Pleno Rekapitulasi di Timika Papua Digelar Tertutup, Ini Kata Ketua KPU

Jakarta – Rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2019 di dua distrik (kecamatan) di Timika, Papua, digelar tertutup. KPU menegaskan pada prinsipnya pleno rekapitulasi adalah terbuka.

“Ya kalau ruangannya kecil ya mungkin disediakan layar-layar gini. Tapi kalau ruangannya besar bisa terbuka, boleh. Prinsipnya rapat pleno itu terbuka artinya bisa dihadiri bukan hanya oleh penyelenggara dan peserta pemilu,” kata Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (

Arief mengaku belum mengetahui kondisi rekapitulasi di dua distrik itu. Namun, Arief menekankan ada pengecualian jika ruangannya memang terbatas.
“Bisa meliput, emang saya pernah nutupi? Kecuali ruangannya emang terbatas, nanti kalau dibuka semua malah nggak jadi rapat. Saya kan nggak tahu situasinya,” ujarnya.

“Saya nggak tahu situasi di sana, tapi prinsipnya itu kalau rapat pleno terbuka,” imbuhnya.

Sebelumnya, pleno rekapitulasi Pemilu 2019 tingkat distrik Mimika Baru dan Distrik Kwamki Narama, Timika, Papua, digelar di Graha Eme Neme Yauwar digelar tertutup. Pantauan detikcom, Sabtu (20/4/2019), wartawan yang hendak meliput rekapitulasi dilarang masuk ke dalam gedung.

“Mas dari mana, maaf wartawan dilarang masuk,” Kata para petugas yang berjaga di depan pintu masuk gedung.

“Mas saya hanya menjalankan tugas, coba kordinasi dengan KPU,” tambah para petugas yang terdiri dari Brimob dan petugas KPU.

Bahkan, wartawan yang sudah berada di dalam gedung pun diminta untuk keluar dari dalam gedung.
(zap/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pertemuan Tertutup Prabowo dan Sultan HB X, Apa yang Dibicarakan?

Liputan6.com, Yogyakarta – Seusai pertemuan tertutup dengan Sultan HB X di Kantor Gubernur Kepatihan DIY, Prabowo menemui wartawan, Senin (8/4/2019). Ia menceritakan maksud kunjungannya.

“Kami mendapat kehormatan diterima oleh Sri Sultan HB X, beliau memberi saya waktu untuk kunjungan kehormatan,” ujar Prabowo.

Ia mengungkapkan sebagai orang yang datang ke daerah Sultan HB X sudah sepantasnya sowan (menyambangi) pemimpin daerah.

Menurut Prabowo, pertemuan yang berlangsung selama 45 menit itu banyak membicarakan hal mendasar, sesuai dengan peran masing-masing. Sultan HB X berbicara soal kapasitasnya sebagai kepala daerah dan Prabowo sebagai calon presiden.

“Pembicaraan bagus, beliau sangat fokus di NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan kemandirian bangsa,” tutur Prabowo.

Di akhir wawancara, Prabowo sempat ditanya soal targetnya. Seperti yang sudah-sudah, ia optimistis dengan hasil pilpres.

“Targetnya menang,” kata Prabowo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kabar tentang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi salat jumat empat rakaat, viral di media sosial.

Sambangi Ngawi, Jokowi Gelar Kampanye Tertutup

Liputan6.com, Solo – Calon presiden petahana Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kampanye terbuka di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) usai dari Palembang, Sumatera Selatan.  

“Pak Jokowi kampanye di GOR Ngawi. Di GOR tertutup,” kata Ketua TKN Erick Thohir kepada wartawan di lingkungan kediaman pribadi Jokowi di Solo, Selasa (2/4/2019). 

Jokowi tiba di Pangkalan Udara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, sekitar pukul 16.40 WIB. Jokowi didampingi istrinya Iriana. 

Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang langsung disambut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal Mochamad Effendi, serta Kapolda Jawa Tengah Inspektur Jenderal Condro Kirono.

Sebelum menyapa masyarakat Ngawi, mantan Wali Kota Solo ini singgah dahulu di kediamannya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Solo, Jawa Tengah. 

Prabowo: Kerja Sama Asing Bisa Bikin ‘Saluran Pernapasan’ Negara Tertutup

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto memaparkan visi misi dalam debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Debat kali ini mengangkat tema tentang ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. (Liputan6.com/JohanTallo)
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengajak masyarakat untuk aktif dalam upaya perdamaian dunia (Liputan6.com/Capture)
Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi dalam debat keempat Pilpres 2019. (Liputan6.com)
Ilustrasi Cacing Pita (iStockphoto)
Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (dua kiri) berpelukan dengan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (dua kanan) saat mengikuti debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). (Liputan6.com/JohanTallo)
Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Ilustrasi Foto Aktivitas Diluar Ruang (iStockphoto)
Penemuan puluhan mumi kucing di sebuah pemakaman kuno di Mesir (AFP/Khaled Desouki)

Jokowi Kampanye Tertutup di Malang Malam Ini

Sementara Ahmad Wanedi, Ketua Tim Sukses Kota Malang mengatakan, kehadiran Jokowi di Malang sebagai obat bagi relawan. Karena beberapa kali kegiatan yang dijadwalkan gagal hadir.

“Karena memang begitu padatnya kegiatan Pak Jokowi. Kehadirannya ini menjadi penghibur kita semua dan penyemangat kita,” kata dia.

Wanedi juga meminta maaf kepada masyarakat Malang Raya, jika kehadiran massa Jokowi dan Ma’ruf Amin akan memacetkan jalanan. Panitia akan berkoordinasi dengan pihak keamanan agar acara berjalan sesuai yang diharapkan.

“Kami sebenarnya memberikan tempat di dalam. Kami ingin menunjukkan ini pestanya rakyat, taat sesuai aturan yang ditetapkan,” kata dia.

Acara kampanye tertutup rencananya juga akan diisi hiburan Inul Daratista dan OM New Kendedes.

 

Reporter: Darmadi Sasongko

Sumber: Merdeka

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Joko Widodo melakukan kampanye terbuka pertamanya di Banten. Diarak menggunakan delman, Jokowi disambut ribuan pendukugnya.

Jalan Menuju Puncak Suroloyo Tertutup Longsoran

Liputan6.com, Kulon Progo – Akses jalan menuju objek wisata Puncak Suroloyo di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tertutup material longsor di Tanjung, Banjaroya, sehingga tidak dilewati wisatawan dan masyarakat umum.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kulon Progo Suhardiyana di Kulon Progo, Minggu mengatakan longsor di Tanjung Banjaroya disebabkan hujan lebat yang mengguyur wilayah ini pada Sabtu (23/3).

“Saat ini kami masih melakukan penilaian di lokasi longsor, namun berdasarkan laporan petugas di lapangan ruas jalan Banjaroya-Suloyo tertutup material sehingga tidak bisa dilewati,” kata Suhardiyana, Minggu (24/3/2019).

Ia mengatakan hari ini, material jalan Banjaroya-Suloyo tidak bisa dibersihkan karena harus menggunakan alat berat dan wilayah disekitarnya harus diobservasi potensi longsor susulan.

“Rencananya, Senin (25/3), kami akan menerjunkan alat berat untuk membersihkan longsoran material,” katanya.

Selain itu, ada empat kejadian yang juga disebabkan hujan lebat pada Jumat (22/3) dan Sabtu (23/3), yakni jalan provinsi di Puyang, Purworajo (Samigaluh) tertutup material longsor, jalan kabupaten di Pucung, Ngargosari badan jalanya longsor, jalan kabupaten jetis Gerbosari badan jalannya juga longsor. Kemudian, pohon tumbang yang menutup Jalan Pengos-Serguyu Pagerharjo.

“Jalan-jalan tersebut tidak bisa akses masyarakat, khsusunya roda empat. Saat ini, masyarakat dan tim relawan sedang melakukan pembersihan material,” katanya dilansir Antara.

Kades Gerbosari Damar mengatakan masyarakat secara gotong royong membersihkan material longsor dan memasang pembatas dari bambu sebagai tanda ada longsoran. “Saat ini, jalan hanya bisa dilewati pengendara sepeda motor, kalau mobil tidak bisa,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Peningkatan aktivitas Merapi terjadi akibat masih terus berlangsungnya pertumbuhan kubah lava di Puncak Gunung Merapi.

Romahurmuziy Ditangkap KPK, Pagar Kantor PPP Tertutup

Jakarta – DPP PPP bakal menggelar jumpa pers menyikapi operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Romahurmuziy. PPP saat ini menunggu keterangan resmi KPK.

Di kantor DPP PPP, Jl Diponegoro, Jakpus, tak terlihat aktivitas mencolok, Sabtu (16/3/2019). Terlihat sejumlah mobil parkir, tapi pagar ditutup. Wartawan belum diperbolehkan masuk ke halaman kantor DPP PPP.

“Kami menunggu KPK,” ujar Wakil Sekjen PPP M Arwani Thomafi saat dimintai konfirmasi.

KPK sudah memutuskan status Ketum PPP Romahurmuziy dan lima orang lainnya yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Pengumuman hasil gelar perkara akan disampaikan KPK siang ini.

Kantor DPP PPP Jl Diponegoro, Jakpus, Sabtu (16/3/2019)Kantor DPP PPP Jl Diponegoro, Jakpus, Sabtu (16/3/2019) Foto: Eva Safitri-detikcom

Selain memeriksa mereka yang diamankan dalam OTT, KPK juga melakukan klarifikasi terhadap Sekjen Kemenag. KPK menyebut OTT terkait dugaan suap pengisian jabatan di Kemenag.

“Untuk Sekjen Kemenag, tadi malam datang ke KPK. Setelah klarifikasi selesai sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, yang bersangkutan telah meninggalkan gedung KPK,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Sabtu (16/3).

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gara-Gara Dicibir, Marissa Nasution Pakai Busana Tertutup di Pantai

Liputan6.com, Jakarta – Marissa Nasution belum lama ini dibuat meradang akibat ulah beberapa warganet yang mengomentari fotonya secara negatif. Beberapa hari lalu, aktris sekaligus presenter cantik itu berkali-kali mengunggah foto suasana pantai sambil berbikini dengan putrinya, Allie.

Sayangnya di momen manis tersebut, kolom komentar Instagram Marissa Nasution justru dipenuhi dengan komentar kurang menyenangkan. Warganet menilai Marissa mengenakan pakaian yang terlalu terbuka dan seksi.

Merasa kesal dengan haters, melalui akun Instagram pribadinya, wanita 33 tahun itu sempat mencurahkan isi hatinya. Baginya, unggahan di pantai bertujuan untuk mengabadikan momen bersama buah hatinya. Namun sebaliknya, banyak orang yang justru salah fokus dengan pakaian yang digunakannya.

Diakuinya, Marissa Nasution sebenarnya hanya ingin memperlihatkan bagaimana putri kecilnya kini tengah belajar berjalan. Ia merasa tidak nyaman ketika orang hanya berfokus pada pakaiannya yang dianggap tidak sopan dan kelewat seksi, padahal ia sedang berada di pantai. Terlebih, Marissa kini masih berjuang dalam menghadapi kondisi fisiknya pasca melahirkan Allie.

Timnas Indonesia U-23 Bakal Gelar Uji Coba Tertutup

Jakarta Timnas Indonesia U-23 akan terbang ke Bali untuk melanjutkan pemusatan latihan menjelang kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Namun, sebelumnya mereka merencanakan satu laga uji coba.

Semen Padang disebut akan menjadi lawan uji coba Tim Garuda Muda yang digelar secara tertutup pada Selasa (12/3/2019).

Namun, Indra Sjafri belum bisa memastikan tim berjulukan Kabau Sirah itu sebagai lawan mengingat Semen Padang harus memainkan laga kedua mereka di Grup B Piala Presiden 2019, Senin (11/3/2019) malam.

“Belum ada kepastian. Semen Padang pun belum bisa memastikan karena (Senin) malam ini mereka masih bermain di Bekasi,” ujar Indra Sjafri ketika ditemui usai latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Senin (11/3/2019) sore.

Indra Sjafri memilih untuk tak memikirkan lawan yang harus dihadapi dalam uji coba tim asuhannya. Pelatih asal Sumatra Barat itu bahkan sudah mempersiapkan skenario untuk melakukan internal game sebagai pengganti laga uji coba tersebut.

Tim Garuda Muda menggelar pemusatan latihan di Jakarta hingga 15 Maret yang dilanjutkan dengan latihan di Bali sembari melakukan laga uji coba kontra Bali United pada 17 Maret.

Setelah itu Timnas Indonesia U-23 akan langsung bertolak ke Vietnam untuk mengikuti kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar pada 22 hingga 26 Maret 2019.

Sumber: Bola.com 

Berita video konvoi juara Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia U-22, di jalanan Jakarta yang dikawal para Polwan dan pengendara moge (motor gede).

7 Tempat Wisata Palembang yang Kekinian

Jakarta – Kota Palembang di Sumatera Selatan dikenal akan berbagai adatnya maupun kuliner pempek yang khas. Wisata di Palembang juga tidak ketinggalan indah.

Anda bisa menikmati makanan yang nikmat dan lezat bahkan sudah populer hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Nah, jika memiliki rencana untuk pergi ke kota Palembang maka tidak sah rasanya jika Anda tidak pergi ke beberapa tempat kekinian yang ada di kota itu.

Selain dikenal sebagai Kota Pempek, Palembang juga punya banyak tempat wisata yang tidak kalah seru dan kece. Mulai dari wisata pantai Palembang, tempat kekinian di Palembang, sampai tempat-tempat bersejarah yang sekalian menjadi tempat wisata edukasi.

1. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Satu-satunya wisata hutan di Palembang yang sedang hits dan kekinian yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan dan masyarakat sekitar yakni Hutan Punti Kayu. Hutan ini terkenal akan berbagai keindahannya dan luasnya yang kurang lebih 50 hektare. Objek wisata ini cukup populer dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan cukup menghibur. Tempat hiburan yang disediakan di antaranya adalah jembatan kayu, perahu, taman, atraksi gajah, berkuda, dan fasilitas lainnya. Terletak di Jalan Kol. Burlian, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan, tempat wisata itu bisa dikunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

2. Palembang Bird Park

Ingin mengajak si kecil menikmati suasana menyenangkan dan berwisata edukasi burung? Anda bisa langsung datang ke Palembang Bird Park. Tempat ini dapat menjadi destinasi wisata untuk menikmati kicauan burung dan berinteraksi dengan burung secara langsung. Anak-anak sudah pasti senang ketika diajak ke sini, karena dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung yang terbang bebas dan menyenangkan. Tentunya menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda dan keluarga. Ada banyak jenis burung di lokasi wisata ini dan Anda pun bisa mengenali jenis-jenis burung. Tentunya bisa menambah pengetahuan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda. Palembang Bird Park berlokasi di Jalan Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Mall, sebelah Waterfun, Sungai Kedukan, Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

3. Air Terjun Maung

Apabila ingin berwisata ke area yang terbuka dan menikmati keindahan alamnya, maka Anda wajib mengunjungi salah satu tempat wisata bernama air terjun yang ada di Palembang. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan karena airnya yang jernih dan banyak dinikmati oleh para pengunjung

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini maka langsung kunjungi area tersebut di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu, Lahat, Palembang. Jika Anda sudah sampai ke lokasi air terjun ini, sepanjang perjalanan akan melewati kebun kopi dan hutan dengan medan yang curam. Anda harus hati-hati ya saat di tempat ini.

Tempat wisata ini cocok bareng teman-teman dan sahabat. Namun kurang pas untuk keluarga terutama yang sudah berusia lanjut.

4. The Amanzi Waterpark

The Amanzi Waterpark merupakan destinasi terbaru di Palembang yang cukup banyak dikunjungi saat liburan. Bisa dikatakan wisata kekinian masyarakat Palembang. Waterpark yang belum lama dibuka ini terdapat berbagai jenis permainan yang menyenangkan dan menarik perhatian wisatawan. Lokasi ini berada di Jalan Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang Kelapa, Alang Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Anda bisa menikmati berbagai wahana di antaranya Zimba dan Cora Pool, The Falls dengan seluncuran sepanjang 90 meter dan ketinggian 14 meter, The Raft dengan panjang 120 meter dan ketinggian 12 meter, Kilimmanjaro Tower, kolam arus River Nile sepanjang 500 meter serta deretan wahana lainnya yang bisa Anda nikmati jika berkunjung ke sini.

5. Fantasy Island Palembang

Fantasy Island Palembang merupakan objek wisata terbaru yang menawarkan aneka permainan lengkap layaknya The Amanzi waterpark. Namun di sini khusus bagi Anda yang tidak ingin membayar tiket terlalu mahal. Karena Fantasy Island Lembang menawarkan tiket yang murah dengan beragam permainan seru serta fasilitas yang tidak kalah dengan waterpark lainnya.

Anda bisa menikmati permainan seperti kolam luncur, kolam arus, hingga sungai tsunami yang mendebarkan. Untuk balita juga disediakan kolam khusus dengan kedalaman air 50 cm saja yang sudah pasti aman. Pengunjung yang tidak mau basah, bisa menikmati permainan kereta gantung. Namun Anda harus membayar biaya tambahan untuk menaiki wahananya. Jika ingin tidak terlalu ramai, Anda bisa berkunjung ketika weekday. Sedangkan jika ingin ramai Anda bisa datang saat weekend.

6. Kambang Iwak Family

Ingin berkunjung ke tempat yang indah nan eksotik bersama keluarga ataupun kekasih? Tidak masalah karena Anda bisa berkunjung ke Kambang Iwak Family yang terletak di danau yang berada di pusat kota. Tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Rindangnya pepohonan memberikan kesejukan ketika di pagi hari. Sementara pemandangan di malam hari terlihat semakin berwarna dengan air mancur warna-warni yang begitu menggoda.

Saat datang ke sini usahakan jangan musim hujan karena pemandangan danau akan tertutup kabut. Selain itu ketika musim hujan angin akan berhembus cukup kencang dan dingin.

7. Pulau Kemaro

7 Tempat Wisata Palembang yang KekinianFoto: (Raja Adil Siregar/detikTravel)

Pulau yang terletak tidak jauh dari Jembatan Ampera ini menjadi tempat wisata di Palembang yang wajib untuk Anda kunjungi. Apalagi jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang memang kekinian ataupun masuk ke dalam tempat wisata favorit yang Instagramable. Anda juga bisa melihat bagaimana adat dan tradisi dari masyarakat Tionghoa berperan banyak dalam bangunan dan pulau ini. Banyaknya anak-anak muda yang berlibur bersama teman-teman serta sahabatnya saat berkunjung, menjadikan Pulau Kemaro ini cukup populer.

Pengunjung yang datang ke sini pasti mengabadikan momen mereka dalam sebuah gambar. Sudah pasti menjadikan Pulau Kemaro menjadi terkenal dan menjadi tempat kekinian di Kota Palembang.

Tempat kekinian memang lebih banyak menarik wisatawan. Namun harus diingat bahwa ketika Anda memutuskan untuk wisata maka jangan hanya berlibur atau berfoto saja. Kenali juga makna dari tempat liburan yang Anda kunjungi dan jaga agar tidak buang sampah atau merusak tempat tersebut.

Itulah deretan tempat wisata yang bisa dinikmati atau Anda kunjungi saat datang ke kota Pempek ini. Mulai sekarang tidak ada lagi alasan atau rasa bingung untuk pergi ke Palembang. Jadi segera pesan tiket ke Palembang! (nwy/rdy)