Anak Bungsu Anji Didiagnosa Terkena Autism Spectrum Disorder

Lebih lanjut pelantun tembang “Dia” mengaku bahwa hal yang membuatnya risau dengan sikap anaknya adalah sulit fokus dan tantrum.

“Salah satu hal yang merisaukan kami saat itu adalah SUN yang sulit fokus dan tantrum. Ada satu hal sederhana yang tidak terdeteksi oleh kami tentang kebiasaan tantrum @sigraumarnarada , yaitu MAKANAN,” jelasnya.

Anji pun mengaku bahwa, makanan menjadi faktor penting dalam tumbuh kembang anaknya. Maka dari itu, sejak mengetahui anaknya ASD, Sigra pun melakukan diet.

TPS di Jawa Barat yang Terkena Bencana Alam Akan Direlokasi

Liputan6.com, Jakarta – Jawa Barat, salah satu daerah berpotensi kerawanan Pemilu 2019. Tak hanya itu, wilayah yang memiliki jumlah pemilih terbesar juga rawan bencana alam.

Untuk kelancaran Pileg dan Pilpres pada 17 April 2019, tim SAR dari personel TNI-Polri dan Basarnas disiagakan untuk membantu merelokasi tempat pemungutan suara (TPS) apabila dilanda bencana alam seperti banjir, longsor, maupun angin puting beliung.

“Di Jawa Barat sekarang ini sering terjadi bencana banjir dan longsor. Mengantisipasi itu kita keluarkan tim SAR untuk membantu memindahkan TPS ke tempat aman,” ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto usai menggelar apel kesiapan pengamanan TPS di Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/4/2019).

Agung mencontohkan seperti banjir yang hingga kini masih menggenangi wilayah Bale Endah, Bandung. Lokasi yang akan dijadikan tempat pencoblosan pun masih terendam. Karenanya, TPS yang berada di daerah itu akan dipindahkan ke lokasi yang lebih aman jika banjir diperkirakan masih terjadi hingga pencoblosan.

“Polda dengan KPU, Bawaslu untuk saling koordinasi terkait hal ini. Kalau mau dipindah, dipindahkan kemana,” kata Agung.

Begini Kondisi Anggota dan Warga yang Terkena Bom Teroris di Sibolga

Liputan6.com, Jakarta – Ledakan bom di rumah terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara melukai seorang anggota kepolisian dan warga setempat. Keduanya terkena serpihan bom rakitan milik terduga teroris bernama Husain alias Abu Hamzah yang meledak saat penyergapan.

“(Petugas) luka di bagian mata dan tangan. Saat ini proses perawatan RS di daerah Sibolga. Masyarakatnya juga kena luka di bagian wajah dan tangan, satu orang,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di kantornya, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Sementara tubuh istri dan anak Husain terkoyak menjadi beberapa bagian. Polisi telah mengidentifikasi bagian tubuh yang ditemukan di sekitar lokasi kejadian sebagai seorang wanita berusia sekitar 30 tahun lebih dan seorang balita berusia sekitar 2 tahun.

Hingga saat ini, TKP belum bisa dinyatakan aman. Polisi juga belum bisa bergerak bebas melakukan olah TKP karena dikhawatirkan masih ada bom rakitan yang dapat meledak kapan saja.

Police line aja belum bisa dipasang karena dikhawatirkan di balik reruntuhan bangunan itu masih ada sisa-sisa bom yang belum meledak. Kalau masih bisa dilihat, bom tersebut akan langsung diledakkan oleh tim Gegana dengan menggunakan robot. Jadi tidak bisa mendekat langsung karena cukup berbahaya,” ucap Dedi.

Penangkapan Husain alias Abu Hamzah dilakukan Densus 88 Antiteror Polri di Sibolga pada Selasa 12 Maret 2019 sekitar pukul 14.23 WIB. Dalam operasi itu, sebuah bom meledak dari dalam rumah pelaku yang melukai petugas kepolisian.

Pada operasi itu, polisi baru bisa menangkap Husain. Sementara istri dan anaknya memilih bertahan di dalam rumah. Aparat terus melakukan negosiasi untuk membujuk istri dan anak Husain menyerahkan diri.

Namun negosiasi akhirnya gagal setelah istri Husain memilih meledakkan diri menggunakan bom rakitan dari dalam rumahnya sekitar pukul 02.00 WIB dini hari tadi. Istri dan anak Husain tewas dalam peristiwa tersebut.

Tiga Pekerja Fasilitas Nuklir Australia Terkena Tumpahan Bahan Kimia

Sydney

Tiga orang pekerja pada fasilitas nuklir Lucas Heights di Sydney, Australia, terpapar bahan kimia berbahaya dan harus dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani proses dekontaminasi.

Juru bicara Organisasi Sains dan Teknologi Nuklir Australia (ANSTO) menjelaskan para pekerja tersebut terpapar natrium hidroksida ketika penutup salah satu pipa di pabrik pengobatan nuklir itu terlepas.

Menurut keterangan petugas ambulans setempat, bahan kimia ini terciprat ke bagian lengan dan wajah dua pekerja pria dan seorang pekerja wanita.

Bahan kimia Sodium hydroxide diketahui sangat beracun dan dapat menyebabkan luka bakar yang akut.

Juru bicara ANSTO menambahkan, gedung tempat insiden terjadi tidak terkait dengan fasilitas reaktor nuklir.

“Sebelum jam 8 pagi ini, penutup salah satu pipa terlepas dan menumpahkan sekitar 250ml natrium hidroksida,” katanya.

“Tiga pekerja terkena dampaknya. Petugas layanan darurat datang ke ANSTO dan tiga pekerja tersebut telah dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan,” jelasnya.

“Insiden itu terjadi di bangunan pabrik pengobatan nuklir yang tak terkait dengan reaktor nuklir OPAL,” tambah juru bicara ANSTO.

Fasilitas nuklir Lucas Heights, terletak 40 kilometer ke arah selatan pusat Kota Sydney, sebelumnya telah beberapa kali mengalami kontaminasi.

Pada Agustus 2017, seorang pekerja menderita lecet di bagian tangannya setelah menjatuhkan botol berisi bahan radioaktif. Dia terkontaminasi bahan tersebut melalui sarung tangannya.

Kejadian itu dianggap yang paling serius pada fasilitas nuklir di seluruh dunia pada 2017, seperti dilaporkan Skala Kejadian Nuklir Internasional.

ANSTO menyatakan permintaan maaf kepada pekerja yang terpapar radioaktif tersebut dan menghasilkan langsung membuat rencana aksi.

Pemeriksaan independen terhadap fasilitas ini dilakukan pada Oktober 2018. Ditemukan bahwa fasilitas ini tidak memenuhi standar keselamatan nuklir modern dan harus diganti.

Pada minggu yang sama ANSTO mengkonfirmasi lima orang pekerja terpapar radiasi di fasilitas itu, namun kadarnya kurang dari radiasi rontgen.

Ikuti juga berita lainnya dari ABC Indonesia.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gejala Sinusitis Pada Anak, Jangan Panik Ketahui Cara Mengatasinya di Sini

Liputan6.com, Jakarta Sinusitis merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyiksa dan mengangggu pernapasan. Sinusitis dapat dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Gejala yang ditimbulkan oleh sinusitis mirip dengan gejala flu biasa.

Jika tak segera ditangani, sinusitis dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi tulang. Meski jarang terjadi, sinusitis juga dapat menyebabkan infeksi dan menyebar ke daerah sekitar mata, tulang, darah atau otak.

Sinusitis juga kerap terjadi pada anak. Jika Anda mendapati anak mengalami pilek yang tak kunjung sembuh atau sering kambuh Anda perlu mencurigai penyakit sinusitis pada anak.

Nah agar Anda dapat mewaspadai sinusitis pada anak, berikut penjelasan mengenai penyakit sinusitis dari penyebab, cara menangani dan gejala sinusitis pada anak yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis(28/2/2019).

2 dari 5 halaman

Mengenal Sinus dan Sinusitis

Sinus sendiri adalah struktur berupa rongga yang terletak di wajah. Rongga kosong ini terletak di ulang pipi (maxillary), bagian bawah dahi (frontal), bagian belakang rongga hidung (sphenoid), serta di antara hidung dan matang (ethmoid). Rongga sinus tidak tampak dari luar, tetapi fungsinya penting untuk mengurangi beban berat pada tengkorak kepala.

Salah satu tugas sinus adalah untuk menghasilkan mukus (cairan lengket dan tebal) di hidung. Mukus turut bekerja untuk mencegah masuknya kuman, allergen penyebab alergi, dan benda-benda asing yang dapat menyebabkan infeksi dalam tubuh.

Rongga sinus memiliki saluran yang menyambung dengan hidung. Karena itu, infeksi atau peradangan yang terjadi pada hidung, misalnya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), dapat merambat ke sinus dan menyebabkan sinusitis. Sinusitis merupakan gangguan pada rongga sinus yang terjadi akibat sebuah peradangan.

Sebagian besar sinusitis sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan gejala yang dirasakan serta pemeriksaan fisik. Pada pemeriksaan fisik dokter akan melihat adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi.

Selain itu diagnosa juga bisa dilakukan melalui pemeriksaan rhinoskopi. Ini adalah sebuah cara untuk melihat langsung ke dalam rongga hidung. Tujuannya adalah untuk melihat lokasi sumbatan.

Terkadang juga diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk pemeriksaan kuman. Pemeriksaan kuman berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI hanya diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal.

3 dari 5 halaman

Sinusitis Pada Anak

Sinusitis merupakan peradangan pada rongga sinus yang sering terjadi pada anak-anak. Anak-anak memang sering mengalami ISPA, sehingga risiko mereka untuk terkena sinusitis juga terbilang besar.

Setiap tahunnya, rata-rata anak mengalami 6-8 kali ISPA dibandingkan orang dewasa. Diperkirakan sebanyak 0,5%-10% ISPA mengakibatkan komplikasi sinusitis. Penelitian juga menemukan bahwa sebanyak 6%-13% anak sampai usia 3 tahun pernah menderita sinusitis.

Penyebab Sinusitis pada Anak

Pada kondisi normal, sel dinding sinus akan menghasilkan lendir (mukus) untuk membantu mengeluarkan alergen atau polutan dari rongga hidung.

Namun, bila terinfeksi lendir ini akan terperangkap, volumenya akan bertambah, dan berisi bakteri atau virus. Karena terinfeksi, sel-sel yang ada di dalamnya pun akan meradang.

Sinusitis dapat terjadi akibat infeksi maupun tanpa infeksi kuman (noninfeksi). Kuman yang paling sering menyebabkan sinusitis adalah virus, yang dapat diperparah dengan tambahan infeksi dari bakteri. Pada anak-anak dengan daya tahan tubuh yang rendah, sinusitis juga dapat dipicu oleh bakteri yang lebih kuat maupun jamur. Sedangkan penyebab noninfeksi pada sinusitis adalah kondisi alergi.

4 dari 5 halaman

Gejala Sinusitis Pada Anak

Gejala sinusitis pada anak maupun orang dewasa mirip dengan gejala flu, yaitu hidung mampet atau berair, keluar lendir berwarna kuning kehijauan dari hidung dan demam ringan. Namun, pada sinusitis terdapat nyeri di wajah terutama sekitar pipi, mata, dan dahi, penurunan indra penciuman, sakit gigi, dan bau mulut.

Anda dapat membedakan pilek biasa dari sinusitis dengan melihat perjalanan penyakit yang terjadi. Umumnya sinusitis ditandai dengan pilek yang tidak kunjung sembuh bahkan hingga 10 hari. Gejala pilek yang sempat membaik, namun memburuk kembali juga dapat menunjukkan adanya sinusitis. Batuk dan pilek yang sangat berat juga dapat dicurigai telah dikomplikasi dengan sinusitis.

Berikut gejala sinusitis pada anak yang perlu diwaspadai dan segera ditangani :

· Hidung tersumbat

· Pilek yang berlangsung lama atau kambuh berulang

· Dapat terjadi demam

· Bau mulut

· Ingus kental, dan terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan (disebut post-nasal drip). Post-nasal drip akan menyebabkan seseorang kerap berdeham untuk membersihkan lendir yang terasa mengalir di belakang tenggorokan

· Sakit kepala, misalnya saat menunduk (menandakan radang di sinus frontalis)

· Nyeri pada area wajah, misalnya pipi ketika sinus maksilaris mengalami radang

· Bengkak di area mata

Selain gejala sinusitis pada anak di atas, anak yang mengalami sinusitis biasanya menjadi lebih rewel, susah makan, dan suara yang terdengar bindeng.

5 dari 5 halaman

Penanganan Sinusitis

Gejala sinusitis pada anak memang mirip dengan flu biasa. Dengan mengenalinya Anda dapat memberikan penanganan tepat untuk mengurangi gejala sinusitis pada anak.

Setelah mengetahui gejala sinusitis pada anak maka Anda perlu mengetahui cara menangani sinusitis agar tidak terus menganggu aktivitas anak. Sinusitis dapat sembuh dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan flu biasa, yaitu sekitar 7–10 hari atau bahkan hingga 2 minggu.

Sinusitis yang ringan bisa dikatakan tidak berbahaya. Namun, tetap saja dapat mengurangi kualitas tidur, nafsu makan, serta aktivitas belajar dan bermain anak. Meski sangat jarang terjadi, sinusitis memang bisa menjadi sumber infeksi ke otak dan menyebabkan meningitis.

Periksakanlah anak ke dokter jika mencurigai adanya gejala sinusitis pada anak. Antibiotik adalah obat yang paling sering diresepkan untuk menangani sinusitis. Anda juga dapat memberikan asupan cairan yang cukup untuk anak. Selain itu, bila ingus anak sangat kental dan sulit dikeluarkan, gunakan cairan saline untuk mengencerkan ingus.

Hasil Liga Inggris: Penalti Aguero Antar Man City Kalahkan West Ham

Manchester – Penalti Sergio Aguero antarkan Manchester City mengalahkan West Ham United 1-0. Hasil ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

Berlaga di Stadion Etihad, Manchester City menang 1-0 saat menjamu West Ham, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Gol tunggal tuan rumah tercipta melalui penalti Sergio Aguero di menit ke-59.

Kemenangan ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Skuat Josep Guardiola kini berada di urutan kedua dengan 68 angka tertinggal satu poin dari The Reds, yang pada pertandingan lain menggilas Watford 5-0.

Sementara bagi West Ham kekalahan di Stadion Etihad membuat mereka kini menempat posisi ke-10. Anak asuhan Manuel Pellegrini mengumpulkan 36 angka hingga pekan ke-28.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas dipunya City saat pertandingan baru berjalan empat menit. Tendangan Riyad Mahrez usai menerima umpan dari David Silva melayang di atas gawang, padahal dia melepaskan tembakan itu dari jarak dekat.

Hanya semenit berselang City kembali punya peluang matang yang gagal berujung gol. Umpan mendatar Kevin de Bruyne dari sisi kanan menemui Silva di kotak penalti. Bola yang dibelokkan arahnya oleh Silva berhasil melewati kiper Lukasz Fabianski, namun gagal menjadi gol karena terkena tiang gawang.

Gelombang tekanan City berlanjut dengan tendangan voli De Bruyne dari dalam kotak penalti yang melayang ke atas gawang. Sementara upaya Aguero mengarahkan bola ke dalam gawangnya menggunakan tumit saat meneruskan umpan De Bruyne juga gagal lantaran arahnya masih melenceng.

Aguero mengklaim penalti di menit 25. Sepakannya dari tengah kotak penalti terlihat mengenai lengan bek West Ham yang mencoba memblok sambil menjatuhkan diri. Namun wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam momen itu.

Mahrez mengancam di menit 29 saat dia menusuk masuk ke kotak penati di sisi kanan. Usai memgecoh bek West Ham dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, upayanya tak sampai menyulitkan kiper.

Meski sangat dominan dengan pengusaan bola sebesar 78 persen, tapi City nampak kesulitan menembus ketatnya pertahanan The Hammers. Ini terlihat dimana mereka hanya mencatatkan satu sepakan ke arah gawang di babak pertama.

Strategi Manuel Pellegrini ini terbukti ampuh. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

West Ham mengejutkan Ciy di awal babak kedua. Mereka nyaris saja membuka skor lewat Andy Carrol di menit ke-49. Umpan Manuel Lanzini mampu diteruskan Carrol dengan baik. Beruntung untuk tuan rumah, Ederson masih mampu menepis bola.

Upaya City untuk mencetak gol di laga ini akhirnya membuahkan hasil di menit ke-59. Pelanggaran terhadap Bernardo Silva di kotak penalti memaksa wasit menunjuk titik putih. Aguero yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Unggul 1-0 membuat skuat Pep Guardiola makin gencar menekan lini pertahanan tim tamu. Di menit ke-65 mereka hampir saja menggandakan kedudukan.

Sepakan mendatar Raheem Sterling dengan gemilang mampu ditepis oleh Fabianski. Bola muntah yang kemudian disambar Bernardo Silva masih mampu diamankan lini pertahanan The Hammers.

Meski kedua tim mencatatkan beberapa peluang di sisa laga, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk The Citizens menutup laga di Stadion Etihad.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Danilo, Kompany , Otamendi,Zinchenko; De Bruyne, Gundogan, Silva; Mahrez (Sterling 55′), Aguero (Foden), Sane (Bernardo Silva).

West Ham : Fabianski; Fredericks, Issa Diop, Ogbonna,Johnson (Zabaleta 63′); Obiang, Rice; Michail Antonio,Nasri (Lanzini 46′), Anderson (Diangana 77′); Andy Carroll.
(din/din)

4 Perusahaan Logistik Tutup, 200 Karyawan di Ambang Pengangguran

Jakarta – Sebanyak empat perusahaan jasa pengiriman dan logistik diketahui harus gulung tikar imbas dari menjulangnya kenaikan tarif kargo udara. Naiknya tarif kargo udara tak dapat dibendung oleh perusahaan sehingga memilih untuk menyetop operasionalnya.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia Budi Paryanto mengatakan saat ini para karyawan dari perusahaan tersebut sudah mulai dirumahkan. Setidaknya ada 100 hingga 200 orang yang menunggu menjadi pengangguran.

“Dari empat perusahaan itu dari perkiraan saya mestinya di kisaran 100-200 orang dari 4 perusahaan (yang terkena dampak),” katanya saat ditemui di Hotel Millenium Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019).


Adapun keempat perusahaan tersebut kata Budi dua di antaranya berlokasi di Pekanbaru serta Palembang dan Jakarta. Namun dia enggan menyebut nama perusahaan yang dimaksud.

Perusahaan-perusahaan logistik itu sendiri saat ini mulai mengalihkan penggunaan kargo udara ke angkutan jalur darat dan laut. Namun hal tersebut tak banyak membantu lantaran pengiriman memakan waktu yang cukup lama.

“Kita alihkan ke laut, ternyata di laut layanannya cuma dua hari tapi nunggu bongkarnya tiga hari,” ujar dia.

(eds/ara)

Solari Tolak Kontroversi Penalti Casemiro

Madrid – Santiago Solari meredam perdebatan akan insiden yang melibatkan Casemiro dalam kemenangan Real Madrid atas Levante. Solari menilai keputusan wasit sudah tepat.

Sebuah kejadian kontroversial terjadi saat Madrid menundukkan Levante 2-1 dalam lanjutan La Liga, Senin (25/2) dinihari WIB. Di babak kedua, Los Blancos dihadiahi penalti setelah Casemiro tersungkur di kotak penalti lawan.

Wasit berkukuh dengan keputusannya meski sudah berdiskusi dengan ofisial VAR. Padahal rekaman video memperlihatkan Casemiro jatuh dengan mudahnya meski terkena minimal kontak atau bahkan tidak ada kontak dari gelandang Levante Cheick Doukoure.


“Kapanpun VAR digunakan dalam situasi-situasi yang bisa ditafsirkan, akan selalu ada perbedaan opini,” pelatih Madrid itu mengungkapkan dilansir Marca.
“Meski begitu, tidak diragukan bahwa itu memang sebuah penalti untuk siapapun yang tahu Law 12 dan saya paham bahwa kita semua mengkritik wasit ketika mereka gagal dan seharusnya memuji mereka ketika mereka sukses.”

“Jadi biarkan mereka untuk melakukan tugasnya,” cetus Solari.

Kemenangan ini menjaga Madrid tetap di tiga besar klasemen sementara. Dengan koleksi 48 poin, El Real cuma tertinggal dua poin dari Atletico Madrid (2) dan sembilan poin dari Barcelona di urutan teratas.
(rin/raw)

Melawan Pelatih, Kiper Chelsea Kena Denda Rp 3,4 Miliar

Liputan6.com, London – Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, menuai kontroversi karena membantah instruksi pelatih. Pada laga melawan Manchester City pada hari Minggu lalu di Continental Cup. Kiper milenial ini sempat emosional karena menolak diganti.

Maurizio Sarri, pelatih Chelsea, tampak marah di pinggir lapangan, sementara David Luiz tampak berupaya menenangkan juniornya. 

Atas tindak subversif tersebut, hukuman bagi Arrizabalaga adalah pemotongan satu minggu upah sebesar 190 ribu pound sterling atau setara Rp 3,4 miliar (1 pound sterling = Rp 18.385).

Uang itu akan simbangkan Chelsea ke yayasan milik klub. Arrizabalaga pun meminta maaf dan menyebut apa yang terjadi adalah miskomunikasi semata.

“Saya menyesali bagaimana akhir pertandingan tersebut digambarkan. Sama sekali bukan niat saya untuk membantah pelatih atau keputusannya. Saya pikir segalanya terkena salah paham di tengah panasnya akhir pertandingan demi memenangkan gelar,” tulis pemain asal Italia itu di Twitternya.

“Saya memiliki rasa hormat penuh pada pelatih dan otoritasnya,” tutupnya. Pertandingan melawan City berakhir dengan kekalahan Chelsea. 

Arrizabalaga merupakan salah satu pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia. Ia nyaris dibeli Real Madrid, sampai kemudian didapatkan Chelsea dengan nilai transfer hingga 80 juta euro pada Agustus lalu.

Menurut ESPN, angka transfer Arrizabalaga menjadikan pemuda itu kiper termahal di dunia mengalakan nama senior seperti Toldo, Courtois, Buffon, dan de Gea. 

2 dari 2 halaman

Sikap Kepa Arrizabalaga Jadi Olok-olokan Kapten Manchester City

Kapten Manchester City, Vincent Kompany, tertarik untuk memberi pendapat soal sikap kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, yang tak mau ditarik keluar. Ini terjadi saat Manchester City melawan Chelsea di final Carabao Cup di Wembley Stadium, Minggu (24/2/2019).

Alih-alih memberi komentar serius soal sikap Kepa Arrizabalaga, Kompany malah menjadikannya bahan olok-olokan. Dia mengatakan, kalau bisa mengikuti langkah Kepa yang menolak ditarik keluar oleh pelatih. 

Pada masa injury time, Maurizio Sarri berniat untuk memasukkan Willy Caballero setelah melihat Kepa Arrizabalaga mengalami kesakitan di lapangan. Namun, kiper asal Spanyol itu secara tegas menolak keputusan pelatih dan memilih meneruskan permainan.

Kepa Arrizabalaga lalu melanjutkan permainan hingga ke babak adu penalti dan sempat melakukan penyelamatan terhadap eksekusi Leroy Sane. Sayangnya, aksi heroiknya tersebut tak mampu menolong The Blues terhindar dari kekalahan.

6 Tips Aman Mainkan Leher Ketika Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Mencekik leher saat berhubungan seks merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan orang saat melakukan hubungan intim. Di satu sisi, untuk melakukannya tidaklah mudah agar tidak menimbulkan bahaya.

“Cekik leher adalah biasa di porno, biasanya dengan laki-laki dalam posisi dominan, begitu banyak orang merasa tindakan agresif ini adalah ketika pria memberikan kekuatan atau dominasi dalam pengalaman seksual,” kata pendiri The New Society for Wellness (NSFW) Daniel Saynt.

Maka dari itu, daripada asal-asalan dalam mempraktekkan gerakan semacam ini hanya meniru film porno, ada cara yang lebih tepat dan aman. Dilansir dari Men’s Health pada Selasa (26/2/2019), agar tidak menyebabkan cedera (atau yang terburuk kematian), berikut ini beberapa tips “memainkan” leher saat berhubungan seks.

1. Berpikir jernih

Hindari segala macam pikiran yang berbahaya ketika Anda mencoba memainkan leher saat bercinta. Lakukan dengan aman, sadar, dan dengan kesepakatan bersama.

“Jangan berlatih atau melakukan cekikan atau mengontrol pernapasan ketika Anda di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol, atau saat pasangan tidak setuju, serta ketika Anda belum membicarakan tindakan itu,” kata pakar keintiman dan hubungan Lia Holmgren.

2. Pelajari apa yang Anda lakukan

Cara terbaik untuk teknik ini agar tidak melukai pasangan adalah dengan pelatihan yang tepat, serta latihan. Holmgren mengatakan bahwa hal ini adalah sesuatu yang serius.

“Pelajari anatomi leher dan bacalah tentang tercekik sebelum melakukannya,” jelas Holmgren.

2 dari 4 halaman

Melihat respon pasangan

3. Cari tahu cara terbaik menyentuh leher pasangan

Sebelum melakukannya, ketahui bagaimana pasangan Anda bereaksi terhadap cekikan. Disarankan untuk menekan dengan lembut kedua sisi kerongkongan dan cari tahu tekanan yang sesuai dengan dirinya.

Apabila Anda mendorong langsung di bagian depan leher mereka, atau tempat mereka bernapas, ini bisa menyebabkan batuk. Bukannya seksi, ini malah jadi sesuatu yang berbahaya.

“Anda membatasi aliran udara yang berarti kekuatan yang dikeluarkan di leher bukan untuk menghancurkan. Anda tidak ingin menghancurkan kerongkongan mereka,” kata Saynt.

4. Perhatikan reaksi

Saynt mengatakan, jika Anda membatasi aliran udara terlalu lama, pasangan bisa berisiko terkena kerusakan otak atau kematian. Maka dari itu, jangan terfokus atau terjebak di teknik tersebut.

Saat melakukan ini, pasangan harus bisa berbicara. Jika mereka sulit menjawab apa yang Anda tanyakan, segera hentikan permainan leher tersebut.

3 dari 4 halaman

Jaga keamanan

5. Tetapkan batasan

Sebelum melakukan gerakan tersebut, tetapkan batasan apa yang boleh dan tidak. Holmgren menyarankan untuk membicarakan tentang waktu, intensitas, dan tujuan dari kegiatan tersebut.

“Anda ingin menentukan kapan pasangan Anda ingin tercekik misalnya saat penetrasi atau yang lainnya, atau mungkin lebih dekat dengan klimaks,” kata Holmgren.

Selain itu, bicarakan juga “cara” tercekiknya. Apakah terlihat bahagia, dominan, atau sedikit pura-pura menakutkan. Saynt mengatakan bahwa semua itu harus dilakukan sebelum melakukannya.

6. Bermain aman

Dalam semua hubungan seks yang kasar, keamanan harus dijunjung tinggi. Ketika pasangan merasa tidak nyaman, lebih baik hentikan gerakan tersebut.

4 dari 4 halaman

Simak juga video menarik berikut ini: