Timses: Jokowi Contoh Demokrat Sejati

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding meminta Prabowo mencontoh sikap Jokowi dalam mempraktikkan demokrasi. Sikap demokrat Jokowi dinilai terlihat dari adanya kebebasan dalam aksi reuni 212 di Monas, Jakarta.

“Pak Jokowi saya kira adalah satu contoh demokrat sejati. Dia memberi kebebasan yang seluas-luasnya untuk acara Aksi 212 itu. Dia tidak ikut-ikutan apa pun, dan tidak memerintahkan aparatnya untuk membendung, mencegah ataupun memblokir. Ini satu contoh membandingkan antara Pak Jokowi dengan Pak Prabowo. Menurut saya sudah sangat jauh bedanya dari sisi kualitas praktik demokrasi,” ucap Karding di Posko Cemara, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Dia menegaskan, teori demokrasi yang dipahami Prabowo banyak. Tapi masih minim dalam praktiknya.

“Kalau Pak Prabowo mungkin teori demokrasinya banyak. Tapi praktik demokrasinya mungkin karena beliau selama ini dididik untuk satu komando, ya mungkin itulah efeknya,” jelas Karding.

Karenanya, masih kata dia, sangat penting mendorong bekerjasama dengan awak media sebagai bentuk penegak demokrasi. Bukan malah dicaci maki.

“Sekali lagi sangat penting dan sangat bagus bagaimana kita mendorong, dan bekerja sama dengan pers sebagai penegak demokrasi. Agar demokrasi ini tumbuh berkualitas. Bukan memaki, membenci, apalagi memarahi,” pungkasnya.

Prabowo sebelumnya mengungkapkan kekecewaannya terhadap media yang dianggap tidak netral. Ini menyusul sejumlah media yang tidak menjadikan Reuni aksi 212 sebagai berita utama atau bahkan tak masuk pemberitaan.

“Media kita tidak melihatnya. Ini aneh bin ajaib. Mereka saya katakan, kelompok itu, menunggu gue salah ngomong, kemudian digoreng lagi. Bicara emak-emak enggak boleh, tampang enggak boleh,” ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *