Jadwal Perjalanan KRL Terganggu saat Operasi Perdana Jalur DDT

Jakarta – Jalur rel double-double track (DDT) Jatinegara-Cakung telah beroperasi. Imbas dari pengalihan jalur lama ke jalur DDT baru ini Kereta Commuter Line mengalami beberapa perubahan jadwal.

VP Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia Anne Purba menyebutkan setidaknya ada keterlambatan sekitar 15-30 menit dalam dua hari ke depan. Hal tersebut dikarenakan pola operasi kereta yang harus disesuaikan.

“Karena masih atur (operasi) Stasiun Cakung ya yang dulunya cuma 2 (jalur) jadi 4 kan pasti bisa meleset ya, kalau tadi ada 15, 20, ada yang sampai 30 menit, kita berharap bisa cepat (penyesuaiannya),” ungkap Anne di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (12/4/2019).


Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Jumardi menyebutkan jadwal kereta terganggu karena adanya bottleneck alias penyempitan jalur kereta saat akan beralih ke jalur rel DDT.

Penyempitan jalur sendiri terjadi di jalur dari arah Manggarai yang akan memasuki jalur DDT Stasiun Jatinegara, dan saat lepas dari DDT Stasiun Cakung menuju ke arah Bekasi.

“Iya karena tadi hadapi bottlenecking di Cakung dari 2 jalur jadi 4 dia kan harus diantre, nah pengaturan di Bekasi. Nanti dilepas satu-satu masuk ke Cakung, begitu dia di Cakung dia lancar sampai disini,” ungkap Jumardi.

“Nah sekarang bottlenecking lagi disini, karena Manggarai belum selesai jadi dari 4 ke 2 lagi nyempit lagi disini,” jelasnya.

Kembali ke Anne, pihaknya meminta maaf atas keterlambatan kereta Commuter yang terjadi. Anne menyebutkan proyek DDT ini merupakan sejarah baru perkeretaapian.

“Ini kan proyek yang ditunggu 17 tahun ya, ini adalah sejarah, jadi kami mohon maaf kalau ada keterlambatan jadwal satu dua hari ini, DDT ini akan berikan manfaat ke depannya,” ungkap Anne.

Pembangunan jalur rel DDT sendiri telah dimulai sejak tahun 2015, meskipun perencanaannya sejak 2002. Dari proyek keseluruhan yang menghubungkan Manggarai hingga Bekasi, jalur rel DDT yang baru dioperasikan hanya segmen Jatinegara-Cakung, segmen tersebut baru saja mulai dioperasikan pagi tadi mulai pukul 00.30 WIB. (ara/ara)


Puluhan TPS di Garut Terganggu Reaktivasi Kereta, Bagaimana Nasibnya?

Liputan6.com, Garut – Puluhan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan digunakan pencoblosan 17 April mendatang, terganggu proyek pembangunan reaktivasi jalur rel kereta api stasiun Cibatu-Garut, Jawa Barat.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, meminta agar proses pembangunan dihentikan sementara waktu batas pencoblosan selesai.

“Betul (terdampak) surat permohonan dari KPU Garut sudah masuk, dan kita kabulkan permohonan mereka,” ujar Juru Bicara PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus saat dikonfirmasi, Selasa (9/4/2019).

Menurutnya, sesuai dengan jadwal pembangunan reaktivasi yang dikeluarkan pemerintah, lembaganya terus mengebut pembangunan, untuk mencapai target dan tujuan. “Memang ini kan buat kemajuan warga Garutjuga,” ujarnya.

Namun sejak masuknya surat permohonan penghentian, lembaganya langsung melakukan tinjauan ke lapangan. “Tentu kita pertimbangkan dengan matang, dan hasilnya memang kita mendukung untuk dihentikan sementara sesuai permintaan mereka,” kata dia.

Berdasarkan laporan dari lapangan, diketahui banyak TPS yang lokasinya persis di area reaktivasi, sehingga lembaganya langsung merespon permintaan itu untuk menghentikan pembangunan hingga 17 April mendatang. “Tentu kita dukung, sebab itu kan pesta demokrasi seluruh rakyat Indonesia,” kata dia.

Joni membantah jika penghentian sementara program reaktivasi itu, akibat desakan LSM dan pihak lain, namun resmi berdasarkan permintaan KPU.

“Gak ada itu, yang jelas surat permohonan itu penghentian sementara ada, dan memang kami mendukung pesta demokrasi agar berlangsung sukses dan lancar,” ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Garut Junaidin Basri mengakui adanya kekhawatiran, jika program reaktivasi tetap dilakukan bakal menghembat proses pencoblosan warga.

Lembaganya mencatat ada sekitar 24 Tempat Pemungutan Suara (TPS), terganggu seiring progres pembangunan reaktivasi tersebut. “Sudah kami cek ke lepangan,” kata dia.

Selama ini banyak titik di sepanjang jalur pembangunan reaktivasi yang kerap digunakan warga sekitar, sebagai lokasi pencoblosan saat pemilu berlangsung. 

Hasil pendataan sementara, beberapa TPS yang akan terkena gusuran reaktivasi rel kereta di wilayah Kecamatan Garut Kota antara lain, Kelurahan Pakuwon ada TPS 4, 7, 8, 9, 16, dan 17, kemudian di Kelurahan Kota Wetan TPS 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 46, kemudian Kelurahan Ciwalen TPS 1, 3, dan 24.  “Jumlah itu baru ditemukan di sekitar kecamatan Garut kota belum yang lainnya,” kata dia.

Ia berharap dengan adanya penghentiansementara tersebut, memberikan banyak kemudahan bagi warga untuk menyampaikan aspirasinya. “Jika hal itu (pembongkaran) tetap dilakukan, akan memberikan kesulitan bagi PPK dalam memfasilitasi para pemilih,” ujarnya.

Longsor dan Pohon Tumbang di Perbatasan Bandung-Garut, Lalin Terganggu

Bandung – Setelah hujan mengguyur di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, akses jalan perbatasan Bandung-Garut tertutup tanah longsor dan pohon tumbang.

Informasi yang dihimpun detikcom, Sabtu (6/4/2019), kejadian itu terjadi di perbatasan Bandung-Garut, Jumat (5/4) malam sekitar Pukul 22.00 WIB. Akibatnya arus lalu lintas dari arah Garut menuju Bandung dan sebaliknya terganggu.

“Lokasinya sebelum Lingkar Nagreg kalau dari arah Garut, dekat Warung Elbasari,” kata Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor via pesan singkat.

Joshua mengungkapkan, terjadi pergerakan tanah sehingga tebing yang ada di jalan tersebut longsor dan menutup sebagian badan jalan. Selain itu, pohon tumbang terjadi di sejumlah titik.

Hingga Pukul 00.30 WIB, pihaknya bersama kepolisian sedang melakukan evakuasi pohon tumbang dan membersihkan longsoran tanah. Selain itu, satu unit alat berat jenis loader diterjunkan untuk membersihkan material tanah.

“Tebingnya sekitar 3-4 meter. Ada empat titik untuk pohon tumbang. Alat berat ada satu dari Dinas PU, untuk ekstrikasi pemotongan ada dari Basarnas dan kepolisian,” ungkapnya.

Longsor dan Pohon Tumbang di Perbatasan Bandung-Garut, Lalin TergangguFoto: Longsor dan pohon tumbang di perbatasan Bandung-Garut (Dok. Istimewa)

Selain itu, aliran listrik di lokasi kejadian padam karena kabel tertimpa oleh pohon tumbang. “Untuk lokasi perbatasan di Nagreg ini listrik mati katena kabelnya terputus akibat pohon tumbang ini,” ujarnya.

Karena masih dilakukan pembersihan material tanah, Joshua menambahkan, untuk arus lalu lintas pihak kepolisian melakukan buka tutup jalur.

“Kalau dari arah Bandung jalur sebelah kiri saja yang tertutup. Kendaraan ditutup buka jalurnya kurang lebih 15-20 menit dibuka, 15-20 menit dibuka,” tambahnya.
(gbr/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cristiano Ronaldo Tak Pernah Terganggu oleh Tekanan

Dalam penelitian itu dilanjutkan juga bahwa ada beberapa pemain yang performa mereka sangat terpengaruh karena adanya tekanan.

Berdasarkan penelitian, Neymar adalah pemain yang performanya sangat dipengaruhi oleh tekanan di dalam permainan, dan demikian pula dengan bintang Chelsea, Eden Hazard.

Berdasarkan penelitian dari Analis SciSports, Jan van Haaren, Neymar membuat keputusan-keputusan yang justru lebih buruk bila berada di bawah tekanan. Sementara Hazard juga dipengaruhi oleh tekanan, dan sering membuat keputusan dalam permainan yang buruk ketika tim dalam penguasaan bola.

Profesor Jesse Davis dari Departemen Ilmu Komputer di KU Leuven, berbicara tentang penelitian tersebut.

“Tekanan mental sudah dipelajari di olahraga seperti baseball dan basket, tapi di sepak bola, ini yang belum dipetakan,” ujarnya seperti dilansir SportBible.

“Itulah kenapa kami mengembangkan sebuah model menggunakan machine learning untuk memperkirakan seberapa banyak tekanan mental yang dialami oleh pemain yang menguasai bola,” tambahnya.

“Model tersebut menganalisis bagaimana kinerja pemain ini di bawah tekanan: keputusan apa yang dia buat, apakah tindakan yang dipilih dieksekusi dengan baik dan seberapa besar dampak atas tindakan yang dipilih itu terhadap hasil pertandingan?” tutupnya.

Sumber: Bola.net

Berita Video Hattrick Ronaldo Loloskan Juventus dan Puaskan Italia

KRL Bogor-Angke Tersambar Petir Dievakuasi, Jalur Kereta Bisa Dilalui

Jakarta – KRL KA 1647 relasi Bogor-Angke yang tersambar petir berhasil dievakuasi. Selanjutnya, PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) mengurai perjalanan KRL yang sempat terganggu akibat kejadian itu.

“KA 1647 (Bogor-Angke) yang sebelumnya mengalami gangguan operasional di Stasiun Tanjung Barat telah dievakuasi dari lokasi pada pukul 18.42 WIB. KRL tersebut sementara dievakuasi ke Stasiun Pasar Minggu untuk selanjutnya akan ditarik ke Depo KRL Bukit Duri untuk perbaikan,” ujar VP Komunikasi PT KCI Eva Chairunisa kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

Meski evakuasi telah selesai, saat ini petugas masih berada di lokasi untuk memastikan prasarana perkeretaapian aman untuk melayani perjalanan KRL selanjutnya. Selain itu, perjalanan KRL juga masih dalam tahap penguraian antrean dampak gangguan KA 1647.
“Lokasi sudah bisa dilalui,” sebut Eva.
Di Twitter, PT KCI melalui akun resmi mereka, @CommuterLine, mengabarkan bahwa KRL lintas Bogor-Angke tersambar petir. Eva telah menguatkan informasi bahwa KRL 1647 tersambar petir.

“#InfoLintas KA 1647 (Bogor-Angke) mengalami kendala tersambar petir di Stasiun Tanjung Barat. Saat ini masih dalam proses evakuasi unit terkait. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan perjalanan Anda,” cuit @CommuterLine.
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Datangi Polda Jatim, TKD Kaji Aksi Anarkis Pembakaran Atribut Jokowi

Surabaya – Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk pemenangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mendatangi Mapolda Jatim. Machfud mengatakan kedatangannya ini untuk bersilaturahmi dengan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, juga membahas kondusivitas menjelang Pilpres 2019.

Selain itu Machfud sempat menceritakan terkait aksi-aksi anarkis yang terjadi menjelang Pilpres. Misalnya pembakaran atribut atau alat peraga kampanye (APK) di Sampang, Madura.

“Ya ini silaturahim. Kami meminta kepolisian untuk terus menjaga kondusivitas di tahun politik ini, apalagi belakangan ini mulai muncul aksi-aksi anarkis seperti adanya pembakaran kaus dan alat peraga kampanye Jokowi di Sampang, Madura,” ujar Machfud di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (28/2/2019).

Menurut Machfud komunikasi dengan kepolisian ini untuk memastikan semua pihak bisa menahan diri agar situasi politik tetap nyaman dan aman. Apalagi, ada agenda kampanye terbuka yang rencananya mulai bulan Maret.
“Khawatir bergesekan, karena situasi kan makin dinamis ini. Maka kehadiran aparat keamanan sangat dibutuhkan untuk menjaga kondusivitas,” ujarnya.

Selain itu, Machfud mengatakan ingin Jatim bisa menjalani demokrasi dengan gembira. Dia ingin tak ditemui lagi kampanye hitam hingga aksi anarkis.

“Intinya kami ingin demokrasi ini dijalani dengan gembira. Jangan ada bakar membakar. Makanya ketika kami diprovokasi dengan pembakaran APK Pak Jokowi di Sampang, saya sampaikan jangan sampai membalas. Keep calm. Biarkan kubu sebelah anarkis, nanti masyarakat malah semakin meninggalkan mereka,” imbuhnya.

Sementara terkait pembakaran kaos maupun APK lainnya di Sampang, Machfud mengatakan pihaknya masih memperdalam kajian hukumnya. Jika bisa diproses melalui hukum, pihaknya tak segan untuk melapor.

“Kami koordinasi dengan tim di Sampang. Saya besok ke Madura untuk memastikan semua pergerakan tim tak terganggu dengan aksi anarkis kubu sebelah,” ungkapnya.

Machfud menambahkan aksi anarkis yang dilakukan kubu pendukung Prabowo itu sebenarnya mencerminkan ketakutan dengan semakin besarnya arus perpindahan pemilih ke Jokowi.

“Itu menggambarkan semacam ketakutan di Madura. Ada migrasi pemilih, dari Madura sebagai basisnya Pak Prabowo menjadi semakin banyak yang pindah dukung Pak Jokowi dan Kiai Maruf,” pungkasnya.
(fat/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mengenal Anoreksia Seksual, Kala Pasangan Tak Ada Nafsu Bercinta

Liputan6.com, Jakarta Kalau mendengar kata anoreksia, tentunya kita berpikir tentang kelainan dalam makan. Namun, bagaimana dengan anoreksia seksual?

Istilah anoreksia seksual ini ternyata ada dan dipopulerkan oleh pakar seks Patrick Carnes. Menurut Carnes anoreksia seksual adalah penghindaran kompulsif terhadap aktivitas seks dan hal-hal yang berhubungan dengan seks.

Dalam bukunya, Sexual Anorexia: Overcoming Sexual Self-Hatred, Carnes memasukkan anoreksia seksual sebagai bentuk kecanduan seks.

Carnes menjelaskan, anoreksia berarti tanpa nafsu makan (anoreksia berasal dari kata Yunani, orexis), jadi anoreksia seksual mengacu pada kurangnya nafsu seksual.

“Apa yang membuatnya menjadi bentuk kecanduan adalah penghindaran kompulsif dari seks,” katanya.

Lantas siapa saja yang bisa mengalaminya? Menurut Carnes, masalah soal gairah bercinta ini bisa memengaruhi pria maupun wanita.

2 dari 2 halaman

Bukan diagnosis resmi

Korban pelecehan seksual di masa lalu atau penolakan seksual paling sering terpengaruh dan seringkali tidak mengetahui alasan kesulitan mereka dalam berhubungan seks.

“Individu dengan anoreksia seksual mungkin juga memiliki masalah bersamaan dengan kecanduan lainnya, seperti kecanduan makanan, kecanduan zat, dan masalah obsesif atau didorong oleh kecemasan lainnya.”

Seseorang yang anoreksia seksual, kata Carnes, bisa melakukan hubungan seksual sesekali. Misalnya saja seorang anoreksia seksual mungkin tidak melakukan hubungan seksual kecuali ketika dia mabuk. Dalam hal ini, batas-batas kaku dalam berekspresi seksual hancur ketika hambatan diturunkan.

Terlepas dari kebencian mereka pada seks, lanjut Carnes, anoreksia seksual mungkin terlibat dalam hubungan seksual, termasuk pernikahan. Meskipun kualitas hubungan tersebut kemungkinan akan terganggu dengan menghindari seks.

Walau begitu, definisi anoreksia seksual bukan diagnosis resmi dalam American Psychiatric Association (APA)’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5). Namun, terapis seks, konselor pasangan, dan psikolog sudah mengenal dengan baik kondisi penghindaran seks ini.

“Jika Anda atau pasangan mengalami kesulitan dengan perasaan Anda tentang seks atau ekspresi seksual, Anda mungkin bisa mendapatkan rujukan ke terapis seks,” pesan Carnes.



Saksikan juga video menarik berikut

Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Tanpa Obat untuk Tubuh Ideal

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh yang indah memang menjadi idaman setiap orang. Namun, tubuh yang indah belum tentu masuk kategori tubuh ideal. Pasalnya, banyak orang yang terlihat langsing dan indah dipandang, namun ternyata berat badan dan tinggi badan tidak sesuai dengan kategori tubuh ideal. 

Jika biasanya bertebaran cara menguruskan badan, kali ini cara menggemukkan badan nampaknya akan sesuai untuk Anda yang memiliki berat badan di bawah rata-rata. Anda yang memiliki postur tubuh yang kurus biasanya akan kurang nyaman dalam berpakaian. 

Tak hanya itu, tidak ada orangtua yang menginginkan anaknya tumbuh dengan tubuh yang kurus. Kurus sering ididentikkan dengan tubuh lemah dan akan mudah terserang penyakit. Meski hal itu tak sepenuhnya benar.  Misalnya yang terjadi pada wanita yang siklus menstruasinya terganggu karena berat badan yang turun drastis. Maka dari itu, kesehatan memang menjadi tujuan utama semua orang agar bisa hidup dengan bahagia.

Layaknya perjuangan menurunkan berat badan, menggemukkan badan juga dapat dilakukan Anda yang memiliki badan yang kurang ideal. Untuk itu, Liputan6.com paparkan cara menggemukkan badan secara alami tanpa konsumsi obat-obatan tertentu, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

2 dari 7 halaman

1. Konsumsi Makanan Tinggi Nutrisi

Menggemukkan badan bukan berarti Anda harus makan segala jenis makanan agar berat badan bisa naik. Pasalnya, makanan yang asal pilih mengandung berbagai macam kandungan yang justru malah membahayakan tubuh. Untuk itu, pilih makanan yang mengandung kalori, protein serta karbohidrat untuk menyeimbangkan berat badan dan kesehatan tubuh.

Kalori

Perbandingan asupan kalori yang masuk dalam tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang terbakar. Setidaknya dalam sehari Anda harus mengonsumsi kalori kurang lebih 7.000-10.000 kalori.

Buah-buahan seperti kurma dan alpukat memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi, yaitu masing-masing 282 Kkal dan 160 Kkal. Selain kedua buah tersebut, buah seperti pisang, anggur, mangga, pir, apel juga mengandung tinggi kalori.

Anda juga bisa tambahkan keju parut ke atas roti, atau menyandingkan telur dadar dengan sup ayam. Namun, perlu waspada juga untuk takarannya, karena kalori yang berlebih bisa menyebabkan diabetes.

Protein

Untuk menggemukkan badan dan memperkuat otot, pilihan makanan bersumber protein harus diperhatikan. Anda bisa mulai mengonsumsi protein berkualitas tinggi seperti telur, daging, ikan, susu, ataupun biji-bijian.

Perlu Anda ketahui bahwa tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan (kg)/hari untuk membentuk otot baru. Karenanya, jika Anda konsumsi lebih banyak protein yang berkualitas, maka proses pembentukan otot pun akan berjalan dengan baik.

Karbohidrat

Cara menggemukkan badan secara alami dan sehat tanpa obat, salah satunya adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Banyaknya konsumsi karbohidrat ini bakal memicu lebih banyak asupan kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi berupa nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum, sampai tepung. Namun, seperti makanan lainnya, hindari konsumsi secara berlebihan, demi menjaga kesehatan organ tubuh lain.

3 dari 7 halaman

2.  Makan Porsi Kecil, Tapi Sering

Kebanyakan orang berpikir bahwa banyak makan akan meningkatkan berat badan. Padahal, banyak makan secara berlebihan justru dapat menyebabkan sakit perut. Sakit perut bisa berupa masalah pencernaan atau rusaknya organ tubuh karena tidak mampu menampung makanan yang terlalu banyak jumlahnya.

Apalagi, kebiasaan makan sebelumnya tidak pernah sebanyak itu. Alhasil, alih-alih menggemukkan badan, Anda justru harus dirawat di rumah sakit dan meminum obat karena tubuh mengalami eror.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mengubah pola pikir banyak makan menjadi makan porsi kecil, namun sering. Cara menggemukan badan yang kedua ini dilakukan dengan makan berkali-kali dengan porsi yang sedikit. Dengan cara ini, diharapkan organ pencernaan dapat beroperasi secara teratur hingga akhirnya meningkatkan berat badan Anda.

4 dari 7 halaman

3.  Konsumsi Jus atau Smoothies

Tak hanya makanan saja yang bisa berpengaruh pada berat badan. Pasalnya, minum jus juga bisa jadi salah satu cara menggemukkan badan secara alami dan sudah pasti sehat.

Selain jus buah-buahan, Anda juga bisa konsumsi smoothies untuk sarapan setiap pagi. Dua minuman ini cocok untuk menggemukkan badan karena nutrisi lebih mudah diserap jika tekstur makanan lebih halus.

5 dari 7 halaman

4.  Konsumsi Camilan Sehat

Makan lebih sering tidak berarti harus mengonsumsi nasi dan lauk-pauknya lima kali sehari. Anda bisa juga menambahkan camilan di sela kegiatan. Di kantor, Anda bisa menyediakan buah-buahan di meja agar mudah dijangkau sebagai alternatif cara menggemukkan badan.

Misalnya, Anda bisa mencoba camilan sehat seperti roti tawar yang diolesi selai kacang atau irisan pisang yang ditemani segelas susu. Susu yang dimaksud tidak harus susu murni.

Anda juga bisa mengonsumsi olahannya, seperti yogurt, puding, dan bahkan es krim. Selain sebagai camilan, Anda bisa meminumnya sebagai minuman penutup sesudah makan siang.

6 dari 7 halaman

5. Rutin Olahraga

Olahraga tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Lebih tepatnya, olahraga ini dilakukan untuk menuju hidup yang lebih sehat.

Olahraga secara rutin justru merupakan salah satu cara ampuh menggemukkan badan yang patut Anda coba. Setelah lelah berolahraga, nafsu makan tentu akan meningkat, dan tubuh bisa mendapatkan asupan kalori lebih banyak.

7 dari 7 halaman

6. Kunyah Makanan Sampai Halus

Layaknya smoothies ataupun jus buah, mengunyah makanan sampai halus bisa masuk ke dalam salah satu cara menggemukkan badan secara alami. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan yang memiliki tekstur lebih halus akan diserap dengan mudah oleh tubuh sehingga bisa menaikkan berat badan.

Sandiaga Bantah Ditolak, Tapi Ada Ikan Terinjak

Jakarta – Video cawapres Sandiaga Uno diteriaki oleh pedagang saat berkampanye di Labuan Bajo beredar di media sosial. Sandiaga pun menegaskan teriakan itu bukan bentuk penolakan kepada dirinya, melainkan karena dagangan milik sang pedagang terinjak relawan.

Peristiwa itu terjadi saat Sandiaga berkunjung di tempat pelelangan ikan (TPI) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam potongan video yang beredar, tampak seolah Sandiaga mendapat respons kurang baik saat berkunjung ke TPI itu.

Kejadian itu berlangsung saat Sandiaga hendak melayani sesi wawancara dengan para wartawan. Kemudian terdengar teriakan dari seseorang di lokasi tersebut. Sandiaga pun tampak santai merespons teriak-teriakan tersebut.

“Jangan-jangan, jangan injak itu. Tidak boleh, tidak boleh, keluar ayo, jangan-jangan,” teriak seseorang dalam video itu.
Sandiaga kemudian menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya. Dia menegaskan, teriakan pedagang tersebut bukan ditujukkan kepadanya, melainkan kepada pendukungnya yang ‘mengganggu’ dagangan si pedagang.

“Biasalah relawan kan berebut ada yang model-model gini kan (berdiri di belakang Sandiaga) ada yang naik-naik ke atas, terus penjaga tokonya marah. Ada yang diinjek-injek ikannya, ada yang disuruh turun,” ujar Sandiaga di Kawasan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Eks Wagub DKI Jakarta itu mengungkapkan, para pendukungnya yang berdesak-desakan dan mengerumuninya membuat sang pedagang terganggu. Apalagi, saat itu ada yang kemudian tak sengaja menginjak ikan dagangan.

“Jadi saya melihatnya mungkin dia terganggu dengan hingar bingar para relawan, dan barang dagangannya diganggu sama relawan,” katanya.

Sandiaga pun mengaku telah meminta maaf kepada pedagang tersebut. Kala itu, pedagang ikan itu pun mempersilakannya melanjutkan acaranya.

“Saya sampaikan minta maaf. Maaf boleh saya melanjutkan. Beliau menyampaikan ‘silakan-silakan’. Beliau duduk di situ. Tapi nggak sempet interaksi, sih. Dia nggak bilang pergi-pergi nggak gitu, cuma dia merasa terganggu ada relawan kita yang antusias,” ujar Sandiaga.

“Saya sih melihatnya bukan penolakan saya melihatnya dia tidak ingin terganggu dagangannya. Dan silakan aja temen-temen pers tanya apakah dia menolak, karena dia nggak bawa atribut,” imbuhnya.
(mae/jbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gardu Listrik Meledak, Layanan Pasien di RSSA Malang Andalkan Baterai

Liputan6.com, Malang – Rumah Sakit Syaiful Anwar atau RSSA Malang, Jawa Timur, mengandalkan baterai untuk alat medis dalam melayani pasien. Sebab, pasokan aliran listrik terputus, lantaran gardu listrik meledak siang tadi.

Alat medis yang menggunakan tenaga cadangan dari baterai itu meliputi ventilator, alat cuci darah, dan monitor. Pemulihan seluruh layanan di RSSA Malang masih menunggu perbaikan gardu listrik selesai.

“Itu peralatan penting dan memang sudah di-back up baterai yang mampu bertahan setidaknya 6 jam,” kata Direktur RSSA Malang, Restu Kurnia Cahyani di Malang, Rabu (27/2/2019).

Gardu listrik milik RSSA Malang meledak sekitar pukul 13.00 WIB. Penyebabnya, overheat atau panas berlebih pada kabel panel penyuplai listrik. Meski demikian, penyebab utama kejadian ini masih diselidiki.

“Kabel pada panel itu masih baru, apa penyebab utamanya masih diselidiki. Kami masih menunggu proses pemasangan genset selesai,” ujar Restu.

Meledaknya panel listrik itu menyebabkan layanan di ruang paviliun, IGD serta UGD terganggu. Asap yang sempat memenuhi hampir seluruh ruangan memaksa pasien harus dievakuasi keluar. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

“Asap yang masuk ruangan memang mengganggu, karena itu pasien tadi harus dibawa keluar,” ucap Restu.

Kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran ini. Kuat dugaan korsleting pada panel listrik disebabkan overheat atau panas berlebih pada kabel. Panel maupun trafo itu sendiri sepenuhnya milik RSSA Malang.

“Keterangan dari tim PLN, panel meledak karena overheat. Apakah ada kelalaian atau tidak, masih kami selidiki,” kata Kapolsek Klojen, Komisaris Polisi Budi Harianto.

2 dari 2 halaman

Kronologi Kejadian

Peristiwa yang terjadi siang tadi ditandai dengan terdengarnya ledakan sampai empat kali. Asap hitam pekat tampak membumbung tinggi, serta masuk ke dalam hampir seluruh ruangan rumah sakit.

“Asap sampai masuk ke dalam rumah saya. Mungkin berlangsung sekitar 15 menit,” kata Joko Restiono, seorang warga yang rumahnya tak jauh dari gardu listrik.

Peristiwa itu membuat dokter, perawat, sampai keluarga pasien terkejut dan berhamburan keluar. Pasien pun segera dievakuasi agar tak terdampak asap yang masuk ke ruangan. Mereka menunggu di halaman luar hingga ruangan benar–benar bersih dari asap.

“Saya baru tiba di halaman ruang IGD, mau menjemput ibu. Tapi sudah penuh asap berbau menyengat,” kata Yoga Abdulrahman, salah seorang keluarga pasien.

Ruang tunggu luar sudah dipenuhi dokter maupun perawat yang hilir mudik membawa pasien. Peristiwa itu membuat layanan lumpuh sementara, berganti dengan pemandangan proses evakuasi pasien.

Beruntung kebakaran akibat korsleting panel listrik meledak di dalam ruangan berukuran sekitar 3×4 meter itu tak menjalar ke ruang sebelahnya. Tempat di mana transformator (trafo) berkekuatan 2,5 megawatt berada.

Petugas RSSA berusaha memadamkan panel yang terbakar menggunakan alat pemadam api ringan. Upaya mereka tak membuahkan hasil. Api dan asap baru benar-benar padam saat empat unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan membantu pemadaman.


Simak video pilihan berikut ini: