Tips Traveling Aman di Papua, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta – Tanah Papua tengah dilanda kegentingan lantaran puluhan pekerja proyek Trans Papua dibunuh kelompok tak dikenal. Pembunuhan ini terjadi pada Minggu, 2 Desember 2018, di Kali Igi dan Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Kendati demikian, tak bisa dipungkiri Bumi Cendrawasih dikaruniai deretan kekayaan alam yang menakjubkan. Birunya air laut, pepohonan hijau, lekukan-lekukan teluk, danau hingga pantai berjajar menghadirkan panorama cantik.

Saat ini, destinasi wisata alam di Papua telah cukup banyak dijamah wisatawan lokal dan internasional. Tidak sedikit pengunjung yang penasaran hingga akhirnya bertolak ke Papua untuk menikmati keindahan alamnya.

Eksplorasi pun tidak melulu di objek wisata andalan, Raja Ampat, tetapi merambah ke berbagai destinasi lain seperti taman nasional, pantai, danau, teluk, hingga pegunungan. Anda juga bisa berwisata budaya dengan mengunjungi beberapa suku di pedesaan sekitar Wamena dalam satu hari.

Meski kerap terjadi konflik, ada beberapa tips untuk traveling aman di Papua. Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari worldnomads.com, Selasa (4/12/2018), berikut ini.

Pertama, jika berjalan di trotoar, hati-hati terhadap lubang yang sangat besar. Pada malam hari, lubang tersebut sulit dilihat. Bila lalai, Anda bisa terluka parah karenanya.

Kedua, Ajaklah seorang pemandu. Pemandu dengan bayaran mahal dapat Anda temukan di bandara atau Anda dapat mengatur perjalanan dengan harga yang cukup menjanjikan lewat staf hotel Anda.

Ketiga, jangan lupa untuk memastikan ke staf hotel mengenai keamanan saat berjalan-jalan dengan pemandu rekomendasi mereka. Tetap berhati-hati, jaga barang bawaan Anda sembari luangkan waktu untuk berpetualang di alam Papua.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cerita Presiden Joko Widodo terkait keamanan Kabupaten Nduga di Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *