Uji Nyali di Gua Halo Tabung Maratua, Siapa Berani?

Ohya, sebelum menceburkan diri ke kolam, jangan lupa memakai alat snorkeling terlebih dulu. Begitu pula dengan pelampung sebagai alat pengaman diri.

Kejutan akan Anda terima begitu masuk ke dalam air di Goa Halo Tabung. Meski berada di darat, air di tempat ini ternyata asin. Mata jelas akan perih bila memaksakan berenang ke dalam tanpa google atau alat snorkeling.

“Air laut masuk ke sini lewat celah-celah gua,” tutur pemandu kami saat itu.

Gua Halo Tabung berkedalaman sekitar 17 meter. Maka itu, akan repot bila barang yang dibawa tenggelam hingga ke dasar. Dari permukaan, kita bisa melihat ada semacam alur di dasar gua.

Tak ada hewan yang unik di sana. Tetapi, hijaunya pemandangan sekitar yang ditimpali suara jangkrik membuat suasana di sana sangat nyaman untuk menyepi dari penatnya ibu kota.

Bila ingin menguji nyali lebih besar, Anda bisa mencoba melompat dari pinggir tebing. Pelampung yang dipakai sangat disarankan dilepas dulu. Dengan ketinggian sekitar 5 meter, Anda bisa berteriak sepuasnya saat melompat.

Namun, jangan bermanuver terlalu ekstrem. Pasalnya, pinggir-pinggir gua terdapat bebatuan yang cukup tajam. Bila melompat terlalu ke pinggir, alih-alih kesenangan yang didapat, Anda malah akan celaka.

Jadi, siapa tertarik berkunjung ke Goa Halo Tabung?

Saksikan video pilihan berikut ini:

Bukan hanya lautnya yang jernih, Kepulauan Derawan kaya akan aneka biota laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *