Kementerian Ini Terus Berupaya Tingkatkan Akses Air Bagi Masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Berbagai upaya dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satunya melalui Program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional. 

Program pembangunan air minum itu dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), normalisasi sungai, dengan memperbanyak jumlah tampungan air melalui pembangunan bendungan dan embung.

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) setiap 22 Maret, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan penjelasannya mengenai pengelolaan air. 

“Peringatan Hari Air Dunia Tahun 2019 mengangkat tema No One Leave Behind yang diadaptasi dalam tema Indonesia Semua Harus Mendapatkan Akses Air. Peringatan ini untuk meningkatkan perhatian publik akan pentingnya air dan pengelolaan sumber-sumber air yang berkelanjutan,” katanya di Kantor Kementerian PUPR, Jumat (23/3).

Menteri Basuki mengatakan program Kementerian PUPR diarahkan, agar semua orang mendapatkan akses air. Dari total Kementerian PUPR 2019 sebesar Rp110,73 triliun, alokasi anggaran sumber daya air sebesar Rp39,7 triliun.

Menurutnya, potensi air di Indonesia cukup tinggi sebesar 2,7 triliun m3/tahun. Dari volume tersebut, air yang bisa dimanfaatkan sebesar 691 miliar m3/tahun. Air yang sudah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga, peternakan, perikanan dan irigasi sekitar 222 miliar m3/tahun.

“Namun potensi sebesar itu, keberadaannya tidak sesuai dengan ruang dan waktu, sehingga kita membutuhkan tampungan-tampungan air. Dengan begitu pada saat musim hujan air ditampung untuk dimanfaatkan musim kemarau. Itulah gunanya bendungan dan embung atau setu untuk penampungan air,” kata Menteri Basuki. 

Hingga 2018, sebanyak 55 dari program pembangunan 65 bendungan sudah dalam tahap konstruksi di mana 14 diantaranya sudah rampung. Pada 2019 akan diselesaikan lagi sebanyak 15 bendungan sehingga akan selesai 29 bendungan.

“Pada 2019 juga akan dimulai pembangunan 10 bendungan baru. Ditargetkan seluruhnya pada 2022 pembangunan 65 bendungan tersebut rampung seluruhnya,” ujar Menteri Basuki.

Lalu 10 bendungan yang dimulai pembangunannya tahun ini adalah Bendungan Jenelata, Pelosika, Jragung, Digoel, Tiro, Mbay, Budong-Budong, Ameroro, Tiu Suntuk dan Bulango Ulu.

Sementara embung yang dibangun Kementerian PUPR selama empat tahun (2015-2018), totalnya 949 buah. Untuk diketahui tahun ini akan dibangun 104 embung, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi total terbangun hingga 2019 sejumlah 1.053 embung.

(*)

Giroud Terus Mendapat Perlawanan

Chisinau – Sebagus apapun Olivier Giroud tampil, kritik akan terus mendatanginya. Hal ini pun bikin pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps terheran-heran.

Sepertinya belum hilang dari ingatan ketika Deschamps dikritik habis karena terus memakai Giroud di Piala Dunia lalu sejak fase grup. Padahal penyerang 33 tahun itu tidak mencetak gol sama sekali selama 546 menit bermain di Rusia.

Tapi, Giroud tetap diapresiasi karena perannya sebagai “tembok pantul” untuk lini serang Prancis sehingga dengan mudahnya gol tercipta. Meski demikian, fans tetap tidak puas karena mereka butuh gol dari Giroud sebagai penyerang.

Kritik demi kritik terus mendatangi Giroud yang terus dipercaya Deschamps sampai saat ini, termasuk saat Prancis menghadapi Moldova di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Sabtu (23/3/2019) dinihari WIB tadi.

Melawat ke kandang Moldova di Stadianol Zimbru, Prancis menang dengan skor 4-1 di mana Giroud mencetak gol ketiga timnya pada menit ke-36 lewat sundulan yang merupakan senjata utamanya.

Bagi Giroud. itu adalah gol ke-34 untuk Prancis dan menjadikannya top skorer ketiga sepanjang masa timnas di bawah Thierry Henry (51) dan Michel Platini (41 gol). Giroud kini punya jumlah gol yang sama dengan David Trezeguet.

“Perlawanan terus meningkat dan memang seperti itu adanya. Dia memang jarang dipakai di klub tapi ketika dia main di Liga Europa, dia juga mencetak banyak gol,” ujar Deschamps di Sportskeeda.

“Kehadirannya di lini serang sangat berguna untuk tim. Akan lebih baik ketika dia bikin gol,” sambungnya.

“Total 34 gol itu angka yang penting, di mana dia terus mencetak gol. Dia baru saja kembali dari masa-masa sulit, dia pemain bagus yang diperlakukan tidak adil.”

Setelah tanpa gol di Piala Dunia, Giroud setidaknya mulai membaik dengan torehan tiga gol sejak turnamen itu berakhir. Di Chelsea, Giroud yang melempem di Premier League justru tampil tajam di Liga Europa dengan delapan gol.

“Tapi golnya, sangat penting untuk menempatkan tim dalam posisi aman dan selama pertandingan, dia itu berperan penting:

“Selama saya memilihnya dan dia tetap bermain, dia bisa mendekati rekor Platini. Saya di sini bukan untuk membantunya. Ketika dia ada di lapangan, dia terus bikin gol. Dia selalu ada dengan semangat serta staminanya yang segar. Dia harus menjaga itu.”

(mrp/yna)

Ibra: Kenapa Sih MU Terus Dikaitkan dengan Ferguson?

JakartaZlatan Ibrahimovic meminta Manchester United lepas dari bayang-bayang Sir Alex Ferguson. Setan Merah diminta tak melulu dikaitkan dengan manajer legendarisnya.

Ferguson merupakan manajer tersukses MU sepanjang sejarah. Ia mempersembahkan 38 trofi, di antaranya 13 gelar Liga Inggris dan dua trofi Liga Champions.

Ferguson kemudian pensiun pada 2013. Sejak saat itu, MU kesulitan mengulang sukses meski berganti-ganti pelatih, dari David Moyes, Louis van Gaal, hingga terakhir Jose Mourinho. Sejak ditinggal Ferguson, MU cuma meraih gelar sekali Piala FA, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa.

Kesuksesan di era Ferguson pun menjadi perbandingan yang kerap dialamatkan kepada MU saat ini. Ibrahimovic, yang sempat membela MU pada musim 2016/2017 dan 2017/2018, berharap mantan timnya bisa menemukan kesuksesan baru tanpa bayang-bayang sang manajer legendaris.

“Semua yang terjadi dibandingkan dengan era Ferguson. Mereka berkata andai Ferguson masih di sini pasti hal ini tak terjadi. Ferguson tak akan melakukan itu, tapi seperti ini. Semuanya tentang Ferguson,” ujar Ibra kepada Mirror.

“Jika itu saya, saya akan berkata kami tak lagi punya Ferguson. Saya datang dan ingin membuat sejarah sendiri, cerita sendiri, jadi tak mau mendengar apa yang terjadi sebelumnya. Saya ingin melakukannya sekarang. Anda datang dengan mentalitas baru.”

“Ferguson sudah punya tempat di dalam sejarah klub ini dan klub harus melanjutkannya. Mereka harus menemukan identitasnya sendiri dan itu sulit,” jelas striker asal Swedia itu.

Saat ini, MU ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Di bawah mantan pemain Ferguson itu, Paul Pogba mulai tampil membaik dengan berhasil bertahan di Liga Champions hingga babak perempatfinal.

(yna/rin)

Pemandangan Menawan Bromo di Tengah Erupsi Terus Menerus

Liputan6.com, Jakarta – Keindahan Gunung Bromo di Jawa Timur tetap menawan, meski hampir setiap hari gunung tersebut mengalami erupsi secara fluktuatif. Namun, aktivitas vulkanik belum membahayakan. Erupsi yang terjadi hanya menyemburkan abu vulkanik dan pasir. Bukan kerikil atau lava pijar yang disemburkan dari kawah Gunung Bromo.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 19 Maret 2019, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan, pada 19 Maret 2019 pukul 06.00 – 12.00 WIB terjadi 5 kali letusan. Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna kelabu dan hitam dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 900 – 1.500 meter dari puncak kawah. Hujan abu di Pos Pengamatan Gunung Bromo. Terdengar suara gemuruh dan dentuman dari kawah.

“Sebelumnya, pada Senin (18/3/2019) pukul 00.00 hingga 24.00 WIB, terjadi 28 kali letusan dengan amplituda 25 – 34 mm selama 17 – 889 detik. Tremor menerus amplitudo 0,5 – 30 mm, dominan 2 mm. Tinggi kolom abu vulkanik berkisar 500 hingga 1.500 meter. Asap kawah bertekanan lemah, sedang hingga kuat. Berwarna putih, kelabu dan hitam dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal,” kata Sutopo.

Meski hampir setiap hari erupsi, status Gunung Bromo tetap Waspada (level II). Masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengujung/wisatawan/pendaki agar tidak memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo. Masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo dihimbau menggunakan masker dan kacamata untuk menghindari abu vulkanik. 

PVMBG terus melakukan pemantauan aktivitas vulkanik. BPBD sekitar Gunung Bromo, seperti BPBD Kabupaten Malang, BPBD Pasuruan, BPBD Lumajang, dan BPBD Probolinggo melakukan langkah-langkah antisipasi jika ada peningkatan status. BPBD membagikan masker kepada pengunjung.

Aktivitas wisata di Gunung Bromo berjalan normal. Sebaran abu vulkanik juga belum mengganggu jalur penerbangan sehingga Bandara Abdul Rachman Saleh Malang tetap beroperasi normal. Masyarakat tidak perlu takut dengan ada erupsi Gunung Bromo. Justru dapat menikmati erupsi yang tidak ditemukan di semua gunung. Di balik erupsi sesungguhnya banyak berkah yang ada.

“Apalagi kemarin terjadi aliran permukaan menyerupai sungai yang melintas Lautan Pasir Bromo. Hujan yang turun di sebelah barat dari puncak Gunung Bromo di daerah Pasuruan kemudian mengalir ke melintasi Lautan Pasir di kawasan Gunung Bromo hingga meresap di ke dalam Lautan Pasir Bromo. Jadi, wisata di Gunung Bromo tetap aman. Jangan takut atau khawatir dengan adanya erupsi. Bromo tetap menawan dan menyimpan penuh kenangan,” kata Sutopo.

Saksikan pilihan di bawah ini:

Menikmati Gunung Bromo saat erupsi dari kaldera tertingginya di kawasan wisata B 29 menjadi momen langka yang dipilih para pelancong.

Gelombang Pengungsi Karena Dua Bulan Lagi Kiamat Terus Bertambah

Hal senada disampaikan, salah seorang tetangga desa, Suja’i. Dia menjelaskan saudaranya bernama Fian juga diajak masuk dalam pengajian itu.

“Buat apa beli tanah, wong kiamat sudah dekat,” kata Suja’i menirukan perkataan Fian saudaranya.

Kapolsek Puger, AKP Sudaryanto membenarkan warganya mengungsi ke Malang karena isu kiamat sudah dekat. Dari data yang dihimpun kepolisian ada 6 KK, yang berjumlah 23 orang, dengan rincian sebagai berikut:

1. Keluarga Kiai Nur Salam(ketua rombongan) beserta istrinya, Hariyanti dan anaknya, Zahro.

2. Keluarga Pak Musdi, berserta seorang Istri dan seorang Anak.

3. Keluarga Pak Rohman beserta seorang dengan 3 orang anak.

4. Keluarga Sokeh, beserta seorang istri dan 2 orang anak.

5. Keluarga Nasir beserta istri dengan dua anak.

6. Keluarga Pak Zaenal, beserta 1 orang istri dan 1 orang anak.

Sudaryanto juga menjelaskan, polisi tidak menghalangi mereka pergi ke Malang karena mereka beralasan hanya untuk mengaji. Untuk sementara polisi, masih belum menemukan adanya unsur pidana dalam kasus tersebut.

“Polisi tidak bisa menghalangi kemerdekaan orang yang mau ngaji. Harta yang mereka jual, harta milik sendiri, yang dijual atas suka sama suka. Mereka mengikuti aliran tersebut, karena sudah yakin dengan perkataan gurunya,” katanya.

Sudaryanto mengimbau masyarakat supaya berfikir rasional, sehingga tidak mudah termakan isu kiamat yang tidak benar. Apalagi sampai menjual aset-aset yang dimilikinya. “Masa ada kiamat, yang sifatnya regional. Yang namanya kiamat, terjadi semuanya,” ujar Sudaryanto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Puluhan warga Ponorogo pergi meninggalkan rumahnya menuju Malang karena adanya isu kiamat di desa mereka.

Korban Banjir Bandang di Sentani Jayapura Terus Bertambah, 42 Orang Tewas

Sentani – Korban tewas akibat banjir bandang yang melanda Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua terus bertambah. Hingga pagi ini, korban tewas bertambah menjadi 42 orang dan 21 orang luka-luka.

“Hingga Minggu (17/3/2019) pukul 08.30 WIB, tercatat dampak banjir bandang sebanyak 42 orang meninggal dunia, dan 21 orang luka-luka,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulis, Minggu (17/3/2019).

Sementara, kerusakan akibat banjir di BTN Doyo Baru hingga kini meliputi 9 rumah, 1 mobil rusak atau hanyut, dan jembatan Doyo serta jembatan Kali Ular mengalami kerusakan. Kemudian sekitar 150 rumah terendam di BTN Bintang Timur Sentani dan 1 pesawat jenis Twin Otter di Lapangan Terbang Adventis Doyo Sentani juga mengalami kerusakan.
“Dampak kerusakan masih akan bertambah karena pendataan masih dilakukan dan belum semua daerah terdampak dijangkau oleh Tim SAR gabungan,” katanya.
Sutopo mengatakan hingga kini Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI dan relawan terus melakukan penanganan darurat. Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban masih dilakukan di daerah terdampak.

“Posko didirikan untuk memudahkan koordinasi. Sebagian bantuan disalurkan kepada masyarakat terdampak,” ujar Sutopo.
(mae/imk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bermasker dan Topi, Rommy Menunduk Terus di KPK

Jumat 15 Maret 2019, 20:55 WIB

Foto News

Ari Saputra – detikNews

Jakarta detikNews – Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) tiba di KPK setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya, Jawa Timur (Jatim). Ia memakai topi dan terus menunduk.

Dari pantauan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rommy tiba sekitar pukul 20.13 WIB.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

KPPU Terus Teliti Dugaan Kartel Tiket Pesawat Maskapai Nasional

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan masih terus menyelidiki dugaan permainan harga atau kartel dalam penetapan tarif tiket pesawat penerbangan dalam negeri.

Wakil Ketua KPPU Ukay Karyadi mengatakan, pihaknya kini tengah fokus dalam proses persidangan pada kegiatan kartel di sektor industri garam. Untuk kasus lainnya, baru tahap indikasi.

“Seperti kasus maskapai, pesan tiket maskapai kargo segala macam. Itu sedang kami masuk dalam tahap penyidikan,” sebut dia di Gedung KPPU, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Beberapa waktu lalu, KPPU mengaku telah memanggil sejumlah pihak maskapai nasional guna meminta keterangan lebih lanjut soal dugaan kartel ini.

Maskapai yang mulanya hendak dipanggil antara lain Garuda Indonesia, Citilink Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air.

Ukay menyerukan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan tinggal memasuki tahap penguatan saja untuk kemudian dinaikan menjadi pemberkasan. Namun, ia belum mau berkomentar lebih banyak.

“Nanti tunggu di persidangan aja. Yang paling merasakan sebenarnya konsumen kan ya. Itu BPKN (Badan Perlindungan Konsumen Nasional) yang bisa menjelaskannya bagaimana,” cetus dia.

Menanggapi pernyataan tersebut, Ketua BPKN Ardiansyah Parman menyampaikan, baru-baru ini timnya sudah mengundang para pihak terkait untuk dimintai keterangan tentang hal yang sesungguhnya terjadi, sambil KPPU juga melakukan penelitian.

“Kalau BPKN akan mengeluarkan dalam bentuk rekomendasi kepada pemerintah, apakah itu perbaikan terhadap regulasi, atau mungkin juga implementasinya yang perlu diperbaiki,” ujar dia.

RI Komitmen Terus Berkontribusi dalam Proses Perdamaian di Afghanistan

Liputan6.com, Jakarta – Usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan H.E Salahudin Rabbani di Gedung Pancasila Jakarta, Jumat (15/3/2019) pagi, Menlu Retno Marsudi menekankan komitmen dan dukungan Indonesia untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan.

Dalam pernyataannya, Menlu Retno menyampaikan upaya ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan presiden Afghanistan di Kabul pada Januari 2018.

“Saya sampaikan bahwa Indonesia berkomitmen dan mendukung terciptanya perdamaian di Afghanistan. Ini merupakan upaya lanjutan setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani di Kabul, Afghanistan,” ujar Menlu Retno.

“Sekali lagi, Indonesia menyampaikan kesiapannya untuk terus berkontribusi dalam proses perdamaian di Afghanistan,” tambahnya.

Menurut Menlu Retno, dari perspektif Indonesia ada tiga hal dimana Indonesia bisa berkontribusi.

“Yang pertama adalah dalam konteks Trust Building, yang kedua adalah dalam konteks Peace Building and State Building dan yang ketiga adalah Di Fora Internasional termasuk di PBB,” kata Menlu.

“Saya ingin mulai dari yang pertama. Trust Building merupakan satu elemen yang penting dalam setiap proses perdamaian. Oleh karenanya Indonesia menjadi tuan rumah dalam Trilateral Ulama Meeting tahun lalu. Dalam konteks ini Indonesia siap memberikan fasilitasi terhadap hal-hal yang terkait dengan Trust Building.”

“Yang kedua adalah Peace Building dan State Building. Pada tahun 2019 ini, Indonesia juga memberikan kesiapan untuk memberikan beasiswa kepada saudara-saudara kita di Afghanistan. Kita berbicara soal tawaran Indonesia memberi 100 beasiswa untuk bidang minyak, gas dan pertambangan. Selain itu juga pelatihan untuk diplomat Afghanistan.”

“Yang ketiga adalah soal Di Fora Internasional termasuk yang ada di PBB. Tadi pagi saya telah menghubungi duta besar kita yang ada di New York. Dan saat ini Indonesia dan Jerman tengah merumuskan resolusi dewan PBB mengenai perpanjangan mandat UNAMA — Misi Bantuan Perserikatan-Bangsa di Afghanistan. Indonesia terus mendukung PBB untuk stabilitas di Afghanistan.”

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sedikitnya 12 orang tewas dalam serangan bom bunuh diri di Afghanistan. Pelaku meledakkan bom yang diikat ke tubuhnya di sebuah pos keamanan di Jalalabad.

Jokowi-Prabowo Selisih 14,6% di Survei Polmark, TKN: Cambuk untuk Terus Kerja

Jakarta – Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin meninggalkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan selisih 14,6% versi survei Polmark Indonesia. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf mengatakan, setiap hasil survei selalu menjadi cambuk bagi timnya untuk terus bekerja keras.

“Bagi kami setiap hasil survei harus menjadi cambuk bagi seluruh koalisi Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin untuk terus bekerja dan bekerja. Begitu juga dengan mesin parpol koalisi, setiap survei akan menjadi pemantik agar mesin politik semakin kencang jalannya,” ujar Wakil Direktur Kampanye TKN, Daniel Johan kepada wartawan, Kamis (14/3/2019).

Daniel mengatakan selama ini hasil survei berbagai lembaga selalu menunjukkan Jokowi-Ma’ruf unggul. Kendati demikian, pihaknya enggan berpuas diri.
“Sejauh ini survei Jokowi-Ma’ruf Amin selalu unggul dan ini menjadi motivasi bagi semua tim sukses untuk semakin giat mensosialisasikan program Jokowi-Ma’ruf Amin,” katanya.

“Yang utama adalah soliditas parpol koalisi sudah teruji, semua solid, gotong royong, kerja bareng, dan itu membuktikan mesin parpol berjalan sinergi,” imbuh Daniel.

Sebelumnya, elektabilias Jokowi-Amin di 73 Dapil adalah 40,4 persen. Sementara elektabilitas Prabowo-Sandiaga adalah 25,8 persen.

Survei yang dilakukan PolMark Indonesia bekerjasama dengan DPP Partai Amanat Nasional digelar di 73 Dapil dari 80 dapil seluruh Indonesia untuk tingkat pemilihan DPR RI. Survei ini dilakukan dari bulan Oktober 2018-Februari 2019 dengan jumlah responden 440 di masing masing 72 dapil dengan margin of error plus-minus 4,8 persen dan 880 responden di 1 dapil dengan margin of error plus-minus 3,4 persen.

Pengambilan sampel survei ini dilakukan dengan metode Multistage Random Sampling dengan selang kepercayaan 95 persen.
(mae/abw)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>