Pakistan Beri Kado Pistol Emas ke Putra Mahkota Saudi

Liputan6.com, Islamabad – Pemerintah Pakistan nampaknya ingin memberikan kesan mendalam bagi Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Selain menyambut kedatangan dengan potret diri MBS berukuran besar yang menjadi sorotan dunia, baru-baru ini terkuak satu kado mewah yang diberikan oleh Islamabad.

Tidak tanggung-tanggung, Pakistan memberikan pistol berlapis emas. Benda berharga itu diberikan saat kunjungan kenegaraan MBS beberapa hari lalu. Hal ini menjadi sorotan dunia, setidaknya sejak dilaporkan oleh CNN pada Rabu 20 Februari 2019.

Senjata yang diberikan Pakistan adalah Heckler & Koch MP5, senapan mesin ringan buatan insinyur Jerman, dikutip dari CNN, Jumat (22/2/2019).

Tampak emas dilapiskan pada badan senapan mesin. Di permukaan itu, terukir pola yang sangat unik dan tidak biasa. Kesan emas yang berkilau bersanding dengan warna hitam senapan yang sangat gagah.

Sebelum Pakistan memberikan pistol emas sebagai kado kunjungan, Riyadh dan Islamabad telah sepakat setidaknya dalam dua hal penting.

Pakistan dan Saudi menyepakati perjanjian investasi senilai US$ 20 miliar (sekitar Rp 281,27 triliun) pada Minggu 17 Februari 2019.

Selanjutnya, MBS mengabulkan permohonan Pakistan untuk membebaskan 2.100 warga negaranya yang ditahan di penjara Saudi. Hal itu disampaikan oleh Menteri Informasi Pakistan Fawad Chaudry.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Misteri Pemberian Pistol Berlapis Emas

Belum diketahui alasan mengapa Islamabad memilih memberikan kado senjata yang unik dan mewah tersebut.

Publik dapat saja menerka-nerka, kemungkinan adanya hubungan antara hadiah mewah dengan kebaikan MBS mengucurkan dana investasi kepada Pakistan dalam jumlah besar. Di samping itu, bisa pula sebagai ungkapan rasa syukur atas keputusan pembebasan 2.100 narapidana Pakistan.

Namun yang lebih penting, hingga saat ini masih menjadi misteri apakah ada hubungan yang signifikan antara kado senjata mahal tersebut dengan kontroversi keterlibatan MBS dalam kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Khassoggi sendiri dibunuh secara misterius di konsulat Istanbul pada Oktober lalu. Para pejabat intelijen AS mengatakan bahwa pembunuhan tidak mungkin dilakukan tanpa sepengetahuan MBS.

Meskipun demikian, pemerintah Arab Saudi telah membantah berulang kali keterlibatan sang putra mahkota. Otoritas negeri minyak juga mengatakan telah menghukum 11 tersangka yang terkait dengan kasus tersebut.

Pernikahan Syahrini dan Reino Barack 27 Februari 2019 di Jepang Ditayangkan Eksklusif TV Swasta?

Liputan6.com, Jakarta – Isu rencana pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang sempat mengundang tanda tanya, akhirnya mulai terkuak. Keduanya direncanakan menikah di Tokyo, Jepang pada Rabu, 27 Februari 2019 mendatang.

Kabar pernikahan Syahrini dan Reino Barack ini disampaikan melalui akun @silet_indigo milik tayangan infotainment tersebut.

“@princessyahrini & @reinobarack akan menikah 27 Februari di Jepang, rombongan keluarga Syahrini bertolak ke Jepang. Simak liputan EKSKLUSIF silet jam 9 pagi…,” pesan akun tersebut dalam keterangan sebuah video singkat, Jumat (22/2/2019) pagi.

Apakah, pernikahan Syahrini di Jepang, minggu depan juga akan ditayangkan eksklusif di sebuah stasiun televisi swasta?

2 dari 3 halaman

Masjid di Tokyo

Sempat berembus kabar bahwa Syahrini dan Reino Barack akan melangsungkan ijab kabul di Masjid Camii Tokyo, tempat yang sama saat Maia Estianty dan Irwan Mussry mengucap janji suci.

Usut punya usut, Masjid Camii Tokyo tempat yang akan digunakan Syahrini dan Reino Barack menikah dibangun oleh ayah Reino Barack, penugsaha kaya raya Rosano Barack. Hal itu diungkapkan oleh Nasaruddin Umar, imam besar Masjid Istiqlal Jakarta.

Reino memang berdarah Jepang, dari ibunya. Dan, Tokyo sudah merupakan rumah kedua buat pengusaha yang juga mantan kekasih Luna Maya itu. 

Dalam sebuah perbincangan dengan Liputan6.com, beberapa waktu lalu, Reino sempat mengungkapkan Irwan Mussry pernah meminta ayahnya membantu pengurusan pernikahannya dengan Maia Estianty, Oktober 2018, di masjid itu. 

3 dari 3 halaman

Adik Syahrini

Aisyah Rani, adik kandung Syahrini juga tutup mulut soal rencana pernikahan kakaknya dengan Reino Barack. Tapi, tanda persiapan pernikahan itu sudah semakin jelas. 

Inces Syahrini smepat ziarah ke makam ayahandanya Dadan Zaelani. Dan, Dalam unggaha di IG pun penyanyi lagu “Sesuatu” itu mengungkapkan meminta restu pada sang bunda. 

Top 3 Berita Hari Ini: Pengakuan Oknum Guru SD di Malang Cabuli Lebih dari 20 Siswi

Malang – Top 3 berita hari ini, dunia pendidikan Tanah Air kembali tercoreng oleh ulah seorang guru yang sejatinya memberikan keteladanan yang baik pada anak didiknya. IM, oknum guru olahraga di salah satu SD di Malang diduga telah mencabuli lebih dari 20 siswinya.

Laporan aksi bejat oknum guru ini terkuak saat salah satu orangtua murid melapor ke polisi. Dikatakan IM mencabuli siswinya dengan memeluk sampai menggerayangi tubuh mereka.

IM sendiri sudah beberapa kali pindah sekolah. Ada dugaan di sekolah tempatnya mengajar sebelumnya juga terjadi aksi pencabulan. 

Sementara itu, dua penumpang gelap pembunuh sopir online di Garut akhirnya tertangkap. Kedua tersangka diringkus di dua lokasi berbeda. Abang ditangkap di Bandung dan Keling di Gilimanuk Bali.

Terlilit utang adalah motif di balik pembunuhan keji tersebut. Tidak hanya lewat pukulan ke arah korban, kedua tersangka membacok korban Yudi dengan sebilah kapak ke arah wajah.

Aksi tersebut tak hanya cukup sampai di situ. Meski korbannya telah bersimbah darah, Abang dan Keling menggilas korban dengan mobil hingga meninggal dunia.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Korban Guru Cabul di Kota Malang Lebih dari 20 Siswi

Komnas Perlindungan Anak mengunjungi sekolah tempat kejadiaan dugaan kasus guru cabul di Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mendorong kepolisian mengusut tuntas kasus dugaan seorang guru cabul di Kota Malang. Kasus ini sendiri sudah sepekan lebih dalam proses penyelidikan polisi setempat.

Ketua Komnas PA, Aris Merdeka Sirait mengatakan, diduga jumlah siswi yang jadi korban guru cabul di salah satu sekolah di Kota Malang ini bisa lebih dari 20 siswi sekolah dasar.

“Ini sudah termasuk predator anak. Karena ada peristiwa yang berulang-ulang dilakukan oleh guru itu,” kata Aris di Kota Malang, Senin, 18 Februari 2019.

 Selengkapnya…

2. Akhir Drama 2 Penumpang Gelap Pembunuh Sopir Online di Garut

Kapolres Budi AKBP Budi Satria Wiguna menunjukan sejumlah bukti pembunuhan Yudi, sopi online Pake Taxi(Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Setelah pengejaran dua pekan lebih, jajaran Kepolisian Resort Garut, Jawa Barat berhasil meringkus JS alias Keling dan D alias Abang, dua tersangka pembunuhan keji terhadap Yudi alias Jablay, sopir online aplikasi Fake Taxi yang ditemukan meninggal Sabtu, (2/2/2019) lalu. 

Aksi kedua tersangka terbilang sadis, pelaku JS alias Keling menghabisi korban bersama D alias Abang, rekannya, karena keduanya mengaku terlilit persoalan hutang. Akibat kondisi itu, mereka nekat merencanakan membunuh korban dengan berpura-pura sebagai konsumen.

Mereka melakukan pemukulan dengan tangan kosong, kemudian membacoknya dengan sebilah kapak ke arah wajah korban hingga terkapar.

Selengkapnya… 

3. Jejak Kenangan di Museum Nike Ardila

Museum Nike Ardila

Usianya masih sangat belia saat itu, 19 tahun. Namun, jejak tentangnya langgeng hingga kini. Kenangan tentang Nike Ardilaa saat ini masih tersimpan rapi di sebuah rumah yang terletak di Jalan Aria Utama Nomor 1, Desa Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung.

Rumah tersebut dinamai Rumah Kenangan Nike Ardilla (RKNA). Di dalamnya terdapat kumpulan barang-barang yang dimiliki Nike semasa hidupnya, pun sejumlah barang yang memiliki kaitan erat dengan dirinya, termasuk dengan kematiannya.

Suasana melankolis langsung terasa begitu kaki memijak teras museum. Sosok Nike Ardilla dengan potongan rambut dan raut wajah khasnya seolah menatap pengunjung dari sebuah poster yang terpampang di bagian depan museum.

Selengkapnya…

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Polemik Lahan Prabowo yang Lebih Luas dari Jakarta

Jakarta – Capres Prabowo Subianto menguasai lahan yang areanya lebih luas dari Provinsi DKI Jakarta. Penguasaan lahan seluas 220 ribu hektare di Kalimantan Timur dan 120 ribu hektare di Aceh Tengah itu pun kemudian menjadi polemik.

Persoalan lahan yang dikuasai Ketum Gerindra itu terkuak pada saat debat kedua pada Minggu (17/2) malam. Adalah capres petahana Joko Widodo (Jokowi) yang mengungkap perihal penguasaan lahan tersebut.

Jokowi menyinggung penguasaan lahan tersebut saat menjawab soal pembagian sertifikat tanah yang kerap dilakukannya. Prabowo saat itu menyindir apa yang dilakukan Jokowi berdampak pada tiadanya lahan bagi anak-cucu kelak.

“Kita tidak memberikan kepada yang gede-gede,” ucap Jokowi.

“Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya,” imbuhnya.

Lahan dengan total luas 340 ribu hektare itu lebih besar daripada DKI Jakarta. Luas Provinsi DKI Jakarta hanyalah 662,33 kilometer persegi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Untuk membandingkan luas lahan yang dimiliki Prabowo dengan luas DKI Jakarta, maka harus mengubah satuan luasnya menjadi kilometer persegi. Luas 1 hektare lahan setara dengan 0,01 km2, sehingga 340 ribu hektare lahan sama dengan 3.400 km2.

Jika 3.400 km2 dibagi dengan 662,33 km2, hasilnya 5,13. Artinya, lahan yang dikelola Prabowo setara dengan lima kali luas DKI Jakarta.

Prabowo pun lantas menjelaskan bahwa tanah yang dimilikinya itu berstatus HGU (hak guna usaha). Karena itu, lanjut dia, tanah tersebut bisa sewaktu-waktu diambil negara.

Menurut Prabowo, akan lebih baik jika tanah tersebut dikelola dirinya. Sebab, Prabowo tak rela jika tanah negara itu jatuh ke tangan asing.

“Tapi adalah HGU. Adalah milik negara. Jadi setiap saat negara bisa ambil kembali. Kalau untuk negara, saya rela mengembalikan itu semua. Tapi daripada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola. Karena saya nasionalis dan patriot,” tutur Prabowo.

Hal senada disampaikan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga. BPN pun sepakat lahan itu sudah sepantasnya dikelola oleh sang capres daripada jatuh ke tangan asing.

“Jadi kita bersyukur bahwa itu jatuh ke tangan Pak Prabowo melalui suatu proses lelang. Jadi Pak Prabowo justru menyelamatkan aset bangsa. Coba bayangkan yang tidak terselamatkan yang kemudian jatuh ke tangan asing,” kata Fadli.

Penguasaan lahan oleh Prabowo itu pun mendapat kecaman dari berbagai pihak, salah satunya Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin. TKN menyebut Prabowo tak layak lagi menggembar-gemborkan soal kesenjangan sosial lantaran masuk dalam segelintir orang yang menguasai kekayaan negara seperti yang selama ini eks Danjen Kopassus itu gembar-gemborkan.

“Selama ini Pak Prabowo bicara soal kesenjangan sosial, terakumulasinya 1 persen termasuk aset tanah dan kekayaan hanya di 1 persen rakyat Indonesia saja. (Ternyata) Pak Prabowo bagian dari 1 persen orang superkaya yang kuasai aset negara,” ujar Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma’ruf, Raja Juli Antoni, kepada wartawan, Senin (18/2/2019).

Baca Juga: Cerita 30 Pakar di Lingkaran Debat Prabowo
(mae/elz)



<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Prabowo Janji Siap Kembalikan Tanah di Kalimantan, Ini Caranya

Liputan6.com, Jakarta – Capres nomor 02 Prabowo Subianto terkuak memiliki lahan ratusan ribu hektar di Kalimantan Timur dan Aceh. Fakta ini diungkap langsung oleh Presiden Jokowi di panggung debat.

“Saya tahu Pak Prabowo punya lahan luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektare, dan 120.000 hektare di Aceh Tengah. Ingat, pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya,” kata Jokowi, Minggu malam 17 Februari 2019 di Jakarta.

Prabowo tidak menyanggah fakta tersebut, tetapi ia menyatakan status tanah itu adalah Hak Guna Usaha (HGU). Ia pun siap mengembalikan ke negara jika perlu.

“Tanah saya kuasai ratusan ribu hektare benar, itu HGU (hak guna usaha), milik negara. Itu benar, negara bisa ambil. Untuk negara saya rela daripada ke orang asing lebih baik saya kelola. Saya nasionalis dan patriot,” tegasnya.

HGU berarti tanah milik negara yang digunakan oleh warga atau badan hukum di Indonesia untuk kegiatan ekonomi seperti pertanian, perikanan, atau peternakan. Pertanyaannya. Bisakah Prabowo lepaskan begitu saja seperti janjinya?

Berdasarkan UU No. 5 tahun 1960 yang mengatur HGU, status tanah HGU ternyata bisa dihapus karena sejumlah hal, salah satunya dilepaskan pemegang haknya dan dicabut untuk kepentingan umum. Itu tertuang pada pasal 34 huruf c dan d.

Berdasarkan aturan itu, pihak pemerintah bisa mencabut HGU milik Prabowo jika memiliki argumentasi kepentingan umum. Begitu pun Prabowo sebetulnya bisa langsung melepaskan tanah HGU miliknya sesuai janjinya di panggung debat.

2 dari 2 halaman

Soal Pembebasan Lahan, Jokowi Sebut Tak Ada Ganti Rugi tapi Untung

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi menegaskan terkait pembebasan lahan, pihaknya sudah tak lagi menerapkan sistem ganti rugi selama kepemimpinannya. Sistem yang dijalankan bahkan menerapkan ganti untung.

Dengan begitu, selain proyek infrastruktur yang diprogramkan tetap terlaksana, masyarakat yang terkena dampak juga lebih sejahtera. “Soal ganti rugi konflik pembebasan lahan, kita tidak ada ganti rugi, yang ada ganti untung,” ujar Jokowi. 

Banyaknya konflik yang terjadi sebelumnya, mayoritas dikatakan karena anggaran pembebasan lahan cukup kecil. Besarannya hanya 2-3 persen dari nilai proyeknya.

“Seharusnya potensi dana pembebasan lahan tersebut kenapa tidak dinaikkan menjadi 4-5 persen,” ujar Jokowi.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

4 Politikus Dunia Korban Edit Foto Gagal, Hasilnya Bikin Tepok Jidat

Liputan6.com, Jakarta – Bukan hanya orang biasa atau selebriti yang kerap melakukan proses edit foto untuk diunggah di dunia maya, sejumlah politikus dunia ternyata juga tak luput dalam aktivitas satu ini. Hasilnya, bikin geleng-geleng kepala dan bahkan ada yang terlihat kocak karena terlihat janggal atau aneh.

Siapa saja politikus dunia yang pernah jadi korban edit foto gagal dan justru di bully warganet? Berikut di antaranya yang Liputan6.com rangkum dari cracked.com, Minggu (17/2/2019):

4. Foto Pejabat China dan Seorang Wanita Tua

Di tengah banyaknya kasus korupsi dan skandal memalukan yang terkuak ke publik, sejumlah politukus China berupaya membangun citra diri sebagai pemimpin yang dekat dengan rakyat.

Mungkin dengan tujuan itu juga pihak Pemerintah Ningguo di China Timur merilis foto 4 politikus ‘turun ke bawah’, termasuk Wakil Wali kota Wang Jun, menyambangi rumah seorang nenek sepuh berusia 103 tahun, dilengkapi keterangan gambar: “Cinta dan pengertian pada orang tua adalah tradisi China yang dihargai. Mereka juga harus merasakan kehangatan partai dan pemerintah.”

Namun, aksi publisitas media demi mendongkrak cita itu justru jadi bumerang. Gara-gara foto yang ditampilkan. Saking amatirnya hasil editan photoshop, bisa bikin orang tepok jidat. Heran!

Foto empat politikus China yang terlihat diedit, namun hasilnya mengherankan. (Ningguo Civil Affairs Department)

Foto tersebut kemudian dihina ramai-ramai oleh para komentator dunia maya.

Bagaimana tidak, dalam gambar, empat pria menyeringai di atas perempuan 103 tahun, Cheng Yanchun — yang tampil dalam proporsi yang sama sekali tak seimbang. Sang nenek jadi mirip boneka mengerikan. Sementara, badan seorang politikus melayang mirip hantu. Bagian torso ke bawah hilang.

Gambar tersebut sama sekali tak membuat para pengguna situs mikroblog mirip Twitter, Weibo, terkesan.

“Staf propaganda yang tak punya otak itu mungkin dipecat bersama dengan para pejabat dalam foto,” kata salah satu pengguna, seperti dimuat Daily Mail, Kamis 31 Oktober 2013.

“Foto ini nyatanya menunjukkan jarak menganga antara para pemimpin dan rakyatnya di mata rata-rata pegawai pemerintahan. Menyedihkan,” kata pengguna lainnya.

Bahkan kantor berita milik pemerintah ikut memberitakannya. “Pejabat itu terlihat seperti melayang di udara. Ditambah lagi proporsi wanita tidak cocok dengan para pejabat. Bukti bahwa foto itu direkayasa,” demikian diberitakan Xinhua.

Sementara, para pejabat setempat kepada The Hong Kong Standard mengaku, mereka memang mengunjungi orang-orang tua selama festival China. Namun, pegawai mereka secara sembrono menggabungkan 2 foto dalam 1 frame. Dengan alasan, karena tata letak ruangan, fotografer tak bisa mengabadikan semua pejabat dan nenek Cheng dalam 1 jepretan.

“Nenek Cheng duduk di sebuah kursi di balkon, di bawah sinar matahari. Balkon tersebut sangat sempit sehingga lensa kamera tidak bisa mengabadikan semua orang di sana… Saat pegawai pemerintahan setempat menggunggah foto ke situs resmi, itu adalah gabungan 2 foto berbeda,” demikian penjelasan Pemerintah Ningguo.

“Kami menyatakan penyesalan mendalam bagi pengguna internet untuk pengaruh negatif yang diakibatkan foto tersebut… Kami akan belajar dari pengalaman, untuk meningkatkan kualitas kerja,” jelas pihak pemerintah.

Bukan kali pertamanya foto rekayasa bikin geger. Sebelumnya juga pernah dipublikasikan gambar 3 pejabat yang berdiri di atas ruas jalan baru yang mulus. Tapi, mereka tampak melayang, tidak menjejak tanah.


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 4 halaman

3. Senator Kenya Bersama Nelson Mandela

Foto buram Nelson Mandela bersama senator dari Kenya, Mike Sonko. (Facebook/Mike Sonko)

Pada 5 Desember 2013 lalu, tokoh anti-apartheid Nelson Mandela meninggal dunia. Seluruh dunia berduka atas kepergiannya. Hampir semua politikus dunia berkabung untuknya dan mengenang jasa-jasanya.

Termasuk salah satunya seorang senator dari Kenya, Mike Sonko. Dalam momen duka tersebut, ia pun mencoba memberitahu khalayak bahwa betapa dekatnya dia dengan Nelson Mandela.

Namun cara yang dipilihnya bikin orang geleng-geleng kepala, dengan merilis foto bersama Mandela yang terlihat sekali hasil editannya.

 “Sungguh tragis, mungkin Anda akan mengatakan hal itu. Mandela menjadi orang yang begitu buram menjelang akhir hayatnya. Untungnya, jejak JPEG (format untuk mengompresi file gambar) bukan gejala penyakit Mandela, begitupun dengan “kepala besar” yang merupakan gejala kegilaan Mike Sonko,” komentar salah satu netizen.

Belakangan diketahui foto Mike Sonko adalah hasil edit dari potret asli Nelson Mandela bersama Muhammad Ali.

Setelah ulahnya diketahui warganet, bagaimana kira-kira langkah selanjutnya Mike Sonko untuk mengesankan para pemilihnya?

3 dari 4 halaman

2. Foto Rival Bersalaman dengan Obama

Foto yang diedit dan menuai hujatan netizen. (The Wire Screngrab)

Foto asli Barack Obama yang jadi korban edit. (Daily Dot).

Foto lain hasil edit yang bikin geleng-geleng kepala mengungkap anggota Kongres Texas Steve Stockman, yang saat ini tengah kampanye politik melawan sesama senator Republik John Cornyn. Ia merilis foto Cornyn dengan gembira berdiri di samping Presiden Barack Obama.

Jika diperhatikan lebih seksama, barulah disadari ada yang aneh dengen bagian kepala. Gambar aslinya bukan Obama dengan Cornyn, tetapi gubernur Florida Charlie Crist.

Gambar itu dengan cepat dihapus setelah Stockman dipanggil (meskipun tidak ada permintaan maaf setelahnya). Padahal banyak bukti yang mengarah pada aksi edit foto tersebut.

4 dari 4 halaman

1. Foto Skandal Seks Pejabat Tiongkok 

 Foto skandal seks pejabat China. (The Shanghaiist)

Tuduhan skandal seks sempat diajukan pejabat China bernama Du Weijun, yang mengklaim bahwa direktur Biro Budaya Kota Zhaoging menggelapkan dana negara untuk membantu membiayai kebiasaan judi dan membiayai sang kekasih.

Tuduhan itu disertai bukti foto yang kemudian bocor ke pers. Mungkin karena pencahayaannya, mungkin memang begitulah penampilan pria itu, tak butuh waktu lama bagi publikasi Tiongkok untuk memperhatikan bahwa kepala pria dalam foto terlihat terpotong. Sementara yang lain terlihat gradasi warna yang berbeda.

Moeldoko: Setahun Terjadi Penyusutan Lahan 128 Ribu Hektar

Liputan6.com, Jakarta Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko mengakui jika persoalan alih fungsi lahan masih menjadi masalah serius karena menyangkut ketahanan pangan. Sebab, setiap tahun lahan di Indonesia telah menyusut hingga mencapai 100 ribuan per hektar.

“Karena sekarang ini, satu sisi jumlah penduduk kita semakin banyak, pada sisi yang lain ada penyusutan luas lahan baku kurang lebih 128 ribu hektar dalam satu tahun. Ini kondisi ini harus disiasati,” kata Moeldoko di Kantor HKTI, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Dia mengatakan, berbagai persoalan lahan kerap muncul sehingga menjadi isu nasional yang hangat. Adapun penyebab terjadinya penyusutan tersebut juga karena infrastruktur pertanian saat ini dinilai kurang tertangani dengan baik.

“(Infrastruktur pertanian) kurang tertangani dengan baik sehingga apa?. Lahan-lahan yang ada sekarang itu kurang begitu produktif karena pengairannya tidak terencana dengan baik,” jelas dia.

Terkait alih fungsi lahan, pemerintah sudah menyadari akan hal tersebut. Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) mencatat 150.000 sampai 200.000 hektare lahan tiap tahun beralih fungsi.

Kementerian ATR ingin segera ada peraturan presiden (Perpres) untuk menghentikan alih fungsi lahan ini.

Sementara, berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) luas lahan baku sawah terus menurun. Pada 2018, luas lahan tersisa 7,1 juta hektare, turun dibanding 2017 yang masih 7,75 juta hektare.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Nasdem: Impor Pangan Akibat Konversi Lahan Pertanian

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Maruf, Johnny G Plate menilai impor pangan masih dilakukan karena konversi lahan pertanian saat ini masih terjadi hingga 30 persen.

“Konversi lahan ini tidak pernah dibuka dari Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Di atas kertas lahan seakan bertambah, tapi di lapangan tidak,” kata Johny dalam pernyataan yang diterima di Jakarta, Jumat, 18 Januari 2019. 

Konversi lahan ini, jelas Johnny, terkuak saat debat menteri dalam rapat kabinet. Dalam rapat itu juga diputuskan untuk mengimpor. “Makanya kita berterimakasih, Pak Jokowi berhasil membuka masalah itu. Itu produksi menurun karena lahannya yang berkurang,” ucap dia.

Lebih jauh Johnny menambahkan, impor itu dilakukan agar harga pangan di pasaran stabil.

Dia mencontohkan, bila produksi pangan berkurang dan kebutuhan naik maka harga beras di pasaran akan tinggi.

“Tugas pemerintah adalah menstabilkan harga,” kata dia seperti dilansir dari Antara. 

Belakangan, Johnny menyebut, banyak berpandangan total produksi pangan dalam negeri melebihi kebutuhan. Faktanya, hingga saat ini, produksi pangan belum mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Produksi tidak sesuai dengan kebutuhan, karena konversi lahan,” imbuhnya.

Beredar Kabar Grab Dikuasai Gibran Rakabuming, Ini Faktanya!

Liputan6.com, Jakarta – Pebisnis kuliner Gibran Rakabuming disebut diam-diam menguasai aplikasi ride-hailing Grab. Kabar tersebut terkuak lewat sebuah pesan WhatsApp yang beredar.

Pengirim pesan cemas karena isu Gibran kuasai Grab sudah tersebar di kalangan pengendara umum, bahkan Grab dianggap singkatan dari Gibran Rakabuming. Sang pengirim pesan pun berusaha menjelaskan kabar itu tidak benar.

Berikut isi pesannya, penjelasan dalam kurung diberikan agar konteks lebih jelas.

Kabar Gibran Rakabuming kuasai Grab. Dok: Liputan6.com

“Pak, ini kisah saya tadi pagi. Saya naik taxi Blue Bird. Sopir cerita sekarang transportasi dikuasai Grab. Punya anak Pak Jokowi.

(Pengirim pesan berusaha menjelaskan) Bukan pak, Anak Pak Jokowi bisnisnya kuliner.

(Kemudian dibalas oleh sopir) Transport juga, bu. Gojek juga sudah dibeli. Kita susah cari makan, semua dikuasai anak Jokowi.

(Pengirim pesan bertanya sumber) Wah, Bapak info darimana?

(Sopir membalas) Banyak yang bilang. Kalau ibu naik taksi lain coba ibu tanya. Sopir angkot juga. Semua bilang begitu. Grab singkatannya kan nama anaknya Gibran Raka Buming.

Saya coba jelaskan juga enggak mempan. Sepertinya ada yang menebar racung di kalangan sopir bus, sopir angkot, ojek pangkalan.”

Jika dilihat isi percakapan, pihak yang menyebar kabar tersebut hanya mendapatkan info dari kabar burung semata. Sebetulnya siapa pemilik Grab dan bagaimana keterlibatan Gibran Rakabuming?

2 dari 2 halaman

Pembuktian

Saat dikonfirmasi Liputan6.com terkait kabar Grab milik Gibran putra Presiden Jokowi, juru bicara Grab Indonesia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menelan mentah-mentah informasi yang beredar tersebut.

“Jika masyarakat menerima peredaran informasi yang melibatkan mitra pengemudi dan penumpang Grab, kami sarankan masyarakat untuk selalu mengecek kebenaran informasi tersebut sebelum meneruskannya ke pihak lain dengan meneruskan ke tim Layanan Pelanggan kami untuk segera ditindaklanjuti. Layanan konsumen Grab dapat dihubungi 24/7 di +6221 8064 8777 untuk merespons segala bentuk pertanyaan baik dari penumpang maupun mitra pengemudi,” demikian keterangan Grab.

Menurut penelusuran Liputan6.com, Grab didirikan pria asal Malaysia bernama Anthony Tan.  Dia adalah lulusan dari Harvard Business School, Amerika Serikat seperti Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek.

Bersama teman sekelasnya di Harvard, Tan Hooi Ling, ia mendirikan Grab, yang sebelumnya bernama MyTeksi dan GrabTaxi, pada Juni 2012. Hingga kini, Anthony Tan masih menjabat sebagai CEO. Namanya juga masuk dalam daftar orang terkaya di Negeri Jiran.

Dalam dua tahun terakhir, Grab berhasil menarik investor dari perusahaan terkemuka dunia. Apakah ada nama Markobar atau Chili Pari milik Gibran?

Melansir Tech Crunch, nama perusahaan yang berinvestasi di Grab per 2018 adalah Toyota, OppenheimerFunds, Naver Asia Growth Fund, dan berbagai perusahaan global lainnya. SoftBank asal Jepang dan Didi Chuxing asal China juga termasuk investor besar di Grab, bahkan rencananya SoftBank ingin menambah investasi USD 1 miliar tahun ini.

Uber yang keluar dari Asia Tenggara turut menjadi pemegang saham di Grab sebesar 27,5 persen. Nama Markobar, Chilli Pari maupun Gibran sama sekali tidak muncul dalam daftar investor Grab.

Ada pula tuduhan anak Jokowi menguasai Go-Jek. Namun, Reuters menyebut perusahaan milik Nadiem Makarim itu mendapatkan investasi dari Google dan Temasek. Perusahaan ausransi Allianz asal Jerman juga ikut menjadi menyuntik dana. Sekali lagi, tak ada nama Gibran sebagai salah satu investor.

Bantah Hengkang, Bintang AC Milan Ingin Perpanjang Kontrak

Liputan6.com, Milan – Winger asal Spanyol Suso menepis skenario meninggalkan AC Milan. Dia mengaku kerasan bermain di San Siro.

Masa depan Suso bersama AC Milan dalam tanda tanya setelah terkuak rencana manajemen. Mereka siap melepasnya jika ada klub yang menyetor 40 juta euro sesuai klausul dalam kontrak.

Namun, Suso menepis rumor tersebut. “Saya bahagia di sini, termasuk keluarga. Saya menolak berbagai pinangan musim panas lalu agar bisa bertahan,” ungkapnya.

“Saya mau menetap dan sedang menegosiasikan perpanjangan masa kerja,” sambung pemain berusia 25 tahun itu, dilansir Calciomercato.

AC Milan mendatangkan Suso dari Liverpool pada 2015. Mereka mengontraknya sejak 2022.

2 dari 3 halaman

Pemain Kunci

Sempat dipinjamkan ke Genoa, kontribusi Suso bagi AC Milan terus meningkat seiring waktu. Dia jadi andalan I Rossoneri kembali ke kompetisi Eropa pada beberapa musim terakhir.

Musim ini Suso tampil pada 25 pertandingan di seluruh kompetisi dengan mencetak enam gol dan delapan assist.

3 dari 3 halaman

Butuh Dana

Namun, isu terhadap statusnya tetap beredar. Pasalnya, AC Milan membutuhkan dana untuk membeli pemain anyar sekaligus tidak melanggar financial fair play.

Terkuak, Alasan Penyebaran SMS Panas Orang Terkaya di Dunia

Liputan6.com, Seattle – Awal tahun 2019, orang terkaya di dunia mengumumkan perceraiannya. Kabar dibagikan langsung oleh Jeff Bezos lewan akun Twitter resminya. Bezos menyebut perceraian berlangsung secara baik-baik.

Situasi berputar ketika Page Six menyebar hubungan gelap antara Jeff Bezos dan wanita bernama Laura Sanchzes, dan keadaan makin runyam ketika media National Enquirer mendapat SMS panas pasangan itu.

Jeff Bezos, istri, dan selingkuhannya, belum kembali angkat bicara setelah kabar terkuak. Kemudian, ketahuan bahwa sang orang terkaya di dunia menyewa investigator untuk mengetahui bagaimana SMS panas miliknya jatuh meja redaksi National Enquirer. Bermacam motif pun muncul, salah satunya politik.

Dilansir dari Business InsiderNational Enquirer ternyata sudah mengetahui perselingkungan Bezos-Sanchez sejak jauh-jauh hari. Mereka pun marah ketika Bezos mendahului mereka dengan cara mengumumkan perceraiannya lebih dulu.

Berdasarkan investigasi The Washington Post, perselingkuhan Bezos sudah terendus sejak musim gugur tahun 2018, tetapi karena saat itu Amerika Serika akan melalui pemilu midterm, CEO Enquirer David Pecker “menahan” cerita itu karena khawatir dianggap bermain politik dengan cara menyerang Jeff Bezos yang notabene musuh Presiden Donald Trump.

Pihak Enquirer telah mencoba meminta klarifikasi Bezos mengenai dugaan perselingkuhan, namun tidak ada jawaban. Kemudian, Bezos mengumumkan perceraian lewat Twitter. Pihak Enquirer pun marah karena Bezos dianggap “menyalip” berita mereka.

Sebelumnya, ada dugaan Presiden Trump kongkalikong bersama National Enquirer, pasalnya Trump berseteru dengan Bezos dan meledek perselingkuhan si bos Amazon. Kabar SMS panas Bezos diedarkan Enquirer pada 10 Januari 2019, sehari setelah muncul kabar cerai.

Di antara SMS yang bocor, ada juga foto intim sang orang terkaya di dunia, namun belum diedarkan Enquirer. Hingga sekarang belum diketahui bagaimana koran itu mendapat akses ke SMS panas Bezos.

2 dari 2 halaman

Bezos Sewa Investigator

Setelah pesan panasnya bersama sang kekasih gelap tersebar luas, akhirnya CEO Amazon Jeff Bezos menyewa investigator demi menelusuri kasus ini. Pendanaan investigasi ini langsung dari kantong Bezos tanpa melibatkan Amazon.

Dilaporkan Business Insider, pencarian sejauh ini belum meraih bukti bahwa ponsel Bezos telah kena hack. Sama juga dengan ponsel selingkuhannya, Lauren Sanchez, yang belum terindikasi dibobol pihak jahat. 

Menurut seorang sumber yang familiar dengan investigasi ini, muncul dugaan motivasi pembocoran SMS panas Bezos adalah politik. Walau masih tak punya bukti, dugaan ini mengaitkan perseteruan antara Bezos dan Presiden Donald Trump.

SMS panas Jeff Bezos dan selingkuhannya didapat oleh National Enquirer yang kemudian menyebarkan pesan itu. Media itu juga memiliki foto-foto panas Bezos, meski tidak menyebarkannya.

Sampai sekarang, belum jelas bagaimana National Enquirer mendapatkan akses ke SMS dan foto panas Jeff Bezos. Bezos dan Sanchez sama-sama tidak memberikan pernyataan terhadap kasus ini.

Perceraian Bezos dan istrinya, MacKenzie, juga memberikan pertanyaan perihal harta Bezos. Sebab, ada kesempatan bagi MacKenzie untuk mendapat setengah kekayaan Bezos berkat hukum negara bagian Washington tempat pasangan itu tinggal.

Bila itu terjadi, maka Jeff Bezos tak akan lagi menjadi orang terkaya di dunia, dan MacKenzie justru bisa menjad perempuan terkaya di dunia. Lauren Sanchez sendiri adalah mantan penyiar berita di Fox Sports.