Josep Guardiola Torehkan Rekor di Old Trafford

Manchester – Kemenangan Manchester City atas Manchester United berbuah rekor untuk Josep Guardiola. Manajer Spanyol itu memetik kemenangan beruntun.

City memetik kemenangan 2-0 atas The Red Devils dalam lanjutan di Liga Inggris. Di Old Trafford, Kamis (25/4/2019) dinihari WIB, Bernardo Silva dan Leroy Sane yang menjadi penentu kemenangan The Citizens.

Dengan kemenangan ini, Guardiola dicatat Opta menjadi manajer pertama yang membukukan tiga kemenangan beruntun di kandang MU pada ajang Premier League.

City juga membukukan kemenangan ketujuh saat bertandang ke markas MU. Torehan itu yang terbanyak di antara klub Premier League.

Kemenangan kali ini terasa lebih spesial karena City sekaligus merebut posisi puncak klasemen dari Liverpool. Sergio Aguero cs mengumpulkan 89 poin, unggul satu angka dari The Reds yang ada di posisi runner-up.

“Terima kasih (kepada para fans) untuk dukungan dalam dia pertandingan terakhir,” kata Guardiola di BBC.

“Suporter kami luar biasa saat laga tandang. Terkadang saya lebih merasakannya saat tandang dibandingkan saat bermain kandang. Para pemain layak mendapatkan itu,” dia menambahkan.

(cas/ran)


Valencia Tinggalkan Old Trafford, Siapa Kapten MU Musim Depan?

Liputan6.com, Manchester – Manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer telah memastikan Antonio Valencia bakal meninggalkan Old Trafford di penghujung musim ini. Solskjaer pun sedang mencari pemain yang akan menggantikan Valencia sebagai kapten.

Manajemen Setan Merah, sebutan MU, telah memutuskan untuk tidak memberikan kontrak baru kepada Valencia. Pemain asal Ekuador itu dikabarkan bakal bergabung ke salah satu klub yang bermain di Amerika Serikat.

“Kami harus melihat siapa pemain yang bertahan di sini untuk musim depan. Sekarang kami masih memiliki Antonio Valencia (sebagai kapten). Namun dia akan pergi,” kata Solskjaer, seperti dikutip dari situs resmi klub.

Sejauh ini, Solskjaer telah mempunyai kandidat yang bakal menjadi kapten Setan Merah mulai musim depan. Kandidatnya adalah Ashley Young, David De Gea, Paul Pogba dan Chris Smalling.

“Saya sudah punya nama penggantinya. Kami memiliki Ashley Young, Paul Pogba, David De Gea, dan Chris Smalling yang sudah pernah jadi kapten di tim ini,” ujar manajer MU berusia 46 tahun itu.

MU Tersungkur di Old Trafford, Smalling Masih Bisa Sesumbar

Liputan6.com, Jakarta Chris Smalling masih bisa sesumbar meski Manchester United (MU) kalah 0-1 saat menjamu Barcelona di Old Trafford, Kamis dini hari WIB. Menurutnya, dalam laga pertama babak perempat final Liga Champions itu, MUsebenarnya mampu meredam permainan Barca.

Meski mencetak gol, Barcelona terlihat sedikit kesulitan mengembangkan permainan mereka di Old Trafford. El Blaugrana tercatat hanya melepaskan enam tembakan sepanjang laga.

Smalling sendiri menilai timnya sudah bermain dengan apik sehingga Barcelona tidak berkutik. “Saya rasa kami semua berhasil meredam seluruh tim mereka,” ujar Smalling kepada NBC.

Smalling percaya diri menyebut bahwa timnya berhasil meredam permainan Barcelona karena ia menilai Barcelona kesulitan mengembangkan permainannya di Old Trafford.

Hal itu menurut Smalling terbukti dari minimnya peluang yang diciptakan oleh Lionel Messi dan kolega sepanjang pertandingan.

“Saya rasa David De Gea hari ini hanya membuat satu penyelamatan saja hari ini. Kami tahu kami harus bermain dengan intensitas yang tidak biasa mereka mainkan.”

Messi di Old Trafford: Berdarah-Darah dan Diteriaki Viva Ronaldo

JakartaLionel Messi bukan cuma berdarah-darah saat bermain di Old Traffod. La Pulga juga diteriaki ‘Viva Ronaldo’.

Barcelona menang 1-0 dalam leg pertama perempatfinal Liga Champions di markas Manchester United, Kamis (11/4/2019) dinihari WIB. Gol kemenangan datang lewat bunuh diri Luke Shaw.

Messi menjadi salah satu pemain yang menjadi sorotan di laga ini. Hidung bintang Barca itu mengeluarkan darah dan matanya lebam setelah mendapat hantaman keras dari Chris Smalling di menit ke-28.


“Messi mengalami lebam di bagian mata dan kami harus melihat bagaimana keadaannya. Tim dokter akan melihat kondisi Messi untuk mengetahui seberapa buruk masalahnya,” kata pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Messi tidak hanya mendapat provokasi dari Smalling, suporter tuan rumah ikut memberi memberi provokasi dengan teriakan ‘Viva Ronaldo’ dari tribune.

Cristiano Ronaldo adalah mantan pemain MU pada 2003-2009. Ronaldo dan Messi sejauh ini kerap dibanding-bandingkan kehebatannya, terlebih mereka sama-sama sudah memenangi lima trofi Ballon d’Or.

(ran/din)

Hasil Liga Champions: Barcelona Kalahkan MU 1-0 di Old Trafford

Manchester

Barcelona mengalahkan Manchester United 1-0 dalam leg pertama perempatfinal Liga Champions di Old Trafford. Gol didapat berkat bunuh diri Luke Shaw.

Bertanding di Old Trafford, Barcelona unggul atas MU di menit ke-12. Gol bunuh diri Luke Shaw, yang berusaha menghalau sundulan Luis Suarez, membawa Barcelona memimpin 1-0.

Di babak kedua, MU bisa gantian menguasai pertandingan. Namun hingga laga berakhir, Setan Merah tak mampu membalas gol lawan. MU tumbang 0-1 dari Barcelona di akhir laga.

Hasil ini membuat Barcelona punya modal berharga menatap leg kedua. Selanjutnya gantian Barcelona yang menjamu MU di Camp Nou, 17 April 2019.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit kick off berbunyi, Barcelona langsung mengontrol pertandingan. Bola banyak dikuasai Lionel Messi dkk, namun peluang pertama didapat MU.

Di menit keempat, pelanggaran Sergio Busquets ke Scott McTominay berbuah tendangan bebas. Marcus Rasford yang menjadi eksekutor menyepak bolanya, namun arah bola masih melebar ke samping kanan gawang Barcelona.

Barcelona, yang terus berusaha membongkar pertahanan MU, akhirnya mampu merobek gawang David De Gea. Di menit ke-12, Luke Shaw membuat gol bunuh diri.

Berawal dari umpan Lionel Messi di dalam kotak penalti, Luis Suarez kemudian menanduk bolanya. Bola sempat membentur Shaw sebelum masuk ke gawang David De Gea.

Hakim garis sempat mengangkat bendera, menganggap Suarez sudah dalam posisi offside saat menyambut umpan Messi. Wasit Gianluca Rocchi kemudian mengeceknya lewat VAR dan mengesahkannya gol tersebut. Barcelona unggul 1-0 atas MU.

Tertinggal membuat MU gantian menekan. Tercatat tuan rumah sempat mengancam lewat sepakan Rashford, sementara Barcelona juga punya peluang lewat sepakan Philippe Coutinho yang bisa diblok David De Gea. Hingga jeda, keunggulan tiim tamu tetap bertahan.

Di babak kedua, MU gantian menekan sejak awal. Lini belakang Barcelona dibombardir. Peluang emas didapat MU pada menit ke-51. Memanfaatkan bola liar di kotak penalti, Rashford melepaskan sepakan voli, namun bolanya jauh dari sasaran kendati posisinya cukup bebas.

Barcelona cukup kewalahan menghadapi gempuran pemain MU. Beberapa kali pelanggaran dilakukan anak asuh Ernesto Valverde untuk menghentikan pergerakan pemain depan lawan.

Setelah serangkaian percobaan, di menit ke-66, Barcelona bisa mengancam MU. Semedo menyodorkan umpan terobosan ke kotak penalti, yang bisa dikuasai Suarez. Striker Uruguay itu lantas melepaskan sepakan jarak dekat ke gawang MU, namun bolanya cuma mengarah ke tepi gawang.

Pada menit ke-70, MU mendapat tendangan bebas usai Paul Pogba dilanggar Arturo Vidal. Rashford yang menjadi eksekutor, masih gagal mengarahkan bola ke gawang Barcelona.

Tim tamu punya kans di menit ke-82, usai Semedo dilanggar Pogba di luar kotak penalti. Messi, yang menjadi eksekutor, bisa mengarahkan bola ke gawang MU lewat celah bawah pagar betis MU. Namun, bolanya bisa ditangkap De Gea.

Di sisa waktu pertandingan, MU berusaha menekan Barcelona. Namun tidak ada gol tercipta, dan kemenangan 1-0 Barcelona atas MU bertahan hingga akhir.

Susunan Pemain

Manchester United: David De Gea, Ashley Young, Victor Lindeloef, Chris Smalling, Luke Shaw, Diogo Dalot (Jesse Lingard 74′), Scott McTominay, Fred, Paul Pogba, Marcus Rashford (Andreas Pereira 85′), Romelu Lukaku (Anthony Martial 68′)

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen, Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba, Ivan Rakitic, Arthur Melo (Sergi Roberto 66′), Sergio Busquets (Charles Alena 90′), Philippe Coutinho (Arturo Vidal 65′), Luis Suarez, Lionel Messi (yna/mrp)


Rashford Sumbang Gol, MU Tekuk Watford di Old Trafford

Di babak kedua, kedua tim berupaya membangun serangan yang efektif. De Gea memblok tendangan mendatar Pereyra pada menit ke-52. Watford berani tampil menyerang kendati faktanya mereka adalah tim tamu.

Saling serang terjadi, bola cukup sering berada di lapangan tengah MU. Bukan gol yang didapat, gawang Watford lagi-lagi harus kebobolan untuk kedua kalinya dalam pertandingan ini.

Adalah Anthony Martial yang menggandakan keunggulan Setan Merah menjadi 2-0 pada menit ke-72. Alvaro Pereira memberikan bola pada Lingard di sisi kanan. Operan mendatar kemudian dikirimkan ke depan gawang.

Upaya pertama Martial digagalkan oleh Foster namun bola rebound masih bisa dikuasai untuk diceploskan ke dalam gawang. Skor berubah 2-0 dan Watford semakin tenggelam dalam ketertinggalan tersebut.

Pada menit ke-58 tendangan Troy Deeney masih dapat dibendung De Gea. Pada menit kr-78, Lagi-lagi, ketika Watford mendominasi United menetak gol. Kali ini Martial mencatatkan nama di papan skor. Pereira memberikan bola pada Lingard di sisi kanan.

Operan mendatar kemudian dikirimkan ke depan gawang. Upaya pertama Martial digagalkan oleh Foster namun bola rebound masih bisa dikuasai untuk diceploskan ke dalam gawang. Watford semakin sulit mengejar.

Baru pada menit ke-90 Watford akhirnya bisa menjebol gawang tuan rumah. Satu-dua Doucoure dengan Success membuat sang gelandang lolos ke depan gawang untuk mengecoh De Gea dengan sentuhan ringan ke sisi kiri.

Gol tersebut mengubah kedudukan menjadi 2-1, MU masih unggul. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan usai, skor tidak berubah, tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer mengantongi tiga poin.

MU Baru di Fase 1: Mengembalikan Kegembiraan di Old Trafford

JakartaManchester United secara resmi mempermanenkan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer. Ini adalah sebuah langkah tepat untuk mengembalikan kegembiraan di MU.

MU secara resmi mengumumkan telah mengangkat Solskjaer sebagai manajer permanen, Kamis (28/3/2019). Sebelumnya ia hanya berstatus caretaker sebagai pengganti Jose Mourinho.

Kontrak permanen ini buah dari kerja bagus Solskjaer sejauh ini. Dari 19 pertandingan yang dilaluinya, Solskjaer hanya kalah tiga kali dan memetik 14 kemenangan.

Bersama Solskjaer, MU membuka kembali peluang finis empat besar Premier League. Saat ini ‘Setan Merah’ ada di posisi lima dengan 58 poin dari 30 laga, hanya dua poin dari Arsenal di urutan empat.

Selain itu, MU juga lolos ke perempatfinal Liga Champions. Di babak itu, Paul Pogba dkk akan menghadapi Barcelona untuk satu posisi di empat besar.

Eks kapten MU Gary Neville menilai kinerja Solskjaer sudah amat positif, di mana mantan rekannya itu mengembalikan gairah di Old Trafford. Di saat yang sama dia mengingatkan bahwa masih banyak tugas untuk ke depannya, karena MU masih di titik permulaan.

“Mari kita perjelas, Man Utd masih punya jalan panjang sebelum kembali ke titik terdekat dari posisi seharusnya. Saya tak merasa sekarang adalah waktunya untuk mulai berpikir bahwa Manchester United akan memenangi liga,” ungkap Neville dikutip Sky Sports.

“Ini sudah jadi tempat yang tidak menyenangkan selama empat atau lima musim, jadi saya rasa hal pertamanya adalah membuat para fans antusias lagi datang ke pertandingan. Di dua atau tiga bulan terakhir, saya sudah merasa antusias dengan yang saya saksikan setelah beberapa waktu.”

“Atmosfer di stadion telah kembali, kesenangan di wajah para fans, para pengikut di laga tandang telah terhubung dengan tim lagi. Para pemain sudah menaikkan level permainan mereka, jadi saya rasa ini fase pertama, yakni untuk membuat klub penuh rasa senang lagi dan di sanalah ia berada.”

“Masih ada banyak pekerjaan untuk dilakukan dalam beberapa bulan dan tahun-tahun ke depan, untuk membawa Man Utd kembali ke tempatnya sebelumnya,” imbuhnya. (raw/yna)


3 Pelatih yang Doyan Bongkar Pasang Skuat, Jose Mourinho Salah Satunya

Jakarta – Jose Mourinho dikenal sosok pelatih dan manajer yang gemar memborong pemain bintang dan membongkar pasang tim. Pria asal Portugal itu kerap meminta dibelikan pemain baru di tim yang dilatihnya termasuk saat di Manchester United.

Selama 2,5 musim di Old Trafford, Jose Mourinho telah menghabiskan 455 juta euro atau sekitar Rp 7,2 triliun untuk membeli pemain baru. Mereka antara lain Paul Pogba, Nemanja Matic, Alexis Sanchez, dan Romelu Lukaku.

Namun selama karier kepelatihannya, Jose Mourinho juga gemar menjual pemain. Sudah puluhan pemain yang dijual mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu.

Yang bikin fans MU jengkel, tingkah boros Mourinho itu ternyata tak mampu mendatangkan prestasi, sehingga akhirnya dia dipecat dan digantikan Ole Gunnar Solksjaer.

Berikut 3 pelatih yang ahli menjual pemain, termasuk Jose Mourinho:

2 dari 4 halaman

Jose Mourinho (510,59 Juta Pound)

Jose Mourinho kini berstatus bebas. Pria asal Portugal itu belum kembali melatih klub setelah dipecat Manchester United pada Desember 2018.

Sepanjang karier kepelatihannya, mantan pelatih Inter Milan dan Real Madrid itu telah menjual total 64 pemain. Nilainya 510,59 juta pound atau sekitar Rp 9,2 triliun.

Sejumlah pemain yang pernah dijual Mourinho antara lain Mohamed Salah, Romelu Lukaku, serta Kevin De Bruyne. Mereja jadi pemain hebat di klub lain.

3 dari 4 halaman

Massimiliano Allegri (595,59 Juta Pound)

Massimiliano Allegri berpeluang memenangkan Scudetto Liga Italia kelima bersama Juventus. Selain itu, perekrutan Cristiano Ronaldo pada 2018 membuat Juventus diunggulkan meraih trofi Liga Champions musim ini.

Selama karier kepelatihannya, Allegri telah menjual 100 pemain. Jumlahnya mencapai 595,59 juta pound atau sekitar Rp 10,8 triliun.

4 dari 4 halaman

Leonardo Jardim (785,66 Juta Pound)

AS Monaco kembali menunjuk Leonardo Jardim, kurang dari empat bulan setelah digantikan legenda Arsenal Thierry Henry. Pelatih berusia 44 tahun itu sebelumnya sukses membawa Monaco juara Ligue 1 2016/17.

Namun, terpuruknya prestasi Monaco di musim ini diakibatkan kesalahan klub. Sebab dalam beberapa tahun terakhir, klub telah menjual sejumlah pemain terbaik.

Mereka di antaranya Kylian Mbappe (PSG), Bakayoko (Chelsea), Benjamin Mendy (Manchester City), Bernando Silva (Manchester City), Fabinho (Liverpool), dan Thomas Lemar (Atletico Madrid).

Secara total, Jardim telah menjual 52 pemain di lima klub yang telah dilatihnya sejauh ini. Nilai seluruh pemain itu mencapai 785,66 juta pound.

Sumber: Bola.net

MU Tekuk Palace, Solskjaer Temukan Penerus Carrick

Liputan6.com, Jakarta – Kemenangan Manchester United (MU) atas Crystal Palace, Kamis dini hari WIB (28/2/2019) jadi panggung bagi James Garner. Tampil untuk pertama kali bersama Setan Merah, pemain berusia 17 tahun tersebut berhasil mencuri perhatian sang pelatih, Ole Gunnar Solskjaer.

Debut Garner bersama MU tidak berlangsung lama. Dia baru masuk pada menit ke-89 saat Setan Merah sudah unggul 3-1 pada pertandingan yang berlangsung di Selhurst Park itu. 

Garner masuk menggantikan posisi Fred. Meski hanya beberapa menit di lapangan, Garner ternyata mampu membuat Solskjaer terkesima. Pelatih asal Norwegia itu bahkan tidak ragu membandingkannya dengan salah satu gelandang terbaik Setan Merah di era modern. 

“Saya percaya dia punya kesempatan untuk masa depan yang hebat,” kata Solskjaer dilansir Dailymail.co.uk. “Tentu kami masih terus bekerja, dia tahu kami percaya kepadanya.”

“Kami yakin dia bakal jadi penerus Michael Carrick. Saya tahu dia masih muda, dan saya tahu tidak adil membandingkan anak-anak dengan pemain hebat seperti Michael, tapi dia punya watak yang sama,” beber mantan penyerang MU tersebut menambahkan. 

2 dari 3 halaman

Bermain Simpel

Garner bukan wajah yang familiar di skuat MU. Dia baru menandantangani kontrak profesional bersama MU pada 23 Mei 2018. Sebelum menjalani debutnya melawan Palace, Garner sebernarnya sudah dua kali dipanggil ke skuat utama, yakni melawan Reading dan Valencia di awal musim ini. Namun saat itu, Garner hanya berada bangku cadangan. 

Garner kembali dipanggil setelah MU diterpa badai cedera. Pria kelahiran Birkenhead itu masuk skuat inti bersama beberapa pemain muda lainnya, Tahith Chong dan Angel Gomes. 

Ada beberapa yang menurut Solskjaer membuat Garner mirip Carrick yang kini menjadi bagian dari staf pelatih Setan Merah. “Dia bisa melihat permainan, dia bermain simpel, dia bermain menyusuri garis, di mana saya pikir Scott McTominay juga tampil baik hari ini.”

“Beberapa umpan menyusur garis kepada Paul (Pogba) sangat luar biasa,” bebernya. 

3 dari 3 halaman

Berpekuang Tampil Lawan Southampton

Penampilan gemilang melawan Palace bukan tidak mungkin bakal membuka peluang Garner kembali ke skuat inti MU saat menjamu Southampton di Old Trafford, Sabtu (2/3/2019). 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:


Striker MU Buka Peluang Gabung Juventus

Manchester – Rencana Juventus untuk merekrut Romelu Lukaku mendapat titik terang. Kabarnya, striker MU itu ingin pindah ke sana agar satu tim dengan Cristiano Ronaldo.

Sejak Ole Gunnar Solskjaer duduk di kursi manajer MU pada 19 Desember 2019, pemain timnas Belgia itu mulai terpinggir dari lini serang. Solskjaer lebih sering memainkan Marcus Rashford sebagai juru gedor.

Romelu Lukaku tampil dalam 34 pertandingan dengan waktu bermain selama 2.210 menit. Sementara itu, Rashford mencatatkan 2.223 menit dari 33 laga yang dijalani bersama The Red Devils.

Situasi tersebut membuat pemain 25 tahun itu dikabarkan ingin angkat kaki dari Manchester United. Jika pada akhirnya harus pergi dari Old Trafford, Lukaku ingin bergabung dengan Juventus.

Dalam wawancara dengan La Gazzetta dello Sport pada Oktober tahun lalu, Romelu Lukaku tak menutup kemungkinan untuk membela Juventus. Menurutnya, Juve memiliki ambisi untuk selalu meraih trofi juara.

Bukan hanya itu, kehadiran Cristiano Ronaldo membuat Lukaku kepincut dengan Juventus. Dia ingin bisa berada satu tim dengan kapten timnas Portugal tersebut.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini