Kapolda: Anggota Wafat Saat Amankan Pemilu Naik Pangkat 1 Tingkat

Berikut beberapa anggota Polri yang meninggal saat melakukan pengamanan Pemilu 2019 :

1. Aiptu M. Saepudin, Bhabinkamtibmas Cilengkrang, Polsek Cileunyi. Gugur karena kelelahan setelah mengawal kotak suara.

2. Aiptu M. Supri, anggota Polresta Sidoarjo. Gugur saat melaksanakan pengamanan TPS 21 di Desa Bareng Krajan, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

3. AKP Suratno, Panit Subdit II Ekonomi Ditintelkam Polda Kaltim. Gugur dikarenakan sakit.

4. Brigadir Prima Leion Nurman Sasono, anggota Polsek Cerme, Polres Bondowoso. Gugur dalam kecelakaan menuju TPS.

5.Bripka Ichwanul Muslimin, personel Polres Lombok Tengah, Polda NTB. Gugur karena kecelakaan menuju salah satu Polsek untuk apel kesiapan pengamanan TPS.

6. Aipda Stef Pekualu, anggota Polres Kupang, NTT. Gugur saat pengamanan Pemilu 2019.

7. Brigadir Arif Mustaqim, anggota Brimob Cikarang, Polda Metro Jaya. Gugur saat pengamanan Pemilu 2019.

8. Brigadir Slamet Dardiri, anggota Polsek Tosari, Polres Pasuruan. Gugur dalam kecelakaan saat pengamanan Pemilu 2019.

9. Brigjen Syaiful Zahri, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Indonesia Siap Ikut Kompetisi Pesawat Kertas Tingkat Dunia di Austria

Liputan6.com, Jakarta – Pesawat kertas tak hanya sekadar permainan yang dapat membangkitkan memori masa kecil. Kini, permainan tersebut bahkan siap mengantarkan Indonesia menjadi salah satu negara yang ambil bagian dalam Kompetisi Pesawat Kertas Dunia bertajuk Red Bull Paper Wings 2019.

Penyelenggaraan ajang ini memang telah memasuki tahun kelima, namun baru tahun ini merupakan kali pertama Indonesia dapat turut serta. Kompetisi ini menguji keterampilan para peserta yang terdiri atas pelajar atau mahasiswa, juga masyarakat umum dalam melipat sekaligus menerbangkan pesawat kertas.

Ada pun penilaian Kompetisi Pesawat Kertas terbagi atas tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. Para ‘pilot’ akan diberi selembar kertas A4 untuk unjuk kebolehan atraksi di hadapan juri.

“Untuk longest distance (jarak terpanjang), mahasiswa membuat jarak paling jauh dan peserta diberi satu kertas, tidak ada kertas dan alat tambahan,” ungkap Irgi Naufal, Project Coordinator Red Bull Paper Wings 2019 di Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat, Jumat (5/4/2019).

Mengingat pertama kalinya keikutsertaan Indonesia di kompetisi dunia, Irgi menyebut bahwa ia dan pihak penyelenggara selalu memberikan beberapa dukungan kepada para pilot. Langkah ini juga ditunjang dengan aplikasi dari kompetisi ini.

“Selalu mengingatkan peserta untuk cari banyak referensi yang sudah pernah dilakukan negara lain. Kita punya aplikasi yang cukup baik,” lanjut Irgi.

Sebanyak 158 orang mengikuti tahap awal yang digelar di Universitas Indonesia dan Universitas Tarumanagara. Lalu, 20 pilot terbaik yang terpilih di dua babak kualifikasi melaju ke babak final nasional Indonesia.

Sementara, babak final nasional Kompetisi Pesawat Kertas digelar di Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat pada Jumat (5/4/2019). Babak ini mempertemukan 10 pilot yang bertanding di kategori jarak terpanjang dan 10 orang pilot di kategori waktu terpanjang.

Untuk aerobatik, pilot mengunggah video atraksi tidak lebih dari 60 detik di Instagram dan pemenangnya ditentukan dari vote terbanyak. “Aerobatik itu ada banyak trik seperti memutar-mutar dan se-kreatif mungkin,” kata Irgi.

Setelah melalui pertarungan yang cukup sengit, akhirnya kompetisi mengumumkan kemenangan tiga pilot dari tiga kategori. Jarak terpanjang dimenangkan oleh Satrio Abimanyu (Politeknik Negeri Jakarta) dengan jarak 44,10 meter, waktu terpanjang selama 9,28 detik dicetak Yushron Azhary (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia), dan pemenang aerobatik jatuh pada Ananda Rizkytama (Universitas Indonesia) dengan 101 votes.

Ketiga pemenang final nasional Indonesia di atas akan melanjutkan perjuangan mereka ke tingkat dunia yakni Red Bull Paper Wings World Final. Ajang yang diikuti oleh 384 universitas dari 64 negara ini bakal diselenggarakan di Hangar 7, Salzburg, Austria pada Mei mendatang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wuss, Bus Tingkat Ini Punya Tenaga Mirip Supercar

Jakarta – Ajang Busworld South East Asia 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, jadi tempat unjuk gigi bagi para produsen sasis dan mesin bus. Salah satu yang paling mencolok adalah bus terbaru milik pabrikan Swedia, Volvo.

Menggandeng dua karoseri ternama di Tanah Air, Adiputro dan Laksana, Volvo mengenalkan model B11R. Di karoseri milik Adiputro Volvo B11R hadir dengan bodi Jetbus 3+ UHD, sedangkan untuk Laksana, Volvo pakai bodi All New Legacy SR2 Double Decker (bus tingkat).

Yang menarik, sajian utama yang dihadirkan bus Volvo B11R adalah soal tenaganya yang besar, yakni mencapai 430 dk dengan torsi puncak 2.000 Nm. Output tenaga besar tersebut bahkan ditulis besar di bagian kaca samping kedua bus tersebut.

Bus VolvoBus Volvo Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Dengan tenaga yang sebesar itu, maka bus ini punya memiliki tenaga hampir mirip dengan supercar. Sebagai informasi, supercar biasanya memiliki output tenaga di kisaran 500 daya kuda.

Untuk diketahui, Volvo B11R mengusung mesin 11.000 cc yang dikombinasi transmisi i-Shift AMT 12 percepatan. Dan sudah mengusung jenis transmisi triptonic yang bisa dijalankan pada mode manual dan automatic.

“Dari sisi tenaga, ini bisa dibilang paling besar di Indonesia, begitupun dengan sistem transmisi 12 percepatannya. Di mana merek lain baru punya 8-percepatan,” bilang Presiden Direktur PT Indotruck Utama Bambang Prijono, distributor tunggal Volvo di Indonesia.

Dengan tenaganya yang besar, bus ini sudah dilengkapi berbagai fitur keamanan seperti EBS (Electronic Braking System), ABS (Electronic Braking System), ASR (Anti Slip Regulation), dan ESP atau Electronic Stability Program.

Bus VolvoBus Volvo Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Nah, selain hadir untuk platform bis tingkat dan ultra high decker, sasis dan mesin baru Volvo ini juga hadir untuk bus perkotaan dengan bodi bus low decker dan dimensi yang lebih panjang. Khusus untuk bus kota, Volvo mengusung kode B8RLE. (lua/lth)


Keren, April Nanti Ada Kejuaraan Freestyle Motor Tingkat Nasional

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemudan dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menerima kunjungan Indonesia Stuntride Association (ISA) di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (19/3) sore. Dalam pertemuan tersebut, pengurus ISA menyampaikan akan menggelar kejuaraan freestyle motor.

Menpora tampak antusias mendengar pemaparan dari Ketua ISA Royke Laluw yang hadir bersama Sekjen ISA, Andi, Ketua ISA DKI Jakarta Rully dan Bendahara ISA Okti. Kejuaraan freestyle motor tingkat nasional rencananya berlangsung pada 6 April 2019.

Menpora menyambut baik adanya rencana kejuaraan freestyle motor. Ia pun berpesan kepada penyelenggara agar menjaga kebersihan hingga keamanan selama kejuaraan berlangsung.

“Keren, semoga berjalan dengan baik. Kebersihan dan keamanan tetap terus dijaga selama acara berlangsung nantinya,” ujar Menpora.

Ketua ISA Royke Laluw menjelaskan kejuaraan freestyle motor rencananya akan diikuti sekitar 300-an peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Ia juga menyebutkan bahwa freestyle motor di lndonesia termasuk salah satu yang terbaik di level Asia.

“Kita ingin membuat kejuaraan freestyle dan minta dukungan dari Bapak Menpora. Indonesia salah satu yang terbaik di Asia. Acara rencananya diselenggarakan di Kemenpora pada 6 April mendatang. Para freestyle motor sudah kita infokan,” jelas Royke.

Ia berharap, freestyle motor bisa menjadi kebanggan Indonesia. Royke juga ingin, freestyle motor Indonesia bisa ikut pada ajang kejuaraan dunia. Dalam pertemuan ini, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Sesdep Pemberdayaan Pemuda Esa Sukmawijaya mendampingi Menpora.

MotoGP Qatar 2019: Dovizioso Pertahankan Gelar, Rossi Naik 9 Tingkat

1. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP19) 42m 36.902s

2. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 42m 36.925s

3. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 42m 37.222s

4. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 42m 37.359s

5. Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 42m 37.502s

6. Danilo Petrucci ITA Ducati Team (Desmosedici GP19) 42m 39.222s

7. Maverick Vinales ESP Monster Yamaha (YZR-M1) 42m 39.383s

8. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 42m 41.990s

9. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 42m 44.308s

10. Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 42m 46.538s

11. Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1) 42m 46.549s

12. Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 42m 49.676s

13. Jorge Lorenzo ESP Repsol Honda (RC213V) 42m 51.209s

14. Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 42m 51.251s

15. Johann Zarco FRA Red Bull KTM Factory (RC16) 42m 51.995s

16. Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1)* 42m 52.807s

17. Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 42m 53.279s

18. Karel Abraham CZE Reale Avintia (Desmosedici GP18) 42m 59.874s

19. Tito Rabat ESP Reale Avintia (Desmosedici GP18) 42m 59.941s

20. Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16) 43m 20.144s

DNF

Bradley Smith GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP)

Jack Miller AUS Pramac Ducati (Desmosedici GP19)

Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (Desmosedici GP18)*

Hari Raya Nyepi, Tingkat Hunian Hotel Meningkat di Banyuwangi

Liputan6.com, Banyuwangi – Libur Nyepi membawa berkah bagi para pengusaha hotel di Banyuwangi, Jawa Timur. Okupansi atau tingkat hunian hotel-hotel di Banyuwangi meningkat signifikan.

Hunian di seluruh hotel yang ada di Banyuwangi penuh dengan wisatawan dan penduduk yang datang dari Bali.

“Setiap Nyepi penduduk Bali pasti datang ke Banyuwangi dan hotel-hotel penuh,” kata Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko, Kamis (7/3/2019). 

Orang nomor dua di Banyuwangi ini menyatakan, pihak Pemda membantu pengamanan yang dilakukan Kepolisian dan TNI dengan menerjunkan Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Yusuf menyebut, tidak hanya hotel berbintang 4 yang  mendapatkan berkah dari libur Nyepi ini. Menurut dia, hampir semua kelas hotel juga mengalami peningkatan. Kondisi ini hampir merata di seluruh hotel yang ada di Banyuwangi.

Salah satu hotel yang meningkat okupansinya adalah Hotel Mirah. Hotel yang berada sekitar 3 km arah selatan Pelabuhan Ketapang ini sudah dipenuhi tamu sejak dua hari lalu. Rata-rata tamu hotel yang datang berasal dari Bali namun tidak ikut merayakan Nyepi. 

“Mulai kemarin, cek in tanggal 6 kemarin, rencananya cek out tanggal 8 besok,” kata Poppy salah satu tamu Hotel yang berasal dari Bali. 

Pihak pengelola hotel mengaku terjadi kenaikan hingga 80 persen dari hari biasanya. Setiap pelaksanaan Nyepi memang selalu terjadi kenaikan hunian. Tamu-tamu sudah berdatangan sejak H-1 Hari Raya Nyepi

“Pemesanan mulai kemarin dan banyak tamu yang datang ke hotel kita meginap di sini bersama keluarga,” ujar Manager Hotel Mirah, Novi Carera.

2 dari 2 halaman

ASDP Tutup Sementara Penyeberangan Jawa-Bali-Lombok

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menutup sementara layanan penyeberangan dari dan menuju ke Pulau Bali, yakni lintasan Ketapang-Gilimanuk dan Lembar-Padangbai selama 24 jam pada saat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Imelda Alini mengatakan, sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali dan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan penyeberangan terkait Hari Raya Nyepi Tahun 2019, akan dilakukan penutupan sementara layanan operasional penyeberangan di dua lintasan yang menghubungkan wilayah Jawa, Bali dan Lombok. 

Hal ini dilakukan untuk menghormati umat Hindu di Pulau Bali yang sedang melaksanakan catur brata Nyepi pada Kamis 7 Maret 2019. 

“Pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Ketapang pada Rabu 6 Maret 2019 pukul 23.00 WIB atau 24.00 WITA. Sedangkan pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Gilimanuk Kamis 7 Maret 2019 pukul 05.50 WITA atau 04.50 WIB,” kata Imelda kepada wartawan, Kamis pekan ini.

Selanjutnya, pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Lembar pada Rabu 6 Maret 2019 pukul 19.30 WITA, dan pemberangkatan kapal terakhir dari Pelabuhan Padangbai pada Kamis 7 Maret 2019 pukul 03.00 WITA.

“Penutupan sementara operasional di lintasan yang menghubungkan Jawa, Bali dan Lombok akan dilakukan selama 24 jam, dan akan kembali beroperasi normal pada Jumat 8 Maret. Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mengatur jadwal perjalanannya dengan baik,” ungkapnya.

Dari Ketapang, pemberangkatan kapal pertama dari pukul 05.00 WIB atau 06.00 WITA, dan dari Pelabuhan Gilimanuk akan menyesuaikan dengan jadwal yang berlaku, dengan jadwal kapal diatas pukul 06.00 WITA.

Selanjutnya, pemberangkatan kapal pertama dari Pelabuhan Lembar pada Jumat 8 Maret 2019 pukul 04.30 WITA dan dari Pelabuhan Padangbai pada pukul 09.00 WITA.

Terkait layanan dan operasional selama Nyepi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang dan Lembar telah mengintruksikan kepada operator pelayaran yang beroperasi di kedua lintasan tersebut untuk menyosialisasikan penutupan sementara aktivitas penyeberangan kepada penumpang. (Yas)



Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berdasarkan Penelitian, Menikah Bisa Turunkan Tingkat Stres

Liputan6.com, Jakarta – Pernikahan jadi impian banyak orang dewasa. Namun, kekecewaan sering muncul usai pernikahan karena perilaku pasangan yang tak sesuai harapan.

Hal itu yang memunculkan pandangan menikah bukan membuat bahagia, tapi malah stres. Namun, sebuah penelitian menyebutkan sebaliknya.

Sebuah laporan penelitian yang diterbitkan oleh University of Chicago, menemukan bahwa memiliki hubungan cinta jangka panjang bisa mengubah hormon dalam kaitannya mencegah stres.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar testosteron pria menikah atau menjalani hubungan cinta jangka panjang mengalami penurunan sehingga membuat mereka tak terlalu keras dibandingkan pria yang tak menikah.

Secara umum kadar kortisol (hormon stres) juga menurun karena adanya rasa sayang atau cinta yang diberikan pasangan. Hal inilah yang tidak didapatkan pria single.

Tak menutup kemungkinan, pria playboy yang merasa ia bisa mendapat cinta dari banyak wanita sehingga memutuskan tak menikah, tak memiliki pengaruh sebesar dan sekuat jika cinta itu tulus dan tumbuh dari dalam hati.

Pernikahan bisa membuat seseorang mengalami stres, tapi di balik itu ada sesuatu yang sedang diperjuangkan. Perjuangan yang landasi oleh cinta bisa dengan mudah menghapuskan stres. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

5 Negara dengan Tingkat Krisis Air Bersih Terparah di Dunia

Liputan6.com, Jakarta – – Air adalah hal vital yang dibutuhkan oleh umat di seluruh dunia. Apakah itu untuk minum, memasak, mandi hingga mencuci.

Tanpa air, maka manusia akan sulit bertahan hidup. Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang juga mengalami masalah air bersih (di sejumlah daerah).

Namun, ada sejumlah negara di dunia yang sudah dalam kondisi ‘lampu merah’ dalam urusan ini. Bahkan, krisis air bersih di sini bisa membuat masyarakat kehilangan nyawa.

Seperti dikutip dari laman Seametrics.com, Jumat (16/11/2018), berikut 5 negara yang mengalami krisis air bersih terparah di dunia:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Libya

Sementara di Libya mengalami pergolakan politik, kondisi di negara yang terletak di Benua Afrika ini juga mengalami krisis air bersih.

Padahal, negara ini dikenal tandus dan membutuhkan pasokan air untuk kehidupan. Sumber air di Libya sulit diakses. Ditambah perubahan rezim yang bertindak semaunya dan memutus aliran air di sejumlah wilayah, termasuk ibu kota Tripoli.

Tak hanya masalah air, kekacauan juga terjadi karena banyak warga hidup tanpa bahan bakar dan makanan.

3 dari 6 halaman

2. Sahara Barat

Sering digambarkan sebagai gurun karena namanya, negara ini sebenarnya adalah rumah bagi ribuan pengungsi yang mengalami penderitaan.

Hal ini terjadi karena mereka mengalami kekurangan makanan dan air secara terus menerus. Konflik yang terjadi di negara ini juga jadi pelopor permasalahan.

4 dari 6 halaman

3. Djibouti

Negara yang terletak di kawasan Afrika Timur ini telah lama menjadi target bantuan kemanusiaan dari UNICEF dan UNHCR.

Salah satu bantuan yang dilakukan oleh organisasi dunia ini adalah pemberian bantuan air bersih. Iklim yang panas dan juga insfrastruktur buruk selalu jadi masalah.

Tak heran jika ada sejumlah orang yang meninggal lantaran kondisi ini.

5 dari 6 halaman

4. Yaman

Yaman adalah sarang konflik dan titik utama bagi teroris yang berasal dari kawasan Timur Tengah. Banyak warga di negara ini yang bergantung pada negara lain untuk mencakup air bersih.

Selain karena faktor konflik, negara ini juga memiliki masalah pasokan air bersih dan sumber air.

Pertikaian politik memperumit masalah ini. Beberapa ahli memproyeksikan ibu kota Sanaa di Yaman akan menjadi kota besar pertama di dunia yang kehabisan pasokan air.

6 dari 6 halaman

5. Yordania

Yordania berada dalam posisi yang tidak menguntungkan karena berada di Timur Tengah yang gersang dan terpecah secara politik.

Negara ini harus sangat bergantung pada sumber daya air alami sendiri, yaitu Laut Mati dan Sungai Yordan. Karena peningkatan desertifikasi dan populasi yang meningkat, sumber air kian menipis.

Massa FUI Persoalkan Hotel Tempat Tabulasi Suara, Ini Jawaban KPU

Jakarta – Sejumlah hal disoroti massa Forum Umat Islam (FUI) saat audiensi dengan KPU, termasuk soal tabulasi suara di salah satu hotel. KPU kemudian menjelaskan alasannya.

Pertanyaan itu diajukan oleh Sekretaris PA 212, Bernard Abdul Jabbar. Dia menyebut selama bertahun-tahun, KPU selalu melakukan tabulasi suara di suatu hotel di Jakarta Pusat.

“Tentang masalah tabulasi KPU. Kenapa selama ini, selama bertahun-tahun, tabulasi KPU itu kok selalu di Hotel Borobudur. Ada apa ini di Hotel Borobudur. Karena sepengetahuan informasi saya, ada sesuatu yang disembunyikan di Hotel Borobudur. Masalah tabulasi suara dan punya siapa itu hotelnya. Lah ini perlu kami tanyakan ke KPU,” kata Bernard di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

“Kami juga dapat informasi dari pegawai hotel yang bekerja di sana bahwa ini ada sesuatu yang disembunyikan di Borobudur itu. Kenapa nggak cari tempat lainnya?” sambungnya.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan yang hadir di audiensi itu lalu memberi penjelasan. Dia mengatakan tidak ada preferensi khusus dari KPU untuk memilih hotel saat tabulasi suara. Pada tahun 2014 lalu, Wahyu menyebut tabulasi suara berlangsung di Kantor KPU.

“Terkait tabulasi, ini ada Pak Sekjen, memang kita perlu ganti suasana, Pak, jangan Hotel Borobudur terus. 2014 tabulasi di kantor KPU. Kemudian tidak menutup kemungkinan nanti juga mudah, Pak, untuk dipindah dari Hotel Borobudur,” jawab Wahyu.

“Wong kita bayar, Pak, bisa di manapun sepanjang memang kualifikasinya memenuhi syarat,” sambungnya.

Wahyu menegaskan bahwa hasil akhir Pemilu bukan ditentukan perhitungan IT melainkan kertas. Hasil penghitungan suara dari TPS hingga tingkat nasional dilakukan di kertas.

“Tabulasi itu bukan hasil resmi KPU, hasil resminya ya melalui rapat pleno,” kata Wahyu.

(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jawab ‘Ancaman’ Novel Bamukmin, Komisioner KPU Ungkit Hoax 7 Kontainer

Jakarta – Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyebut masyarakat mengalami krisis kepercayaan dan menyebut akan membubarkan KPU jika tidak netral dalam pemilu. KPU mengatakan tudingan krisis kepercayaan tersebut tidak bijak.

“Tudingan krisis kepercayaan tidak bijak, karena hingga tingkat kepercayaan publik kepada penyelenggaraan pemilu terjaga,” ujar komisioner KPU Viryan Aziz kepada detikcom, Jumat (1/3/2019).

Menurut Viryan, saat ini yang terjadi banyak pihak berupaya mendelegitimasi pemilu dengan berita hoax. Salah satunya dengan adanya hoax 7 kontainer surat suara tercoblos yang sempat terjadi.

“Yang ada justru hoax pemilu yang berupaya mendelegitimasi pemilu, terbukti dengan hoax pemilu 7 kontainer surat suara sudah tercoblos, masa hoax pemilu delegitimasi pemilu lantas membuat krisis kepercayaan. Maknanya upaya membuat kabar bohong mendelegitimasi KPU tidak berhasil dilakukan,” kata Viryan.

Dia juga mengatakan perhitungan hasil pemilu dilakukan secara manual, sehingga tidak dimungkinkan adanya kecurangan memalui manipulasi IT. Selain itu, menurutnya perhitungan ini juga dilakukan secara terbuka yang disaksikan pengawas pemilu.

“Pemilu sejak 1955 sampai sekarang dilakukan secara manual, tidak mungkin IT bisa memanipulasi hasil pemilu karena Indonesia tidak menyelenggarakan pemilu elektronik. Yang dilakukan hanya publikasi hasil pemilu di TPS, kecamatan, dan sebagainya,” kata Viryan.

“Hasil pemilu dihitung dalam rapat pleno terbuka, rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan sampai dengan pusat. Rapat pleno dilakukan secara terbuka, diikuti saksi dari peserta pemilu, pengawas pemilu, pemantau dan masyarakat,” sambungnya.

Terkait adanya potensi kecurangan memalu kotak suara bila disimpan di kantor kecamatan. Viryan juga mengatakan tempat penyimpanan ini telah dilakukan sejak 1955 dan tidak menimbulkan masalah.

“Penyimpanan kotak suara di kantor kecamatan dilakukan sejak pemilu 1955 sampai sekarang, termasuk juga di pilkada. Penggunaan kantor kecamatan sudah berlangsung dan tidak ada masalah selama ini,” kata Viryan.

Sebelumnya, Novel Bamukmin meminta KPU netral sebagai penyelenggara Pemilu 2019. Dia menyebut KPU wajib dibubarkan jika tidak netral.

“Kita mendatangi KPU, tak lain tidak bukan tuntut keadilan. Betul? Siap tegakkan keadilan? Siap tegakkan persatuan? Takbir!” kata Novel di atas mobil komando di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Novel juga mengklaim masyarakat saat ini sudah mengalami krisis kepercayaan. Oknum aparat, baik sipil maupun Polri, disebut Novel dipertanyakan netralitasnya.

(dwia/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>