4 Motor Bergaya Scrambler di Indonesia, Pilih Mana?

Liputan6.com, Jakarta Motor bergaya klasik dan kustom semakin digemari oleh para bikers. Pabrikan roda dua pun berlomba-lomba untuk menawarkan motor klasik, dan salah satu aliran yang diminati saat ini adalah gaya scrambler.

Aliran motor klasik yang memadukan konsep offroad dan onroad. Konon, penamaan motor ini berasal dari ucapan komentator di Inggris pada 1920-an. Saat itu, balapan liar dengan format baru muncul. Para pembalap diminta melaju ke garis akhir tanpa jalur yang tetap dalam waktu sesingkat-singkatnya. Tak jarang mereka harus berebut melewati jalur offroad. Saking rusuhnya berebut posisi, saat lomba sang komentator kerap berujar “quite a scramble” yang artinya “sangat rusuh”. Seiring waktu, kata-kata itu melekat dan motor-motor dengan aliran desain seperti itu dikenal sebagai scrambler.

Adapun pabrikan yang menawarkan kendaraan roda dua berkonsep scrambler adalah Triumph, Ducati, BMW Motorrad dan Benelli. Beberapa bahkan sudah memasarkan produknya di Indonesia. Berikut ragam pilihannya.

1. Triumph Scrambler 1200

Pabrikan asal Inggris ini memiliki lini yang disebut Scrambler 1200 yang punya dua pilihan, XC dan XE. Namun, di Indonesia baru ditawarkan XE yang merupakan varian tertinggi. Motor seharga Rp 545 juta (off the road) itu mengusung jantung mekanis berkubikasi 1.200cc, satu silinder. Konfigurasi itu menghasilkan tenaga sebesar 88 Tk di putaran 7.400 rpm dan torsi 110 Nm pada 3.950 rpm.

2 dari 5 halaman

2. Ducati Scrambler

Ducati mempunyai lini Scrambler yang terdiri dari beberapa model: New Model, Classic, Sixty2, dan Desert Sled. Seluruhnya menggunakan mesin dua silinder yang sama dengan volume ruang pembakaran unik, yaitu 803cc. Berdasarkan data, daya dorong maksimumnya 73 Tk di putaran 8.250 rpm. Sementara momen puntirnya sebesar 67 Nm di 5.750 rpm. Untuk harganya berkisar mulai Rp 240 jutaan sampai Rp 438 jutaan.

3 dari 5 halaman

3. BMW R nine T Scrambler

R nineT Scrambler, motor besutan BMW Motorrad ini sudah dipasarkan di Indonesia sejak 2016. Informasi terbaru, harga jualnya terbilang tinggi mencapai Rp 620 jutaan. Dengan banderol segitu, konsumen disuguhi performa dari mesin 1.170cc dua silinder dengan konfigurasi boxer (silinder bergerak horizontal). Tenaga puncaknya 109 Tk yang dihasilkan pada 7.550 rpm dan torsi sebesar 116 Nm.

4 dari 5 halaman

4. Benelli Leoncino 500

Untuk motor bergaya scrambler, Benelli memiliki produk yang dinamakan Leoncino 500. Bila dibandingkan dengan ketiga merek di atas, tunggangan ini punya mesin paling kecil, hanya 500cc. Meski begitu, outputnya cukup mumpuni, 46 Tk di 8.500 rpm dan momen puntir 45 Nm pada 5.000 rpm. Tertarik untuk membelinya? Sayangnya Benelli belum juga nampak memasarkannya, padahal harganya sangat menarik, bisa di bawah Rp 100 juta. Kabar terakhir bahkan menyebutkan bahwa versi 250 cc-nya siap dirilis juga.

Sumber: Oto.com

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tiga Hari Meluncur, Honda Mobilio Facelift Hanya Terjual 74 Unit

Liputan6.com, Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia secara resmi meluncurkan mobil andalannya di kelas Low MPV, new Honda Mobilio, Kamis (21/2/2019) lalu.

Tak hanya meluncurkan mobil, pabrikan otomotif asal Jepang tersebut juga menggelar pameran di salah satu mal di wilayah Jakarta Selatan.

Memiliki penyegaran pada eksterior serta beberapa fitur baru pada interior, Mobilio terbaru mampu mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) 74 unit selama tiga hari pameran.

Ditawarkan tanpa kenaikan harga dibanding model sebelumnya, mobil ini memiliki target penjualan 20 ribuan selama satu tahun.

“Kalau sampai sekarang belum ada datanya. Nanti kalau dealer sudah pada masukin kita info,” kata Jonfis Fandy selaku Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Terdapat tiga varian, Jonfis mengaku new Honda Mobilio tipe E merupakan penyumbang penjualan terbanyak dibandingkan tipe S dan RS.

“Bisa lebih dari 60 persen (tipe E). Untuk tipe E dan S itu sekitar 85 persen, sisanya RS,” ujarnya.

Sebagai informasi, Untuk dapur pacu, Honda Mobilio terbaru didukung mesin 1.5L i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 116 Tk pada 6.600 rpm dan telah dilengkapi dengan transmisi CVT with Earth Dreams Technology.

Untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan, mobil terbaru ini dilengkapi Dual From SRS Airbags dan Sistem pengereman ABS serta EBD. Sedangkan untuk varian Honda Mobilio RS mendapat tambahan fitur Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).


3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Harga Mobil Ford Tua Ini Setara Tiga Supercar Baru

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah mobil Ford yang tidak banyak diketahui publik muncul untuk dijual di situs jual beli Jerman, Mobile.de. Meski tak banyak dikenal, harga yang diberikan pemilik untuk mobil tua tersebut sangat fantastis.

Bagaimana tidak, Ford LTD Station Wagon tahun 1983 tersebut memiliki banderol mencapai $ 2.250.192 atau setara dengan Rp 31,5 miliar.

Seperti dilansir Carcoops, Senin (25/2/2019) beberapa dekade yang lalu, mobil asal Amerika Serikat tersebut diubah seniman Afrika Timur paling berpengaruh, George Lilanga.

Memiliki seni abstrak, mobil tersebut diklaim memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sehingga harga yang disematkan dinilai wajar.

Tidak jelas bagaimana atau kapan kendaraan itu sampai di tangan dealer mobil Jerman. Namun, sebelumnya mobil seni itu terdaftar untuk dijual dengan harga $ 4,9 juta atau setara Rp 65 miliar menjelang akhir 2017.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk dapur pacunya, Ford LTD Station Wagon dilengkapi dengan mesin 3,8 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 120 Tk dan dikawinkan dengan transmisi otomatis.

Meski tidak pernah terlibat dalam kecelakaan, mobil tersebut nyatanya tidak layak jalan. Sehingga pembeli hanya bisa memajang mobil tersebut sebagai kendaraan bersejarah.

Sebagai informasi, George Lilanga lahir di Tanzania pada tahun 1934. Ia merupakan salah satu seniman paling terkenal saat itu.

Sepanjang tahun 1970-an, 1980-an dan 1990-an, Ia berkeliling dunia, memamerkan karya seninya di seluruh Amerika Serikat, Afrika, Eropa, India, dan Jepang dan meninggal pada 2005 silam.

Setelah Toyota Supra, Lexus Akan Mengadopsi Mesin BMW

Liputan6.com, Jakarta Kerja sama Toyota dengan BMW nampaknya tak berakhir di Toyota Supra. Bahkan brand premium Lexus akan menggunakan mesin BMW untuk Lexus IS.

Dilansir Autoevolution, hal ini sepertinya menjadi langkah Lexus untuk menjaga pasar di Amerika. Sebab, pasar Amerika seperti kurang puas dengan adanya ES. Maka Lexus menghadirkan lagi sedan kompak sport.

Mesin BMW 3L turbo akan menjadi satu dari empat pilihan mesin IS. Mesin lainnya adalah 2.0L turbo, 2.4L turbo, dan 2.5L hybrid.

Lexus memang terkenal untuk urusan mengganti mesin dengan kapasitas yang lebih kecil, seperti 2.0L 6-inline. Dengan mesin kecil begitu, Lexus juga dikabarkan akan menghadirkan IS dengan bobot yang lebih ringan.

Tapi kabar lainnya menyebut bahwa jarak sumbu IS akan lebih panjang 40 milimeter. Hal ini seperti menjadi angin segar, sebab kabin bisa saja lebih lega.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Toyota Supra Terbaru Pakai Mesin BMW, Ini Sebabnya

 Toyota Supra terbaru akan menggunakan mesin 3.0 liter 6 silinder segaris. Jantung mekanis itu bukan buatan Toyota saja, melainkan hasil kolaborasi dengan pabrikan mobil mewah lain, BMW.

Ya, tujuh tahun lalu, Toyota dan BMW menandatangani kesepakatan untuk pengembangan mobil sport bersama. Hasilnya, sebuah mesin inline enam silinder, yang sama digunakan pada BMW Z4 M40i dan M340i terbaru. Mungkin hal ini bakal mengecewakan sebagian penggemar Supra, yang sangat sensitif terhadap penggunaan komponen non-orisinal.



Namun, penggunaan mesin BMW bukan tanpa alasan. Menurut Tetsuya Tada selaku chief engineer Toyota Supra seperti dilansir dari motor1.com (20/13), hal ini justru dipicu permintaan konsumen. Mereka menginginkan mesin inline 6 silinder.

Soalnya keempat generasi sebelumnya juga mengusung tipe mesin ini, seolah menjadi ciri khas Supra yang tak boleh dihilangkan. Toyota pun ingin mewujudkannya, tetapi langkah memproduksi sendiri mesinnya, ternyata kurang menguntungkan dari segi bisnis. Mengingat Supra bukanlah produk yang ditujukan sebagai volume maker. Makanya, pemakaian mesin hasil kerja sama dengan BMW menjadi keputusan yang paling masuk akal.

Tak hanya mesin, sistem transmisi otomatis 8-percepatan juga berasal dari BMW. Walau begitu, jantung pacu ini tetap di-tuning tim Toyota, guna menyesuaikan dengan desain mobil. Lantas berapa keluaran tenaganya? Toyota sendiri pernah mengonfirmasi, Supra terbaru punya daya lebih dari 300 Tk. Tetapi angka pastinya masih enggan dibeberkan. Bila melihat mesin 3.0 liter pada Z4 M40i yang meluncur duluan tahun ini, keluaran tenaganya sudah 382 Tk dan memiliki torsi 500 Nm. Bisa jadi tenaga Supra nanti melebihi angka itu.


Yang menarik, di samping mesin 6-silinder, diduga Toyota juga menghadirkan Supra dalam versi lebih murah. Spesifikasi mesinnya lebih kecil, 2.0 liter 4 silinder segaris dengan keluaran tenaga sebesar 262 Tk. Meski berbagai mesin dan beberapa komponen dengan Z4 M40i, kedua pabrikan meyakinkan masing-masing mobil memiliki karakter berbeda, khususnya dari segi penampilan.

Penampilan perdana Toyota Supra generasi kelima, memang tak lama lagi. Mobil sport Toyota itu, dipastikan memanfaatkan pameran Detroit Auto Show awal Januari. Memasuki detik-detik peluncuran, Toyota seolah ingin menggoda para penggemarnya. Belum lama ini, pabrikan mobil asal Jepang itu, merilis video lewat akun youtube resminya. Melalui video itu, Toyota memperdengarkan suara mesin terbaru Supra. Terlihat dalam video, Supra dipacu kencang sambil bermanuver. Namun, wujud dikaburkan sehingga tak terlihat bagaimana detail eksteriornya. 

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

PDIP: Klaim PAN Tak Benar, Sekolah Amien Rais Mahal!

Yogyakarta – Anggota Komisi D DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari Fraksi PDI Perjuangan, Nuryadi, menyoroti mahalnya biaya sekolah di lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Budi Mulia Dua. Yayasan ini dikelola oleh keluarga Amien Rais.

“Sekolah Budi Mulia yang dikelola yayasan terkait keluarga Amien Rais dikenal sebagai salah satu yang termahal dan tak bisa diakses semua kelompok masyarakat. Itu sekolah kaum berduit,” jelas Nuryadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/2/2019).

“Klaim sepihak bahwa tanah Pak Amien Rais yang luas dipakai untuk sekolah rakyat sama sekali tidak benar,” lanjutnya.

Sebelumnya Wasekjen PAN, Saleh Daulay, menyatakan tanah yang dimiliki Amien Rais banyak dimanfaatkan untuk lembaga pendidikan. Saleh menilai keberadaan sekolah adalah bukti lahan Amien termanfaatkan untuk kepentingan rakyat.
Namun pernyataan Saleh dibantah Nuryadi. Dia menilai sekolah di bawah nauangan yayasan yang dikelola keluarga Amien tak semuanya bisa diakses rakyat. Hanya mereka yang berduit yang bisa menimba ilmu di sana.

“Contoh di Budi Mulia (baik TK, SD, SMP, SMA, dan SMK). Mungkin bagus. Tetapi apakah masyarakat mampu? Kalaupun mampu jadinya terpaksa. Supaya bisa gaya, karena orang sekolah di sana menjadi kaya semua. Budi Mulia itu mahal banget,” ungkapnya.

Nuryadi menjelaskan, berdasarkan penelusuran yang dilakukannya biaya pendidikan yang harus dikeluarkan tiap siswa cukup mahal. Sebagai contoh, uang masuk awal di SD Budi Mulia Dua Pandeansari tahun 2018/2019 adalah Rp 12.430.000.

“Sekolah Pak Amien Rais yang sangat mahal tersebut dikelola oleh pihak keluarga. Dewan Pembina adalah Pak Amien Rais dan isteri, lalu Ketua Yayasan adalah Hanafi Rais. Jadi tidak benar kalau sekolah itu sepertinya untuk rakyat.” pungkas dia.
(ush/mbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPK Dalami Kasus Suap yang Jerat Taufik Kurniawan Lewat Ketua Fraksi PAN

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Ketua Fraksi PAN Mulfachri Harahap. Pemeriksaan Mulfachri untuk mendalami kasus dugaan suap terkait pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kebumen yang menjerat Wakil Ketua nonaktif DPR RI Taufik Kurniawan.

“Mulfachri Harahap diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka TK (Taufik Kurniawan),” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (20/2/2019).

Masih belum diketahui apa yang akan digali penyidik KPK terhadap Mulfachri. Namun belakangan ini lembaga antirasuah sudah memeriksa sejumlah anggota DPR terkait kasus yang menjerat Taufik Kurniawan ini.

Mereka di antaranya Pimpinan Komisi III DPR RI Kahar Muzakir, anggota DPR dari Fraksi PAN Ahmad Riski Sadig, anggota DPR RI Fraksi PDIP Said Abdullah, Ketua Fraksi PKB Jazilul Fawaid, dan anggota DPR Fraksi Demokrat Djoko Udjianto.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka. Taufik diduga menerima Rp 3,65 miliar yang merupakan bagian dari komitmen fee 5 persen atas Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen yang disahkan sebesar Rp 93,37 miliar.

Taufik menerima suap tersebut dari Bupati nonaktif Kebumen Muhammad Yahya Fuad (MYF). Yahya sebelumnya sudah dijerat KPK dalam kasus suap DAK bersama delapan orang lainnya.

KPK mengisyaratkan kemungkinan ada keterlibatan pihak lain selain Taufik dalam kasus dugaan suap pengurusan DAK Kabupaten Kebumen ini.

“Memang ada upaya dari kepala daerah, MYF waktu itu, untuk mendekati beberapa pimpinan DPR. Meskipun sejauh ini baru ada satu orang,” kata Febri beberapa waktu lalu.

2 dari 3 halaman

KPK Bidik Pihak Lain?

Febri juga sempat menyatakan jika proses pembahasan dan pengurusan DAK Kebumen ini tak mungkin dilakukan hanya satu orang.

“Kalau memang tersangka ingin membuka peran pihak lain, silakan saja. Karena proses anggaran pembahasan ini tidak mungkin dilakukan oleh satu orang,” kata Febri.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Saingan Kawasaki Versys Resmi Meluncur, Harganya Bikin Kaget

Liputan6.com, Jakarta – Benelli secara resmi meluncurkan dua sepeda baru, TRK 502 dan TRK 502X untuk pasar otomotif India. Ikut meramaikan segmen motor petualangan, kedua motor tersebut diklaim memiliki kelebihan dari sisi kenyaman.

Seperti dilansir Motorbeam, Selasa (19/2/2019), TRK 502 dan TRK 502X memiliki fokus sebagai kendaraan petualang yang bisa digunakan untuk touring atau perjalanan jarak jauh.

Dari sisi dapur pacu, kedua motor terbaru itu dibenamkan mesin berkapasitas 499cc, parallel-twin, berpendingin cairan yang mampu menghasilkan tenaga hingga 47 Tk pada 8500 RPM dan torsi puncak 46 Nm pada 5000 RPM. Mesin tersebut dikawinkan dengan girboks 6-speed.

Untuk Benelli TRK 502 disematkan garpu terbalik berukuran 50 mm di bagian depan, bersama dengan pengaturan suspensi monoshock di bagian belakang.

Motor ini dilengkapi dengan rem cakram ganda berukuran 320 mm pada bagian depan dan rem cakram belakang 260 mm di posisi belakang.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Benelli TRK 502X memiliki roda berukuran 19 inci dibagian depan dan 17 inci di bagian belakang. Sedangkan TRK 502 mendapatkan roda 17 inci di bagian depan dan belakang.

Selain itu, TRK 502X dilengkapi dengan knalpot yang dipasang lebih tinggi. Resmi mengaspal, TRK 502 dan 502X siap bersaing dengan Kawasaki Versys 650 dan Suzuki V-Strom 650.

Mampu menampung bahan bakar hingga 20 liter, TRX 502 dijual dengan harga Rs. 5 lakh atau setara dengan Rp 98,7 juta sedangkan TRK 502X dihargai dengan Rs. 5,40 lakh atau setara dengan Rp106,6 juta.

Nissan Resmi Luncurkan New Serena, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tahun ini cukup bergerak agresif. Pasalnya, pabrikan asal Jepang ini tidak hanya menghadirkan all new Nissan Livina, tetapi juga menghadirkan MPV terbarunya, new Nissan Serena.

Dijelaskan Isao Sekiguchi, Presiden Direktur NMI, Nissan Serena baru ini merupakan model canggih yang bakal mengubah pengalaman berkendara bagi pemiliknya. Berbagai fitur canggih tersemat di model ini, dan bakal membuat nyaman saat berada di dalam kabin.

“Dengan layar sentuh 7 inci yang salah satunya berfungsi untuk multimedia yang terhubung dengan smartphone pengguna,” jelas Isao Sekiguschi, di sela-sela peluncuran di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Lanjutnya, sebagai salah satu mobil keluarga premium, new Nissan Serena merupakan model yang pertama yang mendapatkan desain warna dual tone.

Untuk kabinnya juga menawarkan dimensi yang luas, dan bisa diatur sedemikian rupa serta fitur yang memanjakan pengemudi dan penumpang. 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Nissan Serena baru ini mendapatkan fitur intelligent around view monitor (I-AVM) dengan pandangan jelas hingga 360 derajat yang dibekali empat kamera, dan moving object detector (MOD) yang memberi tahu jika ada sesuatu yang bergerak di belakang mobil.

Untuk mesinnya, new Nissan Serena dipersenjatai mesin berkode MR20 dengan kapasitas 1.997 cc yang mampu menghembuskan daya hingga 147,9 Tk pada 6.000 rpm serta torsi 199 kgf.m pada 4.400 rpm.

Untuk harganya, tipe X dibanderol Rp448 juta dan tipe HWS dilepas Rp 465 juta. Harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta.

Dua Orang Kaya Indonesia Pesan BMW S1000RR yang Harganya Hampir Rp1 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – PT Maxindo Moto Nusantara sebagai agen pemegang merek (APM) BMW Motorrad di Indonesia berencana menghadirkan model baru dari BMW S1000RR. Rencananya, moge asal Jerman ini bakal didatangkan April 2019.

“Model baru yang sudah pasti satu model, BMW S1000RR yang sudah ditampilakan di EICMA. Peluncuran saat IIMS 2019, April mendatang,” jelas Joe Frans, CEO PT Maxindo Moto Nusantara, di sela-sela peluncuran BMW C 400 X di BMW Motorrad Flagship Store, Jakarta Selatan, Sabtu (16/2/2019).

Lanjutnya, untuk harganya memang masih belum bisa diinformasikan. Namun yang pasti, bakal lebih mahal dibanding model yang saat ini sudah dijual di Indonesia. “Untuk harga yang sekarang Rp 734 juta off the road. Kalau yang baru nanti, bakal lebih mahal karena ada opsi M Package juga,” tambahnya.

Meskipun bakal dibanderol hampir Rp1 miliar, namun model ini ternyata sudah diburu pecinta moge di Tanah Air. terbukti, meskipun belum resmi diluncurkan di Indonesia, namun sudah ada konsumen yang melakukan pesanan.

“Sudah dua yang pesan, karena kebanyakan mereka ingin dapat yang pertama dan spek yang paling tinggi. Sudah dari tahun lalu, karena kan sudah dikenalkan di EICMA 2018,” pungkasnya.

2 dari 3 halaman

selanjutnya

Untuk diketahui, BMW S1000RR ini dipersenjatai dengan mesin empat silinder dengan cairan pendingin yang berkapasitas 999 cc. Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 209 Tk pada 13.500 rpm dan torsi 113 Nm pada 11.000 rpm.

Dengan tenaga sebesar itu, motor ini mampu melesat 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik. Motor ini memiliki kecepatan maksimum hingga 299 km/jam.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: