Udara Tercemar, Negara Ini Bangun Penjernih Raksasa Setinggi 100 Meter

Sebuah menara eksperimental setinggi lebih dari 100 meter di China Utara dijuluki sebagai penjernih udara terbesar di dunia, seperti yang Liputan6.com lansir dari Daily Mail, Rabu (1/5/2019). Penjernih udara ini dibangun di Xian, provinsi Shaanxi. Menara ini diluncurkan oleh sebuah akademi pada tahun 2015 dan konstruksinya selesai tahun 2017 di zona pengembangan di distrik Changan.

Kepala penelitian, Cao Junji, mengatakan setelah diamati telah terjadi peningkatan kualitas udara di area seluas 10 kilometer persegi sejak 2018 lalu. Sistem ini bekerja melalui rumah kaca yang mencakup sekitar setengah ukuran lapangan sepak bola di sekitar dasar menara. Udara yang tercemar disedot ke dalam rumah kaca dan dipanaskan oleh energi matahari.

Udara panas kemudian naik melalui menara dan melewati beberapa lapis filter pembersih. Tim Cao mendirikan kurang lebih 12 stasiun pemantauan polusi di daerah itu untuk menguji kinerja menara tersebut. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menemukan metode yang efektif dan berbiaya rendah guna menghilangkan polutan dari atmosfer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *