Minum Segelas Air Hangat Sebelum Tidur Punya Banyak Manfaat

Liputan6.com, Jakarta – Minum air sering kali diabaikan oleh orang karena dianggap remeh dan tidak terlalu berdampak. Padahal tubuh manusia pada dasarnya lebih banyak mengandung cairan.

Kalau cairan di dalam tubuh tidak tercukupi maka akan timbul beragam masalah yang bisa mengganggu aktivitas, bahkan mengganggu kesehatan. Banyak minum air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan.

Cukup minum air putih bisa membuat tubuh terhidrasi sepanjang hari. Meski begitu, akan lebih baik jika meminum air putih hangat, apalagi sebelum tidur di malam hari.

Dilansir dari NDTV, 10 April 2019, para ahli kesehatan menganjurkan minum air hangat di pagi hari. Alasannya, karena berperan penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh serta meningkatkan kesehatan dan kecantikan.

Namun, tahukah Anda kalau kita mengadaptasi kebiasaan yang sama juga baik jika dilakukan sebelum tidur? Banyak orang menghindari minum air pada waktu tidur agar mereka merasa tidak perlu buang air kecil di malam hari. Padahal minum air hangat sebelum tidur bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Salah satunya adalah melawan depresi dan kecemasan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan air dalam tubuh bisa meningkatkan kadar stres dan menyebabkan depresi.

5 Penyakit yang Bisa Menyerang karena Kurang Tidur, Bisa Berdampak Fatal

Jika disepelekan, kurang tidur juga bisa menyebabkan penuaan dini. Mereka yang kekurangan tidur cenderung memiliki wajah yang pucat, mata bengkah, dan terlihat lesu. Jika kurang tidur terjadi terus menerus, akan membuat kulit muncul kerutan, munculnya lingkaran hitam pada mata, dan kulit menjadi lebih kusam.

Hal ini terjadi akibat meningkatnya produksi hormon kortisol pada orang yang kurang tidur. Hormon kortisol yang berlebihan dapat menghancurkan kolagen, yang berfungsi menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit.

Kurang tidur juga menyebabkan berkurangnya produksi hormon pertumbuhan, yang berperan dalam meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

Pro Prabowo, Aa Gym Usul Calon Menteri Disuruh Tidur di Liang Lahat

Jakarta – Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Apa alasannya?

“Mungkin ada yang nanya kenapa memilih? Karena ada harapan saja, ini sekadar harapan, bangsa ini punya Pancasila, tapi agak sering jadi sebutan saja. Saya berharap sila Ketuhanan Yang Maha Esa benar-benar bisa diwujudkan dengan sangat baik karena tak ada yang bisa menolong bangsa ini kecuali Allah,” ucap kata Aa Gym dalam video yang dikirim tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Sabtu (13/4/2019).

“Ketuhanan Yang Maha Esa dengan agama yang ada, diberikan hak masing-masing bisa beragama dengan baik, menjalankan ibadah dengan benar, setiap agama, andaipun nanti ada yang beda pendapat, memberi kritik, saran, tolong jangan dicap radikal atau intoleran, anti NKRI, anti Pancasila. Saya sedih sekali, bagaimana saya yang lahir di bumi ini menyebut sebagian saudara kita sebagai radikal padahal saya tahu mereka ingin menyumbangkan yang terbaik bagi negeri ini. Jadi besar harapan jika bapak ditakdirkan, raih… sehingga umat beragama bisa bahagia berada di Indonesia, bisa akur antara agama saling menghormati dengan baik karena dengan bagus agamanya, akhlak bagus, Insyaallah pertolongan Allah datang,” sambungnya.

Aa Gym mengungkapkan, pilihannya di ‘last minutes’ setelah mencermati masa kampanye selama 8 bulan. Dia menyampaikan terima kasih ke Prabowo-Sandiaga karena tidak memengaruhinya untuk mendukung 02.

Pilihannya mantap ke Prabowo-Sandiaga setelah istikharah dan konsultasi pada ulama yang tak memiliki kepentingan.

“Dari waktu ke waktu mencermati terus keadaan negeri ini juga kampanye yang ada membuat hati ini, hari terakhir ini ingin sekali menyampaikan sesuatu. Hari ini saya memutuskan sesudah istikharah juga konsultasi pada ulama yang lebih jernih hatinya yang tak punya kepentingan apa-apa, bismillah saya memilih 02 Pak Prabowo dan Pak Sandi, ini pilihan hati saya, mudah-mudahan pilihan ini jadi amal soleh yang bisa dipertanggungjawabkan di akhirat,” kata Aa Gym.

Dia juga menitipkan pesan kepada Prabowo-Sandiaga jika menang Pilpres 2019. Dia mengaku sedih dengan tingkat korupsi yang terjadi di RI.

Bahkan, dia mengusulkan, jika terpilih, menteri kabinet yang ditunjuk membantu pemerintah untuk dilakukan ‘ritual’. Aa Gym memberi masukan, menteri yang dipilih Prabowo ‘dijebloskan’ lebih dulu ke penjara untuk merasakan kehidupan di balik jeruji.

Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung ini juga mengusulkan agar calon menteri dimasukkan ke liang kubur, agar tak berani melakukan korupsi.

“Kalau nanti ada menteri yang korupsi, makanya sebelum jadi menteri nanti dipenjara dulu beberapa hari supaya nyobain bagaimana sel isolasi itu. Terus ajak ke liang lahat, suruh tidur di liang lahat, bawa apa nanti ke kuburan. Mungkin ini jadi tradisi baru kalau bapak jadi presiden, menteri disuruh ngerasain dinginnya penjara, dan disuruh ngerasain liang lahat, nggak usah lama-lama asal tahu saja,” jelasnya.

Selain itu, Aa Gym berharap kepada Sandiaga untuk bisa menumbuhkan potensi generasi muda melalui jalur usaha. Apalagi menurutnya, ekonomi EI saat ini sedang tidak sehat.

“Ekonomi kita sedang susah, serba sulit, nah mudah-mudahan dengan kreativitas membangun juga generasi muda yang punya greget bangun Indonesia, syariatnya lewat Mas Sandi,” katanya.
(idn/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kehadiran Pasangan Malah Bikin Susah Tidur? Coba 5 Tips Ini

3. Menggunakan alat peredam suara

Mesin white noise bisa membantu Anda apabila pasangan punya dengkuran atau mengigau dengan keras. Winter mengatakan alat semacam ini menciptakan suara yang menenangkan telinga, sehingga Anda fokus dan tidak memperhatikan suara mengganggu lainnya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan headphone yang meredam suara atau tersambung dengan mesin white noise. Beberapa penutup telinga juga tersedia untuk digunakan khusus saat tidur.

4. Pergi ke dokter

Winter mengatakan, ada kondisi-kondisi tertentu di mana seseorang mungkin harus menemui dokter dan melihat apakah ada masalah tidur yang sedang dialami.

Beberapa masalah seperti sindrom kaki gelisah, gangguan gerakan tungkai berkala, atau mioklonus mungkin saja ditemukan. Kondisi semacam ini harus diobati dengan cepat.

5. Tidur terpisah

Jika ada kondisi kesehatan tertentu atau masalah tidur pasangan sulit diatasi, mungkin pikirkan untuk memiliki ranjang yang berbeda. Anda bisa meletakkannya dalam satu kamar yang sama.

Winter mengatakan bahwa pisah ranjang bukan berarti ada masalah rumah tangga. Maka dari itu, bukan berarti pasangan harus menjauh satu sama lain. Bahkan, ini menjadi saat untuk meningkatkan hubungan dengan lebih banyak beristirahat.

4 Efek Buruk Tidur Pagi Hari Bagi Kesehatan, Bisa Bikin Depresi

Orang-orang yang terbiasa tidur larut malam atau yang sering begadang, dan mengganti tidurnya menjadi pada pagi hari sangat rentan terkena depresi, atau gangguan kesehatan mental. Bahkan sesorang yang sebelumnya telah menderita depresi, jika tidur terlalu lama atau tidur secara tidak teratur akan membuat kondisi depresinya semakin memburuk.

Selain itu, rasa ngantuk berlebihan yang kamu rasakan pada pagi hari maupun siang hari bisa membahayakan aktivitas sehari-hari kamu. Hal ini dapat mengganggu kinerja kamu dalam bekerja serta mengalami gangguan mental dan emosi.

Untuk kamu yang sering tidur di pagi hari, solusinya hanyalah meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat. Kamu harus mempertahankan pola tidur yang teratur, tidak minum alkohol maupun obat-obatan yang membuatmu mengantuk.

Serta kamu bisa menceritakan masalahmu kepada keluarga, teman, maupun rekan kerja, supaya bisa membantu dalam mencarikan solusi untukmu. Selain itu, kamu juga dapat berolahraga secara teratur serta membersihkan dan merapikan kamarmu, sehingga terciptalah suasana nyaman di kamar tidur.

5 Trik Jitu Tidur Nyaman di Pesawat Saat Penerbangan Panjang

Liputan6.com, Jakarta – Berada dalam penerbangan yang panjang tidak hanya membosankan, tetapi juga melelahkan. Tidak banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan selain duduk dan menikmati beberapa fasilitas yang disediakan maskapai.

Salah satu cara jitu untuk ‘membunuh’ waktu selama penerbangan panjang tidak lain dengan tidur. Namun tak bisa dipungkiri, kenyamanan tentu berkurang dan tidur yang kurang nyenyak.

Lantas, apa saja cara untuk bisa tidur nyaman saat penerbangan panjang? Simak selengkapmya lewat rangkuman Fimela.com di bawah ini.

1. Jangan Banyak Makan

Sebelum penerbangan, makanlah maksimal 2 jam. Bukan tanpa alasan, tetapi agar tubuh Anda tidak terlalu bekerja keras dan dapat rileks di pesawat. Jangan lupa perhatikan makanan yang dikonsumsi. Jika memungkinkan, cari yang mendukung kenyamanan tidur.

Kafein dan alkohol harus dihindari. Meski ada penerbangan yang menawarkan minuman beralkohol untuk memberi efek kantuk, tetapi efek ini hanya akan bertahan sebentar. Setelah itu, Anda bakal sulit tidur karena sakit kepala, buang air kecil terus menerus, hingga haus.

Kurang Tidur, 5 Hal Ini Bakal Terjadi pada Tubuh

Sebuah penelitian berjudul “Epidemiology of insomnia, depression, and anxiety” menemukan bahwa orang-orang yang mempunyai pola tidur yang buruk mungkin akan mengalami depresi.

Itu sebabnya National Sleep Foundation menyarankan untuk mengonsultasikan masalah tidur ke spesialis atau dokter, bagi orang-orang yang mengalami insomnia atau stres berat.

5. Risiko penyakit kardiovaskular 

Selain lelah dan memengaruhi perasaan, kurang tidur juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan jantung. Seorang dokter dari Sleep Disorders Center, Cleveland, Amerika bernama Vaishal Shah menyatakan bahwa kurang tidur akan memengaruhi kinerja detak jantung, tekanan darah, aliran darah jantung, dan pernapasan. Selain jantung, hal ini juga dapat memberikan risiko penyakit kronis lainnya.

Penulis: Dara Elisabeth

7 Reaksi Netizen Ketika Ketahuan Belum Tidur Ini Kocak Abis

Liputan6.com, Jakarta Untuk kamu yang sedang mencari pasangan, tentunya masa PDKT adalah masa yang paling penting. Dalam tahap ini kamu bisa lebih mengenal satu sama lain. Pada masa ini juga, kamu bisa mengetahui apakah hubungan kamu akan berlanjut ke tahap selanjutnya atau tidak. 

Hal yang paling sering dilakukan ketika masa PDKT ialah mengucapkan selamat pagi untuk sekedar memberi semangat mengawali aktivitas di pagi hari. Namun, tidak hanya ucapan selamat pagi saja, selamat tidur pun juga sering diucapkan pada momen PDKT sebagai pengantar tidur.

Nah, biasanya ketika gebetan sudah mengucapkan selamat tidur, ia akan mematikan handphone kemudian terlelap. Tetapi, bagaimana jika ternyata tidak benar-benar tidur?

Seperti yang dialami oleh beberapa netizen di bawah ini, beberapa netizen di bawah ini memergoki gebetannya belum tidur dan reaksinya pun kocak-kocak.

Penasaran seperti apa? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/4/2019) cuitan kocak pada momen itu. 

Ini Alasan Wanita Tak Usah Pakai Celana Dalam Saat Tidur

Ia menjelaskan, vagina itu memiliki campuran ragi dan bakteri baik. Bakteri, yang disebut lactobacillus, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan ragi yang berlebih. Namun, jika keseimbangan itu terganggu, wanita mungkin mulai mengalami gejala infeksi jamur.

Selain itu, lanjut Dweck, mengenakan pakaian ketat seperti celana ketat atau pakaian dalam ketat menyebabkan area tersebut menjadi berkeringat, tempat yang lembap dan hangat bagi bakteri untuk berkembang.

Kalau wanita tak bisa membayangkan tidur tanpa celana dalam, Dweck menyarankan menggunakan pakaian dalam berbahan katun yang longgar, jangan lycra. Atau pinjam celana boxer lelaki yang membuat Anda nyaman, atau kalau perlu pilihlah model celana dalam nenek (sebutan untuk celana yang besar). 

Saksikan juga video berikut ini:

Percobaan kontroversial ini membuat heboh para netizen di media sosial.

5 Alasan Langsung Tidur Setelah Bercinta Menurut Sains

Liputan6.com, Jakarta Tidur setelah bercinta menjadi salah satu aktivitas yang dilakukan sebagian besar pasangan. Suasana malam dan lokasi seks yang nyaman, seperti di kamar tidur termasuk faktor pelengkap seseorang tidur.

Dari segi sains, ada penyebab mengapa pasangan tidur usai berhubungan seks.

1. Lepaskan senyawa kimia

Seks dan orgasme melepaskan seyawa kimia yang kondusif untuk membuat kita tidur lebih nyenyak. Saat berhubungan seks, otak mengeluarkan banyak senyawa kimia, terutama dopamin, adrenalin, serotonin, dan oksitosin.

Seksolog Laura Deitsch menjelaskan ada beberapa hormon yang bertanggung jawab akan hal tersebut. “Dopamin adalah ‘hormon memberikan mood baik’ yang terkait dengan kebahagiaan, euforia, motivasi, dan konsentrasi. Adrenalin menyebabkan jantung berdetak kencang, kaki terasa lemas, serta meningkatkan kewaspadaan fisik dan mental,” kata Deitsch, dikutip dari Romper, Jumat, 5 April 2019.

Oksitosin dikenal sebagai ‘hormon cinta’ dilepaskan saat bercinta. Serotonin adalah hormon bahagia yang mengatur suasana hati, menyingkirkan depresi, dan meningkatkan nafsu makan, tidur, dan hasrat seksual.

Saksikan video menarik berikut ini: