Studi: Punya Teman Baik buat Anda Panjang Umur

Liputan6.com, Jakarta – Pertemanan merupakan salah satu bukti bahwa manusia tidak dapat hidup seorang diri dan memerlukan orang lain. Hal mendasar inilah yang ternyata juga berpengaruh pada usia.

Fimela.com merangkum berdasarkan penelitian terbaru dimuat dalam Menopause, jurnal American Menopause Society, menemukan mempunyai teman-teman baik dapat membantu Anda panjang umur.

Peneliti dari George Mason University menganalisis selama 10 tahun pada lebih dari 90 ribu post-menopause perempuan untuk mengetahui seperti apa efek dari mempunyai teman-teman terhadap penyakit kardiovaskuler.

Ketua penelitian Dr. Nancy Freeborne, menemukan pertemanan atau social support dan panjangnya usia seseorang memiliki hubungan erat. Untuk perempuan kardiovaskuler, mempunyai social network yang baik mampu menurunkan risiko kematian dari penyakit apa pun.

Sementara, menerima dukungan sosial seperti halnya memberi obat pada rasa kesepian. Hal ini juga untuk memenuhi kebutuhan emosional dan mental seseorang dalam hal kasih sayang.

Maka dari itu, orang yang memiliki banyak teman bakal lebih cepat sembuh atau lebih lama bertahan hidup dari penyakit saat didampingi oleh orang-orang terkasih. Ternyata, dukungan teman baik memiliki kekuatan yang luar biasa. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Habiburokhman Sakit Hati Puisi Neno Disebut Biadab

Jakarta – Juru Bicara Direktorat Advokasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman, mengatakan pernyataan mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif yang menyebut puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Pernyataan itu dinilainya berlebihan.

“Pernyataan Buya Syafii Maarif yang menyatakan puisi Neno Warisman biadab sangat melukai hati. Sejauh ini kami menempatkan Buya Syafii sebagai ulama dan cendekiawan berhati mulia, namun pernyataan beliau kali ini menurut saya sangat berlebihan dan cenderung tidak adil,” kata Habiburokhman dalam keterangannya, Jumat (1/3/2019).

“Kalau puisi Mbak Neno dianggap biadab karena mengarah ke politisasi agama, bagaimana dengan mereka yang juga diduga mempolitisasi agama di kubu politik sebaliknya? Apakah biadab juga? Atau hanya yang bertentangan dengan 01 yang biadab?” imbuhnya.

Menurut Habiburokhman, kata biadab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkonotasi ekstrem dan dicontohkan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Habiburokhman sakit hati jika puisi Neno disamakan dengan pemerkosaan anak.

“Kata biadab mungkin berasal dari bahasa Persia yang berarti sekadar tidak bertata krama. Tetapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata tersebut sangat ekstrem karena bisa berarti tidak beradab dan kejam dengan contoh pemerkosaan anak di bawah umur. Sakit sekali hati kami kalau puisi Mbak Neno disamakan dengan pemerkosaan anak di bawah umur. Terlebih jika yang menyampaikannya adalah sosok yang selama ini sangat kami hormati dan kagumi,” ungkapnya.

Politikus Gerindra ini meyatakan yang pantas dikatakan biadab adalah para koruptor dan pihak-pihak yang menggunakan kekuasaan untuk menindas lawan politik.

“Menurut saya, yang layak dikatakan biadab adalah para koruptor pencuri uang rakyat, atau jika ada pihak yang menggunakan pengaruh kekuasaan untuk menindas dan memenjarakan lawan politik,” ucap Habiburokhman.

Sebelumnya, Mantan Ketum PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, bicara soal doa yang dibacakan Neno Warisman di Munajat 212. Buya Syafii menyebut apa yang disampaikan Neno biadab dan Neno tak mengerti agama.

“Itu puisi, itukan sudah saya (jelaskan). Saya kemarin di Jakarta bicara ini puisi biadab. Biadab itu bahasa Persia, Bi itu artinya tidak, adab itu tata krama,” jelasnya.

Buya Syafii mengatakan, doa yang dipanjatkan Neno Warisman dengan membawa nama tuhan ke ranah Pemilu tak tepat. Apa yang dilakukan Neno, bagi Buya Syafii adalah perbuatan biadab.

“Ini dia membuat (membawa nama) Tuhan dalam Pemilu, itukan biadab, dan dia nggak ngerti agama. Neno itu nggak paham agama,” tegasnya.
(azr/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dapat Kenaikan Pangkat, Sani Rizki Tak Lupakan Rekan di Timnas U-22

Liputan6.com, Jakarta Anggota Brimob Polda Metro Jaya dan Anggota Timnas U-22 Indonesia, Sani Rizki Fauzi mendapatkan kenaikan pangkat. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Polda Metro Jaya dengan prestasi Sani Rizki yang membawa Timnas U-22 juara di Piala AFF 2019 lalu.

Kabid Humas Polda Metro, Argo Yuwono menyampaikan pihaknya dan para pimpinan Polri bangga akan keberhasilan Sani bersama Timnas U-22.Berkat prestasinya, Sani pun akan mendapatkan kenaikan pangkat.

“Informasi dari manajer akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa,” ujar Argo di Mako Brimob Kwitang, Jakarta, Jum’at (1/3/2019).

Mendengar hal tersebut, Sani yang juga hadir di Mako Brimob Kwitang sempat meneteskan air matanya karena terharu. Ia mengatakan, kemenangan ini juga berkat kerjasama dari seluruh temannya di Timnas U-22.

“Kami selalu bertekad satu sama lain, untuk selalu memotivasi rekan-rekan satu tim semua agar bisa memberikan hasil yang maksimal, dan alhamdulilah di pertandingan final kemarin kami berjuang keras dan hasilnya pun maksimal,” ujar Sani.

Ayah Sani, Edi Riyadi (49) yang ikut menemani Sani pun menyampaikan rasa syukurnya akan kenaikan pangkat yang akan diterima anaknya itu.

“Ya mudah-mudahan saya harapkan dari anak saya ada rizki lebih saya bisa punya rumah sendiri, itu cita-cita saya. Dan mudah-mudahan anak saya dikasih rizki yang banyak, umur yang panjang, dan mudah-mudahan tambah lagi semangat di bidang olahraganya, apalagi dalam masa tugasnya itu,”ujarnya.

2 dari 3 halaman

Pilihan Tepat

Manajer Timnas U-22, Sumardji menambahkan, sejak awal ia memang ingin mengorbitkan bintang sepakbola berlatarbelakang Polri. Ia menanggap, dirinya tidak salah pilih untuk melatih Sani.

“Alhamdullilah saya berikan kepercayaan penuh kepada Sani ketika dia berlatih dengan disiplin, terlebih ketika dia secara khusus bersama-sama dengan ofisial saya berikan tanggung jawab penuh kepada Sani untuk debut pertamanya ketika lawan Kamboja,” ucap Sumardji.

Sani Rizki menyumbang satu gol saat Timnas U-22 menang 2-1 atas Thailand di final Piala AFF. Sedangkan satu gol kemenangan Timnas U-22 lainnya dicetak oleh Osvaldo Haay.

3 dari 3 halaman

Seleksi 2016

Pemain Bhayangkara FC itu mengikuti seleksi kepolisian pada 2016 saat Polri dan TNI memberikan kesempatan kepada pemuda berprestasi yang memiliki talenta di berbagai bidang, salah satunya olahraga untuk bergabung di institusinya.

“Jadi bukan hanya Sani saja. Ada banyak (anggota Polri berprestasi) di bidang sepakbola, bola voli, judo, sepak takraw, dan di cabor lain juga diberikan peluang besar, ini bentuk reward dari Polri kepada pemuda-pemudi yang berprestasi di bidang olahraga, maupun di bidang lainnya,” ucap Dedi.

Sani Rizki menjadi salah satu pemain kunci pada laga final Piala AFF U-22 yang digelar di Olympic Stadion, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam lalu. Dia menjadi pencetak gol pertama untuk tim Garuda Muda U-22.

Gol Sani pun membawa Timnas Indonesia U-22 mengimbangi Timnas Thailand yang unggul lebih dulu di babak kedua. Timnas Indonesia membalikkan keunggulan lewat gol sundulan Osvaldo Haay di menit 63. Skor 2-1 bertahan hingga menit akhir sekaligus memastikan kemenangan untuk tim Garuda Muda Indonesia.

Sering Pusing Mendadak? Ini 8 Kemungkinan Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah merasa pusing secara tiba-tiba. Penyebabnya tidak hanya karena satu hal tapi mungkin ada beberapa hal lain.

Berikut beberapa pemicu pusing mendadak yang mungkin tidak diduga. Selengkapnya seperti dilansir Huffington Post (1/3/2019).

1. Berdiri terlalu cepat

Ketika Anda bangun terlalu cepat dari posisi duduk atau berbaring, peredaran darah Anda belum bergerak secara lancar di area kepala.

“Secara medis, ini dikenal sebagai ‘hipotensi ortostatik’, di mana ada penurunan tekanan darah secara drastis ketika Anda berdiri,” ungkap kata dokter kebidanan dan kandungan asal California, Amerika Serikat, Sherry Ross.

2. Permasalahan di telinga bagian dalam

Penyebab umum vertigo menurut ahli saraf dokter Ilan Danan karena Benign Paroxysmal Positional Vertigo atau yang disingkat BPPV. “BPPV disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga bagian dalam secara sementara, yang mengakibatkan pusing parah dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus,” imbuhnya.

Menurut dokter Katharine Miao, pasien vertigo merasakan pusing makin hebat bila saat dirinya bergerak. Dalam beberapa hari kondisi ini bisa sembuh tapi bisa juga diberikan pengobatan.

2 dari 3 halaman

Migrain

Constantine Palaskas, seorang otolaringologi (dokter khusus pengobatan penyakit telinga, tenggorokan, kepala, dan leher) di Swedish Neuroscience Institute, Seattle, Amerika mengatakan bahwa migrain yang tidak lazim mungkin penyebab pusing tiba-tiba.

“Migrain adalah gangguan yang sangat umum, dan walaupun biasanya ditandai dengan sakit kepala, sejumlah besar penderita migrain mungkin menemukan dirinya berjuang melawan vertigo karena migrain,” ucapnya.

4. Gula darah rendah

Gejala ini juga disebut sebagai hipoglikemia. Memiliki gula darah rendah juga dapat mengakibatkan Anda menjadi lebih sering marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat. Untuk mengatasinya, disarankan untuk memakan makanan yang seimbang dengan protein dan karbohidrat.

5. Tekanan darah rendah

Richard Wright, seorang ahli jantung di Santa Monica, Amerika mengatakan bahwa tekanan darah diukur dengan ‘sistolik’ (tekanan darah berada di angka atas yaitu 120) dan ‘diastolik’ (tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80).

Wright menambahkan bahwa alasan paling umum seseorang menjadi pusing atau pingsan adalah karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkinkan aliran darah yang cukup ke otak.

“Ini biasanya terjadi ketika tekanan sistolik kurang dari 80,” katanya.

3 dari 3 halaman

6. Umur

“Ketidakseimbangan benar-benar umum pada orang tua karena penurunan penglihatan, [serta] telinga dan otak,” kata dokter THT, Anil K. Lalwani di New York, Amerika.

7. Kurang minum

Harvard Health menyatakan bahwa ketika tubuh Anda tidak mendapatkan air yang cukup akan membuat volume darah akan turun dan dapat menurunkan tekanan darah serta menghalangi otak untuk mendapatkan darah yang cukup.

8. Kekurangan zat besi

Palaskas kembali mengungkapkan bahwa tingkat kekurangan zat besi sering dikaitkan dengan anemia. Jika hal ini terjadi, Anda dihimbau untuk mengunjungi dokter kepercayaan untuk melakukan tes darah guna mengukur tingkat zat besi dalam tubuh Anda.

Selain itu, dihimbau juga untuk mengonsumsi makanan seperti kacang merah, bayam, atau makanan yang mengandung zat besi.

Penulis: Dara Elisabeth

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Simpel dan Akurat

Liputan6.com, Jakarta Saat ini banyak orang yang mencanangkan pola hidup sehat. Selain agar terhindar dari penyakit, pola hidup sehat juga menjadi alasan sebagian orang untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Baik wanita maupun pria.

Untuk memiliki bentuk tubuh yang ramping bagi wanita dan bentuk tubuh yang sehat atletis bagi pria membutuhkan suatu usaha. Bentuk tubuh yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk akan meningkatkan rasa percaya diri bagi sebagian orang.

Sebenarnya bentuk tubuh yang ideal adalah hal yang subjektif. Anggapan setiap orang akan tubuh ideal bisa berbeda-beda sesuai dengan perspektifnya masing-masing. Bentuk tubuh ideal tidak selalu sama dengan berat badan ideal. Jika bentuk tubuh adalah hal yang subjektif, maka untuk berat badan sendiri adalah hal yang objektif.

Berat badan ideal dan bentuk tubuh ideal adalah hal yang berbeda. Bisa saja bukan bentuk tubuhmu yang menjadi masalah tetapi dari berat badanmu yang tidak ideal.

Jika bentuk tubuh ideal bisa berbeda dari setiap orang, maka berat badan ideal biasanya dapat dihitung. Berat badan yang ideal dapat dihitung dengan berbagai cara.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (28/2/2019) dari berbagai sumber, ada cara menghitung berat badan ideal bagi kamu yang masih bingung untuk mengetahui berat badan ideal yang harus kamu miliki.

2 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan dengan kalkulator BMI

BMI adalah kepanjangan dari Body Mass Index yang merupakan perhitungan kalkulasi berdasarkan tinggi badan. Cara menghitung berat badan ideal dengan BMI ini dimulai pada usia 20 tahunan. Untuk di bawah usia 20 tahun perhitungannya akan berbeda. Cara menghitung berat badan ideal dengan cara ini yaitu:

Berat badan ideal = berat badan (kg) : tinggi badan (m)

Sebagai contoh:

Berat badan kamu adalah 45 kg dengan tinggi 1.55 m. Kalikan tinggi badan dalam kuadrat terlebih dahulu.

1.55 kuadrat = 2.4

Lalu masukkan dalam rumus, 45 : 2.4 = 18.7, maka nilai BMI kamu adalah 18.7.

Dalam perhitungan BMI terdapat beberapa keterangan seperti berikut:

1. Angka BMI normal adalah antara 18.5 sampai 25

2. Di bawah angka 17, maka kamu masuk kategori kekurangan berat badan

3. Di atas 25 kamu kelebihan berat badan ringan

4. Jika di atas 40, maka kamu termasuk kelebihan berat badan.

Jika dari contoh di atas yang menghasilkan angka 18.7 maka berat badan idealmu termasuk normal.

3 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan ideal dengan rumus Brosca

Cara menghitung berat badan ideal selain menggunakan BMI, kamu juga bisa menghitung menggunakan Brosca. Rumus Brosca menggunakan cara menghitung yang berbeda antara wanita dan pria.

Untuk wanita, cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus:

{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 15%}

Untuk pria, cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus;

{tinggi badan (cm) – 100} – {(tinggi badan (cm) – 100) x 10%}

Sebagai contoh,

1. Seorang wanita memiliki tinggi badan 165, maka cara menghitung berat badan ideal wanita itu dengan cara:

(165-100) – {(165-100) x 15%} = 65 – 9.75 = 55,25

Maka berat badan ideal wanit tersebut adalah 55,25 kg.

2. Seorang pria memiliki tinggi badan 180, maka cara menghitung berat badan ideal pria tersebut yakni:

(180-100) – {(180-100) x 10%} = 80 – 8 = 72

Maka berat badan ideal pria itu adalah 72 kg.

4 dari 4 halaman

Cara menghitung berat badan ideal untuk anak

Cara menghitung berat badan ideal ini diperuntukkan bagi anak yang masih berusia antara 1 sampai 10 tahun. Mengetahui berat badan ideal pada anak juga penting untuk diketahui bagi para orangtua agar asupan makanannya selalu seimbang dan tidak berlebihan.

Cara menghitung berat badan ideal anak menggunakan rumus yang cukup sederhana. Rumusnya yaitu, berat badan ideal = 2.n + 8

n adalah sebagai keterangan untuk umur anak dalam tahun. Jadi angka umur anak dikalikan 2 kemudian ditambah 8.

Sebagai contoh, seorang anak berusia 9 tahun 3 bulan maka cara menghitung berat badan ideal anak tersebut yaitu,

Berat badan ideal = (2 x 9,3) + 8 = 26.6

Maka berat anak yang berusia 9 tahun 3 bulan tersebut adalah 26.6 kg.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dibutuhkan suatu usaha. Namun jangan lupa untuk selalu mengutamakan kesehatan. Pilihlah cara dengan memulai pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang sehat pula.

Demikian cara menghitung berat badan ideal untuk wanita, pria dan anak-anak dengan rumus-rumus yang sederhana di atas. Perlu diingat tak semua orang bisa mematok angka berat badan ideal menggunakan cara di atas. Seperti seorang atlet yang mengharuskan memiliki massa otot yang sedikit berlebih bukan berarti tidak memiliki berat badan yang ideal.

Rayuan Miras dan Hilangnya Keperawanan Gadis SMP di Jember

Liputan6.com, Jember – Dekadensi moral di kalangan remaja semakin mengkhawatirkan. Usai kasus pencabulan siswi SMP hingga hamil di Kediri, kini muncul kasus serupa di Jember. Siswa putus sekolah berinisial GN (18), warga Dusun Besuki Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember, Jawa Timur, ditangkap polisi lantaran merayu siswi SMP minum minuman keras lalu mencabulinya.

Kapolsek Semboro, Iptu Fathur Rohman, Rabu (27/2/2019) kepada Liputan6.com mengatakan, kasus perkosaan dan persetubuhan dengan anak di bawah umur sebagai korbannya ini awalnya terungkap karena korban seharian tidak pulang. Korban berangkat sekolah Jumat pagi, 22 Februari 2019, tetapi hingga hari berganti korban belum pulang juga.

Keluarga korban yang kebingungan terus mencarinya. Kabar hilangnya korban juga sempat membuat heboh tetangga dan warga sekitar rumah. Baru pada Sabtu malam, 23 Februari 2019, korban pulang ke rumahnya.

“Saat ditanya, korban mengaku menginap di rumah salah seorang temannya. Karena curiga dengan perubahan tingkah laku anaknya, pihak keluarga mendesak supaya memberikan keterangan yang sebenarnya. Korban akhirnya mengaku sudah ditiduri pria yang baru dikenalnya,” kata Fathur.

Mendengar pengakuan itu, keesokan harinya, Minggu, 24 Februari 2019, keluarga korban langsung melaporkan kasus itu ke Mapolsek Semboro Kepolisian resort Jember. Berdasarkan laporan itu, polisi langsung menindaklanjuti dengan penyelidikan. Berdasarkan minimal dua alat bukti sesuai KUHAP, polisi akhirnya menetapkan GN sebagai tersangka.

“GN selama ini dikenal tetangganya sebagai siswa putus sekolah yang gemar meminum minuman keras hingga mabuk. Tersangka GN, akhirnya kami tangkap di rumahnya pada hari Minggu sekitar jam setengah enam sore,” ucapnya.

Menurut Fathur, saat diinterogasi di Mapolsek Semboro, GN mengaku lebih dari sekali meniduri korban yang berasal dari kecamatan lain, yakni Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember. Pertama kali korban dipaksa menyerahkan kegadisannya, Jumat, 1 Februari 2019. Modusnya, tersangka GN menghubungi korban melalui WA, mengundang untuk datang ke rumahnya. 

Tersangka kemudian menyuguhkan miras oplosan. Selang satu jam kemudian tersangka mengajak dan menarik tangan korban untuk masuk ke kamar tidur. Tersangka membujuk korban untuk melakukan hubungan badan. Karena korban menolak, tersangka membuka paksa busana korban.

“Setelah melepas busananya dan selanjutnya saya meniduri korban. Setelah memakai baju dan celananya lagi, saya mengajak korban keluar dari kamar tidur dan duduk-duduk di ruang tamu. Saat itu masih menangis, kemudian saya antar pulang ke rumahnya. Perbuatan itu, terulang kedua kalinya, pada hari Selasa kemarin,” Fathur menjelaskan.

Fatur menambahkan, karena tersangka dan korban sama-sama masih di bawah umur, maka penanganan kasus tersebut dilimpahkan ke Unit perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Jember. Polisi menyita barang bukti yaitu satu buah kaus warna hitam tanpa kerah dengan motif mutiara bertuliskan pizza, milik korban. Satu buah celana panjang jenis kain jins warna biru muda, milik korban, satu buah celana dalam warna pink polos, dan bra.

Tersangka dijerat dengan pasal 81 ayat (1), (2) Jungto pasal 76 D dan atau 82 ayat (1) Jungto 76 E, Undang-Undang Perlindungan anak, Nomor 35 Tahun 2014, perubahan atas Undang-Undang RI No 23 Tahun 2002, tentang tindak pidana setiap orang melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya, dan atau setiap orang dilarang melakukan tipu muslihat melakukan serangkain kebohongan atau membujuk untuk melakukan persetubuhan dan atau perbuatan cabul.

“Tersangka terancam hukuman minimal 5 tahun, maksimal 15 tahun dan denda maksimal 5 miliar rupiah,” ujar Fatur. 


Simak juga video pilihan berikut ini:

Amukan Geng Motor Salah Sasaran Berujung Maut di Pekanbaru

Liputan6.com, Pekanbaru- Usianya boleh muda, masih 16 tahun, tetapi sepak terjang BN dalam kejahatan jalanan di Kota Pekanbaru membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Bersama geng motor bentukannya, King of The King (KOK), remaja putus sekolah ini kerap kali terlibat kejahatan hingga percobaan pembunuhan.

Jika anggotanya disentuh, BN tak segan-segan melukai remaja lainnya dari kelompok atau geng motor lain. Terakhir kali, BN menebar teror di depan sebuah hotel, Jalan Pelabuhan Sungai Duku, yang berujung maut bagi Frangki.

Frangki mengembuskan napas terakhir setelah ditikam oleh BN. Sebelum itu, Frangki yang sudah tak berdaya dan meminta ampun dipukul pakai kayu serta benda tumpul lainnya yang sengaja dibawa BN dan komplotannya.

Ulahnya pada 17 Februari 2019 itu membuat BN menjadi penghuni baru di tahanan Mapolsek Limapuluh. Keberadaannya turut menemani lima anggotanya yang rata-rata masih di bawah umur.

“BN ini bekerja di salah satu kafe di Pekanbaru, dia sempat beberapa hari buron,” kata Kanit Reskrim Polsek Limapuluh Inspektur Satu Abdul Halim, Selasa (26/2/2019).

Halim menceritakan, kejadian bermula ketika salah seorang anggota KOK melapor telah dikeroyok sekelompok orang di hotel tersebut. Tanpa pikir panjang, BN langsung berangkat bersama belasan anggotanya ke hotel dimaksud.

Di sana, dia melihat tiga remaja duduk di depan warung, salah satunya Frangki yang justru tidak tahu apa-apa. Korban tak bisa lari karena terkepung, sementara dua temannya berhasil kabur.

Aksi BN dan komplotannya ini terekam kamera pengintai di hotel. Dari sinilah petugas Polsek dibantu Reskrim Polresta Pekanbaru mengidentifikasi wajah BN dan belasan komplotannya.

Sejauh ini baru enam pelaku ditangkap, termasuk BN. Adapun inisial lima tersangka lainnya adalah WA, RA, AA, Fs, dan Min. Rata-rata masih di bawah umur, kecuali Min yang sudah berusia 19 tahun.

“Min inilah yang mengadu telah dikeroyok tapi salah sasaran karena korban tidak tahu apa-apa. Masih ada belasan ditetapkan buron,” terang Halim.

2 dari 2 halaman

Kerap Buat Onar

Lebih jauh, Halim menjelaskan, KOK yang tak tahu kapan dibentuknya ini sudah sering berbuat onar. Polisi menyebut ada tujuh kali pengeroyokan, di mana rata-rata sasarannya selalu mengalami luka berat.

“Ada yang ditikam, dipukul pakai kayu, terakhir 17 Februari 2019, satu korban meninggal dunia,” terang Halim.

Tujuh kasus pengeroyokan ini dilakukan BN di lima lokasi berbeda di Pekanbaru. Di antaranya di Kecamatan Sukajadi, saat itu korbannya menderita luka tikaman. Berikutnya di Jalan Kapling, ada tiga orang ditikam.

“Berikutnya di wilayah Tenayan Raya, ada tiga korban dilukai,” kata Halim.

Menurut Halim, motif BN dan geng motornya ketika beraksi adalah balas dendam. Mereka selalu bergerak jika mendapat kabar ada anggotanya diganggu tanpa mengecek kebenaran informasi itu.

“Seperti kasus di depan hotel, rekannya mengadu mendapat kekerasan, lalu mereka menyerang balik, tapi salah orang,” Halim menambahkan.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Ahok Pasang Badan untuk Puput yang Kena Tuduhan

JakartaBasuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok buka suara soal hubungannya dengan Puput Nastiti Devi (PND). Namun, bukan kabar baik yang disampaikan Ahok. Eks Gubernur DKI Jakarta itu bicara soal tuduhan miring terhadap puput yang berkaitan dengan pernikahannya.

Ahok meminta spekulasi berkaitan pernikahannya dengan Puput dihentikan. Sebab, langkah yang diambil merupakan keputusannya yang sudah dipertimbangkan matang.

“Mengenai hubungan saya dengan PND, tuduhan-tuduhan negatif dari Saudara-saudara itu, saya harap jangan berspekulasi dengan kehidupan pribadi saya. Dan saudara telah melakukan fitnah,” ujar Ahok dalam vlog, Selasa (26/2/2019).

Ahok menegaskan, setiap tindakannya sudah dikonfirmasikan dengan Yang di Atas. Lalu juga dengan ibunda dan keluarga lainnya. Maka dari itu, Ahok meminta tak ada yang menyalahkan Puput.

“Nah, itu sekali lagi, saya minta Saudara-saudara hentikan spekulasi kehidupan saya, hentikan menuduh PND macam-macam karena saya yang memutuskan. Kalau mau salahkan semua, salahkan pada saya, bukan salah PND,” tutur Ahok.

“Dan kalau saya mau disalahkan, saya tidak perlu memberikan bukti-bukti kepada Saudara mengapa saya melakukan suatu perceraian atau suatu pernikahan. Itu kehidupan pribadi saya. Yang paling penting dalam ilmu, etika,” lanjut dia.

Ahok juga mengklarifikasi soal tuduhan-tuduhan terkait keluarganya. Dia menegaskan setiap tindakannya mempunyai dasar pertimbangan yang kuat.

“Saya mengerti tindakan saya dengan baik. Saya sudah umur 52 tahun, saya bukan anak kecil kemarin. Saya berbuat apa pun saya berani selama saya mempunyai dasar Firman Tuhan. Saya mempunyai dasar kebenaran, taat kepada konstitusi dan Firman Tuhan, dan tentu pada ibu saya,” tuturnya.

Pria yang baru bergabung dengan PDI Perjuangan ini juga mengatakan hubungannya dengan ketiga anaknya baik. Komunikasi dengan anaknya, khususnya Daud Albeenner Purnama dan putrinya Nathania Purnama, dilakukan lewat WhatsApp dan video call.

“Dan saya walaupun mempunyai hak asuh tentu ketika anak-anak memilih tentu saya memberikan kebebasan,” tegasnya.
(idn/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Akal Bulus Kakek Cabul di Kebumen, Mangsa Teman Cucunya

Liputan6.com, Kebumen – Orang tua NN (9), warga Kebumen, merasa nyaman anaknya hanya bermain di sekitaran rumah. Selain mudah dipantau, di dekat rumah mereka tinggal seorang kakek, TF (55) yang cucunya seumuran dengan anak mereka.

Layaknya, seorang kakek, kelihatannya TF sangat menyayangi cucu dan memperhatikan teman-teman sang cucu. Mereka tak menyangka, kedekatan NN dengan cucu sang kakek bakal berujung sengsara. NN menjadi korban pencabulan.

Bahkan, tanpa orang lain menyadari, pencabulan anak itu pun terjadi berulangkali. Modusnya nyaris selalu sama. Ketika NN bermain dengan cucu atau sedang berada di sekitar rumahnya, TF memanggilnya.

Lantas, TF mengajak NN masuk kamar. Di dalam kamar itu lah, TF mencabuli gadis di bawah umur ini.

“Tersangka diduga telah mencabuli korban sekitar tahun 2018 di rumahnya. Tersangka membujuk korban masuk ke kamar, selanjutnya perbuatan cabul terjadi di situ,” kata Kasatreskrim Polres Kebumen, AKP Edy Istanto, Selasa (26/02/2019.

Borok TF akhirnya terkuak. Sabtu, 19 Februari 2019, TF kembali mencabuli NN di rumah tersangka yang tak sebegitu jauh dari rumah korban. Rupanya, kali ini korban melaporkan perbuatan tak senonoh itu kepada orangtuanya.

Korban mengalami trauma. Mendengar apa yang dialami anaknya, orangtua korban tak terima dan lantas melaporkan TF ke Polres Kebumen.

“Modusnya, saat korban bermain bersama dengan cucunya, korban ini dipanggil oleh tersangka. Selanjutnya, tersangka melakukan perbuatan pencabulan tersebut,” dia menjelaskan.


2 dari 2 halaman

Waspada Orang Terdekat

Penyidik Unit PPA Sat Reskrim Polres Kebumen menjerat tersangka dengan pasal 82 ayat (1) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang perlindungan anak, dengan ancaman paling lama 15 tahun kurungan penjara dan denda paling banyak Rp5 Miliar.

Kasus pencabulan anak atau kekerasan telah menjadi bahaya laten yang nyaris terjadi di seluruh daerah. Yang berbahaya, ternyata kekerasan itu kebanyakan dilakukan oleh orang-orang terdekat.

Entah masih satu keluarga, tetangga atau orang yang kerap berinteraksi dengan sang anak. Misalnya, guru di sekolah atau bahkan pedagang mainan di lingkungan sekolah. Tak terkecuali di Cilacap.

Sekretaris P2TP2A Citra, Nurjanah Indriyani menjelaskan, ada tren kenaikan kasus kekerasan terhadap anak dari tahun ke tahun. Kenaikan ini bisa diartikan dua hal, antara kesadaran orang untuk melapor atau peristiwanya yang memang bertambah.

Dia pun memperingatkan, dari puluhan kasus pencabulan anak yang terjadi di Cilacap, nyaris seluruhnya dilakukan oleh orang-orang terdekat. Ayah tiri, paman, kakek, tetangga, guru sekolah, guru ngaji, adalah beberapa pihak yang tercatat sebagai pelaku.

“Hampir semuanya dilakukan oleh orang terdekat,” ucapnya, dalam keterangan terpisah.

Menurut dia, sebagian besar kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terjadi pada keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Paling banyak, kata dia, terjadi pada keluarga miskin.

Sebab itu, P2TP2A Citra mengintensifkan sosialisasi pencegahan tindak kekerasan terhadap anak di hampir semua lini, mulai sekolah, pemerintah desa, ibu PKK, kelompok pengajian, dan komunitas-komunitas perempuan lainnya.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Top 3 Berita Hari Ini: Tepergok Mesum di Masjid, ABG di Aceh Kenyang Cacian

Liputan6.com, Aceh – Top 3 berita hari ini, perbuatan tak senonoh dilakukan sepasang muda mudi di Aceh saat azan magrib akan berkumandang. Keduanya tertangkap basah lewat video amatir yang mengabadikan adegan mesum tersebut di atas bangunan sebuah masjid.

Oleh warga setempat keduanya diketahui berinisial M (16), warga Kecamatan Pulo, dan D (17), warga Kecamatan Padang Tiji. Aksi ABG ini sempat viral di media sosial. Bahkan tak sedikit warganet yang mencaci maki keduanya lantaran melakukannya di tempat ibadah.

Sementara itu, grup musik gambus Sabyan mampu menyihir warga Garut dengan lantunan suara Nissa sang vokalis di tengah-tengah para simpatisan pendukung paslon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Menurut Edhi Prabowo, salah satu anggota tim pemenangan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, kunjungan artis Nissa Sibyan merupakan upaya untuk menarik simpati masyarakat Garut terutama dari kalangan generasi milenial. 

Di Kediri, seorang siswi SMP disetubuhi oleh pria yang baru sehari dikenalnya di kamar kosn pelaku, Sebelum melakukan aksi bejatnya, tersangka mencekoki remaja berusia 15 tahun itu dengan minuman keras. 

Atas perbuatannya, pelaku GW (23) dijerat dengan Undang Undang Perlindungan Anak dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.


Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini

1. ABG di Aceh Tepergok Mesum di Atap Masjid

Foto: Istimewa/ Rino Abonita

Pasangan muda-mudi ini berbuat mesum di Masjid Baitul Muttaqin, Kampung Suka Damai, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, pada Minggu, 24 Februari 2019. Warga yang telah mengendus gerak-gerik mereka menangkap basah keduanya tengah melakukan adegan ranjang di atas atap masjid.

Kedua pelaku awalnya tidak menyadari seseorang tengah merekam aksi mereka. Yang perempuan terperanjat menyusul pasangannya bersegera membetulkan ritsleting celana ketika mereka sadar ada yang merekam.

Warga yang geram sempat memberi bogem mentah ke pasangan laki-laki yang rupanya masih belum cukup umur. Sementara pasangannya, satu tahun lebih tua darinya.

Selengkapnya…

2. Lantunan Nissa Sabyan di Pangggung Kampanye Garut

Penyanyi Nissa Sibyan dalam konferensi pers di depan media di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Lantunan nada penyanyi syair arab, Nissa Sabyan mampu menyejukan telinga masyarakat Garut, Jawa Barat. Meskipun dalam kampanye capres nomor urut 02, tetapi lagu yang dinyanyikan grup musik gambus Sabyan ini mampu mendamaikan suasana pilpres.

Selama ini, menurut tim pemenangan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, sumbangsih dukungan suara masyarakat Garut terhadap Prabowo cukup besar. Dibuktikan dalam pemilihan Presiden 2014 lalu, Prabowo mampu mengungguli raihan suara Jokowi hingga 70 persen.

Dengan kondisi itu, tim relawan pemenangan Prabowo masyarakat Garut, menargetkan raihan suara hingga 80 persen di Pilpres 2019 untuk pasangan nomor urut dua tersebut. 

Selengkapnya…

3. Baru Kenal Sehari, Siswi SMP Dicekoki Miras dan Disetubuhi hingga Hamil

Ilustrasi: Pencabulan | via: kaskus.co.id

Seorang siswi SMP di Kota Kediri Jawa Timur yang baru berusia 15 tahun dicekoki minuman keras (miras), lalu disetubuhi seorang pria yang baru sehari dikenalnya.

Usai menyetubuhi korban, pelaku GW (23) yang juga penghuni kos di Kelurahan Setono Pande Kota Kediri tersebut melarikan diri.

GW harus mengakhiri pelarianya, saat petugas berhasil menangkapnya saat turun dari bus di Terminal Baru Kelurahan Tamanan Kota Kediri. Selanjutnya pelaku digelandang ke kantor polisi.

“Karena ulah pelaku saat itu, korban akhirnya hamil,” kata Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Andy Purnomo. 

Selengkapnya…

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: