Terkuak Alasan Mistis Kenapa Hidung Patung Mesir Sering Rusak

Liputan6.com, Washington DC – Jika Anda berkunjung ke museum benda-benda bersejarah Mesir, Anda akan mengetahui bahwa sebagian besar hidung patung telah rusak. Ternyata, hal itu bukan sebuah kebetulan.

Adela Oppenheim, seorang kurator Departemen Seni Mesir di The Metropolitan Museum of Art, New York AS menyampaikan alasan di balik perusakan, sebagaimana dikutip dari laman Live Science pada Jumat (29/3/2019).

Ternyata benda bersejarah tersebut dipatahkan pada bagian hidung, karena banyak warga Mesir Kuno percaya bahwa patung memiliki kekuatan hidup. Konon, jika sebuah kekuatan lawan tidak menyukai sosok dalam patung itu, maka ia akan merusak bagian hidungnya.

Menurut Oppenheim, hal itu dikarenakan kekuatan untuk bertahan hidup berawal dari bernafas. Proses pernapasan sendiri dilakukan dengan menggunakan hidung.

Maka tak heran jika terdapat ritual buka mulut (opening of the mouth ritual) untung menyelamatkan patung yang dirusak. Bibir benda bersejarah itu tidak benar-benar dibuka dalam prosesi, namun diolesi dengan minyak. Tradisi tersebut dipercaya oleh masyarakat Mesir kuno akan memberikan kehidupan kembali pada kekuatan mistis yang terdapat dalam patung tersebut.

Simak pula video pilihan berikut:

Horor pun menjalar, setelah pergerakan patung berusia 4 ribu tahun tersebut diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *