Jadwal Kualifikasi Piala Asia U-23 2020: Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan mengawali kiprahnya di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 hari Jumat (22/3/2019) ini. Pasukan Indra Sjafri akan berhadapan dengan Thailand.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup K. Selain Thailand, grup ini juga dihuni oleh Brunei Darussalam dan Vietnam. 

Timnas Indonesia U-23 menurunkan mayoritas pemain yang menjadi juara Piala AFF U-22 2019. Indra Sjafri juga turut menyertakan Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani dan kemungkinan Ezra Walian.

Pasukan Indra Sjafri sedikit diunggulkan. Pasalnya pada pertemuan terakhir Indonesia menang atas Thailand 1-0 di final Piala AFF U- 22.

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand rencananya akan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam. Pertandingan ini akan disiarkan langsung RCTI.

Cedera Engkel, Timnas Inggris Pulangkan Rashford ke MU

Liputan6.com, Manchester – Timnas Inggris harus kehilangan Marcus Rashford karena mengalami cedera. Sang bomber pun dipulangkan dari skuat The Three Lions ke klub asalnya, Manchester United (MU).

Dalam konferensi pers pada Kamis (21/3), pelatih Inggris, Gareth Southgate mengungkapkan bahwa Rashford mengalami cedera engkel dan telah kembali ke MU untuk menjalani perawatan.

Cedera Rashford ini tentu saja menjadi kabar buruk bagi MU. Pasalnya, penyerang 21 tahun itu mampu tampil impresif semenjak tim diasuh oleh Ole Gunnar Solskjaer.

Rashford pun otomatis bakal absen ketika Inggris menjamu Republik Ceko dalam laga perdana kualifikasi EURO 2020, Sabtu (23/3) dini hari besok.

“Dia bersama dengan tim medis kami sepanjang pekan. Kami mencoba membuat peningkatan dalam latihannya sepanjang pekan, jadi dia juga melakukan lari, tapi jelas bagi kami bahwa dia tak akan siap untuk pertandingan kami,” ujar Southgate seperti dikutip Goal International.

“Kami akan mengirimkan dia kembali ke klub dan dia tak bisa bermain dalam dua laga kami berikutnya,” tambahnya.

Piala AFC U-23: Media Vietnam Serang Striker Timnas Indonesia U-23

Tak hanya Dantri, sejumlah media lokal Vietnam juga ramai-ramai memberitakan soal Marinus. Isunya pun sama, dugaan pencurian umur.

Vietbao adalah salah satu media menyebut kalau Marinus Wanewar tidak seperti pemain yang berusia 22 tahun. Bahkan, Marinus dianggap sudah lebih dari 30 tahun. Penampilan Marinus mereka nilai sudah lebih dari usianya saat ini.

Sebelumnya, 24.com.vn, juga pernah menulis hal serupa. Terutama setelah Vietnam disingkirkan Indonesia di Piala AFF U-22. Sejatinya, Marinus baru saja merayakan ulang tahun ke-22 pada 24 Februari lalu.

Saat Indra Sjafri dan Manajer Timnas Bantu Warga Vietnam di Jalanan

Hanoi – Ada momen menarik usai Timnas Indonesia U-23 lapangan Stadion My Dinh. Pelatih Indra Sjafri dan manajer Sumardji membantu warga Vietnam di jalanan.

Timnas Indonesia akan bertanding melawan Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019) sore WIB, dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-23. Sehari sebelumnya, skuat Gaurda Muda menjajal lapangan yang akan digunakan.

Timnas U-23 menjajal lapangan pada pukul 15.00 waktu setempat. Uji coba lapangan ini cuma berlangsung selama satu jam. Setelahnya, para pemain beserta staf pelatih kembali ke hotel, yang jaraknya cuma sekitar 800 meter.

Karena jarak yang tak terlalu jauh itu, Indra tak ikut rombongan pemain. Dia memilih berjalan kaki, ditemani manajer Timnas Sumardji dan fisioterapis Asep Aziz.

Di tengah perjalanan, ketiganya melihat seorang warga Vietnam tampak kesusahan. Seorang bapak-bapak sedang kesulitan karena barang bawaannya dari motor terjatuh. Barang itu berupa karung.

Indra, Sumardji, dan Asep seketika bereaksi untuk membantu orang tersebut. Dalam upaya itu, Sumardji menjelaskan bahwa sempat kesulitan berkomunikasi karena perbedaan bahasa.

“Tadi itu abis jalan pulang coba lapangan. Kami lihat ada orang bingung karena karungnya jatuh. Cuma sekadar mau nolong aja,” kata Sumardji kepada detikSport, yang sedang berada di Hanoi untuk meliput Kualifikasi Piala Asia U-23.

“Mimik dia bingung. Sama-sama gak bisa komunikasi toh. Kita gak bisa bahasa dia, nah sebaliknya dia juga gak bisa [bahasa] Inggris. Semoga pertanda baik ajalah ini semua,” sambungnya sambil tertawa.

Di Kualifikasi Piala Asia U-23, Indonesia tergabung di Grup K bersama tuan rumah kualifikasi Vietnam, Thailand, dan Brunei. (ran/yna)


Pensiun, Gerard Pique Dipanggil Timnas Catalunya

Berikut adalah skuat lengkapnya:

Penjaga Gawang: Isaac Becerra, Edgar Badia

Belakang: Gerard Pique, Martin Montoya, Marc Bartra, Aleix Vidal, Didac Vila, Marc Muniesa, Marc Cucurella

Tengah: Xavi Hernandez, Victor Sanchez, Pere Pons, Oscar Melendo, Joan Jordan, Alex Granell, Oriol Romeu, Aleix Garcia

Depan: Sergio Garcia, Bojan Krkic, Marc Cardona

Sumber: Bola.net

Sekjen PSSI Penasaran dengan Timnas Indonesia Versi McMenemy

Jakarta – Debut Simon McMenemy bersama Timnas Indonesia pada laga resmi akan terjadi pada uji coba melawan Myanmar. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengaku sudah tidak sabar menantikan pertandingan tersebut.

Timnas Indonesia akan menantang Myanmar pada uji coba bertajuk FIFA Matchday di Mandalar Thiri Stadium, Mandalay, Senin (25/3/2019).

Untuk menghadapi Myanmar, McMenemy membawa 22 pemain. Dengan delapan di antaranya merupakan anggota Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Hal ini berarti, materi pemain Skuat Garuda saat ini didominasi oleh pendatang baru rasa lama.

Sebelum bertolak ke Myanmar, Timnas Indonesia telah digembleng dalam pemusatan latihan (TC) di Australia dan Bali sejak 9-20 Maret 2019. Di Negeri Kanguru, Skuat Garuda mampu mengalahkan Perth Glory pada sebuah partai uji coba dengan skor 3-1.

“Saya bangga melihat perkembangan tim ini sejak uji coba di Australia, karena yang mereka kalahkan itu tim utamanya. Jadi, kami semua penasaran melihat bentuk permainan Timnas Indonesia. Kami tunggu saja nanti 25 Maret melawan Myanmar,” ujar Tisha.

11 hari ditempa dalam TC, Tisha mengungkapkan kondisi skuat Timnas Indonesia dalam keadaan baik. Tidak ada pemain yang cedera maupun kelelahan berlebih lantaran jadwal yang padat bersama klub dan Skuat Garuda.

“Sejauh ini, kondisi pemain tidak ada yang negatif. Mungkin kalau hanya sekadar kelelahan sedikit, pasti ada. Tapi, tidak sampai ada yang serius,” kata Tisha.

Berita video penjelasan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, soal langkah dalam pembinaan pemain yang nantinya berujung target Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia 2030.

McMenemy Coret 6 Pemain, Ini Skuat Timnas Indonesia untuk Hadapi Myanmar

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy mencoret enam nama untuk uji coba melawan Myanmar di Mandalar Thiri Stadium, Senin (25/3/2019). 

Arsitek asal Skotlandia itu sebelumnya membawa 28 pemain untuk mengikutu pemusatan latihan (TC) yang digelar di Australia dan Bali sejak 9-20 Maret 2019.

Menantang Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Timnas Indonesia bermain imbang 1-1. Setelah uji coba, Skuat Garuda akan singgah sebentar di ibu kota sebelum bertolak ke Myanmar.

Dalam pertandingan melawan Bali United, Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu lewat Gunawan Dwi Cahyo pada menit ke-16. Di menit ke-12, Skuat Garuda mendapatkan hadiah penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Manahati Lestusen.

“Banyak pemain menunjukkan perkembangan bagus dengan formasi baru yang diterapkan Coach Simon,” ujar Asisten Pelatih, Yeyen Tumena dinukil dari laman PSSI.

“Dua babak yang berbeda pada pertandingan ini. Babak pertama kami main lebih bertahan, mereka menekan tapi kita tetap memiliki lebih banyak peluang. Satu gol mereka dari tendangan bebas, karena kami sedikit lengah dalam penjagaan,” tutur Yeyen.

“Babak kedua, kami mengganti 10 pemain, kecuali Manahati Lestusen. Kami tampil lebih menekan di daerah pertahanan lawan, menciptakan banyak peluang, dan lebih agresif. Secara keseluruhan, bagus, karena Bali United bersikeras ingin menang dengan tim lengkapnya,” imbuhnya.

Menunggu Ezra Walian atau Samuel Christianson di Skuat Timnas U-23

Jakarta – PSSI memastikan skuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 nanti malam. Jika Ezra Walian bisa didaftarkan, Samuel Christianson Simanjuntak yang bakal dicoret.

Ezra menjadi satu di antara 24 pemain yang diboyong Indra menuju Vietnam. Pemain naturalisasi itu juga disebut masuk dalam daftar 23 pemain yang akan memperkuat Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 mulai 22-26 Maret 2019.

Tapi, Ezra justru terganjal masalah administrasi. PSSI mengetahuinya sejak pekan lalu, sebelum batas waktu pendaftaran pemain.

Berpatokan pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan satu laga FIFA matchday melawan Myanmar, Ezra sah dan bisa bermain untuk Timnas. Tapi, PSSI juga mewaspadai potensi absen Ezra makanya dia membawa 24 pemain ke Hanoi. Pemain yang menjadi cadangan itu Samuel Christianson.
“Ini yang nanti kami akan keluarkan adalah Samuel Christianson Simanjuntak. Kami tarik dia kemudian masukkan Ezra, itu awalnya. Tapi, kalau sampai ini belum, Ezra yang kami hold dulu, kemudian Samuel masuk,” kata Manajer Timnas Indonesia U-23 Sumardji kepada detikSport, Kamis (21/3/2019).

Jika nama Ezra benar-benar dicoret, Sumardji mengatakan tidak akan serta merta memulangkan Ezra ke Tanah Air atau ke klubnya. Dia akan tetap bersama Awan Setho Raharjo dkk sampai Kualifikasi Piala Asia usai.

“Jadi gini, sebenarnya, kami sudah sepakat antara saya, Indra (Sjafri), dan ofisial yang bergabung dalam Timnas U-23 yang berangkat dari awal sudah memprediksi bahwa ada (atau) tidak ada Ezra itu tidak ada masalah. Karena kondisi anak-anak itu betul-betul dalam posisi yang siap, siap. Jadi tak perlu dipermasalahkan sebenarnya. Ini hanya menyangkut naturalisasi ya. Aman-aman saja,” katanya.

“Iya lah iya (pulangnya bersama). Kan kalau sudah 24 pemain dibawa ke sini, pulang sama, tak ada yang lagi pulang duluan,” dia menambahkan.

(mcy/fem)

Lothar Matthaus Nilai Neuer Tak Layak Masuk Timnas Jerman

Dalam pandangan Matthaus, Low seharusnya berani memberikan kesempatan lebih kepada Marc Andre Ter Stegen untuk menjadi kiper sekaligus kapten Timnas Jerman yang baru.

Matthaus menilai kiper Barcelona itu sudah menunjukkan betapa bagusnya kemampuan yang ia miliki dalam beberapa tahun terakhir, sehingga posisi penjaga gawang Der Panzer layak ia dapatkan.

“Ter Stegen sudah mendapatkan peluang yang cukup karena prestasi kelas dunia yang ia raih dalam dua tahun terakhir. Jika dia [Loew] memutuskan ban kapten berdasarkan performa, maka seharusnya semua pemain termasuk Ter Stegen layak mendapatkan kesempatan itu.” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Ini 22 Pemain Timnas Indonesia Kontra Myanmar

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, memanggil 22 pemain untuk menghadapi uji coba melawan Timnas Myanmar. Siapa saja?

Simon sebelumnya memanggil 28 nama pemain dalam pemusatan latihan di Australia dan Bali. Persiapan itu dilakukan untuk melakoni FIFA matchday kontra Myanmar di Stadion Mandalarthiri, Mandalay, Myanmar, Senin (25/3/2019).

Di Bali, Timnas Indonesia sudah beruji coba dengan Bali United di stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Rabu (20/3/2019). Laga berakhir 1-1.

Usai pertandingan itu, Simon langsung menentukan 22 pemain Timnas Indonesia yang akan menghadapi Myanmar. Nama-nama beken masih dibawa seperti Andritany Ardhiyasa, Hansamu Yama Pranata, Evan Dimas, Andik Vermansah dan Ilija Spasojevic.

Sebelum berangkat ke Myanmar, skuat Garuda akan berlatih dulu di Jakarta. Timnas Indonesia akan berlatih di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada Kamis (21/3/2019).

Berikut daftar 22 pemain Timnas Indonesia untuk melawan Myanmar:

Kiper: Teja Paku Alam, Andritany Ardhiyasa

Belakang: Hansamu Yama Pranata, Rudolof Yanto Basna, Ricky Fajrin Saputra, Yustinus Pae, Ruben Karel Sanadi, Novri Setiawan

Tengah: Manahati Lestusen, Arthur Barrios Bonai, Rizky Ahmad Sanjaya Pellu, Evan Dimas Darmono, Wahyu Subo Seto, Zulfiandi, Andik Vermansah, Riko Simanjuntak, Muhammad Rahmat, Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly

Depan: Greg Nwokolo, Ilija Spasojevic, Dedik Setiawan (ads/yna)