Sandiaga: Jika Terpilih, Menteri Kami Tak Akan Sia-siakan Petambak Garam

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno menerima curahan hati para petambak garam saat berdialog dengan Petani Garam dan Perwakilan Desa Se-Sumenep Desa Karanganyar, Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sandiaga juga mengungkapkan komitmennya untuk petambak garam jika terpilih nanti.

Dalam keterangan tertulis Prabowo-Sandi Media Center, Selasa (22/1/2019), Ketua Asosiasi Petani Garam Seluruh Indonesia (APGASI) Syaiful Rahman berharap, Sandiaga Uno bersama Prabowo Subianto, dapat memperbaiki nasib para petambak atau petani garam yang disebut makin sengsara.

“Terima kasih atas kehadiran Pak Sandi Uno di tambak garam ini. Baru pertama kali ini calon wakil presiden menyambangi kami. Petani garam yang sangat butuh perhatian pemerintah. Kami hanya minta, Pak, setop impor garam dari Australia dan India,” ucap Syaiful seperti dalam keterangan tertulis tim Prabowo-Sandi.


M Yanto, Ketua Forum Petambak Garam Madura (FPGM), dalam keterangan tertulis itu mengaku tiap tahun petambak garam selalu punya masalah. Menurut Yanto, biang masalahnya ada di pemerintah pusat.

“Kalau Pak Sandi jadi wapres, tolong cari menteri yang sanggup dan mampu. Jangan seperti sekarang. Bukan kami anti-impor. Jangan anak tirikan kami sebagai anak bangsa,” ucapnya.

Sandiaga Uno sempat menarik nafas panjang mendengar keluhan para petani garam tersebut. Padahal, 60 Persen konsumsi garam di Indonesia disebut dihadirkan dari Pulau Madura.

“Saya berkomitmen, ampon bektona (sudah waktunya). Saya pastikan jika terpilih nanti menteri-menterinya berpihak kepada rakyat. Tidak menyia-nyiakan petambak garam. Dan akan membela rakyat. Karena kami dipilih oleh rakyat dan tidak akan mengkhianati rakyat,” ucap Sandi.
(gbr/knv)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kesal Pejabat ESDM Tak Cek Lapangan, Anggota DPR Sebut Brengsek

Jakarta – Komisi VII DPR RI hari ini menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitranya, yaitu Kementerian ESDM. Kali ini rapat tersebut membahas terkait limbah dari perusahaan-perusahaan migas dan tambang.

Rapat diawali dengan penjelasan yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono. Dia menjabarkan terkait dasar-dasar hukum yang mengikat tentang keharusan perusahaan tambang melakukan pelestarian lingkungan.

“Untuk khusus tambang kami punya aturan khusus memberikan jaminan reklamasi dan jaminan pasca tambang,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Sebelum mendapatkan izin untuk beroperasi, kata Bambang, perusahaan tambang harus menyerahkan uang jaminan reklamasi dan jaminan pasca tambang. Uang itu akan dikembalikan setelah perusahaan selesai beroperasi dan tergantung dari hasil pengelolaan limbahnya.
Bambang menjelaskan pada 2018 uang jaminan reklamasi yang terkumpul di pemerintah sebanyak Rp 1,2 triliun sementara uang jaminan pasca tambang Rp 3,5 triliun. Uang itu disimpan oleh pemerintah di salah satu bank BUMN.

Rapat mulai memanas ketika, Pimpinan Rapat Komisi VII DPR RI M Nasir menanyakan apakah ada perusahaan tambang yang belum membayar uang jaminan pasca tambang dan jaminan reklamasi itu.

Bambang menjawab, pengelola tambang yang tidak membayar hanya penambang ilegal dan tambang rakyat. Namun ada pula yang juga belum membayar uang jaminan reklamasi dan jaminan pasca tambang yang sudah memiliki izin usaha pertambangan (IUP) yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah.

Bambang menegaskan bahwa pemerintah pusat hanya bisa memberikan rekomendasi agar Gubernur di daerah menekan perusahaan tambang di daerah membayar jaminan-jaminan itu.

“Kami hanya bisa merekomendasikan mereka agar menahan izinnya atau apa. Karena itu IUP di mereka,” terangnya.

Nasir pun meminta dia menjelaskan, mengapa perusahaan tambang itu bisa beroperasi namun belum menyetor uang jaminan reklamasi dan jaminan pasca tambang. Namun Nasir memandang Bambang tak bisa menjawab pertanyaan itu.

“Bukan seperti itu Pak, apa dalihnya kok bisa keluar izinnya? Kan dari pemerintah pusat bisa lihat checklist-nya. Saya tidak ngerti ini kok bisa jalan? Saya sudah cek di semua tambang inspekturnya di tambang seperti orang enggak pernah makan saja, kelaparan dia,” tegasnya.

Penjelasan dilanjutkan oleh Sekretaris Ditjen Migas Kementerian ESDM Iwan Prasetya. Namun baru sebentar menjelaskan, Nasir kembali menyela.

“Bapak ngerti nggak soal lokasinya? bapak pernah ke lapangan?,” tanya Nasir.

“Jujur saya tidak pernah ke lapangan,” jawab Iwan.

“Oh jadi cuma duduk-duduk di belakang meja ya. Tunggu laporan, dibacakan enak dong, semua juga bisa,” sindirnya.

Iwan pun menyerahkan penjelasan itu kepada Direktur Teknik dan Lingkungan Migas. Namun lagi-lagi dia juga mengaku belum pernah meninjau langsung ke lapangan karena baru tiga bulan menjabat.

Nasir pun geram dengan jawaban itu. Lantaran menurutnya untuk urusan limbah memang harus turun langsung ke lapangan. Akhirnya keluarlah kata ‘brengsek’ dari mulutnya.

“Jadi berarti belum ke lapangan? Tolong turun ke lapangan-lapangan biar tahu. Brengsek ini tidak jelas,” ujarnya. (das/ara)

Dendam Kesumat, Pasutri Bakar Dua Warga Pasuruan Hingga Tewas

Liputan6.com, Pasuruan – Syaroni (58) warga Dusun Pejaten Desa Pajaran Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan dan Imam Sya’roni (70) warga Desa Selorentek, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan ditemukan tewas. Kedua korban diduga korban pembunuhan. Saat ditemukan, kondisi jasad kedua korban terikat dan penuh luka bakar.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, kedua korban ditemukan di depan rumah salah satu warga di Desa Jati Gunting Kecamatan Wonorejo Kabupaten Pasuruan pada Minggu dini hari tadi.

“Kedua korban ditemukan dalam keadaan meninggal di depan rumah,” kata Frans, Minggu (20/1/2019).

Dia melanjutkan, kasus dugaan pembunuhan itu terungkap sebelum 24 jam. Polisi berhasil menangkap tiga orang pelaku. Dua dari tiga pelaku diketahui adalah pasangan suami istri, yaitu Dhofir (59) dan Nanik (30), yang tercatat sebagai warga Dusun Sumber Gentong Desa Jati Gunting.

Saat menjalankan aksinya, pasutri tersebut dibantu Zainudin (30) warga Dusun Sudan Desa Wonosari.


“Ketiga pelaku sudah diamankan oleh Kapolres Pasuruan AKBP Rizal Martomo,” kata Barung.

Sejumlah barang bukti pun diamankan, diantaranya tiga unit sepeda motor milik korban dan pelaku, berikut tali tampar. Hasil pemeriksaan sementara, motif yang melatarbelakangi pembunuhan tersebut lantaran pelaku pasutri sakit hati dan menyimpan dendam.

“Diduga motif pembunuhan itu dendam kepada korban. Karena pelaku pernah menderita sakit yang diduga karena disantet korban,” ujar Barung.

Salah satu saksi menyebut, kedua jasad korban ditemukan saat subuh. Awalnya saksi mendengar suara keras dan bau gosong di sekitar rumah. Saksi berpikir bau gosong dari konsleting listrik.

“Waktu mau saya cek meteran listrik kedepan rumah, saya mendapati dua jasad manusia yang terbakar. Terikat lagi,” kata saksi berinisial NH.

Dia langsung berteriak minta tolong sembari mengambil air dan memadamkan api di tubuh kedua korban. Namun apa daya, kedua korban tak bisa diselamatkan. Tidak lama masyarakat berkerumun, polisi pun datang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ba’asyir Bebas, Yusril: Presiden Bisa Kesampingkan Aturan Menteri

JakartaAbu Bakar Ba’asyir direncanakan mendapatkan pembebasan tanpa syarat. Yusril Ihza Mahendra menyebut kebijakan Presiden Jokowi, normal secara hukum.

“Syarat untuk pembebasan bersyarat itu diatur antara lain dalam aturan menteri. Sekarang presiden ambil alih, presiden punya kebijakan, ini dibebaskan artinya dia menyampingkan aturan menteri,” kata Yusril di kantor The Law Office of Mahendradatta, Jalan Fatmawati Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

Yusril menegaskan, kebijakan tertinggi tetap berada di tangan presiden meski ada aturan menteri. Presiden disebut Yusril berhak mengesampingkan aturan menteri mengambil kebijakan.

“Peraturan menteri itu dari dari segi hukum adalah aturan kebijakan, karena di aturan kebijakan yang tertingginya pengambilan kebijakan adalah presiden. Kalau presiden mengesampingkan, ya selesai,” ujarnya.

“Ini satu prosedur yang normal dari segi hukum tata negara dan segi hukum administrasi negara,” imbuhnya.

Ba’asyir sebenarnya bisa bebas bersyarat sejak 13 Desember 2018. Namun Ba’asyir menolak menandatangani syarat termasuk pernyataan taat pada Pancasila dan mengakui kesalahannya seperti diatur dalam Permenkum HAM Nomor 3 tahun 2018.

Yusril mencontohkan, kasus serupa pernah terjadi era pemerintahan Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Saat itu Gus Dur membebaskan Budiman Sudjatmiko lewat perintah secara lisan.

“Saya pelaksana pemberian amnesti pada para pidana politik zaman orde baru. Begitu saya bebaskan ketinggalan nama Budiman Sudjatmiko, saya telepon Gus Dur,” ungkap Yusril.

Saat itu, Yusril meminta perintah langsung dari Gus Dur. Gus Dur kemudian memberi perintah lisan lewat telepon.

“Tolong anda ucapkan perintah kepada saya, (Gus Dur bertanya) Gimana bilangnya? Menteri kehakiman tolong bebaskan Budiman Sudjatmiko, dengan itulah Budiman Sudjatmiko dibebaskan,” kata Yusril.

“Perintah presiden itu punya kekuatan, sama seperti militer. Tembak tak pakai surat perintah,” ujarnya.
(abw/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kasus Novel Tak Ada di Debat, BPN: Jadi Prioritas 100 Hari Kerja Prabowo

Jakarta – Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengungkap alasan Prabowo tak mau membahas kasus teror penyidik KPK Novel Baswedan saat debat perdana Pilpres 2019. Dia beralasan Prabowo tak mau menyerang kelemahan lawan.

“Sejak awal, Prabowo nggak akan serang kelemahan lawannya. Bang Sandi udah bersiap, dan saya selalu ingatkan, tapi Prabowo bilang, kita ingatkan namanya, kita tunjukkan keunggulan kita. Ini beliau, pesan Prabowo, kita sampaikan keunggulan kita,” kata Dahnil di D’Consulate, Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Dia mengatakan penuntasan kasus teror air keras terhadap Novel tetap menjadi salah satu prioritas Prabowo-Sandiaga. Penuntasan kasus itu, menurut Dahnil, bakal masuk prioritas 100 hari Prabowo-Sandiaga jika terpilih.
“Terkait Novel kita akan jadi prioritas 100 hari pertama. Bahkan, Prabowo bilang ya 30 hari akan selesai TGPF, dan ada saya di situ, sejak awal kasus Novel, ada mas BW (Eks Pimpinan KPK Bambang Widjojanto) juga. Jadi ini akan jadi prioritas kita juga,” ujarnya.

Selain bicara alasan Prabowo melarang untuk membahas kasus Novel saat debat, Dahnil juga mengomentari pembentukan tim gabungan oleh Polri. Dia menyebut tim tersebut berbeda dari apa yang diminta selama ini, yaitu tim gabungan pencari fakta (TGPF) yang dibentuk presiden.

“Saya pikir sama saja dengan yang kemarin, bukan seperti yang diharapkan teman-teman masyarakat sipil, yakni TGPF, yang dibentuk presiden,” ucap Dahnil.

Selama debat perdana yang digelar Kamis (17/1) malam, memang tak ada pembahasan soal penuntasan kasus teror air keras terhadap Novel. Padahal sebelum debat, BPN Prabowo-Sandiaga menyatakan bakal membahas persoalan itu.

“Dari pihak kami, ada beberapa hal yang ingin ditanyakan. Secara pertanyaannya belum bisa kami ungkapkan tapi salah satu yang akan ditanyakan tentu perkembangan kasus Novel ya. Banyak masyarakat yang menyampaikan ke Pak Prabowo dan Bang Sandi, tolong tanyakan kasus Novel kenapa kasus Novel tak selesai-selesai sedangkan Pak Prabowo dan Bang Sandi bisa menyelesaikan kasus Novel insyaallah paling lama 100 hari pemerintahan beliau. Soal political will, ada kemauan dari penguasa atau tidak,” ucap juru bicara BPN, Andre Rosiade, dalam keterangannya, Selasa (15/1).

Belakangan, cawapres Sandiaga Uno menyatakan dirinya sudah siap untuk membahas kasus Novel saat debat. Namun, Prabowo melarangnya.

“Saya terus terang ada di dalam note saya, tapi Pak Prabowo bilang ‘jangan’. Karena Pak Prabowo tidak ingin menimbulkan… Begitu ngomong Novel langsung…,” kata Sandiaga saat ditemui di Jalan Jenggala II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/1).
(haf/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kebocoran Pipa Bensin Picu Kebakaran Hebat di Meksiko, 20 Orang Tewas

Mexico City – Kebocoran saluran pipa bahan bakar di Meksiko memicu kebakaran dahsyat. Sedikitnya 20 orang tewas terbakar dan puluhan orang lainnya luka-luka dalam insiden yang diduga dipicu aksi pencurian bahan bakar ini.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (19/1/2019), Gubernur Hidalgo, Omar Fayad, menyebut, warga setempat nekat mencuri bahan bakar jenis bensin yang bocor di lokasi. Aksi nekat warga itu berujung maut, dengan 20 orang di antaranya tewas terbakar api yang berkobar.

“Saya diberitahu bahwa 20 orang tewas terbakar,” sebut Fayad kepada televisi lokal, FaroTV. Ditambahkan Fayad bahwa sedikitnya 71 orang yang mengalami luka-luka akibat insiden itu.


Tayangan televisi setempat menunjukkan kobaran api terus menyala di tengah kegelapan malam di Tlahuelilpan, sebelah utara ibu kota Mexico City, sejak kebocoran terjadi pada Jumat (18/1) malam waktu setempat. Sejumlah warga terlihat melarikan diri dari lokasi sambil berteriak dan menangis minta tolong.

Media-media setempat melaporkan ada sejumlah warga yang mengumpulkan bensin menyembur dari pipa yang bocor. Mereka memasukkan bensin itu ke dalam ember dan kaleng-kaleng. Beberapa orang di antaranya langsung kabur usai mengumpulkan bensin yang bocor.

“Apa yang kami ketahui adalah itu merupakan lokasi pencurian bahan bakar ilegal dan otoritas setempat menyadari hal itu,” imbuh Fayad.

Otoritas setempat menduga kebocoran pipa itu disebabkan oleh aktivitas pencurian bahan bakar yang berlangsung sejak lama di lokasi tersebut. Diketahui bahwa aktivitas pencurian pada pipa-pipa bahan bakar dan gas memang marak terjadi di Meksiko.

Lokasi pipa yang bocor diketahui terletak dekat dengan kilang minyak Tula milik perusahaan minyak negara, Petroleos Mexicanos (Pemex). Dalam pernyataannya, Pemex menyalahkan insiden itu pada aktivitas ‘penyadapan’ bahan bakar ilegal.

“Saya mengimbau seluruh warga tidak terlibat dalam pencurian bahan bakar. Selain ilegal, hal itu juga menempatkan hidup Anda dan keluarga Anda dalam bahaya,” imbau Fayad via Twitter.

Tragedi ini terjadi setelah Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador meluncurkan operasi besar-besaran untuk memberantas aktivitas pencurian bahan bakar. Operasi yang berlaku secara nasional itu diklaim pemerintah Meksiko memakan dana lebih dari US$ 3 miliar tahun lalu. Terhadap tragedi yang terjadi di Tlahuelilpan ini, Presiden Obrador menginstruksikan seluruh pemerintah untuk mengerahkan bantuan ke lokasi kejadian.

(nvc/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gerindra Kritik Jokowi soal Pembebasan Ba’asyir: Jangan Pencitraan!

Jakarta – Partai Gerinda mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengizinkan pembebasan terhadap terpidana kasus terorisme Ustaz Abu Bakar Ba’asyir. Menurut Gerindra, izin dari Jokowi itu tak perlu dilebih-lebihkan.

“Tolong jangan lagi dibangun narasi-narasi pencitraan seolah Jokowi peduli Ustaz Ba’asyir,” kata anggota Badan Komunikasi DPP Gerindra, Andre Rosiade kepada wartawan, Sabtu (19/1/2019).

Alasannya, kata Andre, Ba’asyir memang sudah saatnya mendapatkan pembebasan bersayarat. Ia menyebut Ba’asyir telah melalui dua per tiga masa pidananya setelah divonis 15 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Juni 2011. Dua pertiga masa tahanan Ba’asyir telah dilalui pada Desember 2018.
Karena itu, menurut dia, Ba’asyir layak bebas meski tanpa campur tangan Jokowi. Andre juga menyinggung peran Yusril Ihza Mahendra yang disebut memberikan saran untuk Jokowi agar membebaskan Ba’asyir.
“Tanpa campur tangan Jokowi, apalagi nasihat Yusril, Ustaz Ba’asyir memang sudah saatnya mendapatkan hak beliau sebagai terpidana. Jadi Ustaz Ba’asyir itu tanggal 23 Desember 2018 harusnya sudah dapat pembebasan bersyarat,” sebut Andre.

Gerindra Kritik Jokowi soal Pembebasan Ba'asyir: Jangan Pencitraan!Andre Rosiade (Foto: Indra Komara/detikcom)

Presiden Jokowi menyatakan keputusan membebaskan Ba’asyir karena faktor kemanusiaan. Ba’asyir diketahui beberapa kali menjalani medical check-up di RSCM, Jakarta.

“Yang pertama memang alasan kemanusiaan. Artinya, beliau kan sudah sepuh. Ya pertimbangannya kemanusiaan,” jelas Jokowi.

Ia menyatakan sudah melalui berbagai pertimbangan hingga pada keputusan membebaskan Ba’asyir. Jokowi menyebut sudah berkonsultasi dengan sejumlah pihak terkait.

“Ini pertimbangan yang panjang. Pertimbangan dari sisi keamanan dengan Kapolri, dengan pakar, terakhir dengan Pak Yusril. Tapi prosesnya nanti dengan Kapolri,” sebutnya.
(tsa/tsa)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

HEADLINE: DP 0 Persen Kredit Kendaraan, Siapa Diuntungkan?

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan baru mengenai uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK RI Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Dengan adanya aturan ini, konsumen yang ingin membeli kendaraan bermotor tidak perlu menyiapkan uang muka.

Aturan baru ini menimbulkan perdebatan. Ada yang setuju, namun banyak juga yang menyatakan ketidaksetujuannya. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan terang-terangan menyatakan tidak setuju dengan adanya aturan baru ini.

Keduanya kompak menyebut jika aturan DP 0 persen pada kredit kendaraan bermotor merupakan sebuah kebijakan yang berisiko tinggi. JK mengatakan bahwa kebijakan tersebut memiliki risiko besar lantaran bisa mendorong tumbuhnya bisnis debt collector yang kadang melakukan penagihan yang tidak manusiawi.

“Kalau DP 0 persen itu kreditnya bisa macet dan itu high risk. Kalau terjadi high risk itu nanti yang bekerja debt collector,” tutur dia.‎

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun senada. Ia sebenarnya kurang sepakat dengan aturan tersebut. Sebab, DP 0 persen ini mengancam keberlangsungan industri pembiayaan barang modal atau leasing.

“Saya termasuk yang enggak setuju. Karena apa? karena ini menimbulkan risk. Risiko bagi industri leasing itu sendiri, termasuk mobilnya,” ungkap dia.

Oleh karenanya, dia berpendapat uang muka seharusnya tetap diadakan dalam proses kredit pembelian kendaraan bermotor. “Jadi lebih baik mereka harus punya tanggung jawab. Di depan itu ada uang muka,” ujar Budi.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun juga tak setuju. Bahkan Lembaga tersebut mendesak OJK untuk membatalkan aturan DP 0 persen untuk mobil dan sepeda motor. Bila permintaan ini tak digubris, maka mereka akan melakukan uji materi ke Mahkamah Agung (MA).

Sekretaris Pengurus Harian YLKI, Agus Suyatno, mengatakan bahwa YLKI memiliki beberapa catatan kritis mengenai kebijakan baru dari OJK ini. Salah satunya DP 0 persen dinilai akan memicu kemiskinan baru bagi rumah tangga miskin.

YLKI menyatakan, sejak booming 10 tahun terakhir kredit sepeda motor, rumah tangga miskin yang terjerat iming-iming kredit sepeda motor murah, sangat masif.

“Akibatnya, banyak sekali rumah tangga miskin yang semakin miskin karena pendapatannya tersedot untuk mencicil kredit sepeda motor, atau bahkan mengalami kredit macet (gagal bayar).” kata dia.


2 dari 5 halaman

Langsung Ditepis

Namun semua ketakutan tersebut langsung ditepis oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. Menurutnya, kebijakan DP 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor dapat menyehatkan kinerja perusahaan pembiayaan. Selain itu, kebijakan ini juga guna mendorong pertumbuhan industri pembiayaan dan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi.

Dia menegaskan, hanya perusahaan pembiayaan dengan catatan kredit bermasalah (Non Performing Financing/NPF) di bawah 1 persen saja yang boleh menawarkan motor dan mobil tanpa uang muka.

“Jadi yang betul-betul sehat dan NPF harus di bawah 1 persen. Artinya kita memancing, tolong NPF diturunkan sehingga perusahaan itu sehat dan nanti bisa memberikan DP 0 persen,” kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sependapat dengan Wimboh. Menurutnya penerbitan aturan ini dapat mendorong permintaan kredit. Namun, aturan ini tak akan berdampak banyak terhadap kenaikan permintaan kredit.

“Ada juga dampaknya, tapi ya tidak besar-besar amat juga. Karena selama ini kredit pakai lembaga finance company itu juga sudah banyak yang tidak pakai DP. Dari dulu sudah lama. Ada lah dampaknya tidak banyak,” ujar Darmin.

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit menilai, adanya aturan tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan pembiayaan sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dia melihat setidaknya ada dua upaya yang hendak dicapai pemerintah lewat aturan DP kendaraan 0 persen ini. Pertama, yakni menggiatkan usaha di sektor otomotif serta memperbaiki perusahaan pembiayaan (leasing) non-bank.

“Dengan aturan ini bisa membuat otomotif bertumbuh. Selain itu juga menumbuhkan perusahaan pembiayaan non bank untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah dalam proses transaksi,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Adapun lewat aturan DP 0 persen kredit kendaraan ini, OJK mensyaratkan, hanya perusahaan pembiayaan dengan catatan kredit bermasalah di bawah 1 persen saja yang boleh menawarkan.

Lebih lanjut, Pengajar Departemen Teknik Sipil UGM ini menyatakan, POJK Nomor 35/2018 ini juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi negara, khususnya di bidang industri transportasi.

Kendati memiliki beberapa keunggulan, ia coba memperingatkan, aturan DP 0 persen ini sebaliknya juga dapat membuat kepadatan lalu lintas semakin besar akibat penjualan mobil dan motor yang dipermudah.

“Kebijakan ini memang bisa mengembangkan industri transportasi, tapi bakal jadi kemacetan yang membesar. Kementerian Keuangan dan pihak terkait seharusnya membuat relaksasi kebijakan dan memperhatikan hal ini,” tutur dia. 

3 dari 5 halaman

Industri Otomotif Bakal Ketiban Untung?

Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, penerapan DP nol persen tidak terlalu besar pengaruhnya dalam peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia. Pasalnya, perusahaan pembiayaan pastinya tetap akan mengendepankan kewaspadaan dalam menerapkan aturan DP nol persen tersebut.

“DP nol persen yang dicanangkan OJK rasanya masih oke, selama dijalankan dengan betul. Jadi, yang disebut dijalankan dengan betul, bahwa tidak bisa diberlakukan secara umum,” jelas Nangoi saat dihubungi Liputan6.com.

Setali tiga uang, Presiden Direktur FIF Group, Margono Tanuwijaya menyatakan hal yang sama. Aturan ini dianggap memudahkan perusahaan pembiayaan meraih konsumen baru.

“Kita menyingkapi positif DP nol persen karena menambah fleksibilitas kita, menambah option buat konsumen,” ujarnya Liputan6.com.

FIF menganggap aturan yang dikeluarkan OKJ sudah tepat mendorong peningkatan penjualan. “DP nol persen itu tidak untuk semua finance company, tapi yang NPL-nya di bawah 1 persen. Jadi, hanya beberapa perusahaan pembiayaan saja ,” tambah dia.

Di luar nada positif yang dilontarkan pelaku bisnis otomotif, tercetus kehati-hatian yang wajib diwaspadai semua kalangan. Aturan DP nol persen tetap tidak bisa dilakukan sembarangan.

Menurut Nangoi, aturan ini hanya bisa diberlakukan salah satunya kepada pelanggan-pelangan lama, fleet user yang memang perusahaannya sudah dikenal secara baik oleh perusahaan pembiayaan, atau pelanggan yang memang saat dilakukan survei kepemilikan kendaraan memenuhi kriteria baik dari segi pendapatan, dan juga yang memiliki rekam jejak pembayaran yang bagus.

Semuanya tidak ingin hal buruk terjadi di tengah jalan. Efeknya bisa panjang. “Jika konsumen membeli kendaraan dengan DP mudah, dan di tengah jalan berhenti, maka akan banyak mobil yang ditarik. Ujungnya, mobil dilelang di pasar mobil bekas dan mengakibatkan mobil bekas jatuh harganya. Ini memukul juga (harga) mobil baru,” terangnya. Efek terburuk pada lembaga pembiayaan, NPF atau kredit macet naik.

Mengatasi persoalan yang mungkin terjadi, FIF yang dominan mengurusi pembiayaan sepeda motor Honda ini tetap melakukan seleksi ketat untuk calon konsumennya. “Kami akan menjual sepeda motor dengan DP nol persen sesuai kebutuhan,” ujar Margono.

FIF Group akan menjalankan program ini dengan kehati-hatian dan terdata. “Tetap akan dievaluasi, jangan sampai NPF dari FIF Group yang sudah bagus, performanya menjadi jelek.” lanjut dia.

Proses administrasi standar tetap dilakukan. Calon konsumen harus melengkapi data diri termasuk menyerahkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan (SKP) sebelum pihak lembaga pembiayaan melakukan survei terkait tempat tinggal dan tempat kerja.

Hal tersebut berguna untuk mempertahankan NPF FIF Group sendiri untuk tetap dalam kategori sehat. Sesuai kriteria OJK dengan konsumen yang menunggak pembayaran selama 90 hari, NPF FIF saat ini sebesar 0,67 persen.

Sebenarnya ada hal yang lebih menarik bagi konsumen dibanding pemberian DP nol persen. “Kalau konsumen (sebenarnya) tidak mengharapkan DP nol persen, tapi lebih kepada angsuran murah,” ungkap Margono.

Apalagi kalau produk yang diincar punya klasifikasi high end. “Untuk produk-produk tertentu, misalkan produk yang high-end, yang segmennya menegah ke atas, kan bukan masalah DP tapi masalahnya interest rate,” kata Margono mengakhiri pembicaraan.

4 dari 5 halaman

Rincian Aturan

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2 B OJK, Bambang W. Budiawan, menjelaskan mengenai rincian aturan DP 0 persen tersebut. Ia menjelaskan bahwa beleid baru itu tidak bisa dilakukan semua perusahaan pembiayaan. Ada berbagai persyaratan tergantung Tingkat Kesehatan Keuangan dan nilai Rasio Non Performing Financing

Syaratnya mulai dari, perusahaan pembiayaan tersebut harus memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah atau sama dengan 1 persen.

“Perusahaan ini yang wajib menerapkan ketentuan uang muka nol persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna,” kata dia.

Dengan adanya persyaratan tersebut diharapkan kebijakan DP 0 persen tidak hanya menumbuhkan kredit konsumtif melainkan kredit yang bersifat produktif. Misalnya kredit kendaraan multiguna seperti kendaraan umum atau kendaraan pengangkut logistik.

Sebagai informasi, kualitas piutang pembiayaan bermasalah NPF Neto adalah piutang pembiayaan yang terdiri dari piutang pembiayaan dengan kualitas kurang lancar, diragukan, dan macet. Ini setelah dikurangi cadangan penyisihan penghapusan piutang pembiayaan untuk piutang pembiayaan yang terdiri dari piutang pembiayaan dengan kualitas kurang lancar, diragukan, dan macet.

Ketentuan uang muka nol persen ini juga hanya diberikan untuk calon debitur yang memiliki profil risiko sangat baik. “Misalnya ngambil angkot 5 unit terus nambah trayek ngambil lagi. Kalau (pembayarannya) bagus masa bisa dikasih DP 0 persen,” ujar dia.

Sementara itu, untuk perusahaan pembiayaan yang memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 1 persen dan lebih rendah atau sama dengan 3 persen, wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 10 persen dari harga jual kendaraan.

Ini untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Bagi perusahaan pembiayaan yang memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 3 persen dan lebih rendah atau sama dengan 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 15 persen dari harga jual kendaraan.

Ini untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Kemudian, untuk perusahaan pembiayaan yang tidak memenuhi Tingkat Kesehatan Keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah atau sama dengan 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 15 persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan.

Ini untuk kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Khusus untuk perusahaan pembiayaan yang mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 20 persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Ketentuan DP nol persen ini juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan alternatif transportasi yang sesuai kemampuannya.

Bambang menyebutkan baru 46 persen dari total 188 perusahaan pembiayaan (multifinance) yang memenuhi syarat untuk menerapkan DP nol persen‎ te‎rsebut. Artinya, hanya 86 perusahaan yang dapat memberikan DP nol persen kepada nasabahnya.

“Sekitar 46 persen perusahaan multifinance, ini harus NPF di bawah 1 persen,” kata Bambang.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kalapas Gunung Sindur Sebut Belum Terima Permohonan Pembebasan Ba’asyir

Liputan6.com, Jakarta – Kepala Lapas Gunung Sindur Bogor, Agus Salim mengaku belum menerima permohonan dari pihak mana pun terkait pembebasan bersyarat (PB) maupun grasi terhadap terpidana kasus terorisme Ustaz Abu Bakar Ba’asyir.

“Belum. Kakanwil belum ada komunikasi dengan saya,” kata Agus saat dihubungi, Jumat (18/1/2019).

Agus juga menegaskan, pihaknya belum mendapat laporan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat terkait adanya permohonan Abu Bakar Ba’asyir yang berstatus narapidana bebas tanpa syarat.

“Kalau Kakanwil mungkin iya (sudah ada komunikasi) soal ini. Itu kan ranahnya Dirjen, Kakanwil, menteri dan Pak Yusril,” ujar Agus.

Sebelum mengunjungi Lapas Gunung Sindur, dirinya hanya diminta oleh Kanwil Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat untuk memfasilitasi kedatangan pengacara pasangan capres cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin itu menemui Ba’asyir.

“Cuma minta tolong difasilitasi silaturahmi ketemu Pak Yusril dengan Pak Ba’asyir. Itu aja,” terang Agus.

Dirinya mengaku baru mengetahui informasi adanya rencana pembebasan masa hukuman amir Jamaah Anshorut Tauhid (JAT) ini dari Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, saat mengunjungi Abu Bakar Ba’asyir di Lapas Gunung Sindur, siang tadi.

“Kami enggak tahu. Itu yang menyampaikan Pak Yusril,” terang Agus.

2 dari 2 halaman

Yusril Temui Ba’asyir

Pakar hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra sebelumnyq menemui terpidana teroris Abu Bakar Ba’asyir di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019) siang.

Yusril tiba di lapas Gunung Sindur sekitar pukul 09.30 WIB, didampingi anak bungsu Ba’asyir, Abdul Rochim Ba’asyir dan pengacaranya Achmad Michdan.

Kedatangan Ketua Umum PBB ini diutus Presiden Joko Widodo untuk menemui Ustaz Ba’asyir terkait rencana pembebasan Ustad Ba’asyir. Jokowi berpendapat bahwa Ba’asyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan.

“Pada waktu itu ada niatan dari Pak Presiden untuk membebaskan beliau. Memang saya juga mengutarakan demikian,” terang Yusril.

Karena itu, Jokowi meminta dirinya untuk menelaah, berdialog dan bertemu Baasyir di Lapas Gunung Sindur terkait hal ini.

“Seminggu lalu saya sempat menemui beliau. Semua pembicaraan dengan beliau kemudian saya laporkan ke Pak Jokowi,” kata dia.

Pada Juni 2011, Ba’asyir divonis penjara 15 tahun karena dinyatakan bersalah ikut mendanai pelatihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia.

Ba’asyir sempat menjalani tahanan di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Namun dipindahkan ke LP Gunung Sindur Bogor dengan alasan kesehatan yang menurun.

“Dan sampai saat ini beliau sudah menjalani hukuman selama 9 tahun,” kata dia.

Berdasarkan keinginan Jokowi, lanjut Yusril, Ba’asyir dibebaskan tanpa syarat. Hal ini mengingat kondisinya sudah lanjut usia.

“Dan ini bukan mengalihkan beliau jadi tahanan rumah. Kami jelaskan Pak Ba’asyir ini betul-betul dibebaskan,” kata dia.

Terkait hal ini, tambah Yusril, Ba’asyir sudah menyetujuinya dan menyatakan ingin kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Namun, Ba’asyir meminta waktu karena harus mengemas barang-barangnya.

“Jadi beliau menerima semua dan akan tinggal di rumah anaknya Pak Abdul Rochim. Tapi beliau minta waktu 2-3 hari untuk mengemas barang-barangnya,” kata dia.

Sementara itu, Ustaz Abu Bakar Baasyir mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sudah berupaya membebaskannya dari hukuman penjara.

“Saya kenal sejak lama dengan Pak Yusril. Beliau ini orang berani, sehingga banyak yang memusuhinya. Tetapi saya tahu, beliau menempuh jalan yang benar,” ujar Baasyir.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Kata-kata Gokil Lucu Ini Akan Musnahkan Stres Pikiranmu

Liputan6.com, Jakarta Terkadang rutinitas yang kamu hadapi membuat penat dan bosan. Ada saatnya kamu memiliki beban pekerjaan yang berat. Kalau sudah seperti itu, stres pun tak dapat dihindari. Pikiranmu jadi tak karuan, fokusmu hilang dan semua pekerjaanmu akhirnya terbengkalai.

Pastinya kamu tidak mau merasakan hal buruk seperti diatas. Apalagi stres juga bisa berdampak membuatmu kehilangan kepercayaan diri. Kamu akan makin sedih dan terpuruk meratapi masalah-masalahmu. Eits, tapi ada banyak cara untuk menghilangkan stres kok. Kamu butuh hiburan?

Tak perlu merogoh kocek dalam untuk liburan. Kamu bisa merefresh otakmu dengan hal-hal sederhana. Sesederhana membaca kata-kata gokil lucu yang akan menjadi penghiburanmu. Kata-kata gokil lucu cocok bagi kamu yang pikirannya sedang penat dan jenuh. Supaya tidak stress dan nantinya akan berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya kamu simak kata-kata gokil lucu ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, kata-kata gokil lucu untuk kamu yang ingin menghilangkan stres Jumat (18/1/2019). Tak perlu repot-repot mencari penghibur lain. Berikut kata-kata gokil lucu untukmu.

2 dari 5 halaman

Cara agar berjodoh dengan si dia

Bukan Salah Budi

Berhati hatilah jika ingin membalas budi, karena belum tentu budi yang melakukannya.

Mpok dan Bank Indonesia

Sebenarnya, yang melahirkan uang adalah Mpok Indonesia. Bank Indonesia cuma menanam benih.

Pokoknya Harus Jodoh

Ya Tuhan jika dia bukan JODOHKU, Tolong hapuskan kata BUKAN dari hidup ini.

Jangan Lupa Minta Kembalian

Dimana ada kelebihan, pastilah disitu ada kembalian.

Penyebab Kematian Terbesar

Hasil penelitian para ahli kedokteran, bahwa ternyata 100% penyebab kematian seseorang adalah jantung, yaitu JANTUNGNYA BERHENTI BERDENYUT

Bayar Hutang Dulu Baru Pergi

Ketika seseorang berusaha menjauhi hidupmu, jangan biarkan ia pergi, sebelum dia melunasi semua utangnya.

Jangan Sombong!

Jangan sombong kalau jadi atasan. Di pasar, atasan diobral 10 ribu dapat 3.

Balas Dendam

Jika seseorang melemparmu dengan batu, balaslah dengan bunga..sekalian dengan potnya.

Uang memang penjamin kebahagiaan

Uang memang tak menjamin kebahagian seseorang. Tapi kalau tak punya uang, kebahagiaanmu lebih tak terjamin lagi.

3 dari 5 halaman

Cara agar tetap diingat

Dosa Besar!

Sebuah dosa besar apabila seorang lelaki menggoda istri orang lalu menikahi suaminya.

Obat Darah Rendah

Ternyata air ludah bisa nyembuhin darah rendah. Coba aja ludahin muka temanmu yang sakit darah rendah 2 detik langsung darah tinggi.

Jodoh ditangan Tuhan

Jodoh Itu Di Tangan Tuhan, Tapi Jika Sudah 27 Tahun, Tuhan Lepas Tangan!

Membuang Waktu

Wasting time hanyalah membuang waktu

Cara untuk tetap diingat

Cara terbaik dan mudah untuk membuat orang lain mengingatmu adalah pinjamlah uang mereka.

Hidup dan Katering

Hidup pasti banyak rintangan. Kalau banyak rantangan berarti itu katering.

Semua Pekerjaan terasa ringan

Seberat apa pun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.

Tidak usah Beli makanan mahal

Makanan semahal apa pun tidak akan terasa mahal jika tidak dibeli.

Pacar Orang

Sebenarnya pacar orang adalah pacar kita juga karena kita adalah orang.

4 dari 5 halaman

Cara memecahkan masalah

Takut Istri

Kalau Anda takut berbuat dosa, maka Anda adalah teman orang yang beriman.Jika Anda takut bohong, maka Anda adalah teman orang-orang sholeh.Anda takut berbuat baik, maka Anda temannya setan.Nah, kalau Anda takut sama istri, Anda teman saya!

Sungguh Dosa Besar

Sebuah dosa besar apabila seorang lelaki menggoda istri orang lalu menikahi suaminya.

Mana yang lebih ikut-ikutan

Cewek lebih suka ikut-ikutan dibanding cowok. Buktinya banyak cewek ikut-ikutan suka memakai celana, tapi nggak ada cowok yang ikutan memakai rok.

Pecahkan Masalahmu!

Jangan ragu dalam memecahkan masalah! Kecuali kalo ada tulisannya “memecahkan berarti membeli”.

Kebanyakan Gaya!

Menurut ilmu fisika, tekanan berbanding lurus dengan gaya. Jadi kalau kamu merasa hidupmu banyak tekanan. Mungkin karena kamu kebanyakan gaya.

Teman sejati yang sesungguhnya

Teman sejati itu seperti ingus, dia selalu hadir saat air mata datang dan jatuh.

5 dari 5 halaman

Sukses bukan bensin

Sukses itu dimulai dari diri sendiri, bukan dari nol seperti bensin.

Tinggalkan Jejakmu

Beberapa orang masuk ke kehidupan kita dan meninggalkan “jejak” di hati. Sementara yang lain, masuk ke kehidupan kita dan membuat kita ingin meninggalkan jejak di muka mereka.

Bentuk kepercayaan diri

Apa yang kulakukan saat melihat seseorang yang sangat menarik? Aku menatapnya, tersenyum padanya sampai capek terus…aku turunin deh itu cermin.

Sayang dan saython

Jangan mau dipanggil “Say”. Bisa jadi itu bukan “Sayang”, tapi “Saython”.

Tak Usah dipikirkan

Nggak usah mikirin omongan orang. Mereka aja ngomongnya nggak pakai pikiran.

Demikian kata-kata gokil lucu yang mungkin dapat menghiburmu. Bagaimana, apakah kumu sudah terhibur? Kata-kata gokil lucu ini juga akan menghilangkan stres yang saat ini kamu rasakan. Karena kamu pasti memerlukan penghiburan dalam menjalani pahitnya kehidupan. Bila kamu juga menemui orang yang butuh hiburan, kamu bisa membagikan kata-kata gokil lucu ini pada sahabatmu. Jangan terlalu serius! Hidup cuma sekali maka nikmati dengan santai.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari