Trik Kuat Lari Minim Cedera untuk Pemula, Cicil Saja

Dodit juga mengungkap, pelari pemula sebaiknya jangan dulu menargetkan kilometer saat berlari, tetapi lebih ke waktu. Waktu yang disarankan adalah 30 menit dulu. “Tapi, untuk pemula, lari 30 menit konstan itu berat lho,” katanya.

Karenanya, ia menyarankan agar para pelari pemula mencicil lari 30 menit menjadi tiga bagian. Maksudnya, Anda berlari terus menerus 10 menit, kemudian diselingi jalan 3-5 menit, terus berulang hingga target 30 menit berlari selesai.

Bila badan sudah mulai kuat, bagi lari 30 menit Anda menjadi 15 menit diselingi jalan 3-5 menit dan dilanjutkan lagi ke sesi 15 menit sisanya. Setelah dirasa mampu, naikkan target Anda menjadi 20 menit berlari baru diselingi jalan 3-5 menit, dan menyelesaikan 10 menit sisanya.

“Setelah kuat, baru 30 menit penuh. Kalau sudah stabil, Anda baru bisa menargetkan kilometer yang mau dicapai,” tutur Dodit.

Ia menyarakan, latihan lari dijalani minimal tiga kali seminggu. Masing-masing dimulai dengan pemanasan yang cukup dan diakhiri dengan pendinginan agar risiko cedera minim. Jadi, siapkan berlari dengan lebih rutin tahun ini?

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ambon diguncang gempa magnitudo 4,6. Warga yang panik berlarian menyelamatkan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *