Lurah: Rumah yang Roboh di Tanah Tinggi Tiga Lantai Tak Ada Izin

Jakarta

Sebuah rumah di wilayah Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, roboh dan menewaskan 3 orang serta melukai 10 orang lainnya. Bangunan yang terdiri dari tiga lantai ini ternyata tidak memiliki izin.

Warga setempat sebelumnya menyatakan bahwa bangunan yang roboh ini sempat disegel, namun pembangunannya terus dilanjutkan. Lurah Tanah Tinggi Imran Mansur mengatakan, rumah ini memang bermasalah.

“Berkaitan masalah pembangunan itu, dari pihak kecamatan dan Dinas Citata (Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan) tidak pernah mengeluarkan izin. Kenapa disegel, karena tidak ada mengurus izin. Jadi pelaksanaan pembangunan ini tanpa ada konfirmasi atau SOP dari pihak Dinas Citata sendiri,” ujar Imran kepada wartawan di lokasi, Jalan Pulo Gundul, Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Jumat (26/4/2019).

“Ini nggak ada izinnya, nggak pernah sama sekali dikeluarkan,” sambungnya menegaskan.

Lurah: Rumah yang Roboh di Tanah Tinggi Tiga Lantai Tak Ada IzinLurah Tanah Tinggi, Imran Mansur (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Imran mengatakan seharusnya rumah ini tidak boleh dibangun tiga lantai. Dia belum mengetahui kenapa rumah ini bisa roboh, apakah fondasinya sesuai dengan spesifikasi atau tidak, dan lainnya. Menurutnya itu nantinya ranah polisi untuk menjelaskan.

Saat ditanya bagaimana bangunan ini bisa terus dibangun sementara tidak ada izin, Imran belum bisa berkomentar banyak. Dia menyatakan Dinas Citata sendiri sudah mengeluarkan surat perintah bongkar.

“Sementara ini dari pihak kita belum ada wewenang untuk melarang masalah itu, karena masalah pembangunan ini kan dari pihak Dinas Citata sendiri sudah mengeluarkan surat perintah bongkar, karena tidak pernah mengeluarkan izin. Itulah yang menjadi problem, kita nggak tahu bahwa penopang untuk bangunan tiga lantai itu, kita nggak tahu kekuatannya. Kalau misalnya udah ada izin, pasti itu akan ada studi pembangunan tersebut,” jelasnya.

Lurah: Rumah yang Roboh di Tanah Tinggi Tiga Lantai Tak Ada IzinFoto: Rumah roboh di Tanah Tinggi, Jakarta. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Polisi sendiri telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Olah TKP dilakukan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri. Kanit Reskrim Polsek Tanah Tinggi Iptu M Rashid mengatakan olah TKP ini untuk mencari tahu penyebab robohnya rumah.

“Yang jelas, kita dari pihak kepolisian sudah memanggil tim identifikasi dari Mabes Polri, ini akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut masalah bangunan ini sama pihak identifikasi Mabes Polri,” kata Rashid di lokasi.

Rashid mengatakan kasus ini ditangani Polres Jakarta Selatan. Sejauh ini sudah ada saksi yang diperiksa polisi seperti Ketua RT 04, serta warga yang di sebelah kanan dan kiri rumah. Rashid mengatakan izin pembangunan rumah ini bermasalah.

“Yang jelas kalau melihat dari bangunannya, dari izinnya saja sudah bermasalah. Yang jelas ini ada pidananya. Kemungkinan ini akan kita kenakan Pasal 359 dan 360 KUHP, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan 1 tahun kurungan, karena lalainya mengakibatkan orang lain meninggal dunia ataupun luka berat,” ujarnya.

Lurah: Rumah yang Roboh di Tanah Tinggi Tiga Lantai Tak Ada IzinFoto: Rumah roboh di Tanah Tinggi, Jakarta. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

(dnu/hri)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Puslabfor Olah TKP Rumah Roboh di Tanah Tinggi yang Tewaskan 3 Orang

Jakarta – Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) rumah roboh di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Olah TKP dilakukan oleh Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

Pantauan detikcom, ada dua petugas yang tiba di lokasi, Jalan Pulo Gundul, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat pukul 18.00 WIB, Jumat (26/4/2019). Mereka tiba dengan mengendarai mobil yang bertuliskan Puslabfor.

Mereka langsung menyusuri lokasi rumah roboh itu. Mereka juga tampak mengambil gambar dengan kamera.
“Teman-teman, semuanya keluar dulu (di luar garis polisi), sekarang mau dilakukan olah TKP,” kata seorang polisi.

Kanit Reskrim Polsek Tanah Tinggi Iptu M Rashid mengatakan olah TKP ini dilakukan dari Puslabfor Mabes Polri. Tim akan mengidentifikasi untuk mencari penyebab robohnya rumah.

“Yang jelas, kita dr pihak kepolisian sudah memanggil tim identifikasi dari Mabes Polri, ini akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut masalah bangunan ini sama pihak identifikasi Mabes Polri,” kata Rashid di lokasi.

Rashid mengatakan kasus ini ditangani Polres Jaksel. Sejauh ini sudah ada saksi yang diperiksa polisi seperti Pak RT 04, warga yang di sebelah kanan dan kiri rumah. Rashid mengatakan izin pembangunan rumah ini bermasalah.

“Yang jelas kalau melihat dari bangunannya, dari izinnya saja sudah bermasalah. Yang jelas ini ada pidananya. Kemungkinan ini akan kita kenakan Pasal 359 dan 360 KUHP, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara dan 1 tahun kurungan, karena lalainya mengakibatkan orang lain meninggal dunia ataupun luka berat,” ujarnya.

Namun begitu, polisi masih menyelidiki siapa pemilih rumah roboh tersebut. Rashid mengatakan pemiliknya bukan warga sekitar.

“Hingga saat ini pemiliknya masih dilakukan penyelidikan,” ujarnya.

Rumah itu roboh sekitar pukul 11.00 WIB siang. Akibatnya, 3 orang tewas dan 10 luka-luka.
(idh/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Rumah Roboh di Tanah Tinggi Jakpus, Angkot hingga Motor Hancur Tertimpa

Jakarta – Petugas gabungan masih menangani kejadian rumah roboh di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. Satu unit angkutan kota (angkot) hingga motor juga hancur tertimpa bangunan.

Pantauan detikcom di lokasi Jalan Pulo Gundul No 43 RT 04/10, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019) pukul 16.45 WIB, ada satu rumah yang roboh. Puing bangunan masih bertumpuk lokasi.

Satu angkot jurusan Senen-Kampung Melayu tampak hancur dari bagian tengah ke depan. Angkot itu tertimpa bangunan.
Ada juga sepeda motor yang hancur tertimpa puing. Di lokasi, pasukan oranye sudah mulai membersihkan puing-puing.

Selain itu, garis polisi juga dipasang di bagian depan rumah. Garis ini untuk membatasi agar warga menjaga jarak dari lokasi.

Rumah Roboh di Tanah Tinggi Jakpus, Angkot hingga Motor Hancur TertimpaFoto: Rumah roboh di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat. (Adhi Indra-detikcom)

Rumah itu roboh pada pukul 10.30 WIB. Pada pukul 14.29 WIB tadi, dilaporkan ada 7 korban luka dan satu orang tewas akibat kejadian ini. Belum ada laporan lebih jauh mengenai identitas para korban.

“Terdapat 8 orang korban (7 luka dan 1 tutup usia)” tulis DKPP DKI Jakarta lewat akun Instagram-nya @humasjakfire seperti dilihat detikcom, Jumat (26/4).
(idh/hri)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tinggi Air hingga 3,7 Meter, 7 RW di Pejaten Timur Terendam Banjir

JakartaBanjir melanda Kelurahan Pejaten Timur. Ketinggian air bahkan mencapai 3,7 meter di RT 5 RW 8, Kelurahan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“(Tinggi air) 3,7 meter,” ujar Camat Pasar Minggu Agus Irwanto, di lokasi Banjir, Jumat (26/4/2019).

Agus mengungkapkan setidaknya 7 RW di Pejaten Timur terendam banjir. Di antaranya RW 3, RW 5-10. Setidaknya ada 1.000 warga yang mengungsi.

“Kurang lebih ada 450 KK, kurang lebih 1.000 lebih jiwa. Namun alhamdulillah bisa terkendali karena sejak jam 10 malam kita udah lakukan evakuasi memberitahukan warga untuk segera bersiap melakukan pengungsian atau mengangkat barang-barang,” tuturnya.

Beberapa sekolah pun terpaksa diliburkan karena ikut terendam banjir. “Ada kurang lebih 7 sekolah yang berada di bantaran atau di bawah daerah yang rendah,” katanya.

Agus mengatakan saat ini pihaknya telah mendirikan posko banjir dan dapur umum di tempat pengungsian. Pihaknya juga mengaktifkan Kampung Siaga Bencana dibantu oleh Pemadam Kebakaran untuk mengevakuasi warga.

“Yang pertama bantuan kita adalah siapkan dapur umum untuk makan pagi dan siang. Dan tentunya kita siapkan kalau masih berlangsung kita siapkan makan malam dari dinas sosial dan dapur umur. Dan kita aktifkan KSB (kampung siaga bencana) dan juga dari jajaran damkar juga kaitan dengan evakuasi warga dan kita siapkan juga tempat-tempat pengungsian dan unit-unit kesehatan buat warga,” ujar Agus.
(mae/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu 6,1 Km

DenpasarGunung Agung, Bali kembali mengalami erupsi. Kali ini tinggi kolom abu teramati setinggi sekitar 6,1 kilometer (km) dari atas permukaan laut.

“Telah terjadi erupsi Gunung Agung, Bali pada tanggal 21 April 2019 pukul 18.56 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 3.000 m di atas puncak (± 6.142 m di atas permukaan laut),” tulis PVMBG, Badan Geologi Kementerian ESDM dalam keterangannya, Minggu (21/4/2019).

“Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 1 menit 22 detik. Lontaran lebih kurang 2.500-3.000 meter ke segala arah,” sambungnya.

PVMBG menjelaskan, saat ini Gunung Agung dalam status Level III atau siaga. Masyarakat maupun wisatawan diminta untuk tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung.

Berikut 2 rekomendasi PVMBG terkait erupsi Gunung Agung malam ini:

1. Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru.

2. Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

(ams/mae)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Bintang Klub Papan Tengah Liga Inggris dengan Nilai Transfer Tinggi

​Everton menjadi tim yang cukup serius mempersiapkan skuatnya di musim 2018-2019, salah satu pemain yang sukses mereka rekrut adalah Richarlison yang berposisi sebagai penyerang. Dia didatangkan dari Watford dengan nilai transfer yang diperkirakan mencapai 35 juta pound.

Semusim di Goodison Park, penampilan pemain berusia 21 tahun itu memang tidak mengecewakan, Richarlison sudah mengoleksi 13 gol di seluruh ajang. Nilai pasarnya juga cukup tinggi, yakni 40 juta poundsterling.

Antusias Penggemar Film Tinggi, tiket.com Hadirkan Cinemaholic Marvel Studio’s Avengers: Endgame di Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Antusiasme penggemar film Marvel Studio’s Avengers: Endgame semakin tinggi menjelang penayangannya di bioskop-bioskop padaApril 2019. Trailer dan cuplikan film yang dirilis oleh Marvel Indonesia selalu menjadi trending topic. Tak ketinggalan, kemunculan para pemain film untuk mempromosikan Marvel Studio’s Avengers: Endgame juga selalu menyedot perhatian. Tidak heran, posting foto atau cuitan media sosial dari para pemain Marvel Studio’s Avengers: Endgame selalu dipenuhi komentar para netizen.

Film Marvel Studio’s Avengers: Endgame sendiri melanjutkan rangkaian peristiwa yang terjadi dalam film sebelumnya, Marvel Studio’s Avengers: Infinity War (2018). Alam semesta berada dalam kekacauan dan kehancuran akibat ulah Thanos. Setelah Thanos menjentikkan jarinya, setengah populasi manusia di dunia menghilang dalam sekejap termasuk beberapa anggota Avengers. Dengan anggota Avengers dan bantuan sekutu yang tersisa, mereka harus berkumpul sekali lagi untuk menghentikan tindakan Thanos sekaligus mengembalikan keseimbangan alam semesta, tidak peduli konsekuensi yang mungkin terjadi.

Pada klip video Marvel Studio’s Avengers: Endgame terbaru, diperlihatkan anggota Avengers sudah berkumpul dan bersiap mendatangi Thanos. Karakter seperti Captain Marvel, Clint Barton atau Hawkeye dan Scott Lang si Ant-Man bergabung dalam tim dan kembalinya Iron Man bersama Nebula yang sempat terdampar di luar angkasa.Dilansir dari People, Mark Ruffalo selaku pemeran Hulk memberikan satu pesan khusus bagi mereka yang ingin menonton Marvel Studio’s Avengers: Endgame.

“Jangan lupa bawa satu kotak Kleenex dan popok,” tuturnya. Rupanya, pernyataan ini berkaitan dengan durasi film Marvel Studio’s Avengers: Endgame yang memang terbilang lama, mencapai tiga jam. Pesan Mark Rufallo ini juga tak lepas dari bakal banyaknya tragedi yang terjadi dalam film ini, sehingga para penonton juga diminta untuk membawa tisu dan tidak beranjak dari tempat duduk.

Pasti para penggemar film sudah tak sabar melihat aksi para Avengers mengalahkan Thanos bukan? Beruntunglah buat Anda yang tinggal di Indonesia, karena film Marvel Studio’s Avengers: Endgame sudah dapat dinikmati di bioskop-bioskop Tanah Air pada 24 April 2019, lebih awal dua hari daripada jadwal tayang secara global.

Setelah sukses dengan acara nonton bareng Cinemaholic Captain Marvel pada bulan Februari lalu, tiket.com yang berkolaborasi dengan Disney Indonesia pun kembali menggelar acara nobar Cinemaholic Marvel Studio’s Avengers: Endgame di Jakarta pada 24 April 2019 nanti.

Tak sekadar nonton bareng, para penggemar film dan sahabat liputan6.com juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti, photo booth dan beragam games seru dengan berbagai hadiah mulai dari voucher hingga smartphone serta berbagai merchandise resmi Marvel Studio’s Avengers:Endgame dari Marvel Studios eksklusif hanya di tiket.com. Pada nobar Cinemaholic Marvel Studios’ Captain Marvel sebelumnya, tiket.com menyiapkan delapan studio untuk para penggemar nonton bareng. Para penggemar yang hadir mulai dari komunitas film, awak media, hingga para vlogger dan selebgram.

Untuk nobar Cinemaholic Marvel Studio’s Avengers: Endgame nanti belum diketahui berapa studio yang akan disiapkan oleh tiket.com, namun dipastikan tidak kalah menghebohkan dibandingkan nobar Marvel Studios’ Captain Marvel dan Marvel Studio’s Avengers: Infinity War tahun lalu.

Cari tahu informasi terbaru mengenai nobar Cinemaholic Marvel Studio’s Avengers: Endgame bersama tiket.com di hashtag #tiketheroes #tiketcomnobar dan #semuaadatiketnya.

Bentuk dukungan dari tiket.com untuk Marvel Studio’s Avengers: Endgame kali ini merupakan kelanjutan kerja sama tiket.com dengan Disney Indonesia dalam Marvel Studio’s Avengers: Infinity War tahun lalu. Kegiatan ini juga sebagai salah satu bentuk strategi tiket.com dalam membidik pangsa pasar pelanggan kalangan usia milenial

Mau tahu informasi selengkapnya? Ikuti terus timeline Instagram @tiketcom atau kunjungi situs tiket.com, ya!

Situs Sempat Down karena Traffic Tinggi, KPU: Orang Andalkan Hitungan KPU

Jakarta – Situs KPU www.kpu.go.id sempat sulit diakses. Penyebabnya banyak masyarakat yang mengakses untuk melihat penghitungan sementara real count Pemilu 2019.

“Jadi perlu kami pastikan sistem IT KPU sebenarnya aman-aman saja. Kalau pun hari ini atau beberapa saat lalu down karena memang trafficnya sangat tinggi. Orang penasaran setelah diombang-ambingkan oleh hasil quick count yang diterima secara berbeda beda di Situng (Sistem Informasi Penghitungan) KPU yang menurut sebagian orang yang mereka tinggal mengandalkan hitungan KPU,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2019).

Pramono mengatakan pasca pemilu, biasanya banyak masyarakat yang mengakses situs KPU. Namun ia memprediksi beberapa hari ke depan masyarakat yang mengunjungi situs akan cenderung normal.

“Pada hari pertama ini trafficnya kan tinggi sekali mungkin di 2 hari selanjutnya trafficnya sudah lebih normal,” kata Pramono.

Ia mengatakan situs tersebut hanya lah untuk mempublikasikan hasil rekapitulasi form C1 di TPS. Sementara penghitungan dilakukan secara manual. Hasil rekapitulasi yang ada di website tersebut, kata Pramono, merupakan sementara real count.

“Ya, jadi yang di-scan yang di Situng itu adalah salinan C1 dari setiap TPS yang ada di seluruh Indonesia. Itu di-scan dan di-upload di situs kita. Nah itu boleh diakses publik siapapun. Bisa di download bisa menjadi alternatif sumber informasi untuk mengontrol agar proses rekapitulasi KPU tidak melakukan manipulasi,” sambungnya.
(yld/elz)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

KPU Sebut Antusiasme Pemilih di Pemilu 2019 Tinggi

JakartaKPU menyebut antusiasme pemilih di Pemilu 2019 tinggi. KPU berharap angka partisipasi Pemilu kali ini mampu melampaui target 77,5%.

“Jumlah pemilih menggunakan hak pilih, berdasarkan pengamatan pada beberapa TPS terlihat antusiasme masyarakat yang cukup tinggi. Diharapkan partisipasi mampu mencapai target yang ditetapkan KPU sebesar 77,5%,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Arief menyebut data partisipasi pemilih di luar negeri mencapai 65 persen. Namun, dia menyebut jumlah ini baru berdasarkan laporan 67 Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN).

“Partisipasi pemilih di luar negeri itu sudah mencapai di atas 65 persen. Tapi laporan ini baru berasal dari 67 PPLN, dari total 130 PPLN yang kita bentuk untuk menjalankan pemilu,” kata Arief.

Arief mengatakan pihaknya meminta maaf bila terdapat hal yang kurang berkenan, selain itu dia juga menyampaikan terima kasih kepada petugas yang bekerja. Namun, Arief meyakinkan bahwa seluruh penyelenggara pemilu bersifat profesional dan menjaga integritas.

“Kami ingin menyampaikan permohonan maaf, apabila selama proses penyelenggaraan Pemilu sampai dengan hari ini yang nanti akan masih kita terus lanjutkan. Apabila hal-hal ada yang kurang berkenan selama proses penyelenggaraan Pemilu sampai dengan tanggal 17 April 2019,” kata Arief.

“Penyelenggara Pemilu KPU beserta jajarannya KPU provinsi, kabupaten/kota PPK, PPSS dan KPPS memegang teguh prinsip-prinsip penyelenggara pemilu yang terus bekerja terbuka atau transparan berintegritas profesional dan tetap menjaga independensinya,” sambungnya.

(dwia/dnu)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kandungan Lokal Tinggi, Berapa Harga Mobil Pedesaan AMMDes?

Liputan6.com, Jakarta – Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) memiliki kandungan lokal alias tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) cukup tinggi. PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) selaku produsen menyebut, TKDN AMMDes mencapai 73 persen.

Dengan kandungan sebanyak itu, ketersediaan suku cadang bagi AMMDes terjamin. Mengingat kebanyakan penggunanya berada di pedesaan.

“Tentunya ke depan akan ditambah,” terang Rio Sanggau, Presiden Direktur KMWD saat diwawancara di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/04).

Guna semakin memastikan konsumen mendapatkan pelayanan dengan mudah, PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor (KMWD), perusahaan pendistribusi AMMDes-KMW pun, bekerjasama dengan 12 ribu toko retail yang tersebar di Indonesia. Terdapat pula 24 kantor penjualan di Jawa, Bali dan Manado, serta 52 diler utama (luar Jawa dan Bali).

Benefit lain dari TKDN tinggi, harga jual yang kompetitif. AMMDes model dasar dibanderol Rp 70 juta (off-the-road). Angka ini belum termasuk perangkat yang menempel di belakang.

Terdapat beberapa model yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, antara lain: perontok padi, penjernih air, pembuat serpihan es, pengolah kopi, pemoles beras, generator listrik, pascapanen pisang dan ambulance feeder.

“Paling murah mungkin pompa irigasi. Tambahannya hanya sekitar Rp 4 juta. Aplikasi paling mahal penjernih air. Ada yang Rp 40 juta, tapi ada juga yang sampai Rp 120 juta, sangat tergantung pada kapasitas baku mutu airnya,” terangnya.