TNI AL dan Tentara Jerman Latihan Bersama di Laut Mediterania

Jakarta – TNI Angkatan Laut (AL) menggelar latihan bersama dengan tentara Jerman menggunakan kapal perang masing-masing di Laut Mediterania. Latihan itu bertujuan memberikan pelatihan bagaimana menambah dukungan logistik yang habis tanpa harus kembali ke pangkalan.

“Latihan bersama mailbag transfer yang dilaksanakan antara KRI Sultan Hasanuddin-366 dan FGS Oldenburg F-263 merupakan bagian dari latihan pembekalan di laut dengan tujuan untuk memberikan tambahan dukungan logistik kepada unsur kapal yang membutuhkan agar tetap bisa melaksanakan tugas di laut tanpa harus melaksanakan bekal ulang di pangkalan,” ujar Komandan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K UNIFIL Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/3/2019) malam.

Lebih lanjut, Cecep mengatakan latihan bersama ini menggunakan lebih dari satu kapal dengan pembagian tugas yang berbeda. Ada kapal yang bertugas pemberi dan ada juga berlaku sebagai penerima bantuan.

“Latihan ini dilakukan oleh dua kapal atau lebih dengan salah satu unsur kapal sebagai delivering ship atau kapal pemberi, sedangkan unsur kapal yang lain sebagai receiving ship atau kapal penerima,” ucapnya.

TNI AL dan Tentara Jerman Latihan Bersama di Laut Mediterania KRI Sultan Hasanuddin-366 dan FGS Oldenburg F-263 asal Jerman gelar latihan bersama di Laut Mediterania (Foto: Dok. Istimewa)

Selain memperkuat profesionalisme prajurit, jelas Cecep, tujuan latihan bersama ini juga berguna untuk mempererat hubungan diplomasi Indonesia dengan Jerman.

“Latihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit dan mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman,” paparnya.

Dalam latihan mailbag transfer ini, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K/UNIFIL melibatkan 120 prajurit pengawak KRI Sultan Hasanuddin-366 dan Helikopter Dauphin AS-365 N3+ on board di KRI yang saat itu dilibatkan dalam kegiatan latihan.
(eva/nvl)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *