Toko Roti Tertua di Indonesia Bertahan Meniti Zaman

Keistimewaan lain toko roti Go adalah varian roti tradisional yang disajikan. Di sini tersedia roti manis, roti sobek, hingga pastry. Semuanya selalu disajikan dalam kondisi segar.

“Nama toko Go diambil dari marga pendiri laki-laki, Go,” kata Rosani Wiogo, akhir 2017 lalu.

Rosani mengelola toko ini bersama dengan suaminya, FX Pararto Widjaya. Suami istri ini adalah generasi ketiga pemilik Roti Go.

Mereka mengelola toko ini sejak tahun 2004, atau sekitar 14 tahun lampau, setelah orang tuanya meninggal dunia. Meneruskan usaha yang sudah berjalan puluhan tahun dan tetap mempertahankan ciri khasnya tentu bukan soal mudah.

Akan tetapi, yang diingat keluarga ini adalah pada fase lebih berat, bagaimana mereka bertahan pada masa revolusi kemerdekaan, misalnya, toko ini mampu bertahan. Keluarga Roti Go, baik pemilik maupun karyawan, tetap menyatu layaknya keluarga besar.

Rosani bercerita, pada masa agresi militer II Belanda tahun 1948, toko ini pernah terbakar, sebagaimana Kota Purwokerto yang saat itu juga luluh lantak. Beruntung, pemilik dan seluruh karyawan selamat.

Nyaris seluruh bangunan toko musnah dan hanya menyisakan oven dan alat peracik roti berbahan besi yang kebal dari api. Dua alat ini selamat lantaran terbuat dari bata merah dan besi yang tahan api.

Seusai agresi berakhir dan kondisi berangsur aman, toko ini sedikit demi sedikit kembali bangkit. Pengelola dan karyawannya sama. Mereka bersatu membangkitkan kejayaan toko roti ini.

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan memengaruhi perubahan pola industri roti. Toko roti modern pun bermunculan menawarkan varian roti yang menggoda dan kekinian.

Tentu kemunculan toko-toko baru ini berimbas pada menurunnya omzet Toko roti Go. Namun, pengelola roti Go enggan berubah mengikuti tren pasar yang menuntut serba instan. Mereka bertekad mempertahankan tradisi yang terbukti mampu melintasi zaman.

“Pesan dari orang tua, roti ini agar dilestarikan,” dia menambahkan.

Simak viedo pilihan berikut ini:

Simak video menarik di bawah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *