Tanah Bergerak Setiap 30 Menit, Warga Banyumas Terbayang Longsor Masa Lalu

Liputan6.com, Banjarnegara – Menilik riwayatnya, Banjarnegara diwarnai kisah pedih longsor kolosal. Dan 70 persen wilayah di kaki pegunungan Dieng ini memang rawan gerakan tanah.

Bencana longsor seringkali mengejutkan terjadi di Banjarnegara. Pada 2006, Dusun Gunung Raja Desa Sijeruk Kecamatan Banjarmangu lenyap dalam sekejap. Ada 76 orang meninggal dunia, 14 lainnya tak ditemukan.

Kemudian, empat tahun lalu, Dusun Jemblung Desa Sampang Karangkobar luluh lantak diterjang longsor. Seratusan lebih warganya meninggal dunia atau hilang tertimbun material longsoran.

Hingga saat ini, longsor dan gerakan tanah berkala kecil dan besar datang silih berganti. Salah satunya di Dusun Kali Entok Desa Kebutuh Jurang Kecamatan Pagedongan, Banjarnegara.

Gerakan tanah yang terjadi secara bertahap dilaporkan merusak 22 rumah. Akibatnya, 25 keluarga yang terdiri dari 83 jiwa mengungsi.

Dan ke-25 keluarga itu mengungsi di 11 titik pengugsian. Sebagian besar mengungsi ke rumah saudara, atau ditampung tetangga, dan di tetangga desa, Duren.

“Jadi sekarang masih mengungsi. Kalau kita tahapannya sedang validasi data. Kalau jumlahnya masih seperti kemarin,” kata Kepala Pelaksana Harian (Lakhar) BPBD Banjarnegara, Arif Rachman, Kamis sore, 21 Februari 2019.

Kisah longsor besar yang sampai menewaskan puluhan hingga ratusan orang membuat warga Kebutuh Jurang trauma. Positifnya, riwayat bencana Banjarnegara membuat mereka waspada.

Arif tak menyalahkan warga yang traumatik. Hanya saja, berdasar pendataan lapangan oleh petugas BPBD dan pemerintah desa Kebutuh Jurang, jumlah rumah rusak sebenarnya hanya 15 unit. Lainnya baru terancam longsor.

2 dari 3 halaman

Kontur Tanah Berisiko Longsor Cepat

Berdasar kajian geologi dan pemetaan longsor, tujuh rumah yang penghuninya turut mengungi sebenarnya berada di luar zona merah. Karenanya, pekan ini BPBD akan mensosialisasikan kepada para pengungsi agar yang rumahnya masih aman bisa kembali ke rumahnya.

Adapun 15 rumah yang terdampak langsung dan terancam agar bertahan di pengungsian untuk sementara waktu.

“Pekan ini kami akan mengumpulkan untuk memberi penjelasan. Bagi yang kondisinya masih ini (relatif) aman, disarankan pulang, karena hanya euforia ketakutan ya lebih baik pulang lah,” dia menerangkan.

Rencananya, dalam waktu dekat hasil kajian geologi, pemetaan dan rekomendasi Badan Geologi itu akan dilaporkan kepada Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono untuk segera ditindaklanjuti.

“Pertama, rumah yang terdampak langsung, begitu kan, jumlahnya ada sekitar 15 rumah. Karena kita sudah ada peta geologinya yang akan kita laporkan kepada Pak Bupati,” dia menambahkan.

BPBD juga telah memasang early warning system (EWS) atau alat peringatan dini longsor dan gerakan tanah di mahkota longsoran. BPBD juga mendirikan posko pantau bencana di sekitar area gerakan tanah untuk memantau pergerakan tanah untuk mengantisipasi gerakan tanah yang membahayakan.

Dia menjelaskan, sifat longsoran di Kebutuh Jurang adalah rayapan tanah (creep). Akan tetapi, menilik kontur tanahnya yang curam dan curah hujan tinggi, gerakan tanah bisa bertambah cepat dan bisa pula bersifat jatuhan.

3 dari 3 halaman

Tanah Bergerak 2 Sentimeter Tiap Setengah Jam

Nun di Kabupaten Banyumas, gerakan tanah di Grumbul Kalisalak RT 3/5 Desa Karangbawang Kecamatan Ajibarang kembali terjadi. Akibatnya, dua keluarga terpaksa mengungsi.

Sebelumnya, di lokasi yang sama, empat rumah harus direlokasi lantaran gerakan tanah terus berlangsung sejak akhir 2018. Kini, gerakan tanah kembali merusak dua rumah yang dihuni empat jiwa, yakni rumah milik Sukardi (68 th) dan Sumardi (70 th).

Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Kusworo mengatakan, sementara ini Sukardi dan istri mengungsi ke rumah anaknya, Warkiman yang berada di lokasi lebih aman. Adapun Sumardi dan istrinya mengungsi ke saudara lainnya, Suryati.

Kusworo mengemukakan, tanah kembali bergerak setelah Banyumas diguyur hujan lebat berhari-hari. Diukur dengan alat sederhana, dalam waktu setengah jam tanah bergeser sekitar dua sentimeter.

Gerakan tanah membuat tanah retak-retak dan ambles berkisar 70 sentimeter hingga satu meter. Akibatnya, lantai dan dinding rumah retak-retak parah.

Sebelumnya, gerakan tanah di lokasi yang sama juga telah merusak empat rumah. Keempat keluarga itu telah direlokasi secara bertahap sejak akhir 2018 hingga Januari 2019.

“Tanah terus bergerak, pelan tapi pasti. Mulai Kamis,” kata Kusworo.

Ia juga mengimbau agar warga lainnya mewaspadai kemungkinan meluasnya gerakan tanah. Pasalnya, bidang tanah miring, labil dan curah hujan masih tinggi.

“Dan tadi, kita juga memasang early warning system tradisional, sederhana menggunakan tali. Dalam waktu kurang lebih setengah jam, tanah bergerak sekitar dua sentimeter, jalannya,” dia mengungkapkan.

Saksikan video pilihan berikut:

3 Alasan Real Madrid Sulit Juara Liga Spanyol Musim Ini

Madrid – Real Madrid ternyat tidak memiliki catatan yang bagus di Liga Spanyol dalam satu dekade terakhir. Los Blancos hanya meraih juara dua kali dalam rentang 10 tahun itu.

Hampir setiap tahun, Los Blancos terlihat kacau dalam tahap penting dan tidak mampu mengejar rival berat mereka Barcelona. Mereka sepertinya juga mengalami hal yang sama pada musim ini.

Real Madrid sempat tampil bagus dalam beberapa pertandingan terakhir dan membuka peluang dalam perburuan gelar La Liga. Setelah mengalahkan sang tetangga Atletico Madrid 3-1 di Wanda Metropolitano, sepertinya Madrid akan bisa mengejar Barcelona.

Namun, mereka justru terpeleset ketika menjamu Girona di Santiago Bernabeu. Tim asuhan Santiago Solari itu secara mengejutkan kalah 2-1 di depan pendukungnya sendiri.

Setelah kekalahan itu, Real Madrid turun ke posisi ketiga di klasemen dan saat ini berjarak 9 poin dari posisi puncak. Sepertinya impian mereka untuk meraih gelar liga pada musim ini sudah berakhir.

Berikut adalah alasan utama kegagalan mereka tersebut seperti dilansir Sportskeeda.

2 dari 4 halaman

Pertahanan yang Bermasalah

Real Madrid membeli kiper peraih Golden Glove Piala Dunia Thibaut Courtois dan mencoret kiper utama mereka Keylor Navas. Tetapi transfer ini masih belum berjalan sesuai rencana.

Courtois adalah kiper yang bagus tetapi ia melakukan banyak kesalahan dan belum mampu mengemas banyak clean sheet. Mantan kiper Chelsea itu sudah kebobolan 29 gol di liga dan sangat buruk di belakang. Penampilannya di El Clasico juga sangat memalukan dan Madrid kalah 5-1.

Pertahanan Madrid musim ini sangat rapuh karena pemain bintang seperti Marcelo dan Raphael Varane tampil sangat buruk. Sergio Ramos merupakan pemimpin di lini belakang, tetapi bek Spanyol itu sangt tidak mungkin untuk mengendalikan pertahanan sendirian.

Cedera juga menjadi momok bagi tim asuhan Santiago Solari itu karena Dani Carvajal, Varane dan Marcelo sudah absen dalam banyak pertandingan.

3 dari 4 halaman

Faktor Piala Dunia

Pemenang Ballon D’or Luka Modric selalu menjadi salah satu pemain paling penting bagi Real Madrid. Dia selalu konsisten dan tim yang bermarkas di Bernabeu itu sudah memenangkan banyak pertandingan karena kecemerlangannya.

Lini tengah Madrid sudah menjadi salah satu yang terbaik di dunia selama beberapa tahun terakhir dan Modric menjadi pemain penting di sana bersama dengan bintang Jerman Toni Kroos. Tapi musim ini, karena Piala Dunia, penampilannya sangat berbeda jauh dan tidak terlihat istimewa. Ini sangat merugikan Madrid karena mereka tidak bisa mengontrol permainan. Baik Kroos dan Modric tidak tampil bagus dan mengecewakan sepanjang musim.

Hal yang sama terjadi dengan peraih Golden Glove Thibaut Courtois dan juara Piala Dunia Raphael Varane. Mereka berdua kembali ke Madrid setelah Piala Dunia yang panjang dan tidak mendapat waktu istirahat yang panjang. Mereka terlihat kelelahan dalam banyak pertandingan dan itu sangat memperngaruhi performa mereka.

4 dari 4 halaman

Lini Depan Mandul

Setelah Cristiano Ronaldo hengkang ke Juventus, Real Madrid tidak membeli pengganti yang sepadan pada musim panas. Satu-satunya striker yang mereka beli adalah Mariano Diaz yang belum bisa menggantikan posisi Ronaldo. Kepergian Ronaldo adalah salah satu alasan utama mengapa Madrid belum bisa memenangkan pertandingan.

Jumlah gol yang dicetak Madrid menurun secara signifikan dan tidak ada yang mampu mencetak banyak gol seperti yang dilakukan oleh Ronaldo. Setelah Gareth Bale dan Marco Asensio bermain di bawah standar dan Isco terus menerus dicampakkan oleh oleh Solari, penyerang yang sering diturunkan Madrid adalah Karim Benzema, Vinicius Junior, dan Lucas Vazquez. Mereka pun belum cukup konsisten untuk selalu mencetak gol di setiap pertandingan.

Sumber: Bola.net

Detik-detik Mobil Caleg PDIP Sleman Dibakar Orang Misterius

Sleman – Mobil caleg PDIP Kabupaten Sleman, Suyoko dibakar orang tak dikenal dini hari tadi. Begini penjelasan pria yang juga menjabat Ketua Bappilu DPC PDIP Sleman itu.

“Jam 01.00 saya masih terima WA teman, masih balas, 01.15 saya tertidur, jam 01.35 dibangunkan istri karena mendengar alarm mobil berbunyi,” kata Suyoko saat dihubungi wartawan, Jumat (22/2/2019).

“Saya keluar ternyata mobil sudah terbakar,” lanjutnya.

Kondisi mobil Toyota Rush saat itu sudah terbakar di bagian belakang luar dan dalam. Suyoko menyebut istrinya sebelumnya tidak mendengar suara gaduh.
“Nggak dengar suara gaduh, tiba-tiba dengar bunyi alarm. Istri saya sekitar 01.30 terbangun tidak dengar apa-apa, lalu dengar suara alarm mobil jam 01.35,” jelasnya.

Dari sekitar mobilnya, Suyoko mengaku mencium bau seperti minyak tanah. Juga ditemukan botol mineral plastik di atas mobil.

“Tetangga tak ada yang tahu, jam 01.00 ada warga ronda tak ada kejadian, 01.15 ada tetangga yang lewat juga tidak ada apa-apa,” imbuhnya.

Saat kejadian, mobil terparkir di samping rumahnya. “Samping rumah persis, dari jalan umum masih masuk berjarak satu rumah, tapi posisi di pinggir jalan ada mobil istri dan tetangga, mobil saya lebih di dalam. Mobil istri dan tetangga tidak apa-apa,” ungkapnya.

Suyoko pun belum mengetahui apa motif pembakaran mobilnya itu. Dia hari ini berniat melapor ke Polres Sleman.

“Saya sampai saat ini tidak tahu motifnya, saya nggak ada permasalahan dengan orang lain, sebelumnya juga nggak ada ancaman atau teror,” terangnya.

Suyoko menambahkan, pagi tadi Kapolres Sleman, Dandim Sleman, Dirreskrimum Polda DIY telah mengecek lokasi kejadian. Dini hari tadi juga sudah dilakukan olah TKP oleh petugas Polres Sleman.

“Infonya dari Puslabfor Semarang juga mau ke sini,” pungkasnya.
(sip/sip)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kisah Pilu Pengungsi Suriah yang Kehilangan 7 Anak di Kebakaran Kanada

Liputan6.com, Halifax – Kenyataan suram menghampiri keluarga Barho setelah tujuh anaknya tewas dalam sebuah kebakaran rumah di Kota Halifax, Provinsi Nova Scotia, Kanada.

Keluarga Suriah itu mendapat suaka di Kanada pada 2017, setelah melarikan diri dari perang saudara yang menghancurkan negara asal mereka, demikian sebagaimana dikutip dari CNN pada Kamis (21/2/2019).

Kebakaran itu terjadi pada Selasa 19 Februari 2019 dini hari, kata Kepolisian Daerah Halifax dalam sebuah pernyataan. Seorang tetangga mengatakan dia mendengar suara keras saat api mulai berkobar.

“Saya melompat dari tempat tidur dan melihat ke luar jendela belakang. Hal yang bisa saya lihat hanyalah nyala api keluar dari pintu dapur, dan membakar sebagian besar geladak mereka,” ujar Danielle Burt kepada CBC.

“Itu terjadi sangat cepat. Rumah itu terbakar api dengan cepat,” lanjutnya.

Sang ayah, Ebraheim Barho, terluka parah ketika berusaha menyelamatkan anak-anaknya, dan kini dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

“Dia masih belum sadarkan diri,” ujar East Hants, petugas HEART Society, relawan pengungsi yang mensponsori keluarga mersebut di Nova Scotia.

Sang ibu, Kawthar Barho, berhasil melarikan diri dari kebakaran tanpa terluka, tetapi tampak terguncang karena kehilangan anak-anaknya.

“Dia merasa sulit untuk menerima apa yang telah terjadi, dia hanya mengulangi nama anak-anaknya berulang kali, dan meminta untuk bertemu dengan mereka,” kata Natalie Horne, anggota HEART Society lainnya, kepada stasiun televisi CBC.

Dalam siaran resminya, HEART Society menulis bahwa selama satu setengah tahun terakhir, seluruh anak Barho bisa kembali menikmati hidup seperti pada umumnya: pergi ke sekolah, mengendarai sepeda, berenang, memiliki teman, berlari di halaman, merayakan pesta ulang tahun dan bergaul dengan tetangga sebaya.

“Kebakaran menyudahi hari-hari bahagia yang singkat itu.”


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 2 halaman

Disambut dengan Hangat

Kembali pada September 2017, keluarga Barho menerima sambutan hangat ketika mereka pertama kali datang ke Kanada.

Sebuah video yang diunggah di YouTube memperlihatkan bagaimana keluarga Barho menuruni eskalator Bandara Internasional Halifax, disambut hangat oleh sebuah kerumunan kecil.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang telah berupaya keras menjadikan Kanada tempat yang ramah bagi para pengungsi, menyatakan belasungkawa dalam sebuah twit.

Aksi simpati juga dilakukan oleh warga setempat dengan memulai penggalangan dana online melalui GoFundMe, beberapa saat setelah berita kebakaran twersebut menyebar.

Hingga Rabu sore, aksi tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari 279 ribu dolar Kanada (setara Rp 2,9 miliar), yang akan digunakan untuk membantu biaya pemakaman, perawatan korban yang masih hidup, dan membangunkan rumah pengganti yang layak.

Banyak orang berdatangan untuk meletakkan bunga sebagai tanda bela sungkawa di depan lokasi bekas kebakaran. Doa bersama juga dilakukan di sana, selama dua hari berturut-turut sejak tragedi tersebut.

“Saya tidak bisa berkata-kata, tentu sangat menyedihkan seorang ibu kehilangan seluruh anaknya,” kata Melissa Hawks, salah satu tetangga kepada CBC.

“Saya harap dia tahu bahwa seluruh warga di sini akan selalu ada untuknya, dan saya juga berharap seiring waktu dia akan bisa kembali kuat,” lanjutnya.

Tuan dan Puan dari Melayu O atau Melayu E?

Liputan6.com, Pekanbaru – Bahasa menjadi pembeda meski masyarakat berada dalam wadah sama bernama negara. Bahasa menjadi ciri kebudayaan dan identitas bagi penuturnya sebagai petunjuk dari daerah mana dia berasal.

Di Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan Melayu dan kebudayaannya. Melayu kemudian kian lekat dengan sebagian besar masyarakat yang tinggal di Sumatera, misalnya Riau, dan beberapa provinsi tetangga seperti Jambi, Sumatera Selatan, hingga Bangka Belitung.

Bagi masyarakat Melayu Riau, bahasa ini tentu saja menjadi bahasa ibu atau pertama kali diperoleh, dipelajari dari orangtua, lalu dituturkan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun perlu diketahui, pengucapan dalam Melayu itu beragam tergantung dari kabupaten mana penuturnya berasal.

Di Riau sendiri, penuturan bahasa Melayu juga beragam dilihat dari pengucapan atau dialek huruf vokal berakhiran A menjadi O dan E dengan pengucapan ringan. Makanya, ketika seseorang mengaku Melayu, akan ditanya apakah Melayu O atau E.

Sebagai contoh pengucapan “kata”, ada yang menuturkan menjadi “kate” atau “kato”, kata “ke mana” biasanya diucapkan jadi “ke mane” atau “ke mano”.

Kemudian ada juga menggugurkan pemakaian huruf R lalu diganti dengan O, baik yang ada di tengah ataupun akhir kata. Misalnya telur menjadi “telo”, tidur menjadi “tido”, pergi menjadi “pegi”, berjalan menjadi “bejalan”.

Secara umum, perbedaan dialek O dan E karena geografis wilayah. Biasanya, dialek O sangat identik dengan masyarakat Melayu daratan sementara E bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir.

Daerah pesisir sebut saja Bengkalis, Meranti, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir, sebagian Pelalawan. Kemudian daratan misalnya Kampar, Rokan Hulu, Siak, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, sebagian Pelalawan.

Terkadang, ada juga masyarakat Melayu pesisir yang dialeknya lebih banyak kepada O. Biasanya terjadi karena akulturasi budaya dengan wilayah daratan.

2 dari 2 halaman

Saling Menjaga Bahasa Ibu

Menurut Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau, Al Azhar, perbedaan dialek itu sampai sekarang masih terjaga. Setiap daerah masih menjaga bahasa ibu sebagai cara berkomunikasi yang pertama kali diperoleh.

“Hanya saja ketika diajak berbahasa Indonesia, masyarakat langsung mengerti. Bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa Melayu baku, tapi tetap saja berbeda dengan bahasa ibu (Melayu asli),” sebut Al Azhar di Pekanbaru, Rabu, 20 Februari 2019.

Al Azhar menjelaskan, perbedaan itu tidak menjadi penghalang komunikasi ketika dua ‘penganut’ dialek itu bertemu. Satu dengan lainnya akan saling menghargai dengan menjaga bahasa ibu masing-masing.

“Ketika orang Indragiri berbicara, orang Siak paham, begitu pula sebaliknya tanpa berbahasa Indonesia. Misalnya ketika di LAM ini rapat, kan datuknya dari berbagai daerah, terkadang pakai bahasa masing-masing,” jelasnya.

Kata pria 58 tahun ini, terpeliharanya bahasa ibu karena masyarakat Melayu menjunjung tinggi kekerabatan dan rasa berkaum. Tak jarang ada yang melebur jika tahu lawan bicaranya memakai dialek lain.

“Misalnya orang Siak ngomong, terkadang orang Bengkalis mengikuti karena perbedaannya tipis sekali. Dan rasa kekerabatan inilah yang membuat bahasa ibu tetap bertahan,” ucap Al Azhar.

Lebih jauh, Al Azhar menerangkan, di Indonesia terdata 700 bahasa daerah. Sebagian bahasa daerah sudah tidak digunakan lagi karena kecenderungan masyarakatnya memilih memakai bahasa Indonesia.

“Bahasa Indonesia penting karena sebagai pemersatu, tapi bahasa ibu tak boleh dilupakan karena itu yang menjadi ciri khas Indonesia,” sebut Al Azhar.


Simak video pilihan berikut ini:

Suami Bunuh Istri yang Hamil Tua di Bengkulu, Bayi di Perut Diselamatkan

Jakarta – Romi Sepriawan (30) tega membunuh istrinya, Erni Susanti (29), yang sedang hamil tua. Setelah membunuh, Romi membelah perut istrinya yang sedang hamil tua itu.

“(Dibelah) setelah korban meninggal,” kata Kapolres Bengkulu Kota AKBP Prianggodo Heru Kun Prasetyo saat dihubungi detikcom, Kamis (21/2/2019) malam.

Kepada polisi, Romi menyatakan melakukan hal itu karena ingin menyelamatkan bayinya. Tapi pelaku tak bisa mengeluarkan bayinya, lalu kabur.


AKBP Heru mengatakan korban ditemukan dalam kondisi perut terbuka. Warga yang menemukan jenazah kemudian menyelamatkan bayi korban. Beruntung, bayi korban bisa dikeluarkan dengan selamat.

“Bayinya selamat,” tuturnya.

Pembunuhan sadis itu terjadi pada Kamis (21/2) siang di rumah keduanya di Jalan Irian Kelurahan Tanjung Jaya, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu. Peristiwa ini diketahui tetangga korban.

Di tengah percekcokan antara pelaku dan korban, tetangga mendengar korban berteriak meminta tolong. Tidak berapa lama kemudian, tetangga melihat pelaku keluar meninggalkan rumah.

Tetangga korban kemudian mengecek ke dalam rumah dan menemukan korban sudah meninggal dunia. Korban ditemukan dalam kondisi mengenaskan. Terdapat luka di bagian leher korban akibat dibacok senjata tajam.

Tidak lama setelah kejadian itu, polisi berhasil menangkap pelaku. Saat ini pelaku masih diperiksa di Mapolres Bengkulu Kota.
(mea/fdn)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fokus Pasar Lokal, All New Nissan Livina Belum Akan Diekspor

Liputan6.com, Jakarta – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan LMPV terbarunya, all new Nissan Livina. Model ini merupakan proyek pertama aliansi Nissan-Mitsubishi-Renault di Indonesia, dengan menggunakan platform dan mesin yang sama milik Mitsubsihi Xpander.

Namun, berbeda dengan Mitsubishi yang sudah mulai ekspor Xpander ke berbagai daerah, Nissan sendiri masih ingin fokus jualan di pasar otomotif nasional, dan belum berencana untuk mengirim all new Nissan Livina ini ke luar negeri.

“kami ingin fokus ke pasar Indonesia, jadi langkah pertama kami memenuhi permintaan konsumen Livina yang sudah mengenal Livina selama bertahun-tahun,” jelas Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT NMI, saat berbincang dengan wartawan di bilangan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Lanjut Isao, memang pihaknya masih memprioritaskan untuk memenuhi permintaan di Indonesia.

“Sejujurnya, semakin banyak (jualan) semakin bagus, tapi kami harus liat permintaan yang bisa kami ciptakan di sini (ekspor),” tegasnya.

Sementara itu, dijelaskan Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, memang pihaknya ingin fokus ke pasar Indonesia, Namun, untuk ekspor memang bakal dicoba secara paralel.

“Banyak negara tetangga yang ingin mobil ini, kami sedang mempelajari potensinya,” pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Sudah Ada Xpander, Seberapa Laris Nissan Livina 2019 di Indonesia?

Setelah beberapa waktu tidak memiliki model yang benar-benar baru, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirnya meluncurkan senjata anyarnya, all new Nissan Livina. Mobil ini hadir tidak hanya membawa platform serta mesin yang sama dari Mitsubishi Xpander, tapi juga bayang-bayang kesuksesan sang model kembaran yang sudah terlebih dahulu hadir di Tanah Air.

Bahkan, ketika ditanya target jualan dari all new Nissan Livina ini, pabrikan asal Jepang tersebut seperti tidak gamblang menyebutkan angka penjualan yang hendak dicapai. Padahal, ketika Mitsubishi Xpander hadir, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), secara optimis menargetkan penjualan sebesar 3.000 sampai 4.000 unit per bulan untuk small MPV-nya tersebut.

“Kita lihat nanti,” ujar Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT NMI saat ditanya target penjualan all new Nissan Livina, dan dihubungkan dengan penjualan Mitsubishi Xpander yang sudah sekitar 5.000-an unit per bulan.

Lanjut Isao, jika berbicara penjualan, pihaknya tetap optimistis. Namun, Nissan di Indonesia masih terus membangun tradisi baru, yaitu mengampanyekan Nissan Intelligent Mobility.

“Seperti yang sudah kami luncurkan, dua mobil sekaligus, dimana hal itu bukan yang biasa bagi Nissan. Kami akan terus meneruskan tradisi seperti ini, dan kami juga mengeksplor segalanya, termasuk mobil listrik dan e-power di Indonesia,” tegas Isao.

BPN Prabowo: Bobotoh Hormati Kang Emil, Tapi Solid Pilih Prabowo-Sandi

Jakarta – Jubir Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Pipin Sopian mengatakan Bobotoh Persib Bandung solid memilih pasangan capres nomor urut 02 itu. Bobotoh, kata Pipin, menghormati Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai pendukung Jokowi, tapi pilihannya mantap ke Prabowo.

“Mereka hormati kang Emil sebagai Gubernur Jabar yang mendukung petahana. Tapi pilihan mereka InsyaAllah solid untuk Prabowo-Sandi. Itu dibuktikan kemarin di Stadion Jalak Harupat,” kata Pipin kepada wartawan, Rabu (20/2/2019).

Dalam hal ini, BPN dan TKN Jokowi saling klaim didukung oleh Bobotoh. Namun, caleg anggota DPR RI Jabar 7 ini mengatakan Bobotoh pemilih logis dan tak mudah disogok.

“Bobotoh Persib adalah Pemilih Jabar mayoritas pendukung Prabowo-Sandi dan basis suara PKS. Mereka pada umumnya Pemilih Ideologis. Tidak mudah pindah pilihan. Masyarakat Jabar juga masyarakat yang loyal. Tidak mudah disogok dengan uang atau program pemerintah jadi-jadian menjelang Pemilu,” jelas politikus PKS itu.

“Karakter masyarakat Jabar adalah pemilih aktif dan kreatif. Mereka bisa mengekspresikan pilihan mereka di mana saja untuk memilih Prabowo-Sandi dan mengajak tetangga dan keluarga memilih Prabowo-Sandi,” imbuh Pipin.

Pipin mengatakan Jawa Barat merupakan salah satu basis pemilih PKS. Sehingga dia yakin, kader dan loyalis PKS bisa menggerakkan kemenangan Prabowo-Sandi di Jawa Barat.

“Semua potensi di Jabar sudah bergerak sampai ke pelosok desa. Mereka bergerak secara otonom karena ingin wujudukan 2019GantiPresiden. Mereka bergerak sendiri tanpa dimobilisir. Tanpa dibayar. Pakai dana sendiri-sendiri. Mari kita bertarung sehat untuk menarik simpati masyarakat Jabar tanpa hoax, fitnah, dan fasilitas negara. Berikan mereka kebebasan memilih sesuai hati nurani,’ kata Pipin.

Sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin turut yakin Bobotoh yang melabuhkan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Apalagi, pada 2 Januari sempat ada pendukung Persib Bandung yang mendeklarasikan diri mendukung Jokowi-Ma’ruf. Mereka tampak mengenakan syal Bobotoh Jokowi.

“Bobotoh Persib akan memilih dan saya yakin banyak yang mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,” ungkap Direktur Relawan TKN Jokowi-Ma’ruf, Maman Imanulhaq, kepada wartawan.

Tak lama berselang, ada sekelompok Bobotoh yang menunjukkan dukungan untuk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dukungan itu ditandai dengan adanya teriakan nama Prabowo dari sejumlah Bobotoh saat laga Persib Bandung melawan Arema FC. Teriakan itu menggema di Stadion Si Jalak Harupat.

Sementara itu, Ketua Viking Frontline Tobias Ginanjar menyatakan dukungan untuk Jokowi dan Prabowo tidak mewakili sikap Bobotoh seutuhnya.

“Tentunya setiap warga negara mempunyai hak untuk memilih dan dipilih sebagai individu, tapi kalau sudah mengatasnamakan Bobotoh secara keseluruhan menurut saya tindakan tersebut tidak tepat,” ucap Ketua Viking Frontline Tobias Ginanjar, Kamis (3/1).
(idn/elz)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Nyaris Rp 300 Ribu Per Bungkus, Ini 5 Negara dengan Harga Rokok Termahal

Liputan6.com, Jakarta – Di sejumlah negara, rokok menjadi musuh terbesar. Pemerintah sengaja memberlakukan aturan ketat agar warganya tidak merokok atau merokok di kawasan umum.

Selain mencemari udara, rokok juga berbahaya bagi masyarakat. Sebab, rokok bisa menyebabkan penyakit berbahaya, hingga kematian.

Salah satu upaya menekan angka merokok, pemerintah di sejumlah negara ini menaikkan harga rokok. Bahkan, ada harga rokok yang nyaris menyentuh Rp 300 ribu.

Lalu negara mana saja yang memberlakukan peraturan demikian? Seperti dikutip dari laman ladbible.com, Rabu (20/2/2019), berikut 5 negara dengan harga rokok termahal:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Australia

Australia adalah negara yang menjual rokok paling mahal di dunia. Negeri Kanguru ini punya cara khusus agar warganya tidak merokok di sembarangan tempat.

Mengingat, rokok menyebabkan permasalahan kompleks pada tubuh. Mulai dari kanker, jantung dan penyakit lain.

Untuk harga satu bungkus rokok di Australia rata-rata dijual dengan harga 14,80 Pound Sterling atau setara dengan Rp 271 ribu.

3 dari 6 halaman

2. Selandia Baru

Menyusul Australia, si negara tetangga juga mematok harga fantastis untuk sebungkus rokok. Sama seperti Australia, Selandia Baru melarang warganya untuk merokok demi alasan kesehatan.

Lokasi bagi para perokok pun dipisah. Bagi mereka yang melanggar aturan merokok (merokok sembarangan) maka akan dikenakan denda.

Satu bungkus rokok rata-rata dijual dengan harga 13,10 Pound Sterling atau setara dengan Rp 240 ribu.

4 dari 6 halaman

3. Inggris

Negara selanjutnya yang juga menetapkan harga rokok mahal adalah Inggris. Di negara ini, rokok dijual dengan harga 10 Pound Sterling atau setara Rp 183 ribu.

5 dari 6 halaman

4. Amerika Serikat

Menyusul di peringkat selanjutnya adalah Amerika Serikat. Di New York, harga satu bungkus rokok semula tujuh Pound Sterling.

Namun, kebijakan berubah. Harga rokok dinaikkan menjadi 9,7 Pound Sterling. Harga rokok sengaja dinaikkan oleh wali kota New York, agar menyadarkan masyarakatnya.

6 dari 6 halaman

5. Islandia

Rata-rata harga rokok: Rp 125.131 per bungkus.

Selain harga yang mahal, rokok juga menjadi salah satu barang dengan pengawasan yang sangat ketat di Islandia.

Mereka yang ingin membeli rokok harus menunjukkan kartu identifikasi sebagai bukti bahwa sudah berusia diatas 18 tahun. Merokok di tempat umum juga dilarang di Islandia.

Negara dengan Harga Rokok Termurah

Sementara itu, harga satu bungkus rokok paling murah ada di Vietnam, Ukraina, Filipina dan Pakistan.

Untuk Vietnam sendiri, satu bungkus rokok dijual dengan harga 0,82 Pound Sterling, boleh dibilang paling murah dibanding negara di atas.

Arti Perayaan Cap Go Meh dan Cara Merayakannya, Intip Yuk

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru Imlek nampaknya kurang meriah kalau tidak ada Cap Go Meh. Kebanyakan orang cuma tahu Cap Go Meh adalah perayaan yang dilakukan orang Tionghoa dua minggu setelah Tahun Baru Imlek.

Istilah Cap Go Meh berasal dari dialek Hokkian yang bila diartikan secara harafiah bermakna “15 hari atau malam setelah Imlek”. Bila dipenggal per kata, ‘Cap’ mempunyai arti sepuluh, ‘Go’ adalah lima, dan ‘Meh’ berarti malam.

Upacara perayaan ini dirayakan secara rutin setiap tahunnya pada tanggal 15 bulan pertama menurut sistem penanggalan kalender Imlek. Upacara ini dahulu dilakukan tertutup hanya untuk kalangan istana dan belum dikenal secara umum oleh masyarakat Tiongkok.

Ternyata Cap Go Meh bukan sekadar itu, karena Cap Go Meh juga punya makna khususnya untuk masyarakat Tionghoa. Berikut arti perayaan Cap Go Meh dan cara perayaannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/2/2019).

2 dari 4 halaman

Arti Perayaan Cap Go Meh

Perayaan Cap Go Meh atau Perayaan Lampion ini tidak hanya dirayakan di Indonesia saja. Beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga ikut merayakan hari raya ini.

Di negara Tiongkok, festival Cap Go Meh dikenal dengan nama Festival Yuanxiao atau Festival Shangyuan. Perayaan ini awalnya dirayakan sebagai hari penghormatan kepada Dewa Thai Yi. Dewa Thai Yi sendiri dianggap sebagai Dewa tertinggi di langit oleh Dinasti Han (206 SM – 221 M).

Dulunya, Cap Go Meh dilakukan secara tertutup untuk kalangan istana dan belum dikenal masyarakat awam. Festival tersebut dilakukan pada malam hari, sehingga harus menyediakan banyak lampion dan aneka lampu warna-warni. Lampion adalah pertanda kesejahteraan hidup bagi seluruh anggota keluarga.

Ketika pemerintahan Dinasti Han berakhir, barulah Cap Go Meh dikenal oleh masyarakat. Ketika Cap Go Meh, rakyat bisa bersenang-senang sambil menikmati pemandangan lampion yang telah diberi banyak hiasan.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Cap Go Meh dan Imlek

Imlek biasanya dirayakan dengan sembahyang ke kelenteng untuk memanjatkan doa keselamatan dan keberkahan di tahun yang baru. Setelah itu, berkumpul dan makan bersama keluarga.

Sedangkan, ketika Cap Go Meh, orang-orang membawa persembahan berupa kue keranjang dan melakukan sembahyang untuk mengucap syukur dan memohon keselamatan.

Orang zaman dulu percaya kalau anak kecil tidak makan kue keranjang, matanya bakal belekan. Makanya, hingga saat ini masih banyak orang yang membawa persembahan kue keranjang ketika Cap Go Meh.

Setelah itu, pastinya ada acara makan kue keranjang yang bisa dimakan langsung atau digoreng. Kue keranjang juga boleh dibagi-bagikan secara gratis untuk warga sekitar.

4 dari 4 halaman

Cara Merayakan Cap Go Meh

Perayaan Festival Cap Go Meh di Indonesia sendiri sangat bervariasi. Perayaan biasanya dilakukan oleh umat di Kelenteng atau Wihara dengan melakukan kirab atau turun ke jalan raya sambil menggotong ramai-ramai Kio/Usungan yang di dalamnya diletakkan arca para Dewa.

Bahkan di beberapa kota di tanah air seperti di daerah Jakarta dan di Manado, terdapat atraksi ‘lokthung‘ atau ‘thangsin‘ di mana ada seseorang yang menjadi medium perantara yang konon setelah dibacakan mantra tertentu dipercaya telah dirasuki oleh roh Dewa untuk memberikan berkat bagi umat-Nya.

Mereka biasanya akan melakukan beberapa atraksi sayat lidah, memotong lengan atau menusuk bagian badannya dengan sabetan pedang, golok, dan lain sebagainya.

Ketika Cap Go Meh, rakyat akan menyaksikan Tarian Barongsai dan Liong (naga), berkumpul untuk main games penuh teka-teki, dan makan onde-onde. Sepanjang perayaan, tentunya bakal diramaikan oleh kehadiran kembang api dan petasan.

Barongsai adalah simbol kebahagiaan, kegembiraan, dan kesejahteraan. Sedangkan Liong dianggap sebagai simbol kekuasaan atau kekuatan. Menurut kepercayaan orang Tionghoa, keluarga akan jadi sangat besar jika anak mereka lahir di Tahun Naga.

Onde-onde yang dimakan ketika Cap Go Meh biasanya dibuat ramai-ramai oleh seluruh anggota keluarga, terutama wanita dan anak-anak. Lalu, Tarian Barongsai dan Liong harus sambil membunyikan petasan.

Pasalnya, petasan dipercaya bisa mengusir energi negatif dan akan membersihkan seluruh lokasi yang dilalui Barongsai. Secara umum, itulah yang dilakukan orang Tionghoa ketika merayakan Cap Go Meh.