Terdampak Tsunami Selat Sunda, 7 Objek Wisata di Lampung Tutup

Lampung – Sedikitnya tujuh objek wisata pantai di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, ditutup sementara pasca tsunami Selat Sunda yang melanda wilayah Lampung dan Banten.

Dilansir Antara, berdasarkan pantauan di Merak Belantung, Rabu (26/12/2018), ada puluhan area wisata pantai dan beberapa kawasan wisata alam lainnya yang tidak lagi buka untuk sementara.

Di antaranya yang ditutup sementara adalah Pantai Krakatau, Pantai Beo, Pantai Sampenan, Marina, Embe (Merak Belantung), dan Tapak Kera. Kawasan wisata hutan mangrove atau bakau di wilayah itu juga tutup total dan tidak berpenghuni.

Dari beberapa wilayah pantai yang terdampak langsung oleh tsunami, Pantai Embe (Merak Belantung) mengalami rusak parah akibat terjangan tsunami. Beberapa bangunan ataupun pondokan di pinggir laut hancur hingga terbawa ke tepi jalan di sana serta kapal-kapal juga terbawa ke pinggir jalan.

Menurut keterangan Rizal, salah satu warga setempat, air ketika itu tinggi dan menyambar serta merusak fasilitas beberapa kawasan wisata pantai yang ada.

Pantauan lokasi terlihat Hotel Elty saja yang masih beraktivitas, tetapi terlihat sepi pengunjung.

Pesona Pantai Embe Sebelum Diterjang Tsunami

Pantai Embe berlokasi di kilometer 45 Jalan Lintas Sumatera, Kalianda, Lampung. Area ini berada di sisi kanan dari arah Bandar Lampung.

Dikutip dari laman travelingholic.com, lokasi wisata ini dikelola oleh Krakatoa Nirwana Resort dan di bawah pengawasan PT. Bakrieland Development Tbk. Konsep yang ditawarkan adalah bermain dengan Bumi, yakni menghadirkan permainan rakyat yang sudah lama hilang, seperti gobak sodor, gasing, taplak, dan enggrang.

Sebelum diterjang tsunami, Pantai Embe memiliki karakter pantai yang sangat menarik, hamparan pasir yang luas, putih, dan bersih. Ombaknya besar tapi masih bisa dinikmati pengunjung untuk berenang, bermain di bibir pantai, atau berlari-larian mengejar ombak.

Laut yang berhadapan dengan pulau-pulau yang menjadikan alun besar sudah ditaklukkan sebelum menghempas pantai. Meski tidak terlihat langsung, Gunung Anak Krakatau bisa juga dilihat dengan mata telanjang bila cuaca cerah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kerusakan rumah dan bangunan di pinggir pantai Kalianda akibat terjangan tsunami terlihat jelas dari pantauan udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *