5 Bandara Ternyaman di Dunia, Bakalan Bikin Kamu Betah Transit Lama-Lama

Bandara Internasional Hamad sering di sebut-sebut oleh para pecinta traveling dunia sebagai bandara yang ideal untuk transit. Jika terbang dengan kelas bisnis Qatar Airways, kamu akan mendapatkan akses ke Al Mourjan Business Lounge, yang mencakup shower mewah, pod tidur siang, ruang makan besar, dan bar kelas atas.

Terbang dengan first class? Kamu dapat pergi ke Al Safwa First Lounge, di mana akan menemukan kamar tidur pribadi, makanan mewah, dan melihat arsitektur keren di Lounge. Bandara Doha juga memiliki berbagai toko bebas bea dan memiliki arsitektur bandara paling lucu di dunia. Itu karena ada beruang teddy perunggu setinggi 23 kaki yang duduk di dalam lampu.

4 Kebijakan Anies Usai Ditinggal Sandi hingga yang Menuai Kontroversi

Liputan6.com, Jakarta – Memimpin Jakarta sendirian, itulah yang dilakukan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI sepeninggal Sandiaga Uno yang memilih mendampingi Prabowo sebagai cawapresnya di Pilpres 2019.

Kurang lebih 7 bulan sudah, terhitung dari Agustus 2018, Anies menata Ibu Kota tanpa seorang wakil gubernur. Satu harapannya untuk sosok yang akan menemaninya memimpin DKI Jakarta, kerja keras dan all out.

“Kemudian kalau (di) Jakarta harus mau kerja keras, jadi jangan tanggung. Harus all out, tuntas,” kata Anies.

Sempat diwarnai tarik ulur antara Gerindra dan PKS selaku partai pengusung, kini dua nama telah dipastikan akan memperebutkan posisi orang nomor 2 di DKI Jakarta sebagai pendamping Anies Baswdean. Mereka adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaiku. Fit and proper test juga sudah dilakukan.

Sejak ditinggal Sandi sejak Agustus 2018, tak sedikit kebijakan penting telah diwujudkan untuk mengubah wajah Jakarta oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Tidak hanya perubahan drastis dari sisi pembangunan di perkotaan maupun birokrasi, kebijakannya dengan merotasi ribuan pejabat di lingkungan Pemprov DKI belakangan ini masih jadi sorotan. Bahkan ada yang menilainya kebijakan tersebut berbau politis.

Berikut sejumlah kebijakan Anies Baswedan selama memimpin Jakarta sendiran dalam hal menata Ibu Kota sekaligus yang tuai kritikan:

2 dari 6 halaman

1. Rotasi Ribuan Pejabat DKI

Tercatat ada sekitar 1.125 pejabat di lingkungan Pemprov DKI yang dirotasi, Senin, 25 Februari kemarin di halaman Balai Kota. Terdiri dari 15 pimpinan tinggi pratama atau eselon II (setingkat kepala dinas), 274 administrator atau eselon III (setingkat camat) dan 836 pengawas atau eselon IV (setingkat lurah).

Banyak pihak yang menilai kebijakan tersebut sangat kental aroma politis. Salah satunya diungkap oleh Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi.

Pras menduga pencopotan pejabat DKI yang dilakukan Anies karena faktor like and dislike.

“Ini aneh ini buat saya dan tempat-tempat itu kok berbaunya politis sekali,” ujar Prasetio di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Selasa, 26 Februari 2019.

Perombakan jabatan di level kepala dinas memang menjadi hak diskresi gubernur. Namun, lanjut Pras, pencopotan pejabat eselon III seperti camat dan eselon IV dinilai tidak bijak.

Terkait tudingan tersebut, Anies pun angkat bicara. Di sisi lain Anies mengatakan, dirinya tak bisa melarang siapapun untuk mengemukakan pendapat. Namun, perihal rotasi serta mutasi yang dilakukannya terhadap jajarannya didasarkan atas evaluasi kinerja, bukan personal.

“Ini adalah semua soal kinerja selama satu setengah tahun ini. Dan imajinasi orang boleh-boleh saja ya,” ungkap Anies Baswedan.

3 dari 6 halaman

2. Copot Pejabat DKI Terlibat Jual Beli Jabatan

Selain rotasi jabatan, mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi ini belum lama ini menyatakan akan mencopot pejabat Pemprov DKI Jakarta bila terbukti terlibat dalam jual beli jabatan lurah dan camat.

Dia menyebut itu bentuk penyuapan jika pejabat memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan kedudukan.

“Kalau dia tidak lapor dan kemudian hari ketahuan, langsung saya copot. Karena berarti itu penyuapan,” kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).

Akan tetapi, Anies menyebut itu pemerasan bila terdapat pejabat dipaksa untuk memberikan kepada oknum ketika proses rotasi.

4 dari 6 halaman

3. Serahkan 500 Sertifikat Tanah

Bertempat di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan 500 sertifat tanah kepada warga Cipayung dan Makasar. Penyerahan sertifikat berdasarkan arahan dari program pemerintah pusat.

Selain itu, lanjut Anies, sertifikat tersebut merupakan bentuk kepastian hukum, sehingga tidak mudah untuk diakui oleh pihak lain.

“Jangan sampai Bapak Ibu terima sertifikat, habis itu ada yang datang dengan iming-iming, malah langsung dijual. Malah langsung laku, langsung gak punya tanah lagi nanti,” kata Anies Baswedan, Kamis (18/2/2019).

5 dari 6 halaman

4. Resmikan 3 JPO Senilai Rp 53 M

JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan, dua jembatan yang kini telah direvitalisasi oleh Anies Baswesdan. Selain untk menghadirkan fasilitas untuk masyarakat, Anies menyebut JPO dapat menjadi salah satu ikon Ibu Kota.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, JPO Bundaran Senanya, JPO GBK dan JPO Polda Metro secara resmi dibuka,” ucap Anies di Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Tak seperti JPO pada umumnya, dua jembatan yang baru saja diresmikan ini memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya memiliki lampu LED dan lampu sorot warna warni RGB, CCTV 24 jam, tong sampah, dan disertai lift yang ramah wanita hamil dan penyandang disabilitas.

“Saya selalu menggarisbawahi (JPO) dirancang untuk bisa ramah bagi disabilitas. Kesataraan fasilitas bagi semua warga ibu kota, kususnya penyandang disabilitas,” ujar dia.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Beroperasi Maret, LRT Mulai Uji Coba di Stasiun Velodrome Rawamangun

Fokus, Jakarta – PT Light Rapid Transit (LRT Jakarta melakukan proses uji coba yang dimulai dari stasiun velodrome Rawamangun. Secara fisik, stasiun ini sudah terlihat siap beroperasi, baik lalu lintas penumpang, rambu dan petunjuk, serta sistem tiketing.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (26/2/2019), dalam uji coba ini, perjalanan ke Stasiun Kelapa Gading membutuhkan waktu sekitar 19 menit.

Direktur Utama LRT, Allan Tandiono, menyatakan pembangunan fisik stasiun dan jalur sudah mencapai 99 persen. Saat ini, tengah menunggu proses pengujian sistem perkeretaapian dari Kemenhub, sertifikasi SDM, finalisasi dokumen SOP pengoperasisn dan perawatan.

Proses pengujian sertifikasi dan perizinan, ditargetkan selesai di bulan Maret.

Seluruh proses yang tengah ditempuh untuk memastikan dan menjamin keselamatan dan kehandalan sistem operasi berjalan baik. Pihak LRT juga masih menunggu keputusan dari Pemprov DKI untuk penentuan tarif dan tanggal resmi pengoperasian LRT Jakarta ini.

“Semua proses pengujian dimantapkan dalam satu sampai dua minggu, dengan target akhir bulan depan selesai. Dan kita menunggu penetapan tanggal dimulainya tanggal operasional oleh Pemprov DKI Jakarta,” kata Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono.

Proses sosialisasi penggunaan LRT, PT LRT bekerja sama dengan PT Transjakarta mulai tanggal 4 sampai 17 Maret 2019.

Warga yang menaiki jak24 rute Pulo Gadung-Pasar Senen, diperbolehkan naik LRT secara gratis dari pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB melalui stasiun Kelapa Gading. (Rio Audhitama Sihombing) 

Heboh Penumpang China Airlines Bawa Ratusan Proyektil Masuk RI

Jakarta – Penumpang China Airlines, SP (36), yang ditangkap di Bandara Internasional Surabaya karena membawa 400 proyektil bikin heboh. Dia mengaku proyektil itu akan digunakan untuk berburu.

SP merupakan penumpang pesawat China Airlines CI-751 dari Taiwan. Dia transit di Singapura sebelum kemudian mendarat di Bandara Internasional Juanda, sekitar pukul 23.00 WIB, Sabtu (23/2).

Saat diperiksa menggunakan X-ray di Bandara Juanda, petugas menemukan lima bungkus mencurigakan berbalut isolasi warna putih yang ditempatkan di antara tumpukan baju di dalam koper. Saat dibuka, lima bungkus berbalut isolasi warna putih itu berisi total 400 butir proyektil senjata api berbagai jenis.
Proyektil tersebut dibawa dengan bungkus yang dibalut isolasi berwarna putih. 400 Proyektil yang dibawa SP terdiri dari 100 buah Splitzer Caliber 30, 200 buah Held-X Caliber 30, dan 100 buah Hornady ELD-X Caliber 700 mm.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan SP mengaku mendapatkan proyektil itu dari USA. Proyektil itu akan dirakit lagi dan dimasukkan dalam selongsong yang berisi bubuk mesiu.

Meski membawa proyektil, menurut Kombes Barung, SP tak ditahan. Definisi proyektil yang bukan merupakan senjata api berdasarkan Undang-Undang 12 tahun 1951 tentang senjata api membuat polisi tak bisa menahan SP.

“Orang tersebut membawa salah satu komponen amunisi, jadi amunisi itu ada satu, bahan ledak. Dua, selongsong, ada hulu ledak dan kemudian ada proyektilnya. Yang dibawa oleh yang bersangkutan adalah bagian dari pada amunisi yaitu proyektil saja,” papar Barung.

“Sehingga kita tidak dapat melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan, karena tidak melanggar undang-undang 12 tahun 1951,”tambahnya.

Sementara itu, Karo Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan SP telah ditetapkan tersangka. SP juga ditahan oleh Polresta Sidoarjo.

“Saat ini untuk tersangka tersebut sudah menjalani proses hukum oleh Polresta Sidoarjo, sudah dilakukan penyidikan dan penahanan oleh Polresta Sidoarjo,” kata Dedi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

Dedi mengatakan, SP dijerat Undang-undang Nomor 12 Tahun 1951 tentang penguasaan senjata api. Kepada polisi tersangka mengaku akan merakit proyektil tersebut untuk berburu.

“Dari hasil keterangan tersangka, itu akan dirakit kembali kemudian untuk kepentingan berburu, itu nanti akan didalami,” ujar Dedi.

SP juga mengaku sebagai anggota Perbakin. Namun setelah dicek, nama SP tidak terdaftar.

“Pengakuan seperti itu tapi dari data yang sudah dilakukan klarifikasi yang bersangkutan tidak terdaftar. Yang bersangkutan sebagai anggota klub menembak, cuma masih didalami oleh Polresta Sidoarjo,” ujar Dedi.
(idh/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Penampakan LRT Jakarta yang Siap Beroperasi Maret 2019

Liputan6.com, Jakarta – Selain Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta, warga DKI Jakarta dipastikan akan menikmat moda transportasi kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta pada bulan depan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kondisi LRT Jakarta memang sudah cukup laik untuk disinggahi oleh para penumpang. Selain cepat dan nyaman, LRT Jakarta sudah dilengkapi dengan AC agar pengguna merasa nyaman didalamnya.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono menjelaskan, progres pembangunan LRT Jakarta telah mencapai 99,9 persen. Pihaknya mengaku siap mengoperasikan LRT pada bulan Maret 2019.

“Sekarang ini kami sedang mengejar proses pengujian sistem perkeretaapian dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan sertifikasi SDM juga sedang berlangsung serta tim merapat dengan tim kementerian untuk finalisasi SOP perawatan,” ujarnya di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Senin (25/2/2019).

Dia melanjutkan, untuk saat ini pihaknya tengah menantikan penetapan tarif LRT Jakarta oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

“Kita belum bisa sampaikan kisaran harganya, karena semua kita tunggu dari Pemprov,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama TransJakarta Agung Wicaksono menerangkan, keberadaan LRT Jakarta ini nantinya ialah upaya pemerintah untuk mengintegrasikan moda transportasi umum.

“LRT ini hadir untuk integrasi. Oleh karena itu kami siap untuk menggandeng MRT dan LRT,” tandasnya.

2 dari 3 halaman

Penampakan LRT Jakarta

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Beroperasi Maret, Tarif LRT Jakarta Tunggu Penetapan Pemprov DKI

Liputan6.com, Jakarta Proses pembangunan moda transportasi kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Jakarta telah mencapai 99 persen. LRT Jakarta dengan rute Kelapa Gading-Velodrome itu kini tengah dalam proses penentuan tarif yang akan  dikenakan ke masyarakat.

Direktur Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono menjelaskan, pada dasarnya LRT Jakarta telah siap untuk beroperasi. Saat ini pihaknya masih menanti penentuan besaran tarif LRT Jakarta dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Untuk kisaran tarifnya, kita masih menunggu dari Pemprov ya. Tetapi konstruksi fisik kita sampaikan sudah mencapai 99 persen,” ungkap dia di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Senin (25/2/2019).

Dia pun menegaskan jika kabar yang menyebutkan besaran tarif LRT Jakarta  ditetapkan sebesar Rp 12 ribu tidak benar. Besaran tarif tersebut dikatakan untuk LRT Jabodebek bukan tarif LRT Jakarta.

“Jangan salah diartikan. Yang Rp 12 ribu itu LRT Jabodebek bukan LRT Jakarta,” ungkap dia.

Dia melanjutkan, pada pekan ini pihaknya akan terus mematangkan kesiapan LRT Jakarta terutama dari segi keselamatan penumpang.

“Ada hal-hal yang harus kita tekankan bahwa pengoperasian LRT butuh banyak proses pengujian sekaligus untuk memastikan bahwa kehandalan sistem dapat terjamin oleh semua penumpang,” pungkas dia.

2 dari 2 halaman

LRT Jakarta Targetkan Sertifikasi Pekan Ini

Moda transportasi kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta kini tinggal menghitung waktu untuk beroperasi secara komersial pada Maret 2019.

Pekan ini, manajemen perusahaan menargetkan untuk merampungkan proses sertifikasi. Direktur Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono menuturkan, saat ini perkembangan LRT Jakarta untuk rute Velodrome-Kelapa Gading telah mencapai 99 persen. Pihaknya mengaku akan merampungkan proses sertifikasi pada satu hingga dua pekan ini.

“Seperti yang disampaikan Pak Menhub, konstruksi fisik sudah 99 persen ya. Saat ini kami sedang kejar proses pengujian sistem perkeretaapian dengan Kemenhub dan sertifikasi,” ujarnya di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Senin (25/2/2019).

Dia mengungkapkan, untuk mengejar target pengoperasian LRT Jakarta secara komersial pada bulan depan, kini perusahaan fokus untuk menguji kelaikan moda serta aspek keselamatan bagi para penumpang.

“Ada hal-hal yang harus kita tekankan bahwa pengoperasian LRT butuh banyak proses pengujian sekaligus untuk memastikan bahwa kehandalan sistem dapat terjamin oleh semua penumpang,” ujar dia.

Sementara itu, untuk kisaran tarif yang akan dikenakan, hingga kini, dia mengaku masih menunggu ketetapan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. “Penetapan tarif masih menunggu dari Pemprov ya,” tegas dia.

LRT Jakarta Targetkan Sertifikasi Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta – Moda transportasi kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta kini tinggal menghitung waktu untuk beroperasi secara komersial pada Maret 2019.

Pekan ini, manajemen perusahaan menargetkan untuk merampungkan proses sertifikasi. Direktur Utama PT LRT Jakarta, Allan Tandiono menuturkan, saat ini perkembangan LRT Jakarta untuk rute Velodrome-Kelapa Gading telah mencapai 99 persen. Pihaknya mengaku akan merampungkan proses sertifikasi pada satu hingga dua pekan ini.

“Seperti yang disampaikan Pak Menhub, konstruksi fisik sudah 99 persen ya. Saat ini kami sedang kejar proses pengujian sistem perkeretaapian dengan Kemenhub dan sertifikasi,” ujarnya di Stasiun Velodrome, Jakarta Timur, Senin (25/2/2019).

Dia mengungkapkan, untuk mengejar target pengoperasian LRT Jakarta secara komersial pada bulan depan, kini perusahaan fokus untuk menguji kelaikan moda serta aspek keselamatan bagi para penumpang.

“Ada hal-hal yang harus kita tekankan bahwa pengoperasian LRT butuh banyak proses pengujian sekaligus untuk memastikan bahwa kehandalan sistem dapat terjamin oleh semua penumpang,” ujar dia.

Sementara itu, untuk kisaran tarif yang akan dikenakan, hingga kini, dia mengaku masih menunggu ketetapan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. “Penetapan tarif masih menunggu dari Pemprov ya,” tegas dia.

2 dari 2 halaman

Tarif LRT Jabodebek Dipatok Rp 12 Ribu

Sebelumnya, perkembangan Proyek LRT Jabodebek sudah mencapai 58 persen. Bahkan untuk lintas Cibubur-Cawang uji coba perdana pada Juni 2019.

Lalu seberapa besar harga tiket LRT saat nanti beroperasi?

Kepala Divisi LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia (Persero) John Roberto mengatakan tarif LRT masih akan mendapatkan subsidi dari pemerintah.

“Jadi kalau dari hitung-hitungan kita tarif keekonomian itu kan Rp 30 ribu. Namun kemampuan beli masyarakat itu Rp 12 ribu. Sekali jalan flat segitu,” kata John di Hotel Grandhika, Jakarta, Jumat 15 Februari 2019.

Kemudian untuk kemudahan pembayaran,  dia mengatakan, akan diterapkan sistem ticketing yang berintegrasi dengan penggunaan metode pembayaran KRL.

Menurutnya, PT KAI sudah berkoordinasi dengan PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) untuk mengintegrasikan operasional pembayaran dengan metode KRL. Bahkan nantinya bakal bersinergi dengan MRT.

“Karena ini nanti semua akan terintegrasi, LRT, MRT, KRL di Dukuh Atas,” tegas dia.

LRT Jabodebek nantinya berkapasitas 750 sampai 1.200 penumpang dalam sekali angkut. Pada jam normal, diprediksi sekali jalan angkutan tersebut mampu melayani sekitar 200 orang.

LRT Jabodebek beroperasi dengan 31 train set. Setiap train set, menggunakan enam gerbong.

Dalam sehari, direncanakan ada 430 perjalanan dari Cibubur menuju Dukuh Atas pulang-pergi dan 430 perjalanan dari Bekasi menuju Dukuh Atas pulang-pergi.

“Sehingga nanti setiap hari LRT Jabodebek ini mampu mengangkut sekitar 500 ribu penumpang,” pungkasnya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bawa Ratusan Amunisi Senpi, Penumpang Pesawat Diamankan di Bandara Juanda

Surabaya – Seorang penumpang pesawat terbang diamankan saat turun di Bandar Udara Internasioal Juanda Surabaya, Sidoarjo, Jawa Timur. Penumpang yang menumpang pesawat Cina Airlines itu diamankan karena membawa ratusan amunisi senjata api berbagai jenis.

“Pelaku menumpang pesawat Cina Airlines CI-751 dari negara Taiwan, transit di Singapura, sebelum kemudian mendarat di Bandara Internasional Juanda, Sabtu sekitar pukul 23.00 WIB,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera, seperti dikutip dari Antara, Minggu (24/2/2019).

Barung mengungkapkan, pelaku berinisial SP (36) warga Bukit Pakis Utara, Surabaya. Barang-barang bawaan SP dinilai mencurigakan saat melewati deteksi Sinar X di Bandara Juanda Surabaya.
“Kemudian dilakukan pemeriksaan secara manual dengan membongkar barang-barang di dalam koper yang dibawanya,” katanya.

Saat diperiksa, petugas menemukan lima bungkus mencurigakan berbalut isolasi warna putih yang ditempatkan di antara tumpukan baju di dalam koper. Menurut Barung, lima bungkus berbalut isolasi warna putih itu setelah dibongkar berisi total 400 butir proyektil senjata api berbagai jenis. Selain itu, juga ada beberapa bagian senjata api yang dibawanya.

Barung mengatakan, dalam penerbangan itu SP tidak sendirian. Dia bersama tiga anggota keluarganya, masing-masing berinisial SoP, TV, dan SIP, yang semuanya terdata sebagai Warga Negara Indonesia.

“Mereka mengaku pulang liburan dari Oregon, Amerika Serikat. Dari sanalah ratusan proyektil senjata api berbagai jenis ini didapat,” ujar Barung.

SP dalam penyelidikan sempat menunjukkan kartu anggota Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Nomor 1177/13/B/2017 atas namanya sendiri. Barung mengatakan hingga saat ini penyelidikan masih berlangsung.

“Kami menduga ratusan amunisi proyektil dan beberapa bagian senjata api itu dibawanya masuk ke Indonesia secara ilegal,” pungkasnya.
(mae/zap)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jusuf Kalla Terbang ke Makassar Lantik Pengurus PMI

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Makassar untuk melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara Masa Bakti 2018-2023 di Hotel Grand Claron Makassar, Minggu (24/2/2019).

Wapres Jusuf Kalla bersama istri, Mufidah Kalla dan rombongan berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pukul 07.35 WIB dengan menggunakan pesawat khusus kepresidenan Bae RJ-85. Demikian dilansir dari Antara.

Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI ini, juga melantik Ketua PMI Provinsi Sulsel Ichsan Yasin Limpo, Ketua PMI Provinsi Sulbar Enny Amggraeny Anwar, dan Ketua PMI Provinsi Sultra Abdurrahman Saleh.

Usai pelantikan, Jusuf Kalla dan Mufidah Kalla beranjak ke kediaman pribadi di Jalan Haji Bau, Makassar.

2 dari 3 halaman

Kembali Senin

Wapres beserta rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta, Senin 25 Februari 2019.

Dia lalu dijadwalkan membuka Simposium Nasional Tantangan Program Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Istana Wapres Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

JK: Hampir 4,5 Tahun Bersama, Jokowi Tidak Pernah Bicara Proyek Pribadi

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK memuji sikap Presiden Joko Widodo atau Jokowi. JK mengatakan, bahwa Jokowi tak penah membicarakan soal proyek atau hal hal yang menguntungkan pribadi kepadanya.

Hal itu disampaikan JK dalam acara Silaturahmi Nasional Institut Lembang Sembilan Sembilan Tahun 2019 di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019) malam.

“Saya ingin menyampaikan pada Anda semua seperti contoh, saya sudah hampir 4,5 tahun dengan Pak Jokowi. Dan 4,5 tahun tidak pernah sekalipun kita berbicara tentang proyek pribadi. Tidak ada. Tidak pernah. Dan setahu saya juga dia tidak pernah berbicara pada saya tentang hal-hal tersebut,” kata JK.

Menurut JK, suatu negara akan rusak bila presiden dan keluarga melakukan nepotisme. Namun, hal itu tidak dilakukan oleh Jokowi. Padahal, Jokowi sangat mudah bila ingin memberikan proyek kepada keluarganya.

“Anda tentu tahu putra beliau 2, satu jual martabak dan katering, cukup baik, satu jual pisang. Tidak ada yang proyek jalan atau proyek industri, ndak ada. Artinya tidak akan terjadi nepotisme. Apa susahnya sebenarnya beliau menunjuk suatu proyek, tapi tidak,” terangnya.

Selain itu, kata JK, Jokowi adalah sosok yang demokratis. JK bercerita bahwa Jokowi selalu memutuskan semua hal lewat mekanisme rapat. Kata dia, Jokowi sering menggelar rapat kabinet hampir tiap hari. Terkadang, sehari bisa sampai 2-3 kali. Menurutnya, hal tersebut untuk mencerminkan bila Jokowi selalu berusaha untuk adanya kebersamaan.

“Sehingga tiap tahun lebih dari 200x rapat tiap tahun. Jadi bayangkan kenapa saya harus pindah kantor dekat presiden, supaya mudah keluar rapat saya datang. Kalau di Merdeka Selatan itu mesti naik mobil lagi ke seberang,” ungkap JK.

“Itu artinya beliau sangat demokratis. Ingin demokratis, menjalankan demokrasi. Tanpa ingin memaksakan kehendak. Jadi, kemungkinan untuk otoriter tidak akan terjadi,” sambungnya.


2 dari 2 halaman

Tak Jerumuskan Bangsa

Politikus senior Partai Golkar itu menambahkan, dalam menjalankan kenegaraan wajib diusahakan secara demokratis dan tidak melanggar aturan. Hal itu pun tercermin dari sikap Jokowi yang ingin memajukan bangsa.

“Maka, kenapa saya di mana-mana juga berbicara saya memilih pasangan 01, karena itu bahwa itu tidak akan menjerumuskan bangsa,” ucap JK.

Menurut JK, pemimpin otoriter dan nepotisme bisa membuat negara hancur. Dia mencontohkan negara Venezuela yang dikenal mempunyai cadangan minyak terbesar di dunia kini menjadi negara miskin karena pemimpinnya nepotisme dan otoriter. Hal itu pun juga terjadi di negara-negara Timur Tengah. Terlebih, Indonesia pernah mengalami masa kepemimpinan yang otoriter.

“Karena itulah mengapa kita mempunyai dasar kita mendukung siapa. Bukan untuk kepentingan kita, tapi kepentingan secara keseluruhan dan pilihan pilihan itu harus objektif. Tidak hanya sekadar baik sehingga tidak mau mendukung sesuatu,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra


Saksikan video pilihan berikut ini: