KPUD: 12 Petugas KPPS di Jabar Meninggal dalam Tugas

Berikut data petugas KPPS di Jawa Barat yang meninggal dunia:

1. Kabupaten Purwakarta, yakni Deden Damanhuri (46 tahun) dan Carman (45 tahun). Penyebab kematian mengalami pecah pembuluh darah dan kondisi badan lemah.

2. Kabupaten Bandung, Indra Lesmana alias Alex (28 tahun), penyebab kematian awalnya mengeluh merasa mual/sakit.

3. Kota Bekasi Ahmad, Salahudin, Ketua KPPS TPS 081 Kelurahan Kranji Bekasi Barat, penyebab kematian tertabrak truk.

4. Kabupaten Tasikmalaya, yakni H Jeje dan Supriyanto efek Kecapaian di TPS, mempunyai riwayat jantung karena kelelahan.

5. Kabupaten Kuningan, yakni Nana Rismana karena kelelahan.

6. Kabupaten Bogor Jaenal (56 tahun), yakni kelelahan saat mengambil logistik di gudang penyimpanan

7. Kabupaten Karawang, yakni Yaya Suhaya diduga kelelahan.

8. Kota Sukabumi, yakni Tatang Sopandi (48 tahun) demam setelah beberapa hari, sebelumnya aktif membantu sorlip di gudang logistik KPU

9. Kabupaten Sukabumi, yakni Idris Hadi (64 tahun) dan Usman Suparman kelelahan pada saat P2S selesai (riwayat penyakit jantung).

KPU Data Petugas KPPS yang Sakit dan Meninggal dalam Tugas

Sebelumnya, tercatat ada empat orang petugas KPPS meninggal dunia yakni Agus Susanto (40) di TPS 04 Kelurahan Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Kemudian di Kabupaten Tasikmalaya yakni Supriyanto (54) TPS 11 Kampung Ciburaleng, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang dan Jeje (60) TPS 02 Kampung Mandala Mekar, Kecamatan Jatiwaras. Selain itu, Deden Damanhuri di TPS 03 Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta, Jawa Barat yang meninggal dunia saat bertugas.

Selain itu ada Rusdiono (60), petugas KPPS di TPS 97, Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor yang  meninggal dunia setelah tak sadarkan diri usai mengantar surat suara ke kantor kecamatan pada Kamis malam.

Sebelumnya, Ketua KPPS bernama Jaenal meninggal dunia setelah sempat pingsan usai melakukan pengecekan TPS 09 di Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Rabu, 17 April 2019.

13 Petugas Pemilu di Jawa Barat Gugur saat Jalankan Tugas

Sementara itu juru bicara Forum Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kota Bandung Dedi Kurniawan, dalam siaran persnya menuding otoritas penyelenggara pemilu setempat berbohong soal jaminan asuransi untuk KPPS.

“Data lengkap setelah dilantik tanggal 27 maret 2019 seluruh KPPS sudah dimasukkan ke KPU Kota Bandung. Data pun diminta disegerakan agar segera dapat didaftarkan ke Taspen. Pascadata sudah dikirim KPU, sudah tidak lagi meminta dan mendesak data karena pandangan kami data sudah masuk lengkap dan KPPS sudah dapat jaminan asuransi dari Taspen,” ujar Dedi.

Dedi menyebutkan dua orang KPPS di Kota Bandung pada dini hari pelaksanaan pemilihan dan hari sebelumnya dilaporkan meninggal dunia pada saat melaksanakan tugas. Pasca meninggalnya anggota KPPS yang telah diberikan surat keputusan itu, KPU baru menginformasikan bahwa kepesertaan Taspen KPPS diharuskan membayar Rp 6.000 per orang.

Alasan kepesertaan di Taspen harus membayar secara pribadi dari KPU, akibat pembayaran biaya oleh otoritas pemilu tersebut ditolak lantaran pengajuan anggarannya tidak disetujui. Hal ini dianggap mengecewakan.

“Info tersebut didapat pada saat kita tagih klaim. Seharusnya mereka kan yang menginformasikan hal tersebut jauh – jauh hari. Atas kekecewaan tersebut, kami melihat mekanisme komunikasi tidak dijalankan dengan baik. Semoga hal ini, menjadi catatan penting buruknya komunikasi ditataran penyelenggara pemilu,” terang Dedi.

Atas dasar tersebut, pihaknya akan menggalang koin untuk KPU. Teknisnnya setiap kecamatan akan mendonasikan uang senilai Rp 6.000.

Forum PPK Kota Bandung menyatakan duka cita mendalam terhadap anggotanya yang meninggal dunia saat bertugas. Total petugas KPPS yang emninggal dunia di Jawa Barat mencapai 13 orang, termasuk dua orang dari Kota Bandung yang tidak terekap oleh KPU Jawa Barat.

Legenda: Arsenal Punya Tugas Berat Tanpa Ramsey

Sabtu: 20 April 2019

18:30 WIB: Manchester City vs Tottenham Hotspur

21:00 WIB: AFC Bournemouth vs Fulham

21:00 WIB: Huddersfield Town vs Watford

21:00 WIB: West Ham United vs Leicester City

21:00 WIB: Wolverhampton Wanderers vs Brighton & Hove Albion

23:30 WIB: Newcastle United vs Southampton

Minggu: 21 April 2019

19:30 WIB: Everton vs Manchester United

22:00 WIB: Arsenal vs Crystal Palace

22:00 WIB: Cardiff City vs Liverpool

Selasa: 23 April 2019

02:00 WIB: Chelsea vs Burnley

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Arsenal menang atas Napoli pada Leg 1 lanjutan Perempat Final Liga Eropa dini hari tadi. Dua gol Arsenal dicetak masing-masing oleh Ramsey (14′) dan Gol bunuh diri Koulibaly (25′)

Ketua KPPS Tamansari Jakbar Meninggal Saat Tugas

Liputan6.com, Jakarta – Ketua KPPS 017 Tamansari, Jakarta Barat berinisial AS ditemukan meninggal dunia saat pemungutan suara Pemilu 2019. Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Metro Tamansari, AKBP Ruli Indra Wijayanto.

Ruli mengatakan, AS telah sakit sebelum ajal menjemput. Bahkan, rekan-rekannya telah menyarankan untuk beristirahat.

“Sebelumnya, kalau menurut keterangan sudah punya sakit, mungkin kondisinya kecapean, mungkin kondisinya punya sakit juga, beberapa kali sudah disarankan temen temennya,” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (17/4/2019).

Katanya, AS memghembuskan nafas terakhir saat menjalani tugas. Di mana dia pamit kepada temannya untuk tidur sejenak di dalam ruangan salah satu kantor yang dekat dengan TPS tempat ia bertugas.

“Nggak lama ditemukan tak bernyawa. Keluarga sudah suruh korban istirahat pada malam itu,” ujarnya.

Kini jasad korban sudah dikuburkan oleh pihak keluarga dan polisi memastikan AS meninggal karena penyakit.

Reporter: Ronald

Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

7 Potret Teman Ketika Dimintain Tugas Ini Bikin Ngakak, Ketahuan Pelitnya

Liputan6.com, Jakarta Setuju kan kalau masa-masa duduk di bangku sekolah adalah masa yang menyenangkan? Saking punya banyak kenangan yang tak terlupakan, enggak sedikit orang yang ingin mengulang masa-masa sekolah ini.  

Kegiatan di sekolah tentu tidak pernah terlepas dari tugas. Tetapi karena malas mencatat tugas atau merasa bingung akan tugas yang diberikan oleh guru, biasanya seseorang akan langsung bertanya pada temannya. Tetapi kocaknya, bukannya malah membantu, beberapa kelakuan netizen di bawah ini malah bikin ngakak. 

Penasaran kan gimana kelakuannya? Jangan-jangan kamu kayak gini juga nih. Enggak perlu berlama-lama dihantui rasa penasaran, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 7 potret teman ketika dimintain tugas yang bikin ngakak. 

Barcelona Lebih Dekat ke Gelar Juara, tapi Tugas Belum Usai

BarcelonaBarcelona memberi pukulan kepada Atletico Madrid dalam perburuan gelar Liga Spanyol. Meski demikian, Barcelona diingatkan kalau jalan menuju tangga juara masih panjang.

Laga antara dua tim teratas LaLiga, Barcelona vs Atletico, digelar di Camp Nou, Minggu (7/4/2019) dini hari WIB. Pertandingan tersebut dimenangi Barcelona dengan skor 2-1.

Dalam laga tersebut, Atletico sudah harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-28 usai Diego Costa mendapat kartu merah. Meski demikian, Barcelona harus menunggu hingga menit ke-85 sebelum akhirnya kebuntuan dipecahkan oleh Luis Suarez. Gol Lionel Messi semenit kemudian memastikan tiga angka untuk Blaugrana.

Dengan hasil tersebut, Barcelona semakin melebarkan jarak dengan Atletico di klasemen. Tim arahan Ernesto Valverde itu kini mengumpuilkan 73 poin dari 31 pertandingan, unggul 11 angka atas Atletico.

Dengan tujuh pertandingan tersisa, peluang Barcelona untuk merengkuh gelar juara Liga Spanyol terbuka lebar. Namun Barcelona diingatkan untuk menjaga fokus sampai titel benar-benar diamankan.

“Tiga poin fundamental, benar-benar hasil yang penting, kami lebih dekat tapi jalan masih panjang,” ujar Valverde seperti dikutip Sport.

“Anda harus menuntaskan tugas. Benar bahwa ini adalah pertandingan yang penting dan tiga poin ini bisa berarti banyak pada akhir musim.”

“Kami senang karena lawan yang kami hadapi, Atletico, adalah tim hebat yang bertarung sampai akhir dengan 10 orang,” katanya menambahkan.

(nds/raw)

Tugas Berat Polisi Cari Pelaku Mutilasi dan Kepala Mayat dalam Koper

Tugas Berat Polisi Cari Pelaku Mutilasi dan Kepala Mayat dalam Koper Budi Hartanto, korban mutilasi di Blitar/Foto: Instagram

Surabaya – Korban Mayat dalam koper, Budi Hartanto (28) ditemukan di Blitar pada Rabu (3/4) tanpa bagian kepala. Hingga saat ini polisi masih mencari bagian tersebut sekaligus memburu sang pelaku.

Kasat Reskrim Polresta Blitar AKP Heri Sugiono mengatakan, Budi warga Kelurahan Tamanan, Kecamatan Mojoroto, Kediri menjadi korban mutilasi. “Ya, di dalam koper yang ditemukan tidak ada kepalanya. Bagian itu terpenggal dari pangkal leher. Selain itu ada beberapa luka di bagian tubuh lainnya. Di antaranya tangan,” katanya.

Namun sebelum itu, korban diduga sempat menangkis bacokan yang dilancarkan pelaku. Dugaan tersebut berdasarkan beberapa luka bacokan di tangan Budi.

Kasubdit III Jatanras Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela mengatakan, dari pemeriksaan luka tangkisan di tangan korban bisa disimpulkan dugaan motif pelaku. Menurutnya, pelaku ingin melampiaskan dendam atau kemarahan secara membabi buta. Dugaan tersebut diperkuat dengan kepala korban yang dimutilasi.
“Kalau biasanya kasus mutilasi itu kan pelaku melampiaskan kemarahan atau dendamnya yang begitu membabi buta. Makanya dilakukan mutilasi,” kata Leo kepada detikcom di Surabaya.

Polda Jatim telah mengambil alih kasus pembunuhan Budi. Hingga kini, sebanyak 14 saksi telah diminta keterangan. Olah TKP juga kembali digelar di lokasi penemuan mayat dalam koper. Diduga, pelaku mutilasi lebih satu orang.

“Arah ke sana ada, karena tidak mungkin yang bersangkutan membuang seorang diri. Pasti ada yang nyetirin (Mobil),” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi detikcom.

Hingga saat ini, pencarian bagian kepala mayat dalam koper belum membuahkan hasil. Pencarian dilakukan di dua lokasi. Untuk Polresta Blitar masih terus mencari sekitar lokasi ditemukan koper yang berisi sebagian jasad korban.

Polisi juga melibatkan warga sekitar perbatasan Blitar-Kediri untuk berperan aktif ikut mencari kepala korban. “Selain menyisir beberapa lokasi, tim penyidik juga menyebarkan informasi ini ke semua media. Kami juga melibatkan masyarakat sekitar lokasi kejadian untuk ikut mencari. Dan secepatnya melaporkan jika ada temuan,” kata Barung.

Sementara untuk lokasi di Kediri, penyisiran dilakukan di sekitar rumah korban, GOR tempat korban memiliki usaha warung serta tempat korban melatih tari. Selain itu, polisi masih mencari saksi lain yang mengetahui keberadaan korban terakhir kali.

Sementara Kasubdit III Jatanras Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela mengatakan pihaknya masih berfokus pada pemeriksaan saksi-saksi terkait penemuan mayat dalam koper.

“Kalau dari penyidik Poolres Blitar Kota bergabung sama Kediri kan masih mintakan keterangan beberapa kawannya yang terakhir ketemu atau bersama dengan korban di sanggar. Habis gitu kan dianya pergi ke mana, masih diselidiki. Kita fokusnya masih di situ,” pungkas Leo.
(sun/fat)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fungsi Perwakilan Diplomatik, Tugas dan Peranannya Bagi Negara

Sebagai representasi negaranya di negara lain, fungsi perwakilan diplomatik sangatlah besar untuk hubungan negara dengan negara lain maupun dengan organisasi dunia lain.

Berdasar Konvensi Wina pada tahun 1961, pada pasal 3 ayat (1), ada beberapa fungsi perwakilan diplomatik yang perlu kita ketahui, seperti:

1. Fungsi Mewakili

Untuk mewakili kepentinan negara sebagai pengirim pada negara penerima.

2. Fungsi Melindungi

Untuk melindungi kepentingan negara sebagai pengirim maupun warga negaranya pada negara penerima.

3. Fungsi Mengadakan

Untuk mengadakan persetujuan bersama pemerintah dari pihak negara penerima.

4. Fungsi Memberikan

Untuk memberi laporan secara berkala mengenai kondisi dan pertumbuhan dalam bidang ekonomi, militer, serta ilmu pengetahuan maupun lain-lain pada negara penerima.

5. Fungsi Meningkatkan

Untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara dalam berbagai bidang, misalnya bidang perdagangan pendidikan & kebudayaan.

Sedangkan berdasarkan pasal 5 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 2003 Tanggal 31 Desember 2003, Tentang Organisasi Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, Fungsi Perwakilan Diplomatik antara lain :

1. Peningkatan dan pengembangan kerjasama politik dan keamanan, ekonomi, sosial dan budaya dengan Negara Penerima dan/atau Organisasi Internasional

2. Peningkatan persatuan dan kesatuan, serta kerukunan antara sesama Warga Negara Indonesia di luar negeri

3. Pengayoman, pelayanan, perlindungan dan pemberian bantuan hukum dan fisik kepada Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, dalam hal terjadi ancaman dan/atau masalah hukum di Negara Penerima, sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional, hukum internasional, dan kebiasaan internasional

4. Pengamatan, penilaian, dan pelaporan mengenai situasi dan kondisi Negara Penerima;

5. Sebagai konsuler dan protokol

6. Perbuatan hukum untuk dan atas nama Negara dan Pemerintah Republik Indonesia dengan Negara Penerima

7. Kegiatan manajemen kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pengamanan internal Perwakilan, komunikasi dan persandian

8. Fungsi-fungsi lain sesuai dengan hukum dan praktek internasional.

Tugas MU Selanjutnya: Dukung Solskjaer di Bursa Transfer

ManchesterManchester United sudah mempermanenkan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajernya. Selanjutnya, The Red Devils harus mendukung sang manajer di bursa transfer.

MU resmi mempermanenkan Solskjaer sebagai manajernya pada Kamis (28/3/2019). Setelah tiga bulan cuma berstatus interim pengganti Jose Mourinho, Solskjaer naik jadi manajer tetap hingga 2022.

Solskjaer awalnya ditunjuk MU untuk menggantikan Mourinho. 19 laga sudah dilakoninya, dengan catatan meraih 14 kemenangan, tiga kali kalah, dan dua kali berimbang. MU pun bisa bersaing memperebutkan posisi empat besar di klasemen Liga Inggris dan melaju ke perempatfinal Liga Champions.

Gary Neville, mantan pemain MU, menilai Solskjaer memang layak dipertahankan. Ia juga menyarankan Setan Merah kini bisa mendukung mantan rekan setimnya itu di bursa transfer musim panas mendatang.

“Saya turut senang untuk Ole. Saya tak berpikir ini bisa terjadi ketika dia baru diangkat. Tapi hasil dan semangat di klub benar-benar hebat sejak dia datang dan dia pantas mendapatkannya,” ujar Neville pada akun twitternya.

“Sekarang dia membutuhkan dukungan penuh di bursa transfer terutama soal finansial dan mendapat sumber daya yang tepat,” tambahnya.

Di bursa transfer, setidaknya Solskjaer punya banyak PR di MU. Dilansir Sky Sports, selain mempertahankan Ander Herrera yang kabarnya diminati Paris Saint-Germain, Solskjaer dilaporkan tengah mengincar beberapa nama untuk mengukuhkan lini belakang tim.

(yna/raw)