Trump Tunjuk Dubes AS untuk PBB Pengganti Haley Pekan Ini

New York – Nikki Haley mengundurkan diri sebagai Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB. Presiden AS Donald Trump menyatakan dia akan menunjuk pengganti Haley pada akhir pekan.

“Saya akan mengumumkan Dubes untuk PBB sebelum akhir pekan ini,” kata Trump kepada wartawan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (6/11/2018).

Sebelumnya Haley tidak mengungkapkan alasannya mengundurkan diri selain mengatakan ingin beristirahat. Namun dikatakannya, penting untuk memahami kapan waktu yang tepat untuk mundur.

Haley juga menegaskan bahwa pengunduran dirinya tidak terkait dengan rencana mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan presiden pada 2020. Banyak pihak yang menganggap Haley sebagai salah satu alternatif Partai Republik selain Trump dalam pemilihan mendatang.

Selama menjabat, Haley telah menjadi favorit di Israel seiring upayanya mendorong kebijakan keras terhadap Iran — musuh lama Israel — dan memimpin AS untuk mundur dari keanggotaan Dewan HAM PBB, dan menudingnya bias terhadap AS dan Israel.

PM Israel Benjamin Netanyahu memuji Nikki Haley yang baru saja mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Dubes Amerika Serikat untuk PBB.

“Saya berterima kasih pada dubes Nikki Haley atas perjuangannya yang tanpa kompromi terhadap kemunafikan PBB,” tulis PM Benjamin Netanyahu di akun resmi Twitter-nya seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (10/10), seraya mendoakan kesuksesan untuknya di masa mendatang.
(rna/knv)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *