Terkuak! Ini Penyebab Harga Tiket Pesawat Tak Turun-turun

JakartaHarga tiket pesawat di Indonesia sampai saat ini masih belum mengalami penurunan yang signifikan. Banyak masyarakat yang merasa tiket pesawat masih kemahalan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan ada beberapa penyebab masih mahalnya harga tiket pesawat domestik di Indonesia.

Mantan Dirut Angkasa Pura II (AP II) itu mengatakan, penyebab pertama yang membuat masih mahalnya harga tiket pesawat karena maskapai tidak melaksanakan imbauan dari Kementerian Perhubungan.

“Saya kemarin sifatnya imbauan untuk menetapkan surprice. Tampaknya, himbauan itu tidak dipenuhi secara maksimal,” kata Budi di komplek Istana, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Imbauan yang telah diterbitkan adalah mengenai penerapan surprice atau harga tertentu berjenjang. Lalu ada juga imbauan penurunan batas atas.

Hanya saja, imbauan tersebut tidak dilaksanakan dengan baik oleh para maskapai. Padahal, kata Budi, jika itu diterapkan maka ada penurunan harga tiket sekitar 15%.

“Kan alternatifnya dua. Satu surprice, atau menurunkan batas atas. Tapi yang ideal itu saya tidak lakukan itu, dia lakukan perubahan harga. Itu yang paling ideal. Satu kedewasaan saya memberikan suatu fleksibilitas, mereka lakukan. Karena kalau saya sudah teken itu, berlanjut,” ujar dia.

Imbauan selanjutnya, adalah mengenai maskapai menyediakan harga tiket berdasarkan subclass. Subclass merupakan golongan dalam tiket pesawat di setiap kelas penerbangan. Misalnya, untuk penerbangan first class, ada subclass F dan P, yang merupakan tiket dengan harga termahal (full fare).

Sementara, di kelas bisnis dan eksekutif, ada kode subclass J dan C yang merupakan tiket dengan harga termahal (full fare). Di kelas ekonomi, umumnya, menggunakan kode subclass Y.

Meski demikian, Budi mengaku tidak bisa memberikan sanksi kepada para maskapai nasional yang tidak menerapkan imbauan tersebut.

“Mereka selama ini secara legal, nggak salah karena itu belum saya terapin. Kalau surprice saya tetapin, kalau batas atas saya tetapkan, menjadi salah,” tegas dia.

Untuk menyelesaikan permasalahan harga tiket ini, Budi Karya akan memanggil para bos maskapai penerbangan di Indonesia, mulai dari Garuda Indonesia sampai Lion Air.

Dari hal itu, Budi Karya berharap harga tiket pesawat yang masih mahal bisa turun dan pada saat musim Lebaran sudah terjangkau oleh masyarakat.

“Harapan saya Lebaran bisa lebih murah dengan opsi-opsi. Opsi pertama, tidak dilakukan apa-apa, hanya kedewasaan saja. Kalau tidak bisa tetapkan surprice. Kalau tidak bisa juga, tarif batas atas,” kata dia

(hek/eds)

Terkuak, Motif Pembunuhan Wanita Berkulit Bening di Hotel Benhil Makassar

Kapolsek Panakukang Makassar, Kompol Ananda Fauzi mengatakan pada tubuh jenazah wanita berkulit bening yang ditemukan tewas mengenaskan di kamar 209 lantai 2 Hotel Benhil Jalan Toddopuli Makassar itu, terdapat 27 luka tusukan dan jenazahnya ditutupi oleh kain seprai serta ditindih oleh bantal beserta kursi yang terbuat dari kayu jati.

“Jenazah korban yang berlumuran darah itu tampak di atas ranjang dan ditutupi oleh kain seprai kemudian ditindih oleh bantal dan kursi kayu. Korban dalam keadaan sudah tak bernyawa,” beber Ananda.

Irfan, karyawan Hotel Benhil mengaku menemukan mayat wanita berkulit bening di dalam kamar 209 Hotel Benhil, saat ia hendak membersihkan kamar tersebut.

“Saya disuruh bersihkan kamar 209 itu, karena penghuninya sudah keluar (chek out),” ucap Irfan.

Saat membuka pintu kamar 209 yang hendak dibersihkan tersebut, ia sontak terkejut karena melihat ada sosok wanita berkulit bening yang berlumuran darah dan jasadnya tertutup kain seprai dan ditindih oleh bantal serta kursi.

Ia pun bergegas turun ke bawah dan melaporkan kejadian tersebut ke Manajer Hotel, Irwan dan selanjutnya Irwan menghubungi Polsek Panakukang, Makassar.

“Saya melihat korban sudah tak bernyawa lagi,” jelas Irfan.

Selang beberapa menit, aparat Polsek Panakukang Makassar pun tiba di Hotel Benhil dan langsung mengecek kamar 209 yang didalamnya terdapat mayat wanita berkulit bening tersebut.

Aparat Polsek Panakukang pun lalu mengamankan lokasi kejadian dengan memasang garis polisi dan menghubungi tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan (Bid Dokkes Polda Sulsel) serta tim Indentifikasi dan Forensik (Inafis) Polrestabes Makassar.

Salmiah, Resepsionis Hotel Benhil mengatakan yang menyewa (chek in) kamar 209 merupakan seorang laki-laki yang menggunakan identitas nama Dita. Ia masuk ke kamar Hotel pada Kamis 11 April 2019 pukul 13.00 wita.

“Sepertinya itu bukan nama aslinya. Karena dia (penyewa kamar) seorang laki-laki,” kata Salmiah.

Saat penyewa kamar yang menggunakan identitas Dita itu masuk ke kamar 209, dibelakangnya menyusul seorang wanita yang ciri-cirinya seperti korban yakni usia separuh baya dan berkulit bening.

“Tak ada kartu identitas yang dititip. Penyewa kamar hanya tulis nama Dita di buku tamu saat chek in,” Salmiah menandaskan.

Dari data yang dihimpun Liputan6.com, jasad wanita berkulit bening yang ditemukan tewas mengenaskan di kamar 209 Hotel Benhil Makassar, terdapat 27 luka tusukan masing-masing 5 tusukan di bagian leher sebelah kiri, 7 tusukan di bagian leher sebelah kanan, 1 tusukan di bagian perut sebelah kiri, 2 tusukan di bagian belakang leher, 9 tusukan di bagian punggung, 2 tusukan pada bagian betis kanan serta 1 tusukan pada bagian betis kanan.

Adapun barang bukti yang diamankan dari lokasi kejadian yakni 1 set pakaian piama berlumuran darah yang digunakan korban, sebuah arloji berwarna hitam gold, sepasang sendal berwarna hitam, sebuah celana jin berwarna hitam ukuran W 29 L 32, sebuah lipstik hitam, sebuah kondom yang sudah digunakan dan ditemukan di keranjang sampah.

Selain itu, barang bukti lainnya juga turut diamankan bungkusan kondom yang ditemukan di balik pintu masuk kamar 209, sebuah tempat softlens berwarna kuning yang ditemukan tertindih jasad korban serta sebuah sisir berwarna putih yang ditemukan juga tertindih oleh jasad korban.

Seluruh barang bukti yang ditemukan dari dalam kamar tempat ditemukannya mayat wanita berkulit bening tersebut, telah diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak Dokkes Polda Sulsel dan Inafis Polrestabes Makassar.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mendeklarasikan kemenangan Pilpres di kediamannya di Jalan Kartanegara. Kali ini Prabowo didampingi oleh cawapresnya, Sandiaga Uno, yang sebelumnya berhalangan karena sakit.

Alasan Real Madrid Jual Mesut Ozil Akhirnya Terkuak

Liputan6.com, Madrid – Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti menjelaskan penjualan Mesut Ozil ke Arsenal saat menjadi arsitek Real Madrid. Ancelotti melakukannya karena ingin mencoba pengalaman baru.

Ozil datang ke Real Madrid pada tahun 2010 dari Werder Bremen. Pemain Jerman itu tampil cukup bagus di sana dan membantu klub memenangkan gelar La Liga pada 2012.

Sayangnya, kiprah Ozil di Santiago Bernabeu harus selesai setelah kedatangan Carlo Ancelotti. Ozil dilepas Real Madrid ke Arsenal dengan harga 42 juta pounds.

Dijualnya gelandang berusia 30 tahun itu sempat diprotes fans Los Blancos. Beberapa pemain, termasuk Cristiano Ronaldo juga kecewa dengan keputusan tersebut.

Namun, Ancelotti mengaku punya alasan kuat mengambil tindakan itu. Ia mengaku mendapat tawaran yang bagus dari Arsenal sehingga berani melepas Ozil.

“Saya tidak menghabiskan banyak waktu bersamanya. Saya menghargai dia memiliki karier yang fantastis dan jika dia bermain tentu akan sulit bagi kami,” kata Ancelotti seperti dilansir Tribal Football.

Terkuak, Sosok Pria Terkaya AS Sepanjang Masa

Setiap tahun, daftar orang terkaya Forbes selalu menjadi kabar yang dinantikan. Bisa dibilang, daftar Forbes lebih sering menjadi referensi orang terkaya ketimbang daftar serupa lainnya.

Bagaimana cara Forbes menghitung harta para miliarder di seluruh dunia, bahkan termasuk di Indonesia hingga Zimbabwe?

Forbes menjelaskan, perhitungan dilakukan lewat harga saham miliarder tersebut dan nilai tukar dari tanggal 8 Februari 2019. Karena harga saham dan nilai tukar selalu fluktuatif, Forbesmengakui beberapa orang bisa dengan mudah naik-turun di daftar mereka karena hal tersebut.

“Beberapa orang bisa menjadi lebih kaya dan miskin dalam beberapa hari sebelum penerbitan,” tulis Forbes pada laporan orang terkaya mereka tahun ini.

Salah satu contoh yang diambil Forbes adalah miliarder Tsuoshi Matsushita yang kehilangan USD 600 juta pada 18 Februari, dan seminggu kemudian muncul miliarder Forrest Li karena sahamnya di dunia game bertambah 45 persen.

Forbes juga tidak menghitung harta turun-temurun seseorang, meski harta istri dan anak-anak seorang miliarder turut dihitung jika miliarder tersebut adalah pendiri usahanya.

Selain itu, Forbes juga menghitung aset seperti perusahan swasta, real estate, seni, dan banyak lainnya. Meski demikian, Forbes tidak mengklaim mengetahui harta pribadi para orang terkaya.

“Kami tidak berpura-pura mengetahui laporan keuangan pribadi tiap miliarder (walau sebagian menyediakannya),” jelas Forbes.

Kasus Mutilasi Mayat dalam Koper Terkuak

Kasus Mutilasi Mayat dalam Koper Terkuak Korban semasa hidup/Foto: Instagram

Blitar – 9 Hari berlalu, akhirnya kasus mayat dalam koper terkuak. Polisi menyatakan satu pelaku berhasil ditangkap.

Pernyataan polisi ini sekaligus menjawab berbagai postingan di medsos. Banyak netizen secara simpang siur memposting proses penyelidikan pihak kepolisian dalam kasus mutilasi ini.

“Yang benar ditemukan lokasi pembunuhan sekaligus tersangka sudah ditangkap,” jawab Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera melalui whatssaap kepada detikcom, Jumat (12/4/2019).

Namun Barung masih enggan menyebutkan siapa nama tersangka dan berasal dari daerah mana. Barung hanya menegaskan tentang lokasi pembunuhan korban mayat dalam koper berada di wilayah Kediri.

“Sesuai dengan awal kita sampaikan. Kediri,” pungkasnya.

Penemuan mayat dalam koper, Rabu (3/4) pukul 07.00 WIB membuat geger warga Blitar. Koper warna hitam itu ditemukan pencari rumput di Desa Karanggondang, Kecamatan Udanawu. Saat ditemukan, di dalam koper itu terdapat sesosok mayat tanpa bagian kepala.

Polisi berupaya terus menguak tabir mutilasi mayat dalam koper. Dengan memriksa kembali 18 saksi dan olah TKP ulang.
(fat/fat) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Terkuak, Ini 5 Penyebab Bandara Kertajati Sepi Penumpang

Liputan6.com, Majalengka – Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, sedang mati suri. Hanya ada 1 rute yang beroperasi dari 11 yang tersedia. Target 2,7 juta penumpang per tahun 2019 pun jauh dari harapan.

Apa yang terjadi? Menurut Direktur Operasional dan Pengembangan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Agus Sugeng Widodo, ada setidaknya 5 faktor yang menyebabkan bandara sepi.

“Penyebabnya saya kira cukup banyak. Yang pertama memang dengan naiknya harga tiket, lalu kemudian bagasi berbayar, terus kemudian adanya Tol Trans Jawa juga berpengaruh,” ujar Agus kepada Liputan6.com pada Selasa (9/4/2019).

Faktor lain adalah saingan dari Bandara Husein Sastranegara. Masalah “persaingan” antara kedua bandara itu memang bukan kabar baru, sampai ada wacana untuk menutup bandara Husein demi mengalihkan penumpang ke Bandara Kertajati.

“Jadi persoalannya di situ, ketika orang masih ada pilihan ke Bandara Husein, maka mereka akan kembali ke Bandara Husein,” jelas Agus.

Yang tak kalah penting bagi Agus adalah mindset masyarakat yang belum tertarik pada jalur udara. Kurangnya penumpang pun membuat target rute harian dan penumpang tahunan sulit dicapai, sebab banyak rute yang tutup sementara. Alhasil, okupansi hanya sekitar 20 persen.

Agus berharap masyarakat makin gencar mendayagunakan Bandara Kertajati, sebab anggaran pembangunan yang dikeluarkan sudah besar dan amat disayangkan jika bandara sepi.

Selain berharap sosialisasi terus digenjot, Agus berharap ada solusi fundamental dari pemerintah untuk meningkatkan popularitas Bandara Kertajati sebagai bandara kebanggaan Jawa Barat. “Harus ada kebijakan yang sifatnya fundamental,” ucap Agus.

Terkuak, Ini 10 Sumber Kekayaan Para Miliarder di Dunia

Liputan6.com, Washington, D.C. – Tahun ini CEO Amazon Jeff Bezos kembali dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes. Ia menggeser Bill Gates yang selama bertahun-tahun awet di posisi puncak.

Namun, pergantian antara dua miliarder itu sebetulnya tidak terlalu revolusioner. Sebab, keduanya berasal dari industri yang sama: teknologi.

Tahun ini, ada 205 miliarder di daftar Forbes yang berasal dari sektor teknologi, atau 9 persen dari keseluruhan daftar. Bos Alibaba, Tencent, dan Bytedance (induk Tiktok), juga masuk ke daftar Forbes berkat perkembangan teknologi.

Untungnya, ada banyak jalan menuju daftar Forbes. Ini terbukti dengan tiada industri yang mendominasi sumber uang miliarder.

Ambil contoh Kylie Jenner. Hanya dengan bermodal pengetahuannya di industri fashion dan kosmetik, ia berhasil menjadi miliarder termuda di dunia pada usia ke-21.

Industri keuangan, yang notabene mengelola uang orang lain, justru menjadi sumber dana teratas bagi para miliarder. Tercatat 14 persen miliarder berasal dari sektor ini.

Selengkapnya, berikut 12 industri yang mencetak para miliarder di dunia, seperti dikutip Forbes.

Terkuak Alasan Mistis Kenapa Hidung Patung Mesir Sering Rusak

Liputan6.com, Washington DC – Jika Anda berkunjung ke museum benda-benda bersejarah Mesir, Anda akan mengetahui bahwa sebagian besar hidung patung telah rusak. Ternyata, hal itu bukan sebuah kebetulan.

Adela Oppenheim, seorang kurator Departemen Seni Mesir di The Metropolitan Museum of Art, New York AS menyampaikan alasan di balik perusakan, sebagaimana dikutip dari laman Live Science pada Jumat (29/3/2019).

Ternyata benda bersejarah tersebut dipatahkan pada bagian hidung, karena banyak warga Mesir Kuno percaya bahwa patung memiliki kekuatan hidup. Konon, jika sebuah kekuatan lawan tidak menyukai sosok dalam patung itu, maka ia akan merusak bagian hidungnya.

Menurut Oppenheim, hal itu dikarenakan kekuatan untuk bertahan hidup berawal dari bernafas. Proses pernapasan sendiri dilakukan dengan menggunakan hidung.

Maka tak heran jika terdapat ritual buka mulut (opening of the mouth ritual) untung menyelamatkan patung yang dirusak. Bibir benda bersejarah itu tidak benar-benar dibuka dalam prosesi, namun diolesi dengan minyak. Tradisi tersebut dipercaya oleh masyarakat Mesir kuno akan memberikan kehidupan kembali pada kekuatan mistis yang terdapat dalam patung tersebut.

Simak pula video pilihan berikut:

Horor pun menjalar, setelah pergerakan patung berusia 4 ribu tahun tersebut diketahui.

Terkuak, Kesamaan Data Satelit Ethiopian Airlines dan Lion Air yang Berakhir Nahas

Liputan6.com, Washington DC – Bukti konkret pertama dari kemungkinan hubungan antara dua kecelakaan Boeing 737 MAX 8 yang mematikan, yakni Ethiopian Airlines ET 302 dan Lion Air JT 610, terkuak. Sumbernya, dari luar angkasa.

Sebuah jaringan satelit baru yang mampu melacak pesawat dengan detail mumpuni di seluruh dunia menangkap jalur penerbangan Boeing 737 MAX ET 302 yang jatuh pada Minggu 10 Maret 2019.

Data itu sangat vital, sampai-sampai, otoritas penerbangan Amerika Serikat menjadikannya sebagai salah satu alasan untuk bergabung dengan seluruh dunia dalam mengandangkan dan menangguhkan izin terbang (grounding) MAX, menurut pejabat industri aviasi dan regulator.

Data tentang penerbangan enam menit yang karut-marut dari pesawat Ethiopian Airlines meyakinkan Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) bahwa itu mungkin cukup mirip dengan apa yang terjadi pada kecelakaan Lion Air JT 610 pada 29 Oktober 2018 yang menerbangkan 737 MAX 8.

Setelah meninjau data yang dimaksud, pejabat FAA Daniel Elwell pada Rabu 14 Maret 2019 mengatakan, “(data itu) membuat jelas bagi semua pihak, sebenarnya bahwa jalur penerbangan Ethiopian Airlines sangat dekat dan berperilaku sangat mirip dengan penerbangan Lion Air,” demikian seperti dikutip dari NDTV, Jumat (15/3/2019).

Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau juga mengutip data pelacakan satelit pada hari Rabu sebagai alasan negaranya bergabung dengan lebih dari 50 negara lain dalam menetapkan grounding pada model 737 MAX.

Data Satelit Seperti Apa?

Data satelit itu disediakan oleh Aireon LLC, yang dibentuk pada 2012 oleh Iridium Communications Inc. dan Nav Canada, perusahaan nirlaba yang memandu lalu lintas udara di Kanada dengan memiliki pengalaman bertahun-tahun pengembangan dan peluncuran 66 satelit ke orbit. Aireon juga akan memperkenalkan layanan pelacakan penerbangan komersial baru dalam beberapa minggu mendatang.

Soal pelacakan dari luar angkasa, perusahaan itu melakukannya dengan menggunakan teknologi GPS yang umumnya dikenal sebagai Automatic Dependent Surveillance-Broadcast atau ADS-B. Jaringan itu dioperasikan oleh Harris Corp, yang juga bermitra dengan Aireon.

Transmisi data hanya mencapai angkasa luar sepersekian detik setelah pesawat tertangkap radar antena darat dan itulah yang diandalkan Aireon untuk melacak penerbangan Ethiopian Airlines. Sebuah stasiun darat yang dioperasikan oleh perusahaan pelacak FlightRadar24 hanya menangkap data dari dua menit pertama penerbangan sebelum pesawat berada di luar jangkauan.

Aireon LLC berbagi informasi dengan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan Administrasi Penerbangan Federal, serta “beberapa otoritas penerbangan Eropa dan berbagai otoritas penerbangan Afrika,” kata Jessie Hillenbrand, seorang juru bicara Aireon.

Pejabat FAA Daniel Elwell mengatakan, trek awal pesawat yang tersedia segera setelah kecelakaan oleh perusahaan terpisah dengan stasiun darat di Ethiopia tidak konsisten dengan bagaimana pesawat terbang dan tidak dapat dipercaya. Namun, ketika para pakar agensi meninjau trek yang disempurnakan yang disediakan oleh Aireon, hal itu menimbulkan kekhawatiran.

3 Hal Ini Terkuak dari Sosok Mahasiswa Unpad yang Tewas Bunuh Diri

Seperti diketahui, korban nekat mengakhiri nyawanya dengan leher menggantung menggunakan seutas tali di dalam kamar kontrakannya. Kejadian ini menambah daftar mahasiswa Unpad yang tewas sebelumnya akibat bunuh diri.

Polisi menduga mahasiswa tersebut mengakhiri hidupnya karena permasalahan pribadi. Karena berdasarkan informasi, almarhum sempat terlibat cekcok dengan pacarnya. 

“Perihal masalah pribadi yang dialami almarhum, Unpad belum mendapatkan informasi lengkap dari berbagai pihak terkait, kami menyerahkan pada hasil penyelidikan dari pihak kepolisian,” ujar Syauqi.

Sementara itu, sang kekasih tak menyangka, usai terlibat cekcok dengannya, AH memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara tragis.