Jasad Tiga Anggota Teroris Poso Diidentifikasi Malam-malam

Liputan6.com, Jakarta Jenazah tiga terduga teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Palu, pada Jumat (22/3/2018) malam. Ketiga jenazah itu akan diidentifikasi.

“Kita bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palu, untuk dilakukan identifikasi ketiga jenazah terduga teroris tersebut,” kata Kapolda Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Lukman Wahyu saat dikonfirmasi Jumat (22/3/2019) malam.

Pantauan di halaman RS Bhayangkara Palu, mobil Ambulans yang membawa ketiga jenazah itu tiba sekitar pukul 20.00 Wita. Aparat kepolisian bersenjata lengkap terlihat berjaga di pintu gerbang Rumah Sakit milik kepolisian itu. 

“Diberangkatkan sore tadi dari Polsek Sausu (Kabupaten Parigi Moutong),” ucapnya. 

Sebelumnya, baku tembak terjadi antara personil TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Tinombala dengan anggota kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur pada Kamis, 21 Maret 2019 sore, sekitar pukul 17.00 Wita.

Informasi dihimpun, baku tembak itu terjadi di Dusun Air Teh, Desa Marete, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. 

Baku tembak ini melibatkan Tim Petir Satgas Tinombala dengan enam orang anggota teroris MIT yang dipimpin oleh terduga teroris bernama Qatar. Keenam anggota kelompok MIT ini terpisah dari kelompok yang dipimpin oleh Ali Kalora. 

Akibatnya tiga terduga teroris dari kelompok MIT tewas. Mereka adalah Andi Muhammad alias Abdullah, Jaka Ramadhan alias Ikrima dan Alhaji Kaliki alias Ibrahim. Tiga lainnya diduga berhasil menyelamatkan diri dan lari ke dalam hutan.

Saksikan video pilihan berikut:

Satgas Tinombala terlibat baku tembak dengan kelompok teroris Poso pimpinan Ali Kalora. Tiga orang terduga teroris Poso dikabarkan tewas dalam peristiwa tersebut.

Dari Tiga Pertemuan, De Gea Empat Kali Dibobol Messi

JakartaDavid De Gea akan berhadapan dengan Lionel Messi di Liga Champions. Dari tiga pertemuan, De Gea empat kali dibobol Messi.

Manchester United akan bertemu dengan Barcelona di perempatfinal Liga Champions. Setan Merah akan lebih dulu menjamu Barca di Old Trafford pada Kamis (11/4/2019) dinihari WIB. Sepekan kemudian gantian ke Camp Nou.

Duel kedua tim ini akan mempertemukan salah satu kiper terbaik dan striker terbaik, yakni De Gea dan Messi. De Gea sepanjang musim ini sudah bikin 10 clean sheets, tiga di antaranya di Liga Champions.

Messi tampil garang musim ini dengan mengemas 36 gol. Delapan gol dia lesakkan di Liga Champions, yang mengantarkan namanya memimpin daftar top skor bersama Robert Lewandowski.
Dengan catatan itu, Messi bisa menjadi momok untuk De Gea. Terlebih, kiper asal Spanyol tersebut sudah empat kali dibobol Messi dalam tiga pertemuannya di level klub, saat itu De Gea masih dengan kostum Atletico Madrid.

De Gea berhasil tidak kebobolan saat pertama kali bertemu Barca yang diperkuat Messi. De Gea cuma dibobol Zlatan Ibrahimovic dalam laga yang dimenangi Atletico 2-1.

Pada pertemuan kedua, De Gea gagal menjaga kesucian gawangnya dari Messi. Striker asal Argentina itu mencetak satu gol saat Barca menang 2-1 atas Atletico di Vicente Calderon, 19 September 2010.

De Gea babak belur pada pertemuan ketiga. Atletico kalah 3-0 dari Barcelona dengan Messi melesakkan hat-trick di Camp Nou, 5 Februari 2011.

Messi juga pernah menjadi mimpi buruk MU. La Pulga berhasil dua kali bobol gawang The Red Devils di final Liga Champions, yang masing-masing pada 2008/2009 dan 2010/2011. MU kalah dalam dua pertemuan itu.

(ran/nds)

Tiga Langkah Persiapan Prabowo-Sandiaga Jelang Debat Pilpres 2019

JakartaBadan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno membeberkan 3 langkah sang capres-cawapres dalam menghadapi debat Pilpres 2019. Tiga langkah tersebut selalu diterapkan sebelum pelaksanaan debat.

“Dalam persiapan debat, Pak Prabowo dan Pak Sandi punya 3 langkah,” kata Koordinator Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak saat ditemui di BPN Prabowo-Sandiaga, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

Dahnil menjabarkan, langkah pertama yang dilakukan yakni menyimak aspirasi masyarakat, menyimak kendala-kendala yang ada menurut pemerintah. Karena itu, sebut Dahnil, sebelum debat Prabowo-Sandiaga bertemu dengan rakyat terlebih dulu.

“Misalnya petani, buruh, turun ke bawah, menyimak masukan-masukan, keluhan, aspirasi dari masyarakat, rakyat biasa,” jelasnya.

Langkah persiapan kedua disebut sebagai langkah berpikir. Yang dimaksud dengan langkah berpikir ini yakni berdiskusi dengan pakar untuk mencari solusi atas masukan dan keluhan rakyat.

“Kedua kami sebut langkah berpikir, skemanya mendengar para ahli dalam bidangnya masing-masing. Masukkan dari mereka, solusi yang ditawarkan kami formulasikan dalam bentuk program aksi. Ketiga yaitu skema kerja, yaitu program visi-misi yang ditawarkan oleh Prabowo-Sandi,” papar Dahnil.

Seperti diketahui, pada Minggu (17/3) Sandiaga akan berhadapan dengan cawapres Ma’ruf Amin dalam debat pilpres ketiga. Dalam debat yang mengangkat tema di antaranya tentang kesehatan, ketenagakerjaan dan pendidikan, Sandiaga akan membahas soal BPJS, OK OCE dan guru honorer.

“Bahwa nanti di sesi ketenagakerjaan juga kita akan sampaikan program OK OCE ini sudah bisa di-pilot project-kan di tingkat nasional dan sudah beberapa kabupaten/kota maupun provinsi yang mengadopsi pendekatan mirip gerakan OK OCE kita. Dan kita harapkan tereplikasi terus nanti,” kata Sandiaga saat ditemui di Kinanti Building, Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (11/3).
(zak/mae)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cabuli Tiga Bocah, Penjual Pentol Diantar Warga ke Polres Sampang

Liputan6.com, Sampang Bila menghadapi sebuah kejahatan, pencabulan misalnya. apa yang dilakukan Warga Karang Penang Onjur, Kabupaten Sampang, Jawa Timur ini bisa ditiru. Meski yang menjadi korban kejahatan adalah keluarga sendiri, mereka memilih menyerahkan sang pelaku ke polisi dan tak main hakim sendiri. 

Kamis malam, 14 Maret 2019, belasan warga Karang Penang Onjur mendatangi Mapolres Sampang untuk menyerahkan Dekkir ke polisi karena telah mencabuli tiga bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar. 

“Kok tega sekali berbuat begitu,” kata Latifah yang cucunya dicabuli Dekkir. 

Pangkal terbongkarnya kasus ini adalah uang. Tiap kali pulang bermain dari rumah Dekkir, ketiga bocah yang antar mereka masih kerabat yaitu DA (9), AN (9) dan SA (8) memegang banyak uang untuk ukuran siswa SD.

Melihat hal itu, pemilik kontrakan yang disewa Dekkir pun iseng menanyakan asal muasal uang itu karena khawatir hasil mencuri di rumah Dekkir. Mungkin karena jawaban ketiga bocah tidak memuaskan. Pemilik kontrakan lantas memberitahu keluarga para bocah, salah satunya Latifah. 

Latifah pun memanggil cucunya. Ditemani orang tuanya, si cucu di tanyakan lagi asal muasal uang itu. Mungkin karena terdesak, si cucu akhirnya menjawab dan jawaban itu sempat membuat Latifah pingsan karena kaget dan terpacaya. 

“Ya Allah, ternyata cucu saya dicabuli. Tiap kali digitukan dikasih uang dua ribu sampai delapan ribu. Kadang dikasih pentol gratis, Saya sampai pingsan mendengarnya,” tutur Latifah dengan nada emosional .

Dekkir asli Sragen, Jawa Tengah. Bersama istrinya pria 40 tahunan itu merantau ke Madura dan mengontrak rumah di Karang Penang. Ia lalu jualan pentol dan tempat mangkalnya di SD tempat ketiga korban, sedanya strinya jualan jamu gendong keliling.

“Mereka sudah lama di kampung itu, tapi belum pernah melaporkan diri ke aparat desa,” kata Kepala Desa Karang Penang Onjur, Mohammad Ridhoi. 

Pentol itulah yang membuat Dekkir bisa akrab dan kenal  denga nanak-anak termasuk ketiga korban. Entah apa yang membuat Dekkir nekat berbuat cabul, namun perbuatan bejat itu beberapa kali ia lakukan di  lingkungan sekolah. Dan yang paling nekat, ia mencabuli mereka dii rumah padahal istrinya yang tengah meracik jamu. 

“Kami berharap pelaku di hukum seberat-beratnya,” harap Ridhoi. 

Hingga pukul 22.30 wib, Dekkir masih diperiksa di ruangan unit PPA Polres Sampang. Sedangkan ketiga korban dibawa ke rumah sakit untuk divisum. 

Akhir Pelarian Tiga Garong Sepeda Motor Petani yang Ditinggal ke Sawah

Liputan6.com, Malang – Usai sudah keresahan para petani di Kabupaten Malang, Jawa Timur, setelah aparat kepolisian berhasil menangkap komplotan garong  yang meneror mereka. Garong tersebut belakangan ini membuat resah karena sering mencuri motor milik para petani saat ditinggal kerja ke sawah. 

Kawanan garong tersebut adalah Mulason (29), Yudin (31), dan Latip (37). Komplotan garong spesialis pencuri sepeda motor petani itu merupakan warga Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Si pelaku Mulason dan Yudin ini pelakunya yang mencuri. Mereka melancarkan aksinya di daerah berkarakteristik perkebunan dan persawahan,” kata Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Leonard Sinambela, Senin, 11 Maret 2019.

Komplotan garong ini terlebih dahulu menelusuri area persawahan dan perkebunan yang berada di Malang saat pagi hingga siang hari. Saat mereka melihat ada sepeda motor yang ditinggal petani, para garong ini pun langsung mencuri motor tersebut.

“Umumnya kan kendaraan diparkir jauh atau di pinggir jalan, sedangkan para petani harus masuk ke dalam ladang,” ujar Leonard. 

Komplotan itu menggunakan kunci letter T yang sudah dimodifikasi untuk menyalakan sepeda motor milik petani incaran mereka. Setelah berhasil dinyalakan, sepeda motor itu pun kemudian dibawa lari tanpa ketahuan oleh pemiliknya yang sedang sibuk bercocok tanam.

“Mulason berperan sebagai eksekutor atau pencuri motor, sementara Yudin bertugas membawa motor mereka yang sebelumnya dipakai sebagai sarana,” sebut Leonard.

Motor hasil curian komplotan garong itu lalu dijual ke penadah, yakni Latip dan Nardi. Sementara Nardi hingga saat ini masih buron. Oleh para penadah, sepeda motor tersebut juga kembali dijual ke beberapa warga yang berada di sekitar tempat tinggalnya di daerah Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

“Karena tanpa legalitas kendaraan, setiap motor curian tersebut dijual seharga 1,5 juta rupiah,” ucap Leonard. 

Untuk jenis sepeda motor yang dicuri, komplotan garong ini  tidak menentukan secara khusus. Segala jenis motor yang memungkinkan dibawa kabur, pasti akan mereka curi. Dari pengungkapan tersebut, Polda Jatim berhasil mengamankan barang bukti 16 unit kendaraan roda dua berbagai merek. 

“Atas ulahnya, kami menjerat ketiga pelaku dengan Pasal 363 tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” ujar Leonard.

Saksikan video pilihan menarik berikut:

Komplotan Jawa – Sumatera Penggarong Warga Kota Malang

Tekuk SPAL, Inter Milan Sukses Raih Tiga Poin di Kandang

Jakarta Inter Milan sukses kalahkan SPAL dengan skor 2-0 pada laga pekan ke-27 Serie A di Giuseppe Meazza, Minggu (10/3/2019). Gol kemenangan Inter Milan dicetak oleh Matteo Politano dan Roberto Gagliardini.

Inter Milan dan SPAL memulai laga dengan tempo yang tidak terlalu cepat. Nerazzurri bermain hati-hati untuk bisa meraih hasil positif pada laga tersebut.

Setelah mencoba untuk membangun serangan, Inter Milan mulai bermain terbuka untuk membuka celah di pertahanan SPAL. Nerazzurri melancarkan serangan untuk mencetak gol

Pada menit ke-31, Inter Milan membobol gawang SPAL melalui usaha Lautaro Martinez. Gol tersebut membuat pemain Nerazzurri melakukan selebrasi.

Namun, wasit pertandingan, Gianpaolo Calvarese, menghentikan laga untuk melihat proses gol Inter Milan ke gawang SPAL. Setelah terhenti selama tiga menit, Calvarese memutuskan untuk menganulir gol Martinez.

Inter Milan disebut melakukan handball sebelum gol terjadi. Skor kembali 0-0.

Pembatalan gol tersebut membuat mental para pemain Inter Milan sedikit menurun. Hal itu bertambah parah setelah Marcelo Brozovic mengalami cedera pada menit ke-41. Brozovic ditarik keluar dan digantikan Antonio Candreva.

Tidak ada gol pada paruh pertama pertandingan.

Memasuki babak kedua, Inter Milan mencoba mengembangkan permainan. Nerazzurri mulai percaya diri untuk menekan pertahanan SPAL.

Usaha Inter Milan untuk unggul membuahkan hasil pada menit ke-68. Matteo Politano mendapatkan peluang di dalam kotak penalti SPAL dan melepaskan tendangan yang bolanya gagal dihalau Emiliano Viviano.

Inter Milan menggandakan keunggulan pada menit ke-77 melalui gol yang diceak Roberto Gagliardini. Ia memanfaatkan umpan dari Cedric Soares.

Skor 2-0 untuk keunggulan Inter Milan bertahan hingga laga berakhir. Nerazzurri mengamankan poin dan menjaga peluang untuk finis di posisi empat besar.

Polisi Tangkap Tiga Pelaku Begal yang Tusuk Korban di Daan Mogot

Jakarta – Polisi menangkap tiga pelaku begal terhadap IS di Jalan Daan Mogot, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Akibat kejadian itu, IS tewas dengan luka tusukan.

“Tiga orang kita amankan yang diduga terlibat pelaku begal yang menewaskan seorang korban di Jalan Daan Mogot, Kebon Jeruk beberapa hari lalu,” ucap Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Edi Suranta Sitepu, dalam keterangannya, Minggu (10/3/2019).

Edi menyebut, penangkapan dilakukan pada Sabtu (9/3) malam. Edi belum mau memberi keterangan lebih lanjut termasuk soal identitas diduga pelaku.

“Saat ini kita sedang melakukan proses penyelidikan mendalam untuk memastikan bahwa itu merupakan pelakunya, nanti untuk kepastiannya hari Senin akan kita lakukan press conference,” kata Edi.
IS jadi korban begal pada Senin (4/3) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu korban yang sedang berjalan kaki bersama 2 orang temannya dihampiri lima pelaku yang menggunakan dua sepeda motor.

“Korban bersama 2 rekannya tiba-tiba dipepet oleh 5 orang pelaku yang berboncengan 2 sepeda motor dan mengaku sebagai petugas,” ucap Kanit Krimum Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Iptu Dimitri Mahendra.

Pelaku sempat menuduh korban sebagai kelompok pelajar yang suka tawuran. Korban digeledah oleh pelaku, namun korban IS menolak.

“Kemudian salah satu pelaku menusuk dada korban menggunakan senjata tajam hingga menyebabkan luka tusuk pada dada kanan korban yang mengakibatkan korban meninggal dunia di tempat,” ucap Dimitri.
(aik/idn)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tiga Mobil Pikap Termurah di Indonesia

1. Daihatsu Hi Max

Memiliki dapur pacu 1KR-DE berkubikasi 998 cc, tiga silinder, 12 katup tenaga yang bisa dihasilkan yakni 56 Tk pada 5.000 rpm dan torsi 85 Nm pada 4.000 rpm.

Selain itu, Hi-Max menjanjikan efisiensi bahan bakar berkat penerapan mesin yang sama dengan Ayla 1,0 liter.

Harga yang ditawarkan untuk model ini mulai dari Rp 98,55 juta hingga Rp 106,55 juta.

2. Tata Super Ace

Memiliki mesin TATA 475 IDI TCIC 1.400 cc turbocharged intercooled diesel engine tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 69 Tk pada 4500 rpm serta torsi 135 Nm pada 2500 rpm.

Tenaga mesin disalurkan oleh transmisi manual 5 percepatan. Harga yang ditawarkan untuk model ini Rp123,9 juta.

3. Daihatsu Gran Max

Memiliki mesin 1.495 cc Daihatsu Gran Max mampu menghasilkan tenaga sebesar 96 Tk dan torsi 134 Nm. Mobil pikap ini memiliki panjang 4.195 mm, lebar 1.675 mm, dan tinggi 1.890 mm.

Harga yang ditawarkan untuk model ini mulia dari Rp 128,9 juta hingga Rp160 juta.

PB ISSI Kirim Tiga Atlet Balap Sepeda ke Swiss

Jakarta – Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sports Indonesia (PB ISSI)  kembali mengirimkan atlet terbaik untuk berlatih ke luar negeri. Kali ini, PB ISSI mengirimkan tiga atlet untuk berlatih di Swiss.

Ketiga atlet itu yakni Crismonita Dwi Putri, Terry Yudha Kusuma dan Ayustina Delia Priatna. 

Mereka diundang secara langsung oleh Direktur World Cycling Center (WCC) Frederic Magne untuk berlatih di sana selama tiga bulan. Ketiga atlet nasional balap sepeda nomor track itu bakal terbang ke Swiss pada akhir Maret.

“Kami menunggu surat resmi UCI untuk undangannya. Kami sudah bertemu dengan Direktur Track UCI dan berbicara secara lisan soal keberangkatan tiga atlet ini. Tapi tunggu undangannya. Selambatnya akhir Maret ini mereka berangkat,” kata manajer tim balap sepeda Indonesia, Budi Saputra, Rabu (6/3/2019).

Kepala Pelatih Balap Sepeda Nasional, Dadang Haries Poernomo, mengatakan bakal lebih selektif. PB ISSI tidak ingin terjadi kesalahan regulasi terhadap atlet yang mengikuti setiap seri kejuaraan yang bisa menambah poin buat atlet maupun negara untuk tampil di Olimpiade 2020 Tokyo.

Setelah UCI World Track Championship 2019 di Polandia, perhitungan poin kembali dimulai dari nol. PB ISSI bertanggung jawab mencapai lima besar dunia dengan minumun perolehan 250 poin dengan dua event yang sudah menunggu yakni di Jepang dan Chinese Taipei.

“Kami harus kembali merintis poin mulai dari poin National Championship, CL1, CL2, dan CC.Tapi CC kan sudah habis. Tahun ini musim 2019-2020, kami ambil National Championship CL1 dan CL2. Persiapan kami selanjutnya Mei ke Chinese Taipei dan Agustus di Jepang untuk mengumpulkan poin minila 250 minimal supaya bisa masuk World Cup sesi kedua,” jelas Dadang, melalui rilis dari PB ISSI, Rabu (6/3/2019). 

Perhitungan poin menuju Olimpiade 2020 merupakan gabungan antara hasil di sesi pertama musim 2018-2019 dan 2019-2020.

2 dari 2 halaman

Catatan Crismonita

Sementara itu terkait peningkatan tajam catatan waktu Crismonita di Polandia, Dadang menyebut ada perbedaan persiapan yang dilakukan Crismon sebelum tampil. Salah satunya handlbar Crismon yang menggunakan aero handlebar bukan handle sprint seperti ketika tampil di ACC lalu.

Dadang mengakui ada plus-minus dari perubahan handlebar yang dilakukan Crismon kali ini. Pengetahuan itu bisa dipetik dari pengalaman selama berada di UCI World Track Championship 2019 di Polandia.

Tampil di BGZ Arena, Sabtu (2/3/2019), Crismonita yang turun di kualifikasi heat ke-7 mencatatkan waktu 35,182 detik. Hasil itu jauh lebih tajam dibanding yang dibukukannya pada ATC 2019 di Jakarta Internasional Velodrome, yakni 35,981 detik di final elite nomor 500 meter time trial putri.

“Kamu akui, Crismon masih mencoba adaptasi dengan aero handlebar ini. Hasilnya jauh lebih bagus untuk Crismon. Tapi kami harus bisa membedakan aero dengan sprint dan harus mencari teknik yang sesuai dengan pola dan style Crismon. Tapi saya yakin kita perbaiki step by step, teknis maupun non teknis,” ujar Dadang.

KPU Lampung: Tiga Tahap Lagi, Persiapan Pemilu 2019 Capai 100 Persen

Liputan6.com, Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung telah menyelesaikan 90 persen persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

“Kita tinggal tiga tahap lagi untuk KPU Lampung mencapai persiapan 100 persen,” kata Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono di Bandarlampung, Minggu (3/3/2019).

Nanang menjelaskan, tiga tahap yang sedang berjalan di antaranya penyelesaian pelipatan surat suara, rekrutmen kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), dan Bimtek.

“Yang terpenting sekarang ini melakukan penyelesain pelipatan surat suara, kemudian rekrutmen petugas KPPS, dan sosialisasi,” kata dia.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Lampung mencapai sebanyak 26.265 TPS. Pengiriman logistik juga di setiap kabupaten/kota telah diterima dan telah memasuki tahap pelipatan surat suara.

“Di luar surat suara kita sudah selesai semua tinggal dimasukkan ke kotak saja jika pelipatan surat suara selesai,” kata dia seperti dilansir Antara.

2 dari 2 halaman

Surat Suara Rusak

Nanang menambahkan sejauh ini yang ditemui masih ada kabupaten/kota yang menerima surat suara yang rusak.

Menyikapi hal itu, Nanang meminta kabupaten/kota membuat laporan terkait surat suara yang rusak dan akan dikirimkan untuk diganti.

“Ada yang ditemui surat suara rusak dan ada juga yang belum menemui karena masih dalam proses sortir melipat dan belum final. Setelah mendapatkan surat suara rusak mereka akan membuat laporan resmi dan akan dikirimkan keseluruhan untuk diganti,” katanya.


Saksikan video pilihan berikut ini: