengatakan, dalam kasus ini, pedagang tersebut melakukan ‘trik’ untuk mencari konsumen yang lengah. Untuk itulah, agar hal ini tidak terulang pembeli di e-commerce diminta selalu teliti dan jangan hanya membaca judul dagangan saja.

“Inilah tricky yang dibuat oleh penjual itu, tricky itu yang dipakai dimanfaatkan supaya orang ketipu. Kayak kasus SMS, misalnya kirim SMS ke nomor ini agar dapat hadiah tahunya buka,” ujarnya.

Untung juga yakin market place yang ada di Indonesia pasti akan berbuat sesuatu untuk mencegah kasus ini terulang. Menurutnya, kasus seperti jual beli hadrdisk ini membuat kepercayaan konsumen di e-commerce memudar.

“Ini yang kita sorotin karena ini impactnya ke industri e-commerce. Saya yakin, Tokopedia juga akan berbuat sesuatu dan saya dengan memang sellernya sudah di black list,” tutup Untung.

Kasus ini bermula saat seseorang bertransaksi di toko ‘Pc seller’. Dia membeli produk seharga Rp 450.000, tetapi merasa tertipu karena hanya menerima kertas bergambar hard disk eksternal berkapasitas 1 TB.

Padahal toko dengan akun Lioe Kon Tjen itu menjual ‘Hardisk external WD 1 Tb’ namun di dalam deskripsinya toko itu menulis ‘hanya gambar saja’.

Pembeli pun protes karena merasa tertipu namun pemilik toko membela diri. “Toko ini sangatlah jujur hanya pembelinya yang terlalu cerdas sehingga mengetahui apa yang saya jual tanpa membaca deskripsinya terlebih dahulu,” tulis si penjual.

Tokopedia kemudian langsung mengambil tindakan. Toko tersebut langsung ditutup.

“Saat ini, produk yang dimaksud sudah dihapus. Toko yang menjual produk tersebut juga sudah ditindak sesuai prosedur (dalam hal ini di-banned/ditutup),” kata Head of Risk Management Tokopedia Fandy Soejanto saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (14/11/2018).

(rvk/dwia)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tiket Pertandingan Thailand Vs Timnas Indonesia Laris Manis

Sementara itu, Timnas Indonesia telah tiba di Bangkok, Thailand pada Rabu malam waktu setempat. Rombongan Timnas Indonesia disambut perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Thailand.

“Alhamdulillah kami sudah sampai Bangkok. Kondisi cuaca disini sama dengan Jakarta, jadi kami tidak ada masalah. Oleh pelatih kami langsung disuruh istirahat dan akan melakoni latihan pada besok sore,” kata gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas.

Selama di Bangkok, skuat Garuda akan menginap di Hotel Al Meroz. Hotel bernuansa Islami ini berada di tengah kota Bangkok dan tidak begitu jauh dari Stadion Rajamangala. Pada besok sore, Indonesia akan menggelar latihan di Kasetsart University Stadium.

Tantangan Terbang Lagi untuk Merpati Cukup Berat

Liputan6.com, Jakarta – Merpati Nusantara Airline mengaku siap terbang lagi 2019. Namun, diperkirakan misi ambisiusnya itu tak akan mudah dijalankan. Mengapa demikian?

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan banyak tantangan yang menanti Merpati. Sebagai perusahaan baru, Merpati harus memiliki fokus bisnisnya apakah akan bergerak di kelas Low Cost Carrier (LCC), premium class atau pesawat penerbangan perintis.

Dikatakan Alvin, dalam lima tahun terakhir industri maskapai dihadapkan pada situasi yang sulit. Mulai dari meningkatnya harga avtur hingga kurs dolar Amerika Serikat (AS) yang terus menguat.

“Coba perhatikan 5 tahun akhir industri penerbangan di Indonesia tidak ada pemain baru. Bahkan pemain lama berguguran atau konsolidasi. Misalnya Sriwijaya saja kode share dengan Garuda Indonesia. Industri penerbangan saat ini sudah mencapai tahap dewasa,” kata Alvin kepada Liputan6.com, Kamis (15/11/2018).

Bahkan, dia memperkirakan ke depan hanya ada dua maskapai sebagai pemain besar di dalam negeri yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air. Sementara maskapai lainnya akan dipaksa situasi untuk konsolidasi.

Tidak hanya itu, tantangan lain yang harus dihadapi Merpati persoalan Sumber Daya Manusia (SDM). Merpati berencana menggunakan pesawat buatan perusahaan Rusia, jenis MC-21.

“Kemudian, dia bilang mau menggunakan pesawat Rusia. Pesawat Rusia ini kan daya tariknya rendah. Kan menyangkut kemantapan pengguna jasa. Pesawat Rusia saat ini track record safety-nya tidak bagus. Kita lihat airline Rusia menggunakan Airbus dan Boeing,” tambah Alvien.

“Belum lagi kalau pakai pesawat buatan Rusia pilotnya mau dari mana. Kita itu tidak punya pilot dengan pesawat itu, juga SDM maintenance-nya. Makanya saya tidak yakin,” Alvin melanjutkan.

Untuk itu, sampai saat ini pihaknya masih belum bisa memahami apa keuntungan bagi investor kembali menghidupkan kembali Merpati.

“Dengan dana Rp 6,4 triliun logikanya mending buat perusahaan baru, tidak ada resiko hukum, tidak ada tanggungan kewajiban, dan sebagainya,” pungkas Alvien.

Menanti Kepak Sayap Merpati Setelah Batal Pailit

Jakarta – Titik terang nasib PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) mulai terlihat. Maskapai yang cukup lama tak beroperasi itu kini punya peluang untuk bangkit.

Hal itu tak lain karena dikabulkannya proposal perdamaian dengan kreditur oleh Pengadilan Niaga (PN) Surabaya. Hari bersejarah itu berlangsung kemarin, Rabu (14/11/2010).

Dengan dikabulkannya proposal perdamaian ini, maskapai pelat merah berpeluang hidup dari dana suntikan investor. Calon investor yakni PT Intra Asia Corpora akan menyuntik modal sebesar Rp 6,4 triliun.

Meski, untuk merealisasikan suntikan modal ini ada rangkaian tahapan yang mesti dilalui. Berikut berita selengkapnya:

(ang/ang)

Cerita Terbuangnya Bayi Cantik di Dalam Kardus

Liputan6.com, Kediri – Beberapa hari lalu warga Desa Sambi Rejo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dikejutkan dengan penemuan bayi perempuan yang dibuang dan tersimpan di dalam kardus.

Bayi pertama kali ditemukan seorang warga bernama Jajar (58). Saksi kemudian melaporkan kasus penemuan bayi ini ke Polsek terdekat. Di lokasi, polisi menyita barang bukti berupa kardus yang berisi kelengkapan kebutuhan bayi di antaranya baju bayi, minyak telon, grito, tutup kepala dan selimut bayi.

Selanjutnya petugas Kepolisian didampingi bidan desa setempat, membawa bayi tak berdosa ini ke RSUD Kecamatan Pare Kabupaten Kediri guna mendapat perawatan medis.

Tak butuh waktu lama, Satreskrim Polres Kediri langsung menangkap tersangka ibu pembuang bayi berinisial MI, setelah berhasil mengidentifikasi data para pasien ibu hamil di rumah sakit di wilayah Kabupaten.

“MI membuang bayinya karena yang bersangkutan merasa bahwa bayi yang lahir, tanggal 3 November 2018 di rumah sakit melalui operasi cesar itu, menurut keterangan dokter dan pelaku, bayi tersebut memiliki beberapa kelainan,” tutur Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Hanif Fatih kepada Liputan6.com, Rabu (14/11/2018).

Bayi perempuan pemilik berat badan 2 kilogram, panjang 46 centimeter ini dianggap punya kelainan karena bobotnya dinilai terlalu kecil dan lahir secara prematur. Khawatir akan lahir dan besar dalam keadaan cacat, MI tega membuang bayinya.

“Dianggap ini ke depan apabila sudah dewasa nanti akan menimbulkan efek kesehatan. Oleh karena itu oleh orangtuanya merasa khawatir, ke depan anaknya berkembang cacat. Karenanya dibuangnya bayi tersebut ke Desa Sambi Rejo,” ucap Kasat Reskrim.

Tersangka MI sendiri ketika diintrogerasi petugas tidak bisa mengelak dan mengakui membuang bayi itu.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Pasangan suami istri pengantin baru asal Karawang diamankan polisi. Mereka kedapatan membuang bayinya karena malu lantaran sang anak merupakan hasil pemerkosaan.

Melihat Jalan Mulus di Papua Nugini Buatan China

detikFlash

The Independence Boulevard merupakan jalan di Papua Nugini yang dibangun oleh China Harbour Engineering Company.  Jalan ini dibangun untuk menghubungkan dari bandara ke pusat bisnis di ibu kota.

Proyek ini dikerjakan dalam menyambut tamu-tamu negara di pertemuan APEC yang akan diselenggarakan pada 17-18 November mendatang. Telah selesai dan dibuka untuk lalu lintas pada bulan Oktober 2018.

Embed Video

Isfari Hikmat/Reuters – 20DETIK
Kamis, 15 Nov 2018 07:38 WIB