Mbak Tutut: Kita Ingin Bangsa yang Bersatu, Tidak Saling Cakar

Nasihat lain Soeharto kepada anak-anaknya adalah tidak boleh dendam. Sebab, dendam tidak menyelesaikan masalah, tapi membuat masalah baru.

Mbak Tutut juga bercerita jelang Soeharto mengambil keputusan berhenti sebagai presiden. Cerita dimulai saat Soeharto memanggil seluruh anaknya, dan menyampaikan keinginan mengundurkan diri.

“Bagaimana menurut kalian? Masyarakat sudah ramai meminta bapak berhenti,” Mbak Tutut menirukan kata-kata sang ayah. “Saya jawab, apa pun keputusan bapak kami tetap mendukung bapak berhenti karena sudah tidak dikehendaki rakyat,” lanjut Mbak Tutut.

Yang juga tidak bisa dilupakan Mbak Tutut adalah ketika Pak Harto memintanya mencarikan buku UUD 45. Saat itu, Soeharto mengatakan; “Bapak mau berhenti jadi presiden tapi saya mau memakai kata yang sesuai UUD 45. Bapak tidak mau mengatakan mengundurkan diri, tapi berhenti dari presiden.”

“Saya katakan kepada bapak, kan berhenti dan mengundurkan diri sama,” cerita Mbak Tutut.

Namun tidak menurut ayahandanya. Mengundurkan diri artinya sebagai mandataris rakyat, Soeharto mundur karena tidak mampu melaksanakan tugas. Berhenti artinya sang ayah sebagai mandataris rakyat, disuruh berhenti karena tidak dipercaya lagi.

“Bukan karena kemauan bapak, tapi kaena kehendak masyarakat.” ujar Mbak Tutut menirukan ayahandanya.

Jadi, apa yang Soeharto lakukan selalu berdasarkan UUD 45.

“Malam hari, bapak memanggil kami berenam dan menyampaikan keputusan berhenti, Adik saya mengatakan jangan dulu berhenti, beri kami kesempatan membuktikan bahwa sebagian besar rakyat Indonesia mencintai bapak,” kata Mbak Tutut dengan suara tersendat menahan tangis.

Menanggapi itu, Soeharto hanya meminta keluarganya untuk bersabar. Selain itu tidak boleh dendam. Karena Dendam tidak menyelesaikan masalah, tapi membuat masalah lebih besar.

“Tidak hanya sekali Pak Harto mengingatkan anak-anaknya untuk tidak dendam, tapi setiap hari,” ucap dia.

Tidak jarang pula dia menambah nasihatnya dengan ucapan bahwa Allah tidak tidur. Suatu saat rakyat akan tahu mana yang salah dan benar.

Menurut Mbak Tutut, dari hari ke hari nasihat itu menyadarkan dia dan adik-adiknya bahwa keputusan ayahanda mengundurkan diri adalah yang terbaik untuk bapak dan keluarga.

“Setelah belajar Alquran, saya akhirnya tahu semua nasihat bapak adalah ajaran Allah SWT. Pak Harto selalu bersandar kepada Allah SWT,” Mbak Tutut mengakhiri, dan semua yang hadir terharu bahwa ada yang menitikkan air mata.

KNKT: Isi Rekaman CVR Lion Air PK-LQP Tidak Sama dengan yang Beredar

Jakarta – Isi rekaman cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP diungkap oleh sumber-sumber kepada media internasional. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut informasi sumber itu tidak sama dengan isi CVR yang kini ada di tangan KNKT.

“Di media telah beredar berita yang menyebut sebagai isi dari CVR penerbangan JT 610 dan penerbangan JT043. KNKT menyampaikan bahwa hasil download CVR merekam sejak persiapan penerbangan JT610 sampai dengan akhir penerbangan. Penerbangan JT043 sudah terhapus (overwritten) sehingga sudah tidak ada di CVR. KNKT juga menyampaikan bahwa isi rekaman CVR tidak sama dengan apa yang beredar di media, sehingga menurut KNKT isi berita itu adalah opini seseorang atau beberapa orang yang kemudian dibuat seolah-olah seperti isi CVR,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono dalam jumpa pers di Kantor KNKT, Jl Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2019).

CVR berisi percakapan di dalam kokpit pesawat. CVR Lion Air PK-LQP sendiri ditemukan pada Januari 2019 yang kemudian diserakan ke KNKT.

KNKT: Isi Rekaman CVR Lion Air PK-LQP Tidak Sama dengan yang Beredar Foto: Jumpa pers KNKT soal CVR Lion Air PK-LQP (Lisye/detikcom)

Soerjanto mengatakan KNKT telah berdiskusi dengan Boeing dan FAA mengenai sistem Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS). Tetapi, hasil investigasi kecelakaan Lion Air PK-LQP belum akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Terkait seluruh hasil investigasi ini akan disampaikan oleh KNKT pada final report yang dijadwalkan akan dipublikasikan pada bulan Agustus atau September 2019,” ungkapnya.

Berawal dari Laporan Eksklusif Reuters

Informasi soal isi rekaman CVR sebelumnya diungkap Reuters dalam laporan eksklusifnya pada Rabu (20/3). Informasi itu berdasarkan keterangan tiga orang sumber yang mengetahui isi CVR. Reuters sendiri tidak memiliki rekaman maupun transkrip dari isi CVR.

Sumber Reuters menceritakan kepanikan di kokpit ketika pesawat mulai mengalami masalah. Pilot meminta kopilot mengecek buku pegangan referensi cepat yang berisi ceklis untuk peristiwa abnormal.

Dalam 9 menit berikutnya, sistem pesawat memberi tahu pilot bahwa pesawat dalam kondisi stall dan mendorong hidung pesawat ke bawah sebagai responsnya. Pilot berusaha untuk menaikkan hidung pesawat tetapi komputer masih salah mendeteksi stall. Akibatnya, hidung pesawat terdorong ke bawah oleh sistem trim pesawat. Normalnya, trim berguna untuk menyesuaikan permukaan pesawat sehingga tetap terbang lurus.

Di penghujung penerbangan sebelum jatuh, pilot meminta kopilot untuk menerbangkan pesawat sementara dia mengecek buku panduan untuk mencari solusi. Sekitar satu menit sebelum pesawat hilang dari radar, pilot meminta ATC untuk mem-clear-kan lalu lintas sekitarnya di bawah 3.000 kaki dan meminta ketinggian 5.000 kaki yang kemudian disetujui. Sumber-sumber Reuters mengatakan ketika pilot masih berusaha menemukan prosedur yang tepat dalam buku pegangan, kopilot tidak dapat mengendalikan pesawat Lion Air PK-LQP itu.

Tonton juga video KNKT Klarifikasi Pernyataan Lion Air PK-LQP Tak Laik Terbang:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/fjp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gara-Gara Tuduhan Pemerkosaan Ronaldo, Juventus Tidak Berani ke AS?

JakartaCristiano Ronaldo sedang terjerat kasus dugaan pemerkosaan pada perempuan Amerika Serikat. Imbasnya, Juventus dilaporkan tidak berani menggelar pramusim di AS.

Ronaldo tengah diselidiki oleh Kepolisian Las Vegas, atas dugaan pemerkosaan pada wanita AS bernama Kathryn Mayorga. Sang wanita yang melaporkannya sendiri.

Kathryn mengaku diperkosa bintang Juventus itu pada 2009, atau ketika Ronaldo masih berseragam Manchester United dan belum pindah ke Real Madrid. Ronaldo dikabarkan sempat membayar Kathryn untuk tutup mulut, sebelum akhirnya sekarang mengadukannya ke pihak berwajib.

Kini kasus sedang bergulir. Seperti dilaporkan The New York Times, Juventus disebut mempertimbangkan tidak menggelar agenda pramusim 2019/2020 di Amerika Serikat guna melindungi Ronaldo dari penahanan kepolisian.

Juventus sendiri punya kontrak jangka panjang dengan turnamen pramusim bergengsi International Champions Cup, yang diselenggarakan oleh Relevant Sports di New York. Biasanya, Bianconeri terbang ke AS untuk berlaga dalam ajang pramusim itu.

Dengan bergulirnya kasus Ronaldo, Juventus masih pikir-pikir soal agenda pramusim. Seorang juru bicara Juventus, seperti dilaporkan, mempertimbangkan kawasan Asia untuk menggelar persiapan uji coba. Ada kemungkinan Juventus bakal ke China atau Singapura, menyusul Tottenham Hotspur dan Manchester United.

Adapun persiapan pramusim dianggap penting bagi Juventus. Sementara jika nekat terbang ke AS tanpa Ronaldo, Si Nyonya Tua diprediksi tidak menarik penonton karena tidak menyertakan bintang utamanya.

Ronaldo sendiri didatangkan Juventus dari Real Madrid pada musim panas 2018 seharga 100 juta euro. Penyerang Portugal itu sudah mencetak 24 gol dan 12 assist dari 36 penampilannya, dengan membantu Bianconeri memuncaki klasemen Liga Italia dan melaju ke perempatfinal Liga Champions.

(yna/din)


Rahasia Mengolah Sashimi Supaya Tidak Amis

Liputan6.com, Jakarta – Pecinta hidangan Jepang tentu tidak asing dengan sushi dan sashimi. Kedua sajian tersebut tak jarang masuk dalam daftar kuliner favorit. Seperti yang diketahui, sashimi merupakan irisan tipis ikan salmon atau tuna yang disajikan dengan bumbu-bumbu pelengkap seperti wasabi hingga kecap asin.

Namun, mengolah sashimi tidak dapat sembarangan agar daging mentah dapat dimakan dan tidak terasa amis juga berlendir. Apa saja rahasia pengolahannya?

Hal yang menyebabkan sashimi amis tidak lain permukaan ikan yang basah. Maka itu, sebelum diolah, Anda wajib memastikan dengan menekan-nekan permukaan daging memakai tisu dapur hingga terasa kering.

Anda pun perlu untuk mengulangi beberapa kali langkah tersebut hingga permukaan ikan benar-benar kering secara merata. Setelah itu, masukkan daging ke dalam wadah kedap udara.

Masukkan ke chiller dan simpan selama kurang lebih 2-3 jam. Hal ini dilakukan untuk mengendapkan sisa air dalam ikan dan akan membuat ikan tidak terasa amis sekaligus tak mudah membusuk.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah mengolah sashimi harus cepat karena mudah membusuk jika terlalu lama didiamkan. Disarankan, untuk memotong, membersihkan, serta menyajikannya tak lebih dari 15 menit. Ikan yang terlalu lama terkena udara rentan terkena bakteri yang menyebabkan bau amis.

Serta tak ketinggalan, ada baiknya Anda menggunakan sarung tangan untuk mengolah ikan. Hal tersebut akan meminimalisir bakteri. Pastikan pula semua alat yang dipakai bersih dan kering. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Yakin selama ini cara makan sushi Anda telah benar? Coba simak cara memakan sushi berikut ini yang dilansir dari laman PureWow.com

6 Efek Tidak Biasa Ini Bisa Terjadi Setelah Orgasme

4. Bersin

Bersin saat orgasme bisa dialami oleh orang-orang. Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti mengapa ini bisa terjadi. Beberapa ahli berspekulasi bahwa ada kaitan kejadian itu dengan persilangan di antara sistem saraf otonom, yang bertanggung jawab untuk refleks seperti bersin, serta gairah seksual.

“Fungsi-fungsi tertentu di otak yang otomatis menjadi sedikit lebih bingung,” kata ahli bedah telinga, hidung, dan tenggorokan Dr. Mahmood Bhutta.

5. Kaki bergetar

Beberapa perempuan melaporkan bahwa kaki mereka gemetar saat mengalami orgasme. Menurut ahli, hal ini disebabkan ketika klimaks berlangsung, ketegangan terbentuk di sekitar otot kita, bukan hanya otot di daerah genital.

Saat seks selesai, ketegangan dilepaskan. Hal ini menyebabkan kram, kontraksi, atau gemetar pada tubuh. Jika ini terjadi, Anda disarankan segera minum air putih atau mengonsumsi makanan berkalium seperti pisang, alpukat, atau yogurt.

6. Seperti kena flu

Ada kondisi langka yang membuat pria mengalami gejala flu seperti demam, kelelahan, dan hidung tersumbat setelah ejakulasi. Ini disebut post-orgamic disease syndrome (POIS).

Tidak banyak yang diketahui tentang hal ini. Genetic and Rare Diseases Information Center mengungkapkan, kondisi itu kemungkinan terjadi akibat gangguan autoimun atau alergi pada air mani. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi ini setelah orgasme, International Society of Sexual Medicine meminta untuk segera mengunjungi dokter.

Kiper Real Madrid Tidak Mau Ditukar dengan De Gea

Courtois, pada era Solari dan Lopetegui, selalu jadi pilihan utama di bawah mistar. Terutama pada laga La Liga dan Liga Champions. Real Madrid sudah kebobolan 32 gol dari 28 laga di La Liga, Courtois jadi penjaga gawang pada 24 laga.

Namun semuanya kini berubah setelah kembalinya Zidane ke Madrid. Zidane tidak puas dengan penampilan Courtois pada beberapa laga terakhir Madrid. Zidane kemudian memberi ultimatum pada eks penjaga gawang Chelsea untuk segera menemukan performa terbaiknya.

Jika memang kenyataannya demikian, makan Madrid kabarnya bakal memilih untuk menaruh Courtois dalam daftar jual mereka pada bursa transfer musim panas nanti, meski mereka bisa saja merugi dari penjualan ini.

Sumber: Bola.net

Jenis-Jenis Peta dan Contohnya, Perlu Diketahui Agar Tidak Keliru

1. Peta skala kecil

Peta skala kecil biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan wilayah yang luas, seperti peta Indonesia, peta Thailand, peta Inggris dan sebagainya. Peta skala kecil yaitu peta yang memiliki ukuran skala antara 1:500.000 sampai 1:1.000.000.

2. Peta skala sedang

Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:250.000 sampai 1:500.000. Peta ini digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan peta dengan wilayah yang agak besar. Contohnya peta provinsi Jawa Timur, peta provinsi Bangka Belitung dan sebagainya.

3. Peta skala besar

Jenis-jenis peta selanjutnya adalah peta skala besar. Peta ini memiliki ukuran skala antara 1:5.000 sampai 1:250.000. Biasanya peta ini digunakan untuk wilayah yang sempit. Misalnya peta Kelurahan Kampung Rawa, peta Kelurahan Tanjung Benoa, peta Kelurahan Muara Rapak dan sebagainya.

4. Peta kadaster

Peta kadaster pada umumnya adalah peta yang menunjukkan wilayah peta tanah ataupun peta yang ada di dalam sertifikat tanah. Peta kadaster memiliki ukuran skala antara 1:100 sampai 1:5.000.

5. Peta geografis

Skala peta ini memiliki skala antara 1:1.000.000. Peta geografis adalah salah satu jenis-jenis peta yang biasanya digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang sekumpulan negara di bumi. Misalnya peta negara-negara di Asia, peta negara-negara bagian benua Amerika, peta negara-negara di Afrika, peta negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan lain sebagainya.

Perempat Final Piala Presiden 2019: Persela Tidak Pilih Lawan

Pengundian: Selasa, 19 Maret 2019

Delapan tim yang lolos

Juara grup: Persebaya, Bhayangkara, Kalteng Putra, Persija, Persela

Runner up terbaik: Arema, Madura United, TIRA Persikabo

Pertandingan: 29-31 Maret 2019

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Tips Perawatan Miss V Setelah Waxing Agar Tidak Iritasi

Jakarta – Salah satu hal yang mengganggu penampilan perempuan adalah rambut pubis atau rambut kemaluan. Ada banya cara untuk merawatnya, salah satunya adalah waxing.

Sayangnya setelah waxing kerap kali muncul keluhan. Ada yang mengalami gatal-gatal, bahkan ada yang keputihan.

Berikut ini detikHealth merangkum tips-tips merawat Miss V usai waxing agar senantiasa sehat.

1. Kompres dengan es batu

Perawatan setelah waxing yang pertama adalah mengompresnya dengan es batu. Kamu bisa mulai mengompres area yang baru saja di wax dengan es untuk mengurangi bengkak yang muncul sekaligus untuk menutup pori-pori yang terbuka karena di wax. Namun, kamu jangan langsung menempelkan es yang baru saja diambil. Tunggu beberapa saat, kemudian aplikasikanlah kebagian yang sudah di wax.

2. Oleskan aloe vera

Kamu juga bisa mengoleskan gel yang mengandung aloe vera pada area tersebut. Oleskan secara lembut dan perlahan. Dan lakukan beberapa kali dalam satu hari.
Gel tersebut akan melembutkan area yang telah dicukur dan mengurangi efek kemerahan yang biasanya muncul.

3. Gunakan pakaian loose

Kulit kamu membutuhkan ruang untuk bernapas setelah waxing. Penggunaan pakaian ketat hanya akan membuat kulit mudah teriritasi dan infeksi. Hindari untuk memegang terlalu sering pada area yang baru saja waxing. Karena, hal ini bisa membawa dan menyebarkan bakteri yang bisa masuk karena pori-pori kulit sedang terbuka.

4. Hindari suhu panas

Sauna atau bahkan sun bathing perlu kamu hindari setelah melakukan waxing. Panas yang berkepanjangan bisa memperburuk ruam yang ada di kulit kamu lho.

(up/up)