Titik Kebakaran Hutan Bertambah, Kabut Asap Selimuti Kota Dumai

Kondisi ini, tambah Marzuki, tak berlangsung lama. Dalam beberapa hari ke depan ada potensi hujan meskipun bersifat lokal dengan intensitas ringan.

Sebelumnya, BMKG Pekanbaru mendeteksi 187 titik panas indikasi Karhutla di Pulau Sumatera. Paling banyak di Riau dengan 165 titik, kemudian di Aceh 1 titik, Sumatera Utara 3 titik, Sumatera Barat 9 dan Kepulauan Riau 8 titik.

165 titik panas di Riau itu tersebar di Kabupaten Rokan Hilir 17 titik, Pekanbaru satu, Rokan Hulu dua, Siak 11, Kota Dumai 16, Bengkalis 39, Kampar 2, Pelalawan 37, Indragiri Hulu 6, Indragiri Hilir 3 dan Kepulauan Meranti 31 titik.

Dari keseluruhan titik panas itu, yang terindikasi titik api atau telah terjadi kebakaran sebanyak 107 titik dengan level kepercayaan di atas 70 persen lebih. Paling banyak terdapat di Bengkalis 27 titik, berikutnya Kepulauan Meranti 20 dan Pelalawan 19 titik.

Selanjutnya Kota Dumai 13 titik, Rokan Hilir 11, Kabupaten Siak 7, Indragiri Hulu 5, Pekanbaru 1 dan Indragiri Hilir 2 titik. Titik api tidak terpantau di Kampar dan Kuantan Singingi.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Tiupan angin kencang dan luasnya areal yang terbakar serta sulitnya sumber air membuat petugas kewalahan meredam amukan si jago merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *