Jokowi: Militer Kita Terkuat di ASEAN, Jangan Ada yang Meremehkan TNI

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, jangan sampai ada seorang pun meremehkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) karena TNI merupakan kekuatan besar Indonesia di ASEAN, bahkan di Asia.

“Perlu saya sampaikan, karena di debat semalam saya sudah sampaikan, saya percaya seratus persen dengan TNI kita. Jadi jangan ada sekali lagi yang remehkan TNI kita. Setuju tidak?” kata Jokowi di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019).

Jokowi menyampaikan hal itu dalam kampanye terbuka yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kallah, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir.

“Kita harus menjaga negara sebesar Indonesia ini. Karena itu kita punya kekuatan besar yang kita miliki, yang tadi malam saya sampaikan bahwa TNI-Polri Indonesia adalah kekuatan besar,” ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, ia perlu menyampaikan hal itu karena pada debat capres keempat pada Sabtu malam yang mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan sejumlah kritik mengenai pertahanan keamanan Indonesia.

“Karena di debat semalam saya sudah sampaikan, saya percaya seratus persen dengan TNI kita. Karena kekuatan TNI kita nomor satu di ASEAN, jangan sampai ada yang remehkan TNI kita. Setuju tidak? Yang setuju tunjuk Jari. TNI kita kekuatannya nomor 5 di Asia, artinya TNI kita ini kuat sekali,” tegas Jokowi.

Sempat Calonkan Adik Raja Jadi PM, Partai Oposisi Terkuat Thailand Resmi Dibubarkan

Liputan6.com, Bangkok – Mahkamah Konstitusi Thailand secara resmi memerintahkan pembubaran Raksa Chart Party pada Kamis, 7 Maret 2019. Hal itu dikarenakan partai oposisisi sempat mencalonkan Putri Ubolratana, adik Raja Thailand, sebagai perdana menteri.

“Pengadilan telah memerintahkan agar partai dibubarkan,” kata Taweekiet Meenakanit, hakim kasus itu. Mahkamah juga melarang 14 eksekutif partai dari kegiatan politik selama satu dekade.

Putusan terhadap partai klan Thaksin Shinawatra itu diberikan oleh komite yang terdiri dari sembilan orang hakim. Terkait pembubaran, seluruh hakim bersuara bulat. Sedangkan mengenai pelarangan aktivitas politik bagi pimpinan partai diajukan oleh tiga orang saja, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (7/3/2019).

Saat sidang berlangsung, kepolisian Thailand menerjunkan lebih dari 1.000 petugas di dalam dan sekitar pengadilan, mengamankan daerah itu sebelum putusan dikeluarkan.

Pemimpin Raksa ChartParty, Preechapol Pongpanich mengatakan kepada media bahwa partainya menerima putusan itu.

“Kami semua memiliki niat baik untuk negara ini,” kata Preechapol.

Sementara itu, pendukung tampak menangis. Mereka mengatakan akan mendukung partai oposisi lainnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Raksa Chart Party bukanlah satu-satunya partai yang memiliki kedekatan dengan klan Thaksin Shinawatra. Terdapat partai lain namun lebih kecil. Mereka memiliki posisi yang sama dalam usaha mengalahkan mantan pemimpin junta militer Prayut Chan-o-cha.

“Struktur polarisasi di Thailand dengan adanya Thaksin dan apa yang mereka perjuangkan sebagai “garis patahan” tetap kurang lebih sama,” kata Thitinan Pongsudhirak, ilmuwan politik dari Universitas Chulalangkorn.

Thitinan juga menggarisbawahi bahwa pelarangan Raksa Chart Party bukan berarti akan menambah suara bagi partai pro-militer.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Dianggap Melanggar Monarki Konstitusional

Komisi Pemilihan meminta pengadilan membubarkan partai setelah mencalonkan Puteri Ubolratana Rajakanya Sirivadhana Barnavadi sebagai perdana menteri beberapa waktu lalu. Partai oposisi terbesar itu digambarkan oleh Mahkamah Konstitusi sebagai “antagonis” terhadap monarki konstitusional.

Sang putri melepaskan gelar kerajaan pada tahun 1972 tetapi masih secara resmi diperlakukan sebagai anggota senior keluarga kerajaan, yang sangat dihormati di Thailand.

Sebelumnya, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn sangat menentang pencalonan saudara perempuannya, menyebut hal tersebut sebagai “tidak pantas” dan tidak konstitusional. Pernyataan itu disampaikan dalam pidato yang diliput oleh seluruh televisi nasional.

Dengan cepat, pencalonan Putri Ubolratana dinyatakan tidak sah atau didiskualifikasi oleh Komisi Pemilihan. Raksa Chart Party juga meminta maaf segera setelahnya.

Banyak pihak berasumsi bahwa pembubaran Raksa Chart Party tidak akan melemahkan strategi pendukungnya. Hal itu mengingat partai yang dibubarkan telah menerjunkan beberapa kader loyalis Thaksin dalam partai terpisah. Mungkin sebelumnya Raksa Chart menggunakan itu sebagai “strategi” agar mendapatkan lebih banyak kursi dewan. Namun saat ini, taktik politik itu akan bermanfaat dalam menjaga eksistensi Thaksin Shinawatra dalam perpolitikan pascapembubaran.

Tolak Real Madrid dan Chelsea, Icardi Merapat ke Juventus

Liputan6.com, Jakarta – Penyerang Mauro Icardi hampir pasti akan meninggalkan Inter Milan akhir musim nanti. Icardi sedang bermasalah dengan La Beneamata setelah negosiasi kontrak baru menemui jalan buntu.

Pemain asal Argentina itu saat ini berlatih terpisah dengan skuat utama Inter Milan. Icardi juga telah kehilangan jabatan sebagai kapten tim. Sejak dicopot sebagai kapten, Icardi tak pernah bermain lagi untuk Inter. 

Performa apik Icardi bersama Inter membuat banyak klub besar tertarik merekrutnya. Real Madrid, Chelsea dan Juventus sangat berminat kepada eks pemain Sampdoria itu.

Akan tetapi, menurut Corriere dello Sport, Icardi tak tertarik pindah ke Real Madrid ataupun Chelsea. Mantan pemain Barcelona itu masih senang bermain di Italia.

Karena memprioritaskan tetap di Italia, Juventus menjadi kandidat terkuat klub baru Icardi musim depan. Kebetulan Juventus juga sudah menyatakan minat kepada Icardi.

2 dari 3 halaman

Napoli

Juventus nyaris merekrut Icardi musim panas tahun lalu. Namun urung dilakukan setelah I Bianconeri berhasil mendapatkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Selain Juventus, klub Italia lain yang mungkin bisa menjadi pelabuhan baru Icardi adalah Napoli. Namun mahalnya biaya transfer Icardi bisa menjadi kendala.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Italia

Cinlok di Bohemian Rhapsody, Ini Pengakuan Manis Rami Malek soal Lucy Boynton

Liputan6.com, Los Angeles – Kehadiran Rami Malek dalam perhelatan Oscar 2019 yang digelar di Los Angeles, Senin (25/2/2019) kemarin terus menjadi sorotan publik.

Ini bukan hanya karena ia memenangkan piala untuk kategori Aktor Terbaik. Namun juga karena ia sontak mencium sang kekasih, Lucy Boynton, dengan sangat mesra, sesaat setelah ia diumumkan sebagai pemenang dalam kategori ini.

Hubungan Rami Malek dan Lucy Boynton memang terbilang spesial. Pasalnya, kisah cinta mereka berawal dari syuting Bohemian Rhapsody di London, film yang mengantarkan Rami Malek pada piala Oscar pertamanya ini.

Mereka pertama kali dirumorkan berpacaran pada April 2018. Apalagi, mereka kerap tampil mesra di sejumlah acara.

Nah, pada Januari tahun ini, Rami Malek secara terbuka membenarkan kabar ini. Ia menyebut Lucy sebagai ‘cintanya’ saat menerima penghargaan Breakthrough Artist dari Palm Springs International Film Festival.

Setelah mengakui hubungan mereka, Rami Malek tak jarang mengungkap kalimat manis yang penuh pujian mengenai Lucy Boynton.

2 dari 3 halaman

Jatuh Hati di Lokasi Syuting

Dalam festival film Santa Barbara, ia memuji sang kekasih, sekaligus mengakui bahwa ia sudah jatuh hati kepada wanita berambut pirang ini saat syuting Bohemian Rhapsody.

“Aktor seperti Lucy Boynton, yang saat kulihat matanya, aku berpikir, ‘Oh, aku tak perlu berakting. Aku tak perlu melakukan apa-apa’,” tuturnya, seperti dilansir dari ET.

3 dari 3 halaman

Pencuri Hati Rami

Saat berbicara kepada wartawan di karpet merah Oscar, aktor 37 tahun ini kembali memuji sang kekasih. “Aku bisa berakting dengan salah satu orang paling berbakat, aktor terkuat, dan dia masih berada di pelukanku,” tutur Rami.

Lucy yang berdiri di sebelah Rami pun dibuat tersipu. “Sekarang kamu membuatku malu. Aku enggak mau lihat,” kata wanita 25 tahun tersebut.

Setelah menerima pialanya, Rami juga tak lupa memberikan kata-kata romantis untuk sang kekasih, yang ia utarakan di akhir pidatonya. “Lucy Boynton, kau adalah inti dari film ini. Kamu luar biasa berbakat. Kamu telah mencuri hatiku.”

Jadi Korban Fitnah, Miliarder Dapat Ganti Rugi Rp 2,7 Miliar

Liputan6.com, Sydney – Miliarder Chau Chak Wing mendapat ganti rugi sebesar 280 ribu dolar Australia atau Rp 2,7 miliar (1 dolar Australia: Rp 9.986). Uang itu didapatkan karena hakim memutuskan ia menjadi korban fitnah.

Dilaporkan SBS, Fairfax Media disebut memuat hoaks bahwa Chau Chak Wing menyuap mantan Presiden PBB John Ashe. Berita itu ditulis pada Oktober 2015, 13 bulan setelah Ashe turun jabatan.

Hakim Michael Wigney menyoroti bahasa sensasional yang digunakan artikel tersebut. Isi tulisan juga dinilai menuduh.

“Nada yang mengalir mulai dari sensasional hingga hiperbolis seringkali digunakan, begitu juga sindiran dan insinuasi serampangan; beberapa secara halus, beberapa lainnya tidak demikian,” ujar hakim.

Selain hoaks menyuap presiden PBB, artikel menyebut miliarder itu disebut pantas diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) atas tuduhan kriminal.

Chau menyambut baik putusan peradilan dan berjanji akan menyumbangkan seluruh uang ganti rugi. Ia pun kembali percaya pada hukum Australia.

“Saya akan sepenuhnya menyumbangkan ganti rugi yang diserahkan Hakim Wigney ke sejumlah badan amal yang mendukung veteran Australia dan keluarga mereka,” ujar sang miliarder dalam keterangannya.

Hakim berharap, putusan ini bisa menghilangkan anggapan buruk tentang Chau yang terlanjur tersebar. Pihak Fairfax Media menyebut akan banding.

2 dari 2 halaman

Miliarder China Jadi Orang Paling Dermawan di Benua Asia

Membahas miliarder keturunan China, bulan lalu terkuat para miliarder paling dermawan di Asia berada di Negeri Tirai Bambu.

Menurut Value Walk, sosok paling dermawan di Asia adalah He Xiangjian. Dia berada di posisi 7 dalam daftar miliarder paling dermawan di daftar tersebut.

He Xiangjian adalah pendiri Midea Group. Perusahaan itu berdiri pada 1968 dan beroperasi di sektor alat elektronik. Terkini, Xiangjian adalah orang terkaya ke sembilan di Tiongkok.

Total uang yang diamalkan sang miliarder di tahun 2018 adalah USD 1,1 miliar atau Rp 15,4 triliun (asumsi kurs USD 1 = Rp 14.082). Jumlah itu adalah sebesar 5,47 persen harta yang dia miliki pada 2018, yakni USD 20,1 miliar (Rp 283 triliun).

Masih di daftar 10 besar Value Walk, ada nama Li Ka-Shing, konglomerat berusia 90 tahun asal Hong Kong. Pria yang berjuluk Superman itu menyumbangkan USD 1,8 miliar (Rp 25,4 triliun).

Angkanya memang lebih tinggi dari He Xiangjian, tetapi persentase itu tercatat “hanya” 5,33 persen dari hartanya (Rp 25,3 triliun).

Terakhir, muncul pula nama miliarder Ma Huateng (Pony Ma) yang merupakan bos Tencent. Ia adalah orang terkaya kedua di China setelah Jack Ma dan menyumbangkan USD 2 miliar (Rp 28,1 triliun) di tahun 2018 atau 4,43 persen dari hartanya sebesar USD 45,3 miliar (Rp 637,9 triliun)

Cetak Sejarah, Mandalika Jadi Sirkuit Jalan Raya Pertama di MotoGP

Liputan6.com, Jakarta Penantian panjang pecinta MotoGP di Indonesia untuk menyaksikan langsung balapan di tanah air akhirnya akan segera berakhir. Mandalika akan menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP mulai 2021.

Kesepakatan telah tercapai antara promotor MotoGP, Dorna dengan Indonesia Tourism Development Corporation (IDTC). Kontrak sudah ditandatangani pada 21 Januari di Madrid, Spanyol. Kontrak awal akan berdurasi tiga tahun. 

MotoGP Mandalika akan berlangsung di sirkuit jalan raya. Ini akan mengukir sejarah baru sebagai balapan MotoGP pertama yang digelar di sirkuit jalan raya. Sebelumnya baru Formula 1 yang menggelar balapan di jalan raya yakni di Singapura dan Monako.

“Kita tandatangan kontrak di Januari dengan Dorna.‎ Kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kita siapkan venue, bangun sirkuit,” ujar Direktur Utama IDTC, Abdulbar M Mansoer seperti dikutip dari Autosport.

Sirkuit di Mandalika ini akan dibangun dari awal. Rencananya pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika ini dimulai kuarter tiga tahun 2019. Sirkuit ini bakal dipakai sebagai jalan umum saat sedang tidak dipakai pembalap MotoGP.

2 dari 2 halaman

Dibangun dari Nol

“Sirkuit jalan akan dibangun dari nol, tidak seperti trek di Singapura dan Monako. Ketika tidak ada balapan, itu akan digunakan sebagai jalan raya biasa di daerah tersebut,” ujar Abdulbar.

Dengan adanya Sirkuit Mandalika, MotoGP 2021 kemungkinan akan menggelar 20 seri. Pada tahun 2020, akan ada venue baru di Finlandia.

Prediksi Atletico Madrid Vs Juventus: Bongkar Pertahanan

Madrid- Atletico Madrid bakal melawan Juventus pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Wanda Metropolitano, Kamis (21/2/2019). Duel ini bakal jadi ajang pembuktian tim mana yang lebih kuat dalam bertahan.

Soalnya, kedua tim selama ini dikenal memiliki pertahanan solid dan tak mudah diruntuhkan.Namun Juventus, yang mulai musim ini diperkuat Cristiano Ronaldo, punya kekuatan ofensif yang lebih baik daripada Los Colchoneros.

Di La Liga 2018-2019 sejauh ini, pertahanan Atletico adalah yang terkuat dibandingkan lawan-lawannya. Pasukan Diego Simeone baru kebobolan 17 gol dalam 24 pertandingan. Sementara itu, Juventus merupakan tim dengan produktivitas gol tertinggi (52) sekaligus angka kebobolan terendah (15) di Serie A hingga pekan ke-24.

Atletico sedikit kesulitan di fase grup. Mereka mencetak sembilan gol dan kebobolan enam dalam enam pertandingan untuk finis sebagai runner-up Grup A di bawah Borussia Dortmund.

Juventus juga mencetak sembilan gol di fase grup, tapi anak-anak asuh Massimiliano Allegri hanya kebobolan empat, dan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup H.

Atletico dan Juventus baru pernah berhadapan dua kali, yakni di fase grup Liga Champions 2014/15. Atletico, yang waktu itu masih diperkuat Mario Mandzukic, menang 1-0 lewat gol tunggal Arda Turan di kandang sendiri dan imbang 0-0 di Italia.

Di liga akhir pekan kemarin, setelah menelan dua kekalahan beruntun lawan Real Betis dan Real Madrid, Atletico menang 1-0 lewat gol tunggal Antoine Griezmann atas tuan rumah Rayo Vallecano. Itu adalah golnya yang ke-130 untuk Atletico, membawa dia menyalip Fernando Torres sebagai pencetak gol terbanyak ke-5 dalam sejarah Atletico.

Griezmann, yang mencetak sepuluh gol dalam 11 penampilan terakhirnya, bakal jadi salah satu tumpuan Atletico untuk coba meraih hasil terbaik melawan La Vecchia Signora. Namun Griezmann tak sendirian. Dia bakal berpartner dengan eks Juventus yang baru bergabung dari Chelsea di bursa transfer Januari, Alvaro Morata.

Atletico memiliki pemain-pemain ofensif berkualitas, juga skema serangan balik yang mematikan. Namun untuk urusan sepakbola menyerang, Juventus tidak kalah dari mereka.

2 dari 3 halaman

Faktor Ronaldo

Juventus sempat kebobolan enam gol dan tanpa kemenangan dalam dua laga beruntun, yakni ketika ditekuk Atalanta 0-3 di Coppa Italia dan ditahan imbang Parma 3-3 di Serie A. Periode negatif itu sudah lewat. Buktinya adalah kemenangan dengan skor identik 3-0 atas Sassuolo dan Frosinone dalam dua laga terakhir mereka.

Kemenangan atas Frosinone di Turin akhir pekan kemarin juga ditandai dengan kembalinya duet bek sentral utama Juventus, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, dari cedera. Bonucci bahkan menyumbang satu gol untuk membantu timnya mengamankan tiga angka. Gol-gol lainnya dicetak oleh Ronaldo dan Paulo Dybala.

Dybala mencetak gol Serie A pertamanya sejak 3 November 2018. Ronaldo mencetak golnya yang ke-19 di Serie A dan mengukuhkan posisi di puncak daftar top scorer sementara.

Bagi Ronaldo, Atletico jelas bukan lawan yang asing. Selama masih memperkuat Real Madrid antara 2009 dan 2018, Ronaldo mencetak 22 gol dalam 31 penampilan melawan Atletico di semua kompetisi.

Jika ada satu pemain Juventus yang benar-benar harus diwaspadai oleh barisan pertahanan Atletico, dialah orangnya.

3 dari 3 halaman

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Atletico (4-4-2): Oblak; Luis, Godin, Gimenez, Arias; Saul Niguez, Partey, Rodrigo, Correa; Griezmann, Morata

Pelatih: Diego Simeone

Juventus (4-3-1-2): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Chiellini, Sandro; Pjanic, Bentancur, Matuidi; Dybala; Mandzukic, Ronaldo

Pelatih: Massimiliano Allegri

Sumber: Bola.net

Harga Emas Sentuh Level Tertinggi dalam 10 Bulan

Liputan6.com, Jakarta – Harga emas naik ke level tertinggi dalam 10 bulan pada perdagangan Selasa karena kekhawatiran perlambatan ekonomi dunia. Kekhawatiran tersebut membuat investor memburu aset-aset safe haven seperti emas.

Selain itu, kenaikan harga emas juga didukung oleh pelemahan dolar AS akibat pelaku pasar sedikit sanksi dengan proses pembicaraan perang dagang antara AS dengan China.

Mengutip CNBC, Rabu (20/2/2019), harga emas di pasar spot naik 0,86 persen menjadi USD 1.337,51 per ounce, setelah sebelumnya menyentuh level tertinggi sejak 20 April di USD 1.341,18 per ounce.

Sedangkan harga emas berjangka AS naik USD 22,70 menjadi USD 1.344,80 per ounce.

“Kami mendapatkan lebih banyak bukti perlambatan pertumbuhan ekonomi global,” kata analis SP Angel Sergey Raevskiy.

“Ada beberapa komentar dovish dari Bank Sentral Jepang dan Bank Sentral Eropa.” tambah dia.

Sinyal dovish dari Bank Sentral Jepang dan Bank Sentral Eropa tersebut menambah kekhawatiran atas perlambatan ekonomi global dan mengikuti lemah data ekonomi dari Amerika Serikat dan China.

Saat ini, investor tengah menunggu risalah pertemuan kebijakan terakhir Federal Reserve AS untuk panduan lebih lanjut mengenai rencana kenaikan suku bunga tahun ini.

Kenaikan suku bunga atau suku bunga yang tinggi cenderung membebani harga emas yang tidak memberikan imbal hasil bunga.

2 dari 3 halaman

Perdagangan Sebelumnya

Pada perdagangan sebelumnya, harga emas naik ke level terkuat sejak April 2018 pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) ditopang pelemahan dolar Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Reuters, Selasa (19/2/2019), harga emas spot naik 0,4 persen menjadi USD 1.326,15 per ounce, setelah sebelumnya mencapai USD 1.327,64, tertinggi sejak 25 April. Harga emas berjangka AS naik 0,6 persen menjadi USD 1.329,7 p er ounce. 


Membantu kenaikan emas batangan, dolar AS mundur dari level tertinggi dua bulan pada minggu lalu seirinngnya meningkatnya optimisme untuk kesepakatan perdagangan AS-China.

Resolusi perdagangan kemungkinan akan meningkatkan nilai yuan dan pada gilirannya, permintaan dari China, analis Forex.com Fawad Razaqzada mengatakan. “Tercapainya kesepakatan AS dan China akan menekan dolar karena pemerintah AS akan memutuskan untuk menurunkan tarif impor, yang akan menurunkan harga impor, menyebabkan inflasi turun dan mengurangi kebutuhan Federal Reserve AS untuk meningkatkan suku bunga.”

Investor akan menunggu risalah pertemuan kebijakan Januari The Fed pada hari Rabu untuk kejelasan lebih lanjut tentang kenaikan suku bunga tahun ini. Tingkat yang lebih tinggi cenderung membebani harga emas. Di antara logam mulia lainnya, platinum tidak berubah di level USD 802 per ounce, sementara perak naik 0,2 persen menjadi USD 15,8 per ounce.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Benarkah Gempa Bumi Bisa Memindahkan Jutaan Karbon ke Palung Laut?

Liputan6.com, Tokyo – Pada 2011, gempa bermagnitudo 9,0 berkecamuk di lepas pantai Tohoku, Jepang, dan memicu tsunami besar yang menewaskan lebih dari 15.000 orang.

Efek global dari gempa Tohoku –yang sekarang dianggap sebagai lindu terkuat keempat sejak pendataan dimulai pada 1900– masih dipelajari.

Sejak saat itu, para ilmuwan memperkirakan bahwa gempa tersebut telah mendorong pulau utama Jepang sejauh 2,4 meter ke arah timur, menjebloskan daratannya sedalam 25 cm dari porosnya dan memperpendek hari menjadi sepersejuta detik, NASA melaporkan pada tahun 2011.

Tetapi bagi Arata Kioka, seorang ahli geologi di University of Innsbruck di Austria, efek gempa paling menarik dan misterius tidak dapat dilihat dengan satelit, tapi hanya dapat diukur di jurang terdalam samudra.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan pada 7 Februari di jurnal Scientific Reports, Kioka dan rekan-rekannya mengunjungi Japan Trench –zona subduksi (di mana satu lempeng tektonik berada di bawah lempeng yang lain) di laut Pasifik, yang berada lebih dari 8.000 meter di titik terdalamnya.

Ia ingin menentukan banyaknya bahan organik yang dibuang di lokasi tersebut oleh gempa bersejarah itu. Tim menemukan bahwa sekitar satu teragram –atau 1 juta ton– karbon telah dibuang ke palung (Japan Trench) setelah gempa bumi Tohoku dan gempa susulan berikutnya.

“Ini jauh lebih dari yang kami harapkan,” kata Kioka kepada Live Science, yang dikutip oleh Liputan6.com pada Selasa (19/2/2019).

Tempat Terdalam Bumi

Jumlah besar karbon yang direlokasi oleh gempa bumi mungkin memainkan peran penting dalam siklus karbon global –proses alami dan lambat yang membuat karbon berputar melalui atmosfer, lautan dan semua makhluk hidup di Bumi, kata Kioka.

Palung Jepang adalah bagian dari zona hadal (terinspirasi dari Hades, dewa Yunani dari dunia bawah laut), yang mencakup tempat-tempat yang tersembunyi di lebih dari 3,7 mil (6 kilometer) di bawah permukaan laut.

“Zona hadal hanya menempati 2 persen dari total luas permukaan dasar laut,” jelas Kioka kepada Live Science. “Dan area ini mungkin kurang dieksplorasi, ketimbang Bulan atau Mars.”

Pada serangkaian misi yang didanai oleh beberapa lembaga sains internasional, Kioka dan rekan-rekannya menjelajahi Palung Jepang sebanyak enam kali, antara 2012 dan 2016.

Selama pelayaran ini, kru menggunakan dua sistem sonar yang berbeda untuk membuat peta resolusi tinggi tentang kedalaman palung.

Trik ini memungkinkan mereka untuk memperkirakan banyaknya sedimen baru yang telah ditambahkan ke dasar palung, seiring berjalannya waktu usai gempa dahsyat 2011 silam.

Untuk melihat perubahan kandungan kimia dalam sedimen itu, tim riset menggali beberapa inti sedimen dengan cara memanjang, dari bagian bawah palung.

Dalam panjang hingga 10 meter, masing-masing inti ini berfungsi sebagai semacam lapisan geologis yang menunjukkan cara serpihan-serpihan materi dari daratan dan laut menumpuk di bagian bawah palung.

Beberapa meter sedimen tampaknya telah dibuang ke palung pada tahun 2011, menurut Kioka. Ketika timnya menganalisis sampel sedimen ini di laboratorium yang ada di Jerman, mereka dapat menghitung jumlah karbon di setiap intinya.

Kru memperkirakan bahwa jumlah total karbon yang ditambahkan di seluruh palung mencapai satu juta ton.

Sebagai perbandingan, sekitar 4 juta ton karbon dikirim ke laut setiap tahun dari pegunungan Himalaya melalui sungai Gangga-Brahmaputra, Kioka dan rekan-rekannya menulis dalam studi mereka.

Seperempat dari jumlah itu akan berakhir di Palung Jepang setelah peristiwa seismik tunggal pada 2011.

Namun, Kioka dan rekannya masih belum mengetahui bagaimana karbon yang dibuang ke tempat-tempat terdalam Bumi masuk ke dalam siklus yang lebih luas.

Kendati demikian, zona subduksi seperti Palung Jepang mungkin telah membukakan sedimen karbon jalur yang relatif cepat ke interior Bumi, di mana akhirnya dapat dilepaskan ke atmosfer planet ini sebagai karbon dioksida selama letusan gunung berapi.


Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Gempa Bolivia 1994 Kuak Keberadaan Gunung Misterius di Bawah Bumi

Sementara itu, sebuah penelitian baru mengungkapkan fitur dunia bawah tanah yang menyerupai struktur di permukaan Bumi. Jauh dari iklim panas yang menggelegak, ternyata ada banyak gunung di dalam planet ini.

Ahli geofisika dari Princeton University di Amerika Serikat dan Chinese Academy of Sciences menggunakan gema gempa besar yang melanda Bolivia pada dua dekade lalu, untuk menyatukan topografi di bawah Bumi.

Pada 9 Juni 1994, lindu bermagnitudo 8,2 mengguncang wilayah Amazon yang berpenduduk jarang di Amerika Selatan. Ini adalah gempa terparah yang pernah melanda Bolivia sepanjang sejarah, dengan guncangan dirasakan hingga ke Kanada.

“Gempa bumi sebesar ini tidak sering terjadi,” kata ahli geografi Jessica Irving, seperti dikutip dari Live Science, Sabtu 16 Februari 2019.

Titik fokus gempa diperkirakan ada di kedalaman di bawah 650 kilometer (sekitar 400 mil). Tidak seperti gempa yang menggiling kerak Bumi, energi dari “monster” ini juga dapat mengguncang seluruh mantel Bumi bak semangkuk jeli.

Getaran gempa itu menjadi salah satu yang pertama diukur pada jaringan seismik modern, memberikan para peneliti rekaman gelombang yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang memantul melalui interior planet kita.

Para periset menggambarkannya seperti gelombang suara ultrasonik yang mampu mengungkapkan perbedaan kepadatan jaringan di dalam tubuh, gelombang besar yang berdenyut melalui cairan di dalam Bumi saat keraknya bergetar, dapat digunakan untuk mengumpulkan bukti tentang apa yang terjadi di bawah Bumi.

Hanya baru-baru ini, para ahli geologi menggunakan penanda dalam gelombang ini untuk menentukan kekakuan inti Bumi. Mereka mengambil keuntungan dari intensitas gempa 1994 untuk mendeteksi hamburan gelombang, ketika guncangan lindu berpindah di antara lapisan dan mengungkapkan rincian batas atau zona transisi.

“Kita tahu bahwa hampir semua benda memiliki kekasaran permukaan dan karenanya menyebarkan cahaya. Itulah mengapa kita dapat melihat benda-benda ini –hamburan gelombang membawa informasi tentang kekasaran permukaan,” kata penulis utama studi ini, Wenbo Wu, seorang ahli geologi di California Institute of Technology.

“Kami menyelidiki gelombang seismik yang tersebar, bergerak di dalam Bumi, untuk membatasi kekasaran batas Bumi sejauh 660 kilometer,” imbuhnya.

Pada kedalaman tersebut, ada pembagian antara bagian bawah mantel yang lebih kaku dan zona atas yang tidak terlalu banyak tekanan, yang menciptakan diskontinuitas yang ditandai oleh munculnya berbagai mineral.

“Lubang terdalam yang pernah kami gali adalah sedalam 12 kilometer (7,5 mil), jadi tanpa terowongan skala Jules Verne, kami tidak tahu seperti apa zona transisi ini. Sampai sekarang,” lanjut Wu menerangkan.

Berdasarkan gelombang yang melintasi batas (zona transisi), para peneliti telah menyimpulkan bahwa titik pertemuan antara bagian atas dan bawah mantel Bumi adalah rangkaian gunung berbentuk zig-zag.

“Dengan kata lain, topografi yang lebih kuat daripada Pegunungan Rocky atau Appalachia ada di batas 660 kilometer,” kata Wu.

Garis ‘bergerigi’ ini memiliki implikasi signifikan bagi pembentukan Bumi. Sebagian besar massa planet kita terdiri dari mantel, jadi mengetahui bagaimana proses percampurannya dan perubahannya dengan mentransfer panas, bisa memberi tahu para ilmuwan tentang cara Bumi berkembang dari waktu ke waktu.

3 dari 3 halaman

Mengetahui Asal Muasal Bumi

Sementara itu, dengan mengetahui perincian gunung bawah tanah ini dapat menentukan nasib berbagai model yang menggambarkan sejarah geologi Bumi, yang terus berubah.

“Apa yang menarik dari hasil ini adalah bahwa mereka memberi kami informasi baru untuk memahami nasib lempeng tektonik kuno yang telah turun ke mantel, dan di mana bahan mantel kuno mungkin masih berada,” Irving menjabarkan.

“Mungkin itu bukan tempat yang mudah untuk dijelajahi, tetapi dunia yang hilang di bawah kaki kita masih menyimpan petunjuk tentang masa lalu umat manusia, jika kita tahu ke mana harus mencari,” pungkasnya.

Penelitian tersebut kini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Science (Anda dapat mengunjungi tautan berikut: science.sciencemag.org/content/363/6428/736).

Harga Emas Naik ke Level Tertinggi Sejak April 2018

Liputan6.com, Chicago – Harga emas naik ke level terkuat sejak April 2018 pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) ditopang pelemahan dolar Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Reuters, Selasa (19/2/2019), harga emas spot naik 0,4 persen menjadi USD 1.326,15 per ounce, setelah sebelumnya mencapai USD 1.327,64, tertinggi sejak 25 April. Harga emas berjangka AS naik 0,6 persen menjadi USD 1.329,7 p er ounce.

Membantu kenaikan emas batangan, dolar AS mundur dari level tertinggi dua bulan pada minggu lalu seirinngnya meningkatnya optimisme untuk kesepakatan perdagangan AS-China.

Resolusi perdagangan kemungkinan akan meningkatkan nilai yuan dan pada gilirannya, permintaan dari China, analis Forex.com Fawad Razaqzada mengatakan. “Tercapainya kesepakatan AS dan China akan menekan dolar karena pemerintah AS akan memutuskan untuk menurunkan tarif impor, yang akan menurunkan harga impor, menyebabkan inflasi turun dan mengurangi kebutuhan Federal Reserve AS untuk meningkatkan suku bunga.”

Investor akan menunggu risalah pertemuan kebijakan Januari The Fed pada hari Rabu untuk kejelasan lebih lanjut tentang kenaikan suku bunga tahun ini. Tingkat yang lebih tinggi cenderung membebani harga emas. Di antara logam mulia lainnya, platinum tidak berubah di level USD 802 per ounce, sementara perak naik 0,2 persen menjadi USD 15,8 per ounce.

Palladium cetak rekor

Harga Palladium melonjak ke rekor tertinggi karena defisit pasokan yang berkelanjutan. Harga paladium spot, yang diperdagangkan setinggi USD 1.458 per ounce, naik 1,8 persen menjadi USD 1.457 per ounce.

Defisit di pasar paladium akan melebar secara dramatis tahun ini karena standar emisi yang lebih ketat meningkatkan permintaan, kata pabrikan autokatalis Johnson Matthey dalam sebuah laporan pekan lalu.

“Pasar pada dasarnya kuat,” kata analis Julius Baer, ​​Carsten Menke. “Defisit yang sedang berlangsung dan produsen autokatalis mengatakan mereka tidak melihat substitusi berbasis luas dari paladium menjadi platinum benar-benar memperkuat sentimen positif yang berlaku.”

Kedua logam tersebut terutama digunakan oleh pembuat mobil dalam catalytic converter, tetapi platinum lebih banyak digunakan pada kendaraan diesel, yang tidak disukai sejak skandal kecurangan emisi Volkswagen pecah pada 2015.

Tidak seperti platinum, paladium telah diuntungkan dari beralih dari mesin diesel dan harapan untuk pertumbuhan kendaraan listrik hibrida, yang cenderung sebagian bertenaga bensin.