Uji Coba DDT Jatinegara – Cakung Berlangsung hingga Besok

Liputan6.com, Jakarta – Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan hari ini melakukan uji coba pengoperasian double double track (DDT) atau jalur dwi ganda Jatinegara ke Cakung sepanjang 9.5 kilometer.

Uji coba DDT ini akan berlangsung selama dua hari, hingga besok Sabtu 13 April 2019. Selama uji coba, kereta manggarai ke Bekasi akan mengalami keterlambatan.

Pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melalui twitter @CommuterLine mengabarkan, mulai 12 April sehubungan telah dilakukannya Switch Over Stasiun Jatinegara Flow penumpang di Stasiun Jatinegara mengalami perubahan.

“Untuk KRL tujuan Bekasi semula menggunakan jalur 1 menjadi jalur 3 pintu yang dibuka sebelah kiri, untuk rangkaian 12 kereta 2 kereta dari belakang tidak mendapatkan peron. Untuk KRL tujuan Jakarta Kota semula menggunakan jalur 2 menjadi jalur 4 pintu yang dibuka sebelah kiri,” tulis twitter @CommutterLine, Jumat (13/4/2019).

PT KCI memohon maaf atas ketidaknyamanan penumpang, sebab pengoperasian jalur DDT lintas Jatinegara-Cakung berimbas pada keterlambatan sejumlah perjalanan KRL rute Jakarta Kota-Bekasi/Cikarang.

“Saat ini penguraian antrean perjalanan KRL diperkirakan berlangsung hingga sore,” diinfokan PT KCI.

Bali United Tampil Intans dalam Laga Uji Coba, Teco Semringah

Jakarta Bali United kembali menggelar laga uji coba dengan menghadapi klub lokal, Putra Tresna, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (6/4/2019) sore. Bali United meraih kemenangan 5-0 dalam laga tersebut dan sang pelatih, Stefano Cugurra Teco, merasa sangat gembira karena para pemainnya bisa secara intens mendapatkan kesempatan bertanding.

Bali United bermain cukup ketat dengan Putra Tresna. Bahkan yang menarik, tujuh pemain Bali United tampil sebagai bagian dari skuat Putra Tresna, yaitu Diky Indriyana, Dallen Doke, I Nyoman Adi Parwa, Junius Bate, Ahmad Agung, Sutanto Tan, dan Arapenta.

Irfan Bachdim mencetak gol pembuka pada menit ke-15 sebelum akhirnya Paulo Sergio dan Miftahul Hamdi mencetak gol yang membawa Serdadu Tridatu unggul 3-0 sebelum babak pertama usai.

Bermain dengan pemain yang benar-benar berbeda di babak kedua, Bali United tetap mampu bermain dominan. Duet Hanis Saghara dan Yabes Roni di lini depan membuat Teco layak memperhitungkan kedua pemain muda ini.

Bali United mencetak gol keempat Bali United pada menit ke-61, di mana umpan Yabes mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Hanis Saghara. Kemudian pada menit ke-74, Yabes yang mencetak gol bagi Bali United, sekaligus menjadi gol penutup kemenangan Serdadu Tridatu. 

“Yang berbeda dari uji coba kali ini dengan pekan lalu adalah kami bisa melihat lebih banyak pemain yang turun hari ini. Ada tim yang bermain di babak pertama, kemudian tim di babak kedua, dan ada tujuh pemain yang bermain di tim lawan. Ini tentu bagus bagi kami untuk melihat penampilan pemain,” ujar Coach Teco.

Berita video legenda Juventus, menyambangi Bali untuk menyapa fans I Bianconeri sekaligus menghadiri acara UEFA Champions League Trophy Tour 2019 presented by Heineken, Sabtu (16/3/2019)

Persib Akan Gelar Dua Uji Coba

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung merencanakan dua pertandingan persahabatan sebagai lanjutan program pelatih kepala Miljan Radovic. Dua laga uji coba tersebut bakal digelar dalam waktu dekat.

“Di Minggu besok ada friendly match dan nanti tanggal 14 ada friendly match lagi. Setelah itu ada beberapa friendly match lagi,” kata Radovic di Lapangan Sabuga Bandung, Rabu (3/4/2019). 

Soal siapa lawannya, pelatih berpaspor Montenegro masih merahasiakannya. Hanya saja, uji coba tersebut menurut Radovic bakal digelar di Bandung.

“Tunggu saja lawannya siapa yang akan datang,” katanya.

Menurut pelatih 43 tahun ini, lawan Persib harus dengan lawan-lawan yang bervariasi. Mulai tahapan Liga 3, Liga 2 hingga ke tim yang punya kualitas sama.

“Karena kita butuh uji coba taktik dan calon lawan yang dihadapi bertahap levelnya. Jadi kita awali semuanya dari level bawah. Baru setelah 14 April, kita beruji coba dengan tim yang kuat,” ujarnya.

Jokowi: Uji Coba Pertama LRT Jabodebek Jalur Cibubur-Cawang Juli 2019

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, uji coba pertama jalur Cibubur – Cawang LRT Jabodebek dapat dilakukan pada Juli 2019.

Ini dia ungkapkan melalui akun instagram resminya @jokowi pada Selasa (2/4/2019).

Jokowi awalnya menggambarkan tentang bentangan beton nan panjang LRT Jabodebek, yang melintang di atas Jalan Tol JORR dan bersilangan dengan Jalan Tol Jagorawi di Jakarta.

Di atas bentangan inilah nanti Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dari Cibubur ke Cawang, Jakarta, akan melintas pergi dan pulang sejauh 14,89 kilometer,” ujar Jokowi.

Dia menuturkan adalah BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk, yang mengerjakan proyek ini, telah merampungkan pembangunan jembatan bentang panjang (longspan) JORR 90 meter.

Yang terpanjang di dunia dengan tipe U-Box Girder — di lintasan LRT Cawang-Kuningan-Dukuh Atas,” tambah dia.

Dia menjelaskan, LRT Jabodebek sepanjang 44 kilometer dibangun sejak 2015, berada pada tiga lintasan yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Jokowi mengatakan jika LRT Jabodebek ini akan melengkapi jaringan angkutan transportasi massal di ibu kota dan sekitarnya seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta dan Trans Jakarta.

Insya Allah pada Juli 2019 uji coba pertama jalur Cibubur – Cawang LRT Jabodebek sudah dapat dimulai,” pungkas dia.

Warga Padati Antrean Hari Terakhir Masa Uji Coba MRT Jakarta

Fokus, Jakarta – Hari terakhir masa uji coba gratis Moda Raya Terpadu atau MRT, sejumlah stasiun dipadati warga.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (1/4/2019), di Stasiun Bundaran HI, antrean warga yang panjang pascabubaran hari bebas kendaraan atau car free day terlihat di pintu masuk stasiun bawah tanah yang diberlakukan buka tutup oleh petugas MRT.

Banyak warga yang mengaku menunggu akhirnya kecewa dan kembali pulang karena sudah berjam-jam pintu belum juga dibuka petugas MRT.

“Petugasnya nggak ada, harusnya keluar jadi ketahuan, kita sudah menunggu,” kata warga Jakarta Diah.

“Kecewa nggak bisa naik, capek, uang juga menipis,” ucap warga Bogor Choirunisa.

Mulai hari Senin ini, MRT mulai memberlakukan tarif pembayaran. Warga yang akan menaiki MRT bisa membeli kartu di stasiun. Besarnya tarif tergantung dari jarak.

Untuk tarif terjauh dari Stasiun Bundaran HI ke Stasiun Lebak Bulus dan sebaliknya sebesar Rp 14.000.

Pemerintah Uji Jalan Penerapan B30 di Mei 2019

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah akan melakukan uji jalan atau road test Biodiesel 30 persen atau B30 pada Mei mendatang. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menghitung panjang jalan yang nantinya akan dijadikan bahan uji.

“Mungkin sekitar Mei atau Juni gitu road test dulu,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, F.X. Sutijastoto di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sutijastoto belum dapat memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk uji jalan. Hal ini, katanya, akan sangat tergantung dengan panjang jalan yang nantinya akan disepakati oleh pemerintah.

“Tergantung berapa kilometernya itu. Ini sedang proses evaluasi, mau berapa kilometer, gimana. Administrasi dari BPDKS (Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit). (Ada masalah?) Bukan, lagi dievaluasi, persiapan,” jelasnya.

Sujiastoto menambahkan, rencana uji jalan ini masih akan dirapatkan kembali. Keputusan pastinya nanti akan disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (Gongnya siapa yang menentukan?) Ya, biasa di sini. Dirapatkan di sini juga. Kita usulkan dulu yang penting B20 jalan dulu,” tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Boyong 24 Pemain untuk TC di Batam, Persib Gelar Satu Uji Coba

Radovic berharap anak asuhnya dapat menjalan tim luar negeri. Pasalnya, dia ingin menguji kemampuan Supardi dan kawan-kawan.

“Saya berharap untuk friendly game ini levelnya di atas (Persib). Pertama gim tidak (apa-apa) tapi kalau bisa di April sebelum kompetisi kalau bisa hadapi strong tim, kalau bisa luar Indonesia lebih bagus,” ungkap Radovic.

Laboratorium Uji Pelumas Terlengkap Milik Surveyor Indonesia Resmi Beroperasi

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto meresmikan Laboratorium Uji Pelumas Surveyor Indonesia bertempat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (18/3/2019).

Laboratorium yang memiliki luas area 1.530 m2 dengan bangunan dua lantai ini terdiri dari pengujian Karakteristik Fisika-Kimia terlengkap dan pengujian Parameter Unjuk Kerja Pelumas di mana semua peralatan uji merupakan teknologi terbaru dengan kecepatan operasional 24 jam.

Laboratorium Uji Pelumas ini dibangun untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam penerapan Standard, Technical Regulation, Conformity Assessment Procedure (STRACAP) sebagai instrumen untuk mengamankan industri dalam negeri dari serangan produk-produk impor yang tidak berkualitas. Dalam hal ini, di Indonesia, instrumen tersebut pada umumnya dilakukan melalui pemberlakuan SNI secara wajib.

“Dengan pemberlakuan SNI wajib pelumas diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan utilisasi industri pelumas dalam negeri sehingga dapat memenuhi peningkatan kebutuhan pelumas untuk industri otomotif nasional,” kata Menperin di Sentul, Bogor, Senim (18/3/2019).

Sementara itu, Direktur Utama Surveyor Indonesia, Dian M. Noer mengatakan bahwa laboratorium ini terdiri dari 25 peralatan uji Fisika-Kimia dan 2 line Engine Dynamometer dengan kapasitas 250 Horse Power (HP) yang memiliki kecepatan operasional yang dapat dilakukan 24 jam, akurasi tinggi dan sudah kalibrasi pabrik dengan nilai investasi kurang lebih sebesar Rp 58,85 milyar.

Laboratorium ini dapat menguji produk Pelumas untuk Karakteristik Fisika-Kimia dan Parameter Unjuk Kerja Pelumas yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pelumas yang jumlahnya sudah mencapai 21 SNI Pelumas, diantaranya 7 SNI Pelumas sudah diberlakukan secara wajib melalui Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 Tahun 2018.

“Kami optimis keberadaan Laboratorium Uji Pelumas ini dapat membantu dan mendorong industri pelumas dalam negeri untuk berkembang. Bersama kita kawal SNI Wajib Pelumas untuk mendorong daya saing industri nasional dan jaminan kepentingan konsumen,” tegas Dian.

Selain itu, Laboratorium ini juga dapat melakukan pengujian terhadap pelumas dalam penggunaan (Used Oil Analysis) guna membantu industri untuk mengetahui umur pemakaian pelumas dan mengetahui kondisi bagian-bagian mesin yang berputar berupa Oil Condition Monitoring (OCM) agar perawatan dapat dilakukan secara efisien dan dapat meningkatkan produktivitas permesinan. OCM dapat dilakukan pada permesinan untuk Sektor Pertambangan, Transportasi (Darat, Laut, Udara), Pembangkitan dan Industri Manufaktur.

Timnas Indonesia U-23 Bakal Gelar Uji Coba Tertutup

Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan terbang ke Bali untuk melanjutkan pemusatan latihan menjelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Namun, sebelumnya mereka merencanakan satu laga uji coba.

Semen Padang disebut akan menjadi lawan uji coba Tim Garuda Muda yang digelar secara tertutup pada Selasa (12/3/2019).

Namun, Indra Sjafri belum bisa memastikan tim berjulukan Kabau Sirah itu sebagai lawan mengingat Semen Padang harus memainkan laga kedua mereka di Grup B Piala Presiden 2019, Senin (11/3/2019) malam.

“Belum ada kepastian. Semen Padang pun belum bisa memastikan karena (Senin) malam ini mereka masih bermain di Bekasi,” ujar Indra Sjafri ketika ditemui usai latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Senin (11/3/2019) sore.

Indra Sjafri memilih untuk tak memikirkan lawan yang harus dihadapi dalam uji coba tim asuhannya. Pelatih asal Sumatra Barat itu bahkan sudah mempersiapkan skenario untuk melakukan internal game sebagai pengganti laga uji coba tersebut.

Tim Garuda Muda menggelar pemusatan latihan di Jakarta hingga 15 Maret yang dilanjutkan dengan latihan di Bali sembari melakukan laga uji coba kontra Bali United pada 17 Maret.

Setelah itu Timnas Indonesia U-23 akan langsung bertolak ke Vietnam untuk mengikuti kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada 22 hingga 26 Maret 2019.

Sumber: Bola.com 

Berita video konvoi juara Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia U-22, di jalanan Jakarta yang dikawal para Polwan dan pengendara moge (motor gede).