Tim Konsultan Jawab Isu Keselamatan Sirkuit MotoGP Mandalika

Liputan6.com, Lombok – Sirkuit Mandalika sudah resmi masuk dalam agenda MotoGP 2021. Sirkuit yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal menjadi sirkuit jalanana (street circuit) pertama di MotoGP.

Tak ayal, isu keselamatan pembalap pun menjadi pertanyaan besar. Pihak MRK1 yang ditunjuk menjadi konsultan sirkuit Mandalika menjawab pertanyaan tersebut.

“Kami sangat sadar ketika kami mengumumkan proyek ini, ada yang skeptis dengan konsep sirkuit jalanan. Kami harus menjelaskan bahwa lintasannya telah didesain dan akan dibangun berdasarkan standar keselamatan untuk MotoGP,” ujar Mark Hughes selaku perwakilan dari MRK1 seperti dilansir Crash.

Seperti diketahui, pihak Dorna selaku promotor MotoGP telah mengizinkan Indonesia masuk dalam kalender balap 2021. Tak hanya MotoGP, sirkuit Mandalika juga dijadwalkan masuk ke agenda Superbike.

Rencananya, sirkuit Mandalika akan dibangun di area 105,4 hektar. Pemerintah Indonesia menunjuk ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) selaku BUMN untuk membangun dan mengelola sirkuit tersebut.

Berita video MotoGP Qatar 2019 yang berlangsung sengit antara Marc Marquez dengan Andrea Dovizioso.

Jerman Vs Serbia: Banyak Turunkan Tuan Rumah, Era Baru Tim Panser

Liputan6.com, Wolfsburg – Partai timnas Jerman vs Serbia, Kamis (21/3/2019) dinihari WIB berakhir imbang 1-1. Meskipun demikian, pelatih timnas Jerman, Joachim Loew mengaku puas dengan hasil tersebut.

Pertandingan timnas Jerman vs Serbia berlangsung di Volskwagen Arena, Wolfsburg. Tuan rumah tertinggal lebih dulu dari Serbia lewat gol Luka Jovic pada menit ke-12.

Leon Goretzka menjadi pahlawan Tim Panser setelah mencetak gol penyeimbang pada menit 69. Serbia harus bermain dengan 10 orang setelah Milan Pavkov mendapat kartu merah karena melanggar keras Leroy Sane.

“Saya sangat senang dengan mentalitas yang ditunjukkan hari ini,” ujar Loew seperti dilansir situs resmi Asosiasi Sepak bola Jerman (DFB).

Label era baru timnas Jerman layak disematkan pada pertandingan ini. Pasalnya, Loew menurunkan banyak pemain muda ketimbang para pemain senior.

Di antara pemain yang dipanggil adalah Lukas Klostermann, Julian Brandt, dan Jonathan Tah.

Dalam pemungutan suara UEFA, akhirnya Jerman terpilih menjadi tuan rumah piala Eropa 2024.

Tim Penyelamat Kesulitan Selamatkan Ribuan Orang yang Terjebak Siklon Mozambik

Maputo – Tim penyelamat di Mozambik kesulitan untuk menyelamatkan ribuan orang yang masih terjebak banjir akibat Siklon Idai. Ribuan orang tersebut kini masih bertahan di atap dan pepohonan menunggu penyelamatan.

Pemerintah Mozambik saat ini telah menetapkan status tanggap darurat dan meminta bantuan internasional. Saat ini, mereka membutuhkan banyak helikopter dan kapal untuk mengevakuasi para korban banjir.

Sejauh ini petugas penyelamat personel militer, dan sukarelawan hanya mampu menyelamatkan sekitar 413 orang. Keterbatasan sarana dan prasarana membuat mereka kesulitan untuk mengevakuasi warga yang berjumlah ribuan.

“Aku bahkan tidak tahu apakah kita membuat lekuk. Ada begitu banyak orang. Skalanya sangat besar. Kami sedang sibuk melakukan yang terbaik yang kami bisa,” kata Travis Trower dari Rescue South Africa, seperti dilansir The Guardian, Kamis (21/3/2019).
Trower menambahkan bahwa banyak orang tersapu banjir namun masih hidup, yang dia lihat dari helikopter, berada dalam kondisi yang sangat mengenaskan.

“Kami (helikopter) kerap mencoba turun beberapa meter mendekati daratan, jadi kami benar-benar dekat dengan mereka. Kami melihat mereka lemah, mereka lelah, mereka lapar. Tidak ada air, tidak ada makanan, mereka kedinginan di malam hari. Sangat mengenaskan,” katanya.

Seperti diketahui, Mozambik dilanda siklon Idai. Setidaknya 1.000 orang menjadi korban Siklon Idai yang melanda kota pelabuhan Beira pada Kamis (14/03) dengan angin berkekuatan sampai 170 kilometer per jam. Sekitar 600.000 orang terdampak bencana tersebut.

(mae/aik)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Said Aqil Dipolisikan soal Kelompok Radikal, PBNU Bentuk Tim Klarifikasi

Jakarta – Koordinator Laporan Bela Islam (Korlabi) melaporkan Ketum PBNU Said Aqil Siradj ke Bareskrim Polri atas pernyataannya soal kelompok radikal dalam salah satu segmen wawancara. PBNU akan membentuk tim khusus untuk mengklarifikasi dan mendampingi Said Aqil.

“Saya kira iya akan ada tim khusus, akan klarifikasi seperti apa, pasti kita akan bentuk itu,” kata Wasekjen PBNU, Masduki Baidlowi, saat dihubungi, Selasa (19/3/2019).

Masduki mengatakan pihaknya akan mengecek terlebih dahulu video yang menjadi dasar pelaporan Korlabi. Dia ingin mengetahui secara jelas duduk perkara yang dipersoalkan oleh Korlabi.

“Saya sebagai Wasekjen PBNU kita akan coba klarifikasi terlebih dahulu, secara prosedural kira-kira seperti apa, materialnya bagaimana, videonya yang mana dan segala macam, itu akan kita coba klarifikasi supaya ketemu duduk soalnya seperti apa,” kata Masudki.

Terlepas dari itu, Masduki menjelaskan mengenai substansi pernyataan Said Aqil yang kerap disampaikan dalam pelbagai kesempatan. Said Aqil, menurut Masduki, ingin mengajak orang-orang yang tidak bersahabat dengan NKRI dan Pancasila untuk kembali ke pangkuan NKRI.

“Ya kita juga belum tahu persis yang mana yang dimaksud, memang Kiai Said memberikan pernyataan di Mata Najwa. Terkait hal itu memang ada substansi yang saya kira selama ini juga sering dikatakan Kiai Said. Kita memang beranggapan bahwa negara kita, saudara kita yang mempunyai pemahaman keagamaan yang tidak friendly terhadap NKRI dan ideologi Pancasila, itu kan memang konteksnya kalau PBNU harus didakwahi supaya friendly dengan NKRI dan Pancasila,” ujar dia.

Masduki juga bicara soal politik praktis dan upaya PBNU menjaga kerekatan antar elemen bangsa. Menurut dia, jangan sampai momen politik tahunan merusak persatuan bangsa Indonesia.

“PBNU tentu saja kalau kaitannya dengan politik praktis, pilpres. Saya kira itu bisa coba jauhkan dari kepentingan-kepentingan yang sifatnya jangka pendek. Karena kalau kepentingan politik jangka pendek lantas mengandung hal-hal yang kemudian menjadi penyebab terputusnya tali silaturahim antar umat Islam, saya kira kita bisa klarifikasi. Pada dasarnya sesama umat Islam bersaudara,” ujarnya.

PBNU sendiri sudah mengembangkan trilogi persaudaraan yakni persaudaraan sesama umat Islam, persaudaraan sesama bangsa dan persaudaraan sesama manusia. Bagi Masduki, hal itu harus menjadi landasan utama masyarakat Indonesia dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan.

“Ini kan landasan-landasan yang sifatnya tidak ada hubungannya dengan pemilu jangka pendek dan itu harus dijadikan lanadasan utama di dalam persoalan kita ke depan. Maka kita apakah masih berkaitan dengan politik jangka pendek atau tidak, itu menjadi persoalan yang perlu kita klarifikasi,” bebernya.

Sebelumnya, Ketua Korlabi Damai Hari Lubis melaporkan Said Aqil ke Bareskrim pada Senin (18/3) kemarin. Said Aqil dilaporkan karena dianggap telah menebar ujaran kebencian melalui stasiun televisi.

Damai, yang juga Ketua Aliansi Anak Bangsa (AAB), menyebut Said Aqil membuat pernyataan bahwa di kubu capres Prabowo Subianto terdapat orang-orang dari kalangan radikal.

“Di situ dikatakan Aqil Siradj bahwa di kelompok 02 itu terdapat radikalis, ekstremis, teroris. Jadi pernyataan dari seorang ulama yang cukup besar itu sangat meresahkan kami sebagai anggota AAB dan Korlabi,” kata Damai saat jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Damai mengaku pernyataan Said Aqil yang dia anggap mengandung ujaran kebencian dilihat di media sosial. Tayangan di media sosial itu yang kemudian dijadikan bukti dan diserahkan ke polisi saat membuat laporan.

Laporan Damai teregister dengan nomor LP/B/0309/III/2019/BARESKRIM tanggal 18 Maret 2019. Damai melaporkan Said Aqil dengan Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 156 KUHP.

(knv/fjp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tim Prabowo-Sandi: Gagasan Libur Sebulan Saat Ramadan untuk Toleransi

Liputan6.com, Jakarta – Kordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, rencana pelajar diliburkan selama sebulan penuh saat Ramadan bukan┬áberarti┬átidak melakukan hal apa pun. Pelajar tetap mendapat kajian tambahan soal ilmu agama.

“Kita ingin dorong fokus pada momentum pendidikan di luar sekolah yaitu saat ramadan, fokusnya ada di agama,” kata Dahnil di Media Center BPN Prabowo-Sandiaga, Sriwijaya, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019).

Dahnil menjelaskan, pendidikan agama dimaksud tidak sebatas untuk umat Muslim yang tengah menjalankan puasa saja. Melainkan juga agama lain seperti Kristen, Katolik, Budha, dan Hindu, didorong memperdalam kajiannya masing-masing selama diliburkan dari giat pendidikan formal belajar-mengajar.

“Semuanya akan fokus pada pengajaran agama dan makna toleransi. Jadi (Ramadan) menjadi simbol bulan toleransi,” jelas Dahnli.

Sebelumnya, cawapres Sandiaga menyatakan gagasan libur selama sebulan penuh tercetus dari pengalaman belajarnya di Al Azhar semasa kecil. Dia merasakan dampak lain dari pendalaman ilmu agama selama sebulan penuh, melalui pesantren kilat.

“Nah, tentunya ini merupakan satu terobosan agar satu bulan ini bisa digunakan para siswa untuk mungkin mengikuti pesantren kilat, menggunakan kesempatan ini juga menghabiskan waktu bersama keluarga,” ucap Sandiaga pada debat Cawapres di Hotel Sultan Jakarta.

Sisir Lokasi Banjir Bandang Sentani, Tim TNI Temukan 1 Peti Uang

Jakarta – 3 Anggota Yonif RK 751/VJS menemukan satu peti berisi uang saat melakukan penyisiran di lokasi terdampak banjir bandang Sentani, Papua. 1 Peti berisi uang tersebut diketahui milik Gereja Gidi Sosial Sentani.

Awalnya Kopda Boni, Praka Obeth, dan Pratu Kreku tengah melakukan penyisiran untuk mencari korban bencana banjir bandang di BTN Sosial Sentani, pada Minggu (17/3/2019), sekitar pukul 02.00 WIT dini hari tadi. Di tengah pencarian korban, 3 prajurit Yonif RK 751/VJS itu pun menemukan 1 buah Peti yang tergenang di wilayah BTN Sosial Sentani.

Sisir Lokasi Banjir Bandang Sentani, Tim TNI Temukan 1 Peti UangFoto: 3 Anggota Yonif RK 751/VJS menemukan satu peti berisi uang saat melakukan penyisiran di lokasi terdampak banjir bandang Sentani, Papua (dok. Istimewa).

“Pada peti terdapat tulisan “PERPULUHAN DAN PERSEMBAHAN” setelah diperiksa ternyata peti tersebut berisi sejumlah uang yang sudah bercampur dengan lumpur,” jelas Kapendam XVII Cendrawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/3).

Selanjutnya peti berisi uang tersebut diamankan ke barak. Sementara uang bercampur lumpur tersebut dibersihkan dengan air dan dikeringkan.

“Saat ini uang tersebut masih diamankan Kopda Boni anggota Kipan A Yonif RK 751/VJS. Wadanyon kemudian melaksanakan koordinasi dengan pihak gereja GIDI dalam rangka pengembalian uang sesuai dengan jumlah nominal yang telah ditemukan,” kata Aidi.

Diketahui, uang yang ada dalam peti tersebut berjumlah total Rp 4.438.500.
(nvl/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 10 Berita Bola: Persib Tersisih, Ini 8 Tim di Perempat Final Piala Presiden 2019

2. MU vs Barcelona, Duel yang Berpeluang Menghasilkan Juara Liga Champions

Undian 8 besar Liga Champions berlangsung di markas UEFA, Nyon, Jumat (15/3/2019). Muncul duel glamor yang mempertemukan Manchester United (MU) dengan Barcelona.

Selain itu, hadir derby Inggris antara Manchester City vs Tottenham Hotspur, dengan Juventus meladeni Ajax Amsterdam dan FC Porto bersua Liverpool.

Pertandingan MU kontra Barcelona pada perempat final Liga Champions musim ini layak dikedepankan. Manajer The Red Devils Ole Gunnar Solskjaer bahkan sangat antusias walau rekor menempatkan El Azulgrana sebagai favorit. Selengkapnya di sini.

3. Moyes: MU Bisa Singkirkan Barcelona

Mantan manajer Manchester United (MU) David Moyes mengaku yakin Setan Merah sanggup mengatasi Barcelona di babak perempat final Liga Champions.

Super big match tersaji setelah UEFA menggelar undian untuk babak perempat final Liga Champions, Jumat (15/03). Paul Pogba cs dipertemukan dengan Lionel Messi cs.

Di atas kertas, Barca tentu lebih difavoritkan untuk keluar sebagai pemenang. Mereka termasuk salah satu kandidat juara Liga Champions musim ini. Selengkapnya di sini.

Mulai 2021, FIFA Putuskan Piala Dunia Antarklub Diikuti 24 Tim

Liputan6.com, Zurich – Badan sepak bola dunia FIFA memastikan bahwa ajang Piala Dunia Antarklub mulai 2021 mendatang bakal digelar empat tahun sekali dan diikuti 24 tim peserta.

Dalam format saat ini, Piala Dunia Antarklub diikuti oleh tujuh klub dari enam konfederasi berbeda. Real Madrid menjadi jawara edisi 2018 lalu yang digelar di Uni Emirat Arab.

Namun mulai 2021 mendatang, Piala Dunia Antarklub akan digelar pada Juni dan Juli melibatkan 24 kontestan. Ajang ini bakal menggantikan pentas Piala Konfederasi di kalender FIFA.

“Mulai sekarang dunia akan melihat Piala Dunia Antarklub yang sebenarnya di mana para tim terbaik akan bersaing untuk menjadi juara dunia klub,” ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino dalam konferensi pers di Miami, Amerika Serikat, Jumat (15/3).

“Ini penting karena klub sepak bola telah berevolusi. Mereka bergerak dengan kecepatan berbeda dalam bagian dunia yang berbeda dan menjadi tugas dan tanggung jawab kai untuk memastikan bahwa kami mendorong klub sepak bola profesional di seluruh dunia,” imbuhnya.

“Kami ingin memiliki kompetisi yang menarik, prestisius, dan inklusif bagi klub dan kami akan memilikinya dengan Piala Dunia Antarklub edisi anyar yang dimulai pada 2021, jadi saya sangat senang keputusan ini telah diambil,” tukasnya.

Persib Tersisih, Ini 8 Tim di Perempat Final Piala Presiden 2019

Liputan6.com, Jakarta – Fase grup Piala Presiden 2019 sudah berakhir. Muncul delapan tim yang masih memiliki peluang menjadi juara turnamen yang disiarkan Indosiar ini.

Dengan kehebatan di lapangan, mereka menyisihkan 12 peserta Piala Presiden lainnya. Tidak seluruh tim unggulan mencapai babak gugur.

Persib Bandung salah satunya. Menjadi tuan rumah Grup A, Maung Bandung kembali terhenti di fase grup sama seperti edisi tahun lalu.

Runner-up 2018 Bali United juga mengepak kopor lebih cepat. Ambisi Stefano Cugurra ‘Teco’ memenangkan Piala Presiden secara beruntun sebagai pelatih pun kandas.

Para perempat finalis Piala Presiden 2019 kini menunggu hasil undian yang belum ditentukan waktunya. Sedangkan laga 8 besar berlangsung 29-31 Maret mendatang.

Berita video Kalteng Putra berhasil mengalahkan Persipura pada pertandingan Piala Presiden 2019 dengan hasil akhir 1-3.

Cek Jalan di Papua Terkait Korupsi, Tim KPK Dihadang Orang Mabuk

Jayapura – Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dihadang orang mabuk saat melakukan pemeriksaan fisik kasus pembangunan ruas Jalan Kemiri-Depapre di Kabupaten Jayapura, Papua. Peristiwa terjadi pada siang hari tadi.

“Saat Tim KPK tiba di Kampung Maribu, Kabupaten Jayapura pukul 11.00 WIT, tiba-tiba Mathias Utbete dalam keadaan dipengaruhi miras, melakukan pelarangan terhadap tim yang akan melakukan pemeriksaan,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, kepada detikcom di Jayapura, Sabtu (16/3/2019).

Penyidik KPK mengecek fisik jalan bersama tim. Personel dan Kapolsek Sentani Barat AKP Harianja yang mendampingi kemudian mengimbau dan memberi pengertian kepada Mathias Utbete.
Akhirnya tim bisa melanjutkan pemeriksaan Jalan Kemiri-Depapre yang kasusnya tengah ditangani KPK. Tim memeriksa untuk melengkapi bukti kasus.

Tim bisa melanjutkan pengecekan setelah personel Polri memberikan pengertian kepada orang mabuk tersebutTim bisa melanjutkan pengecekan setelah personel Polri memberikan pengertian kepada orang mabuk tersebut (Foto: Dok. Istimewa)

Kamal mengatakan tim penyidik KPK datang bersama BPK RI serta saksi ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Tim ini didampingi personel gabungan dari Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus dan Sat Brimob Polda Papua.

“Pemeriksaan fisik ini sebagai bagian untuk melengkapi bukti atas kasus dugaan korupsi yang terjadi dalam pembangunan jalan tersebut,” ujar Kamal.

Sebelum melakukan pemeriksaan di lokasi, Tim KPK dan personel gabungan Polda Papua terlebih dahulu melaksanakan koordinasi di ruang rapat Mako Sat Brimob Polda Papua. Selanjutnya, tim menuju lokasi pembangunan Jalan Sentani-Depapre, kabupaten Jayapura.

Kegiatan dihadiri Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Brigjen Panca Putra Siregar, Direskrimsus Polda Papua Kombes Edi Swasono, Ketua Tim Pemeriksaan/Dosen Tetap ITB atas nama SS, dan Ketua Tim dari BPK Pusat atas nama AS.
(jbr/fdn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>