David Luiz Tak Terkejut MU Bangkit Bersama Solskjaer

Liputan6.com, London – Bek Chelsea David Luiz tidak kaget dengan peningkatan performa Manchester United (MU) di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Menurut Luiz, Setan Merah sudah punya tim yang bagus sebelum ditangani Solskjaer.

MU menjalani start yang buruk di bawah asuhan Jose Mourinho pada musim ini. Namun, manajer asal Portugal itu kemudian digantikan oleh Solskjaer pada bulan Desember lalu.

Solskjaer baru saja menelan kekalahan pertamanya setelah ditaklukkan oleh PSG di Liga Champions. Namun, sebelum itu pria asal Norwegia itu berhasil memimpin timnya tidak tersentuh kekalahan dalam 11 pertandingan.

Setan Merah kini sudah berhasil menembus posisi empat besar di klasemen sementara Premier League. Selain itu, para pemain MU sekarang sudah tampil dengan penuh percaya diri.

2 dari 2 halaman

Komentar Luiz

Chelsea akan menjamu United dalam putaran kelima Piala FA pada hari Senin (18/2/2019). Luiz pun memberikan penilaian tentang performa United di bawah Solskjaer.

“Bahkan sebelumnya sudah mereka menjadi tim yang hebat dengan manajer hebat, Jose Mourinho mencoba melakukan segalanya untuk yang terbaik bagi Man United tetapi kemudian mereka memutuskan untuk berubah,” kata pemain Brasil itu di situs resmi Chelsea.

“Kemudian datang Solskjaer dan dia melakukan hal luar biasa karena dia pelatih yang hebat dan juga dia memiliki pemain-pemain hebat. United sudah memiliki tim yang sama sejak lama, mereka memahami filosofinya dan mereka mencoba menikmatinya.”

Statistik Manchester United di bawah manajer interim Ole Gunnar Solskjaer sejak Desember 2018 memang mengundang decak kagum. Bahkan tidak ada yang menyangka jika mantan striker United itu menjalani start yang bagus di Old Trafford.

Di bawah tangan dingin manajer asal Norwegia itu, Setan Merah mencatatkan sepuluh kemenangan, satu kali imbang, dan satu kali kekalahan. Selain itu, Paul Pogba dan kawan-kawan juga berhasil menyarangkan 28 gol.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Siasat KPU Jabar Dongkak Angka Partisipasi Pilpres dan Pileg yang Stagnan

Liputan6.com, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan angka partisipasi pemilih pemilu presiden dan legislatif di Jawa Barat tidak mengalami peningkatan dikisaran 70 persen. Meski dibandingkan dengan pemilu kepala daerah, jumlah angka partisipasi pemilih mengalami peningkatan 73 persen.

Menurut Ketua KPU Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, angka partisipasi pemilih yang dibebankan KPU RI ke otoritasnya yaitu 77.5 persen. Untuk itu KPU Jawa Barat akan memaksimalkan medium sosialisasi dan pendidikan bagi pemilih.

“Karena jika ada orang yang sudah tahu tentang pemilu, waktu pemilu tapi ketika mereka sudah tahu tidak ada jaminan datang ke TPS. Kemudian tidak hanya sosialisasi yang bersifat informatif, juga perlu ada pendidikan pemilih untuk menyadarkan bahwa mereka harus menggunakan hak pilih,” kata RIfqi, Bandung, Jumat (15/2/2019).

Rifqi melanjutkan, pendidikan pemilih ini akan melibatkan seluruh peserta pemilu. Alasannya adalah partisipasi pemilih pemilu bukan hanya tanggung jawab dari KPU.

Salah satu cara mendongkrak jumlah partisipasi pemilih yaitu dengan menghadirkan kandidat dari partai politik yang berkualitas. Hal itu untuk menarik perhatian pemilih agar menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019 mendatang.

“Pemerintah juga punya tanggung jawab karena ukuran indeks demokrasi itu, salah satunya adalah partisipasi pemilih yang meningkat. Dan pembangunan demokrasi itu kan dipengaruhi oleh partisispasi pemilih. Pemerintah juga punya peran yang sangat penting,” ujar Rifqi.

Rifqi berharap, pemerintah bisa terlibat dalam usaha peningkatan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Caranya dengan mengoptimalkan infrastrukur dan sumber daya yang dimiliki.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pemilih

Melalui pemerintah, diharapkan penyampaian instruksi dan himbauan kepada seluruh kelompok masyarakat soal pentingnya menggunakan hak pilih. Seperti kepada kelompok pengusaha, swasta, ormas maupun masyarakat sipil lainnya.

“Karena kalau tidak melalui pemerintah, mereka ini tidak tersentuh oleh KPU. Mereka lebih sering berinteraksi dengan pemerintah. KPU memiliki keterbatasan mengakses ke arah sana,” jelas Rifqi.

Soal permintaan bantuan sosialiasi dan pendidikan pemilih pemilu ini, telah disampaikan langsung ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dengan adanya campur tangan pemerintah, tidak ada lagi masyarakat yang kehilangan hak pilihnya seperti karena bekerja.

“KPU meminta seluruh sektor, terutama sektor industri agar meliburkan pegawainya saat hari pemilihan mendatang,” ujar dia.

Adu Cantik WAGs MU dan PSG

Liputan6.com, Manchester – Babak 16 besar Liga Champions bakal dibuka dengan laga Manchester United (MU) kontra Paris Saint-Germain (PSG). Duel ini akan dimainkan di Old Trafford, Rabu (13/2/2018) dini hari WIB.

Semua mata akan tertuju ke laga ini karena ingin menyaksikan bagaimana MU akan menggempur PSG. Seperti diketahui, Paul Pogba dan kolega tidak tersentuh kekalahan dalam 11 pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Sementara itu, PSG datang ke markas MU dalam kondisi pincang. Dua bintang mereka, Neymar dan Edinson Cavani dipastikan tidak bisa dimainkan karena cedera.

Para bintang MU dan PSG akan menjadi pusat perhatian di laga nanti. Namun, tidak akan kalah serunya jika istri atau kekasih para pemain bintang kedua tim datang langsung ke stadion memberikan dukungan.

Berikut 3 WAGs MU dan PSG:

2 dari 7 halaman

Maria Salaues – Paul Pogba

Maria Salaues merupakan wanita asal Bolivia. Wanita cantik ini berasal dari keluarga kaya. Ia belajar administrasi bisnis dan menyelesaikan gelarnya di Miami.

Hubungan asmara Salaues dengan Paul Pogba telah dikaruniai seorang bayi pada Januari 2019. Legenda Manchester United Bryan Robson menjadi orang pertama yang memberi selamat kepada pasangan tersebut.

3 dari 7 halaman

Edurne Garcia – David De Gea

Edurne Garcia mungkin tangkapan terhebat yang pernah dilakukan David De Gea. Keduanya mulai berkencan pada 2010 lalu.

Garcia sempat mengikuti Kontes Lagu Eurovision pada 2015. Ia finis di posisi ke-21 dengan lagu Amanecer.

Penyanyi asal Spanyol itu dikabarkan baru-baru ini pindah ke Inggris untuk lebih dekat dengan De Gea yang sudah berstatus sebagai suaminya.

4 dari 7 halaman

Melanie Da Cruz – Anthony Martial

Bintang Reality TV Melanie Da Cruz dan Martial mulai berkencan pada 2016. Ia mencampakkan istrinya, Samantha Jacquelinet, dan menjalin kasih dengan wanita pirang berparas cantik tersebut.

Martial dan Da Cruz sudah dikarunia seorang putra bernama Swan yang lahir pada musim panas 2018. Striker asal Prancis itu bahkan memilih meninggalkan tur pramusim MU di Amerika Serikat untuk melihat kelahiran putranya tersebut.

5 dari 7 halaman

Lena Stiffel – Julian Draxler

Julian Draxler tidak dalam kondisi 100 persen saat memperkuat PSG menghadapi MU pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Old Trafford, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB/ Sebab, ia baru pulih dari cedera.

Namun, Draxler akan mendapat kekuatan ekstra. Gelandang asal Jerman itu akan dihibur wanita canti berambut cokelat di tribun penonton. Wanita itu bernama Lena Stiffel.

Stiffel tidak suka menonjolkan diri. Tetapi, dia mendukung langsung Draxler di Piala Dunia 2018 Rusia dengan mengenakan jersey Jerman di tribun penonton. Pasangan ini diyakini sebagai kekasih sejak dari kecil.

6 dari 7 halaman

Alicia Aylies – Kylian Mbappe

Semua mata akan tertuju pada Kylian Mbappe saat PSG menghadapi tuan rumah MU pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Old Trafford, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB. Ia akan menjadi ancaman besar bagi keempat bek MU setelah Neymar dipastikan absen karena cedera.

Namun, biasa pada pertandingan di Le Parc des Princes (markas PSG), tidak hanya Mbappe yang jadi pusat perhatian. Sang kekasih, Alicia Aylies, juga menjadi pusat perhatian saat mendukung kekasihnya tersebut di tribun.

Alicia merupakan model Prancis. Ia dinobatkan sebagai Miss France 2017. Dia saat ini belajar hukum, yang membuatnya tak hanya dikenal sebagai wanita yang berparas cantik.

7 dari 7 halaman

Joana Sanz – Dani Alves

Joanna Sanz adalah seorang model. Ia telah berjalan di catwalk untuk desainer kelas atas seperti Jimmy Choo, Gucci, serta Philipp Plein.

Joanna sempat dua kali menolak ajakan menikah dari Dani Alves. Namun, ia akhirnya mengatakan ‘I do’ dalam pernikahan rahasia di Ibiza pada 2017 lalu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Penderitaan Bocah Arazaqul, Kehilangan Kerongkongan Akibat Sengketa Lahan

Liputan6.com, Pekanbaru – Layaknya bocah berusia 12 tahun, Arazaqul berlarian ke sana ke mari sembari membawa sedotan minuman sebagai mainan di Masjid Al-Falah, Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru, Riau.

Sesekali dia mengelak, lalu menutup mukanya, ketika ditanya bagaimana keadaannya sejak tak lagi bisa mengonsumsi makanan serta minuman melalui mulut.

Sejak tahun 2013, kerongkongannya hancur karena sabetan tombak penyerang rumahnya di Desa Pasir Limau Kapas, Kecamatan Panipahan, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Untuk menyambung hidupnya, pada bagian perut anak dari pasangan Rajiman (56) dan Maryatun (46) ini dipasang selang.

“Nasi tidak bisa masuk, hanya cairan susu saja. Tenggorokannya sudah tidak berfungsi sejak usia 6 tahun karena penyerangan oleh beberapa orang suruhan inisial AB,” kata advokat Suroto SH, didampingi Maryatun, Senin (11/2/2018).

Beberapa bulan ke depan, Arazaqul akan menjalani operasi penggantian kerongkongan dan cangkok hati. Prediksi dokter, dia menjalani perawatan selama tujuh bulan dan dikhawatirkan koma.

“Kerongkongannya ini sudah ada pengumpulan darah, harus diganti dengan yang lain, begitu juga hatinya,” kata Suroto menjelaskan penderitaan bocah yang berawal dari sengketa lahan ini.

Tak hanya Arazaqul, ayahnya juga mengalami gangguan syaraf di bagian kepala akibat sabetan benda tajam. Sang ayah juga menerima 25 tusukan di badan karena mempertahankan rumah dan tanahnya dari sekelompok orang diduga suruhan pria berinisial AB.

“Rumahnya juga dibakar, ibunya ini juga dianiaya, diinjak-injak, Arazaqul juga mengalami serupa,” Suroto menceritakan kejadian pada tahun 2013 itu.

2 dari 3 halaman

Tiga Pelaku Masih Berkeliaran

Sejak kasus ini dilaporkan ke polisi, Rajiman dan keluarganya belum pernah mendapat keadilan. Polres Rokan Hilir memang sudah menetapkan tiga orang diduga suruhan AB jadi tersangka tapi tak pernah ditangkap.

Sementara, AB sendiri belum tersentuh hukum karena polisi beralasan anggota DPRD di Sumut itu sudah tidak diketahui keberadaannya, meski mencalonkan diri lagi sebagai anggota legislatif.

“Surat DPO untuk tiga tersangka ada tapi tidak ditangkap, rumahnya sudah diketahui, kantornya juga. Makanya kami meminta penjelasan ke Polda Riau untuk kejelasan kasusnya,” kata Suroto.

Sebelumnya, sudah tiga Kapolda Riau menjadi tempat mengadu Suroto dan keluarga Rajiman, mulai dari Irjen Zulkarnain Adinegara (sekarang Kapolda Sumsel), Irjen Nandang (sekarang bertugas di BIN), dan Irjen Widodo Eko Prihastopo.

Belakangan, didapat kabar ada telegram dari Kapolda Riau untuk menunda pengusutan kasus ini karena AB menyalonkan diri sebagai calon legislatif. Setelah diprotes, Polda meminta Polres melanjutkannya lagi.

“Kalau calon legislatif tidak ada dasar hukum proses ditunda, beda halnya kalau calon kepala daerah. Buktinya Ahmad Dhani dan Grace Natalie juga diproses,” sebut Suroto.

Tak hanya polisi, Suroto menyebut sudah semua instansi di negara ini sudah disurati. Baik itu mengadu ke Presiden hingga anggota DPR, tapi tidak ada membuahkan hasil.

“Saya rasa tidak ada kasus pelanggaran hak asasi manusia paling berat di Riau selain ini,” kata Suroto.

3 dari 3 halaman

1.000 Advokat untuk Kemanusiaan

Mangkraknya penanganan kasus Rajiman dan keluarganya ini membuat sejumlah organisasi advokat di Riau prihatin. Setidaknya hingga Senin, 11 Februari 2019, hampir 90 advokat bergabung untuk mengadvokasi kasus ini.

“1.000 advokat untuk kemanusiaan, jumlahnya memang belum sampai tapi bisa saja lebih, saat ini sudah lebih 80 advokat lintas organisasi bergabung,” kata Suharmansyah, inisiator gerakan untuk kemanusiaan ini di masjid tersebut.

Menurut Suharmansyah, gerakan kemanusiaan ini karena kasusnya tidak pernah tuntas sejak tahun 2013. Apa yang kurang akan dilengkapi dan berdialog dengan Kapolda Riau.

“Kami berprasangka baik saja, mudah-mudahan ada solusi. Gerakan ini diharap berjalan sesuai harapan untuk menegakkan keadilan bagi masyarakat,” terang Suharmansyah usai penandatanganan surat kuasa 1.000 advokat ini.

Terpisah, Kasubdit III Polda Riau Ajun Komisaris Besar Mohammad Kholid SIK menyebut sudah berdialog dengan puluhan advokat untuk kasus Rajiman ini. Langkah selanjutnya akan dilakukan gelar perkara.

“Tadi sudah diterima, berikutnya akan digelar untuk mengetahui apa kekurangan dan hambatan penyidik di Polsek Panipahan dan Polres Rokan Hilir. Juga akan disampaikan perkembangan ke pelapor nantinya,” terang Kholid.

TKN soal Slamet Ma’arif Tersangka: Jangan Selalu Merasa Benar

TKN soal Slamet Maarif Tersangka: Jangan Selalu Merasa Benar Foto: Abdul Kadir Karding. (Ari Saputra/detikcom).

Jakarta – Ketum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma’arif merasa diperlakukan tidak adil menyusul penetapan tersangkanya dalam kasus pidana pemilu. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin meminta Slamet dan kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang membelanya untuk fair.

“Di era politik ini, apapun yang terjadi, yang merugikan BPN Prabowo-Sandiaga pasti tuduhannya ke pemerintah, itu tidak fair,” ungkap Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Senin (11/2/2019).

Karding menegaskan, penetapan Slamet Ma’arif sebagai tersangka bukan asal-asalan. Masalah pidana dalam pemilu pun juga sudah diatur dalam UU Pemilu dan ditagani oleh Sentra Gakkumdu (penegakan hukum terpadu).


“Itu kewenangan di Gakkumdu, ada Jaksa, Polisi dan Bawaslu. Kalau kemudian dia tersangka itu artinya ada bukti hukum yang nyata yang dapat dipertanggungjawabkan oleh penyidik , apalagi sekarang ini seluruh proses-proses itu terbuka, apalagi kalau dia tokoh publik,” kata Karding.

Menurutnya, Gakkumdu pun tak akan aneh-aneh dalam penanganan kasus pemilu. Sebab hal tersebut bisa menjadi masalah dan menyerang balik penegak hukum.

“Kita fair aja, pengadilan terbuka kok, boleh didampingi pengacara, boleh di-medsoskan. Akan dapat dibuktikan di pengadilan. Pasti mereka punya bukti yang cukup. Tidak semua apa-apa ujungnya ke pemerintah, nggak bisa. Kita menganut sistem persamaan di mata hukum dan hukum yang tidak bisa diintervensi. Pengadilan memiliki independensi yang tinggi terhadap satu kasus,” tutur anggota Komisi III DPR itu.

Karding pun menyebut tim sukses dan pendukung Prabowo-Sandiaga selalu menuduh pemerintahan Presiden Joko Widodo bila ada pihaknya yang terkena masalah. Itu menurutnya justru sikap yang tidak adil.

“Masalahnya segala sesuatu yang terjadi terhadap gengnya BPN Prabowo ini, kelompok BPN, apa-apa kalau yang salah itu tuduhannya, framingnya adalah kriminalisasi, framingnya adalah pekerjaan pemerintah, dalangnya pemerintah, saya kira itu juga tidak fair,” sebut Karding.

Politikus PKB ini mengimbau Badan Pemenagan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga dan para simpatisan pasangan nomor urut 02 itu, termasuk Slamet Ma’arif untuk bijaksana dalam bersikap. Bila tidak ingin terkena kasus, kata Karding, mereka diminta untuk menjaga sikap dan tutur katanya.

“Kalau tidak ingin kena masalah, jangan berbuat salah. Kita harus proporsional. Jangan mau selalu merasa benar bisa omong apa saja tidak tersentuh hukum, setelah dihukum nyalahkan Jokowi,” katanya.

Seperti diketahui, Slamet Ma’arif menjadi tersangka terkait dugaan pelanggaran pemilu dalam acara tablig akbar PA 212 Solo Raya pada 13 Januari 2019. Kubu Prabowo-Sandiaga membela Slamet habis-habisan.

Slamet Ma’aruf sendiri menyatakan tidak adil terhadap penetapan status tersangkanya. Polisi memastikan sudah melakukan prosedur yang semestinya. Slamet ditetapkan sebagai tersangka karena polisi sudah punya bukti kuat terkait kasus tersebut.

“Memilukan dan memalukan hukum di Indonesia, ketidakadilan hukum terpampang jelas dan gamblang di negeri ini,” kata Slamet kepada wartawan, Senin (11/2).

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Hore, 50 Desa di Kalbar Bakal Teraliri Listrik

Liputan6.com, Pontianak – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalbar segera melistriki 50 desa di Kalbar yang selama ini sama sekali belum tersentuh penerangan pada 2019.

“Upaya kami melistriki 50 desa tersebut sudah kami sampaikan juga kepada Gubernur Kalbar saat kami melakukan silaturahim,” ujar General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah Kalbar, Agung Murdifi di Pontianak, Sabtu (9/2/2019) seperti dikutip Antara.

Agung merincikan bahwa 50 desa yang akan segera berlistrik tersebut tersebar di 10 Kabupaten, yakni 20 desa di Kabupaten Sintang, 9 desa di Kabupaten Landak, 7 desa di Sanggau, 7 desa di Kapuas Hulu, 7 desa di Melawi, 4 desa di Ketapang, 3 desa di Sekadau dan masing-masing 1 desa di kabupaten Sambas, Mempawah, dan Kubu Raya, sisanya masih ada 10 desa lagi yang akan dilaksanakan perluasan jaringan.

“Saat ini rasio desa berlistrik di Kalbar masih sebesar 70,99 persen. Dari total 2.130 desa di Kalbar, yang sudah berlistrik sekitar 1.514 desa, sisanya masih ada 616 desa yang masih belum menikmati listrik PLN,” kata dia.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengapresiasi upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat terutama yang berada di pedesaan.

Menurutnya masih banyak desa yang belum berlistrik di Kalbar.

“Saya mengapresiasi kerja keras PLN dalam meningkatkan jumlah desa berlistrik. Meskipun saya memahami bahwa tidak semua desa yang berada di Kalbar ini bisa dilistriki oleh PLN dikarenakan lokasi desa yang sangat sulit terjangkau dengan kondisi infrastruktur jalan yang minim. Namun kepedulian pemerintah melalui kerja yang dilakukan PLN pantas untuk disyukuri. Selanjutnya saya meminta Bappeda untuk membuat program-program penyediaan listrik untuk desa-desa yang tidak bisa dilistriki oleh PLN,” jelas dia.

Dikatakannya pula, pemerintah terus berupaya meningkatkan pembangunan infrastruktur kelistrikan guna meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Untuk itu diperlukan komunikasi yang sinergi antara PLN dan Pemerintah Provinsi Kalbar.

“Sebagai pelayan masyarakat wajib hukumnya kita memberikan layanan terbaik. Masyarakat harus tahu kerja keras yang telah kita lakukan. Saya berharap PLN dapat secara terbuka menginformasikan segala upaya pembangunan serta peningkatan mutu layanan kelistrikan kepada masyarakat,” tegas dia.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Pertamina Hulu Energi Kelola 100 Persen Wilayah Kerja Jambi Merang

Liputan6.com, Jakarta – Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi alih kelola 100 persen Wilayah Kerja (WK) Jambi Merang dari Joint Operating Body Pertamina-Talisman Jambi Merang (JOB PTJM), pada Sabtu, 9 Februari 2019.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi, Meidawati mengatakan, pengelolaan WK Jambi Merang di bawah Pertamina Hulu Energi adalah amanah dari Pemerintah yang harus dilaksanakan.

Ia optimistis dengan sumber daya manusia yang dimiliki Pertamina dan dukungan para stakeholders, pengelolaan WK Jambi Merang ini akan berdampak positif untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Sementara itu dalam sambutannya, Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Suardin menuturkan, pihaknya yakin pengelolaan WK Jambi Merang oleh Pertamina dapat berlangsung secara berkelanjutan dalam rangka mendukung pencapaian target produksi migas nasional.

“Di samping itu, potensi pengembangan WK Jambi Merang cukup menjanjikan yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi industri dan masyarakat sekitar,” ujar dia, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (9/2/2019).

Untuk memastikan kelancaran alih kelola pasca-terminasi, Tim Alih Kelola WK Jambi Merang Pertamina Hulu Energi melakukan persiapan Alih Kelola untuk memastikan operasi aset wilayah kerja berjalan lancar terkait aspek Sumber Daya Manusia, Finansial, Operation maupun HSSE.

Selama rentang waktu empat tahun, di 2014 produksi gas WK Jambi Merang mencapai 100 persen dari target dan terus berlanjut sampai 2017.

Sedangkan pada 2018, 101 persen target terlampaui dengan lifting untuk kondensat sebesar 4.191,87 BCPD dan gas sebesar 88,49 MMSCFD.

Hal ini menunjukkan komitmen WK Jambi Merang dalam mendukung peningkatan produksi nasional dengan melaksanakan teknik peningkatan produksi dengan hasil yang baik.

Proses alih kelola dimulai sejak April 2017 , saat Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menetapkan Kontrak Kerja Sama WK Jambi Merang berakhir pada tanggal 9 Februari 2019.

Di kontrak sebelumnya, Pertamina Hulu Energi memiliki hak kelola 50 persen, Talisman Energy (sekarang Repsol) 25 persen dan sisanya Pacific Oil & Gas (Jambi Merang) Limited. Adapun, operatornya adalah Badan Usaha Bersama (Joint Operating Body/JOB) Pertamina – Talisman Jambi Merang.

2 dari 2 halaman

PHE Dapat Mandat pada Mei 2018

Pada Mei 2018, Pemerintah secara resmi menugaskan PT Pertamina Hulu Energi sebagai pengelola Wilayah Kerja Jambi Merang pasca berakhirnya kontrak pada 9 Februari 2019.

PHE Jambi Merang yang akan meneruskan pengelolaan WK Jambi Merang mendapat kepercayaan yang tinggi dalam pelaksanaan Komitmen Kerja Pasti (KKP) yang diharapkan akan dapat meningkatkan kegiatan eksplorasi di dalam wilayah kerja Jambi Merang maupun di open area yang bertujuan untuk menemukan cadangan-cadangan baru di area frontier yang selama ini kurang tersentuh kegiatan eksplorasi.

Dengan alih kelola ini, maka terhitung 10 Februari 2019 hingga 9 Februari 2039 WK Jambi Merang dioperasikan menggunakan skema gross split.

Pertamina mendapatkan bagi hasil (split) untuk minyak sebesar 43 persen dan pemerintah mendapatkan 57 persen. Sementara untuk gas, Pertamina memperoleh split 48 persen dan pemerintah mendapatkan 52 persen.

Seperti diketahui, Direktur Utama PHE Meidawati, Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Suardin, menghadiri Seremoni Alih Kelola Wilayah Kerja Jambi Merang yang dilaksanakan di Sungai Kenawang Gas Plant yang terletak di Desa Kali Berau, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Dalam acara ini juga hadir beberapa stakeholders di Sumatera Selatan dan sekitar wilayah operasi Jambi Merang, Jajaran Manajemen Pertamina serta Manajemen JOB Pertamina Talisman Jambi Merang.

Seremoni Alih Kelola ditandai dengan penyerahan dokumen alih kelola dan penyerahan simbolis peta wilayah oleh Operating Committee JOB Jambi Merang kepada SKK Migas, yang kemudian diserahkan kepada Pertamina Hulu Energi.

Selain itu, alih kelola juga ditandai dengan pemakaian atribut Pertamina oleh pekerja JOB Pertamina – Talisman Jambi Merang yang kini menjadi pekerja PHE Jambi Merang.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


7 Trik Jitu Hindari Perampokan saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta – Kasus kehilangan uang saat liburan memang kerap terjadi. Jika tidak waspada, uang Anda bisa raib dalam sekejap tanpa meninggalkan jejak.

Tentu tak seorang pun mau terkena musibah ini. Kehilangan uang merupakan kejadian paling menyedihkan yang selalu membekas di pikiran, apalagi kalau nominal uang yang hilang cukup besar.

Agar terhindar dari kasus perampokan, tetaplah waspada terhadap orang-orang di sekitar. Ingat peribahasa “rambut sama hitam, tetapi hati siapa yang tahu”.

Selain itu, terapkan trik jitu berikut ini agar uang Anda tetap aman selama liburan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bawa Pouch saat Bepergian

Terutama bagi perempuan, sebaiknya hindari membawa tas bahu dan tas berukuran besar yang sangat rawan terhadap kasus perampokan.

Banyak kejadian di mana perampok sengaja menyayat tas untuk mengambil gadget dan dompet dari dalam tas. Menariknya lagi, pemilik tidak tahu bahkan tidak merasakan apa-apa.

Ganti tas dengan pouch yang lebih praktis. Meskipun ukurannya kecil, tapi bisa menampung barang-barang penting, seperti handphone, uang, dan kartu kredit.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Tas Pinggang, Bukan Backpack

Selain praktis dan trendy, tas pinggang juga dinilai lebih aman untuk menyimpang barang-barang penting dan berharga saat travelling.

Alasannya, karena paling dekat dengan bagian tubuh. Ketika tersentuh, Anda juga langsung tersadar sehingga perampok tidak berani melayangkan niatnya.

3. Manfaatkan Saku Celana Bagian Depan

Jika dibandingkan dengan saku celana bagian depan, Anda pasti lebih suka menyimpan uang di saku belakang. Benar, bukan?

Sekarang, ubah kebiasaan karena menyimpan uang di saku celana depan lebih aman. Saku bagian depan dirancang dengan kerapatan yang tinggi, sehingga sulit untuk dimasuki oleh benda berukuran besar, seperti tangan.

Logikanya saja, pencuri manapun tidak berani memasukkan tangan ke saku bagian depan karena dapat dipastikan 95 persen akan ketahuan. Kecuali jika uangmu kelihatan atau hampir terjatuh.

3 dari 4 halaman

4. Jangan Sepelekan Fungsi Kaos Kaki

Ketika masih kecil, orangtua sering menyuruh anak-anaknya untuk menyimpan uang di kaos kaki. Kira-kira, kenapa? Meskipun terkesan jorok, tapi maksud orangtua baik, yaitu supaya uang tetap aman dan tidak dicuri oleh siapapun.

Simpan uang yang memiliki nominal besar di dalam kaos kaki, seperti pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu. Sedangkan untuk nominal yang lebih kecil bisa disimpan di pouch, saku celana bagian depan, atau di dalam tas.

5. Simpan Uang di Berbagai Tempat

Banyak orang menyimpan uangnya di dalam satu tempat dengan alasan lebih simple dan mudah dijangkau. Padahal, tindakan ini memperbesar peluang pencuri untuk melakukan aksi kejahatan.

Coba bayangkan jika dompet Anda hilang, baik uang, kartu debit, dan kartu kredit akan lenyap begitu saja. Lalu, bagaimana dengan nasib barang belanjaan jika kebetulan Anda sedang berbelanja?

Masukkan uang tunai dan kartu ke tempat yang berbeda. Untuk uang, Anda bisa menaruhnya di dalam saku celana atau di belt bag. Sedangkan kartu-kartu bisa dimasukkan di dalam pouch.

Jika salah satu alat pembayaran hilang, masih ada alat pembayaran lain yang bisa digunakan untuk menyelesaikan transaksi.

4 dari 4 halaman

6. Batasi Membawa Jumlah Uang Tunai

Transaksi menggunakan kartu debit atau kartu kredit menyebabkan tindakan konsumtif. Namun, dari sisi keamanan, kartu-kartu ini sangat membantu untuk mengatasi perbuatan jahat.

Jika kartu debit atau kredit dicuri orang lain, Anda bisa menghubungi bank penerbit untuk memblokir kartu, sehingga kartu tidak disalahgunakan oleh pencuri.

Meskipun kartu kredit sudah ada, Anda tetap harus membawa uang tunai untuk membayar transaksi dengan nominal kecil. Misalnya, untuk membayar minuman, makanan, atau membeli tisu.

7. Waspada saat Menarik Uang di ATM

Biarpun ruangan untuk mesin ATM sudah dilengkapi dengan sisi TV, tapi Anda tidak dapat memastikan kalau daerah tersebut aman dari penjahat. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya tingkatkan rasa waspada di mana pun Anda berada.

Tutupi tombol angka pada mesin ATM saat Anda memasukkan nomor PIN. Pastikan orang yang mengantre di belakang Anda tidak melihat atau mengintip nomor PIN yang dimasukkan, agar proses menarik uang lebih aman.

Jangan Taruh Uang dengan Sembrono

Berapapun nominal uang yang Anda bawa, besar ataupun kecil, simpan di tempat yang paling aman dan sulit dijangkau oleh orang lain.

Hindari kebiasaan menaruh uang secara sembrono agar Anda tidak menjadi pusat perhatian atau bahkan menjadi mangsa pelaku tindak kejahatan, di mana pun Anda berada atau bepergian.

Indoclub Championship Lombakan Supermoto di 2019

Liputan6.com, Jakarta Indoclub Championship,kejuaraan balap club event, bakal kembali bergulir mulai 16-17 Februari di Sirkuit Gokart Sentul.Indoclub Championship bakal digelar sebanyak empat seri dan semuanya digelar di Jawa Barat.

Indoclub Championship 2019 akan memperkenalkan kelas eksebisi supermoto s/d 175cc 4tak non built up. Kelas baru ini akan memberi warna baru pada lomba dan tentunya hadiah menarik.

Selain bangga karena naik podium, pembalap yang sukses holeshoot (melewati tikungan pertama di posisi terdepan) bakalmendapatkan bonus sebsar Rp 1 juta. Ini diluar uang pembinaan untuk juara sebesar Rp 5 juta.

“Tahun ini ada balapan eksebisi. Karena masih eksebisi, jadi belum ada handicap. Pembalap akan mendapatkan ban gratis dari FDR,” kata Event Director Indoclub, Deny Wajonk kepada wartawan, Jumat (8/2/2019).

Selain Supermoto, Indoclub Championship 2019 juga menggelar balapan dengan motor MiniGP. Balapan ini dinamakan IndominiGP untuk anak-anak.

“Ini skema pembibitan dari mata rantai yang putus. Biasanya pembalap Indonesia memulai dari motor bebek dulu baru ke motor sport. Padahal ada motor MiniGP yang memang khusus balap. Diharapkan tumbuh bibit-bibit pembalap berbakat,” ujar Deny.

Sedangkan kelas-kelas utama seperti 2 tak, indomatic race dan scooter tentu menjadi sajian utama yang ditunggu peserta Indoclub Championship.


2 dari 3 halaman

Hadiah Mobil

Indoclub Championship 2019 juga akan disajikan secara kreatif di luar lintasan seperti booth activity, bazzar dan action photo contest yang berhadiah nonton MotoGP ke Sepang.

Karena berdekatan dengan hari Valentine, pembalap wanita nantinya juga akan diberikan bunga sehingga membuat suasana tambah berbeda.

Konsep hadiah di Indoclub dari tahun ke tahun juga makin menarik. Di tahun 2019 ini, diberikan kesempatan memperebutkan 1 (satu) unit mobil untuk tim yang berhasil menjadi juara umum di akhir musim kompetisi.

“Kita tahun 2019 ini ingin memberikan reward lebih kepada tim dan owner yang selama ini belum banyak tersentuh penyelenggara balap pada umumnya. Karena di balik kemenangan pembalap, ada peran yang sangat penting dari owner dan kru,” ujar Deny.

Kelas wajib dalam perhitungan total poin untuk memperebutkan satu unit mobil adalah RX-King dan Undebone 125cc Mix engine + Sport 2tak 150cc STD + Underbone mesin tidur. Setiap tim boleh dan dapat menurunkan banyak pembalap.

Misalnya, tim boleh menurunkan lebih dari 4 pembalap, namun tetap yang masuk dalam perhitungan total point untuk memperebutkan juara umum adalah maksimal 2 (dua) pembalap.

“Untuk selanjutnya 2 pembalap tersebut dimasukkan ke dalam perhitungan poin kejuaraan antar tim, berlaku sistem entrance nama tim yang harus didaftarkan sebelum acara berlangsung atau selambat-lambatnya pada saat QTT,” ujar pria ramah ini menambahkan.

3 dari 3 halaman

Peran Sponsor

Khusus untuk pebalap di kelas Kelas Super Pro dan Undebone 125cc Mix engine, juga masih akan memperebutkan hadiah total Rp10 juta pada setiap serinya. Selain itu, kelas ini juga hadir dengan format baru yang akan dibalapkan dua kali, terdiri dari race 1 race 2. Dan berlaku sistem akumulasi poin untuk menentukan perolehan point juara umum di akhir musim.

Sedangkan untuk kategori pemula Indoclub yang terdiri dari 4 (empat) kelas, panitia akan memberikan 1 (satu) unit sepeda motor di akhir musim bagi pebalap yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak. Serta dikategori Indomatic juga akan keluar Juara Umum per seri dengan hadiah uang tunai untuk masing-masing kategori Open dan Pemula.

“Konsistensi dalam gelaran Indoclub Championship tidak terlepas dari support yang selama ini diberikan oleh teman-teman sponsor, adapun sponsor yang terlibat adalah Cargloss Aerox, FDR tire, Antangin, Ravenol oil, Deride, Kawahara, Lenka MiniGP, CLR Racing, Busi Brisk, Bpro Racing, Dalian Carton box, JVT Performance, Racing Boy, RC-3 Parts, AHRS Racing Product, Helm NHK, WRC Knalpot, Indomaret, dan Merburgs,”Deny menjelaskan.

Alarm Bahaya bagi Juventus

Liputan6.com, Jakarta Juventus masih belum tersentuh kekalahan di Liga Italia Serie A 2018-2019 dari 22 pertandingan yang sudah dilakoni. I Bianconeri pun kokoh di puncak klasemen sementara.

Pasukan Massimiliano Allegri sudah mengoleksi 60 poin dari 22 laga. Juventus unggul sembilan poin dari peringkat dua Napoli. Baru tiga tim yang bisa mengimbangi Juventus sejauh ini yakni Genoa, Atalanta dan Parma. 

Juventus juga menjadi satu-satunya tim di lima liga top Eropa yang belum pernah kalah di musim 2018-2019. Namun laju positif Juventus ini perlahan mulai terancam.

Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mulai tertatih-tatih sejak awal 2019. Buktinya di tiga laga terakhir, Juventus cuma bisa menang satu kali saja.

Juventus tersingkir dari Coppa Italia setelah secara memalukan kalah 0-3 dari Atalanta di babak perempat final. Kemudian pada laga terakhir Serie A, La Vecchia Signora ditahan imbang Parma 3-3 meski sempat unggul 3-1 terlebih dahulu.

Sebelum kalah dari Atalanta, Juventus susah payah menang atas Lazio 2-1 d Serie A. Saat itu, Juventus nyaris kalah. Lazio unggul 1-0 lebih dulu dan punya banyak peluang emas. Kala itu Juventus tak bisa mencatatkan tembakan ke arah gawang di babak pertama.

Tiga pertandingan terakhir ini menjadi alarm bahaya bagi Juventus. Allegri harus menemukan racikan yang tepat untuk mengembalikan kehebatan I Bianconeri.

2 dari 3 halaman

Trio BBC

Terpuruknya Juventus tak lepas dari cederanya trio BBC Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Ketiga bek tangguh andalan Juventus itu sedang mengalami cedera.

Trio BBC tidak turun saat Juventus ditahan imbang Parma. Saat itu Daniele Rugani dan Martin Caceres yang diturunkan mengawal pertahanan. Untuk pertama kalinya sejak Maret 2012, Juventus tidak dapat mengandalkan salah satu dari trio BBC.

“Sepak bola cantik tak ada gunanya, pada akhirnya tendang saja ke arah penonton,” kata Allegri seperti dikutip Football Italia seusai ditahan Parma.

“Kami terlalu lembek saat bertahan dan melakukan beberapa kesalahan. Ada gerakan tak perlu gara- gara kurang konsentrasi. Kami harus lebih fokus, kami tak boleh terus anggap enteng.”

3 dari 3 halaman

Tetap Tenang

Ujian selanjutnya bagi Juventus adalah Sassuolo pada laga Serie A Minggu (10/2/2019). Trio BBC masih belum bisa diturunkan Juventus pada laga tersebut.

Meski sedang dalam tren menurun, Ronaldo meminta fans tak cemas. Dia yakin Juventus akan kembali tampil perkasa.

“Saya rasa ini tak ada hubungannya dengan level kebugaran maupun latihan ekstra. Ini hanya sepakbola. Semua orang melihat Juve karena kami adalah tim terbaik dan mereka mempelajari cara- cara untuk mengalahkan kami. Namun kami harus tetap tenang,” kata Ronaldo.

“Kami tak cemas, karena kami percaya pada tim, teknik kami, juga pelatih dan stafnya. Tak perlu cemas,” pungkasnya.