Tersisa 143 Unit Lampu Hemat Energi yang Belum Terpasang di Nias

Liputan6.com, Nias – Pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Pulau Nias kurang 143 unit, dari target 1.360 unit yang dipasang tahun ini. Keberadaan infrastruktur tersebut untuk mempercepat pemerataan elektrifikasi di wilayah yang belum mendapat listrik.

Direktur Infrastruktur Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Noor Arifin Muhammad‎ mengatakan, Pulau Nias mendapat jatah LTSHE sebanyak 1.360 unit. Saat ini LTSHE yang sudah terpasang mencapai 90 persen dari alokasi atau kurang 143 unit.

“LTSHE di Nias 1.360 dalam tahun ini. sampai saat ini 90 persen 143 unit diselesaikan beberapa hari ke depan,”‎ kata Noor, di Nias, Jumat (7/12/2018).

‎Noor mengungkapkan, LTSHE dipasangkan pada rumah yang belum mendapat aliran listrik karena tidak ada jaringan di wilayahnya. ‎Lampu tersebut digunakan sementara selama 3 tahun, untuk menunggu pembangunan jaringan kelistrikan.

“‎Pemasanganan LTSHE untuk saudara kita yang masih gelap gulita. Data 2017 ada 2.500 desa 256 ribu keluarga. Itu rencananya disapu bersih 2017. 79 ribu keluarga sudah menerima. Di 2018 sebanyak 173 ribu unit,” papar dia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan, dengan adanya pemasangan LTSHE tersebut dapat meningkatkan pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) di Pulau Nias. Tercatat sebelum LTSHE dipasangan‎ rasio elektrifikasi Nias hanya 52 persen setelah terpasang meningkat jadi 65 persen.

Dia pun meminta Pemerintah Kabupaten mengirim surat untuk pemasangan LTSHE, jika masih ada masyarakat yang belum menikmati listrik.

“Tolong Wakil Kabupaten lain kalau kurang kirim surat biar tambah lagi tahun depan target rasio elektrifkasi 100 persen,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *