Ulang Tahun ke-29, Sogo Bawa Suasana Jepang Lewat Hana Matsuri

Liputan6.com, Jakarta – Pada 1 Maret 2019, Sogo Indonesia tepat berusia 29 tahun. Menyambut ulang tahunnya, toko ritel dengan 18 cabang di seluruh Indonesia menggelar Japan Fair dengan mengangkat tema Hana Matsuri.

Sogo yang merupakan brand dari Jepang menjadi inspirasi utama tema perayaan tahun ini. Hana Matsuri merupakan ungkapan suka cita menyambut musim semi yang biasanya ditandai dengan menikmati bunga sakura yang sedang mekar.

Beragam aktivitas bertema tradisi Jepang bakal digelar selama Maret 2019. Bekerja sama dengan Japan Foundation, akan diadakan perangkaian bunga bersama Ikebana Ikenobo Indonesia, upacara minum teh atau cha-do, kaligrafi dan juga travel fair.

Khusus dalam program anniversary ini, pelanggan Sogo berkesempatan memenangkan 29 tiket perjalanan ke Jepang. Ada pula promo ‘All About 29’ yang pelanggan bisa membeli sejumlah produk dengan harga Rp 290 ribu.

“Kita sediakan semua barang sehingga customer tidak perlu ke Bangkok atau Singapura untuk membeli barang yang diinginkan. Kita juga berharap pemerintah bisa naikkan batas tax refund, seperti di Singapura jadi 100 dolar, Jepang 5.000 yen, atau London 50 poundsterling. Mudah-mudahan Indonesia jadi Rp 5 juta,” kata Presiden Direktur Sogo Indonesia, Handaka Santosa, Kamis (28/2/2019).

Tidak hanya program untuk para pelanggan, Sogo juga menggelar kerja sosial dengan menggelar donor darah hingga mengumpulkan donasi bagi Yayasan Tangan Harapan sebesar Rp 2,1 miliar. Donasi itu untuk mendukung Projet Pembangunan Rumah Belajar di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahja Widayanti berharap ritel bisa tetap berinovasi dengan menawarkan layanan belanja offline tetapi harga online. Kehadiran ritel penting untuk menyerap tenaga kerja karena 25 meter persegi bisa merekrut satu orang.

“Kita tahu teknologi informasi pengaruhi pola berbelanja masyarakat. Tetapi walau ada perkembangan teknologi, tapi konsumen perlu lihat kondisi barang itu sendiri,” ujarnya.

Dalam peluncuran Hana Matsuri ini, Sogo juga memberikan apresiasi kepada supplier maupun individu yang dinilai mampu mengembangkan produk Indonesia hingga dapat bersaing dengan produk internasional, melalui Sogo Kreatif Award.

Pada tahun ini, penghargaan itu dianugerahkan kepada Luire, brand karya Raden Sirait. Dalam 10 tahun bermitra dengan Sogo, penjualan Luire mencapai angka lebih dari Rp 11 miliar pada 2018, dari hanya Rp 50 juta saat penjualan perdana.

Koleksi Luire terdiri dari ladies wear dan moslem wear. Brand ini menggabungkan desain yang cantik dengan kain khas nusantara, seperti batik, tenun, dan songket.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *