Trik Dokter Bikin Pasiennya Langsung Berhenti Merokok, Bisa Nih Dicoba!

Jakarta – Ampun deh susah banget untuk mengingatkan pasangan atau teman terdekat untuk berhenti merokok. Padahal, bahaya yang muncul karena rokok enggak sembarangan lho.

Nah, dokter spesialis jantung, dr Vito A. Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA yang juga penulis buku ‘Sebelum Anda Pergi ke Dokter Jantung’ membagikan triknya nih yang biasa mengingatkan pasiennya untuk sadar akan bahaya rokok.

Jadi gini, rokok berefek samping sistemik ke seluruh tubuh, bukan cuma ke jantung saja. Rokok merupakan salah satu faktor risiko dari kanker mulut, kanker tenggorokan dan paru. Selain itu, rokok juga membuat inflamasi atau peradangan dalam pembuluh darah termasuk di jantung dan pembuluh darah lainnya.


“Misalnya kita bilang ke laki-laki nih ‘pak jangan ngerokok pak nanti serangan jantung,’ dia mikirnya ‘ah meninggal mah meninggal aja’. Tapi kalau aku bilang gini ‘pak kalau bapak ngerokok bapak mungkin ga mati atau serangan jantung, tapi bapak enggak bisa ‘naik’ alias lemah syahwat (disfungsi ereksi). Dia lebih takut itu, langsung ‘ah masa sih? Pantesan saya…’, ‘nah itu makanya’. Saya kasih tau komplikasi lainnya,” katanya sambil tertawa kecil menceritakan triknya.

Sedangkan perempuan, justru masih banyak yang ‘kepedeaan’ merasa kecil sekali risikonya terkena penyakit jantung karena rokok. Karena itu, triknya juga mesti sedikit berbeda dari laki-laki. Bilang apa dong, dr Vito?

“Kalau perempuan saya bilang ‘wah ibu mata makin turun ya. Itu keliatan kok senyumnya udah mulai ada kerutan,’ nanti dia jawab ‘masa iya?’ nah saya jawab ‘itu karena rokok bu’. Berhenti ntar,” ujarnya.

Haha, boleh juga dicoba ya nasihatnya untuk mengingatkan pasangan kita agar berhenti merokok.

(ask/up)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *