Ujian CPNS Sedikit yang Lulus, Benar karena Soalnya Susah?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan banyak peserta yang tak lulus dalam tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018. Dari sekitar 2,7 juta peserta, baru 3% yang lulus tahap SKD.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan bahwa pihaknya mencatat tingkat kelulusan peserta secara nasional dalam tahap SKD baru sebesar 3%.

“Secara nasional memang baru 3% persentase kelulusan. Untuk kementerian lembaga 4%, untuk Pemda atau Pemprov 2%, sehingga rata-kira nasional kira-kira 3%” katanya kepada detikFinance, Sabtu (10/11/2018) kemarin.

Ridwan mengatakan, jumlah peserta yang lulus tersebut dinilai sangat rendah. Dia bilang, ada selisih dari jumlah formasi yang tak bisa ditutup dengan rendahnya peserta yang lulus tes itu.

Apalagi, para peserta juga harus melewati sejumlah tes lanjutan sebelum bisa benar-benar lulus menjadi CPNS. Padahal pemerintah membutuhkan 238.015 formasi baru untuk CPNS tahun ini.

“Ini memang masih kurang memang. Kurang banyak,” kata Ridwan.

Lantas, kenapa para peserta banyak yang tak lulus? Lalu bagaimana mengatasi kurangnya kebutuhan formasi yang dibuka? Simak berita lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *